Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fina Agustin
"Penelitian ini membahas tentang psikososial remaja dengan HIV pasca pembukaan status yang ditinjau menggunakan kerangka analisis penyesuaian psikososial dari tahapan Stage Models dan mengidentifikasi bentuk serta sumber dukungan sosial yang diterima. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologi dan pencarian informan menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi lapangan terhadap 5 (lima) informan utama usia 18-20 tahun yang telah mengetahui status seropositif HIV yang dimiliki, dan 3 (tiga) informan pendukung sebagai pengasuh. Waktu pengumpulan data dilakukan mulai dari bulan Maret hingga bulan Mei 2023. Penelitian ini juga bertujuan untuk memahami bagaimana proses pembukaan status HIV kepada ADHA, kondisi psikososial yang dialami remaja ketika mengetahui status HIV, dan bentuk-bentuk dukungan sosial yang diterima oleh remaja selama proses penerimaan diri terhadap status HIV yang dimiliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembukaan status yang tidak diimbangi dengan informasi memadai tentang HIV, membuat anak kebingungan sehingga memiliki pengetahuan dan regulasi diri yang rendah. Selain itu, dinamika psikososial yang terjadi pada remaja pasca mengetahui status HIV mengalami kondisi akhir yang dicapai dalam bentuk penerimaan diri ataupun penolakan diri. Penerimaan diri dicerminkan dengan adanya kemandirian, penguasaan diri, serta kepatuhan menjalani pengobatan, sedangkan penolakan diri ditunjukkan dengan kecemasan, depresi, rendahnya harga diri, dan ketidakpatuhan menjalani pengobatan. Di samping itu, dukungan sosial pasca pembukaan status berasal dari anggota keluarga, teman sebaya, pasangan, maupun lembaga. Kehadiran dukungan sosial mendorong penerimaan diri pada remaja dengan HIV. Remaja dengan dukungan sosial yang penuh dan konsisten memiliki harga diri yang tinggi serta pandangan hidup lebih positif jika dibandingkan dengan remaja yang kurang mendapatkan dukungan sosial.

This study discusses the psychosocial adjustment of adolescents with HIV after the disclosure of their status using the Stage Models' psychosocial adjustment analysis framework and identifies the forms and sources of social support received. This research uses a qualitative method with a phenomenological study research type and informant search using snowball sampling technique. Research data was collected through in-depth interviews and field observations of 5 (five) main informants aged 18-20 years who already knew their HIV seropositive status, and 3 (three) supporting informants as caregivers. The time of data collection was carrie out from March to May 2023. This study also aims to understand how the process of opening HIV status to ADHA, psychosocial conditions experienced by adolescents when knowing HIV status, and forms of social support received by adolescents during the process of self-acceptance of their HIV status. The results showed that the disclosure of status that is not balanced with adequate information about HIV, makes children confused so that they have low knowledge and self-regulation. In addition, the psychosocial dynamics that occur in adolescents after knowing their HIV status experience the final condition achieved in the form of self-acceptance or self-rejection. Self-acceptance is reflected in the presence of independence, self-control, and compliance with treatment, while self-rejection is indicated by anxiety, depression, low self-esteem, and non-compliance with treatment. In addition, post-opening social support comes from family members, peers, partners, and foundations. The presence of social support promotes self-acceptance in adolescents with HIV. Adolescents with full and consistent social support have high self-esteem and a more positive view on life when compared to adolescents who lack social support.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Safitri
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana fungsi dan sumber resiliensi remaja pasca perceraian orang tua. Perceraian orang tua merupakan salah satu peristiwa yang signifikan dalam hidup seorang remaja. Peristiwa tersebut dapat memengaruhi kesejahteraan dan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana fungsi dan sumber resiliensi yang dimiliki remaja serta bagaimana fungsi dan sumber resiliensi yang remaja miliki dilihat dari perkembangan kognitif mereka. Pemahaman tentang fungsi dan sumber resiliensi ini dapat membantu dalam merancang intervensi yang relevan untuk meningkatkan fungsi dan sumber resiliensi pada remaja pasca perceraian orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi terhadap 3 orang remaja dan 3 orang dewasa awal yang memiliki riwayat perceraian orang tua ketika berusia 11–15 tahun. Penelitian ini berlangsung sejak bulan September 2022—Juni 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua informan dalam penelitian ini memiliki semua fungsi dan sumber resiliensi karena disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu latar belakang informan seperti jenis kelamin, usia, saudara kandung yang mereka miliki, serta kedekatan hubungan mereka dengan orang terdekatnya. Selain itu, fungsi dan sumber resiliensi remaja pasca perceraian orang tuanya juga dapat dilihat dari perkembangan kognitif yang mereka alami, diketahui dari caranya berpikir secara abstrak, logis, dan idealis.

This study discusses the functions and sources of adolescent resilience after parental divorce. Parental divorce is one of the significant events in an adolescent’s life. These events can affect the adolescent’s well-being and development. This study aims to describe how the functions and sources of resilience that adolescents have and how the functions and sources of resilience that adolescents have, are seen from their cognitive development. This understanding of functions and sources of resilience can help in designing relevant interventions to improve the functions and sources of adolescent resilience after parental divorce. This study uses a qualitative approach by conducting in-depth interviews and observations of 3 adolescents and 3 early adults who had a history of parental divorce at the age of 11–15 years old. This study took place from September 2022—June 2023. The results showed that not all informants in this study had all functions and sources of resilience because it was caused by several factors, such as their background, i.e. gender, age, siblings, and the closeness of their relationships with their closest ones. In addition, the functions and sources of adolescent resilience after parental divorce can also be seen from the cognitive development they experience, known from the way they think abstractly, logically, and idealistically. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zatadini Karisma Paradasa
"Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial rentan mengalami burnout saat melaksanakan praktikum selayaknya pekerja sosial yang rentan burnout terkait pekerjaannya. Beban tugas praktikum, tugas akademik, tuntutan untuk melibatkan emosi saat bekerja dengan kelompok sasaran, dan ekspektasi yang diberikan dari berbagai pihak menjadi penyebabnya. Burnout yang dialami mahasiswa mengganggu keberfungsian sosial mereka sehingga menyebabkan penurunan produktivitas dan kualitas dari pelaksanaan praktikum, yang pada akhirnya berdampak pada kelompok sasaran, lembaga, dan universitas. Salah satu faktor yang berkaitan dengan burnout adalah dukungan sosial yang dipersepsikan oleh mahasiswa. Namun, masih minim penelitian terkait burnout dan dukungan sosial pada mahasiswa praktikum dari jurusan sosial di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan tingkat burnout, dukungan sosial, dan hubungan dukungan sosial teman sebaya dan supervisor sekolah dengan tingkat burnout Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial UI saat melaksanakan praktikum pada semester genap 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan deskriptif, dengan instrumen Maslach Burnout Inventory-Human Service Survey (MBI-HSS) untuk mengukur burnout, instrumen Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS) untuk mengukur dukungan sosial teman sebaya, dan instrumen Supervisory Social Support (SSS) untuk mengukur dukungan sosial supervisor sekolah. Metode sampling yang digunakan adalah total sampling dari seluruh populasi mahasiswa yang sedang melaksanakan praktikum pada semester genap 2023/2024. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada bulan Juni 2024 yang diisi oleh 75 responden. Data hasil penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Kendall’s tau-b dengan bantuan SPSS. Hasil uji univariat menunjukkan bahwa 70.7% mahasiswa mengalami burnout dengan tingkatan sedang, 73.7% mahasiswa memiliki persepsi dukungan sosial teman sebaya sedang, dan 65.3% mahasiswa memiliki persepsi dukungan sosial supervisor sekolah yang sedang. Hasil uji Kendall’s tau-b menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif signifikan namun lemah pada dukungan sosial teman sebaya dan burnout (T = -.334, p < 0.05), serta pada dukungan sosial supervisor sekolah dan burnout (T = -.322, p < 0.05). Penelitian ini diharapkan memberikan gambaran terkait burnout pada mahasiswa yang melaksanakan praktikum sehingga dapat menjadi acuan untuk pengembangan program intervensi level mikro, mezzo, maupun makro untuk mencegah burnout mahasiswa menjadi lebih buruk.

Social welfare students are susceptible to burnout when carrying out practicums, just like social workers who are susceptible to burnout related to their work. The burden of practical assignments, academic assignments, demands to involve emotions when working with target groups, and expectations given from various parties are the causes. Burnout experienced by students disrupts their social functioning causing a decrease in productivity and the quality of practicum implementation, ultimately impacting the target group, institutions, and universities. One of the factors related to burnout is the social support perceived by students. However, there is still minimal research related to burnout and social support among practicum students from social departments in Indonesia. Therefore, this study aims to describe the level of burnout, social support, and the relationship between social support from peers and school supervisors with the burnout level of UI Social Welfare Students when carrying out practicum in semester 2023/2024. This study uses a quantitative approach with descriptive objectives, with the Maslach Burnout Inventory-Human Service Survey (MBI-HSS) instrument to measure burnout, the Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS) instrument to measure peer social support, and the Supervisory Social Support (SSS) instrument to measure school supervisors' social support. The sampling method used was total sampling from the entire population of students who are carrying out practicums in the even semester 2023/2024. Data collection was carried out by distributing questionnaires in June 2024 which were filled in by 75 respondents. The research data were explained univariately and bivariately using Kendall's tau-b test with SPSS. Univariate test results showed that 70.7% of students experienced moderate levels of burnout, 73.7% of students had moderate perceptions of peer social support, and 65.3% of students had moderate perceptions of social support from school supervisors. The results of Kendall's tau-b test show a significant but weak negative relationship between peer social support and burnout (T = -.334, p < 0.05), as well as between school supervisor social support and burnout (T = -.322, p < 0.05). This research is expected to provide an overview of burnout in students carrying out practicums so that it can become a reference for developing intervention programs at micro, mezzo, and macro levels to prevent student burnout from getting worse."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Nurul Hijriah
"Setiap manusia memiliki hak untuk meningkatkan kualitas hidupnya, salah satunya melalui pendidikan. Namun, perguruan tinggi yang memadai masih terpusat di pulau Jawa dan Bali sehingga calon mahasiswa memutuskan merantau. Mahasiswa rantau akan lebih dituntut untuk bisa menghadapi tantangan baru terkait hal akademis maupun kehidupan sehari-hari yang jauh dari orang tua dan teman sebaya dari tempat asal. Dengan begitu, mahasiswa rantau membutuhkan resiliensi yang tinggi untuk beradaptasi. Dalam praktik pekerjaan sosial, konsep yang berkaitan dengan resiliensi, yaitu strengths perspective yang menyoroti kemampuan atau kekuatan seseorang untuk mewujudkan pemberdayaan dan memperbaiki kualitas hidup dengan proses peningkatan kekuatan interpersonal. Terdapat dua sumber faktor pengaruh protektif untuk mengembangkan resiliensi, yaitu melalui konsep diri sebagai sumber daya internal dan dukungan sosial teman sebaya sebagai sumber daya eksternal. Penelitian terdahulu menunjukkan adanya perbedaan hasil yang beragam dari banyaknya faktor pengaruh resiliensi dengan subjek mahasiswa dalam berbagai kondisi. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh konsep diri dan dukungan sosial secara bersamaan terhadap resiliensi pada mahasiswa rantau. Dengan adanya pemahaman konsep diri yang baik dan dukungan sosial teman sebaya yang tinggi, mahasiswa rantau akan membantunya berpikir secara positif ketika mengatasi tantangan dalam beradaptasi selama merantau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknis pengumpulan data menggunakan stratified random sampling. Sampel yang didapat berjumlah 214 mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia angkatan 2020-2023 yang berasal dari luar wilayah Jabodetabek. Hasil analisis univariat diketahui sebagian besar responden memiliki tingkat resiliensi sedang sebesar 73.4% (n = 157), memiliki tingkat konsep diri sedang sebesar 66.8% (n = 143) dan merasakan dukungan sosial teman sebaya tingkat sedang sebesar 71% (n = 152). Dari hasil analisis bivariat diketahui bahwa terdapat pengaruh konsep diri terhadap resiliensi mahasiswa rantau yang signifikan (B = 0.208, Wald = 42.098, p < 0.001). Pada hasil penelitian, pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi mahasiswa rantau tidak signifikan (p = 0.41). Hasil penelitian analisis multivariat diketahui X2(4, N = 214) = 65.836, p < 0.001 yang menunjukkan bahwa variabel konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya secara signifikan memberikan akurasi yang lebih baik dalam memprediksi resiliensi. Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya secara bersamaan menjelaskan 34% variabilitas dalam tingkat resiliensi mahasiswa rantau FISIP UI.

Every human being has the right to improve the quality of his life, one of which is through education. However, adequate tertiary institutions are still concentrated on the islands of Java and Bali, so prospective students decide to migrate. Overseas students will be more required to be able to face new challenges related to academics and daily life far from their parents and peers from their place of origin. That way, overseas students need high resilience to adapt. In social work practice, a concept related to resilience, namely a strengths perspective, highlights a person's ability or strength to realize empowerment and improve the quality of life through the process of increasing interpersonal strength. There are two sources of protective influence factors for developing resilience, namely through self-concept as an internal resource and social support from peers as an external resource. Previous research shows that there are various differences in results from the many factors influencing resilience among student subjects in various conditions. Therefore, research was conducted to see whether or not there was an influence of self-concept and social support simultaneously on resilience in overseas students. By having a good understanding of self-concept and high social support from peers, overseas students will help them think positively when overcoming challenges in adapting while abroad. This research uses a quantitative approach and descriptive research type. The data collection technique uses stratified random sampling. The sample obtained was 214 active students from the Faculty of Social and Political Sciences, University of Indonesia class 2020-2023 who came from outside the Jabodetabek area. The results of univariate analysis showed that the majority of respondents had a moderate level of resilience of 73.4% (n = 157), had a moderate level of self-concept of 66.8% (n = 143) and felt a moderate level of peer social support of 71% (n = 152). From the results of the bivariate analysis, it is known that there is a significant influence of self-concept on the resilience of overseas students (B = 0.208, Wald = 42.098, p < 0.001). In the research results, the effect of peer social support on the resilience of overseas students was not significant (p = 0.41). The results of the multivariate analysis research showed that X2(4, N = 214) = 65.836, p < 0.001, which shows that the variables of self-concept and peer social support significantly provide better accuracy in predicting resilience. The effect of self-concept and peer social support together explains 34% of the variability in the level of resilience of FISIP UI overseas students."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Yasmin
"Mahasiswa Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial berada pada posisi yang unik di mana pemahaman mereka tentang dinamika sosial dan dukungan psikologis sangat berperan dalam karier mereka di masa depan. Pengalaman pribadi mereka dengan pengasuhan keluarga dan interaksi teman sebaya dapat mempengaruhi tidak hanya kesejahteraan mereka sendiri, tetapi juga efektivitas mereka dalam bekerja dengan individu ataupun komunitas yang membutuhkan. Kualitas hubungan sosial dengan figur terdekat, termasuk ayah dan teman sebaya, menjadi faktor yang berkaitan erat dengan tinggi rendahnya kesejahteraan psikologis mereka. Namun, ditemukan bahwa studi terkait kesejahteraan psikologi dengan keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan kelekatan teman sebanya pada mahasiswa masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan kelekatan teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial UI. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Juli 2024 dan menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis survei dengan kuesioner online sebagai instrumennya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling dan memperoleh responden berjumlah 133 mahasiswa/i Program Sarjana Ilmu Kesejateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, angkatan 2020-2023 dalam rentang umur 18-24 tahun yang memiliki figur ayah. Berdasarkan hasil uji korelasi Kendall’s tau-b, ditemukan adanya hubungan positif yang signifikan berkekuatan cukup antara keterlibatan ayah dalam pengasuhan (0.302, p < 0.05) dan kelekatan teman sebaya (0.357, p < 0.05) dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa. Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi tingkat keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan kelekatan teman sebaya yang dimiliki, maka semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan psikologis yang dimiliki individu. Identifikasi hubungan tersebut dapat memberikan kontribusi tidak hanya untuk pengetahuan akademis, tetapi juga sebagai dasar praktik profesional di bidang kesejahteraan sosial.

Social Welfare undergraduate students are in a unique position where their understanding of social dynamics and psychological support significantly influences their future careers. Their personal experiences with family upbringing and peer interactions can affect not only their own well-being but also their effectiveness in working with individuals and communities in need. The quality of social relationships with close figures, including fathers and peers, is closely related to their level of psychological well-being. However, it has been found that studies examining the psychological well-being related to father involvement in nurturing and peer attachment among college students are still limited. Therefore, this study aims to identify the relationship between father involvement in nurturing and peer attachment with the psychological well-being of Social Welfare undergraduate students at the University of Indonesia. The research was conducted from January to July 2024, using a quantitative survey approach with online questionnaire as the instrument. The sampling technique used was convenience sampling, obtaining 133 respondents from the Social Welfare undergraduate program, Faculty of Social and Political Sciences, University of Indonesia, class of 2020-2023, aged 18-24 years who have a father figure. Based on the Kendall's tau-b correlation test, a significantly positive and moderate relationship was found between father involvement in nurturing (0.302, p < 0.05) and peer attachment (0.357, p < 0.05) with the psychological well-being of students. This indicates that the higher the level of father involvement in nurturing and peer attachment, the higher the level of psychological well-being of the individuals. Identifying this relationship can contribute not only to academic knowledge but also as a foundation for professional practice in the field of social welfare."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reztika Putri Hadiani
"Pertumbuhan pengguna internet yang terjadi secara global juga dilaporkan terjadi di Indonesia dari tahun ke tahun. Berdasarkan laporan survei terbaru, diketahui bahwa kelompok usia remaja merupakan kelompok dengan tingkat pengakses internet tertinggi. Pertumbuhan angka ini salah satunya disebabkan oleh kebutuhan pembelajaran dalam jaringan selama pandemi COVID-19. Tingginya angka pengakses internet pada kelompok usia remaja ini perlu menjadi perhatian karena penggunaan internet pada usia ini dapat menyebabkan peningkatan risiko adiksi internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengasuhan terhadap adiksi internet melalui self-control pada siswa-siswi SMAN 2 Cibinong. Belum cukup banyak bahasan penelitian yang menyatukan ketiga variabel ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang menyajikan data berupa angka dalam bentuk tabel untuk menjelaskan hubungan asimetrik antar variabel. Penelitian dilakukan terhadap 273 siswa yang menerima pengasuhan ibu dan ayah, yang dipilih melalui pengambilan sampel berstrata acak. Penentuan besaran sampel dihitung melalui rumus Slovin dengan estimasi ketimpangan 5%. Data yang dikumpulkan berupa data primer dari hasil pengisian kuesioner yang telah ada dari masing-masing variabel. Uji validitas dilakukan untuk mengetahui item-item pertanyaan yang tidak valid. Uji reliabilitas dilakukan dengan Cronbach’s α > 0.08 untuk masing-masing kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat untuk mengetahui gambaran kondisi setiap variabel melalui kategorisasi. Analisis bivariat juga dilakukan melalui analisis Somers’ D untuk variabel dalam penelitian ini yang berskala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa berjenis kelamin perempuan (59.3%, n = 162), berada pada tahap perkembangan remaja (14-18 tahun) dengan usia paling banyak muncul adalah 16 tahun (n = 129), terdiri dari kelas 10 (50.18%, n = 137), aktif mengakses internet selama 12 bulan terakhir (98.9%, n = 270), menggunakan gawai sebagai perangkat untuk mengakses internet (97.44%, n = 266), mengakses internet menggunakan Wi-Fi (84.6%, n = 231), mengakses internet dengan gawai pribadi sejak lebih dari lima tahun lalu (54.6%, n = 149), dan mengakses internet dalam durasi harian lebih dari lima jam (60.8%, n = 166). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dalam penelitian ini mengalami adiksi internet dalam kategori tinggi (50.2%, n = 137), menerima pola pengasuhan authoritative (36.6%, n = 100) dan neglectful (30.4%, n = 83) dari pihak ibu, pola pengasuhan authoritative (34.4%, n = 94) dan neglectful (31.1%, n = 85) dari pihak ayah dan memiliki self-control dalam kategori tinggi (54.2%, n = 148). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa pengasuhan ibu dan ayah tidak berpengaruh signifikan terhadap adiksi internet, p = 0.844 dan p = 0.703. Hasil analisis bivariat juga menunjukkan bahwa pengasuhan ibu dan ayah tidak berpengaruh signifikan terhadap self-control, p = 0.769 dan p = 0.215. Adapun self-control berpengaruh signifikan secara negatif terhadap adiksi internet, d = -0.402, p < 0.001. Analisis multivariat untuk mengetahui pengaruh pengasuhan terhadap adiksi internet melalui self-control tidak dapat dilanjutkan karena tidak memenuhi ketentuan sehingga menghasilkan pengaruh mediasi yang tidak signifikan. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya self-control sebagai salah satu faktor yang secara signifikan mampu mencegah adiksi internet pada remaja.

The growth of internet users that occurs globally is also reported to occur in Indonesia from year to year. Based on the latest survey report, it is known that the teenage age group has the highest level of internet access. This growth in numbers is partly due to the need for online learning during the COVID-19. The high number of internet users in this teenage age group needs to be a concern because it can risk internet addiction. This research aims to determine the effect of parenting on internet addiction through self-control in students at SMAN 2 Cibinong. There are still few studies conducted to discuss these three variables. This research is quantitative research with descriptive design. The research was conducted on 273 students who received parenting from both parents, who were selected through random stratified sampling. Determination of sample size was calculated using the Slovin formula with a 5% margin of error. The primary data collected from the questionnaire. Validity tests are carried out to eliminate invalid question items. Reliability test showed Cronbach’s α > 0.08 for each questionnaire. Data analysis was carried out using univariate and bivariate through Somers’ D analysis. The results showed that the most of the students were female (59.3%, n = 162), were in adolescent development stage (14-18 years old) with the most common age is 16 years (n = 129), consisting of 10th grade (50.18%, n = 137), actively access internet during the last 12 months (98.9%, n = 270), using smartphone as a device to access the internet (97.44%, n = 266), access the internet using Wi-Fi (84.6% , n = 231), access the internet with personal device since more than five years ago (54.6%, n = 149) and access the internet more than five hours in a day (60.8%, n = 166). The results show that most of the students experienced a high level of internet addiction (50.2%, n = 137), received authoritative (36.6%, n = 100) and neglectful (30.4%, n = 83) maternal parenting style, authoritative (34.4%, n = 94) and neglectful (31.1%, n = 85) paternal parenting style and having high level of self-control (54.2%, n = 148). The result show that parenting has no significant effect on internet addiction, p = 0.844 for maternal parenting, and p = 0.703. Results also shows that parenting has no significant effect on self-control, p = 0.769 for maternal parenting and p = 0.215 for paternal parenting. Meanwhile, self-control has a significant influence on internet addiction, d = -0.402, p < 0.001. Multivariate analysis can’t be accomplished because it doesn’t meet the requirements for significant influence between variables in bivariate analysis, resulting in an insignificant mediation effect. This result emphasizes the importance of self-control as a factor that can significantly prevent internet addiction in adolescents."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sadiyyah Alyanisah
"Penelitian ini membahas mengenai resiliensi orang tua yang merawat anak dengan kanker. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa orang tua yang merawat anak dengan kanker rentan mengalami permasalahan psikologis dan sosial sehingga berisiko mengakibatkan penurunan kualitas hidup hingga mengganggu fungsi keluarga. Berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu, belum ada penelitian yang menggunakan metode literature review dengan mengintegrasikan konsep mengenai faktor resiliensi, proses resiliensi, dan fungsi resiliensi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi resiliensi pada orang tua yang merawat anak dengan kanker yang mencakup faktor resiliensi, proses resiliensi, dan fungsi resiliensi. Signifikansi dalam penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pengetahuan dan wawasan pada mata kuliah Masalah Kesehatan dan Kesehatan Jiwa, mata kuliah Metode Intervensi Individu dan Keluarga, serta bagi penelitian-penelitian selanjutnya yang membahas mengenai topik serupa. Penelitian ini dilakukan dengan metode literature review dalam bentuk telaah kasus atau case study review. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan peneliti, terdapat tujuh penelitian terdahulu yang dijadikan sebagai acuan utama dalam penelitian ini. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kanker anak dan jenis pengobatan yang digunakan antar kasus sangat beragam. Oleh karena itu, para orang tua di setiap kasus memiliki faktor resiliensi yang berbeda-beda sehingga mereka menerapkan proses resiliensi yang berbeda-beda. Hal ini berimplikasi pada fungsi resiliensi yang diperoleh orang tua dari masing-masing kasus. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan bagi orang tua yang merawat anak dengan kanker untuk mempelajari dan memahami diagnosis kanker anak pada masa awal diagnosis agar orang tua mampu menjalankan perannya sebagai caregiver secara optimal, serta menumbuhkan perasaan optimis selama merawat dan mendampingi anak di rumah sakit. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan masukan bagi pekerja sosial medis untuk menerapkan, mengembangkan, dan mengevaluasi intervensi berbasis ketahanan kepada orang tua yang merawat anak dengan kanker.

This study discusses the resilience of parents who care for children with cancer. This research is motivated by the problem that parents who care for children with cancer are vulnerable to experiencing psychological and social problems that are at risk of reducing the quality of life and disrupting family functions. Based on previous studies, there has been no research that uses the literature review method by integrating concepts regarding resilience factors, resilience processes, and resilience functions. Therefore, this study aims to describe the condition of resilience in parents who care for children with cancer which includes resilience factors, resilience processes, and resilience functions. The significance of this study is to contribute knowledge and insights to the Health and Mental Health Problems course, the Individual and Family Intervention Methods course, as well as for future studies that discuss similar topics. This research was conducted using the literature review method in the form of a case study review. Based on the inclusion and exclusion criteria determined by the researcher, there are seven previous studies that are used as the main reference in this study. The findings in this study show that the types of childhood cancer and the types of treatment used between cases are very diverse. Therefore, the parents in each case have different resilience factors so that they apply different resilience processes. This has implications for the resilience functions obtained by parents from each case. This study is expected to be used as input for parents who care for children with cancer to learn and understand the diagnosis of childhood cancer in the early days of diagnosis so that parents are able to carry out their role as caregivers optimally, and foster feelings of optimism while caring for and accompanying children in the hospital. In addition, this study is expected to be a reference and input for medical social workers to implement, develop, and evaluate resilience-based interventions for parents caring for children with cancer."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yoga Pratama
"Penelitian ini membahas mengenai peran Pendamping PKH sebagai community worker dalam mendorong graduasi Keluarga Penerima Manfaat pada masa pandemi di Kecamatan Cimanggis Kota Depok, serta faktor pendukung dan kendalanya. Penelitian ini didasari karena jumlah KPM yang tergraduasi sejahtera mandiri pada Kecamatan Cimanggis menjadi yang tertinggi di Kota Depok. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Dalam pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik pemilihan purposive sampling di mana informan yang dipilih didasarkan pada kriteria tertentu. Informan pada penelitian ini adalah Pendamping PKH Kecamatan Cimanggis, Koordinator Pelaksana PKH, KPM dampingan graduasi, dan KPM dampingan belum graduasi. Adapun jumlah informan yang diteliti adalah 6 orang. Selanjutnya, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi dokumen dan wawancara mendalam. Setelah pengumpulan data, proses kategorisasi dilakukan dalam rangka melakukan analisis pada data, proses tersebut diantaranya berupa open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil dari penelitian ini menggambarkan berbagai peran yang dilakukan oleh Pendamping PKH Kecamatan Cimanggis untuk mengatasi kemiskinan struktural yang dialami oleh KPM dengan mendorong untuk graduasi. Penelitian ini menemukan bahwa Pendamping PKH melakukan 4 perannya sebagai community worker yaitu peran fasilitatif, peran edukasi, peran representatif, dan peran teknis. Namun, peneliti tidak menemukan salah satu peran spesifik dalam peran fasilitatif yaitu, konfrontasi. Selain itu, pendamping PKH dalam upayanya mendorong graduasi KPM terdapat beberapa faktor pendukung dan kendala. Faktor pendukung yang peneliti temukan antara lain: pendekatan yang efektif, kedekatan dengan aparat setempat, potensi dalam diri KPM, kesadaran KPM dan perekonomian KPM yang membaik. Kendala yang dialami pendamping berasal dari diri pendamping, internal kelompok KPM, dan eksternal kelompok KPM. Kendala dalam diri pendamping terjadi karena minimnya akses yang dimiliki untuk membantu KPM. Kendala yang berasal dari internal kelompok KPM karena agenda politik yang membuat kelompok KPM terpecah karena perbedaan politik. Kendala yang berasal dari eksternal kelompok KPM karena adanya tekanan politik dari luar kelompok sehingga kesulitan untuk menggraduasi KPM.

This research discusses the role of PKH Assistant as community workers in encouraging Graduation of Beneficiary Families during the pandemic in Kecamatan Cimanggis Kota Depok, as well as the supporting factors and obstacles. This research is based on the fact that the number of KPM who graduasi sejahtera mandiri in Kecamatan Cimanggis is the highest in Kota Depok. The approach used in this study is a qualitative approach with a descriptive study type of research. In selecting informants, the researcher used a purposive sampling technique in which the selected informants were based on certain criteria. Informants in this study were PKH Assistant in Kecamatan Cimanggis, PKH Implementation Coordinators Kota Depok, Graduated KPM, and Non-graduated KPM. The number of researched informants were 6 people. Furthermore, data collection was carried out using document studies, in-depth interviews, and observation. After data collection, the categorization process is carried out in order to analyze the data, these processes include open coding, axial coding, and selective coding. The results of this research illustrate the various roles carried out by PKH Facilitators in Kecamatan Cimanggis Kota Depok to overcome structural poverty experienced by KPM with encouraging them to graduated. This research found that PKH Assistant carry out 4 functions as community workers, namely a facilitative role, an educational role, a representative role, and a technical role. However, the researcher did not find a specific role in the facilitative role, namely confrontation. In addition, PKH assistants in their efforts to encourage KPM graduation have several supporting factors and obstacles. The supporting factors that the researchers found included: an effective approach, closeness to local officials, potential within the KPM, awareness of the KPM and the KPM's improving economy. The Obstacles experienced by the PKH assistants came from the PKH assistants themselves, internal KPM groups, and external KPM groups. Obstacles in the companion occur because of the lack of access they have to help KPM. Obstacles originating from the internal KPM group due to political agendas that divided the KPM group due to political differences. Obstacles originating from the external KPM group due to political pressure from outside the group making it difficult to graduate KPM."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saniyya Sridarmi
"Quarter life crisis adalah kondisi yang menggambarkan krisis atas identitas yang dirasakan oleh seorang individu dari mereka remaja dan kemudian beranjak menjadi seorang individu dewasa dengan sumber krisis yang berpusat pada belum siapnya individu dalam proses transisi antar status tersebut. Secara umum, dampak yang dihasilkan pada saat seseorang mengalami situasi krisis ini adalah mereka akan merasakan penurunan tingkat percaya diri, menarik diri secara sosial, cemas hingga depresi. Dalam menghadapi situasi ini, individu diharapkan memiliki sumber penguatan dari dalam dirinya dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat quarter life crisis pada Individu dewasa awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis survei. Sampel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik stratified random sampling, sedangkan untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Alat ukur dukungan sosial disusun dengan mengacu kepada teori oleh House (1981) tentang 4 aspek mengenai dukungan sosial, sedangkan untuk alat ukur quarter life crisis, peneliti mengadaptasi kuesioner oleh Hassler (2009) tentang quarter life crisis. Responden dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswa yang seluruhnya terhimpun sebagai mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia angkatan 2019. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara dukungan sosial dengan tingkat quarter life crisis dengan arah hubungan antara keduanya adalah negatif (r=-0,686**) di mana semakin rendah dukungan sosial maka semakin tinggi tingkat quarter life crisis yang dialami oleh seseorang, dan berlaku untuk sebaliknya.

Quarter life crisis is an identity crisis phenomenon that occurs to the unpreparedness in the transition process from a teenager and then turns into an adulthood. The impact that is produced when someone experiences this crisis situation is that they will feel a decrease in their level of self-confidence, anxiety and depression. To dealing with this situation, individuals are expected to have a source of reinforcement from within themselves and their surroundings. Therefore, this study aims to determine the relationship between social support and quarter life crisis in early adulthood. This study uses a quantitative research approach with a survei type. The sample in this study was measured using the probability sampling method with stratified random sampling technique, while the research instrument used was a questionnaire. The measuring instrument for social support was prepared with reference to the theory by House (1981) regarding 4 aspects of social support, while for the measuring instrument for quarter life crisis, researchers adapted the questionnaire by Hassler (2009) about quarter life crisis. Respondents in this study totaled 85 students, all of whom were final year students at the Faculty of Social and Political Sciences, University of Indonesia class of 2019. The results showed that there was relationship between social support and the level of quarter life crisis. The direction of the relationship between the two was negative ( r=-0.686**). The lower the social support score, the higher the level of quarter life crisis experienced by a person, and vice versa."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Fitriyani
"Penelitian ini mengenai pelaksanaan program CSR PT. Astra International Tbk, khususnya implementasi Bank Sampah dalam pilar lingkungan yang dibahas dari disiplin ilmu kesejahteraan sosial. Penelitian ini dilakukan di KBA Baktijaya Depok pada tahun 2022 karena merupakan salah satu kampung binaan Astra yang berprestasi dalam bidang lingkungan dengan mendapatkan predikat ProKlim Utama (2018-2020). Selain itu, program Bank Sampah dalam pilar lingkungan merupakan salah satu program yang memiliki dampak signifikan bagi warga dan juga berdampak pada pilar kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap 5 orang informan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa Astra telah melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan melalui program Kampung Berseri Astra (KBA) yang mengintegrasikan empat pilar. Pilar lingkungan paling berdampak di KBA Baktijaya di mana melalui program Bank Sampah bisa mengembangkan UMKM dari hasil pengolahan sampah anorganik sehingga bisa meningkatkan kemandirian ekonomi. Keberhasilan tersebut didukung oleh keaktifan warga, peran aktif local champion, dan hubungan yang baik antara KBA Baktijaya dengan Astra, Dinas Lingkungan Hidup dan Yayasan Peduli Lingkungan Semut Merah. Sedangkan faktor yang menghambat dikarenakan kurangnya lahan serta sarana dan prasarana, pemasaran produk kerajinan UMKM yang terbatas, aplikasi Bank Sampah dari Astra yang belum berjalan maksimal, serta adanya pembatasan aktivitas karena pandemi Covid-19.

This research is about the implementation of the CSR Program of PT. Astra International Tbk, espescially about the implementation of the Waste Bank in the environmental pillar which is discussed from social welfare dicipline. This research was conducted at the KBA Baktijaya Depok in 2022 because it is one of Astra's fostered villages that has excelled in the environmental field by obtaining the ProKlim Utama title (2018-2020). In addition, the Waste Bank program in the environmental pillar is one of the programs that has a significant impact on residents and also has an impact on the entrepreneurship pillar. This research is a qualitative research with a descriptive type of research. Data collection was obtained through in-depth interviews with 5 informants who were obtained by using purposive sampling technique. From the results of the research, it is known that Astra has implemented corporate social responsibility through the Kampung Berseri Astra (KBA) program which integrates the four pillars. The environmental pillar has the most impact at the KBA Baktijaya where through the Waste Bank program it can develop MSME from processing inorganic waste so that it can increase economic independence. This success was supported by the active participation of the local community, and the good relation between KBA Baktijaya and Astra, DLH and YPL Semut Merah. While the inhibiting factors are due to a lack of land, facilities and infrastructure, limited marketing of MSME handicraft products, the Waste Bank application from Astra that has not run optimally, and activity restrictions due to the Covid-19 pandemic."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>