Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 110726 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riny Savitri Kawi
"Hambatan paling utama dalam hubungan antara manusia dengan mesin komputer adalah bahasa. Mesin mengenal bahasa buatan (artificial language), sedang manusia mengenal bahasa manusia atau yang disebut jugs dengan istilah bahasa alami (natural language). Hal ini menimbulkan suatu pemikiran untuk menciptakan suatu sistem yang dapat menjembatani masalah bahasa tersebut. Sistem itu disebut dengan sistem pengolahan bahasa alarm (Natural Language Processing System).
Sistem pengolahan bahasa alarm ini didasarkan pada metoda kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), yang mampu menyediakan layanan komunikasi yang user friendly bagi manusia pada waktu mengakses mesin komputer. Antarmuka bahasa alami ini menyediakan media penggunaan sistem yang lebih fleksibel dan alamiah, sehingga manusia dapat berkomunikasi dengan sistem secara nyaman.
Sistem ini dapat diterapkan sebagai antarmuka (interface) pads berbagai bidang aplikasi, salah satunya adalah sebagai antarmuka pads sistem basis data pakar (Expert Database System). Istilah sistem basis data pakar mengacu pads suatu sistem untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan pengolahan berorientasi pengetahuan dari suatu sistem informasi.
Pada tugas akhir ini akan dibahas konsep dasar dari sistem pengolahan bahasa alami yang berbasiskan kecerdasan buatan sebagai antarmuka pada sistem basis data pakar: Konsep ini akan diimplementasikan dengan suatu model rancangan sistem yang cerdas (intelligent system) yang tidak saja dapat melakukan fungsi pengambilan informasi (information retrieval system), tetapi juga fungsi konsultasi dengan memberikan solusi dan saran dari masalah akademis kepada pemakai."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S38960
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Riris Widawaty
"Antarmuka perpustakaan digital menjadi jembatan yang menghubungkan kebutuhan informasi pemakai dengan sumber-sumber dan layanan yang ada di perpustakaan. Oleh sebab itu pengembangan antarmuka perpustakaan digital harus melibatkan pemakai secara aktif sejak perencanaan sampai evaluasi. Salah satu cara mengevaluasi antarmuka dikenal dengan nama uji ketergunaan atau usability testing. Uji ketergunaan adalah mengukur kemudahan digunakan, kemudahan dipelajari, efsiensi dan kepuasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketergunaan antarmuka AtmaLib, mengidentifikasi masalah-masalah yang ditemui pemakai sewaktu menggunakan AtmaLib, dan mengetahui perubahan-perubahan yang harus dilakukan pada AtmaLib. Kriteria ketergunaan yang diujikan meliputi kemudahan digunakan, kemudahan dipelajari (langkah-langkah, istilah yang digunakan, kecepatan sistem, waktu, dan konsistensi), kesalahan, dan bahasa yang sebaiknya digunakan AtmaLib.
Enam orang responden dipilih dengan memperhatikan latar belakang, keaktifan, pengetahuan, ketrampilan, dan frekuensi penggunaan Internet dan AtmaLib. Pengumpulan data dilakukan dengan meminta keenam responden mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan setiap menu dan sub menu di AtmaLib, wawancara mendalam dan catatan pengamatan. Perekaman data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak CamStudio t8 dan tape recorder. Data yang didapatkan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian yang didapatkan, adalah :
1. Terdapat 12 menu dan 7 sub menu yang termasuk dalam kategori yang mudah digunakan, yaitu Pencarian (berdasarkan subyek), melakukan Login, Usulan pembelian buku (Request New Collection), Daftar buku yang diusulkan (My Book Resquest), Daftar file yang telah dimasukkan atau di-upload (My Uploaded Collection), Profil pemakai (My User Profile), Mengubah password (Change My Password), Profil Perpustakaan (About Us), Berita-berita terbaru di perpustakaan (News), Pencarian buku di perpustakaan lain (Links), Most Wanted Collections, Most Popular Collections, Most Active Students, Most Active Employees, The Largest Collections by Departments, The Largest Collections by Subjects, The Largest Collections by'Authors.
2. Mudah dipelajari.
a. Langkah-langkah yang dilakukan oleh seluruh responden terhadap 12 menu yang dikerjakan dengan benar adalah sama yaitu dengan meng-klik menu yang dimaksudkan.
b. Terdapat 10 istilah yang tidak dapat dimengerti oleh para responden, meliputi Type, Fulltext, Borrowable, My Upload, Ask Librarians, Most wanted collections, dan Most popular collections.
c. Seluruh responden menyatakan kecepatan AtmaLib sudah cukup dalam memberikan respons kepada setiap perintah yang diberikan.
d. Sebagian besar soal dikerjakan lebih cepat oleh pemakai terampil (pencarian berdasarkan subyek dan Profil perpustakaan (About us).
e. Hanya terdapat satu ketidak-konsistenan yang ditemukan oleh responden, yaitu pada nama menu dan tajuk pada menu tersebut (My Resume).
3. Terdapat enam kesalahan dilakukan AtmaLib sewaktu pengujian, yaitu tidak dapat melihat fulltext, tidak berhasil melakukan login, tidak muncul halaman konfirmasi usulan buku (Request new collection), tidak muncul halaman konfirmasi Upload, tidak muncul halaman User profile, dan tidak muncul halaman Most popular collections.
4. Tiga responden mengusulkan untuk menggunakan dua bahasa (Indonesia dan inggris) di AtmaLib. Sedangkan tiga lainnya mengusulkan hanya dalam bahasa Inggris saja.
5. Masalah-masalah yang terdapat di AtmaLib adalah :
a. Istilah yang digunakan.
b. Cara penggunaan menu dan sub menu.
c. Ketidaktahuan responden pada penggunaan menu tertentu.
d. Letak menu.
6. Usulan-usulan perbaikan yang diberikan responden adalah :
a. Memberikan keterangan pada tiap-tiap menu.
b. Meningkatkan kecepatan AtmaLib dalam memberikan respons.
c. Menghilangkan kesalahan (error) pada AtmaLib.
d. Meningkatkan konsistensi . pada menu-menu yang terdapat di AtmaLib.
e. Memberikan pilihan bahasa Indonesia, selain bahasa inggris yang telah digunakan AtmaLib.
f. Menambahkan menu yang memberitahukan status buku yang sedang diperbaiki

Digital library interface is a mean that relates users information needs with resources and services available in the library. It's therefore necessary to involves users in the development of digital library interface, i.e. from planning to evaluation. One of the ways to evaluate interface is by using usability testing. Usability testing measures usability, learnability, and efficiency of the user's satisfaction.
The objective of this research is to find usability of AtmaLib interface, to identify problems facing users when use AtmaLib, and to see the change must be done in AtmaLib. Usability criterion included easy to use, easy to learn (the steps that taken, terms used, system speed, time, and consistency), errors, and language that must be used by AtmaLib.
Six respondents were chosen based on their background, knowledge, skills, and the use of Internet and AtmaLib. They were required to perform several tasks regarding .to menu and submenu of AtmaLib. They were encourage to ask and speak out the problems they found. Interviews were also carried out to find the problems they face and solutions to make. The data recorded by using CamStudio 1.8 software and tape recorder. The data that has been obtained then was analyzed quantitatively and qualitatively.
The result of the research shows that:
1. Easy to use. There is 12 menus and 7 submenus classified into usability, that is Search (based on subject), Login, Request New Collection, My Book Request, My Uploaded Collection, My User Profile, Change My Password, About Us, News, Links, Most Wanted Collections, Most Popular Collections, Most Active Students, Most Active Employees, The Largest Collections by Departments, The Largest Collections by Subjects, The Largest Collections by Authors.
2. Easy to learn.
a. The steps taken by all respondents on 12 menus that is easy to use is same, that is by clicking menu intended.
b. There are 10 terms unknown by respondents: Type, Fulltext, Borrowable, My, Upload, Ask Librarians, Most Wanted Collections, and Most Popular Collections.
c. All respondents stated that AtmaLib is fast enough in responding every request.
d. Most of questions are completed faster by expert users (searching by subjects and library profil About Us).
e. Only one inconsistency found by respondents, that is menu name and heading of that menu (My Resume)
3. There are six errors made by AtmaLib during the test: fulltext did not show up, login could not be done, book confirmation page (Request New Collection) did not show up, Upload confirmation page did not show up, User Profile page could not be loaded, Most Popular Collections page did not show up.
4. Three respondents recommend using two languages (Indonesia and English) in AtmaLib, whereas the other three recommend using only English.
5. Problems found with AtmaLib were:
a. The use of terms.
b. How to use menu and submenu
c. Respondent that is unfamiliar with certain menus.
d. Location of menus
6. Solution suggestions were:
a. To give short explanation on every menu.
b. To increase AtmaLib speed in responding.
c. To omit errors in AtmaLib.
d. To increse consistency in menus on AtmaLib.
e. To provide Indonesian, in addition to English.
f. To add menu showing book
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11221
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Goretti Ajeng Roehdiani
"Skripsi ini membahas mengenai bagaimana functionality dan usability mampu menjelaskan information phrase, agreement phrase, dan settlement phrase sebagai tiga tujuan utama website.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan responden konsumen www.agoda.com dan www.rajakamar.com yang pernah berkunjung ke websitenya dalam 12 bulan terakhir. Kuisioner yang disebar sebanyak 250 kuisioner untuk 250 responden. Responden ditanya mengenai bagaimana pengaruh variabel-variabel tersebut pada website www.agoda.com dan www.rajakamar.com.
Model penelitian yang digunakan merupakan gabungan antara penelitian Bai, Law, dan Wen (2008) mengenai The Impact of Website Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intentions: Evidence from Chinese Online Visitors dan Chiou, Lin, dan Perng (2011) mengenai A Strategic Website Evaluation of Online Travel Agencies.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dua variabel yang diteliti, yaitu functionality dan usability mampu menjelaskan variabel information phrase, agreement phrase, dan settlement phrase.
Saran untuk penelitian ini adalah saluran distribusi online yang digunakan lebih banyak dan variabel yang diteliti juga lebih banyak, serta penyebaran kuisioner bisa melalui offline.

This essay discusses the functionality and usability of how explain the information phrase, agreement phrase and settlement phrase as three main objectives website.
This research is a quantitative research with www.agoda.com and www.rajakamar.com respondents who've been to the website in the last 12 months. Questionnaires were distributed 250 questionnaires to 250 respondents. Respondents were asked about how the influence of these variables to the website www.agoda.com and www.rajakamar.com.
The model used in this research is a combination of research Bai, Law, and Wen (2008) about The Impact of Website Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intentions: Evidence from Chinese Online Visitors and Chiou, Lin and Perng (2011) about A Strategic Website Evaluation of Online Travel Agencies.
These results prove that the two variables studied, the functionality and usability can explain the information phrase, agreement phrase and settlement phrase.
Suggestions for this study is the online distribution channels are being used more also studied variables are many, and can be spread through offline questionnaires.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45593
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ednaz Hermawan
"Graphic user interface pada sebuah program komputer adalah cara berinteraksi antara komputer dengan manusia. Karena graphic user interface dibuat agar manusia dapat menggunakan komputer dengan cara yang dipahami oleh manusia, tentunya menjadi sebuah hal yang penting dalam perancangan sebuah graphic user interface sebuah program agar dapat mencapai tujuan tersebut.
Skripsi ini merancang dan menganalisa graphic user interface pada sebuah program penilai esai otomatis (Simple-O) dengan menggunakan prinsip pada ilmu interaksi manusia dan komputer serta juga akan dibahas perbandingan process time pada Simple-O berbasis algoritma GLSA murni dan GLSA Stemming.
Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil nilai akhir untuk bagian tampilan antarmuka sebesar 4,03 , isi sebesar 4,125, dan untuk bagian keseluruhan sebesar 4,02, serta secara keseluruhan nilai total yang didapatkan pada alat ukur kuesioner evaluasi oleh pengguna sebesar 4,06.
Hasil penelitian berupa alat ukur kuesioner skala kegunaan sistem mendapatkan nilai akhir sebesar 80,34. Serta dalam pengujian process time antara kedua algoritma yang diuji didapatkan hasil sebesar 0,30 untuk GLSA murni dan 0,51 untuk GLSA Stemming.

Graphic user interface on a computer is a way to communicate between human and computer. Graphic user interface is created for people to use computers in a way that is understood by humans, so be important to design graphic user interface that fulfill the goal of graphic useri interface.
This essay design and analyze graphic user interface on a automatic essay grader called Simple-O by using the priciple of the science of human and computer interaction, and also will discuss process time on two algorithm, between pure GLSA and GLSA Stemming.
From the result of research user evaluation conducted final value obtained for part 1 (user interface) is 4,03, part 2 (contain) is 4,125, and last part (overall) is 4,02. The total value of this measure is 4,06.
The final result from system usability scale is 80,34, and for comparison of pure GLSA and Stemming GLSA got average final value 0,30 sec and 0,51 sec.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46057
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adam Maulana
"Penelitian bertujuan untuk menentukan rumusan kebutuhan untuk merancang sistem anotasi x-ray secara kolaboratif bagi ahli radiologi dan membuat rancangan desain sistem dan interaksi aplikasi berdasarkan rumusan kebutuhan yang diidentifikasi peneliti. Pembasahan utama dalam penelitian ini terletak pada pengembangan desain antarmuka aplikasi anotasi untuk data x-ray yang mengedepankan aspek-aspek kolaboratif dalam kegiatan anotasi, segmentasi, dan analisis data x-ray. Evaluasi dilakukan pada prototipe yang dikembangkan melalui usability testing dan pengukuran system usability test dengan nilai rerata akhir 75,6 yang diperoleh dari tiga responden eksper. Hasil usability testing yang dilakukan menunjukkan ada beberapa perbaikan yang diperlukan agar potensi manfaat aplikasi dapat dimaksimalkan.

The study aims to determine the need for designing a collaborative x-ray annotation system for radiologists and to design system designs and application interactions based on the formulation of needs identified by the researcher. The main discussion in this study lies in the development of annotation application interface design for x-ray data that prioritizes collaborative aspects of x-ray data annotation, segmentation, and analysis activities. The evaluation was conducted through usability testing on a prototype that has been developed through. System usability scale measurement was conducted with a final average value of 75.6 obtained from three expert respondents. The result of usability testing that was conducted shows there are some improvements needed so that the potential benefits of the application can be maximized."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasomba, Sae
"Pengelolaan proposal tugas akhir untuk program sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masih menggunakan media eksternal, seperti Excel, forum Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI, Google Form, dan sebagainya. Dengan demikian, pengelolaan proposal menjadi tidak terstruktur dan tidak terintegrasi. Untuk menangani masalah ini, sudah ada inisiatif pengembangan sistem informasi untuk mengelola tugas akhir yang dinamakan SISKRIPSI. Namun, fitur SISKRIPSI ini perlu dievaluasi dan dikembangkan lebih lanjut dengan melakukan requirements gathering bersama tim dosen tugas akhir Fasilkom UI agar fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain dari segi fitur, desain antarmuka dari SISKRIPSI juga perlu dievaluasi agar dapat memenuhi standar desain aplikasi. Hasil aplikasi yang telah dikembangkan ini dinamakan Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Pengembangan SIPETA menerapkan metode User Centered Design dan Feature Driven Development. Aplikasi SIPETA dibangun dengan arsitektur decoupled, frontend dikembangkan menggunakan framework React JS sedangkan backend dikembangkan menggunakan framework Django Rest Framework. Selain itu, SIPETA diintegrasi dengan Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). Setelah dilakukan pengembangan, aplikasi dievaluasi dengan metode Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test dan Lighthouse Testing. Hasil evaluasi dari SIPETA menyatakan SIPETA sudah layak untuk digunakan.

The management of final year project proposals of the undergraduate study programs at the Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia (Fasilkom UI) still uses external media, such as Excel, Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI’s forum, Google Form, etc. Thus, proposal management becomes unstructured and unintegrated. To handle this problem, there was already an inisiative to develop an information system to manage final year projects named SISKRIPSI. However, the features of SISKRIPSI needs to be evaluated and developed further by conducting a requirements gathering with the Fasilkom UI final year project committee so that the application features match the needs. Apart from the features, the interface design of SISKRIPSI also needs to be evaluated so that it can fulfill the application design standards. The result of the developed application is called Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Development of SIPETA applies User Centered Design and Feature Driven Development method. SIPETA was build on decoupled architecture, frontend was build using React JS framework and backend was build using Django Rest Framework. Besides that, SIPETA was also integrated with Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). After the development process, the application was evaluated using Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test and Lighthouse Testing methods. The evaluation results of SIPETA states that SIPETA is ready to use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naila Zaafira
"Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan antarmuka pengguna SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik Next Generation), website portal akademik milik Universitas Indonesia melalui pendekatan design thinking. Meskipun SIAK-NG telah ada selama beberapa dekade dan mengalami beberapa perbaikan, belum ada upaya khusus untuk mengevaluasi kualitas antarmuka pengguna. Dalam rangka perombakan SIAK-NG sesuai dengan masterplan Universitas Indonesia 2019-2024, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang diperlukan. Penelitian ini berfokus pada perancangan ulang antarmuka website SIAK-NG untuk mengatasi keluhan dan kesulitan pengguna, terutama terkait dengan desain antarmuka yang belum memuaskan. Pendekatan Design Thinking digunakan untuk menghasilkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa aktif Universitas Indonesia sebagai pengguna utama. Melalui metode seperti storyboarding, empathy map, usability testing, dan tools lainnya, penulis akan merancang rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

This research aims to improve the user interface of SIAK-NG (Next Generation Academic Information System), the academic portal website of the University of Indonesia through a design thinking approach. Despite being in existence for several decades and undergoing multiple improvements, there has been no specific effort to evaluate the quality of the user interface. In line with the revamping of SIAK-NG according to the University of Indonesia 2019-2024 master plan, this study aims to provide the necessary insights. The research focuses on redesigning the website interface of SIAK-NG to address user complaints and difficulties, particularly related to the unsatisfactory interface design. The Design Thinking approach is employed to generate solutions that meet the needs of active University of Indonesia students who are the primary users. Through methods such as storyboarding, empathy mapping, usability testing, and others, the author will design recommendations that align with user requirements."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tijani Putri Shabrina
"Industri penerbitan merupakan industri yang berfokus pada produksi literatur dan informasi. Penerbit universitas adalah sebuah wadah untuk menghasilkannya banyaknya produk akademik, seperti buku, jurnal, dan lain-lain. Sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Indonesia juga memiliki layanan penerbitan, yaitu UI Publishing. UI Publishing merupakan organisasi yang terdiri atas penggabungan sinergi dari UI Press, Badan Penerbit FKUI dan Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi & Bisnis UI untuk memberikan layanan yang lebih baik dalam bidang penerbitan, publikasi dan printing. UI Publishing memiliki website yang dapat diakses melalui tautan https://uipublishing.com/. Namun dari evaluasi singkat yang dilakukan terhadap website UI Publishing, terdapat banyak kekurangan dari segi user experience. Penelitian ini bertujuan untuk memahami permasalahan yang dialami oleh pengguna, memberikan desain alternatif, dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan website UI Publishing. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain alternatif website UI Publishing yang dirancang menggunakan pendekatan user-centered design (UCD). Evaluasi desain antarmuka dan usability dilakukan menggunakan usability testing, contextual interview, dan system usability scale. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka alternatif yang memiliki nilai baik, dengan success rate 94,5% dan rata-rata nilai SUS dengan skor 88,875. Penelitian ini ditutup dengan pemberian saran yang dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian di masa depan.

The publishing industry is an industry that focuses on the production of literature and information. University publishers are a forum for producing many academic products, such as books, journals, and others. As one of the higher education institutions in Indonesia, Universitas Indonesia also has a publishing service, namely UI Publishing. UI Publishing is an organization that consists of combining the synergies of UI Press, the Publishing Agency of the Faculty of Economics and Business, and the Publishing Institute of the UI Faculty of Economics & Business to provide better services in the fields of publishing, publication and printing. UI Publishing has a website that can be accessed via the link https://uipublishing.com/. However, from a brief evaluation conducted on the UI Publishing website, there are many deficiencies in terms of user experience. This study aims to understand the problems experienced by users, provide alternative designs, and improve user experience in using the UI Publishing website. This research resulted in an alternative design for the UI Publishing website which was designed using a user-centered design (UCD) approach. Evaluation of interface design and usability is carried out using usability testing, contextual interviews, and a system usability scale. This research resulted in an alternative interface design that has good value, with a success rate of 94.5% and an average SUS score of 88,875. This research closes by providing suggestions that can be used as a reference for future research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farhan Ghaffar
"Sistem Informasi Asisten (SI Asisten) merupakan aplikasi berbasis website milik Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang digunakan sebagai sarana sistem informasi pengelolaan asisten untuk memudahkan dosen dalam merekrut calon asisten dan memungkinkan mahasiswa untuk mendaftar sebagai asisten, serta merekam log aktivitas. Terdapat beberapa masalah pada SI Asisten, yaitu antarmuka yang kurang optimal dan kemunculan skenario diluar ekspektasi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi masalah dari SI Asisten dan memberikan solusi berupa rancangan desain antarmuka alternatif dengan menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) mengacu pada Nielsen's Ten Usability Heuristics. Pengumpulan data keluhan dan saran pengguna dilakukan melalui penyebaran kuesioner daring, Usability Testing (UT), dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS). Data tersebut dianalisis dan hasilnya akan menjadi dasar untuk merancang desain antarmuka alternatif berupa high-fidelity prototype. Desain antarmuka alternatif yang telah dirancang kemudian di evaluasi dengan UT dan SUS, hasil evaluasi dibandingkan dengan aplikasi saat ini. Dari perbandingan tersebut didapatkan peningkatan nilai SUS aplikasi saat ini yaitu 61,73 menjadi 90,77 untuk desain antarmuka alternatif.

The Assistant Information System (SI Assistant) is a web-based application owned by the Faculty of Computer Science at the University of Indonesia. It is used as a means of assistant management information system to facilitate professors in recruiting assistant candidates and enable students to apply as assistants, as well as record activity logs. There are several issues with SI Assistant, including suboptimal interface and unexpected scenario occurrences. This research aims to identify the problems of SI Assistant and provide a solution in the form of an alternative interface design using the User-Centered Design (UCD) approach, referring to Nielsen's Ten Usability Heuristics. Complaint and suggestion data from users were collected through online questionnaires, Usability Testing (UT), and the distribution of the System Usability Scale (SUS) questionnaire. The data was analyzed, and the results served as a basis for designing an alternative interface design in the form of a high-fidelity prototype. The designed alternative interface was then evaluated using UT and SUS, and the evaluation results were compared with the current application. From this comparison, an improvement in the SUS score of the current application was obtained, increasing from 61.73 to 90.77 for the alternative interface design."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Puspa Aryana Haikal
"Didorong oleh pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, penggunaan aplikasi E-Learning semakin meningkat dan dibutuhkan dalam rangka mengurangi kontak fisik, khususnya di bidang Pendidikan. Penggunaan aplikasi e-learning terutama pada handphone menjadi hal yang integral dalam proses pembelajaran siswa. Namun, masih ditemukannya keluhan yang dapat mengurangi user experience pengguna. Salah satu masalah terbesar yang ditemukan adalah masih ditemukannya kebutuhan pengguna yang belum dapat dipenuhi oleh aplikasi e-learning dan ketidaknyamanan pengguna dalam mengoprasikan aplikasi. Hal ini dapat diselesaikan melalui analisa dan perancangan ulang desain antarmuka aplikasi e-learning yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode User-Centered Design untuk merancang ulang aplikasi e-learning dan mengevaluasi hasil dari rekomendasi desain antarmuka tersebut menggunakan usability testing.

Driven by the ongoing COVID-19 pandemic, the use of E-Learning Application has increased and urgently needed in order to reduce physical contact especially in education sector. The use of e-learning application, especially on mobile phone has become an integral part of student learning process. However, there are still difficulties found in the application that can reduce the user experience of the user. One of the biggest problems found is that there are still user needs that cannot be met by the existing e-learning application and user discomfort in operation of the application. This can be solved through analysis and redesign of the existing e-learning application user interface according to user needs. This research was conducted using User-Centered Design to ensure that design implemented are align with user needs and preferences, and evaluate the results of the interface design recommendation using usability testing."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>