Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4792 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Monk, Ellen F.
Singapore : Corse Technology Cengage Learning, 2013
338.7 MON c (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ricky Tjok
"Untuk meningkatkan daya saingnya, banyak perusahaan menerapkan system informasi yang dinamakan dengan Enterprise Resource Planning (ERP). ERP adalah sistem informasi yang mengintegrasikan seluruh operasi bisnis dalam perusahaan, dari penjualan, keuangan, sumber daya manusia, produksi hingga distribusi dengan tujuan untuk membuat kesemua operasi tersebut berjalan dengan seefektif mungkin. Namun demikian, beberapa penilitian melaporkan banyak kasus dimana ERP gagal diterapkan dalam perusahaan.
Kegagalan dari sebuah penerapan sistem ERP dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek organisasi dan penerapan teknikal. Aspek organisasi berhubungan dengan kebutuhan untuk melakukan perubahan proses bisnis, manajemen perubahan, pelatihan sumber daya manusia dan sebagainya. Aspek penerapan teknikal berhubungan dengan kebutuhan untuk mengintegrasikan sistem yang lama dengan sistem ERP, penentuan tingkat kustomisasi yang diperlukan untuk mencegah timbulnya masalah di masa depan, penganalisaan kesiapan infrastruktur teknologi terhadap sistem ERP dan pemilihan sistem ERP yang tepat dengan kebutuhan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi tindakan penanganan resiko dengan menggunakan metode Australia and New Zeland Methodology AS/NZS 4360:1999. Penelitian ini meliputi membangun konteks, mengidentifikasi resiko, menganalisa dan mengevaluasi resiko, membuat perencanaan tindakan penanganan resiko, pengawasan dan pengontrolan resiko.

In order to maintain its competitiveness, many companies have implemented the information system called Enterprise Resource Planning (ERP). ERP is an information system that integrate all business functions within company, from sales, finance, human resource, production and distribution in order to make all these operations operate effectively. In reality, many research give report about failure in ERP implementation.
The failure could be seen in two aspects: organizational aspect and technical aspect. Organizational aspect related with business process changes, change management, human resource development, etc. Technical aspect related with integration between legacy system and ERP, customization in ERP software, infrastructure assessment, etc.
This paper is aim to give recommendation of risk handling strategy using Australia and New Zeland Methodology AS/NZS 4360:1999 framework. The scope of the research consist of extablish the risk context, identify risk, analyse risk, evaluate risk, treat risk, monitor and review risk.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50375
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fitrah
"Tesis ini membahas mengenai fenomena dimana terdapat kasus-kasus implementasi ERP di Indonesia yang mengalami kendala dalam mencapai keberhasilan/kesuksesan proyek ERP. Tesis ini juga membahas landasan teori terkait topik ERP, manajemen perubahan, manajemen proyek, dan studi relevan lainnya. Oleh karena itu penulis meneliti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan implementasi ERP tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan kesimpulan yang berdasar atas faktor-faktor keberhasilan yang diteliti. Dengan dapat diperolehnya data yang berdasarkan penelitian tersebut, diharapkan tesis ini dapat bermanfaat bagi praktisi di dunia ERP, baik praktisi perangkat lunaknya maupun praktisi jasa implementasinya.

The fact that there are some ERP projects in Indonesia not running smoothly after given implementation period, has triggered the writer to research the factors affecting success in ERP implementation particularly in Indonesia. This research also covers the supporting theories in the area of ERP, change management, project management, and other relevant topics.
The purpose of the research is to get the underlying research-based conclusion towards factors affecting or influencing success in ERP implementation. The conclusion of which might be useful for those who deal with ERP business, whether they are ERP software vendors or ERP implementation service providers either way."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28205
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Titiek Tjahjaningsih
"ABSTRAK
Proyek implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ mencakup
modul Financial Management, Material Management, dan Human Resource
Management. Proyek dikeijakan mulai 9 Mei 2005 sampai dengan 8 Nopember
2006, dilanjutkan perpanjangan dukungan konsultan {Go Live Support Extension)
sampai dengan 8 Mei 2007.
Implementasi ERP mengintegrasikan proses bisnis dengan aplikasi pendukung
untuk mendapat manfaat: 1) Tersedianya sumber data dan informasi yang tepat
waktu dan akurat dari satu sumber, dan dapat dimanfaatkan secara bersama oleh
seluruh anggota organisasi; 2) Akuntabilitas lebih baik; 3) Kontrol terhadap
pengeluaran menggunakan fungsi “active budget checking".
Tugas Akhir ini bertujuan: 1) Menganalisa proses perubahan pada implementasi
ERP di PT XYZ, 2) Mengetahui hambatan yang dihadapi berkaitan dengan aspek
manusia, khususnya pada modul Human Resource Management; 3) Menemukan
alternatif solusi serta rekomendasi intervensi untuk mengatasi hambatan agar
memperoleh hasil lebih baik.
Dari hasil analisa berdasarkan dokumentasi dan wawancara, diperoleh kesimpulan
bahwa proses manajemen perubahan dan alih pengetahuan tidak beijalan
sempurna, sehingga belum semua fasilitas dan sub modul HRM dioperasikan.
Faktor lain yang menyebabkan implementasi ERP kurang berhasil adalah belum
ada budaya berbagi pengetahuan di lingkungan perusahaan.
Untuk menyukseskan implementasi ERP, maka 1) Manajemen atas harus mau
terlibat aktif dalam proses perubahan sebagai faktor kunci meraih sukses; 2)
Adanya tim yang solid dan tangguh dengan kepemimpinan kuat utnuk memimpin
perubahan; 3) Sistem penghargaan dan imbalan yang mampu memotivasi
perubahan; 4) Mempunyai strategi perubahan yang tepat dan konsisten
menjalankannya; 5) Membangun budaya berbagi pengetahuan dengan
memanfaatkan inisiatif manajemen pengetahuan sesuai dengan nilai-nilai
perusahaan: Saling percaya, Integritas, Peduli dan Pembelajar."
2007
T37658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Listya Zufri
"ABSTRAK
Proses order management merupakan salah satu proses pada supply chain management yang memiliki peran penting terkait dengan kepuasan pelanggan dan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan. Untuk dapat terus bersaing dengan kompetitor dan dapat responsif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan diperlukan rekayasa proses bisnis dengan metodologi Business Process Reengineering (BPR) demi meningkatkan efisiensi proses. Metode IDEF0 digunakan untuk memetakan dan menganalisis proses bisnis saat ini. Dari penelitian, yang dilakukan dengan empat skenario, menghasilkan rancangan proses bisnis baru dengan penurunan 22,45 hari.

ABSTRACT
Order management process is one of supply chain management process, which has an important role related to the customer satisfaction and profit of the company. The company should reengineering their business process to compete with other company and responsive to customer needs using Business Process Reengineering (BPR) in order to efficiency improving their business process. IDEF0 method is used tomap, review, and analyze existing business process. In this research, the existing and new business process design is simulated using Igrafx and the result shows reduced process time by 22,45 days.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bane Junita Gloria Theresa
"Pemenuhan order customer pada industri manufaktur ditentukan oleh ketepatan penyelesaian order produksi. Order produksi mengalami keterlambatan karena informasi permasalahan produksi terlambat diterima oleh pihak yang memiliki role dalam menyelesaikan permasalahan.Penelitian mengusulkan perubahan proses untuk mempercepat aliran informasi di area produksi. Perubahan proses membutuhkan metodologi rekayasa ulang proses bisnis melalui metode Business Process Reengineering (BPR).Penelitian ini memetakan kondisi as-is aliran informasi proses produksi menggunakan flowchart dan use case. Proses As-Is meliputi empat sub process yaitu production planning, production execution, production line issue dan reporting production performance.To-be yang diusulkan meliputi eliminasi aktifitas berulang, eliminasi aktifitas mengunggah dan mengunduh, mengintegrasikan database ERP dengan BI dan dashboard untuk reporting production performance. Usulan perbaikan dapat mengurangi waktu proses aliran informasi selama 11,64 hari dari 18,81 hari yaitu 62% dari waktu proses pada proses as-is.

Customer order fulfillment in the manufacturing industry is determined by the 'just in time' of the completion of production orders. Production orders have been delayed due to problems in production area causing the line stop. This information delivered too late to the person in charge with the issue. The objective of this research is to improve flow of information for the production performance report. Improvement required methodology to reengineer business processes through methods of Business Process Reengineering (BPR). This research used flowchart and use case diagram to map as-is information flow of production process. The as-is production process covered into four sub-process, such as production planning, production execution, production line issues and production performance report. The to-be process proposed the elimination of repetitive activities such as download and upload activities due to production performance report, integration of ERP and BI, performance dashboards for reporting production. The proposal reduced processing time information flow for 11.64 day from 18.81 the day that is 62% of the time in the process as is."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45031
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Puspadewi Natalia Yosoenarto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka yang dapat digunakan untuk menilai kesiapan perusahaan dengan skala usaha kecil dan menengah dalam mengimplementasikan Enterprise Resource Planning ERP . Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara. Penelitian ini melakukan studi empiris pada jurnal penelitian terdahulu, serta studi kasus pada tiga perusahaan dengan skala kecil dan menengah yang bergerak pada bidang manufaktur di Indonesia. Narasumber perusahaan studi kasus adalah para manajemen puncak yang memiliki akan terlibat dalam pengimplementasian ERP. Kerangka tersebut memiliki tiga domain utama yaitu teknologi cth. perubahan sistem, infrastruktur, keuntungan relatif, kemudahan penggunaan, hasil inovasi, sumber daya, penugasan tim, pembentukan tim, dan pengetahuan dan keahlian , organisasi cth. keselarasan objektif, perubahan proses, dukungan pimpinan, cakupan, perencanaan risiko, uji kelayakan, bantuan konsultan, ukuran perusahaan, dan manajer proyek , dan lingkungan cth. budaya, mekanisme pengambilan keputusan, komunikasi, kompetitor, jenis industri, dan mitra dan target pasar . Kerangka kesiapan tersebut kemudian diuji pada perusahaan studi kasus untuk menilai kesiapan mengimplementasikan sistem ERP. Model kerangka penilaian kesiapan akan membantu menilai kesiapan perusahaan dalam mengimplementasi sistem ERP, serta mengidentifikasi variabel yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kesiapan perusahaan tersebut.

This study aims to develop a framework that can be used to assess a SMEs'company's readiness to implement Enterprise Resource Planning ERP . This study used qualitative approach with interviews. This study also use an empirical study in relevant researches and case studies at three SMEs manufacturing company in Indonesia. Correspondent from the case study companies are top management officers that will be involved in ERP implementation process. This framework consists of three domains, i.e. technology e.g. system change, infrastructure, relative benefits, ease of use, innovation result, sources, team assignation, team creation, and knowledge and skill , organizational e.g. aligned objective, process change, top management support, scope, risk planning, feasibility study, consultant, company's size, and project manager , and environment e.g. culture, decision making mechanism, communication, competitor, industry type, and partner and target market . The readiness framework then used to test case study companies to assess its readiness to implement ERP system. The readiness framework model can help the company identify untouchable variable in order to increase the company's readiness."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nyoman Aditya Tripalguna
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh peranan manajemen puncak terhadap kesuksesan implementasi ERP di Perum Peruri. Peranan manajemen puncak pada penelitian ini terbagi menjadi tiga variabel, yaitu dukungan, partisipasi, dan komitmen manajemen puncak. Responden dari penelitian ini berjumlah 117 orang dan merupakan karyawan Perum Peruri di kantor pusat Jakarta dan Karawang yang menggunakan sistem ERP dalam pekerjaan sehari-hari. Kemudian, teknik analisis regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh peranan manajemen puncak terhadap kesuksesan mplementasi ERP tersebut dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan dan komitmen manajemen puncak memberikan pengaruh positif signifikan. Oleh karena itu, para manajemen puncak diharapkan dapat memberikan dukungan dan komitmen secara penuh terhadap implementasi ERP di Perum Peruri.

The purpose of this research is to analyze the effect of top management role to the Enterprise Resource Planning implementation success. In this research, top management role is divided to three definitions, they are top management support, top management involvement, and top management commitment. There are 117 research respondents in total and they are all Perum Peruris' employees, both in Jakarta and Karawang, who operate the ERP system in their daily work. Multiple regression technique is then used to test the analysis of this research and the result showed that top management support and top management commitment were seen to be giving positive impact towards the ERP implementation success in Perum Peruri. Thus, the top management in Perum Peruri are expected to fully support and be committed to the implementation process of the technology."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32186
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hikariati, Yoshiko
"Tesis ini mengidentifikasi risiko yang mempengaruhi pasca implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) melalui persepsi para operator dan pengguna layanan sistem ERP di PT Indofarma Tbk terhadap aspek kemungkinan, dampak dan frekuensi terjadinya peristiwa risiko yang timbul pada tahap pascaimplementasi sistem ERP.
Hasil penelitian menemukan 34 risiko harus dicermati oleh perusahaan dalam rangka perbaikan layanan sistem ERP di masa mendatang. Diantara 34 risiko tersebut, risiko yang paling mempengaruhi pascaimplementasi sistem ERP perusahaan didominasi oleh risiko yang berhubungan dengan organisasi dan sumberdaya manusia yang terlibat dalam sistem ERP baik sebagai operator maupun pengguna sistem bukan risiko yang berakar dari permasalahan teknis.

This thesis identifies risks that could affect post-implementation system of Enterprise Resource Planning (ERP). The risks were identified as a result from the perception of the operators and user ofERP system at PT Indofarma Tbk on the probability, impact and frequency of risks that occurred post-implementation of the ERP system.
This study also identifies 34 risks that should be carefully monitored by the Company in order to improve the ERP system in the future. Amongst these risks, it was evident that the most critical risks to post implementation of the ERP system is related to organization and human resources that are involved in the ERP system both who functions as the operators and system users which implies that these risks are not originated to technical matter.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32283
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>