Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129895 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Weni Meilita
"Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi melekat pada tujuan serta visi misi lembaga Perguruan Tinggi yang menaunginya. Sebagai fasilitas yang dibuat untuk melayani pengunjung khususnya mahasiswa, Perpustakaan Perguruan Tinggi patut untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa atas penggunaannya. Pada tesis ini penelitian dilakukan untuk mendapatkan gambaran perilaku pengunjung yang termasuk dalam kategori Generasi Z dalam menggunakan Perpustakaan yang mempengaruhi fungsi ruang Perpustakaan berdasarkan teori representational space Lefebvre. Penelitian dilakukan di sebuah Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta bernama ESQ Business School. Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus diterapkan pada penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik behavioral observation yang didukung dengan wawancara dan penelusuran dokumen. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa ruang diskusi menjadi ruang utama yang dikunjungi mahasiswa ESQ Business School. Hal ini nampak dari hasil observasi perilaku mahasiswa ESQ Business School. Kecenderungan mahasiswa menggunakan ruang diskusi karena mereka mengembangkan fungsi Perpustakaan berdasarkan pengalaman keseharian sesuai dengan konsep representational space dalam teori produksi ruang.

The function of the University/College Library is attached to the goals and vision and mission of the higher education institution that houses them. As a facility designed to serve visitors, especially students, the University/College Library should know the needs of students for its use. In this thesis, the research was conducted to get an overview of visitor behavior in the Generation Z category in using the library which affects the function of the library space based on Lefebvre's representational space theory. The research was conducted at a Private College Library in Jakarta called ESQ Business School. Qualitative Research Methods with a case study approach were applied to this research. The data collection method was carried out by using behavioral observation techniques which were supported by interviews and document searches. The results of the study found that the discussion room was the main room visited by ESQ Business School students. This can be seen from the observations of the behavior of ESQ Business School students. Students tend to use discussion rooms because they develop library functions based on daily experiences according to the concept of representational space in space production theory."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vilianty Rizki Utami
"Model bisnis Perpustakaan Universitas ABC saat ini tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna atau civitas akademika Universitas ABC dengan kecepatan pertumbuhan dan disrupsi teknologi di sektor pendidikan serta krisis akibat pandemi Covid-19, dan perubahan perilaku pengguna. Studi ini berfokus pada penanganan satu situasi bahwa model bisnis perpustakaan ABC pada saat penelitian tidak cukup adaptif terhadap lingkungan yang disrupsi dan digital saat ini. Lantas, model bisnis apa yang tepat bagi Perpustakaan Universitas ABC untuk adaptif dalam memenuhi kebutuhan pengguna internal universitas? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Model penelitian dilakukan dengan evaluasi lingkungan bisnis dan evaluasi SWOT kanvas model bisnis. Hasilnya, dibuatlah proposal model bisnis baru untuk ABC University Library dengan konsep perpustakaan hibrida, yaitu perpustakaan yang menyelaraskan koleksi elektronik dan cetak secara berdampingan, serta menyediakan layanan yang mengintegrasikan perpustakaan tradisional dengan perpustakaan berbasis digital, dan bahkan berpeluang dalam melayani tidak saja civitas akademika Universitas ABC tetapi juga pihak eksternal atau para mitra Universitas ABC individual atau organisasi dalam memanfaatkan Perpustakaan Universitas ABC.

The current ABC University Library business model does not match the needs of users or academic community of ABC University with the speed of technology growth and disruption in the education sector as well as the crisis due to Covid-19 pandemic, and changes in users’ behavior. The study focuses on handling one situation that the ABC library business model at the time of the research was insufficiently adaptive to the current disruptive and digitized environment. This research was conducted using a qualitative case study method, with data collection by observation, document analysis, and interviews. The research model is carried out by evaluating the business environment and SWOT evaluation of the business model canvas. As a result, a new business model proposal was made for the ABC University Library with the concept of a hybrid library, namely a library that harmonizes electronic and printed collections side by side and provides services that integrate traditional libraries with digital-based libraries and even can serve not only the ABC University academic community but also the upper management. as well as external parties or individuals or organizational partners."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laila Rahmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis program pengembangan koleksi, pemanfaatan dan kebutuhan pemustaka Perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian kebutuhan pemustaka belum terpenuhi dengan koleksi yang tersedia. Secara khusus menyarankan kepada Perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin agar memberikan perhatian terhadap pengadaan koleksi untuk jurusan yang ketersediaan koleksinya masih kurang seperti jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Ekonomi Islam, Perbankan Syari’ah, Bimbingan Penyuluhan Islam dan Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

The purpose of this research is to identify and analyze the the collection development program, the use and the user’s needs of IAIN Antasari Banjarmasin Library. In this research, the researcher use quantitative and qualitative approaches to collect the data and uses descriptive analysis for the data analysis technique. The result of this research shows that the available collection cannot fulfill some of user’s need. It is suggested that the library of IAIN Antasari Banjarmasin give more attention to the collection acquisition for the program that has limited collection, such as Arabic education, English Education, Mathematics education, the Economy of Islam, Islamic Banking, Islamic counseling, and Islamic communication and publication in improving learning quality."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26396
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fine Puspa Rumdini
"Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi siswa SMA Cakra Buana serta perilaku pencarian informasi siswa dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini adalah mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan siswa serta perilaku pencarian informasinya. Siswa SMA dalam memenuhi kebutuhan informasinya menggunakan sumber informasi berupa media elektronik, media cetak dan sumber informasi lainnya.
Penelitian ini menyarankan agar sekolah membantu perpustakaan untuk mendorong siswa untuk menggunakan informasi yang terdapat di perpustakaan dan perpustakaan dapat membuat program yang dapat menarik siswa untuk mengunjungi perpustakaan sekolah.

The purpose of this research is to comprehend information needs and also information-seeking behavior of SMA Cakra Buana students. The approach of this research is qualitative with case study method. Result of this research is to identify the needs of information and also information seeking behavior of the students. To fulfill the needs of information, students are using information resources such as electronic media, printed media and other information resources.
This research would suggest school to help enrich its library in order to encourage students to use information on library as well as making programs that attracted students to visit school library.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44790
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ammar Zaidan
"Pengembangan koleksi merupakan suatu proses yang harus dilakukan perpustakaan untuk menyesuaikan koleksi dengan kebutuhan pemustaka dan perkembangan informasi terbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses pengembangan koleksi perpustakaan sekolah yang dilakukan oleh Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga. Pertanyaan penelitiannya adalah bagaimana strategi Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga dalam proses pengembangan koleksi agar tetap terbaru, relevan dengan kurikulum yang diterapkan, dan sesuai arah kebijakan pengembangan koleksi yang ada dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan proses pengembangan koleksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatannya. Dalam hal pengambilan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Waktu pengambilan data dilaksanakan pada bulan Maret hingga April tahun 2023 dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga selama ini melakukan pengembangan koleksinya yang mencakup analisis komunitas, kebijakan seleksi, seleksi, pengadaan, penyiangan, dan evaluasi. Pengembangan koleksi tersebut didasarkan pada Our Way of Proceeding yang merupakan buku pedoman sekolah yang berbasis visi misi dan kurikulum. Hal tersebut menjadikan pengembangan koleksi sesuai dengan kurikulum yang ada meskipun menimbulkan beberapa hambatan selama proses pelaksanaannya. Kesimpulannya adalah Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga melakukan pengembangan koleksinya berdasarkan dokumen Our Way of Proceeding dengan strategi berdasarkan nilai kebersamaan dan multikulturalisme. Saran yang diajukan adalah perlu adanya kebijakan seleksi tertulis yang lebih rinci dan spesifik untuk meminimalisir hambatan selama pelaksanaan pengembangan koleksi.

Collection development is a process that must be carried out by the library to adapt the collection to the needs of users and the latest information developments. This research aims to explain the process of developing school library collections carried out by the Kolese Gonzaga High School Library. The formulation of the problem in this study is what the Kolese Gonzaga High School Library's strategy in the collection development process is kept up-to-date, relevant to the implemented curriculum, and in accordance with the existing collection development policy directions. This research uses a qualitative method with a case study as its approach. In terms of data collection, this study used interview, observation, and document analysis techniques. The time for data collection was carried out from March to April 2023 with research results showing that the Gonzaga Kolese High School Library has been carrying out collection development which includes community analysis, selection policies, selection, procurement, weeding, and evaluation. The collection development is based on Our Way of Proceeding which is a school manual based on vision, mission and curriculum. This makes collection development in accordance with the existing curriculum even though it creates several obstacles during the implementation process. The emerging strategy is value of togetherness and multiculturalism that forms the basis for all stages of collection development. The conclusion is that the Kolese Gonzaga High School Library develops its collection based on the Our Way of Proceeding document with strategy based on the values of togetherness and multiculturalism. The suggestion put forward is the need for a more detailed and specific written selection policy to minimize obstacles during the implementation of collection development."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fenti Damayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan kebijakan pengembangan koleksi di Perpustakaan Cinta Baca terhadap kegiatan storytelling dalam program Smart Reading. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian adalah pengelola dan peserta program Smart Reading di Perpustakaan Cinta Baca. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara dan observasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Cinta Baca telah melakukan pengembangan koleksi berdasarkan empat komponen yang terdiri dari analisis kebutuhan pengguna, seleksi bahan pustaka, pengadaan, dan evaluasi. Penerapan kebijakan pengembangan koleksi terhadap program Smart Reading berdampak pada terciptanya kriteria koleksi yang digunakan dalam program. Selain itu hadirnya program Smart Reading juga berpengaruh terhadap pengadaan koleksi big book yang berfungsi untuk menunjang kegiatan storytelling dalam program.

This study aims to identify the application of collection development policies in the Cinta Baca Library to storytelling activities in the Smart Reading program. This research was conducted using a qualitative approach with a case study method. The research informants were the managers and participants of the Smart Reading program at Cinta Baca Library. Data collection methods used in this study consisted of interviews and observations.
The results of the study show that the Cinta Baca Library has developed collections based on four components consisting of user needs analysis, library material selection, procurement, and evaluation. The implementation of the collection development policy on the Smart Reading program has an impact on the creation of collection criteria used in the program. In addition, the presence of the Smart Reading program also affected the procurement of a big book collection that served to support storytelling activities in the program.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenti Damayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan kebijakan pengembangan koleksi di Perpustakaan Cinta Baca terhadap kegiatan mendongeng dalam program Smart Reading. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian adalah pengelola dan peserta program Smart Reading di Perpustakaan Cinta Baca. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Cinta Baca mengembangkan koleksi berdasarkan empat komponen yang terdiri dari analisis kebutuhan pengguna, pemilihan bahan pustaka, pengadaan, dan evaluasi. Penerapan kebijakan pengembangan koleksi pada program Smart Reading berdampak pada terciptanya kriteria koleksi yang digunakan dalam program tersebut. Selain itu, hadirnya program Smart Reading juga berdampak pada pengadaan koleksi buku besar yang berfungsi untuk mendukung kegiatan mendongeng dalam program tersebut.

This study aims to identify the application of collection development policies at the Cinta Baca Library to storytelling activities in the Smart Reading program. This research was conducted using a qualitative approach with a case study method. Research informants are managers and participants of the Smart Reading program at the Cinta Baca Library. The data collection method used in this study consisted of interviews and observations. The results showed that Cinta Baca Library developed a collection based on four components consisting of analysis of user needs, selection of library materials, procurement, and evaluation. The implementation of the collection development policy in the Smart Reading program has an impact on the creation of collection criteria used in the program. In addition, the presence of the Smart Reading program also has an impact on the procurement of a large book collection that functions to support storytelling activities in the program."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farizza Bella Rachmawati
"Penelitian ini membahas terkait analisis kebutuhan pengguna dalam pengembangan koleksi jurnal elektronik di perpustakaan lembaga penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi praktik dan kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan BRIN dalam melakukan analisis kebutuhan pengguna terkait koleksi jurnal elektronik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, dari Maret hingga Mei 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik analisis kebutuhan pengguna di Perpustakaan BRIN memiliki 3 (tiga) tahapan, yakni identifikasi data yang akan dikaji, pengumpulan data, dan interpretasi data. Dapat disimpulkan bahwa praktik tersebut mengombinasikan survei dan analisis bibliometrik yang dilakukan oleh tim e-resources beranggotakan pustakawan dan analis data yang tidak terbatas pada lulusan program studi tertentu dengan berpedoman pada ID Scopus dan waktu pengerjaan selama kurang lebih satu minggu. Hasil analisis disosialisasikan kepada pusat riset dan dibuat rekomendasi langganan jurnal elektronik untuk proses pengadaan koleksi. Kendala yang dihadapi praktik tersebut meliputi kesadaran periset yang rendah untuk berpatisipasi mengisi survei, ketidakakuratan ID Scopus periset, serta keterbatasan pengetahuan dan keterampilan tim e-resources. Saran yang diajukan adalah memperluas analisis bibliometrik dengan menggunakan ID Sinta dan pustakawan aktif untuk menindaklanjuti hasil pengadaan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengevaluasi pemakaian jurnal elektronik dan e-resources lainnya.

This study explores user needs analysis in e-journal collection development at a research institution’s library. This research aims to identify the practices and obstacles the BRIN Library faces in conducting user needs analysis for e-journal collection. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected through interviews, observations, and document analysis, from March to May 2024. The results of this study indicate that the user needs analysis practice at BRIN Library has three stages, identifying the data to be examined, collecting data, and interpreting data. It can be concluded that these practices combine surveys and bibliometric analysis conducted by an e-resources team consisting of librarians and data analysts, following Scopus IDs and taking approximately one week to complete. The analysis results are communicated to the research centers, and recommendations for e-journal subscriptions are made for the collection acquisition. The challenges faced in these practices include low researcher awareness in surveys, inaccuracies in researchers' Scopus IDs, and the e-resources team's limited knowledge and skills. Suggestions include expanding the bibliometric analysis using Sinta IDs and having librarians follow up on the acquisition results. Suggestions for future research include evaluating the usage of e-journals and other e-resources"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nico Wahyu Pradana
"Perpustakaan sekolah memiliki fungsi serta peran yang penting dalam mendukung tujuan pendidikan sekolah secara menyeluruh. Hal ini membuat perpustakaan dapat menjadi bagian integral dalam setiap unsur kegiatan di sekolah. Berdasarkan hasil pengamatan pada enam sekolah dasar di Kota Depok, perpustakaan di sekolah dasar negeri memiliki permasalahan yang lebih kompleks dibandingkan perpustakaan di sekolah dasar swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lebih mendalam bagaimana perpustakaan di sekolah dasar negeri di Kota Depok dapat memenuhi fungsi dan perannya dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah, yaitu di SDN Pondok Cina 1, SDN Anyelir 1, dan SDN Depok Baru 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing perpustakaan belum berfungsi dan berperan secara maksimal di sekolah. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, antara lain alokasi dana, ketersediaan tenaga terampil, pimpinan sekolah, kebijakan, kerja sama perpustakaan, proyeksi program kerja perpustakaan umum, dan pemahaman terhadap perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan beberapa saran, yaitu penyediaan alokasi dana bagi perpustakaan, pemberian apresiasi bagi petugas perpustakaan, optimalisasi pojok baca di kelas, memaksimalkan peran perpustakaan umum, serta pemberdayaan sumber daya manusia.

The school library has important functions and roles for supporting the goals of school education holistically. It makes the library as an integral part of every element of the school 39s activities. Based on observations in six elementary schools in Depok City, libraries in public primary schools have more complex problems than libraries in private elementary schools. Therefore, this research tries to identify how public elementary school libraries in Depok City can achive their functions and roles at the school. This research uses a qualitative approach with case study method. The data were collected by observing in SDN Pondok Cina 1, SDN Anyelir 1, and SDN Depok Baru 8 and interviewing school library workers, headmasters, and librarian of public library.
The result of this study indicates that each school library has not functioned and play a maximum role at school. There are several factors that influence it the most, that is the allocation of funds, the availability of skilled workers, head of school, policy, library cooperation, projection of public library towards school libraries, and understanding the library. Based on the results of this study, the author provides some suggestions, namely the provision of funds for libraries, appreciation for librarians, optimization of reading corner in the classroom, maximizing the role of public libraries, and empowerment of human resources.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julia Nashri
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pengembangan koleksi yang meliputi kajian kebutuhan pemakai, seleksi, perancangan anggaran, pengadaan, pemeliharaan, dan penyiangan di Perpustakaan Sekolah Al-Izhar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan interpretasi deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakan Sekolah Al-Izhar belum memiliki kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis untuk mengatur seluruh proses pengembangan koleksi. Saran penelitian ini ialah Perpustakaan Sekolah Al-Izhar perlu membuat kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis untuk menstabilkan serta sebagai alat komunikasi di antara komunitas sekolah mengenai pelaksanaan pengembangan koleksi perpustakaan.

The purpose of this research is to describe the collection development process in Al-Izhar School Library which are consist of the study of users needs, selection, budget, acquisition, maintenance, and weeding. This research used qualitative approach and descriptive interpretative. The result of this research showed that Al-Izhar School Library does not have the written policy to manage the whole collection development process. The suggestion for Al-Izhar School Library is the written policy of collection development should be made to stabilize and as the communication tools between school communities regarding to collection development activity of library.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S54229
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>