Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rangga Mahesa Putera
Abstrak :
Perkembangan Permainan Simulasi Serius sebagai media pembelajaran semakin meningkat dengan pesat seiring dengan banyaknya penelitian yang membuktikan efektivitas permainan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam teori dan konsep yang kompleks sekaligus memberikan sebuah pengalaman yang tidak bisa diperoleh dengan hanya belajar di kelas. Sebuah permainan simulasi serius terdiri dari mekanika-mekanika yang saling terkait satu sama lain yang membentuk sebuah hubungan yang menciptakan dampak pedagogik yang dapat menyampaikan nilai-nilai pengetahuan yang harus dievaluasi menggunakan instrumen yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja dalam menciptakan instrumen yang paling sesuai untuk semua jenis permainan simulasi serius dengan mengelompokkan mekanika permainan dan pembelajaran ke dalam hierarki Taksonomi Bloom dan menghasilkan instrumen dengan memberikan pilihan pertanyaan untuk menciptakan evaluasi yang paling tepat. Alat evaluasi yang dibuat oleh kerangka kerja ini diharapkan dapat menjadi alat ukur yang andal dan valid dari para pemain untuk memahami nilai pembelajaran yang terdapat dalam permainan. Dalam makalah ini, kerangka kerja diterapkan pada Operation Management Game sebagai studi kasus. ...... The development of Serious Simulation Game as supporting media in education is raising since it has been scientifically proven as an effective way to elevate the quality of understanding complex information also giving a skill experience in manner. A game with education purpose consists of mechanics that are integrated to deliver knowledge and concepts which should be evaluated with proper instruments to measure the effectiveness of knowledge and skill transfer process through the game. This research aims to provide a model framework in creating the most suitable instrument for any types of Serious Simulation Game by clustering the Game and Learning Mechanics into the hierarchy of Bloom rsquo s Taxonomy and generating the instrument by giving options of questions to create the most appropriate evaluation which is given the name as ldquo Evaluation Mechanics. The model consists of verified methods of game analysis and evaluation creation. The evaluation instrument created by this framework is expected to be a reliable and valid measurement tools of the players understanding of the learning values contained in the game. In this paper, the framework is applied to Operation Management Game, a serious simulation game which is focusing on strategic planning in a simple production system, as the study case.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Candra Bangun Wiguna
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai pembutan serious simulation game peranan manajemen armada dalam distribusi. Manajemen armada merupakan salah satu faktor penting dalam distribusi karena berkaitan dengan kapasitas distribusi, penjadwalan pengiriman dan pemeliharaan kendaraan. Belum adanya serious simulation game yang membahas peranan manajemen armada. Penelitian ini menggagaskan media pembelajaran manajemen armada menggunakan serious simulation game. Penelitian ini menggunakan media permainan papan sebagai sarana pembuatan permainan. Berdasarkan hasil ketika menjalankan permainan, serious simulation game peranan manajemen armada ini sudah cukup menggambarkan dan dapat menyampaikan poin pembelajaran yang terdapat pada permainan. ...... This research discusses the designing of serious simulation game the role of fleet management in distribution and logstic. The main factors in transportation are the distribution capacity, operational of fleet, and fleet maintenance. Those are the top element in fleet management. Serious simulation games that concern in distribution and logistic has not reach the fleet management factors. This paper answer the need of learning media in teaching the role of fleet management in distribution and logistic. This research use board game as a media in building the game. The pilot testing result of this game shows that this game can accommodate the learners need in fleet management role in distribution and logistic.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47160
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rizky Nur Iman
Abstrak :
Walaupung fungsinya sangat penting, banyak praktisi dalam dunia procurement dan purchasing di berbagai belahan dunia masih memiliki kendala dalam mengembangkan sebuah strategi yang baik terhadap sourcing. Banyak masih menganggap bahwa pendekatan sourcing adalah untuk mendapatkan harga terendah dan melupakan potensi sesungguhnya dalam sourcing. Sourcing sudah tidak lagi sebatas fungsi transaksional, tetapi sudah menjadi fungsi yang strategis yang terintegrasi dengan strategi perusahaan. Ini merupakan sebuah masalah dan lebih lagi mengingat bahwa tantangan dalam sourcing akan terus meningkat seiringan dengan meningkatnya tren global sourcing. Untuk membantu para sumber daya yang bergerak di bidang sourcing dalam memahami proses pengembangan strategi sourcing, sebuah serious simulation game diaujukan sebagai alternatif solusi. Serious simulation game telah digunakan untuk tujuan pedagogi dalam berbagai bidang seperti rantai pasokan, simulasi bisnis, kesehatan, dan militer. Lingkungan permainan yang ditawarkan memberikan media pembelajaran yang immersive dan dapat meningkatkan proses pembelajaran pesertanya. Permainan yang telah dirancang dalam penelitian kali ini membuktikan sebuah indikasi bahwa serious simulation game dapat digunakan untuk tujuan pedagogi. Selain itu, serious simulation game juga dilihat sebagai media pembelajaran yang cocok untuk generasi millennial. ...... Despite the importance of its functionality, research shows that many of the world procurement and purchasing specialist around the world are still having trouble in developing and implementing an effective strategy towards sourcing Some still perceive the approach in sourcing is to find the lowest cost and ignores the true potential of sourcing. Sourcing is no longer a transactional function, but is a strategic one which is integrated with the firm strategy. This is a problem as the challenge in sourcing will rise especially with the rising trend of global sourcing. In order to help the professionals to gain a better understanding of sourcing strategy development process, a serious simulation game is presented as a solution. Serious simulation game has been used in many pedagogical purposes throughout different fields such as supply chain management, business simulation, medical and military. The gaming environment creates an immersive learning medium and therefore is able to improve the learning process of its participants. The game presented in this research proves another indication of a possible pedagogical use of a serious simulation game. Serious simulation game is seen as a suitable learning medium especially for the millennials
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64008
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adizty Suparno
Abstrak :
Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang optimis dengan konsep industri 4.0 yang dapat mengubah model bisnis untuk menghadapi persaingan kedepannya. Tetapi masih sedikit perusahaan yang melakukan transformasi industri 4.0. Salah satu penghambat transformasi tersebut adalah kesulitan dalam melakukan integrasi. Pada kenyatannya hal tersebut adalah salah satu target akhir dari industri 4.0 dan memerlukan perubahan secara bertahap untuk mewujudkannya salah satunya dengan tahapan maturitas. Hal tersebut menunjukan ada perbedaan pemahaman pada perusahaan. Serious simulation game dapat membantu perusahaan untuk menganbil keputusan tanpa ragu akan kegagalan dan mendapatkan umpan balik untuk membangun model keputusan yang baru. Serious simulation game masih sedikit dilakukan untuk media pembelajaran industri 4.0 dan belum ada yang menekankan pada tingkat maturitas. Pembelajaran tingkat maturitas dapat membantu perusahaan dalam mengevaluasi transformasi industri 4.0. Tujuan permainan ini adalah untuk mengedukasi pemain mengenai tahapan transformasi industri 4.0 dengan mencapai tingkat maturitas dan keuntungan aktual yang maksimal. Permainan berinfrastruktur multi player untuk memunculkan interaksi antar pemain sehingga menimbulkan kolaborasi dan integrasi antar pemain. ......Indonesia is one of the Southeast Asian countries that are optimistic about the concept of industry 4.0 that can change the business model to overcome future competition. Only a few companies did industry transformation 4.0. One obstacle to this transformation is the difficulty in integration. It is one of the final targets of Industry 4.0 and needs stages of changes to make it happen such as maturity model. The discrepancy shows the difference in understanding. Serious simulation games can help companies to take decisions without hesitation to return and get feedback to create new decision models. Serious simulation games are still little done for industry learning media 4.0 and no one has been supported at the level of maturity. Maturity level learning can help companies create a road map to transform industry 4.0. This game aims to educate players about the industry 4.0 transition by achieving maximum maturitas and actual profit levels-Multi-player infrastructure game to bring out the interaction between players to create collaboration and facilitate between players.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Yuliafianto Nugroho
Abstrak :
Metode pembelajaran umumnya dilakukan melalui membaca text book ataupun referensi, dan menelaah sebuah study case. dalam aktifitas perkuliahan ataupun pelatihan, materi yang diberikan tidak hanya dilakukan dengan metode pembelajaran melalui kuliah tatap muka dengan dosen atau trainer, atau penggunaan text book dan referensi, ataupun study case dari materi tersebut, tetapi juha dilakukan simulasi-simulasi yang berbentuk game interaktif yang mencoba untuk mensimulasikan kondisi aktual dari materi tersebut. Dalam mendalami problematika mengenai kualitas ataupun mutu dalam disiplin ilmu teknik industri, pdiperlukan sebuah metode pembelajaran dengan metode serious simulation games untuk membantu para praktisi dan akademisi yang bergerak dalam bidang manufaktur untuk lebih memahami kondisi aktual dari problem kualitas. Dengan menggunakan konsep serious simulation game, maka perancangan sebuah Quality Board Game merupakan hal yang sangat penting untuk memahami permasalahan dan pentingnya parameter kualitas untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah sistem produksi manufaktur. Dalam Quality Board Game, pemain akan mendalalmi secara aktual masalah-masalah kualitas tersebut dan diharapkan mampu memberikan gambaran aktual dari situasi lapangan sebuah sistem produksi manufaktur. Melalui pendekatan konsep meaning, reality dan play, pemahaman dasar kualitas diharapkan dapat terserap secara optimal sehingga pemain memiliki pemahaman yang utuh terhadap prinsip dasar kualitas pada sistem produksi manufaktur. Proses perancangan Quality Board Game melalui beberapa tahap yaitu setting up the stage, clarifying the game, designing the game, developing the game dan deployment. Pada tahap akhir dilakukan verifikasi dan validasi untuk mengetahui apakah perancangan Quality Board Game sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan. ...... Learning method usually did by reading text boox or some references and reviewing a study case. In university or training activity, material study define not only with face to face method with lecture or trainer, using text book and references, or study case from the material, but also define by simulations formed as an interactive game that try to simulate real condition of the material study. To study about quality problem in industrial engineering field, it needs a learning method that using serious simulation games method that help users in manufacture to more understand actual condition of quality problems. With Serious Simulation Game concept, designing of Quality Board Game is a very important to understand and how important of quality parameter to reach a successful manufacture production system. In quality board game, players will concern the actual view of a manufacture production system. In approaching to meaning, reality and play, basic understanding of quality will absorb optimally so players will have complete understanding for quality basic principles in manufacture production system. Design process of Quality Board Game through some step setting up the stage, clarifying the game, designing the game, developing the game and deployment. In the final activity, the game will validate and verify to know its result and its purpose achievability.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48244
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasibuan, Rachel Giovani
Abstrak :
Mampu menghasilkan rantai pasokan yang efektif dan efisien menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan untuk menjalankan strategi rantai pasokan yang tepat. Mampu mengambil keputusan yang tepat pada situasi tertentu merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk memperoleh Manajemen Rantai Pasokan yang efektif. Akan tetapi, sangat disayangkan bahwa ternyata banyak praktisi rantai pasokan yang mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam Manajemen Rantai Pasokan. Hal ini meningkatkan kebutuhan akan media pembelajaran yang efektif terkait Manajemen Rantai Pasokan. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan rancangan sebuah Serious Simulation Game (SSG) sebagai media pembelajaran aktif Manajemen Rantai Pasokan, yang berfokus pada fungsi penjualan dan keuangan, dengan menggunakan user interface berbasis Microsoft Excel. SSG yang dibuat terbukti dapat membantu pemain memahami konsep dan kompleksitas, serta variabel yang mempengaruhi dalam Manajemen Rantai Pasokan. ...... Able to produce an effective and efficient supply chain becomes a very important thing for the company. Therefore, the ability to run the right supply chain strategy is needed by companies. Being able to take the right decisions in certain situations is the skill needed to obtain an effective Supply Chain Management. However, it is unfortunate that there are many supply chain practitioners have difficulties to make the right decisions in Supply Chain Management. This increases the need for effective learning media related to Supply Chain Management. The results of this research is to design a Serious Simulation Game (SSG) as a medium of active learning for Supply Chain Management, which focuses on the sales and finance functions, using the user interface based on Microsoft Excel. SSG created proven to help players understand the concept and complexity, as well as variables in Supply Chain Management.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64037
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Girindra Chaska Wardana Nimpuno
Abstrak :
Penelitian ini menjelaskan mengenai perancangan serious simulation game sebagai sarana pelatihan dan pendidikan untuk koordinasi organisasi mengenai manajemen logistik penanggulangan bencana untuk lembaga swadaya masyarakat. Logistik penanggulangan bencana adalah kontributor terbesar biaya operasi tanggap bencana. Akan tetapi, kinerja operasionalnya masih belum efisien karena terdapat masalah koordinasi dalam lembaga-lembaga. Beberapa akar masalah adalah adanya kesenjangan kesadaran koordinasi dalam lembaga-lembaga ini dan disebabkan oleh beberapa mentalitas organisasional yang buruk, meliputi mentalitas silo dan fire fighting, bersama dengan fakta bahwa lembaga swadaya masyarakat memiliki tingkat turnover sumber daya manusia yang tinggi, sehingga mengurangi retensi pengetahuan dan pengalaman. Untuk meningkatkan tingkat kesadaran yang cukup dalam lembaga, diusulkan sebuah media pembelajaran menggunakan serious simulation game. Merancang serious simulation game yang memberikan representasi sistem secara realistis dan simulasi pengalaman yang akurat sangat penting dalam merancang permainan simulasi serius yang signifikan. Permainan ini didasarkan Triadic Game Design yang dikemukakan Harteveld dan dibangun melalui kerangka kerja Duke untuk merancang serious simulation game. Penelitian ini menghasilkan rancangan awal Humanitarian Logistics Management Game. ...... This research paper explains the construction of a serious simulation game as a means of training and education for organizational coordination in humanitarian logistics management within humanitarian non governmental organizations. Humanitarian logistics is the majority cost of humanitarian operations however, its operational performance is still inefficient due to coordination issues within these responsible humanitarian organizations. The underlying problem is the presence of a coordination awareness gap within these organizations and is caused by several apparent dysfunctional organizational mentalities, which include the fire fighting and silo mentality, along with the fact that humanitarian organizations have a high human resource turnover rate, thus decreasing knowledge and experience retention. To raise sufficient awareness, an experiential learning platform is proposed using a serious simulation game. Constructing a serious simulation game that provides a representation of experiential simulations within the game, is vital in designing a significant serious simulation game. The game is based on Harteveld's Triadic Game Design and is constructed through Dukes framework of designing a serious simulation game. This research results in the design of the Humanitarian Logistics Management Game.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erfandy Muhammad
Abstrak :
Indonesia adalah negara maritim dengan potensi pertumbuhan ekonomi. Mengembangkan negara maritim berhubungan dengan pelabuhan sebagai infrastruktur pendukung aktivitas utama. Baik penumpang dan kargo akan menggunakan pelabuhan sebagai gerbang untuk melakukan perjalanan melalui laut. Namun, Indonesia belum memaksimalkan potensi wilayah pelabuhan. Pelabuhan memiliki banyak infrastruktur khusus untuk mendukung kegiatannya, dikelilingi oleh aspek kewirausahaan seperti area komersial dan rumah tempat tinggal. Permintaan untuk pengiriman barang dan perjalanan penumpang meningkat setiap tahun, sementara area pengembangan infrastruktur tidak banyak tersedia di Jakarta sebagai ibu kota Indonesia. Interkoneksi antara semua faktor ini perlu divisualisasikan sebagai alat pemahaman bagi para pemangku kepentingan untuk membuat keputusan perencanaan pengembangan pelabuhan yang lebih baik. PORTANOVA menggunakan metode Serious Simulation Gaming untuk mewakili situasi nyata di PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk dan mengubahnya menjadi permainan yang komprehensif untuk membantu pemangku kepentingan meninjau efektivitas rencana mereka berdasarkan area yang tersedia dan hasil yang dihasilkan dari setiap kegiatan. Pemain akan mensimulasikan peran dengan tanggung jawab dan kendala tertentu. Permintaan dan acara historis disediakan untuk melihat apakah pemain memiliki inovasi dalam mengembangkan infrastruktur di sekitar area pelabuhan. PORTANOVA dihasilkan sebagai alat pengambilan keputusan untuk menerapkan strategi perencanaan yang lebih baik untuk pengembangan pelabuhan yang ada dan yang akan dibangun.
Indonesia is a maritime country with potential economic growth. Developing a maritime country is related to port infrastructure as the support for any port activities. Both passenger and cargo will use port as the gate to travel by sea. However, Indonesia has not yet maximized port area potential. Port has many specific infrastructures to support its activities, surrounded by entrepreneurial aspect such as commercial area and residential home. Demand for cargo shipping and passenger travelling are increasing every year, while the area of developing infrastructure area is not much available on Jakarta as the main city of Indonesia. Interconnection between all these factors need to be visualized as a tool of comprehension for stakeholders to make the better port improvement planning decision. PORTANOVA is using Serious Simulation Gaming method to represent real situation in PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk and convert it to a comprehensive game to help stakeholders review their plan effectivity based on available area and throughput generated from each activity. Player will simulate a role with specific responsibility and constraints. Historical demand and event are supplied to see if player has innovation towards developing infrastructures around port area. PORTANOVA resulted as a decision-making tool to implement better planning strategy for existing and new port development.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Azalia Wijayanti
Abstrak :
Dalam mendukung pembangunan yang merata dan berkelanjutan, perlu dilakukan strategi kebijakan yang dapat meningkatkan daya saing sektor maritim di Indonesia. Karena, pengembangan infrastruktur, tidak peduli seberapa baik peningkatannya, jika tidak diimbangi dengan penguatan komoditas utama di setiap wilayah, akan sulit untuk menyelesaikan masalah pemerataan pembangunan ini. Sistem klaster yang terintegrasi bisa menjadi solusi untuk permasalahan pemerataan pembangunan. Sistem klaster pelabuhan yang membangun interdependensi antara perusahaan yang bergerak dalam aktivitas pelabuhan yang sama sehingga menghasilkan keunggulan kompetitif dapat menjadi strategi yang dapat digunakan. Namun, penerapan sistem klaster bukanlah hal yang mudah, terlebih dengan tingkat kompleksitas yang tinggi dan banyaknya tahapan dalam pembuatan kebijakan. Begitupun kompleksitas dalam pembuatan kebijakan di ranah pengembangan klaster pelabuhan, kompleksitas terjadi dikarenakan oleh masing-masing aktor memiliki tujuan individu lembaganya sendiri. Dalam mengimplementasikan kebijakan pun terdapat beberapa rintangan, untuk mengimplementasikan kebijakan dengan baik, harus didasarki oleh bukti (evidence-based) agar pembuat kebijakan mengetahui dampak kebijakan yang ingin diterapkan. Penelitian ini mencoba melihat bagaimana serious simulation game dapat membantu pembuat kebijakan untuk mengeksplor dan bereksperimen terhadap kebijakan yang akan dilakukan tanpa memiliki resiko dalam sistem di dunia nyata. Sehingga kebijakan yang akan diimplementasikan di dunia nyata tidak merugikan pihak manapun dan sejalan dengan tujuan negara bersama maupun tujuan masing-masing aktor. Dalam penelitian ini juga ditemukan faktor-faktor yang dilakukan oleh responden yang membantu dalam meningkatkan GDP dan pembangunan yang merata dan berkelanjutan. Permainan ini dibangun melalui kerangka kerja Lukosch untuk merancang serious simulation game dan mengadaptasi kerangka kerja Multi Actor Game for Port Cluster, sehingga dihasilkan rancangan permainan simulasi Policy Exercise for Port Cluster. ......In supporting equitable and sustainable development, it is necessary to adopt a policy strategy to increase the competitiveness of national maritime industries, one of which is to build a maritime integrated industry cluster or port cluster at several strategic locations in Indonesia. The development of infrastructure, no matter how improving it is, if it’s not balanced with the strengthening of the main commodity in each region, it will be difficult to resolve this problem of equitable development. An integrated cluster system could be the solution to the problem of inequitable development. A port cluster system that builds interdependence between companies engaged in the same port area that is resulting in a competitive advantage can be a strategy that can be used. However, the application of a cluster system is not an easy task, especially with a high level of complexity and the many stages in the policy-making process. Likewise, the complexity in the policy-making process also occurred within the port cluster sector, complexity occurs because each actor has their individual goals or objectives. In the implementation of a policy, there are also several barriers. To implement a policy properly, it has to be based on evidence so that the policymaker knows the impact of the policy they initiate. This research aims to see how serious simulation game can help policymaker to explore and experiment with the policy that will be carried out without having to affect and risk the real-world system. Thus, the policy that will be implemented in the real world does not harm any party and in line with the goals shared within the country and the individual goals of each actor. The findings in this research are factors that are carried out by respondents of the game that helped in increasing GDP and equitable and sustainable development. This game was built with Lukosch's framework in designing a serious simulation game for complex system and adopted the mechanics of the Multi-Actor Game for Por Cluster, hence the design of Policy Exercise for Port Cluster was made.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulidia Putri Laksmi
Abstrak :
Penerapan sistem pengelolaan limbah plastik di Indonesia masih kurang efektif karena belum adanya standardisasi dalam peraturan sistem pengelolaan limbah plastik di masing-masing daerah serta lemahnya penegakan hukum dalam mengelola limbah plastik di Indonesia. Berdasarkan penelitian sebelumnya, daur ulang merupakan metode dalam ekonomi sirkular yang paling feasible dan efektif dalam mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia. Pengelolaan daur ulang limbah plastik di Indonesia merupakan sistem yang kompleks, dimana keterlibatan semua pemangku kepentingan yang relevan dapat memainkan peran penting dalam mendukung pembuat kebijakan dan strategi dalam menentukan rencana pengelolaan limbah plastik yang efektif dalam jangka pendek dan jangka panjang di tingkat lokal. Serious simulation game sebagai media pembelajaran bukan lagi bidang penelitian baru. Namun, masih sedikit penelitian serious simulation game yang mengambil topik pengelolaan limbah, dan belum ada yang berfokus pada pengajaran sistem pengelolaan limbah plastik bagi pemangku kepentingan (Stakeholder), khususnya bagi pemangku kepentingan (Stakeholder) di tingkat daerah. Recopoly Game merupakan permainan yang memberikan pengalaman kepada pemain dalam menemukan skenario terbaik yang menghasilkan volume sampah plastik terbanyak dan mendorong peningkatan profit sehingga dapat menghasilkan sistem pengelolaan limbah plastik yang berkelanjutan (sustainability). Infrastruktur permainan dengan multi-player diimplementasikan dalam Recopoly Game agar memungkinkan interaksi antar pemain sehingga diharapkan pemain dapat melakukan dalam kolaboratif dan kompetitif untuk memahami hasil yang berbeda pada setiap keputusan yang berbeda. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rancangan serious simulation game yang dapat meningkatkan pemahaman dan memberikan gambaran tentang sistem pengelolaan daur ulang limbah plastik dalam konteks ekonomi sirkular untuk pemangku kepentingan (Stakeholder). ......The implementation of plastic waste management systems in Indonesia is still ineffective because there is no standardization in the regulation of plastic waste management systems in each region and the weak law enforcement in managing plastic waste in Indonesia. Based on previous research, recycling is the most feasible and effective method in the circular economy in reducing the amount of plastic waste in Indonesia. The plastic waste recycling management in Indonesia is a complex system. The involvement of all relevant stakeholders can play an essential role in supporting policymakers and strategies in determining effective plastic waste management plans in the short term and long term at the local level. Serious simulation game as learning media is no longer new fields of research. However, there is severe little simulation game research that takes the topic of waste management, and no one has focused on teaching plastic waste management systems for stakeholders, especially for stakeholders at the local level. Recopoly Game is a game that offers players with experience in finding the best scenarios that produce the highest volume of plastic waste and encourage increased profits so that it can create a sustainable plastic waste management system. Multi-player game infrastructure is implemented in Recopoly Games to enable interaction between players. Thus, players expected to be able to perform collaboratively and competitively to understand different results for each different decision. Therefore, the purpose of this research is to develop a Serious Simulation Game design that can increase understanding and provide an overview of the management system of plastic waste recycling in the context of a circular economy for stakeholders.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>