Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zakhy Wahyu Novrizal
"Penelitian ini mengkaji strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di dalam industri pompa bensin khususnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.xx.xxx, dan sumber potensialnya untuk menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan. Ada tiga aspek yang diteliti, yaitu faktor sosialisasi, pelatihan praktis dan perilaku manusia sumber daya. Para responden yang diteliti adalah seluruh karyawan Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.xx.xxx, yang berjumlah 35 orang.
Berdasarkan hasil penelitian, hanya faktor perilaku sumber daya manusia yang berpengaruh secara signifikan untuk keunggulan kompetitif perusahaan, sedangkan faktor lainnya tidak berpengaruh secara signifikan. Beberapa cara alternatif untuk mengembangkan strategi manajemen sumberdaya manusia meliputi merekrut orangorang terbaik, kemampuan mengembangkan diri secara maksimal, peningkatan tantangan dan evaluasi akhir. Untuk meraih keunggulan kompetitif, organisasi perlu memperhatikan pentingnya pengelolaan strategi manajemen sumberdaya manusia.

This research investigated Human Resource Management (HRM) strategy in the gas station industry in SPBU 34.xx.xxx, and its potential sources of creating company competitive advantage. There were three aspects being investigated, namely socialization, training practices, and human resources behavior. Respondents were all of the gas station employees in SPBU 34.xx.xxx, totally 35 person.
Based on the result, only human resource behavior factor had significant influence on the company competitive advantage, while the other factors didn?t have significant influence. Some alternative ways to develop human resource management strategy includes recruiting the best people, the ability to reach their maximum potential ability, increase the challenge and evaluation. To achieve a competitive advantage, organizations need to pay attention to the importance of managing human resource management strategies.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T21744
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adhi Cahyono
"Konflik dapat mempengaruhi performa organisasi secara menguntungkan maupun merugikan terhadap performa organisasi. Fokus dari tesis ini adalah untuk mencari hubungan antara pendekatan Manajer Proyek terhadap konflik dan persepsi anggota tim proyek tentang efektifitas Manajer Proyek dalam menangani konflik. Kuisioner didistribusikan kepada responden yang bekerja di sektor hulu industry minyak dan gas bumi di Indonesia. Manajer Proyek dipersepsikan efektif menangani konflik di dalam proyek jika menggunakan pendekatan kooperatif (cooperative) dan konfirmatif (confirmative). Sebaliknya, Manajer Proyek dipersepsikan tidak efektif dalam menangani konflik di dalam proyek jika menggunakan pendekatan kompetitif (competitive) dan menghindar (avoidance).

Conflict can be functional or dysfunctional to the organization?s performance. This thesis focused on looking at the association between conflict approaches implemented by the Project Manager and project team member's perception on the effectiveness of the Project Manager in managing project's conflict. Questionnaires were distributed to the respondents work in the upstream sector of the Oil and Gas industry in Indonesia. Project Manager is perceived to be effective in managing project conflict when implementing cooperative and confirmative approaches. Project Manager is perceived to be in-effective in managing project conflict when implementing competitive and avoidance approaches."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T29512
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andes Parlin
"ABSTRAK
Kepuasan kerja merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh Kantor
Pelayanan Pajak (KPP) di Jakarta karena dapat memberikan dampak kepada
prestasi kerja karyawan. Mempengaruhi kepuasan kerja dapat diartikan sebagai
tindakan mempengaruhi perilaku karyawan untuk meningkatkan prestasi kerja
mereka. Secara teoritis, kepemimpinan merupakan faktor penting yang
mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Terkait dengan hal ini, sesuai dengan
sasaran reformasi birokrasi berupa peningkatan pelayanan publik, maka pemimpin
yang dibutuhkan oleh KPP di Jakarta saat ini adalah pemimpin yang dapat
memberikan teladan dalam melayani orang lain. Gaya kepemimpinan yang fokus
dalam melayani orang lain terutama bawahan adalah servant leadership. Melalui
keteladanan dalam melayani orang lain, pemimpin servant berusaha menciptakan
bawahan yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk melayani orang lain.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh servant leadership terhadap
kepuasan kerja karyawan Kantor Pelayanan Pajak di Jakarta. Responden
penelitian ini berjumlah sebanyak 438 orang yang berasal dari 12 KPP di Jakarta.
Instrumen pengukuran servant leadership yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan adaptasi dan kombinasi dari servant leadership questionnaire yang
dikembangkan oleh Ehrhart (2004) dan Liden et al. (2008). Sedangkan instrumen
pengukuran kepuasan kerja yang digunakan merupakan adaptasi dari job
satisfaction survey Spector (1997). Hasil penelitian membuktikan bahwa servant
leadership memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap setiap dimensi
kepuasan kerja karyawan KPP di Jakarta. Berperilaku etis dan menciptakan nilai
bagi orang lain di luar organisasi merupakan dimensi servant leadership yang
paling banyak mempengaruhi dimensi kepuasan kerja karyawan. Hal ini
membuktikan bahwa keteladanan atasan melalui perilaku etis dibutuhkan
bawahan untuk mensukseskan program reformasi birokrasi yang fokus pada
perbaikan pelayanan kepada wajib pajak.

ABSTRACT
Job satisfaction is an important thing that must be considered by the tax offices in
Jakarta because it had an impact on employee performance. Affecting job
satisfaction can be defined as the act of influencing the employees behavior to
improve their job performance. Theoretically, leadership is an important factor
that affecting job satisfaction. In this regard, in accordance with the objectives of
bureaucratic reform that is increasing of public services, the leaders needed at the
tax offices in Jakarta today is a leader who can set an example in serving others.
The leadership style that focused on serving others, especially subordinates is
servant leadership. By example in serving others, servant leader is trying to create
a subordinate who have the ability and willingness to serve others. This research
was conducted to determine the effect of servant leadership to job satisfaction of
tax office employees in Jakarta. The respondents of this study is 438 employees
from twelve tax offices in Jakarta. Servant leadership instrument used in this
study is an adaptation and combination of servant leadership questionnaire which
is developed by Ehrhart (2004) and Liden et al. (2008). While job satisfaction
instrument used is an adaptation of Spector’s job satisfaction survey (1997). This
research proves that servant leadership has a significant positive effect on every
job satisfaction dimensions of tax office employees in Jakarta. Behaving ethically
and create value for others outside the organization are servant leadership
dimensions that have the most influence on job satisfaction dimensions. It proves
that an exemplary from a leader through ethical behavior is required by
subordinate to succeed bureaucratic reform program that focuses on improving
services to taxpayers."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34764
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Astuti Wulandari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat employee engagement, gaya kepemimpinan, dan pengaruh gaya kepemimpinan terhadap employee engagement di Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Setjen Kemdikbud). Penelitian ini menggunakan Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ-Form 5X) untuk mengukur gaya kepemimpinan, dan untuk mengukur employee engagement digunakan Utrecht Work Engagement Scale (UWES). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan general linear model.
Hasil penelitian terhadap 274 pegawai menunjukkan tingkat employee engagement di Setjen Kemdikbud dikategorikan sedang. Gaya kepemimpinan yang diterapkan di Setjen Kemdikbud adalah kepemimpinan transformasional dan transaksional dengan kategori sedang dan laissez-faire dengan kategori rendah.
Dari hasil penelitian ini diketahui kepemimpinan transformasional berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap employee engagement, termasuk juga terhadap dimensi employee engagement yaitu vigor, dedication, dan absorption. Sedangkan kepemimpinan laissez-faire tidak berpengaruh terhadap employee engagement, namun berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap dimensi absorption. Saran untuk penelitian lebih lanjut juga disajikan dalam karya akhir ini.

ABSTRACT
The purpose of this research is to find out the employee engagement level, leadership styles, and the influence of leadership styles on employee engagement in Secretariate General of the Ministry of Education and Culture (Setjen Kemdikbud). This research utilize the Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ-Form 5X) to measure the leadership styles, and to measure employee engagement, this research utilize Utrecht Work Engagement Scale (UWES). Data was analyzed with descriptive analysis method and general linear model.
Result of the research (n=274) showed that the engagement level of Setjen Kemdikbud?s employees are moderate. The leadership styles applied in Setjen Kemdikbud are transformational leadership and transactional leadership in moderate category, while laissez-faire in low category.
This research found that transformational leadership significantly and positively impact on employee engagement, as well as the dimensions of employee engagement, namely vigor, dedication and absorption. Laissez-faire leadership has no effect on employee engagement, but significantly and positively affect the absorption dimension. Suggestions for further research were presented in this final report.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34726
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Puspita Sari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan
transformasional terhadap komitmen organisasi pegawai yang dimediasi oleh
kepuasan kerja. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 167 orang pegawai di
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Pada penelitian ini digunakan tiga
jenis kuesioner yaitu: Multifactor Leadership Questionnaireyang digunakan untuk
mengukur persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional, Job
Satisfaction Surveyuntuk mengukur tingkat kepuasan kerja pegawai dan
Organizational Commitment Questionnaire untuk mengukur tingkat komitmen
organisasi pegawai. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linier
dan General Linear Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya
kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja
khususnya pada dimensi jenis pekerjaan dan komunikasi. Di sisi lain, gaya
kepemimpinan transformasional berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja
khususnya pada dimensi operating condition. Kepuasan kerja berpengaruh positif
terhadap seluruh dimensi komitmen organisasi. Penelitian ini juga menunjukkan
hasil bahwa kepuasan kerja berperan sebagai variabel mediator dalam pengaruh
gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi. Penelitian
ini menyarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya mengenai pengaruh
masing-masing dimensi dalam kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan
kerja dan komitmen organisasi.

ABSTRACT
The current study aimed to investigate the influence of transformational
leadership on employees’ organizational commitment which is mediated by job
satisfaction. The sample consisted of 167 employees of Badan Koordinasi
Penanaman Modal (BKPM). Three instruments were used to assess study
variables: Multifactor Leadership Questionnaire was used to assess
transformational leadership, Job Satisfaction Survey was used to assess
employees’ job satisfaction and Organizational Commitment Questionnaire was
used to assess employees’ organizational commitment. This study used
descriptive analysis, linear regression and General Linear Model. The results
indicate that transformational leadership style positively influences employees’
job satisfaction in nature of work and communication. On the other hand,
transformational leadership style negatively influences employees’ job satisfaction
in operating condition. Job satisfaction positively influences the overall of
employees’ organizational commitment. Finally, the results show that job
satisfaction mediates the influence of transformational leadership style on
organizational commitment. This study suggest to do futher study that investigate
the influence of each dimension of transformational leadership on job satisfaction
and organizational commitment."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34790
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sasmoyo Dimas Radityo
"Etika organisasi adalah salah satu variabel yang dapat menentukan output organisasi seperti kepuasan kerja. Pimpinan organisasi dapat mempengaruhi kepuasan kerja sesuai keinginan melalui menggunakan, mendukung dan memberi penghargaan perilaku yang beretika. Etika organisasi terdiri dari top management support for ethical behavior, the organization 's ethical climate, dan association between ethical behavior and career success. Objek penelitian ini adalah Kantor Pusat Perum Percetakan Uang Rl, merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang percetakan uang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh etika organisasi terhadap kepuasan kerja. Berdasarkan hasil sebuah survei oleh 72 responden, hanya ditemukan pengaruh association between ethical behavior and career success terhadap kepuasan kerja.

Organizational ethics is one of variables that could determined organizational outcome such as job satisfaction. Organizational leaders can favorably influence job satisfaction by engaging in supporting and rewarding ethical behavior. Organizational ethics comprises of lop management support for ethical behavior, the organization?s ethical climate, and the association between ethical behavior and career success. This study focused on the Head Office of Perum Percetakan Uang Rl, one of BUMN companies on money printing industry. The objective of this study is to analyze the effect of organizational ethics toward job satisfaction. Based on a survey of 72 employees, only the association between ethical behavior and career success are found to have an effect on job satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33236
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Soni Drestiana
"Kompetensi adalah sekelompok perilaku yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan teknis dan motivasi yang menentukan kesuksesan seseorang dalam pekerjaannya. Kompetensi individu yang didukung oleh lingkungan pekerjaan dan tuntutan peran yang tepat akan menghasilkan kinerja yang efektif. Kinerja efektif seorang manajer dapat dilihat dari nilai kompetensi yang dimiliki. Pada penelitian ini digunakan Profilor Wheel untuk menggolongkan dan mengnkur kompetensi manajer. Tujuan dari penelitian ini melihat nilai kompetensi tertinggi yang dimiliki manajer beberapa industri di Indonesia berdasarkan nilai hasil assessment center tahun 2008 - 2010. Penelitian menunjukkan bahwa tigakompetensi yang memiliki nilai tertinggi adalah Motivation Factor, Self Management Factor dan Communication Factor.

Competence is a group of behaviors consisting of knowledge, technical skills and motivations that determine a person's success in its work. Individual competencies are supported by the work environment and demands of the role will result in effective perfonnance. Effective performance of a manager can be seen from the value of their competence. In this study Profilor Wheel used to categorize and measure the competence of managers. The purpose of this study to find the the highest competence managers have in industries in Indonesia based on the results of assessment-center in 2008 to 2010, Research shows that the-three competencies that have the highest value is the Motivation Factor, Self Management and Communication Factor."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T33655
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alexander Bram Widi Kusuma
"Penelidan ini ingin melihat pengaruh kepemimpinan transformasional dan transaksional yang bersumber pada penelitian dan konsep Bass dan Avolio ( 1994) terhadap employee engagement. Responden adalah 75 karyawan PT Kustodian Sentra! Efek Indonesia (KSEI). Dalam penelitian ini, kepemimpinan berpengaruh pada terciptanya EE di suatu perusabean. Secara signifikan juga didapatl bahwa kepemimpinan transformasional mempunyai pengaruh lebih dibandingkan kepernimpirum transaksional. Kepemimpinan transaksional masih diperlukan da!am beberapa situasi sebagai pelengkap kepemimpinan transformasional sehingga kepemimpinan menjadi utuh dan lebih fleksibel.

This study wanted to see the influence of transformational_ and transactional leadership which used the concept of Bass and Avolio ( 1994) on employee engagement Respondents were 75 employees of PT Indonesian Central Securities Depository (KSEI), In this study, leadership gave significant influence on the creation of BE in the company, It was also found that transformational leadership had more impact than transactional leadership. Transactional leadership was still needed in some situations as a complement to transformational leadership to be more flexible."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T33715
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library