Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Carina Putri Paramitha
"Industri pariwisata adalah salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi banyak terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu jenis pariwisata yang berkembang dengan pesat adalah ecotourism. Destinasi Desa Ecotourism
Penglipuran Bali menjadi destinasi ecotourism unggulan di Bali yang mana hal ini dibuktikan melalui peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya dan menjadi hasil pencarian teratas di TripAdvisor. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh e-WOM terhadap visit intention pada Desa Ecotourism Penglipuran Bali dengan destination image sebagai variabel penghubungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 wisatawan domestik menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi dan Sobel Test untuk melihat pengaryg antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-WOM memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap visit intention melalui destination image. Namun, pengaruh e- WOM terhadap visit intention melalui destination image memiliki nilai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh e-WOM terhadap visit intention secara langsun

Tourism has become the industrial sector that contributes a lot to the Indonesian
economy. Ecotourism is one of tourism sector that has grown rapidly. Penglipuran
Bali Ecotourism Village is a leading ecotourism destination in Bali which is proven
by increasing tourist visit every year and become the top search result for
“Ecotourism village in Bali” on TripAdvisor. This study was conducted to analyze
the effect of e-WOM on visit intention in Penglipuran Bali Ecotourism Village with
destination image as the mediator. This research used a quantitative approach by
distributing questionnaires to 100 domestic tourists using non-probability sampling
techniques. The data analysis technique used is the regression analysis and Sobel
Test to see the influence between variables both directly and indirectly. The results
showed that e-WOM had direct and indirect effects on visit intention through
destination image. However, the effect of e-WOM on visit intention through
destination image has a greater influence value than the value of e-WOM influence
on visit intention directly.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zikri Firnanda
"Generativity merupakan konsep yang menjelaskan bahwa seorang individu memiliki kepedulian untuk mengarahkan dan menuntun generasi penerusnya. Dalam penelitian ini, dilihat bagaimana generativity memengaruhi minat berkunjung seorang individu ke museum, serta pengaruh generativity kepada ekspektasi pengalaman dan motivasi calon pengunjung tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada sebanyak 213 responden dengan kriteria Generasi Z yang berdomisili di Jabodetabek. Hasil dari pengujian regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh dari generativity kepada ekspektasi pengalaman, motivasi, dan minat berkunjung, serta dari ekspektasi pengalaman ke motivasi dan minat berkunjung, dan juga dari motivasi ke minat berkunjung. Penelitian ini juga memuat implikasi dan saran dari hasil yang telah didapatkan.

Generativity is a concept which states that an individual has concern in establishing and guiding the next generation. In this study, it was examined how generativity impacts an individual’s visit intention to a museum, as well as generativity’s impacts on experience expectation as well as motivation of the potential visitor. This study was done through a questionnaire survey involving 213 respondents who are from Generation Z living in Jabodetabek. Results from simple linear regression shows that there is an impact from generativity on experience expectation, motivation, and visit intention, an impact from experience expectation on motivation and visit intention, as well as an impact from motivation to visit intention. This study also provides implications and suggestions from the results that were found."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdining Ageng Pratikno
"Latar belakang: Perkembangan teknologi dan media sosial telah mengubah cara manusia mencari informasi, termasuk layanan kesehatan. Rumah Sakit Yos Sudarso Padang memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran namun masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Tujuan: Penelitian ini mengkaji hubungan antara media sosial dan electronic word of mouth (e-WOM) melalui brand awareness terhadap minat kunjungan pasien di RS Yos Sudarso Padang. Temuan penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik purposive sampling dengan menyebar kuesioner online kepada 100 sampel penelitian yang merupakan konsumen setia (followers) akun media sosial (Instagram, TikTok, YouTube, Facebook) dari Rumah Sakit Yos Sudarso Padang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil: Hasil analisis melihatkan adanya hubungan yang signifikan antara media sosial dan brand awareness, serta antara media sosial dan minat kunjungan. Namun, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dan brand awareness, serta antara e-WOM, brand awareness, dan minat kunjungan secara bersama-sama. Meskipun begitu, terdapat hubungan yang signifikan antara e-WOM dan minat kunjungan, serta antara brand awareness dan minat kunjungan. Kesimpulan: Berdasarkan temuan ini, Rumah Sakit Yos Sudarso Padang dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat utama untuk meningkatkan minat kunjungan pasien dan memperkuat kesadaran merk calon pasien.

Background: The development of technology and social media has transformed how people seek information, including healthcare services. Yos Sudarso Hospital in Padang utilizes social media as a marketing tool but still faces challenges in increasing patient visits. This study examines the relationship between social media and electronic word of mouth (e-WOM) through brand awareness on patient visit interest at Yos Sudarso Hospital Padang. The findings are expected to develop more effective marketing strategies to increase patient visits. Methodology: This study employed a cross-sectional design with a quantitative approach and purposive sampling technique, distributing online questionnaires to 100 research samples who were loyal consumers (followers) of RS Yos Sudarso Padang's social media accounts (Instagram, TikTok, YouTube, Facebook). Data analysis was conducted using Partial Least Square (PLS). Results: The analysis confirmed a significant relationship between social media and brand awareness, as well as between social media and visit intention. However, there was no significant relationship between and brand awareness, as well as between e-WOM, brand awareness, and visit intention together. Nevertheless, there was a significant relationship between e-WOM and visit intention, as well as between brand awareness and visit intention. Conclusion: Based on these findings, Yos Sudarso Hospital Padang can develop more effective marketing strategies by leveraging social media as a primary tool to increase patient visit interest and strengthen brand awareness among potential patients."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monica Amelia Nauli
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth pada Visit intention wisatawan ke Pandeglang melalui Elaboration Likelihood Model dan Theory of Planned Behaviour. Penelitian dilakukan pada beberapa wisatawan yang pernah membaca informasi mengenai kawasan wisata Pandeglang di akun instagram @explorepandeglang dan belum pernah mengunjungi Pandeglang sebelumnya.
Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model SEM dengan LISREL untuk dapat menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel yang dikembangkan dalam model penelitian ini. Pengambilan sampel penelitian ini sebanyak 133 sampel yang terdiri dari usia 18-45 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara argument quality dan source credibility pada Electronic Word of Mouth terhadap visit intention secara langsung. Akan tetapi yang memiliki pengaruh yang signifikan antara kepada visit intention adalah argument quality terhadap attitude, dan WOM Intention.

The purpose of this study is to analyze the influence of Electronic Word Of Mouth to Intention To Visit Pandeglang through Elaboration Likelihood Model and Theory Of Planned Behaviour. This study was conducted to tourists who have read information in Instagram explorepandeglang and have not visit Pandeglang previously.
In this research, there are 133 samples from 18 45 years old. The research show that argument quality and source credibility in electronic word of mouth is not significantly influenced directly to visit intention. However, visit intention is significantly influence attitude, argument quality and WOM intention.
The result of this study have differences with the result of previous studies because of the nature of respondent which doesn rsquo t representing this study from the demographic side.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67960
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rarasati Prameswari Manoto
"Masih sedikit penelitian yang mendiskusikan bagaimana film dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk berkunjung ke lokasi yang digunakan di dalam film ketika film tersebut ditonton melalui jenis media yang berbeda. Perbedaan pengalaman yang dimiliki konsumen dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan mereka untuk mengkonsumsi produk. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pengaruh destination image yang terbentuk dari film terhadap visit intention penontonnya dengan engagement yang mereka miliki terhadap film tersebut ketika film ditonton melalui layar lebar dengan layar kaca. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan survey ke 432 responden yang pernah menonton film yang terpilih, baik dari layar lebar maupun layar kaca. Hasil penelitian akan dianalisis dengan PLS-SEM menggunakan Multigroup Analysis untuk membandingkan hubungan yang terjadi untuk kedua kelompok responden yang menggunakan jenis media yang berbeda. Penulis mendapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara viewers’ engagement dengan destination image dan visit intention serta destination image dengan visit intention. Akan tetapi, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mereka yang menonton melalui layar lebar dan layar kaca. Penelitian ini dapat membantu marketers dan akademisi dalam proses pengambilan keputusan mereka ketika menggunakan film dari layar lebar maupun layar kaca sebagai media untuk mempromosikan destinasi mereka.

here are still a limited number of studies that discuss how a film can impact someone’s visit intention to the location used in the film if it is watched by different kinds of media. The difference in the experience that a consumer gets can affect their decision-making process to consume a product. Hence, this study aims to see the difference in impact of destination image created from the film on the audiences’ visit intention with their engagement towards the movie itself when the movie is watched from big screen and small screen. The study is held by doing a survey to 432 respondents who have watched the chosen film. The result will be analyzed with PLS-SEM by using Multigroup Analysis to compare the effect between the two kinds of media used. The author(s) found that there’s a positive correlation between viewers’ engagement with destination image and visit intention and between destination image and visit intention. However, there is no significant difference between respondents who watched the movie on big or small screen. This study will be able to help marketers and academicians’ decision-making process when they’re using film from big and small screen as a tool to promote their destination."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alif Fadilla Airlangga
"Perkembangan teknologi digital di dunia pariwisata menghadirkan cara baru dalam memasarkan dan mencari informasi mengenai suatu tempat wisata. Hadirnya electronic word of mouth (e-WoM), dapat digunakan pengunjung untuk memberikan ulasan melalui pendapat mereka ketika berkunjung ketempat wisata yang bersifat negatif maupun positif dan dinilai sebagai salah satu metode promosi yang efektif yang tidak membutuhkan biaya yang besar. Pulau Belitung sebagai salah satu destinasi wisata yang sempat viral karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi mampu memperkenalkan keindahan alamnya dan menjadi salah satu destinasi yang terkenal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth dari wisata yang ada di Pulau Belitung terhadap Visit Intention calon wisatawan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling melalui survey secara online. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara e-WoM dengan minat berkunjung pada wisata Pulau Belitung namun tingkat pengaruhnya tidak terlalu besar.

The development of digital technology in tourism industry presents a new way of marketing and finding information about a tourist place. The existence of electronic word of mouth (e-WoM), can be used by visitors to provide reviews through their opinions when visiting tourist attractions that are negative or positive and is considered as one of the effective promotional methods that does not require large costs. Belitung Island as one of the tourist destinations that had gone viral for being a shooting location for the film Laskar Pelangi was able to introduce its natural beauty and become one of the famous destinations. This study aims to analyze the effect of electronic word of mouth from tourism on Belitung Island on the Visit Intention of potential tourists. This study uses quantitative research with purposive sampling technique through online surveys. Data processing is done by using a simple regression analysis method. The results of this study indicate that there is a significant influence between e-WoM and interest in visiting Belitung Island tourism but the level of influence is not too large."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dara Nan Sharikha
"Saat ini, media sosial banyak digunakan sebagai alat pencarian informasi serta menjadi sarana pemasaran pariwisata. Kemajuan teknologi informasi dan internet memberikan akses yang lebih mudah bagi para wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai sejumlah tempat wisata. Hal ini dimanfaatkan oleh The Nice Funtastic Park untuk meningkatkan minat kunjung wisatawan ke tempat wisata tersebut. The Nice Funtastic Park merupakan tempat rekreasi baru di kota Cianjur dengan tema edukasi. Selain social media marketing, destination image juga dapat memengaruhi minat kunjungan secara tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing terhadap visit intention dimediasi oleh destination image pada followers akun Instagram The Nice Funtastic Park. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada 120 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari social media marketing terhadap visit intention melalui destination image pada followers akun Instagram The Nice Funtastic Park.

Recently, social media is widely used as a tool for information search and as a marketing tool for tourism. The advancement of information technology and the internet provide easier access for tourists to obtain information about various tourist destinations. This is utilized by The Nice Funtastic Park to increase the interest of tourists in visiting the place. The Nice Funtastic Park is a new recreational place in the city of Cianjur with an educational theme. In addition to social media marketing, destination image can also indirectly influence visit intention. This study aims to analyze the influence of social media marketing on visit intentions mediated by destination image among the followers of The Nice Funtastic Park's Instagram account. This research uses a quantitative approach and purposive sampling technique. The study was conducted by distributing questionnaires via Google Form to 120 respondents. This research uses descriptive data analysis techniques and inferential statistical analysis with the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) approach. The results of the study infer that there is a positive and significant influence of social media marketing on visit intention through destination image among the followers of The Nice Funtastic Park's Instagram account."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zhilan Fachri Ihsan Putra
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa social media interaction dapat mempengaruhi konsumen dalam memilih hotel. Media sosial telah menjadi alat pemasaran yang sangat efektif di industri perhotelan, mempengaruhi keputusan konsumen melalui berbagai interaksi dan konten yang disajikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei yang melibatkan responden yang aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi tentang hotel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software SmartPLS. Penelitian ini mengungkapkan bahwa social media interaction memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pilihan hotel oleh konsumen di Indonesia melalui tiga faktor utama: source credibility, homophily, dan content quality. Dalam hasilnya terlihat bahwa source credibility dan homophily terbukti berperan penting dalam meningkatkan visit intention dan behavioural engagement, namun untuk content quality belum dapat memediasi hubungan antara social media interaction dengan visit intention, walaupun demikian content quality tetap penting untuk meningkatkan behavioural engagement. Hasil serta saran lebih lanjut dibahas dalam penelitian ini.

This study aims to determine that social media interaction can influence consumers in choosing a hotel. Social media has become a very effective marketing tool in the hospitality industry, influencing consumer decisions through various interactions and content presented. This research uses quantitative methods by collecting data through surveys involving respondents who actively use social media to find information about hotels. Data analysis was carried out using the Structural Equation Modeling (SEM) method and SmartPLS software. This study reveals that social media interaction has a significant positive influence on hotel choice by consumers in Indonesia through three main factors: source credibility, homophily, and content quality. The results show that source credibility and homophily prove to play an important role in increasing visit intention and Behavioural engagement, but content quality has not been able to mediate the relationship between social media interaction and visit intention, although content quality is still important to increase behavioural engagement. Further results and suggestions are discussed in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasha Griselda Stephanie
"Pengguna internet di seluruh dunia meningkat termasuk dalam dunia pemasaran. Pelaku bisnis beradaptasi dengan melakukan pemasaran melalui media sosial, termasuk rumah sakit. Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit atau dikenal dengan RSKD Duren Sawit, merupakan rumah sakit yang mulai memberikan layanan kesehatan umum bagi masyarakat. Pemanfaatan media sosial terutama Instagram digunaan sebagai sarana pemasaran produk layanan kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan social media marketing dengan niat berkunjung pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan data melalui kuesioner dengan link google form kepada followers Instagram RSKD Duren Sawit. Sampel penelitian sebanyak 102 orang. Analisis dilakukan dengan metode SEM-PLS. Pada variabel social media marketing memiliki enam dimensi, yaitu aksesibilitas, kredibilitas, hiburan, interaksi, trendiness, dan word of mouth. Hasil yang diperoleh adalah hubungan langsung social media marketing pasien dengan brand awareness, brand awareness dengan niat berkunjung pasien, serta social media marketing dengan niat berkunjung pasien memiliki nilai signifikan (P-value < 0,05). Hubungan tidak langsung social media marketing dengan niat berkunjung yang dimediasi brand awareness juga menunjukkan hasil yang signifikan (P-value < 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung dan tidak langsung antara social media marketing dengan niat berkunjung yang dimediasi oleh brand awareness.

Internet users around the world increase including in the world of marketing. Business people need to adapt by marketing via social media, including hospitals. Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit, as known as RSKD Duren Sawit, is a hospital that started providing general health services to the community. The use of social media, especially Instagram, is used as media marketing of health service products. The objective of this study is to find the correlation between social media marketing and pastient’s visit intentions. This study was a quantitative study with a cross sectional design. Data was collected using a questionnaire by google form link to RSKD Duren Sawit Instagram followers. The sample size was 102 followers. Data analysis used SEM-PLS method. The social media marketing variable has six dimensions, namely accessibility, credibility, entertainment, interaction, trendiness, and word of mouth. The results of analysis were obtained that the direct correlation between social media marketing and brand awareness, brand awareness and patient’s visit intention, social media marketing and patient’s visit intention were significant  (P-value < 0,05). The indirect correlation between social media marketing and patient visit intention that mediated by brand awareness was also significant (P-value < 0,05). This study concluded that there were direct and indirect correlation between social media marketing and patient’s visit intention which was mediated by brand awareness."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Setiawan
"Tujuan dari studi ini adalah untuk meneliti hubungan antar keterlibatan situasional dan berkelanjutan dengan budaya pop Korea, imej kognitif, imej afektif, imej keseluruhan, dan intensi kunjungan terhadap destinasi Korea turis Indonesia. Terlebih penelitian ini ditujukan untuk meneliti pengaruh dari keterlibatan situasional dan berkelanjutan dengan budaya pop Korea terhadap imej destinasi Korea yang terbagi ke dalam : kognitif, afektif, dan keseluruhan yang akan mempengaruhi intensi kunjungan terhadap destinasi Korea. Penelitian ini menggunakan structurral equation modelling (SEM) yang akan diproses menggunakan program Lisrel 8.80. Penelitian ini menggunakan budaya pop Korea sebagai topik utama karena budaya pop Korea dewasa ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan situasional yang menuju ke keterlibatan berkelanjutan dapat mempengaruhi imej kognitif lalu imej afektif destinasi Korea yang membuat individu memiliki intensi untuk mengunjungi destinasi Korea untuk berlibur. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi pihak-pihak yang terlibat dalam industri wisata Korea seperti pemerintahan Korea, pemerintahan Indonesia, dan penyedia jasa wisata di Indonesia dalam merencanakan kegiatan pemasaran wisata Korea di Indonesia.

The purpose of this research is to recognize the relationships between situational involvement, enduring involvement, cognitive images, affective images, overall images, and visit intention in context of Korean pop culture and Korea destinations in Indonesia. Moreover this research is to recognize the impacts of Korean pop culture situational and enduring involvement to cognitive, affective and overall image of Korea as tourism destinations which impacts the visit intention to Korea destinations. Convenience sampling was used for this research and the samples were from Indonesia used for this research. The hypotheses are tested using structural equation modelling (SEM) using Lisrel 8.80. This research use Korean pop culture as its topic because Korean pop culture currently is one of the most popular pop culture in Indonesia and continuing to spread around the world. The results show that involvement with Korean pop culture indeed influence cognitive images then affective images of Korea destinations then influence the visit intention of potential touritst in Indonesia to visit Korea destinations. The findings in this research are useful for further research resolving simillar topic and also will give insights to parties that involved in tourism industry which are Korea government, Indonesia government, and Indonesian travel agents as references in formulating a right marketing tools for Korea tourism."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61841
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>