Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 163544 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aat Nurlela
"Transisi dan penyesuaian dari SMA ke Perguruan Tinggi (PT) merupakan proses yang cukup sulit dan menantang bagi hampir semua orang di tahun pertama kuliah. Dalam masa adaptasinya, tantangan yang dihadapi mahasiswa di tahun pertama memiliki kemungkinan potensi risiko kesehatan mental yang buruk, seperti kesepian, kurangnya aktivitas sosial, dan merasa harga diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dan distres psikologis pada mahasiswa baru di Indonesia. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester satu program sarjana di perguruan tinggi di Indonesia yang berusia 18-21 tahun (N = 137). Alat ukur yang digunakan untuk mengukur penyesuaian diri adalah College Adaptation Questionnaire (CAQ) dari O’Donnell (2018) dan Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25) untuk mengukur distres psikologis yang telah diadaptasi oleh Turnip dan Hauff (2007). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penyesuaian diri dan distres psikologis (r=-0.311, p<0.01). Artinya, semakin tinggi penyesuaian diri di perguruan tinggi, maka semakin rendah distres psikologis pada mahasiswa baru dan begitupun sebaliknya. Hasil penelitian, diharapkan menjadi bahan rujukan bagi perguruan tinggi dalam upaya pembuatan kebijakan preventif untuk mencegah meningkatnya distres psikologis pada mahasiswa baru.

Transitioning from high school to university is challenging for most individuals in their first year of college. During this period of adaptation, first-year students face challenges that potentially risk their mental health, manifesting as feelings of loneliness, a lack of social activities, and low self-esteem. This study explored the relationship between college adjustment and psychological distress among Indonesian first-year students. The participants were first-semester undergraduate students at universities in Indonesia, aged between 18-21 years old (N = 137). The College Adaptation Questionnaire (CAQ) from O’Donnell (2018) was used to measure college adjustment, while the Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25), adapted by Turnip and Hauff (2007), was used to measure psychological distress. The results showed a significant negative relationship between college-adjustment and psychological distress (r = -0.311, p <0.01). suggesting that the higher the levels of college adjustment, the lower the psychological distress in new students and vice versa. The study results are expected to reference universities' preventive policy-making efforts to prevent increased psychological distress in first-year undergraduate students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanita Nur Azmi
"Distres merupakan permasalahan psikologis yang umum dialami pada mahasiswa. Self-esteem dan college adjustment adalah faktor yang berkaitan dengan distres pada mahasiswa di tahun pertama perkuliahan. Untuk itu, penelitian ini ingin melihat peran self-esteem dan college adjustment sebagai prediktor distres pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Indonesia. Partisipan penelitian ini merupakan 255 mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia angkatan 2019. Distres diukur menggunakan Self Reporting Questionnaire 20 (SRQ-20). Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) digunakan untuk mengukur self-esteem dan Student Adaptation to College Questionner (SACQ) untuk mengukur college adjustment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa self-esteem dan college adjustment dapat memprediksi distres mahasiswa tahun pertama. Selain itu, hasil penelitian ini secara spesifik juga menunjukkan bahwa prediktor terkuat bagi distres adalah dimensi personal-emotional adjustment. Untuk penelitian yang akan datang, peneliti menyarankan untuk memerhatikan waktu pengambilan data, menambahkan variabel demografis, serta metode pengujian reliabilitas dan validitas yang digunakan.

ABSTRACT
Distres is a psychological problem commonly experienced by first-year college students. Self-esteem and college adjustment are known as several factors that related to distress. This study examines the role of self-esteem and college adjustment as predictors of distress among first-year college students. The participants of this study were 255 first-year college students at University of Indonesia. Distres was measured using Self Reporting Questionnaire 20 (SRQ-20). Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) to measure self-esteem, and Student Adaptation to College Questionners (SACQ) to measure college adjustment. The results show that self-esteem and college adjustment can predict first-year student distress. In addition, this study also shows that personal-emotional adjustment is the strongest predictor of distress. For future research purposes, the author suggests to consider the data collecting period, consider demographic variables, as well as the method used in analyzing the reliability and validity of the instruments used."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Rachmawati
" ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara distres psikologis dan optimisme pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kepada 1024 mahasiswa aktif di seluruh Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah convenience sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur distres psikologis adalah Hopkins Symptoms Checklist-25 HSCL-25 . Sementara itu, instrumen yang digunakan untuk mengukur optimisme adalah Life Orientation Test-Revised LOT-R . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara distres psikologis dan optimisme r = 0,303, N = 1024, p < 0,01, two-tails . Hasil analisis data demografis menunjukkan bahwa jenis kelamin memengaruhi optimisme dan status pernikahan dapat memengaruhi distres psikologis.
ABSTRACT This research was conducted in order to seek the relationship between psychological distress and optimism among college students. Quantitative research method was conducted to 1024 active college students in Indonesia. The sampling technique used was convenience sampling. The instrument used to measure psychological distress was Hopkins Symptom Checklist 25 HSCL 25 . Meanwhile, the instrument used to measure optimism was Life Orientation Test Revised LOT R . The result indicated negative and significant relationship between psychological distress and optimism r 0,303, N 1024, p 0,01, two tails . Demographic data analysis revealed that gender influences optimism and marriage status influenced psychological distress."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S66643
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faradiella Damaputri
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara distres psikologis dan hardiness pada mahasiswa. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa yang berjumlah 1962 orang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pengambilan data dilakukan menggunakan alat ukur Hopkins Symptom Checklist-25 HSCL-25 untuk mengukur distres pikologis dan Dispositional Resilience Scale 15-Revised DRS 15-R untuk mengukur hardiness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara distres psikologis dan hardiness r=-0,252, n=1962.

This study was conducted to examine the correlation between psychological distress and hardiness among college students. Respondents in this study were 1962 students from various colleges in Indonesia. The data were collected using Hopkins Symptom Checklist 25 HSCL 25 to measure psychological distress and Dispositional Resilience Scale 15 Revised DRS 15 R to measure hardiness. The result indicated there is a significant negative correlation between psychological distress and hardiness r 0,252, n 1962, p"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67087
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Cyrilla
"Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat apakah learning approach (pendekatan belajar) mahasiswa, yaitu pendekatan belajar deep,strategic, atau surface memiliki hubungan dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi, khususnya pada masa pembelajaran secara hybrid setelah sebelumnya mahasiswa mengalami pembelajaran jarak jauh di masa sekolah menengah atas mereka. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama angkatan 2022 di Indonesia (N = 122). Pengumpulan data penelitian dilakukan secara online dengan cara menyebarkan link Google form melalui media sosial. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur penyesuaian diri di perguruan tinggi adalah College Adjustment Questionnaire (CAQ), sedangkan untuk pendekatan belajar adalah The Approaches and Study Skills Inventory for Student (ASSIST). Teknik analisis yang digunakan untuk melihat hubungan antara dua variabel adalah Pearson Product Moment Correlation Coefficient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi (r = 0.335, p < 0.01) dan pendekatan belajar strategic memiliki hubungan yang paling kuat terhadap penyesuaian diri mahasiswa (r = 0.527, p < 0.01). Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar sampel dapat merepresentasikan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

The background of this research is to see whether the student learning approach, namely deep, strategic, or surface learning approaches has a relationship with the adjustment of first-year students in tertiary institutions, especially during the hybrid learning period after previously students experienced distance learning in their high school. The participants in this study were first-year students from batch 2022 in Indonesia (N = 122). Research data was collected online by distributing Google form links via social media. The measuring tool used to measure college adjustment was the College Adjustment Questionnaire (CAQ), while the learning approach was The Approaches and Study Skills Inventory for Students (ASSIST). The analysis technique used to see the relationship between the two variables isthe Pearson Product Moment Correlation Coefficient. The results showed that the learning approach had a significant relationship with the adjustment of first-year students in tertiary institutions (r = 0.335, p < 0.01), and the strategic learning approach had the strongest relationship with the adjustment of students in their first year (r = 0.527, p < 0.01). Forfurther research, it is hoped that the sample can represent students from various tertiary institutions in Indonesia."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriella Christina
"Berbagai penelitian telah menemukan bahwa mahasiswa baru merupakan populasi yang kerap mengalami distres psikologis. Di sisi lain, masyarakat Indonesia memiliki karakteristik yang sangat erat dengan hal-hal spiritualitas atau keagamaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat hubungan antara spiritualitas dan distres psikologis pada mahasiswa baru Universitas Indonesia. Partisipan penelitian ini terdiri dari 278 mahasiswa baru Universitas Indonesia.
Variabel distres psikologis diukur menggunakan Self Report Questionaire 20 (SRQ-20), sementara variabel spiritualitas diukur menggunakan Intrinsic Spirituality Scale (ISS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan (rb= -0,117, p < 0,05, one-tailed) antara spiritualitas dan distres psikologis.

Various studies have found that new students constitute a population often experience psychological distress. On the other hand, Indonesian people have characteristics that are very closely related to matters of spirituality or religion. Therefore Thus, this study aims to look at the relationship between spirituality and distress psychologically at the freshmen of the University of Indonesia. The participants of this study consisted from 278 new students at the University of Indonesia.
The psychological distress variable was measured using Self Report Questionaire 20 (SRQ-20), while the spirituality variable measured using the Intrinsic Spirituality Scale (ISS). The results of data analysis show that there is a significant negative relationship (rb = -0.117, p <0.05, one-tailed) between spirituality and psychological distress.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hestika Dyah Waraningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara alienasi dan distres psikologis pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Indonesia (UI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian korelasional, yang dilakukan kepada 391 mahasiswa tahun pertama program sarjana di UI. Tingkat alienasi diukur menggunakan Jessor and Jessor Social Alienation Scale, sementara tingkat distres psikologis diukur menggunakan SRQ-20.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara alienasi dan distres psikologis pada mahasiswa baru di UI (r(391) = 0.438, p = 0.000, signifikan pada LoS = 0.01). Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin seseorang merasa teralienasi, maka akan semakin tinggi pula tingkat distres psikologis yang dimiliki.

This study aimed to investigate the relationship between alienation and psychological distress among the first-year students of Universitas Indonesia (UI). This correlational study was conducted using a quantitative method. The participants of this study were 391 first-year bachelor students of UI. The alienation was measured using Jessor and Jessor Social Alienation Scale, while psychological distress was measured using SRQ-20.
The result of this study showed that there was a significant and positive correlation between alienation and psychological distress among the first-year students of UI (r(391) = 0.438, p = 0.000, significant at LoS = 0.01). The result means that the higher alienation among the first-year students, the higher psychological distress among them.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devina Rizkiyanti Salmania
"Kala memasuki lingkungan perkuliahan, mahasiswa baru dihadapkan dengan beragam tantangan. Banyaknya rintangan yang harus mereka lalui dapat menimbulkan distres psikologis dalam diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara distres psikologis dan self-esteem pada mahasiswa baru, juga life satisfaction sebagai mediator dalam hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 255 mahasiswa baru dengan meminta mereka mengisi kuesioner penelitian, termasuk alat ukur Rosenberg Self-Esteem Scale, Satisfaction with Life Scale, dan Self-Reporting Questionnaire (20 item). Hasil penelitian menunjukkan bahwa life satisfaction memediasi secara parsial hubungan antara self-esteem dan distres psikologis (indirect effect (b = -0,1121, SE = 0,0395, 95% CI [-0,1913, -0,0358]) dan direct effect (b = -0,4912, SE = 0,0633, 95% CI [-0,6159, -0,3665]) signifikan, p < 0,001). Implikasi terhadap pengalaman mahasiswa baru di Indonesia, khususnya terkait pentingnya intervensi terhadap distres psikologis yang mereka alami, juga didiskusikan dalam laporan ini.

Upon entering university, new students are faced with various challenges. These myriad obstacles may cause the occurrence of psychological distress within them. This research investigated the relationship between psychological distress and self-esteem in university freshmen, as well as life satisfaction as a mediator in the relationship between them. Research was done by asking 255 university freshmen to complete a questionnaire of the research instruments, including Rosenberg Self-Esteem Scale, Satisfaction with Life Scale, and Self-Reporting Questionnaire (20 items). This research yielded evidence that life satisfaction partially mediates the relationship between self-esteem and psychological distress (significant indirect effect (b = -0,1121, SE = 0,0395, 95% CI [-0,1913, -0,0358]) and direct effect (b = -0,4912, SE = 0,0633, 95% CI [-0,6159, -0,3665]), p < 0,001). Research implications towards the experience of university freshmen in Indonesia, particularly regarding the importance of interventions regarding psychological distress they may experience, are discussed."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dea Agatha Nerisa
"Mahasiswa tahun pertama berada pada tahapan perkembangan emerging adulthood. Terdapat penelitian yang mengemukakan bahwa mereka memiliki kecenderungan distres psikologis yang lebih besar. Apabila tingkat distres psikologis seseorang tinggi maka kepuasan hidup rendah dan begitu pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat hubungan antara distres psikologis dan kepuasan hidup pada mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia. Partisipan penelitian ini terdiri dari 401 mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia.
Variabel distres psikologis diukur dengan menggunakan Self-Reporting Questionnaire 20 (SRQ-20), sedangkan variabel kepuasan hidup diukur menggunakan Satisfaction with Life Scale (SWLS). Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan (r = -0,286 dan p = <,0001, one-tailed) antara distres psikologis dan kepuasan hidup.

First-year students are in the emerging development stage of adulthood. Studies showed that college students are vulnerable to psychological distress. If the level of a persons psychological distress is high then life satisfaction is low and vice versa. This study aims to investigate the relationship between psychological distress and life satisfaction in University of Indonesia first-year students. The participants of this study consisted of 401 first-year students at the University of Indonesia.
Psychological distress variables were measured using Self-Reporting Questionnaire 20 (SRQ-20), while life satisfaction variables were measured using Satisfaction with Life Scale (SWLS). The results show that there is a significant negative relationship (r = -0.286 and p = <,0001, one-tailed) between psychological distress and life satisfaction.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfito Adri Thufail Sutandi
"Fenomena yang ditemui oleh peneliti pada mahasiswa baru menunjukkan ketika mengikuti kegiatan akademik dengan baik, maka mereka menjadi percaya diri dan merasa dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan di kampus. Salah satu hal yang dapat membantu keberhasilan belajar adalah konsep belajar (Saljo, 1979). Penelitian  (ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan konsep belajar dan penyesuaian diri mahasiswa baru di perguruan tinggi. Partisipan penelitian adalah mahasiswa baru semester satu program sarjana di perguruan tinggi berusia 18-21 tahun (N = 138). Alat ukur konsep belajar adalah The Conception of Learning Inventory dari Purdie dan Hattie (2002) dan alat ukur penyesuaian diri adalah College Adaptation Questionnaire dari O’Donnell et al. (2018). Hasil uji hipotesis menunjukkan konsep belajar yang dimiliki mahasiswa baru tidak memiliki hubungan dengan penyesuaian diri mahasiswa di perguruan tinggi (p > .05). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep belajar sebagai kewajiban dengan penyesuaian diri di kampus (p < .01; r= .26). Hasil tersebut mengindikasikan adanya hubungan antara konsep belajar pada mahasiswa bahwa belajar adalah merupakan kewajiban dengan penyesuaian diri di kampus. Peneliti memberikan beberapa saran, antara lain memperluas sampel penelitian, melakukan studi longitudinal, dan perguruan tinggi terus melakukan usaha pembelajaran yang berorientasi pada mahasiswa.

The phenomenon encountered by researchers in new students shows that when they follow academic activities well, they become confident and feel they can adjust to life on campus. One of the things that can help learning success is the concept of learning (Säljö, 1979). This study aims to see whether there is a relationship between the concept of learning and the adjustment of new students in college. The participants of this study were first-semester undergraduate freshmen in college-aged 18-21 years (N = 138). The learning concept measurement tool was The Conception of Learning Inventory from Purdie and Hattie (2002), and the self-adjustment measurement tool was the College Adaptation Questionnaire from O'Donnell et al. (2018). The results of hypothesis testing showed that the concept of learning owned by new students did not have a relationship with student adjustment in college (p> .05). There is a positive and significant correlation between the conception of learning as an obligation and adjustment on campus (p <  .01; r= .26). These results indicate a relationship between the concept of learning in students that learning is an obligation with adjustment on campus. The researcher made several suggestions, including expanding the research sample, conducting longitudinal studies, and universities continuing to make student-oriented learning efforts."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>