Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dukungan sosial emosional, instrumental, dan informasional terhadap minat investasi individu. Studi sejenis sebelumnya melihat bahwa minat investasi selalu berkaitan dengan tingkat literasi keuangan individu dalam berinvestasi. Namun, sebagian besar studi tersebut terbatas pada literasi keuangan dan belum melihat lebih jauh dukungan dari lingkungan sosial yang dapat mempengaruhi tingkat minat investasi seseorang. Selain itu, dukungan emosional, instrumental, dan informasional juga dapat menyediakan sistem dukungan bagi individu untuk mengatasi resiko dalam melakukan investasi di pasar modal. Peneliti memiliki hipotesis bahwa dengan tingginya tingkat dukungan sosial emosional, instrumental, dan informasional yang dimiliki individu, maka akan semakin tinggi juga minat investasinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-survei yang diikuti oleh 334 responden mahasiswa aktif S1 Universitas Indonesia angkatan 2017 dengan teknik penarikan sampel multistage sampling. Hasil pengujian menemukan bahwa tingkat minat investasi mahasiswa secara signifikan dipengaruhi oleh tingkat dukungan emosional, tingkat dukungan instrumental dan tingkat dukungan informasional.
This study aims to explain the effect of emotional, instrumental, and informational social support on individual investment interest. Previous similar studies have seen that investment interest is always related to the level of individual financial literacy in investing. However, most of these studies are limited to financial literacy and have not looked further at the support from the social environment that can affect a person's level of investment interest. In addition, emotional, instrumental, and informational support can also provide a support system for individuals to overcome risks in investing in the capital market. The researcher hypothesizes that with the high level of emotional, instrumental, and informational social support possessed by individuals, the higher their investment interest. This study uses a quantitative-survey method followed by 334 respondents of active undergraduate students at the University of Indonesia class of 2017 with multistage sampling technique. The test results found that the level of student investment interest was significantly influenced by the level of emotional support, the level of instrumental support and the level of informational support.
"