Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gamella Ekaputri
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Pusat Unit Pengolah Kearsipan SKK Migas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey dan observasi. Pengukuran kepuasan pengguna dilakukan dengan menggunakan metode Servqual. Hasil penelitian menyatakan 74% dari responden menyatakan kurang puas, 10% dari responden menyatakan memuaskan, dan 16% dari responden merasa sangat memuaskan. Dengan demikian, tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Pusat Unit Pengolah Kearsipan masih kurang memuaskan. Dimensi kehandalan adalah dimensi yang memiliki nilai kepuasan paling rendah dibandingkan empat dimensi kualitas layanan lainnya. Sehingga, dimensi kehandalan dijadikan sebagai prioritas utama untuk segera diperbaiki. Melalui metode Servqual dapat diketahui unsur-unsur layanan yang menyebabkan ketidakpuasan pengguna dan unsur-unsur layanan yang memberikan kepuasan kepada pengguna. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk perbaikan unsur-unsur layanan yang memiliki nilai kepuasan yang rendah.
ABSTRACT
The focus of this study is employee satisfaction to service quality at records center SKK Migas. This study is a quantitative study with survey method and observation. Employee satisfaction measurement is done using Servqual Method. The result of this study stated 74% of respondents felt less satisfied, 10% of respondents felt satisfied, and 16% of respondents felt very satisfied. Reliability is the dimensions that has the lowest satisfaction scores compared to the other four dimensions of service quality. Thus, this reliability serve as the top priority to be remedied. Through Servqual method can be known the elements of service that led to employee dissatisfaction and elements of service that provide satisfaction to employee. So that the result of this study can be used for improvements to the service elements that have low satisfaction scores.
2014
S53129
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Fajar Fadillah
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan koleksi karya cetak dan karya rekam pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Jakarta. Masalah yang dikaji oleh peneliti berfokus pada pengelolaan koleksi karya cetak dan karya rekam (KCKR) mulai dari kebijkan serah simpan koleksi karya cetak dan karya rekam, pengadaan koleksi, pengolahan, pelestarian, layanan, hingga pengawasan terhadap koleksi karya cetak dan karya rekam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pihak pengelola Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Jakarta khususnya pada Bidang Pengembangan Koleksi, Sub bidang Deposit, Sub Bidang Pengolahan, dan Sub Bidang Layanan yang memahami topik dari penelitian ini. Objek data penelitian ini adalah pengelolaan koleksi karya cetak dan karya rekam di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Jakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara (depth interview), dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pengelolaan koleksi karya cetak dan karya rekam di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Jakarta sudah cukup baik dilihat dari pelaksananaan pengolahan dan keamanan koleksi karya cetak dan karya rekam. Kendala dalam pengelolaan koleksi karya cetak dan karya rekam ini yaitu pengadaan koleksi yang belum dilakukan dengan maksimal dan hanya pasif menunggu dari penerbit, SDM, serta pengawasan terhadap koleksi karya cetak dan karya rekam yang belum dijalankan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari belum diterapkannya sanksi kepada penerbit yang tidak menyerahkan terbitanya kepada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Jakarta sesuai ketentuan Undang-Undang yang berlaku mengenai serah simpan karya cetak dan karya rekam
ABSTRACT
This thesis aims to determine the management of collections of printed and recorded works that are in the BPAD Province Jakarta. The problem studied is focused on managing the collection of printed and recorded works ranging from development policy deposit collection of printed and recorded works, procurement of collection, processing, preservation, to supervise the collection of printed and recorded works. This study is a qualitative research with case study method. Subjects of this study is the manager of BPAD Province Jakarta particularly in the field of development collection, sub-field deposits, sub-field processing, and sub-field services that is understand the topic of this study. Object of this study is the management collection of printed and recorded works in BPAD Province Jakarta. Methods of data collection are observation, interviews (depth interviews), and document analysis. The results of this research note that the management of a collection of printed and recorded works in the BPAD Provice Jakarta is already good views of implementation of processing and security collection of printed and recorded works. Constraints in the management of collections of printed and recorded are the procurement of collection has not been carried out with maximum effort and just passively waiting from publishers, less skilled Human Resource, as well as oversight of the collection of printed and recorded works that have not been executed properly. This can be seen from the application of sanctions yet to publishers who do not submit their publications to BPAD Province Jakarta accordance with applicable law regarding the deposit of printed and recorded works
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57479
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Muhammad Ansyari Tantawi
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas rencana pencegahan bencana di Unit Pelayanan Kearsipan FIB UI. Evaluasi yang dilakukan meliputi analisis risiko yang ada dan mengidentifikasi indikator – indikator yang berkemungkinan menyebabkan bencana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Unit Pelayanan Kearsipan FIB UI tidak berisiko terhadap faktor alam melainkan berisiko dari sistem dan kegiatan yang telah dilakukan. Berdasarkan temuan itu maka penelitian ini menyarankan untuk membentuk komite mitigasi bencana dalam Unit Pelayanan Unit Pelayanan Kearsipan FIB UI sehingga rencana pencegahan bencana yang dilakukan efektif dan efisien. Pola pencegahan bencana yang ada harus diubah agar reaktif melainkan aktif disetiap saat baik sebelum bencana terjadi maupun ketika bencana terjadi dan memberikan pelatihan kepada para staf yang baru bekerja di Unit Pelayanan Kearsipan FIB UI
ABSTRACT
The Focus of this study is the disaster prevention plan in Faculty of Humanity Archive Sevices Unit / Record Center in University of Indonesia. The coverage of disaster prevention plan evaluating are risk analysis and identification each indicators which possible to trigger disaster. This study use case study method with qualitative approach. Result of this study reveal that record center never face nature risk, but will face systemic risk from its activity and system which have formed. Based on this result Faculty of Humanity Record Center must establish disaster control plan committee for efficient and affective disaster prevention plan. Disaster prevention design must be changed from reactive action to be active action on before until after disaster occurence. Record center have to make training for new staff for better disaster prevention
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57472
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qatrunnada Fadhila
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang perancangan purwarupa aplikasi berbasis web untuk pengelolaan koleksi foto Mapala UI dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dan model proses pengembangan aplikasi berupa Rapid Application Development atau RAD. Dalam pelaksanaannya, berbagai percobaan dilakukaan mulai dari tahap perencanaan hingga tahap implementasi singkat untuk akhirnya menghasilkan suatu aplikasi pengelolaan foto yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan Mapala UI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pengelolaan foto dapat dibangun dengan menggunakandatabase management system MySQL untuk menyimpan data dari aplikasi, bahasa pemrograman PHP dan framework CodeIgniter untuk membangun fungsi-fungsi yang terdapat dalam aplikasi, Twitter Bootstrap untuk membuat tampilan antar muka yang nyaman dan mudah untuk digunakan serta skema metadata Dublin Core untuk membuat ruas deskripsi foto yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dalam hal ini Mapala UI.
ABSTRACT
The focus of this undergraduate thesis is designing web application prototype for managing Mapala UI photos with experimental research method and Rapid Application Development (RAD) model. A lot of experiments have been done from planning phase until short implementation for making an application that is user friendly and suitablefor Mapala UI. This research shows that photo management application can be made from MySQL database management system to store application data, PHP and CodeIgniter framework to build the functions of application, Twitter Bootstrap to make a user friendly interface and Dublin Core metadata schema to made photo description fields which is suitable with Mapala UI conditions.
2015
S61611
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Septyanto Putro
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan efektifitas kegiatan registrasi arsip dan temu kembali arsip dengan menggunakan aplikasi berbasis web yang dibangun beradasarkan bahasa pemrograman PHP dan di integrasikan dengan database MySQL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan melakukan beragam percobaan atau trials pada fungsi dan syntax yang terdapat pada bahasa pemrograman PHP serta membuat rancangan basis data yang sesuai. Pembangunan aplikasi ini juga disesuaikan dengan standar form daftar pencarian arsip yang digunakan pada unit kearsipan fakultas ilmu pengetahuan budaya, universitas indonesia. Hasil penelitian ini dapat membantu kegiatan pengelolaan arsip, khususnya pada saat dilakukan pendataan arsip, penyimpanan data-data arsip dan penelusuran kembali arsip tersebut.
ABSTRACT
The focus of this study is to gain the effectivensess of archive registration and archive retireval using a web-based application which established by PHP Programming Language and integrated with MySQL database. This is an experimental research which has a lot of trials and errors in finding the right PHP syntax and functions. And also in designing a proper database system to store all the data. This application is also adapt archive description standard on archive retrieval form that being used by the archive center of faculty of humanities, university of indonesia. The result of the research can assist the archive management activities especially the archive registration, archive data storage and archive retrieval.
2014
S61122
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Maulana
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai kualitas layanan Perpustakaan Mahkamah Agung Republik Indonesia kepada para pemustakanya dalam tiga dimensi Libqual yaitu Dampak Layanan, Pengawasan Informasi dan Perpustakaan Sebagai Tempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas kualitas layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Mahkamah Agung Republik Indonesia kepada para pemustakanya dilihat dari tiga dimensi Libqual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survai. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan pada Perpustakaan Mahkamah Agung Republik Indonesia berada dalam katagori baik pada ketiga dimensi dalam Libqual. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perpustakaan harus terus meningkatkan kualitas layanannya terlebih pada bagian informasi koleksibaru dan jurnal elektronik.
This study discusses the service quality of Mahkamah Agung Republik Indonesia Library using the Libqual dimensions. Service quality measurement is based on three Libqual dimensions. They are Affect of Service, Information Control, Library as Place. The purpose of this study is to determine the level of service quality in Mahkamah Agung Republik Indonesia Library based on three dimensions of Libqual. This research uses quantitative approach with survey method. The results of this research reveal that service quality of Mahkamah Agung Republik Indonesia Library is good for three dimension of Libqual. The results of this research suggest that the library should improve its existing service quality to be even better. One thing that should be concerned to the information about new collection and online journal.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66819
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aulia Rasyid
Abstrak :
Penelitian ini membahas arsitektur informasi pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental. Analisis pada perpustakaan digital didasarkan pada empat komponen dasar dalam arsitektur informasi yaitu, sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi dan system pencarian. Peneliti melakukan penelitian langsung pada antarmuka situs web dan mengamati arsitektur informasi yang ditampilkan pada Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Dalam melakukan penelitian, peneliti akan menangkap/merekam tampilan pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Peneliti berperan sebagai partisipan utuh dalam melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara belum menerapkan prinsip-prinsip dalam komponen dasar arsitektur informasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak perpustakaan untuk meningkatkan dan mengembangkan arsitektur informasi pada perpustakaan digital sehingga memberikan kemudahan-kemudahan akses informasi bagi penggunanya.
This research discusses the information architecture of Bina Nusantara University Digital Library. This research is a quantitative research with experimental methods. Analysis on digital library based on four basic components in the information of architecture, organization systems, labeling systems, navigation systems and searching systems. The author doing a direct research at the interface of the website and observe the information architecture displayed on Bina Nusantara University Digital Library. In research, author will capture record the interface of Bina Nusantara University Digital Libraries. Author role as full participants research. The results showed that the Bina Nusantara University Digital Library is not implementing the principles basic components of information architecture. Based on these research, the author suggested to the library to improve and develop the information architecture in digital libraries that provide easy access to information for users.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S68130
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwit Ratnasari
Abstrak :
Skripsi ini membahas arsitektur informasi pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara terhadap informan terkait dengan pengembangan Perpustakaan Digital Universitas Terbuka.. Analisis pada perpustakaan digital didasarkan pada empat komponen dasar dalam arsitektur informasi yaitu, sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi dan sistem pencarian. Observasi dilakukan dengan dua cara. Pertama, mengobservasi tampilan antarmuka pengguna situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka. Kedua, mengobservasi pengguna untuk mengetahui tingkat stress dalam menavigasi situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka dengan melakukan navigation stress test. Hasil penelitian menyatakan bahwa situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka belum memenuhi prinsip-prinsip dalam komponen dasar arsitektur informasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak perpustakaan untuk meningkatkan dan mengembangkan arsitektur informasi pada perpustakaan digital sehingga memberikan kemudahan-kemudahan akses informasi bagi penggunanya. ......This thesis describes about information architecture on Open University Digital Library website. The research usesqualitativeapproach with observation and interview method associated with the development of Open University Digital Library. Analysis of the digital library is based on four fundamental components of an information architecture include organization system, labeling system, navigation system, and search system. Observation carried out in two ways. First, observe the user interface of the Open University Digital Library website. Second, observe the user to determinate the level of stress in navigating at Open University Digital Library website by conducting navigation stress test. The result of this research showed that the digital library website of Open University Digital Library not met the fundamental components of an information architecture. To put one thing in a nutshell, the librarian needs to improve and develop theirquality of digital library to provide easy-access to information for its users.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45771
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iwan Muhadhan
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini berfokus pada pengelolaan koleksi multimedia di Pepustakaan Universitas Indonesia. Masalah yang dikaji adalah pengelolaan koleksi multimedia mulai dari pengembangan koleksi, pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan layanan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pihak pengelola Perpustakaan Universitas Indonesia yang memahami topik penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan koleksi multimedia di Perpustakaan Universitas Indonesia. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian pengelolaan koleksi multimedia di Perpustakaan Universitas Indonesia, yaitu pengelolaan koleksi multimedia tidak memiliki kebijakan secara khusus untuk mengatur koleksi multimedia. Terlihat dari tidak adanya pengaturan dalam melakukan pengadaan koleksi multimedia. Pengolahan sudah sangat baik dengan melakukan pengolahan ulang seluruh koleksi multimedia dengan pedoman yang baku. Penyimpanan dan pelayanan kurang baik, terhambat tidak adanya ruang di Perpustakaan Universitas Indonesia untuk menyimpan maupun melayankan koleksi multimedia.
ABSTRACT
The study is about the management of multimedia collection in the library of University of Indonesia. Problems of study are collection developmet, aquisition, processing, retention, and to service. The research approach is qualitative research. Methods of data collection are observation, interview, and document analysis. The result of the research management of multimedia collection in the library of University of Indonesia, in terms of multimedia collection management, does not have a policy specifically managing multimedia collection. Seen from the lack of regulation in multimedia collection development. Processing has been very good to do a re cataloging the entire multimedia collection with firm standards. Retention and to service are not good, hampered by the lack of space at the Library of University of Indonesia as the provision of multimedia collection.
2016
S69319
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irnadia Permatasari Febrina
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai layanan rujukan instant messaging (IM) di perpustakaan PDII-LIPI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan memberikan gambaran mengenai layanan rujukan IM yang sudah diterapkan di perpustakaan PDII-LIPI. Lebih jauh lagi penelitian ini juga dilakukan untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan dari layanan rujukan IM di perpustakaan. Penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara informan, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan rujukan IM di perpustakaan PDII-LIPI belum berjalan dengan baik karena kurangnya sumber daya manusia (SDM) untuk menjalankan layanan rujukan IM. ......The focus of this research is the evaluation of instant messaging (IM) reference service at PDII-LIPI library. The purpose of this research is to understand and provide an overview of IM reference service that has been implemented at PDIILIPI library. Furthermore, this research is also conducted to evaluate the advantages and disadvantages of IM reference service at PDII-LIPI library. This is a qualitative approach with case study method. The data was collected by interviewing informants, field observation, and document analysis. This research concluded, IM reference service not working properly because lack number of human resources to operating IM reference service.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42322
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>