Ditemukan 264 dokumen yang sesuai dengan query
Sinta Ayu Kurniawati
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52093
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ridwan Syahrani Amrullah
"Selaras dengan kebutuhan dan perkembangan industri digital dalam era globalisasi ini, aspek teknologi informasi dan komunikasi dinilai banyak manfaat di berbagai bidang, perkembangan ini tidak terlepas dari peran kepemimpinan entrepreneurial . Model kepemimpinan entrepreneurial (entrepreunerial leadership) sering diabaikan oleh perusahaan terutama petahana, karena efek inersia. Seiring perusahaan tumbuh besar, mereka cenderung berhadapan dengan kekuatan inertia (Tornatzky dan Fleischer 1990). Penelitian ini dilakukan di PT Telekomunikasi Indonesia yang merupakan perusahaan telekomunikasi milik pemerintah dan sebagai
incumbent pada industri telekomunikasi telah banyak melakukan inovasi, namun kemampuan untuk mengembangkan inovasi tersebut masih rendah. Faktor yang mempengaruhi antara lain kepemimpinan entrepreneurial merupakan kemampuan untuk memerankan sumber daya pengelolaan lainnya untuk mencari peluang dan mencari keuntungan (Ireland, 2003), kapabilitas inovasi dan pada gilirannya kinerja inovasi itu sendiri. Untuk memperoleh kinerja inovasi yang baik, perusahaan memerlukan kepemimpinan entrepreneurial yang didukung oleh kapabilitas inovasi. Temuan utama penelitian ini menunjukkan kepemimpinan entrepreneurial berpengaruh dalam pembentukan kapabilitas inovasi dan pada performa inovasi perusahaan, terutama perusahaan petahana. Secara teoretis, penelitian ini berkontribusi memperkaya konsep kepemimpinan entrepreneurial dan secara manajerial memberikan arah kepada manajer dalam menerapkan kepemimpinan entrepreneurial. Dengan demikian tingkat manajerial dapat menstimulasi terciptanya kapabilitas inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja inovasi perusahaan. Penelitian ini menguji hipotesisnya dengan menggunakan SEM PLS.
In line with the needs and developments of the digital industry in this era of globalization, information and communication technology aspects are valued for many benefits in various fields, this development is inseparable from the role of entrepreneurial leadership. The entrepreneurial leadership model (entrepreneurial leadership) is often overlooked by companies especially incumbent, as it focuses on mining old business. One industry that is expected to have competitiveness is the telecommunications industry. PT Telekomunikasi Indonesia, which is a state-owned telecommunications company and as an incumbent in the telecommunication industry has made many innovations, but the ability to develop innovation is still low. Factors that influence, among others, entreurpreneurial leadership are the ability to portray other management resources to seek opportunities and seek profit (Ireland, 2003), innovation capabilities and in turn innovation performance itself. To achieve good innovation performance, companies need innovative capabilities supported by business strategy and organizational capability in strategically managing human resources and knowledge. The main purpose of this research is to explain the link between entrepreneurial leadership, innovation capacity, and innovation performance. It is expected that this research has theoretical and managerial contribution, to know the entreurpreneurial leadership relationship through innovation capability to innovation performance."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52138
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Favilia Franziska
"Reformasi Birokrasi menuntut pemerintah melakukan perubahan dalam mencapai tata kelola pemerintahan kelas dunia. Dalam menjalankan Reformasi Birokrasi tersebut banyak perubahan yang dilakukan oleh pemerintah berupa perubahan manajemen kinerja, perubahan pola kerja, perubahan budaya kerja dan lainnya. Berdasarkan penelitian terdahulu, perubahan yang sukses perlu adanya commitment to change pada individu di organisasi. Studi menemukan bahwa transformational leadership, readiness for change dan public service motivation memiliki pengaruh terhadap commitment to change. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui peranan readiness for change dan public service motivation dalam memediasi pengaruh transformational leadership terhadap commitment to change. Dengan menggunakan online survey kepada 174 responden dengan pengolahan data Lisrel didapati hasil penelitian berupa readiness for change dan public service motivation secara signifikan dan positif memediasi pengaruh dari Transformational leadership terhadap Commitment to Change. Berbeda dari hasil penelitian terdahulu, penelitian ini menemukan bahwa transformational leadership memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap commitment to change. Hal ini menekankan bahwa pentingnya peranan readiness to change dan public service motivation dalam memediasi pengaruh transformational leadership terhadap commitment to change pegawai negeri sipil di pemerintahan pusat. Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan reformasi birokrasi sehingga pemerintahan pusat dapat mencapai tata kelola pemerintahan kelas dunia.
Bureaucratic Reform requires the government to make changes in achieving world-class governance. In carrying out this Bureaucracy Reform many changes made by the government consist of change management, work patterns, changes in work culture and others. Based on previous research, successful change requires commitment to change in individuals in the organization. The study found that transformational leadership, readiness for change and public service motivation have an influence on commitment to change. The purpose of this study is to determine the role of readiness for change and public service motivation in mediating the effect of transformational leadership on commitment to change. Using an online survey of 174 respondents by processing the Lisrel data, the results of the study were in the form of readiness for change and motivation for public services that significantly and positively mediated the effect of transformational leadership on Commitment to Change. Different from the initial research, this study found that transformational leadership has a negative and significant influence on commitment to change. Therefore, Readiness for change and public service motivation has important role for mediating the influence of transformational leadership on commitment to change in central government. This research is expected to solve the problem of bureaucratic reform so that so that the central government can realize world-class governance."Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ardian Okta Kristanto
"Penelitian ini membahas tentang pembentukan portofolio menggunakan model Black –Litterman pada saham yang terdaftar pada indeks LQ45 periode 1 September 2015 sampai dengan 31 Januari 2020. Model Black-Litterman memiliki fitur untuk memasukan subjektivitas investor dalam pembentukan portofolio. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan objek penelitiannya adalah saham-saham yang berturut-turut selalu masuk dalam daftar indeks LQ45. Portofolio yang dibentuk menggunakan seleksi pemilihan saham berdasarkan Single Index Model. Saham-saham yang telah terpilih kemudian dilakukan optimalisasi dengan menggunakan model Black-Litterman. Pandangan (views) yang digunakan pada penelitian dilakukan berdasarkan pandangan dari PT Mandiri Sekuritas dan PT Mirae Asset Sekuritas. Portofolio yang telah terbentuk kemudian dibandingkan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa portofolio optimal menggunakan model Black-Litterman dari pandangan PT Mirae Asset Sekuritas akan memiliki kinerja lebih baik dari pada portofolio yang dibentuk menggunakan pandangan PT Mandiri Sekuritas baik dari segi tingkat pengembalian maupun tingkat risiko. Walaupun demikian, pandangan tersebut masih belum tentu terjadi, sehingga masih ada risiko ketidakpastian dari pandangan tersebut.
This study discusses the formation of portfolios using the Black–Litterman model of stocks listed on the LQ45 index from 1 September 2015 to 31 January 2020. The Black-Litterman model has features to include investor subjectivity in the formation of portfolios. This research uses quantitative research methods with the object of research is that stocks which are in a row always include in the LQ45 index list. Portfolios formed using stock selection based on the Single Index Model. The selected stocks then optimized using the Black-Litterman model. The views used in the study were based on the views of PT Mandiri Sekuritas and PT Mirae Asset Sekuritas. Portfolios that have been formed are then compared. The results of this study indicate that the optimal portfolio using the Black-Litterman model from the view of PT Mirae Asset Sekuritas will have better performance than the portfolio formed using the view of PT Mandiri Sekuritas both in terms of returns and risk levels. However, this view still does not occur yet, so there is still a risk of uncertainty from that view."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Masayu Nadhila Syadzwina
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara Skeptisisme Hijau dengan niat beli hijau untuk produk perawatan pribadi di Indonesia. Riset studi ini juga mendiskusikan peran mediator pengetahuan lingkungan dan kepedulian terhadap lingkungan untuk memediasi hubungan antara skeptisisme hijau dengan niat beli hijau. Lebih spesifiknya, penelitian ini membahas tentang produk perawatan pribadi di Indonesia. Pendistribusian kuesioner survei secara daring dilaksanakan untuk mendapatkan responden. Riset studi ini berhasil mendapatkan 177 responden yang berdomisili di Indonesia. Artikel ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling untuk menganalisa data yang didapatkan dengan menggunakan perangkat lunak AMOS 21.0. Hasil dari riset ini mengindikasikan bahwa skeptisisme hijau mengurangi niat beli konsumen terhadap produk perawatan pribadi hijau. Sedangkan, pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk perawatan pribadi hijau. Pengetahuan lingkungan terbukti memediasi hubungan kepedulian lingkungan dengan niat beli hijau. Selanjutnya, pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan memediasi hubungan antara skeptisisme hijau dengan niat beli hijau. Riset ini akan berguna untuk sumber akademik bagi penelitian yang akan datang, praktisi di bidang yang bersangkutan dan untuk lingkungan.
The objective of this research study is to see the linkage between Green Skepticism and Green Skepticism is known as one of the inhibitor for Green Purchase Intention. This research study also discuss the role of mediator Environmental Knowledge and Environmental Concern mediates the relationship between Green Skepticism and Green Purchase Intentions. Specifically, for the personal care products in Indonesia.The questionnaire survey distributed via online is used to collect the respondents. This research study managed to collect 177 respondents domiciled in Indonesia. This article utilized the Structural Equation Modelling to analyse the data obtained using software AMOS 21.0. The result indicates that Green Skepticism reduces consumers intention to purchase green personal care products. On the other hand, both Environmental Knowledge and Environmental Concern increase customers green purchase intentions for personal care products. Environmental Knowledge is founded to mediates the relationship between Environmental Concern and Green Purchase Intentions. Furthermore, both Environmental Concern and Environmental Knowledge is founded to mediates the relationship between Green Skepticism and Green Purchase Intentions. This research will benefits academic resource for future research, practitioners in the related fields and the environment."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hutapea, Sarah Jessica
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat pengaruh antara cash holdings terhadap kebijakan perusahaan untuk membeli kembali saham. Variabel yang digunakan adalah karakteristik perusahaan, dimana salah satunya adalah faktor jumlah kas yang dipegang perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan stock repurchase yang terdiri atas 51 observasi data perusahaan publik di Indonesia. Dengan menggunakan struktur data cross-section, penelitian ini menggunakan metode regresi Ordinary Least Square. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa perusahaan Indonesia tidak menggunakan kelebihan kas untuk melakukan stock repurchase. Perusahaan justru menggunakan operating income untuk membayar payout, dalam hal ini stock repurchase. Selain itu, ditemukan juga bahwa dividen juga tidak mempengaruhi perusahaan dalam melakukan stock repurchase sebagai bentuk substitusi metode payout dalam penelitian di Indonesia.
This research aims to examine whether there is an impact of cash holdings on firm`s policy to repurchase its stocks. The determinants used is the firm`s characteristics, which is one of them is cash holdings factor. The sample used is the 51 data observations of repurchasing Indonesia public companies. By using cross-section data, this research uses Ordinary Least Square as regression method. From this research, it is found that Indonesian companies do not use excess cash for repurchasing stock. Companies tend to use operating income to give payout to the stockholders, especially stock repurchases. Besides, it is found that dividend also do not affect the company for repurchasing the stocks as the substitution form of payout method in Indonesia."
Lengkap +
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S59961
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amirah
"[Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Ownership Structure, dan Asymmetric Information terhadap Leverage, serta Feedback Effect Leverage dengan Asymmetric Information di Indonesia. Dimana pengujian ini dilakukan pada 136 perusahaan manufaktur pada periode 2009-2013. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengaruh struktur kepemilikan terhadap leverage perusahaan, dan adanya hubungan feedback effect antara leverage dengan asimetrik informasi., The purpose of this research is to find the effect of Ownership Structure, and Asymmetric Information on Leverage, and also the Feedback Effect between Leverage and Asymmetric Information in Indonesia, with 136 manufacturing company on 2009 until 2013. The result of this research is there is an effect of Ownership Structure on leverage, but that is a feedback effect between leverage and asymmetric information.]"
Lengkap +
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59906
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Destiara Putri
"[Kegiatan berbelanja online yang semakin marak membuat pelaku usaha e-commerce semakin bertambah. Dari sekian banyak e-commerce yang ada di Indonesia, e-commerce dalam bentuk online group buying masih berkembang di Indonesia. Salah satu e-commerce dalam bentuk online group buying yang memiliki market share terbesar adalah Groupon. Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang membentuk repeat purchase intention pada Groupon. Model penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian yang telah dilakukan oleh Hsu et al. (2015). Dengan metode SEM, didapatkan bahwa perceived value mempengaruhi repeat purchase intention pada Groupon secara positif dan habit mempengaruhi hubungan satisfaction pada repeat purchase intention.;The increase of online shopping activities create many e-commerce businesses. But e-commerce in the form of online group buying is still growing in Indonesia. The largest market share for online group buying in Indonesia is Groupon. This study discusses the forming factors of repeat purchase intention towards Groupon. The research model is a combination of the previous research that has been conducted by Hsu et al. (2015). Structural Equation Modeling is used to analyze the relationship between each variables. It was found that perceived value can affect repeat purchase intention positively and habit can affect the relationship between satisfaction and repeat purchase intention.;The increase of online shopping activities create many e-commerce businesses. But e-commerce in the form of online group buying is still growing in Indonesia. The largest market share for online group buying in Indonesia is Groupon. This study discusses the forming factors of repeat purchase intention towards Groupon. The research model is a combination of the previous research that has been conducted by Hsu et al. (2015). Structural Equation Modeling is used to analyze the relationship between each variables. It was found that perceived value can affect repeat purchase intention positively and habit can affect the relationship between satisfaction and repeat purchase intention.;The increase of online shopping activities create many e-commerce businesses. But e-commerce in the form of online group buying is still growing in Indonesia. The largest market share for online group buying in Indonesia is Groupon. This study discusses the forming factors of repeat purchase intention towards Groupon. The research model is a combination of the previous research that has been conducted by Hsu et al. (2015). Structural Equation Modeling is used to analyze the relationship between each variables. It was found that perceived value can affect repeat purchase intention positively and habit can affect the relationship between satisfaction and repeat purchase intention., The increase of online shopping activities create many e-commerce businesses. But e-commerce in the form of online group buying is still growing in Indonesia. The largest market share for online group buying in Indonesia is Groupon. This study discusses the forming factors of repeat purchase intention towards Groupon. The research model is a combination of the previous research that has been conducted by Hsu et al. (2015). Structural Equation Modeling is used to analyze the relationship between each variables. It was found that perceived value can affect repeat purchase intention positively and habit can affect the relationship between satisfaction and repeat purchase intention.]"
Lengkap +
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59936
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mochammad Indra Mochdie
"[Product harm crisis dari produk otomotif merupakan kejadian yang lumrah dalam dunia industri otomotif, dari major sampai minor defect. Hal ini dilatarbelakangi oleh kompleksnya rangkaian proses produksi dari awal hingga akhir. Terdapat empat strategi product recall yang dapat dilakukan perusahaan dalam menghadapi situasi ini, yaitu menolak recall atau deny, melakukan recall atas paksaan hukum atau involuntary recall, recall secara sukarela atau voluntary recall, dan super effort. Namun dalam studi ini penulis hanya meneliti tiga variabel sesuai dengan strategi product recall yang pernah dilakukan di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari masing-masing strategi recall terhadap manufacturer’s image, consumer loyalty, dan repurchase intention. Objek penelitian ini adalah Honda yang melakukan voluntary recall dan super effort dan Toyota yang melakukan deny recall pada tahun 2014. Unit analisis dalam penelitian ini adalah user Honda dan user Toyota. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hanya strategi super effort yang berpengaruh positif signifikan terhadap imej perusahaan, dan loyalitas konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap repurchase intention., Product harm crisis from automotive product is a fairly usual event that happens in automotive industry, from minor to major defect. Which happens with abundant factors including complexity of production process from the starting until finishing phase. There were four possible product recall strategy that could be accomplished by the firm, such as deny recall, involuntary recall, voluntary recall, and super effort.Although this research only consider three strategy which had took place in Indonesia. This research focuses to understand the effect of each product recall strategy on manufacturer’s image, consumer loyalty, and repurchase intention. The object of this study is Honda which had accomplished voluntary recall and super effort strategy and Toyota which had accomplished deny recall in 2014. The result of this study is super effort is the only strategy that has positive significant effect on manufacturer’s image, and so does consumer loyalty effect on repurchase intention.]"
Lengkap +
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S60494
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Firmansyah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari dua jenis aktivitas manajemen laba yaitu manajemen laba akrual dan manajemen laba riil terhadap peringkat obligasi korporasi di Indonesia. Manajemen laba akrual pada penelitian ini menggunakan model Modifikasi Jones (1995) sedangkan untuk pengukuran manajemen laba riil pada penelitian ini menggunakan model Roychowdury (2005) dalam Ge dan Kim (2014). Total observasi pada penelitian ini berjumlah 105 obligasi korporasi yang terbit dari tahun 2003-2013. Pengujian ini menggunakan pengujian ordinary least squares. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba akrual dan dua komponen dari manajemen laba riil yaitu manipulasi penjualan dan produksi berlebih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peringkat obligasi, sedangkan komponen lain dari manajemen laba riil yaitu pengurangan biaya-biaya diskresioner tidak berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi korporasi.
This research aims to analyze the effect of two kinds of earnings management which are accrual earnings management and real earnings management on corporate bond ratings in Indonesia. Accrual earnings management is estimated using Modified Jones model (1995), while real earnings management is estimated with Roychowdury model (2005) in Ge and Kim (2014). Total observations for this research are 105 corporate bonds from 2003-2013. This research is tested by ordinary least squares method. The result of this research shows that accrual earnings management and two kinds of real earnings management components, which are sales manipulation and overproduction, have significant effect on corporate bond ratings. But the last component of real earnings management, which is manipulation on discretionary expenses, has no effect on corporate bond ratings."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59925
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library