Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84016 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irfan Aulia Syarief
"Tujuan dari penelitian adalah: 1) mengidentifikasikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman PT X, 2) mengevaluasi visi dan misi PT X, dan 3) membuat rancangan Balanced Scorecard yang tepat untuk diterapkan pada PT X. Penelitian yang dilakukan berupa studi kasus pada PT X yang bergerak di bidang jasa pengeboran migas, mineral, Coal Bed Methane (CBM), dan geothermal (panas bumi). Data-data yang dibutuhkan penelitian diperoleh dari laporan keuangan PT X dan laporan-laporan penunjang lain, observasi langsung di PT X, wawancara tidak terstruktur dengan beberapa manajer PT X, serta buku-buku literatur, jurnaljurnal, dan artikel-artikel yang berhubungan dengan topik penelitian.
Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman serta sasaran-sasaran strategis PT X yang kemudian dipetakan dalam suatu Strategy Map. Analisis visi dan misi perusahaan menunjukkan bahwa pernyataan visi dan misi PT X belum efektif. Key Performance Indicator dan inisiatif strategis dirumuskan untuk merancang Balanced Scorecard yang terdiri dari empat perspektif dan diusulkan untuk diterapkan pada PT X.

The purposes of this research are: 1) identify the strengths, weaknesses, opportunities and threats of PT X, 2) evaluating the vision and mission of PT X, and 3) design a proper Balanced Scorecard to be implemented in PT X. This research is conducted as case study on PT X, a company that is engaged in oil and gas, mineral, coal bed methane and geothermal drilling service. The data for this research is obtained from company's financial statements and some supplementary reports, direct observation on PT X, unstructured interviews with company?s top managements, literatures, journals and articles that is relevant to complete the research.
The results indentify strengths, weaknesses, opportunities, threats, and strategic objectives of PT X that are mapped to a Strategy Map. Analysis on company's vision and mission shows that company's vision and mission statements are not yet effective and efficient. Key Performance Indicators and strategic initiatives are formulated to design the proper Balanced Scorecard and suggest the scorecard to be implemented in PT X.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roh Eddy Andri Wismono
"Tesis ini membahas usulan perancangan sistem kinerja berbasis Balanced Scorecard pada PT. Pupuk Kaltim untuk dapat meningkatkan kinerjanya dengan menyeimbangkan perspektif keuangan dan non keuangan. Kinerja non keuangan merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan kinerja keuangan perusahaan agar dapat terjaga secara berkesinambungan. Dengan berbasis balanced scorecard diharapkan dapat lebih menyelaraskan misi-visi atau strategi jangka panjang dengan strategi dan aktifitas jangka pendek. Untuk itu perusahaan perlu memformulasikan kembali strategi perusahaan dalam empat perspektif balanced scorecard untuk mencapai kinerja yang lebih optimal.

This thesis discusses the proposed design of the performance system based on the Balanced Scorecard PT. Pupuk Kaltim to improve performance by balancing financial and non financial perspective. Non-financial performance is a factor affecting the success of the company's financial performance to be maintained on an ongoing basis. With the Balanced Scorecard, it is expected that the mission­ vision or long-term strategy of the company will be more aligned with short-term strategies and activities. The company needs to reformulate strategy in the four Balanced Scorecard perspectives to achieve a more optimal performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T31461
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nadine Soedibjo
"PT X bergerak dalam bidang freight forwarding untuk pelayanan ekspor maupun impor. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, sangat penting bagi perusahaan untuk mengukur kinerja tidak hanya berdasarkan pendekatan keuangan namun juga menggunakan pendekatan-pendekatan lain agar dapat bersaing dengan kompetitor.
Ada beberapa cara untuk mengukur kinerja perusahaan, yang berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Pada karya akhir ini diusulkan penggunaan Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja perusahaan. Dalam Balanced Scorecard ditentukan sasaran-sasaran strategik dan pengukuran yang hendak dicapai oleh PT X.

PT X is a freight forwarding company that handles exorts and imports. In todays tightening business competition it is very important for a company to measure its performance not only using financial approaches but also various approaches in order to compete.
There are several ways, which differ from one company to another, to measure a company?s performance. This thesis suggests the implementation of the Balanced Scorecard to measure the company?s performance. The Balanced Scorecard determines strategic objectives and measurements that the company intends to accomplish."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25379
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kalalembang, Lyra Bellatrix
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membantu PT. Tongkonan Trans Utama untuk menganalisis kesesuaian antara strategi yang dijalankan dengan visi dan misi PT. Tongkonan Trans Utama serta membantu untuk merancang strategy map dan balanced scorecard yang sesuai dengan strategi PT. Tongkonan Trans Utama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data primer. Penelitian ini membahas rancangan strategy map dan balanced scorecard yang dapat diajukan kepada PT. Tongkonan Trans Utama sebagai pertimbangan dalam penentuan strategi dan alat ukur kinerja. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa strategi PT. Tongkonan Trans Utama sudah sesuai dengan visi dan misi PT. Tongkonan Trans Utama dan menyarankan bahwa PT. Tongkonan Trans Utama perlu memperbaiki dan mengembangkan sistem manajemen yang ada ke dalam bentuk strategy map dan balanced scorecard.

ABSTRACT
This research aims to help PT. Tongkonan Trans Utama to analyze the organization rsquo s mission, vision, and strategy using Strategy map and Balanced Scorecard as a strategic tool for successful strategy execution. The method used in this research is descriptive method with the primary data. This study is focus on designing a Strategy Map and Balanced Scorecard for PT. Tongkonan Trans Utama which can be used as a consideration in determaining the strategy and performance measurement of the organization. The conclusion of the research is that PT. Tongkonan Trans Utama strategy is in line with its mission and vision. This research can be used as a reference for improving and developong strategic management using the Strategy Map and Balanced Scorecard concept."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kanya Candrika
"Balanced scorecard adalah sebuah metode untuk menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran yang menyeluruh dan memberi kerangka kerja bagi pengukuran kinerja dan sistem manajemen strategi perusahaan. Balanced scorecard mengevaluasi kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, pernpektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dalam merancang balanced scorecard, keterlibatan para ahii perusahaan yang paham akan strategi sangat diperlukan. Atas dasar itulah dalam perancangan balancd scorecard untuk PT X. digunakan kuisioner untuk melibatkan para ahli dalam menentukan sasaran·sasaran siratcgis perusahaan. Knisioner juga digunakan dalam pengukuran tingkat kepuasan pegawai. Dari penelitian ini, diperoleh beberapa sasaran strategis pada tiap perspektif rancangan balanced scorecard PT X. Pada perspektif keuangan diperoleh enam sasaran strategis. Pada pespektif pelanggan ada lima sasaran strategis. Pada perspcktif proses bisnis internal terdapat lima sasaran strategis pada perspektif dan empal sasaran strategis pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari basil evaluasi kinerja berdasarkan data-data yang ada, terlihat secara kcseluruhan kinerja PT X cnkup bagus meskXun dalam bidang keuangan ada yang belum sesuai target. Namun PT X perlu rnenambahkan nilai kcpuasan dan kesetiaan pelanggan agar mendapalkan parameter yang tepat dalam perspektif pelanggan.

Balanced scorecard is a method to translate company's strategy into comprehensive measures and giw: framework to mission and performaJJCe measuremefll and company's strategic management system.. Balanced scorecard evaluates company's performance from four perspective; fimmcia perspective, custome perspective, internal process busilw;s per!!.pective, and learning and growth perspective. To design balanced scorecard, the involvement of experts from tire firm are surely needed Thaefore, in designing balanced scorecard for PT ~ questionnaires were used to involve the expert to decide the objectives of the firm. Questionnaires were also used to assess the levels of employee satisfaction As the result of this research, we get some strategic goals from the design of the PT X's balanced scorecard. In the financial perspective zhere are six objectives. From customer perspective there are five objectives. Five objectives get from the internal process perspective, and five objectives from teaming and growth perspectives, Evaluation based 011 recorded data shows that in general, PT X work performance is quiet good enough although there are some measures that not suitable to targets in financial perspective. However, PT X should use tire customer satisfaction and Joyality index to get a valid parameter for tlze indicator of customer perspective."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S49975
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, Esteria
"Tesis ini membahas evaluasi pengukuran kinerja dan usulan perancangan pengukuran kinerja dengan pendekatan Balanced Scorecard untuk mencapai tujuan strategis pada PT X. Melalui pengukuran kinerja dengan pendekatan Balanced Scorecard perusahaan mampu mencapai tujuan strategis dengan menyeimbangkan antara perspektif keuangan dan non keuangan, tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang serta kepentingan internal dan kepentingan eksternal.
Balanced Scorecard serta peta strategi memberikan gambaran dan keterkaitan yang jelas antara sasaran-sasaran strategis dan inisitatif yang diperlukan di dalam empat perspektif Balanced Scorecard.
Hasil dari penelitian yang dilakukan pada PT X menunjukkan bahwa pengukuran kinerja yang dilakukan sudah seimbang antara faktor keuangan dan non keuangan, tujuan jangka pendek dan jangka panjang, kepentingan internal dan eksternal akan tetapi penyusunan Key Performance Indicator (KPI) belum sepenuhnya didasarkan pada strategi bisnis perusahaan.

This thesis discusses the evaluation of current company’s performance measurement and designing of performance measurement with Balanced Scorecard approach to achieve strategic goals at PT X. Performance measurement with Balanced Scorecard approach enable the company to achieve it’s business strategy with the balance between financial and non-financial perspective, short- term goals and long term goals as well as the interests of internal and external stakeholders.
Balanced Scorecard and strategy map provide an overview and a clear linkage between strategic goals and initiatives that are required in the four balanced scorecard perspectives.
Results of study conducted on PT X show that performance measurement of the company is already balanced between financial and non-financial factors, short-term goals and long-term, internal and external interests but company’s Key Performance Indicator (KPI) is not fully based on the company's business strategy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34660
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Utami
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang Balanced Scorecard, yakni teknik pengukuran kinerja
yang dapat mengukur keberhasilan perusahaan dalam menerjemahkan tujuan dan
strateginya sehingga perusahaan dapat bertahan dalam jangka panjang. Penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan
kelemahan PT AJII sebagai perusahaan asuransi swasta nasional untuk
memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada di industri asuransi, dan
memberikan masukan yang memungkinkan bagi PT AJII untuk dapat menerapkan
Balanced Scorecard secara menyeluruh karena konsep Balanced Scorecard dapat
digunakan perusahaan untuk menjabarkan visi, misi dan strategi ke dalam setiap
elemen. Penelitian menggunakan metode penelitian kepustakaan dan metode
penelitian lapangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perusahaan berada pada kelas
menengah, dilihat dari aset terhadap premi nettonya. Hasil analisis SWOT bila dikaitkan
dengan Balanced Scorecard menunjukkan bagian internal perusahaan yang paling
kuat adalah perspektif pelanggan, sementara perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran adalah yang paling lemah. Strategi yang sesuai bagi perusahaan adalah
strategi peningkatan pendapatan & peningkatan produktivitas. Perusahaan telah
memiliki konsep dan manual Balanced Scorecard, namun hal tersebut belum
disosialisasikan ke seluruh pegawai.

ABSTRACT
This thesis explores about Balanced Scorecard, a performance measurement technic
which can measure the success of the company in translating goals and strategies so that
the company can survive in the long term. This study is a qualitative research. This study
aims to determine the strengths and weaknesses of PT AJII as a national private insurance
companies to take advantage of opportunities and overcome the threats that exist in the
insurance industry, and provide input that allows for PT AJII to be able to implement the
Balanced Scorecard as a whole because the concept of the Balanced Scorecard can be
used by companies to outlines the vision, mission and strategy into every element. This
research using library research and field research methods. This study concludes that the
company is in the middle class, seen from the premium disposable assets. SWOT analysis
results when associated with a Balanced Scorecard showing the internal parts are the most
powerful corporate customer perspective, while learning and growth perspective is the
weakest. Appropriate strategy for the company is a strategy to increase revenue and
increase productivity. The company already has the concept of Balanced Scorecard and
manual, but it has not been disseminated to all employees."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khanti Paramita
"Penelitian ini berupa studi kasus pada sebuah perusahaan instalasi dan recovery jaringan (system integrator), yaitu PT Mitra Sinergi Adhitama. Persaingan yang semakin ketat belakangan ini menyebabkan perusahaan dituntut untuk memiliki strategi dan dapat mengimplementasikannya dengan baik. Perencanaan dan pengimplementasian strategi menjadi hal yang penting bagi perusahaan, begitupula bagi PT Mitra Sinergi Adhitama. Selain itu, pengukuran kinerja juga penting untuk diterapkan oleh perusahaan.
Hasil studi kasus pada PT Mitra Sinergi Adhitama menunjukkan beberapa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi perusahaan dan didapat hasil bahwa perusahaan berada pada posisi growth di industrinya. Dari analisis kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, serta posisi perusahaan, akan dibuat strategi berdasarkan empat perspektif pada balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Strategi yang dirancang tersebut harus sesuai dengan misi dan visi perusahaan. Bagi PT Mitra Sinergi Adhitama, misi dan visi perusahaan masih relevan digunakan dalam mendukung usulan strategi yang dibuat.
Studi kasus ini berakhir dengan perancangan strategy map dan balanced scorecard untuk PT Mitra Sinergi Adhitama yang dapat digunakan sebagai alat implementasi strategi dan pengukuran kinerja perusahaan.

This research examines a company in network installation and recovery (system integrator) called PT Mitra Sinergi Adhitama. Tight competition that occurs recently has led all of companies to have effective strategic plan and implementation. Therefore, strategic plan and implementation become important for companies, included PT Mitra Sinergi Adhitama. Moreover, performance measurement is also important to be implemented by the company.
This study showed strengths, weaknesses, opportunities, threats, and growth position for PT Mitra Sinergi Adhitama. This study also examines proposed strategies for the company based on four perspectives of the balanced scorecard called financial perspectives, customer perspectives, internal business process perspectives, and learning and growth perspectives. Those strategies must align to company’s mission and vision. For PT Mitra Sinergi Adhitama, the company's mission and vision are still relevant to support the proposed strategy.
This study will be concluded by making the proposed strategy map and balanced scorecard as strategic implementation tool and performance measurement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T35150
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elin Lindiasari
Depok: Universitas Indonesia, 2004
S50187
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisha
"Pengukuran kinerja perusahaan harus dilakukan guna efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu alat untuk mengukur kinerja perusahaan adalah menggunakan Balanced Scorecard (BSC) yang diciptakan oleh David Kaplan dan Robert Norton. PT. ABC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media digital, yang pertama kalinya di tahun 2015 merancang BSC untuk diterapkan pada tahun 2016.
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi keselarasan rancangan desain BSC perusahaan dengan strategi perusahaan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, strategi perusahaan belum memadai untuk dijadikan BSC karena strategi tersebut hanya terdiri dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Desain BSC perusahaan telah memuat keempat perspektif BSC sehingga menjadi tidak selaras dengan strategi perusahaan yang hanya terdiri satu perspektif BSC. Perusahaan perlu melakukan perbaikan terhadap strategi perusahaan dan rancangan BSC perusahaan.

Performance measurement should be made to the effectiveness and efficiency in implementing strategies to achieve company objectives. One of the performance measurement tools is using the Balanced Scorecard (BSC), which was created by David Kaplan and Robert Norton. PT. ABC is a company engaged in the field of digital media, and for the first time in 2015 designed the BSC to be implemented in 2016.
This study is aimed to evaluate the BSC design alignment with company's strategy. Based on the analysis, the company's existing strategy is not sufficient to be cascaded into BSC design because it only consists the learning and growth perspective. The existing BSC design consists four BSC perspectives, thus, it is not reflecting alignment with company?s strategy which only consist one of BSC perspective. The Company need to make improvements to their strategy and BSC design.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>