Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 188083 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eka Malfasari
"Tahap perkembangan anak usia sekolah jika tidak tercapai akan menimbulkan perilaku yang menyimpang. Karya ilmiah ini bertujuan melihat efektifitas terapi kelompok terapeutik (TKT) dan latihan asertif terhadap perkembangan dan kemampuan asertif anak usia sekolah dengan pendekatan model hubungan interpesonal Peplau di kota Bogor. Karya ilmiah ini dilakukan di masyarakat dalam program Community Mental Health nursing (CMHN). Pemberian TKT dapat meningkatkan kemampuan anak secara motorik, kognitif, bahasa, moral, spiritual, emosi, kepribadian dan psikososial dan kemampuan asertif anak. Penambahan latihan asertif setelah TKT dapat meningkatkan aspek emosi anak dan beberapa komponen aspek yang terkait emosi dan kemampuan asertif anak. Peplau membantu memudahkan asuhan keperawatan mulai proses pengkajian hingga evaluasiPerawat CMHN dapat menerapakan terapi ini dengan mengikutsertakan keluarga dan kader kesehatan jiwa. Terapi ini bisa diterapkan di sekolah dalam program Usaha Kesehatan Jiwa di Sekolah untuk mencegah penyimpangan perilaku anak.

Lack of behaviour will be occur when school age children can not achive their development. The purpose of this study was to see effectivity of TKT and AT to school age development and assertiveness ability. This study included to CMHN program. TKT increased motoric, cognitive, language, emotional, personality, moral, spiritual and psychososial ability and also assertive ability. After the School age children was given AT, the emotional ability and some of emotional aspect increased and also assertive ability. Peplau helped to do nursing procces in easy way to children using interpersonal relationship. This therapy can be use in community and school."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Widiyatmini
"Anak usia sekolah merupakan tahapan perkembangan psikososial yang berada pada tahap Industry vs Inferiority. Tahap perkembangan anak usia sekolah jika tidak tercapai akan menimbulkan perilaku yang menyimpang. Perilaku agresif adalah perilaku menyimpang yang dapat timbul jika perkembangan anak usia sekolah tidak tercapai secara optimal. Latihan asertif merupakan intervensi keperawatan yang dapat mencegah timbulnya perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan dan kemampuan asertif pada anak sekolah setelah diberikan terapi kelompok terapeutik, psikoedukasi keluarga dan latihan asertif. Desain penelitian ini menggunakan metode quasy eksperiment yang melibatkan 40 anak usia sekolah. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan dan kemampuan asertif anak usia sekolah secara bermakna setelah diberikan terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah, psikoedukasi keluarga, dan latihan asertif lebih tinggi secara bermakna dibandingkan pada kelompok lain (pvalue < 0.05). Terapi kelompok terapeutik anak sekolah, psikoedukasi keluarga dan latihan asertif direkomendasikan pada anak usia sekolah untuk meningkatkan tugas dan aspek perkembangan anak usia sekolah untuk peningkatan kesehatan jiwa.

School age children are a stage of psychosocial development at an industrial versus inferiority stage..The progress stage of school age if not achieved will result in a distorted behavior. Aggressive behavior is aberrant behavior that can arise if school age development is not reached optimally. Aserative exercise is an intervention of nursing that can prevent aggressive behavior. This study aims to know the difference in development and the acertative skills of schoolchildren after being given therapy of the therapeutic group, psychoeducated family and aserative exercise. This research design uses a quasy experimental method involving 40 school-aged children. Results show that there has been an increase in asertive growth and ability for school age children in meaningful form after being given terapeutic group therapy of school age children, family psychoeducated and aserative exercise is higher in meaning than in group."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Muri Cahyono
"Pendahuluan : Psikosis dan skizofrenia menunjukkan terjadi peningkatan setiap tahunnya baik di Indonesia dan dunia. Skizofrenia adalah penyakit otak kronis yang sindrom klinisnya melibatkan perubahan pikiran, emosi, persepsi, gerakan dan perilaku individu. Gejala positif dari skizofrenia salah satunya halusinasi sedangkan risiko perilaku kekerasan muncul akibat halusinasi dan waham. Klien dengan risiko perilaku kekerasan dan halusinasi, asuhan yang diberikan dalam bentuk tindakan keperawatan generalis dan spesialis. Tindakan keperawatan generalis (individu, kelompok, keluarga) begitu juga dengan Tindakan keperawatan spesialis (individu, kelompok, keluarga) meliputi latihan asertif, terapi kognitif perilaku dan psikoedukasi keluarga. Tujuan : Diketahuinya karakteristik, predisposisi, presipitasi, perubahan tanda gejala, kemampuan, dan perubahan, perbedaan tanda gejala, kemampuan Metode : Desain karya ilmiah akhir spesialis ini menggunakan operational research terdiri dari enam tahap pelaksanaan Hasil : tindakan keperawatan generalis dan spesialis secara bermakna dapat menurunkan tanda gejala risiko perilaku kekerasan dan halusinasi serta secara bermakna meningkatkan kemampuan klien dan keluarga. Kesimpulan : tindakan keperawatan generalis dan spesialis direkomendasikan karena dapat mengurangi tanda gejala dan meningkatkan kemampuan klien dan keluarga.

Introduction: Psychosis and schizophrenia show an increase every year both in Indonesia and the world. Schizophrenia is a chronic brain disease whose clinical syndrome involves changes in an individual's thoughts, emotions, perceptions, movements and behavior. One of the positive symptoms of schizophrenia is hallucinations, while the risk of violent behavior arises due to hallucinations and delusions. Clients at risk of violent behavior and hallucinations, care is provided in the form of generalist and specialist nursing actions. Generalist nursing actions (individual, group, family) as well as specialist nursing actions (individual, group, family) include assertive training, cognitive behavioral therapy and family psychoeducation. Purpose: To find out characteristics, predisposition, precipitation, changes in signs and symptoms, abilities, and changes, differences in signs and symptoms, abilities. Methods: The design of this specialist's final scientific work using operational research consists of six implementation stages. Results: Generalist and specialist nursing actions can significantly reduce signs of risk of violent behavior and hallucinations and significantly improves the client's and family's abilities. Conclusion: generalist and specialist nursing actions are recommended because they can reduce signs and symptoms and increase the capabilities of clients and families."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dinarwiyata
"[ABSTRAK
Skizophrenia paranoid memperlihatkan tanda dan gejala perilaku kekerasan yang berisiko cedera bagi klien dan lingkungan Tujuan Karya Ilmiah ini untuk mengetahui pengaruh terapi generalis latihan asertif psikoedukasi keluarga terhadap tanda dan gejala kemampuan klien keluarga Metode yang digunakan deskriptif analitik dengan memberikan terapi generalis latihan asertif pada 20 klien dan selanjutnya pada 7 klien diberikan psikoedukasi pada keluarga Pemberian terapi generalis latihan asertif pada 13 klien menunjukkan penurunan tanda gejala peningkatan kemampuan klien Pemberian terapi generalis latihan asertif psikoedukasi keluarga pada 7 klien dan keluarganya menunjukkan penurunan tanda dan gejala peningkatan kemampuan yang lebih besar daripada pemberian terapi generalis latihan asertif Direkomendasikan kombinasi terapi generalis latihan asertif psikoedukasi keluarga pada klien Risiko perilaku kekerasan ABSTRACT Skizophrenia paranoid shows signs symptoms of aggressive behavior are at risk of injury for the client the environment The purpose of this scientific masterpiece to know influence of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation against the mark the symptoms the capabilities of the client family Analitic descriptive method used by providing a generalist therapy assertiveness training on 20 asertif the client and client 39 s given on 7 psikoeducation in the family Generalist therapy assertiveness training on 13 clients shows a decrease in signs and symptoms increased the ability of the client Generalist therapy assertiveness training family psychoeducation in 7 clients and family shows a decrease in signs symptoms and improved skills an increase greater than on the giving of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation Recommended combination generalist therapy assertiveness training family psychoeducation on the client 39 s risk of aggressive behavior ;Skizophrenia paranoid shows signs symptoms of aggressive behavior are at risk of injury for the client the environment The purpose of this scientific masterpiece to know influence of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation against the mark the symptoms the capabilities of the client family Analitic descriptive method used by providing a generalist therapy assertiveness training on 20 asertif the client and client 39 s given on 7 psikoeducation in the family Generalist therapy assertiveness training on 13 clients shows a decrease in signs and symptoms increased the ability of the client Generalist therapy assertiveness training family psychoeducation in 7 clients and family shows a decrease in signs symptoms and improved skills an increase greater than on the giving of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation Recommended combination generalist therapy assertiveness training family psychoeducation on the client 39 s risk of aggressive behavior ;Skizophrenia paranoid shows signs symptoms of aggressive behavior are at risk of injury for the client the environment The purpose of this scientific masterpiece to know influence of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation against the mark the symptoms the capabilities of the client family Analitic descriptive method used by providing a generalist therapy assertiveness training on 20 asertif the client and client 39 s given on 7 psikoeducation in the family Generalist therapy assertiveness training on 13 clients shows a decrease in signs and symptoms increased the ability of the client Generalist therapy assertiveness training family psychoeducation in 7 clients and family shows a decrease in signs symptoms and improved skills an increase greater than on the giving of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation Recommended combination generalist therapy assertiveness training family psychoeducation on the client 39 s risk of aggressive behavior ;Skizophrenia paranoid shows signs symptoms of aggressive behavior are at risk of injury for the client the environment The purpose of this scientific masterpiece to know influence of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation against the mark the symptoms the capabilities of the client family Analitic descriptive method used by providing a generalist therapy assertiveness training on 20 asertif the client and client 39 s given on 7 psikoeducation in the family Generalist therapy assertiveness training on 13 clients shows a decrease in signs and symptoms increased the ability of the client Generalist therapy assertiveness training family psychoeducation in 7 clients and family shows a decrease in signs symptoms and improved skills an increase greater than on the giving of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation Recommended combination generalist therapy assertiveness training family psychoeducation on the client 39 s risk of aggressive behavior , Skizophrenia paranoid shows signs symptoms of aggressive behavior are at risk of injury for the client the environment The purpose of this scientific masterpiece to know influence of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation against the mark the symptoms the capabilities of the client family Analitic descriptive method used by providing a generalist therapy assertiveness training on 20 asertif the client and client 39 s given on 7 psikoeducation in the family Generalist therapy assertiveness training on 13 clients shows a decrease in signs and symptoms increased the ability of the client Generalist therapy assertiveness training family psychoeducation in 7 clients and family shows a decrease in signs symptoms and improved skills an increase greater than on the giving of generalist therapy assertiveness training family psychoeducation Recommended combination generalist therapy assertiveness training family psychoeducation on the client 39 s risk of aggressive behavior ]"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nya Natalina Lukman
"Nama : Nya Natalina Lukman
Program Studi : Profesi Ners
Judul         : Penerapan Tindakan Verbal Asertif dalam Menurunkan Tanda dan Gejala Marah Pada Pasien dengan Risiko Perilaku Kekerasan Risiko perilaku kekerasan merupakan salah satu gangguan jiwa yang ditunjukkan dengan respon emosi yang timbul akibat dari kecemasan yang meningkat dan dirasakan sebagai ancaman sehingga dapat membahayakan orang lain maupun lingkungan. Tanda dan gejala yang timbul pada Tn. I yang mengalami risiko perilaku kekerasan antara lain marah-marah, teriak-teriak, bicara kasar dengan nada suara yang tinggi, kadang mondar-mandir dan gelisah. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memberikan gambaran hasil penerapan tindakan verbal asertif pada asuhan keperawatan klien Tn. I dengan risiko perilaku kekerasan. Tindakan keperawatan yang dilakukan berupa tindakan keperawatan generalis yang berfokus pada tindakan verbal asertif. Hasil evaluasi yang diukur dengan menggunakan instrumen tanda dan gejala risiko perilaku kekerasan selama 7 hari menunjukkan adanya penurunan tanda dan gejala dan mengalami peningkatan kemampuan pasien dalam mengekspresikan rasa marahnya secara asertif. Diharapkan tindakan verbal asertif dapat dimasukkan dalam aktivitas terjadwal klien, serta keluarga dilibatkan dalam latihan ini sehingga kemampuan pasien dalam melakukan latihan asertif dapat berkesinambungan dan lebih efektif. Kata kunci : risiko perilaku kekerasan, gangguan jiwa, verbal asertif

Name : Nya Natalina Lukman
Study Program : Nursing Profession
Title         : Application of Assertive Verbal Measures in Reducing Anger Signs and Symptoms in Patients at Risk of Violent Behavior. The risk of violent behavior is a mental disorder which is indicated by the emotional response that arises as a result of increased anxiety and is perceived as a threat so that it can harm other people and the environment. Signs and symptoms that arise in Mr. Those who are at risk of violent behavior include being angry, shouting, speaking harshly in a high tone of voice, sometimes pacing and restless. The purpose of writing this scientific paper is to provide an overview of the results of the application of assertive verbal actions in the nursing care of the client Mr. I with the risk of violent behavior. Nursing actions taken are generalist nursing actions that focus on assertive verbal actions. The results of the evaluation measured using the instrument for signs and symptoms of risk of violent behavior for 7 days showed a decrease in signs and symptoms and an increase in the patient's ability to express his anger assertively. It is hoped that assertive verbal actions can be included in the client's scheduled activities, and the family is involved in this exercise so that the patient's ability to carry out assertive exercises can be sustainable and more effective. Keywords: risk of violent behavior, mental disorders, verbal assertiveness
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Theresia M. Elsina
"Pendahuluan: Pencapaian perkembangan inisiatif anak prasekolah dapat dilihat dari pencapaian tugas dan aspek perkembangan inisiatif anak prasekolah. Tercapainya tugas perkembangan pada setiap anak prasekolah akan membawa keberhasilan dan kebahagiaan. Hal ini juga dapat membantu anak lebih mudah menyelesaikan tugas perkembangan tahap selanjutnya. Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan case series. Hasil: penelitian ini menunjukkan peningkatan tugas perkembangan inisiatif dan aspek perkembangan setelah diberikan terapi kelompok terapeutik, psikoedukasi keluarga, dan peran kader kesehatan jiwa. Kesimpulan: Terapi kelompok teraputik, psikoedukasi keluarga, dan peran kader kesehatan jiwa dapat meningkatkan aspek perkembangan anak prasekolah dengan pendekatan model adaptasi Stuart dan transpersonal caring Watson. Rekomendasi: rapi kelompok teraputik, psikoedukasi keluarga, dan peran kader kesehatan jiwa dapat menjadi dasar dalam upaya peningkatan perkembangan inisiatif anak prasekolah.

Introduction: The achievement of preschool development initiatives can be seen from the spirit of the task and aspects of preschool development initiatives. The achievement of developmental tasks in every preschool child will bring success and happiness. This can also help children more easily complete the next stage of developmental tasks. Method: Quantitative research design with a case series approach. Results: this study shows an increase in developmental initiative tasks and developmental aspects after being given therapeutic group therapy, family psychoeducation, and the role of mental health cadres. Conclusion: Therapeutic group therapy, family psychoeducation, and the role of mental health cadres can improve aspects of the development of preschool children with the Stuart adaptation model approach and Watson's transpersonal caring. Recommendations: therapeutic group arrangements, family psychoeducation, and the role of mental health cadres can be the basis for efforts to increase initiatives for the development of preschool children."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas ndonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Matthew Alexander Setiadi
"Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan alasan dibalik peningkatan keasertifan Tiongkok terhadap kritik di bidang olahraga pada masa kepemimpinan Xi Jinping. Tiongkok sebagai negara telah memanfaatkan bidang olahraga sebagai salah satu instrumen kebijakan luar negerinya guna mencapai kepentingan negaranya. Bidang olahraga dimanfaatkan sebagai instrumen kebijakan luar negeri oleh Tiongkok melalui Ping Pong Diplomacy maupun penyelenggara Olimpiade. Akan tetapi, Tiongkok mendapatkan kritik internasional yang konstan, terutama pada isu-isu pelanggaran Hak Asasi Manusia. Pemerintahan Xi Jinping meresponsnya dengan lebih asertif melalui tidak hanya menggunakan norma internasional bahwa bidang olahraga tidak boleh dipolitisasi, tetapi juga disertai dengan aksi seperti permintaan maaf secara langsung. Untuk memahami alasan dibalik peningkatan keasertifan Tiongkok, penelitian ini menggunakan analisis kebijakan luar negeri dengan teori realisme neoklasik secara kualitatif. Penelitian ini menunjukan bahwa intensifikasi respons internasional Tiongkok ini karena adanya dorongan faktor sistemik dan faktor domestik serta pentingnya bidang olahraga bagi Tiongkok. Faktor sistemik mempengaruhi intensifikasi respons internasional Tiongkok karena adanya peningkatan rivalitas strategis Tiongkok dengan aktor internasional. Kemudian, faktor domestik ditenagai oleh kekuatan rezim pemerintahan Tiongkok dibawah kepemimpinan Xi Jinping ditenagai oleh kekhawatiran akan legitimasi Partai Komunis Cina. Terakhir, bidang olahraga menjadi sarana untuk melakukan intensifikasi respons internasional karena mampu menarik perhatian internasional dan kebanggaan bagi warga negara Tiongkok.

This thesis aims to explain China’s increasing assertiveness toward international critics of Xi Jinping’s leadership. China has utilized sports as part of its foreign policy instrument to achieve its national interest. China uses sport as a foreign policy instrument through Ping Pong Diplomacy and Olympic host. However, China gains constant criticism from international society, especially on Human Rights violations. China, under Xi Jinping’s leadership, responds more assertive by not only using the international norm that sports should not be politicized but also followed by follow-up action such as actively seeking apologies. To understand the reasoning behind the increasing assertiveness, this research uses foreign policy analysis with neo-classical realism theory and is conducted qualitatively. This research shows China’s increasing assertiveness because of systemic and domestic factors. Systemic factor influences China's assertiveness through China's increasing strategic rivalry. Furthermore, domestic factors fueled by regime insecurities on China Communist Party legitimacy. Lastly, sport becomes a platform to intensify China’s international response because of its ability to attract international attention and social pride."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boby Nurmagandi
"Pesatnya perkembangan game online saat ini dapat dilihat dari tingginya jumlah pengguna salah satunya pengguna usia remaja. Usia remaja merupakan usia dengan tugas perkembangan psikososial yakni pembentukan identitas diri yang berisiko mengalami adiksi game online apabila mengalami masalah dalam proses perkembangan. Pendidikan kesehatan, terapi kelompok terapeutik dan latihan komunikasi asertif dapat digunakan untuk pembentukan konsep diri dan keterampilan komunikasi agar remaja mencapai perilaku adaptif dalam menghadapi tugas perkembangan psikososialnya sehingga mampu terhindar dari risiko adiksi game online.
Tujuan penelitian ini adalah menilai pengaruh pendidikan kesehatan, terapi kelompok terapeutik usia remaja dan latihan komunikasi asertif terhadap konsep diri dan keterampilan komunikasi remaja untuk mencegah adiksi game online. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental pre-post test with control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling kemudian proportional sampling dan simple random sampling dengan jumlah remaja sebagai responden yaitu 76 remaja yang terbagi atas 2 kelompok. Kelompok intervensi memperoleh pendidikan kesehatan, terapi kelompok terapeutik dan latihan komunikasi asertif sedangkan kelompok hanya memperoleh pendidikan kesehatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja kelompok intervensi mengalami perubahan yakni peningkatan konsep diri dan keterampilan komunikasi setelah dilakukan pendidikan kesehatan, terapi kelompok terapeutik dan latihan komunikasi asertif dibandingkan remaja kelompok kontrol yang hanya memperoleh pendidikan kesehatan (ρ value < 0,05). Nilai rata-rata konsep diri dan keterampilan komunikasi remaja kelompok intervensi lebih besar dibandingkan konsep diri dan keterampilan komunikasi remaja kelompok kontrol setelah pelaksanaan pendidikan kesehatan, terapi kelompok terapeutik dan latihan komunikasi asertif (ρ value < 0,05). Terapi kelompok terapeutik dan latihan komunikasi asertif dapat menjadi terapi yang digunakan dalam pelayanan keperawatan untuk meningkatkan perilaku adaptif remaja terhadap perkembangan psikososial melalui peningkatan konsep diri dan keterampilan komunikasi pada remaja sebagai upaya pencegahan risiko adiksi game online.
Pelayanan keperawatan pada sasaran remaja menggunakan pendidikan kesehatan dapat dilakukan oleh perawat generalis sedangkan terapi kelompok terapeutik dan latihan komunikasi asertif dapat dilakukan oleh perawat spesialis melalui kerjasama dengan pihak sekolah. Pelayanan keperawatan juga dapat diberikan kepada keluarga agar dapat menjalankan tugas dan fungsi keluarga agar menjadi sumber dukungan sosial, pengawasan serta kontrol keluarga dan lingkungan terhadap aktivitas bermain game online agar remaja terhindar dari risiko adiksi game online.

The rapid development of online games today could be seen from the high number of users, one of which was teenagers. Adolescence was an age with the task of psychosocial development, namely the formation of self-identities that were at risk of experienced online game addiction if they experienced problems in their development process. Health education, therapeutic group therapy and assertive communication training could be used to form self-concept and communication skills so that adolescents achieved adaptive behavior in faced their psychosocial development tasks so that they were able to avoided the risk of online game addiction.
The purpose of this study was to assessed the effect of health education, adolescent therapeutic group therapy and assertive communication training on adolescent self-concept and communication skills to prevent online game addiction. The research design used a quasi experimental pre-posttest with control group. The sampling technique used stratified sampling then proportional sampling and simple random sampling with the number of adolescents as respondents, namely 76 adolescents who were divided into 2 groups. The intervention group received health education, therapeutic group therapy and assertive communication training, while the group only received health education.
The results showed that adolescents in the intervention group experienced changed, namely increased self-concept and communication skills after health education, therapeutic group therapy and assertive communication training compared to adolescents in the control group who only received health education (ρ value <0.05). The mean value of self-concept and communication skills of adolescents in the intervention group was greater than the self-concept and communication skills of adolescents in the control group after the implementation of health education, therapeutic group therapy and assertive communication exercises (ρ value <0.05). Therapeutic group therapy and assertive communication training could be used in nursing services to improved adolescent adaptive behavior to psychosocial development through increased self-concept and communication skills in adolescents as an effort to prevent the risk of online game addiction.
Nursing services for adolescents using health education could be carried out by generalist nurses, while therapeutic group therapy and assertive communication exercises could be carried out by specialist nurses in collaboration with the school. Nursing services also could be provided to families in order to carried out family duties and functions in order to became a source of social support, family and environmental supervision and controlled of online game played activities so that teenagers avoided the risk of online game addiction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hiryadi
"Sikap asertif menjadi penting pada masa remaja, karena pada masa ini remaja sudah mulai memasuki dunia pergaulan yang lebih luas dimana teman dan lingkungan sosial sangat berpengaruh. Masa remaja merupakan proses dimana mulai senang berkelompok dan melakukan kegiatan bersama-sama dengan teman-teman, dalam menjalin hubungan dengan teman sebaya remaja kadang menghadapi tekanan-tekanan. Tekanan ini biasa berupa ajakan, rayuan bahkan paksaan untuk melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak ingin dilakukan. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan remaja, termasuk sikap asertif. Penelitian ini merupakan penelitian dcngan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional yang bertujuan untuk menguji hubungan karakteristik orang tua dan pola asuh keluarga dengan sikap asertif siswa SMA di Kota Banjarmasin. Populasi penelitian adalah siswa yang tercatat di sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Banjarmasin tahun ajaran 2006/2007. Jumlah sampel pada penelitjan ini sebanyak 99 siswa yang dilakukan dengan teknik multistage sampling. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik orang tua yang berhubungan dengan sikap asertif siswa SMA kota Banjarmasin adalah pendidikan ayah (p =0,001), pendidikan ibu (p = 0,000), pekerjaan ayah (p = 0,000), pekerjaan ibu (p= 0,001), dan tipe keluarga (p = 0,008). Sedangkan analisis korelasi pola asuh juga menunjukkan hubungan yang signifikan dengan sikap asertif siswa (p=0,002). Hasil analisis multivariat didapal 3 variabel yang berhubungan dengan sikap asertif yaitu pendidikan ayah, pekerjaan ayah dan pekerjaan ibu, dimana pekerjaan ayah merupakan variabel yang paling dominant berhubungan dengan sikap asertif siswa. Perawat komunitas diharapkan memberikan infonnasi kepada remaja, orang tua tentang sikap asertif dan orang tua meningkatkan komunikasi dan interaksi yang terbuka dan jujur dengan siswa."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T22876
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudi Kusnadi
"Pendahuluan : Gangguan jiwa merupakan kondisi yang dapat didiagnosis secara klinis yang memiliki pengaruh signifikan pada proses berpikir dan perilaku seseorang. Risiko perilaku kekerasan muncul karena adanya respon terhadap sesuatu yang dapat menyebabkan individu berbuat sesuatu pada diri sendiri, orang lain, dan lingkungan yang dapat mencederai orang lain secara verbal, fisik, dan psikologis. Tindakan keperawatan jiwa spesialis yang dapat diberikan untuk klien risiko perilaku kekerasan diantaranya adalah assertiveness Training dan terapi suportif Tujuan : Memberikan gambaran hasil penerapan assertiveness training dan terapi suportif pada klien risiko perilaku kekerasan menggunakan pendekatan teori pencapaian tujuan Imogen M. King. Hasil : Terdapat penurunan tanda gejala risiko perilaku kekerasandan peningkatan kemampuan klien risiko perilaku kekerasan setelah diberikan assertiveness training dan terapi suportif. Kesimpulan : assertiveness training dan terapi suportif dengan pendekatan teori pencapaian tujuan Imogen M. King. direkomendasikan untuk diberikan pada klien dengan risiko perilaku kekerasan yang menjalani perawatan di rumah sakit jiwa.

Introduction: Mental health is an integral component of health and well-being that Introduction: Mental disorders are conditions that can be diagnosed clinically that have a significant influence on a person's thought processes and behavior. The risk of violent behavior arises because of a response to something that can cause an individual to do something to themselves, others and the environment that can injure others verbally, physically and psychologically. Specialist psychiatric nursing actions that can be given to clients at risk of violent behavior include assertiveness training and supportive therapy. Objective: To provide an overview of the results of applying assertiveness training and supportive therapy to clients at risk of violent behavior using Imogen M. King's goal achievement theory approach. Results: There was a decrease in signs of risk of violent behavior and an increase in the ability of clients at risk of violent behavior after being given assertiveness training and supportive therapy. Conclusion: assertiveness training and supportive therapy using Imogen M. King's goal achievement theory approach. recommended to be given to clients at risk of violent behavior who are undergoing treatment in mental hospitals."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>