Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 217586 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Haidar Zuhdi
"Perilaku kerja inovatif tidak dapat dibangun secara singkat, maka dari itu penting sekali menyiapkan kemampuan inovasi kerja dimulai dari mahasiswa yang merupakan calon karyawan nantinya. Penelitian ini berfokus pada peran mediasi perilaku berbagi pengetahuan pada hubungan keterbukaan terhadap pengalaman dan perilaku kerja inovatif. Penelitian ini menggunakan sampel berupa Mahasiswa yang berasal dari Universitas Indonesia dengan jumlah 306 responden yang terdiri dari 14 fakultas. Penelitian ini diukur menggunakan Innovative Work Behavior Scale oleh Janssen (2000), NEO PI-3 Scale oleh McCrae dkk. (2005), dan Knowledge Sharing Behavior Scale oleh Chen dkk. (2009) Hasil analisis mediasi menunjukan bahwa perilaku berbagi pengetahuan memiliki efek mediasi parsial pada hubungan antara keterbukaan terhadap pengalaman dan perilaku kerja inovatif. Dengan demikian, perilaku berbagi pengetahuan dapat menjadi mediator dalam hubungan antara keterbukaan terhadap pengalaman dan perilaku kerja inovatif. Meski begitu, keterbukaan terhadap pengalaman juga dapat berhubungan dengan perilaku kerja inovatif secara langsung tanpa harus melewati perilaku berbagi pengetahuan terlebih dahulu. Kemudian, hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk program pelatihan inovasi yang ditujukan untuk Mahasiswa Universitas Indonesia sehingga mereka dapat lebih siap melakukan inovasi di tempat kerja.

Innovative work behavior can’t be built in a short time, it’s very important to prepare work innovation skills starting from students who are prospective employees later. This study focuses on the mediating role of knowledge-sharing behavior on the relationship between openness to experience and innovative work behavior. This study used a sample of Universitas Indonesia students totaling 306 respondents consisting of 14 faculties. This study was measure using the Innovative Work Behavior scale developed by Janssen (2000), NEO PI-3 Scale developed by McCrae et al. (2005), and Knowledge Sharing Behavior Scale developed by Chen et al. (2009). The results of the mediation analysis show that knowledge sharing behavior has a partial mediating effect on the relationship between openness to experience and innovative work behavior. Thus, knowledge sharing behavior can be a mediator in the relationship between openness to experience and innovative work behavior. However, openness to experience can also be directly related to innovative work behavior without having to go through knowledge sharing behavior first. Therefore, the results of this study can be used for training about innovation programs that will be given to Universitas Indonesia students so that they can be better prepared to innovate in the workplace."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deviyanti Anggini Putri
"Revolusi industri 4.0 memberikan dampak bagi perusahaan untuk selalu siap dalam menghadapi perubahan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan inovatif, yang dapat diperoleh melalui perilaku kerja inovatif. Akan tetapi, perlu menjadi pertimbangan untuk mempersiapkan calon tenaga kerja sejak berada di bangku perkuliahan agar mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Penelitian ini berfokus pada peran efikasi diri inovasi sebagai mediator dalam hubungan perilaku berbagi pengetahuan dengan perilaku kerja inovatif. Penelitian ini dilakukan pada 306 mahasiswa yang berasal dari 14 fakultas yang sedang menempuh semester 2 hingga semester 8. Penelitian ini diukur menggunakan skala Innovative Work Behavior (IWB) yang dikembangkan Janssen (2000), Knowledge Sharing Behavior (KSB) yang dikembangkan oleh Chen dkk. (2009), dan Innovation Self-Efficacy (ISE.6) yang dikembangkan oleh Dungs dkk. (2017). Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa efikasi diri inovasi memiliki efek mediasi secara parsial pada hubungan perilaku berbagi pengetahuan dengan perilaku kerja inovatif (ab = 0.59, p<0.01, CI [0.3972–0.8086]). Dengan demikian, karena mediasi bersifat parsial maka ada atau tidak adanya mediator tetap akan memiliki pengaruh, sehingga perilaku berbagi pengetahuan dapat memengaruhi perilaku kerja inovatif walaupun tanpa harus melewati variabel efikasi diri inovasi. Penelitian ini memberikan implikasi bagi institusi, perusahaan, atau pemerintah untuk mengembangkan program yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku kerja inovatif individunya tersebut.

The industrial revolution 4.0 has an impact on companies to always be ready to face change. One way that can be used to overcome this is by being innovative, which can be obtained through innovative work behavior. However, it is necessary to consider preparing prospective workers since they are in college so that students can be better prepared to face challenges in the world of work. This study focuses on the role of innovation self-efficacy as a mediator in the relationship between knowledge-sharing behavior and innovative work behavior. This research was conducted on 306 students from 14 faculties who were taking semester 2 to semester 8. This research was measured using the Innovative Work Behavior (IWB) scale developed by Janssen (2000), Knowledge Sharing Behavior (KSB) developed by Chen et al. (2009), and Innovation Self-Efficacy (ISE.6) developed by Dungs et al. (2017). The results of the mediation analysis showed that innovation self-efficacy had a partially mediating effect on the relationship between knowledge sharing behavior and innovative work behavior (ab = 0.59, p<0.01, CI [0.3972–0.8086]). Thus, because the mediation is partial, the presence or absence of a mediator will still have an influence, so that knowledge sharing behavior can affect innovative work behavior even without having to go through the innovation self-efficacy variable. This research has implications for institutions, companies, or governments to develop programs that aim to improve the individual's innovative work behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabiah Firdausiah
"Sekarang ini perusahaan membutuhkan karyawan dengan perilaku kerja inovatif, oleh karenanya sangat penting untuk mempersiapkan karyawan memiliki perilaku ini sejak mereka masih mahasiswa. Penelitian korelasional ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri kreatif dan perilaku kerja inovatif pada mahasiswa. Efikasi diri kreatif diukur dengan alat ukur yang dibuat oleh Tierney dan Farmer (2002). Perilaku kerja inovatif diukur dengan alat ukur yang dikembangkan oleh Janssen (2000) yang kemudian item-itemnya dimodifikasi agar sesuai dengan keadaan responden yaitu mahasiswa. Responden penelitian yang datanya dapat dianalisa berjumlah 539 mahasiswa jenjang sarjana S1 di Universitas Indonesia dan merupakan mahasiswa yang minimal sedang menempuh semester empat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik statistik Pearson Correlation. Ditemukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri kreatif dan perilaku kerja inovatif pada mahasiswa, r(538) = 0,67, p= 0,00 (p < 0,01, one-tailed). Effect size untuk analisis ini dapat dikatakan termasuk large effect karena r> 0,5. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi efikasi diri kreatif mahasiswa, maka semakin tinggi pula perilaku kerja inovatif mereka. Hasil ini dari penelitian ini bisa memberikan manfaat yaitu, menambah literatur tentang perilaku kerja inovatif pada mahasiswa dan memberikan masukan kepada pihak kampus untuk meningkatkan efikasi diri kreatif mahasiwanya agar perilaku kerja inovatifnya bisa meningkat pula, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan program pelatihan.

Nowadays, companies need employees with innovative work behavior. Therefore, it is very important to prepare employees to have this behavior since they are still in college. This correlational research was then conducted to look at the relationship between creative self-efficacy and innovative work behavior among college students. Creative self-efficacy is measured by a measurement by Tierney and Farmer (2002). Innovative work behavior is measured by a measurement by Janssen (2000), the items were modified to correspond with the condition of college students. The data that can be analyzed were from 539 undergraduate students at Universitas Indonesia and were at least taking their fourth semester. This research is a quantitative study, using the Pearson Correlation statistical technique the researcher found that there is a positive and significant relationship between creative self-efficacy and innovative work behavior among college students, r(538) = 0.67, p= 0.00 (p<0.01, one-tailed). The effect size for this analysis can be included as a large effect, because r> 0.5. Thus, it can be said that the higher the students' creative self-efficacy, the higher their innovative work behavior. These results can provide benefits such as adding literature on innovative work behavior among college students and providing input for the universities to improve the students' creative self-efficacy so that their innovative work behavior can also improve, by joining extracurricular activities and training programs."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harum Sayekti Kusumaningtyas
"Perilaku kerja inovatif merupakan salah satu strategi yang tepat untuk menghadapi perkembangan industri saat ini. Mahasiswa sebagai calon pekerja, perlu disiapkan terkait perilaku kerja inovatif agar lebih siap saat memulai pekerjaan. Penelitian korelasional ini bermaksud untuk melihat hubungan antara psychological capital terhadap perilaku kerja inovatif pada mahasiswa. Sebanyak 306 orang responden mahasiswa dari Universitas Indonesia yang merupakan semester dua hingga akhir yang terdiri dari tiga belas fakultas dan rentang usia 18-24 tahun mengikuti penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling. Penelitian menggunakan alat ukur PCQ-24 dan skala IWB yang telah diadaptasi dengan kehidupan mahasiswa. Pengukuran korelasi Spearman menunjukkan keduanya berkorelasi secara positif dan signifikan. Untuk itu, dapat dilakukan intervensi untuk meningkatkan perilaku kerja inovatif pada mahasiswa melalui psychological capital.

Innovative work behavior is one of the right strategies to deal with current industrial developments. College students, as prospective workers, need to be prepared regarding innovative work behavior to be prepared when they start to work. This correlational study aims to find a relationship between psychological capital and innovative work behavior in college students. A total of 306 students from Universitas Indonesia respondents from the second to the last semester consisting of thirteen faculties with the age range of 18-24 years, participated in this study with nonprobability sampling. This research was measured using the PCQ-24 and the IWB scale, which has been adapted for college students. Spearman's correlation measurement showed that psychological capital and innovative work behavior were positively and significantly correlated. Therefore, interventions can be carried out to improve innovative work behavior in students through psychological capital."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanna Qonitah Lutfiana
"Pengembangan perilaku kerja inovatif karyawan menjadi semakin signifikan bagi sebuah organisasi agar bisnis mereka dapat bertahan dan berkembang. Salah satu strategi yang dapat dilakukan agar proses berinovasi berjalan lebih efektif adalah dengan mengembangkan kepemimpinan diri calon karyawan yang potensial, yakni pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuanitatif yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan diri dan perilaku kerja inovatif pada mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Responden pada penelitian ini terdiri dari 306 mahasiswa aktif Universitas Indonesia. Alat ukur yang digunakan adalah Innovative Work Behavior Scale yang dikembangkan oleh Janssen (2000) dan The Revised Self-Leadership Questionnaire yang dikembangkan oleh Marques-Quinteiro dkk. (2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan diri dan perilaku kerja inovatif mahasiswa Universitas Indonesia (r = .50, p < 0.01), dan dapat disimpulkan bahwa meningkatnya kemampuan diri mahasiswa akan disertai dengan peningkatan pada perilaku kerja inovatif mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi institusi perguruan tinggi untuk membuat pelatihan atau metode pembelajaran baru dalam rangka meningkatkan kepemimpinan diri mahasiswa.

The development of employee innovative work behavior has become increasingly significant for organizations in order to survive and thrive. For this reason, one alternative that can be carried out so that the innovation process runs more effectively is to develop self-leadership of potential employees, that is to college students. This research is a correlational study with a quantitative approach and was conducted to understand the relationship between self-leadership and innovative work behavior among college students as prospective employees in the future. The sampling technique used is non-probability sampling with convenience sampling technique.This study was conducted by observing 306 active students of Universitas Indonesia. The measuring instruments used in this study are the Innovative Work Behavior Scale developed by Janssen (2000), and The Revised Self-Leadership Questionnaire developed by Marques-Quinteiro et al. (2011). The results suggest that there is a significant positive relationship between self-leadership and innovative work behavior among college students (r =.50, p < 0.01), and it can be concluded that increasing student self-leadership will be followed by an increase in student innovative work behavior. The results of this study can be used as a reference for higher education institutions to conduct training or create new learning methods in order to improve student self-leadership. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gafriella Sa`adah
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor individual yaitu pemberdayaan psikologis yang diduga dapat memprediksi munculnya tingkah laku kerja inovatif yang penting untuk diperhatikan oleh industri dan organisasi. Namun terdapat inkonsistensi hasil pada kedua variabel tersebut berdasarkan hasil penelitian sebelumnya. Oleh karena itu, peneliti memiliki hipotesis bahwa keterikatan kerja dapat menjadi mediator untuk membantu pemahaman yang lebih mendalam mengenai mekanisme hubungan pemberdayaan psikologis dengan tingkah laku kerja inovatif. Dengan metode kuantitatif, penelitian ini dilakukan pada 275 karyawan PT X yang terbukti memiliki nilai dan tujuan inovasi pada organisasinya. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini meliputi innovative work behavior scale (Janssen, 2000), psychological empowerment scale (Spreitzer, 1995), dan Utrecth Work Engagement Scale versi pendek (Schaufeli dkk., 2006). Hasil analisis mediasi menunjukkan hasil perhitungan statistik direct effect (β= 0,56; SE= 0,08; LLCI= 0,40; ULCI= 0,73); indirect effect (β= 0,09; SE= 0,07; LLCI= - 0,04; ULCI= 0,22), artinya keterikatan kerja tidak memediasi hubungan antara pemberdayaan psikologis dengan tingkah laku kerja inovatif. Dengan demikian, pada responden di PT. X ini, pemberdayaan psikologis dapat memprediksi munculnya tingkah laku kerja inovatif tanpa memerlukan adanya keterikatan kerja terlebih dahulu.

This study aimed to determine individual factor, namely psychological empowerment which was expected to predict the emergence of innovative work behavior that was important to be considered by industry and organizations. However, there were inconsistencies in the results of the two variables based on the previous studies. Therefore, researchers had hypothesized that work engagement could be a mediator to help a deeper understanding of the mechanism of psychological empowerment relationships with innovative work behavior. With quantitative methods, this study was conducted on 275 PT X employees who were proven to have value and innovation goals in their organization. The instruments in this study included the innovative work behavior scale (Janssen, 2000), psychological empowerment scale (Spreitzer, 1995), and the shorter version of Utrecth Work Engagement Scale (Schaufeli et al., 2006). The statistical calculations results of mediation analysis showed that direct effect (β = 0.56; SE = 0.08; LLCI = 0.40; ULCI = 0.73) and indirect effect (β = 0.09; SE = 0.07; LLCI = - 0.04; ULCI = 0.22), meaning that work engagement did not mediate the relationship between psychological empowerment and innovative work behavior. Thus, the respondents at PT. X, psychological empowerment could predict the emergence of innovative work behavior without requiring the work engagement."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Syskya Handayani
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara perilaku proaktif dan perilaku inovatif pada karyawan. Penelitian dilakukan terhadap 85 karyawan yang bekerja di perusahaan yang memiliki nilai inovasi di bidang industry pertambangan. Pengukuran perilaku inovatif mengacu pada alat ukur Janssen?s Innovative Work Behavior (Janssen, 2000) yang telah terbukti reliabel (SOH.879) sedangkan pengukuran perilaku proaktif mengacu pada alat ukur Proactive Work Behavior Scale (Parker & Collins, 2010) yang telah terbukti reliabel (SOH.897). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara perilaku proaktif dan perilaku inovatif (r = + 0.727, p < 0.01). Dengan demikian, semakin tinggi perilaku proaktif yang ditampilkan oleh karyawan, maka semakin tinggi pula perilaku inovatif yang dimilikinya. Selain itu, dimensi taking charge dari perilaku proaktif merupakan dimensi yang paling besar hubungannya dengan perilaku inovatif.

This study aimed to examined the correlation between proactive work behavior and innovative work behavior on employees. The study was conducted on 85 employees who work at a company that has a value of innovation in the mining industry. Measurement of innovative work behavior refers to Innovative Work behavior Scale (Janssen, 2000) has been shown to be reliable (SOH.879) while measurement of proactive work behavior refers to Proactive Work Behavior Scale (Parker & Collins, 2010) has been shown to be reliable (SOH.897). The results of this study showed that there is a significant relationship between Proactive Work Behavior and Innovative Work Behavior (r = + 0.727, p < 0.01). Thus, the higher proactive work behavior, employee innovative work behavior will be higher too. In addition, taking charge?s dimensions of proactive work behavior was the most related dimension to the innovative work behavior.
"
Depok: Fakultas Psikologi Unversitas Indonesia, 2014
S55704
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azzahra Shabrina Larasati
"ABSTRAK
Kesadaran masyarakat mengenai keberadaan sebuah perusahaan maupun brand merupakan hal yang penting. Sejauh mana masyarakat menyadari adanya suatu produk atau jasa tentu berpengaruh terhadap eksistensi dan kelangsungan perusahaan tersebut. PT Central Proteinaprima (CP Prima) memiliki keinginan untuk dapat dikenal oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Indonesia. Universitas Indonesia sebagai universitas penyandang nama negara diyakini memiliki mahasiswa yang kompeten dan terbaik untuk dapat memperkuat kinerja perusahaan di masa depan. Oleh karena itu dilakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui posisi CP Prima di mata mahasiswa UI.
Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa UI sebagian besar masih belum mengetahui tentang CP Prima. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dirancangnya program Marketing Public Relations yang terdiri dari exhibition sekaligus perekrutan karyawan bekerja sama dengan CDC UI, presentasi perusahaan, KOL engagement, seminar, kompetisi esai, dan publikasi media. Seluruh program tersebut bertujuan untuk membangun awareness mahasiswa Universitas Indonesia terhadap CP Prima sekaligus menciptakan citra positif CP Prima sebagai perusahaan yang potensial di masa depan. Program CP Prima Goes to Campus berfungsi untuk menghubungkan CP Prima dengan mahasiswa UI agar mahasiswa UI menjadi mengenal dan tertarik untuk bergabung dengan CP Prima.

ABSTRACT
Public awareness about the existence of a company or brand is important. The extent to which the public aware of the existence of a product or service would affect the existence and survival of the company. PT Central Proteinaprima (CP Prima) has a desire to be known by the students, especially students of Universitas Indonesia. Universitas Indonesia as the university with the name of the country is believed to have a competent and best students to be able to strengthen the company's performance in the future. Therefore quantitative and qualitative research were conducted to determine the position of CP Prima in the mind of UI students.
Results show that most of UI students still do not know about CP Prima. The solution to these problems is Marketing Public Relations program that consists of simultaneously recruitment exhibition in collaboration with the CDC UI, corporate presentations, KOL engagement, seminars, essay competitions, and media publications. The entire program aims to build awareness of Universitas Indonesia students to CP Prima while creating a positive image of CP Prima and its potential in the future. CP Prima Goes to Campus program is used to connect the CP Prima with UI students so that students become familiar and interested in joining CP Prima.
"
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sinurat, Trismoria
"Perilaku caring merupakan inti dari keperawatan yang harus dipraktikkan sejak di dunia pendidikan. Trait kepribadian berperan dalam pembentukan sikap dan perilaku individu. Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional dengan menggunakan uji chi-square ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara trait kepribadian mahasiswa dengan perilaku caring. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 mahasiswa profesi yang ditentukan berdasarkan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah NEO-Five-Factor Inventory oleh McCrae dan Costa untuk data trait kepribadian dan Caring Efficacy Scale oleh Coates untuk variabel perilaku caring.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara trait kepribadian extraversion, agreeableness, conscientiousnes, dan neuroticism dengan perilaku caring (p= 0,002-0,036, α= 0,05), sedangkan trait kepribadian opennes to experience tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan perilaku caring (p=0,060, α= 0,05). Proses pembelajaran yang dapat membentuk karakter dan perilaku caring di instansi pendidikan perlu ditingkatkan lagi.

Caring behavior is core of nursing which must be practiced since in the nursing education. Attitudes and behavior of individuals are affected by personality trait. This correlation descriptive study with cross-sectional approach using the chisquare test aimed to determine the relationship between personality trait with caring behavior of clinical nurisng students. Instrument that used in this research are NEO-Five-Factor Inventory by McCrae and Costa for personality trait, and Caring Efficacy Scale by Coates for caring behavior. The number of samples in this study were 60 clinical nursing students. They were determined based on simple random sampling.
The results of this study indicated that there was a significant correlation between the personality trait extraversion, agreeableness, conscientiousness and neuroticism with caring behavior (p = 0.002 to 0.036, α = 0.05), whereas the personality trait opennes to experience did not have a significant relationship with caring behavior (p = 0.060, α = 0.05). A learning process that can built student caracter and caring behaviour in nursing education must be improved.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S63137
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Kis Riandini
"Digitalisasi meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan dan menguasai teknologi digital. Pekerja yang mampu menggunakan kompetensi digital untuk menyelesaikan pekerjaannya dan dapat mengakses data pekerjaan dimana pun dan kapan pun disebut sebagai digital workers. Digital workers memainkan peran penting dalam memberikan inovasi bagi perusahaan sebagai bentuk respon perusahaan terhadap perkembangan digital dan usaha untuk mengimbangi persaingan. Kecenderungan digital workers untuk menyumbangkan inovasi-inovasi bagi perusahaan berhubungan dengan komitmen yang dimilikinya terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komponen Komitmen Organisasi dengan Perilaku Kerja Inovatif pada digital workers. Komitmen Organisasi yang terbagi menjadi tiga komponen, yaitu Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, dan Komitmen Normatif diukur menggunakan Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) yang dikembangkan oleh Allen dan Meyer (1990) yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Aulia (2021). Perilaku Kerja Inovatif diukur menggunakan Innovative Work Behavior Scale yang dikembangkan oleh Janssen (2000) yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Mertha (2017). Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui media sosial. Data penelitian ini berasal dari 215 digital workers yang bekerja secara full-time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif secara signifikan antara Komitmen Afektif dan Komitmen Normatif dengan Perilaku Kerja Inovatif, tetapi tidak ditemukan hubungan negatif antara Komitmen Berkelanjutan dengan Perilaku Kerja Inovatif pada digital workers.

Digitalization has increased the need for human resources who are able to operate and master digital technology. Workers who are able to use digital competencies to complete their work and can access job data anywhere and anytime are called digital workers. Digital workers play an important role in providing innovation for companies as a form of company response to digital developments and efforts to keep pace with competition. The tendency of digital workers to contribute innovations to the company is related to their commitment to the company. This study aims to determine the relationship between components of Organizational Commitment and Innovative Work Behavior on digital workers. Organizational Commitment is divided into three components, namely Affective Commitment, Continuance Commitment, and Normative Commitment measured using the Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) developed by Allen and Meyer (1990) which was adapted by Aulia (2021). Innovative Work Behavior was measured using the Innovative Work Behavior Scale developed by Janssen (2000) which was adapted by Mertha (2017). Data collection was done by distributing online questionnaires through social media. This research data comes from 215 digital workers who work full-time. The results showed that there was a significant positive relationship between Affective Commitment and Normative Commitment with Innovative Work Behavior, but there was no negative relationship between Continuance Commitment and Innovative Work Behavior on digital workers."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>