UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Kepemimpinan Diri dengan Perilaku Kerja Inovatif pada Mahasiswa = Relationship between Self-Leadership and Innovative Work Behavior among College Students

Hanna Qonitah Lutfiana; Arum Etikariena, supervisor; Tulus Budi Sulistyo Radikun, examiner; Siregar, Ermanda Saskia, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pengembangan perilaku kerja inovatif karyawan menjadi semakin signifikan bagi sebuah organisasi agar bisnis mereka dapat bertahan dan berkembang. Salah satu strategi yang dapat dilakukan agar proses berinovasi berjalan lebih efektif adalah dengan mengembangkan kepemimpinan diri calon karyawan yang potensial, yakni pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuanitatif yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan diri dan perilaku kerja inovatif pada mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Responden pada penelitian ini terdiri dari 306 mahasiswa aktif Universitas Indonesia. Alat ukur yang digunakan adalah Innovative Work Behavior Scale yang dikembangkan oleh Janssen (2000) dan The Revised Self-Leadership Questionnaire yang dikembangkan oleh Marques-Quinteiro dkk. (2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan diri dan perilaku kerja inovatif mahasiswa Universitas Indonesia (r = .50, p < 0.01), dan dapat disimpulkan bahwa meningkatnya kemampuan diri mahasiswa akan disertai dengan peningkatan pada perilaku kerja inovatif mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi institusi perguruan tinggi untuk membuat pelatihan atau metode pembelajaran baru dalam rangka meningkatkan kepemimpinan diri mahasiswa.

The development of employee innovative work behavior has become increasingly significant for organizations in order to survive and thrive. For this reason, one alternative that can be carried out so that the innovation process runs more effectively is to develop self-leadership of potential employees, that is to college students. This research is a correlational study with a quantitative approach and was conducted to understand the relationship between self-leadership and innovative work behavior among college students as prospective employees in the future. The sampling technique used is non-probability sampling with convenience sampling technique.This study was conducted by observing 306 active students of Universitas Indonesia. The measuring instruments used in this study are the Innovative Work Behavior Scale developed by Janssen (2000), and The Revised Self-Leadership Questionnaire developed by Marques-Quinteiro et al. (2011). The results suggest that there is a significant positive relationship between self-leadership and innovative work behavior among college students (r =.50, p < 0.01), and it can be concluded that increasing student self-leadership will be followed by an increase in student innovative work behavior. The results of this study can be used as a reference for higher education institutions to conduct training or create new learning methods in order to improve student self-leadership.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Hanna Qonitah Lutfiana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 43 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-93330958 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920558929
Cover