Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1338 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Haniul Karomah
"Stigma TB yang diberikan kepada penderita TB masih menjadi masalah utama dalam penanganan penyakit TB. Peneliti melakukan penelitian terhadap 90 mahasiswa profesi ners FIK UI menggunakan teknik quota sampling dengan desain cross-sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan mahasiswa tentang TB terhadap stigma kepada pasien TB.
Hasil penelitian ini menunjukkan 26 responden (28,9%) memiliki pengetahuan baik dan stigma tinggi, sedangkan 33 responden (36,7%) memiliki pengetahuan baik dan stigma rendah dengan p value 0,268 dan α=0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan stigma terhadap TB. Perlu dilakukan orientasi maupun pelatihan sebelum memasuki tahap profesi untuk meningkatkan pengetahuan dan memiliki stigma rendah terhadap TB.

The stigma of are given to TB patients is one of major problem in the TBtreatment. This study involved 90 clinical nursing student and used a quota sampling and cross-sectional design. This study used a questionnaire to determine the relationship of the level of student knowledge about TB and stigma to TB patients.
The results showed 26 respondents (28.9%) had a good knowledge and high stigma, while 33 respondents (36.7%) had a good knowledge and stigma lower with the p value 0.268 and α = 0.05.
The conclusion of this study Orientation and training needs to be done before entering the stage of the profession to improve their knowledge and have lower stigma against TB.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S63058
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dorongan untuk memaafkan diri dan prokrastinasi pada mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 450 mahasiswa yang tinggal di Jabodetabek. Alat ukur yang digunakan yaitu State Self-Forgiveness Scale (SSFS) yang dikembangkan oleh Wohl, DeShea, dan Wahkinney tahun 2008 untuk mengukur dorongan memaafkan diri pada kesalahan yang spesifik. Sementara itu, untuk alat ukur prokrastinasi, peneliti menggunakan alat ukur Procastination Assessment Scale for Student (PASS) yang dikembangkan oleh Solomon dan Rothblum pada tahun 1984.
Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara dorongan memaafkan diri dan prokrastinasi (r = ?0,176, p<0,01). Artinya, semakin tinggi dorongan memaafkan diri, maka kecenderungan untuk melakukan prokrastinasi semakin rendah. Sebaliknya, semakin rendah dorongan memaafkan diri, maka kecenderungan untuk melakukan prokrastinasi semakin tinggi pada mahasiswa.

The purpose of this research is to find out relationship between self-forgiveness and procrastination in college students. Participants of this research were 450 college students in Jabodetabek. This research used State Self-Forgiveness State (SSFS) who constructed by Wohl, DeShea, and Wahkinney (2008) for spesific transgression. Procrastination was measured using Procastination Assessment Scale for Student (PASS) who constructed by Solomon and Rothblum (1984).
The result showed there is a negative significant correlation between self-forgiveness and procrastination (r = ?0,176, p<0,01). This result means higher self-forgiveness decreased procrastination, and lower self-forgiveness increased procrastination in college students.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"layanan dukungan belajar ,erupakan salah satu komponen utama dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. layanan dukungan belajar menjadi jembatan komunikasi antara mahasiswa dengan institusi PTJJ. melalui layanan dukungan belajar belajar, institusi PTJJ dapat membantu mahasiswa untuk mencapai tujuan belajarnya, dan pada akhirnya untuk mampu belajar mandiri. agar bermanfaat, layanan dukungan belaar perlu dirancang dan dikembangkan sesuai dengan profil mahasiswa yang dilayani serta kebutuhan mahasiswa. disamping itu, juga perlu dilakukan upaya evaluasi layanan secara berkesinambungan, sehingga dapat diperoleh umpan balik dan dilakukan upaya peningkatan mutu dari waktu ke waktu"
Tangerang: Universitas Terbuka,
384 KOM
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2017
899.221 BAR
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Azka Amalina
"Mahasiswa merupakan kelompok yang dianggap rentan akan distress psikologis. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor protektif dan faktor risiko yang berpengaruh terhadap distres psikologis pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara distres psikologis dan bersyukur pada mahasiswa. Partisipan penelitian ini berjumlah 1945 yang merupakan mahasiswa dari berbagai macam universitas di Indonesia. Alat ukur Hopkins Symptom Checklist 25 digunakan untuk mengukur distres psikologis dan Gratitude Questionnaire 6 digunakan untuk mengukur tingkat bersyukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara distres psikologis dan bersyukur pada mahasiwa di Indonesia.

College students may viewed as population with high vulnerability to psychological distress. Therefore, it was necessary to do a research on protective factors and risk factors that affect psychological distress among college students. The aim of this research was to examine relationship between psychological distress and gratitude among college students. Participants of this research were 1945 college students from various universities in Indonesia. Psychological distress was measured by Hopkins Symptom Checklist 25 and gratitude was measured by Gratitude Questionnaire 6. The result indicated that there was significant negative correlation between psychological distress and gratitude among college students in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67951
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Ayu Diansukma Ramadhani
"Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara subtipe ruminasi dan distres psikologis pada mahasiswa di Indonesia. Responden panilitian ini merupakan 1947 mahasiswa berkebangsaan Indonesia yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Distres psikologis diukur menggunakan Hopkins Symptom Checklist-25 HSCL-25 dan ruminasi diukur menggunakan Ruminative Response Scale-Short Version RRS-Short Version.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa distres psikologis memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kedua subtipe ruminasi, yaitu reflective dan brooding yang sebelumnya dianggap memiliki pengaruh yang berbeda terhadap distres psikologis ketika dihitung secara bersamaan maupun terpisah.

The aim of this study was to proof the correlation between subtypes of rumination and psychological distress among Indonesian college students. The participants of this study were 1947 Indonesian college students from various colleges in Indonesia. Psychological distress was measured by Hopkins Symptom Checklist 25 HSCL 25 and rumination was measured by Ruminative Response Scale-Short Version RRS-Short Version.
The result indicated psychological distress had positive and significant correlation with both two subtypes of rumination, reflective and brooding, which assumed previously to have different effects on psychological distress when calculated either simultaneously or separately.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68556
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Dwikarimah
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan dimensi-dimensikeberfungsian keluarga terhadap optimisme pada mahasiswa. Instrumen yangdigunakan untuk mengukur keberfungsian keluarga ialah Family AssesmentDevice FAD versi 3. Instrumen yang digunakan untuk mengukur optimismeialah Life Orientation Test-Revised LOT-R. Partisipan penelitian ini berjumlah303 mahasiswa Universitas Indonesia yang berusia 18-25 tahun. Hasil penelitianmenggunakan multiple regression, didapatkan hasil bahwa dimensi problemsolving dalam keberfungsian keluarga dapat memprediksi optimisme secara signifikan ?= .187, p<05.

This research was conducted to examine the role of the dimensions of familyfunctioning towards optimism among college students. The instrument used tomeasure family functioning was Family Assessment Device FAD version 3. Theinstrument used to measure optimism was Life Orientation Test Revised LOTR. Participant of this study consist of 303 college students in University ofIndonesia, aged 18 25. Using multiple regression analysis, the result show thatdimension of problem solving in family functioning could predict optimismsignificantly .187, p<05."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurmala Sari
"Ansietas merupakan perasaan yang tidak jelas yang timbul dari ketakutan yang ditandai dengan perasaan yang tidak menentu, tidak berdaya, terisolasi dan gelisah. Ketika mahasiswa mengalami ansietas, cara untuk menguranginya adalah dengan menggunakan perilaku menghindar, salah satunya dengan melakukan prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan tingkat ansietas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa profesi FIK UI. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah sampel 116 mahasiswa profesi yang dipilih dengan metode total sampling. Analisis bivariat antara tingkat ansietas dengan prokrastinasi akademik menggunakan uji Pearson Chi Square dengan confident interval 95 . Hasil penelitian mendapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat ansietas dengan prokrastinasi akademik mahasiswa profesi p:0,003 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ansietas pada mahasiswa profesi menentukan perilaku prokrastinasi akademik.

Anxiety is an unclear feeling arising from fears characterized by feelings of uncertainty, helplessness, and isolation. When students perceived anxiety, a way to reduce it is use avoidance behaviour one of them by doing procrastination. The study aims to see the correlation of anxiety level and academic procrastination in clinical nursing students in FIK UI. This study used a cross sectional design with 116 clinical nursing students in the community selected by total sampling methods. The bivariate analysis between anxiety level and academic procrastination using the Pearson Chi Square test with 95 confident interval. Results of the study found that there was significant correlation between anxiety level and academic procrastination in clinical nursing students p 0,003 . These results indicate that the level of anxiety in clinical nursing students determine academic procrastination."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S67954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
James Marcus Wiguna Wahjudi
"
ABSTRAK
Empati adalah kemampuan yang perlu dimiliki seorang dokter untuk dapat memberikan pelayanan yang berpusat pada pasien dengan baik. Mahasiswa kedokteran diharapkan untuk dapat mempelajari empati kedokteran dalam masa pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah tingkat empati pada mahasiswa kedokteran dipengaruhi oleh tingkat stres. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat tingkat stres dan empati pada berbagai tingkat pendidikan. Desain penelitian ini adalah potong lintang. Kuesioner Perceived Stress Scale-10 digunakan untuk mengukur tingkat stres sementara kuesioner Jefferson Scale of Physician Empathy digunakan untuk mengukur tingkat empati. Keduanya telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan divalidasi, kemudian disebarkan kepada 504 mahasiswa program studi pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Tingkat stres pada mahasiswa kedokteran mencapai tingkat tertinggi pada tahun pertama dan terus turun di tahun berikutnya. Perbedaan tingkat stres yang signifikan ditemukan antara mahasiswa preklinik tahun 1 hingga 3 dengan mahasiswa tahun akhir profesi tahun kedua . Rerata tingkat empati meningkat pada 3 tahun pertama, lalu turun secara signifikan pada profesi tahun pertama p=0,001 dengan uji mann-whitney dan kembali meningkat pada profesi tahun kedua p=0,014 dengan uji mann-whitney . Akan tetapi, tidak ditemukan korelasi antara tingkat pendidikan dengan tingkat empati r= 0,008 dan p=0,861 dengan uji spearman . Tidak ditemukan korelasi pula antara tingkat stres dengan tingkat empati r=-0,031 dan p=0,246 dengan uji spearman . Penelitian ini menunjukkan kemungkinan terdapat banyak faktor lain yang mempengaruhi pola penurunan tingkat empati pada saat memasuki tahap profesi. Penelitian lebih lanjut untuk meneliti variabel lain diperlukan untuk menentukan faktor-faktor lain yang mempengaruhi tingkat empati mahasiswa kedokteran.

ABSTRAK
Empathy has been known as critical ability for medical doctors to be able to conduct good patient centered care. Medical students are expected to learn this in the medical school. This study is conducted to identify whether medical students rsquo empathy level is affected by their stress level. Also, this study aims to examine the empathy and stress level of medical students across education years. The study design is cross sectional. The translated version of Perceived Stress Scale 10 Questionnaire is used to measure stress level while Jefferson Scale of Physician Empathy Questionnaire is used to measure empathy level. The questionnaires were validated and administered to a total of 504 students of the undergraduate medical education program in Faculty of Medicine Universitas Indonesia. We found that stress level among medical students peaks on the first year and continues to decline over years. Significant stress level difference are found between preclinical year students year 1 to 3 compared to final year students second clinical year . Empathy level increases over the first 3 years, then declines significantly upon entering first clinical year p 0,001 and increases again the next year p 0,014 . However, no correlation was found between the ldquo education year rdquo variable and ldquo empathy level rdquo variable r 0,008 and p 0,861 on spearman test . Also, no correlation was found between ldquo stress level rdquo and ldquo empathy level rdquo variable r 0,031 and p 0,246 on spearman test . This finding suggests that there may be other underlying factors that contributes to empathy decline in medical students upon entering clinical year. Further research exploring other variables should be conducted to identify those factors."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abraham Purnomo
"Pengangguran dan pekembangan sistem persaingan organisasi menunjukkan sistem daya saing baru pada level dunia kerja. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang siap untuk berubah menunjukkan dibutuhkannya individu dengan kesiapan untuk berani memberikan keputusan dan memimpin, setidaknya dimulai dari diri sendiri. Hal ini menunjukkan pentingnya kepemimpinan dan kesiapan diri pada mahasiswa sebagai salah satu calon sumber daya manusia dalam dunia kerja. Penelitian ini dilakukan untuk melihat self-leadership melalui creative self-efficacy CSE mahasiswa. Creative self-efficacy yang didefinisikan sebagai keyakinan individu atas kemampuan dirinya untuk melakukan suatu tugas spesifik dalam menciptakan hal yang baru, orisinil, dan solusi yang sesuai Abbot 2010. Dalam creative self-efficacy terdapat dua dimensi penyusunnya, yaitu creative thinking self-efficacy CTSE dan creative performance self-efficacy CPSE. Self-Leadership didefinisikan sebagai proses dimana individu mengontrol perilaku mereka sendiri, mempengaruhi dan mengarahkan diri mereka melalui penggunaan strategi perilaku dan kognitif. Strategi tersebut disusun oleh dimensi behaviour-focused strategies, natural reward strategies, dan constructive thought pattern strategies. Pengukuran terhadap CSE diukur melalui Revised Model of CTSE II and CPSE II Inventories yang dikembangkan oleh Abbot 2010, sementara self-leadership diukur melalui Revised Self-Leadership Questionnaire yang dikembangkan oleh Houghton dan Neck 2002. Penelitian ini dilakukan dengan sampel partisipan yang berada di lingkungan Universitas Indonesia N=146. Analisis statistik pearson correlation menunjukkan hubungan yang positif secara signifikan terdapat pada creative thinking self-efficacy dan self-leadership r = 0,394, p = 0,000, signifikan pada LoS 0,01 dan creative performance self-efficacy dan self-leadership r = 0,561, p = 0,000, signifikan pada LoS 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa creative self-efficacy yang semakin baik atau tinggi mahasiswa, maka semakin baik atau tinggi juga self-leadership nya. Selain itu, hasil penelitian korelasi terhadap creative self-efficacy dan dimensi self-leadership menunjukkan bahwa constructive pattern though strategies memiliki hubungan terkuat dibandingkan dimensi lainnya.

Unemployment and development of an organization 39s competitive system show a new competitiveness system at the world level of work. The need for ready to change human resources demonstrates the need for an individual with the readiness to dare to make decisions and lead, at least starting with oneself. This shows the importance of leadership and readiness of the students as one of the candidates of human resources in the world of work. This research is conducted to see self leadership through student self efficacy CSE. Creative self efficacy is defined as the individual 39 s belief in his or her ability to perform a specific task in creating the novel, original, and appropriate solutions of Abbot 2010. In creative self efficacy there are two dimensions of the compilers, namely creative thinking self efficacy CTSE and creative performance self efficacy CPSE. Self Leadership is defined as the process by which individuals control their own behavior, influence and direct themselves through the use of behavioral and cognitive strategies. The strategy is structured by the dimensions of behaviour focused strategies, natural reward strategies, and constructive thought patterns strategies. Measurements of CSE were measured through the Revised Model of CTSE II and CPSE II Inventories developed by Abbot 2010, while self leadership was measured through the Revised Self Leadership Questionnaire developed by Houghton and Neck 2002. This research was conducted with sample of participants who were in University of Indonesia N 146. Pearson correlation statistic analysis showed a positive correlation significantly in creative thinking self efficacy and self leadership r 0,394, p 0,000, significant at LoS 0,01 and creative performance self efficacy and self leadership r 0,561, p 0,000, significant at LoS 0.01. This shows that the creative self efficacy of the better or higher the student, the better or higher also his self leadership. In addition, the results of a correlation study on creative self efficacy and the self leadership dimension show that constructive patterns though strategies have the strongest relationship compared to other dimensions. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library