UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan Fungsi Ruang Perpustakaan Berorientasi Pada Kebutuhan Pengguna: Studi Kasus Perpustakaan ESQ Business School = Development of Library Area Function based on the User Needs: Case Study of ESQ Business School Library

Weni Meilita; Luki Wijayanti, supervisor; Fuad Gani, examiner; Ike Iswary Lawanda, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi melekat pada tujuan serta visi misi lembaga Perguruan Tinggi yang menaunginya. Sebagai fasilitas yang dibuat untuk melayani pengunjung khususnya mahasiswa, Perpustakaan Perguruan Tinggi patut untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa atas penggunaannya. Pada tesis ini penelitian dilakukan untuk mendapatkan gambaran perilaku pengunjung yang termasuk dalam kategori Generasi Z dalam menggunakan Perpustakaan yang mempengaruhi fungsi ruang Perpustakaan berdasarkan teori representational space Lefebvre. Penelitian dilakukan di sebuah Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta bernama ESQ Business School. Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus diterapkan pada penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik behavioral observation yang didukung dengan wawancara dan penelusuran dokumen. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa ruang diskusi menjadi ruang utama yang dikunjungi mahasiswa ESQ Business School. Hal ini nampak dari hasil observasi perilaku mahasiswa ESQ Business School. Kecenderungan mahasiswa menggunakan ruang diskusi karena mereka mengembangkan fungsi Perpustakaan berdasarkan pengalaman keseharian sesuai dengan konsep representational space dalam teori produksi ruang.

The function of the University/College Library is attached to the goals and vision and mission of the higher education institution that houses them. As a facility designed to serve visitors, especially students, the University/College Library should know the needs of students for its use. In this thesis, the research was conducted to get an overview of visitor behavior in the Generation Z category in using the library which affects the function of the library space based on Lefebvre's representational space theory. The research was conducted at a Private College Library in Jakarta called ESQ Business School. Qualitative Research Methods with a case study approach were applied to this research. The data collection method was carried out by using behavioral observation techniques which were supported by interviews and document searches. The results of the study found that the discussion room was the main room visited by ESQ Business School students. This can be seen from the observations of the behavior of ESQ Business School students. Students tend to use discussion rooms because they develop library functions based on daily experiences according to the concept of representational space in space production theory.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Weni Meilita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 67 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-44560075 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920558332
Cover