Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 208544 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Wahyuni
"Usia harapan hidup di Indonesia tahun 2007 adalah 67 tahun untuk laki-Iaki dan 71 tahun untuk perempuan. Angka lansia akan meningkat hingga tiga kali lipat pada tahun 2020. Masalah utama yang dihadapi lansia adalah masalah psikologis, salah satunya harga diri rendah, disebabkan antara lain karena proses menua, tidak tercapainya tugas dan peran pada fase perkembangan sebelumnya dan perasaan tidak berharga terutama pada lansia yang berada di Panti wredha. Tanda dan gejala harga diri rendah pada. lansia dapat dilihat dengan penurunan kemampuan fisik, kognitif, perilaku dan emosional. Logoterapi merupakan Salah satu tekhnik meningkatkan kemampuan kognitif dan perilaku lansia harga diri rendah.
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan peningkatan kemampuan kognitif dan perilaku pada lansia dengan harga diri rendah setelah dilakukan logoterapi.
Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan penerapan logoterapi. Penelitian dilakukan di Panti Wredha Pekanbaru terhadap 40 lansia, yaitu 20 lansia kelompok intervensi dan 20 lansia kelompok control. Analisis yang digunakan adalah chi square, dependent dan independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bermakna terhadap kemampuan kognitif dan perilaku pada kelompok intervensi setelah dilakukan logoterapi (p < 0,05). Kelompok intervensi juga menunjukkan kemampuan kognitif dan perilaku yang lebih tinggi secara bermakna daripada kelompok kontrol setelah dilakukan logoterapi. Hasil penelitian ini merekomendasikan logoterapi untuk dijadikan terapi spesialis dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan perilaku lansia dengan harga diri rendah."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
T22884
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suzanna
"Prevalensi depresi pada lansia di Indonesia sebasar 30% (Komnas Lansia, 2011). Salah satu upaya untuk mengatasi depresi adalah dengan TAK Stimulasi Persepsi HDR dan Terapi Kognitif Perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh TAK stimulasi persepsi HDR dan CBT terhadap depresi pada lansia harga diri rendah. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment with pre post test control group. Sampel berjumlah 56 orang, 28 kelompok intervensi dan 28 kelompok kontrol. Alat pengumpul data adalah Geriatric Depression Scale (GDS). Data dianalisis menggunakan uji T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan ada penuruan bermakna kondisi depresi lansia harga diri rendah pada kedua kelompok dengan penurunan sebesar 67,4% kelompok intervensi dan 31,9% kelompok kontrol (p value < 0,05) dan ada terdapat hubungan bermakna antara karakteristik lansia (jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, pekerjaan dan penyakit fisik penyerta) dengan depresi pada lansia harga diri rendah (p value < 0,05). TAK Stimulasi persepsi harga diri rendah dan terapi kognitif perilaku direkomendasikan untuk depresi pada lansia harga diri rendah.

Depression is a major problem for elderly, and the prevalence rate of depression among elderly in Indonesia is around 30%. One of to effort overcome depression is TGA Stimulation low self esteem perception and Cognitive Behavioural Therapy. The aim of this study was to determine the influence of TGA Stimulation low self esteem perception and CBT for depression in elderly low self esteem. The research design was quasi experiment with pre-post test control group. The sample of this research are 56 respondents, 28 respondents in the intervention group and 56 respondents in control group. Data collection with Geriatric Depression Scale (GDS) and were analyzed using T-test.
The results showed significant decrease of elderly depression low self-esteem in both groups with a decrease of 67.4% intervention group and 31.9% of controls (pvalue <0.05) and significant relationship exists between elderly characteristics (gender, education, marital status, employment and comorbid physical illness) with depression in elderly low self-esteem (pvalue <0,05). Therefore, TGA Stimulation low self-esteem and perception of cognitive behavioral therapy are recommended for depression in the elderly low self esteem.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T35914
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Surya Prasetya
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi kognitif dan senam otak terhadap tingkat depresi lansia di Panti Tresna Wredha Bhakti Yuswa Natar, Lampung. Metode penelitian quasi experiment, desain pre-post test design with control group. Sampel penelitian secara purposive sampling berjumlah 56 responden, terdiri 28 responden kelompok intervensi dan 28 responden kelompok kontrol. Instrumen penelitian untuk mengetahui tingkat depresi menggunakan kuesioner Geriatric Depression Scale yang berjumlah 15 pertanyaan.
Hasil penelitian didapatkan tingkat depresi menurun lebih bermakna pada kelompok intervensi yang mendapatkan terapi kognitif dan senam otak dibanding kelompok kontrol yang hanya mendapatkan terapi kognitif yaitu selisih 1,18 poin (p value < 0,005). Rekomendasi : terapi kognitif dan senam latih otak menjadi bagian program lansia di puskesmas dan panti serta menjadi acuan untuk dilaksanakan penelitian lain diarea yang berbeda atau dengan modifikasi terapi yang berbeda.

ABSTRACT
The purpose of this study to determine the effect of cognitive therapy and brain exercising for the level or condition of depression of the elderly people in Tresna Wredha Bhakti Yuswa Nursing Home, Natar, Lampung. The research method was quasi experiment by using pre-post test design with control group. The research sample was obtained by purposive sampling of 56 respondents, consist of 28 respondents to the intervention group and 28 respondents to the control group. The Research instrument that used to determine the level of depression was Geriatric Depression Scale questionnaire that included 15 questions.
The result of the research showed that the level of depression was decreased, and it happened significantly in the intervention group who received cognitive therapy and brain exercising than the control group who only got cognitive therapy, with 1.18 points as the differences (p value <0.005).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T28464
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rara Anggraini
"Harga diri rendah adalah perasaan atau bentuk dari evaluasi diri yang negatif terhadap diri sendiri atau kemampuan diri. Remaja adalah populasi yang rentan terjadi masalah harga diri rendah. Jika harga diri rendah pada remaja tidak diatasi maka selanjutnya dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan. Terapi kognitif perilaku dilakukan supaya remaja memiliki kemampuan untuk mengatasi harga diri rendah dikombinasikan dengan terapi psikoedukasi keluarga agar keluarga memiliki kemampuan untuk merawat.
Laporan ini dibuat dalam bentuk case series terhadap lima remaja berusia 13-19 tahun dengan masalah harga diri rendah yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa. Kelima pasien dilakukan tindakan keperawatan yang sama yaitu tindakan keperawatan ners, terapi kognitif perilaku sebanyak enam kali pertemuan dan psikoedukasi keluarga sebanyak dua sampai tiga kali pertemuan.
Hasil tindakan keperawatan yaitu kelima pasien mengalami peningkatan kemampuan dalam mengatasi harga diri rendah yang dibuktikan dengan adanya penurunan gejala negatif serta peningkatan kemampuan keluarga dalam merawat pasien. Penerapan terapi kognitif perilaku dan psikoedukasi direkomendasikan untuk mengatasi harga diri rendah khususnya pada remaja namun waktu dan jumlah pertemuan disesuaikan dengan kebutuhan pasien supaya diperoleh hasil yang maksimal.

Low self esteem is the feeling or form of a negative self evaluation or self ability. Adolescents are a vulnerable population of low self esteem problems. If low self esteem in adolescents is not overcome then it can have a negative impact on various aspects of life. Cognitive behavioral therapy is performed so that adolescents have the ability to cope with low self esteem combined with family psychoeducation therapy in order for families to have the ability to care for.
This report was made in case series to five 13 19 year olds with low self esteem treated in Mental Hospital. The five patients performed the same nursing action of nursing ners, behavioral cognitive therapy as much as six times of meetings and family psychoeducation of two to three meetings.
The results of nursing actions are the five patients experienced an increase in the ability to overcome low self esteem as evidenced by the decrease of negative symptoms and increased ability of the family in treating patients. The application of behavioral and psychoeducation cognitive therapy is recommended to overcome low self esteem, especially in adolescents, but the time and number of meetings is tailored to the needs of the patient in order to obtain maximum results."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Maryatun
"Penyalahgunaan narkotika setiap tahunnya mengalami peningkatan. Kondisi tersebut menimbulkan masalah psikologis harga diri rendah. Logotherapy bertujuan meningkatkan harga diri melalui proses penemuan makna hidup. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh logotherapy terhadap harga diri narapidana perempuan dengan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Palembang. Desain penelitian quasi experimental pre-post test with control group. Penelitian dilakukan terhadap 56 responden yaitu 28 orang kelompok intervensi dan 28 orang kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan harga diri (kognitif, perilaku, afektif) yang signifikan pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan logotherapy. Rekomendasi hasil penelitian adalah perlunya pelaksanaan logotherapy dalam program pembinaan mental.

Abuse case of narcotics each year has increased. These conditions led to psychological problems of low self-esteem. Logo therapy was aimed to raise self esteem through the discovery process of the meaning of life. The research objective was to analyze the influence of logo therapy for the dignity of women prisoners with a drug in the class IIA Palembang Penitentiary. Design of this research used ?Quasi experiment by using pre post test with control group? on 56 samples. The consist of samples were 28 peoples for intervention group and 28 peoples for control group. The results showed that there were significantly different in self-esteem (cognitive, behavioral, affective) aspects in the intervention group before and after logo therapy. It was recommended that there was a need for implementation of logo therapy in mental health program."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Helda Aprilia
"ABSTRAK
LATAR BELAKANG. Memori kerja merupakan ranah kognisi yang bertanggungjawab
terhadap sebagian besar masalah kognisi yang dialami seorang
usia lanjut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat mengisi
Sudoku terhadap fungsi memori kerja dan fungsi kognisi global usia lanjut.
METODE. Desain studi adalah uji klinis tidak tersamar. Subjek merupakan
warga Panti Sosial TresnaWerda I dan III DKI Jakarta yang diambil secara
konsekutif kemudian dibagi acak menjadi dua kelompok, perlakuan dan kontrol.
Kelompok perlakuan melakukan latihan Sudoku 3x/minggu selama 12 minggu.
Memori kerja dinilai dengan Trail Making Test part B (TMT-B), fungsi kognisi
global dinilai dengan Montreal Cognitive Assesment versi bahasa Indonesia
(MoCA-Ina).
HASIL. Terdapat 24 subjek pada kelompok perlakuan dan 27 subjek pada
kelompok kontrol. Terdapat 13 subjek yang memberikan kesan positif terhadap
latihan Sudoku. Penurunan waktu penyelesaian TMT-B sebesar 11,1 detik pada
kelompok perlakuan dan 18,8 detik pada kelompok kontrol, meskipun tidak
didapatkan perbedaan bermakna antar kedua kelompok (p = 0,816). Terdapat 8
subjek (33,3%) dari kelompok perlakuan dan 11 subjek (40,7%) dari kelompok
kontrol yang mengalami peningkatan nilaiMoCA-Ina (p = 0,530).
KESIMPULAN. Sudoku belum terbukti dapat meningkatkan fungsi memori
kerja dan fungsi kognisi global pada usia lanjut sehat, namun peningkatan fungsi
memori kerja yang terlihat pada kedua kelompok menandakan adanya plastisitas
neural pada usia lanjut yang bermanfaat untuk pemeliharaan fungsi kognitif.

ABSTRACT
BACKGROUND. Working memory deficit is responsible for most of the
cognitive problem experienced by older adults.The aim of the present study was to
determine whether Sudoku training might improves these deficits and if so,
whether such changes might be transferred to other cognitive domains.
METHODS. This was non-blinding randomized controlled trial. Subjects were
consecutively taken from Panti Sosial TresnaWerda I dan III DKI Jakarta after
series of screening. All subjects were assessed with Indonesian version of
Montreal Cognitive Assessment (MoCA-Ina) for cognitive function and Trail
Making Test part B (TMT-B) for working memory. The experimental group was
given 12 weeks of cognitive alternate-day training based on Sudoku exercises.
RESULTS. There are 24 subjects in experimental group and 27 subjects in
control group. Nine subjects from each group showed improvement in the TMT-B
completion time, although this difference were not statistically significant
(experimental group 11.1s Vs control group 18.8s; p = 0.816). There were 8
subjects (33.3 %) on experimental group and 11 subjects (40.7 %) on control
group had increment in MoCA-Ina scores (p = 0.530). Thirteen subjects reported
improvements in memory, attention and concentration span.
CONCLUSIONS. The use of Sudoku as one of the cognitive training tools on
elderly still need further study and discussion regarding limitation of this present
study. But the improvement of working memory function as seen in result
provides potential brain plasticity for maintaining cognitive function in elderly. ;BACKGROUND. Working memory deficit is responsible for most of the
cognitive problem experienced by older adults.The aim of the present study was to
determine whether Sudoku training might improves these deficits and if so,
whether such changes might be transferred to other cognitive domains.
METHODS. This was non-blinding randomized controlled trial. Subjects were
consecutively taken from Panti Sosial TresnaWerda I dan III DKI Jakarta after
series of screening. All subjects were assessed with Indonesian version of
Montreal Cognitive Assessment (MoCA-Ina) for cognitive function and Trail
Making Test part B (TMT-B) for working memory. The experimental group was
given 12 weeks of cognitive alternate-day training based on Sudoku exercises.
RESULTS. There are 24 subjects in experimental group and 27 subjects in
control group. Nine subjects from each group showed improvement in the TMT-B
completion time, although this difference were not statistically significant
(experimental group 11.1s Vs control group 18.8s; p = 0.816). There were 8
subjects (33.3 %) on experimental group and 11 subjects (40.7 %) on control
group had increment in MoCA-Ina scores (p = 0.530). Thirteen subjects reported
improvements in memory, attention and concentration span.
CONCLUSIONS. The use of Sudoku as one of the cognitive training tools on
elderly still need further study and discussion regarding limitation of this present
study. But the improvement of working memory function as seen in result
provides potential brain plasticity for maintaining cognitive function in elderly. ;BACKGROUND. Working memory deficit is responsible for most of the
cognitive problem experienced by older adults.The aim of the present study was to
determine whether Sudoku training might improves these deficits and if so,
whether such changes might be transferred to other cognitive domains.
METHODS. This was non-blinding randomized controlled trial. Subjects were
consecutively taken from Panti Sosial TresnaWerda I dan III DKI Jakarta after
series of screening. All subjects were assessed with Indonesian version of
Montreal Cognitive Assessment (MoCA-Ina) for cognitive function and Trail
Making Test part B (TMT-B) for working memory. The experimental group was
given 12 weeks of cognitive alternate-day training based on Sudoku exercises.
RESULTS. There are 24 subjects in experimental group and 27 subjects in
control group. Nine subjects from each group showed improvement in the TMT-B
completion time, although this difference were not statistically significant
(experimental group 11.1s Vs control group 18.8s; p = 0.816). There were 8
subjects (33.3 %) on experimental group and 11 subjects (40.7 %) on control
group had increment in MoCA-Ina scores (p = 0.530). Thirteen subjects reported
improvements in memory, attention and concentration span.
CONCLUSIONS. The use of Sudoku as one of the cognitive training tools on
elderly still need further study and discussion regarding limitation of this present
study. But the improvement of working memory function as seen in result
provides potential brain plasticity for maintaining cognitive function in elderly. ;BACKGROUND. Working memory deficit is responsible for most of the
cognitive problem experienced by older adults.The aim of the present study was to
determine whether Sudoku training might improves these deficits and if so,
whether such changes might be transferred to other cognitive domains.
METHODS. This was non-blinding randomized controlled trial. Subjects were
consecutively taken from Panti Sosial TresnaWerda I dan III DKI Jakarta after
series of screening. All subjects were assessed with Indonesian version of
Montreal Cognitive Assessment (MoCA-Ina) for cognitive function and Trail
Making Test part B (TMT-B) for working memory. The experimental group was
given 12 weeks of cognitive alternate-day training based on Sudoku exercises.
RESULTS. There are 24 subjects in experimental group and 27 subjects in
control group. Nine subjects from each group showed improvement in the TMT-B
completion time, although this difference were not statistically significant
(experimental group 11.1s Vs control group 18.8s; p = 0.816). There were 8
subjects (33.3 %) on experimental group and 11 subjects (40.7 %) on control
group had increment in MoCA-Ina scores (p = 0.530). Thirteen subjects reported
improvements in memory, attention and concentration span.
CONCLUSIONS. The use of Sudoku as one of the cognitive training tools on
elderly still need further study and discussion regarding limitation of this present
study. But the improvement of working memory function as seen in result
provides potential brain plasticity for maintaining cognitive function in elderly. "
2015
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Heppi Sasmita
"Di Indonesia diperkirakan 1% - 2% penduduk atau sekitar dua sampai empat juta jiwa terkena gangguan jiwa. Survei tentang penderita gangguan jiwa tercatat 44,6 per 1.000 penduduk menderita gangguan jiwa berat seperti skizofrenia Seseorang yang mengalami skizoprenia sering diawali dengan masalah harga diri rendah dengan gejala: konsentrasi dan perhatian kurang, kepercayaan diri kurang, rasa bersalah, tidak berguna, pandangan masa depan yang suram dan pesimistis. Salah satu terapi yang dilakukan untuk meningkatkan kognitif dan perilaku klien adalah cognitive behaviour therapy(CBT).
Tujuan penelitian: menilai efektivitas cognitive behaviour therapy untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan perilaku klien harga diri rendah.
Metode penelitian: quasi eksperimen dengan penerapan cognitive behaviour therapy dengan pendekatan pre-post test. Analisis yang digunakan dependen dan independent sample t- Test regresi linier sederhana, chi-square dan Anova. Penelitian dilakukan di RSMM Bogor terhadap 58 klien yaitu 29 orang kelompok intervensi dan 29 orang kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan cognitive behaviour therapy meningkatkan kemampuan kognitif dan perilaku klien skizoprenia dengan harga diri rendah secara bermakna (p value< 0,05). Efektiiitas cognitive behaviour therapy meningkatkan kemampuan kognitif sebesar 29,31% dan kemampuan perilaku sebesar 22,4%. Kemampuan kognitif dan perilaku lebih tinggi secara bermakna pada klien yang mendapatkan cognitive behaviour therapy dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan.
Rekomendasi hasil penelitian cognitive behaviour therapy dijadikan salah Satu terapi spesialis pada klien skizopronia dengan masalah harga diri rendah."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
T22870
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Cleodora
"Harga diri rendah merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya halusinasi pada klien skizofrenia yang mempengaruhi pikiran dan perilaku klien. Laporan kasus ini bertujuan melihat manfaat terapi kognitif perilaku dan terapi psikoedukasi keluarga terhadap peningkatan kemampuan klien dan keluarga serta penurunan tanda dan gejala halusinasi dan harga diri rendah pada 4 klien laki-laki berusia dewasa melalui pendekatan case series.
Hasil yang didapatkan menunjukkan seluruhnya mengalami peningkatan dalam mengendalikan halusinasi dan harga diri rendah hingga berdampak pada penurunan tanda dan gejala. Seluruh klien sudah tidak mendengar suara-suara lagi dan berpikir positif terhadap dirinya. Terapi kognitif perilaku yang diberikan juga menunjukkan hasil bahwa seluruh klien mampu mengendalikan pikiran negatif, 3 klien diantaranya berhasil menghilangkan pikiran negatif dan seluruhnya dapat mengubah perilaku negatif. Pada masing-masing keluarga klien mengalami peningkatan kemampuan setelah diberikan Psikoedukasi Keluarga.
Kedua terapi ini direkomendasikan dilakukan bersamaan pada klien halusinasi dan harga diri rendah, karena dukungan caregiver memberikan kontribusi pada kemampuan klien mengatasi masalahnya. Penelitian selanjutnya diperlukan untuk melihat efektivitas terapi kognitif perilaku dan terapi psikoedukasi keluarga pada halusinasi dan harga diri rendah dengan jumlah visit lebih lama dan menggunakan kelompok kontrol.

Low self esteem was one of factors caused Schizophrenia that influence the mind and behavior of clients. This case reports looked at the benefits of cognitive behavior therapy and family psycho education therapy to improved client and family ability and decreased sign and symptoms of hallucinations and low self esteem in 4 adult male clients through a case series approach.
The results showed that all of them have increased in controlling hallucinations and low self esteem to have a decrease in sign and symptoms. The whole client has not heard voices and think positively. The therapy also shows that all clients are able to control negative thoughts and 3 clients of them managed to eliminate negative thoughts and can completely change negative behavior. In each client's family had increased ability after given family psycho education therapy.
Both of these therapies are recommended to perform simultaneously on the hallucination and low self esteem clients, as caregiver support contributes to the client's ability to resolve the problem. Further study is needed to see the effectiveness of cognitive behavior therapy and family psycho education therapy on hallucinations and low self esteem with longer visit and with control group.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lutfi Hilmy Abdullah
"ABSTRAK
Penelitian dilakukan pada sebuah panti asuhan yang terdapat pada kota Depok, Jawa Barat. Urgensi permasalahan panti asuhan tersebut adalah rendahnya perilaku belajar yang mengakibatkan prestasi akademik menjadi rendah juga sehingga menciptakan lulusan panti asuhan dengan cita-cita yang rendah. Remaja panti asuhan tersebut mengalami gangguan psikologis yang tepatnya pada harga diri dikarenakan beban psikologis yang mereka rasakan terhadap stereotipe negatif remaja panti asuhan sehingga mengubah persepsi akan diri dan lingkungannya menjadi negatif juga. Pada akhirnya pertumbuhan mereka yang secara essensial memerlukan orang tua terganggu sehingga menjadi pola perkembangan yang tidak sehat. Hasil pengukuran baseline menunjukkan harga diri dimensi sosial rendah dengan nilai mean 3,4 dibanding dimensi performa 3,7 dan dimensi fisik 3,6. Pada penelitian intervensi, harga diri dimensi sosial ditingkatkan melalui program positive self-talk dan menunjukkan harga diri pada hasil pre-post test secara total meningkat secara signifkan, pada hasil uji Wilcoxon non-parametric nilai Z total -2,484 dengan p value 0,013 < 0,05. Sedangkan dimensi sosial tidak signifikan pada nilai Z -1,546 dengan p value 0,122 ABSTRACT
The research was conducted on an orphanage which is located in Depok, West Java. The urgency of the orphanage rsquo s problem lies on their low learning behavior which effect negatively to their academic performance thus making the graduates of the orphanage having low goal of work and college studies. The orphan rsquo s teenagers have gone through psychological disturbance which directly goes to their self esteem caused by psychological burden of negative orphan stereotypes which in the end change their perception negatively of themselves and also to their environment. In the end their growth which essentially needed their parents are disrupted thus making an unhealthy personal development. Baseline studies showed self esteem rsquo s social dimension were low with mean 3,4 compared to other dimension like performance 3,7 and appearance 3,6. In the intervention research the social dimension were enhanced through positive self talk program. In pre post total test showed positive changes significantly in Wilcoxon non parametric test shows Z value total 2,484 and p value 0,013 0,05. Nevertheless, the social dimension shows insignificant changes with Z value 1,546 p value 0,122 "
2018
T50822
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>