Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113926 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syafdewiyani
"Upaya peningkatan mutu dan efisiensi pelayanan kesehatan di rumah sakit secara keseluruhan tidak terlepas dari peran serta pelaksana pelayanan keperawatan, karena pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan di rumah sakit. Untuk mendukung tercapainya pelayanan keperawatan yang optimal, perlu adanya tenaga keperawatan yang profesional dan dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan keperawatan.
Perawat pada ruang rawat inap RS MH. Thamrin sebagai pelaksana keperawatan bertanggung jawab atas keberhasilan pelayanan keperawatan. Sebaliknya, keberhasilan pelayanan dipengaruhi oleh aspek-aspek dalam pekerjaan atau suatu kondisi kerja yang dapat menimbulkan kepuasan bagi mereka. Sampai saat ini, masih sedikit penelitian yang berfokus pada pengkajian faktor tersebut. Untuk itu penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RS MH. Thamrin Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi yang bersifat cross sectional. Tujuannya adalah untuk melihat hubungan antara karakteristik demografi individu dan karakteristik pekerjaan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana. Tempat penelitian adalah Rumah Sakit MH. Thamrin yang meliputi 10 (sepuluh) ruang rawat, dengan melibatkan 81 perawat pelaksana sebagai responden.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan kerja yang diukur dengan aspek-aspek kepuasan kerja yang dirasa dengan aspek-aspek kepuasan kerja yang diharapkan, dengan prosentase rata-rata 83 %. Hasil uji statistik bivariat chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara variabel otonomi/kewenangan (p = 0,001) dan pengembangan diri (p = 0,005) dengan kepuasan kerja. Sedangkan variabel umur (p = 1,000), pendidikan (p = 0,437) dan lama kerja (p - 0,744) tidak berhubungan dengan kepuasan kerja.
Hasil uji statistik regresi logistik didapatkan bahwa variabel otonomi/kewenangan paling dominan berhubungan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RS MR. Thamrin
Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada pimpinan RS MR Thamrin untuk melakukan pengkajian ulang terhadap kesesuaian peran dan fungsi perawat dalam melaksanakan pelayanan keperawatan, sehingga perawat pelaksana mempunyai otoritas dan akontabilitas yang lebih besar yang mencakup aspek peran perawat profesional. Selain itu diperlukan peningkatan pengembangan karir yang terencana dan terarah dalam rangka menciptakan sumber daya keperawatan yang berkualitas dan loyal terhadap organisasi. Rekomendasi juga diberikan untuk para peneliti lain yang bermaksud meneliti kepuasan kerja perawat pelaksana agar melibatkan lebih banyak variabel yang diteliti dengan desain yang berbeda serta menggunakan instrumen yang telah memiliki nilai validitas dan reliabilitas baku.
Daftar Pustaka: 57 (1971 - 2002)

An Analysis on Factors Related to the Jobs Satisfaction of the Nurse Associate in Hospital Ward of MH. Thamrin Hospital Jakarta.The efforts to improve the quality and efficiency of the hospital health service cannot be done and achieved without involving nurses, because nursing and medical service are important part of the integrated hospital service. In achieving the optimal nursing and medical service, a hospital needs skilful, reliable and professional nurses to perform the hospital service
A part of their roles as nurses, nurses in MH. Thamrin Hospital as an extended medical performer is responsible for the success of hospital service. On the other hand, the success of this service is influenced by factors of job condition that should satisfy the nurses. Nowadays, there are few studies focusing on the analysis of those factors. For those reasons this study was conducted to determine, an analysis of the factors related to the nurse's satisfaction was done at the MU. Thamrin Hospital Jakarta
This was a quantitative study which used a correlation descriptive design with cross sectional approach. It was conducted to determine the correlation between individual characteristic demography as well as job characteristic and the nurse?s satisfaction. The study took place in MH Thamrin hospital Jakarta which was participated by 10 wards and included 81 nurses as the respondents.
The study showed that the degree of job satisfaction was measured by the aspects of job satisfaction that was felt and was expected. The average percentage was 83%. A chi square bivariat statistics test result showed that there is significant correlation between authority (p--0.401), self development (p=0.005) and jobs satisfaction. And the other hand the age (p=1.000), education (p=0.437) as well as the length of job carrier (0.744) do not have correlation with the satisfaction. The logistic regression test result demonstrated that the most dominant variable is the authority.
Based on the result of this study, some recommendations are conveyed to the management of MH. Thamrin Hospital Jakarta. The recommendations are the need to re-evaluate the role and the function of nurses in conducting the nursing activities, so the nurse will have a wider authority and accountability dealing with the role as professional nurses. Moreover, it is also necessary to improve a controlled and well-planned career development in order to create qualified nurses who would be more loyal to the organization. It is recommended that the other researchers who are interested in conducting a study which deals with the nurse?s job satisfactions would have covered more variables with different design as well as the use of valid and reliable instruments.
Bibliography: 57 ( 1971- 2002 )"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
T8766
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pipih Karniasih
"Tingginya angka pengundurn diri perawat manajer di RSAB Harapan Kita adalah masalah serius dan sangat berhubungan dengan kepuasan kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tingkat kepuasan kerja perawat manjer di ruang rawat inap RSAB dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pengambilan data secara potong lintang, di mana pengukuran kepuasan kerja perawat manajer sebagai
variabel terikat yang terkait dengan fungsi-fungsi manajemen. Penelitian dilakukan untuk menganalisa hubungan variabel bebas yaitu : usia, lama kerja, tingkat pendidikan dan karakteristik pekerjaan yaitu: penghargaan, beban kerja dan kebijakan organisasi pada
waktu yang bersamaan. Uji Kai Kuadrat digunakan untuk mengukur hubungan antar karakteristik individu dan pekerjaan dengan kepuasan kerja perawat manajer. Untuk
melihat variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat manajer digunakan uji multivariat regresi logistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat manajer sejumlah 80 orang yang bekerja di ruang rawat inap RSAB, dan sampel berjumlah 66 perawat manajer. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi teori Smith dalam bentuk kuesioner. Kuesioner telah
diuji validitas dan realibilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan bermakna antara karakteristik individu: usia, lama kerja, tingkat pendidikan dan karakteristik pekerjaan: beban kerja dan kebijakan organisasi dengan kepuasan kerja perawat manajer di mana p value <0,05. Variabel bebas yang paling berpengaruh adalah beban kerja dan kebijakan organisasi di Mana p value < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian teridentifikasikan faktor yang paling berhubungan dengan kepuasan kerja perawat manajer adalah faktor beban kerja dan kebijakan organisasi di mana p value <0,05.

The Maternity and Child Harapan Kita Hospital Jakarta has a serious problem related to high turnover of nurse?s managers and it could related to job satisfaction.
The objective of this study is to obtain the description of job satisfaction of nurse's managers at the Maternity and Child Harapan Kita Hospital and the related factors.
This study is descriptive analitical design with cross sectional data collection. The Chi Square is to measure the correlation between nurse's managers characteristic
(age, length of job experience, educational background) and job characteristics (reward system, work load, and organisation policy).
Population of this study were the nurse?s managers at Maternity and Child Harapan Kita Hospital. The number of sample is 66 nurse?s managers. Instrument was developed from Job Description Index of Smith, through 54 quesioners which has been tested for it's validity and realibility.
The result of the study shown the correlation between nurse's managers characteristic and job characteristic with nurses manager's job satisfaction (p value <0,05)
The study shown that factor & which mostly related to Nurse Managers Job Satisfaction are nurse work-load and organisation policy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Setiawati
"Belum optimalnya pelayanan kesehatan dan keperawatan kepada masyarakat. hal ini ditunjukkan dari keluhan klien yang dirawat di rumah sakit Immanuel dari 6 keluhan: 2 ditujukan perawat kurang perhatian terhadap klien, 1 keluhan kurang tanggap terhadap keluhan klien dan 3 keluhan kurang memperhatikan fasilitas yang ada di ruangan sehingga perlu dilakukan studi penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat pelaksana di IRIPM rumah sakit Immanuel Bandung. Populasi pada penelitian ini seluruh klien dewasa yang dirawat di IRIPM rumah sakit Immanuel Bandung, berjumlah 5 ruangan, rata-rata selama bulan Januari - Maret 2005 sebanyak 2494 orang. Jumlah sampel 106 orang, menggunakan teknik random sampling dengan metode quota.
Desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekalan cross sectional, instrumen berupa kuesioner dibuat sendiri, telah diuji validitas kuesioner A (Alpha Cronbach=0.7793), kuesioner B sebesar 0.9758 dan reabilitas r > r table. Data dianalisis secara univariat, bivariat (Chi-Square), dan multivarat untuk uji regresi logistik.
Hasil penelitian secara umum 69% dari responden puas terhadap perilaku caring perawat pelaksana, persepsi klien 90% responden puas terhadap sembilan komponen perilaku caring hasil analisis korelasi dengan a = 0.05 ada hubungan yang signifikan antara faktor pendidikan, penghasilan, status pernikahan dan image dengan kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat pelaksana. Kesimpulan penelitian ini dari kcsembilan komponen perilaku -caring ada satu dimensi tentang kesabaran berada di kuadran satu (harapan tinggi kinerja rendah). hal ini bisa disebabkan karena tidak sesuainya pendistribusian perawat masing-masing ruangan, faktor pribadi/sifat perawat itu sendiri, pihak rumah sakit perlu memperhatikan dan memperbaiki kinerjanya dengan cara: melakukan test psikotest pada saat penerimaan perawat baru, meninjau ulang pendistribusian perawat.

Still not maximally health services and nursing to society. So that is complaint from client that to be cared in hospital Immanuel Bandung from six complaint: two target less nurses attention to client, one complaint dacible awareness to client ant three complaint distention facility that is there in wards that mean for to know factors that correlation with satisfaction client to attitude caring nurses provider in installation of ward live center medic of hospital Immanuel Bandung. Populace in this research all of adult client that be caring in installation of ward live center medic hospital Immanuel Bandung total of ward 5 Aproximality as long as 3 last month (January - March 2005) total 2494 peoples. Sample 106 people, for every ward using technical random sampling with method quota.
The sign of this research analysis of descriptive with approach cross sectional, instrument as like as questioner make it. after test validities questioner A it cronbrach = 0.7793, questioner B 0.9758 and reability r > r table. Analysis data used univariat, bivariat (Chi-Square), and multivariat.
The result of this research infects 69% from respondent satisfaction to attitude caring nurses? provider and assumption to client >90% satisfaction to nine attitude caring .result of analysis correlation with a=0.05 there is correlation that significant between factor education, result cost living, status marriage and image with satisfaction client to attitude caring nurses provider. In conclusion this research from nine attitude caring there is one dimension about loyal that in quadrant one (Expectation high but performance low) so it is cause of by floe equal distributions of nurses or factor behavior/character nurses that is self, from hospital Immanuel Bandung need attention and correctly workers with method: used psikotest recruitment new nurses and evaluation distributions nurses.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
T18681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Farida Yahya
"Dalam pelayananasuhan keperawatan, komunikasi terapeutik memegang peranan penting untuk membantu klien memecahkan masalahnya. Untuk mewujudkan terlaksananya komunikasi terapeutik secara efektif diperlukan adanya kemauan dan kesadaran diri yang tinggi dari perawat. Perawat harus mampu menciptakan kondisi (keterpercayaan) yang dapat menimbulkan adanya rasa percaya klien terhadap perawat, klien merasa diperhatikan: diterima, merasa aman, nyaman (deskripsi) merasa diikutsertakan dalam setiap tindakan yang akan dilakukan untuknya (orientasi masalah) pelayanan yang diberikan perawat dirasakan tulus, tidak dengan paksaan (spontanitas) informasi yang dibutuhkan klien harus jelas (kejelasan) klien merasa perawat dapat membantu mengurangi hal-hal yang mengganggu pikirannya dalam menghadapi penyakitnya dan tanpa memandang siapa klien tersebut (persamaan) sehingga klien merasa puas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang menumbuhkan hubungan interpersonal baik dengan efektifitas komunikasi terapeutik perawat-klien di ruang rawat inap rumah sakit Sumber Waras. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 sampel yaitu 139 perawat pelaksana dan 248 klien yang dirawat. Data yang diperoleh dianalisis dengan mempergunakan koefisien korelasi Product Moment, untuk melihat ada tidaknya hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Selanjutnya dilakukan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui bagaimana variabel dependen dapat diprediksi oleh variabel independen. Untuk mengetahui prediksi yang paling berhubungan antara variabel dependen dan independen digunakan regeresi liner ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan variabel independen, lima variabel independen yang berhubungan secara signifikan dengan variabel dependen yaitu deskripsi, orientasi masalah, kejelasan, keterpercayaan dan kesinambungan & konsistensi. Sedangkan tiga variabel yang tidak berhubungan adalah spontanitas, persamaan dan provisionalisme.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa komunikasi terapeutik perawat-klien di ruang rawat inap RS Sumber Waras sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih perlu adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta sikap perawat pelaksana dalam berkomunikasi dengan klien, Mengingat masih adanya keluhan-keluhan dari klien terhadap pelayanan asuhan keperawatan di RS Sumber Waras."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003
T10317
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meinita Ramli
"The objective of this research was to examine The Relationship Between the Ability to Manage Stress and Nursing Perfomance at the Metropolitan Medical Center Hospital ward in Jakarta. Hypothesis proposed in this research was "The better a nurse managed stress, the better she showed her nursing performance". The research methodologgy was a descriptive correction by using a cross-sectional design. The population of this research was the 168 person nursing at the Metropolitan Medical Center Hospital ward in Jakarta The sample consisted of 130 persons in accord with the fonnula used. The instruments of this research Oonsisted of three parts which arranged in the type of questionnaires. The validity of the instruments were determined in tenns of construct and face validity, as well as item analysis. The reability of the instruments were esablished by using the Alpha Cronbach technique, 0,8802 for ability to manage stress variable and 0,8866 for nursing, perfomiarice variable (p value = 0,000)."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
T6389
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arina Purnawati
"Rumah sakit menghadapi persaingan dalam memberikan pelayanan yang bermutu
dalam mempertahankan kepercayaan customer. Salah satu pelayanan potensial
yang menggambarkan citra pelayanan rumah sakit adalah pelayanan rawat inap
yang diberikan oleh tenaga perawat profesional dengan memberikan asuhan
keperawatan selama 24 jam dengan pasien. Hasil survey persepsi pasien terhadap
asuhan keperawatan periode Juli-Desember tahun 2010 di rawat inap RS Haji
menunjukkan angka persentase sebesar 68,8% di mana hasil tersebut belum
mencapai target yang telah ditentukan oleh Bagian Keperawatan. Asuhan
keperawatan merupakan bentuk kinerja tenaga perawat.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan
kinerja perawat pelaksana di rawat inap RS Haji Jakarta tahun 2011. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan disain cross sectional
menggunakan Uji t dan Uji korelasi regresi. Pengambilan sampel penelitian
dengan metode simple random sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan
adalah 98 responden perawat rawat inap RS Haji Jakarta dengan pengambilan
data primer menggunakan instrumen kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa lebih banyak responden yang
memiliki kinerja yang baik (67,3%). Didapatkan pula bahwa variabel gaya
kepemimpinan (kepemimpinan direktif, kepemimpinan suportif, kepemimpinan
partisipatif), disain pekerjaan, dan motivasi memiliki perbedaan yang signifikan
dengan kinerja dengan p value <0,05. Sedangkan, variabel karakteristik individu,
sumber daya, dan insentif tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan
kinerja.
Saran dari penelitian ini antara lain mengembangkan instrumen penilaian kinerja
perawat dengan melibatkan rekan kerja (peer group) dalam tim serta masukan dan
harapan dari pasien/customer, lebih memperhatikan masukan dari aspek pasien
dalam perbaikan kinerja, melakukan follow up setiap program pelatihan yang
diberikan kepada kepala ruangan, mengkaji kembali kebijakan internal mengenai
insentif, mengembangkan insentif positif dan negatif berupa reward dan
punishment yang bersifat non finansial, mendisain kembali pekerjaan dengan
pengembangan dan pengkayaan SOP dan Uraian tugas serta pengkajian kembali
beban kerja, dan berkomitmen tinggi untuk pengembangan karir perawat dalam
jangka panjang.

Hospitals face competition in providing quality services to maintain customer
confidence. One of the potential services that describes the image of hospital
services are inpatient services provided by professional nurses to provide nursing
care for 24 hours with the patient. The survey results of patient satisfaction,
nursing care period July to December of 2010 in hospital inpatient Hajj shows the
percentage rate of 68.8% in which the results are yet to reach the target set by the
Nursing Section. Nursing care is a form of performance of nurses.
The purpose of this study was to determine the factors associated with the
performance of nurses in hospital inpatient Hajj Jakarta in 2011. The research
method is quantitative method with cross sectional design using t tests and
regression correlation test. The sampling method is simple random sampling with
the number of samples is 98 respondents who obtained inpatient hospital nurses
Hajj Jakarta with primary data collection using a questionnaire instrument.
Based on the results, more respondents have a good performance (67.3%). It was
found also that the variables of leadership style (directive leadership, supportive
leadership, participative leadership), work design, and motivation have a
significant difference in performance with a p value <0.05. Meanwhile, individual
characteristics variables, resources, and incentives have no significant difference
in performance.
Advice from this research include developing performance appraisal instruments
of nurses by involving peers (peer group) in the team as well as suggestions and
expectations of patients / customers; more attention to suggestions from the aspect
of patient in performance improvement; follow up on any training program
provided to the head room; reviewing internal policies regarding incentives;
develop a positive and negative incentives in the form of reward and punishment
that are non financial; re-work design with the development and enrichment SOPs,
job descriptions, and review of work load; and highly committed to career
development of nurses in long-term."
2011
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldrin Neilwan Pancaputra
"BSTRAK
PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI KAIIAN ADMINISTRASI RUMAH SAKIT
Tesis, Agustus 2001
ALDRIN NEILWAN
FAKTOR FAKTOR YANG 1\/IEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA
TENAGA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RSU FK - UKI
JAKARTA '
X + |20 halaman, 4 gambar, 50 tabel, 6 Iampiran
Seiring dengan perkembangan zaman, terjadi pergeseran konsep rumah sakit dari konsep
lama yaitu rumah sakit sebagai institusi social semata bergeser menjadi institusi sosio
ekonomi yang berarti pengelolaan rumah sakit harus menggunakan prinsip ekonomi
tanpa meninggalkan fungsi sosialnya. Seiring dengan itu pula persaingan dalam
pemberian pelayanan kesehatan juga semakin mcningkat serta tuntutan kebutuhan
masyarakat akan pclayanan kcsehatan juga Semakin Linggi yang akan bcrdampak pada
pelayanan keperawatan sebagai bagian integral dari rumah sakit. Pelayanan kesehatan di
rumah sakit menduduki porsi paling besar karena dilaksanakan terus menerus selama 24
Faktor-faktor..., Aldrin Neilwan Pancaputra, PascasrjanaU|, 2001 jam, sehingga baik bumknya rumah sakit sering dinilai dari penampilarn kerja tenaga
keperawatannya Hal ini sangat berkaitan dcngan kcpuasan kelja pcrawat itu sendiri
Secara umum penelitian ini bertujuan unluk memperoleh gambaran kepuasan kerja
tenaga perawat di instaiasi rawat inap RSU FK-UKI dan melihat hubungan antara
karakteristik individu, faklor penunjang, faktor motivasi serta untuk mengetahui faktor
yang paling mempengaruhi kepuasan kerja
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel
penelitian mencakup seluruh tenaga perawat di instalasi rawat inap yang berjumlah 13|
orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui pengisian
kuesioncr
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kemja tenaga perawat di instalasi
rawat inap RSU FK-UKI rendah. Adanya hubungan kepuasan kerja perawat di instalasi
rawat inap RSU FK UKI dengan walctu lamanya bekerja derta dengan adanya pemberian
penghargaan atasan alas prestasi kerja
Saran dari penelitian ini adalah perlu dilakukannya penilaian secara berkesinambungan
terhadap kepuasan kelja, menetapkan kebijakkan mmah sakit tentang pemberian insentif
dan mempertahankan kebijakan pcmbcrian tunjangan tcrhadap anak serta memelihara
dan meningkatkan kegiatan pembelian penghargaan atas prestasi
Bahan bacaan : 26 (1977-2000)
Faktor-faktor..., Aldrin Neilwan Pancaputra, PascasrjanaU|, 2001

Abstract
ABSTRACT
Postgraduate Program
Hospital Administration Study Program
Thesis, August 2001
ALDRTN NEILWAN
FACTORS WHICH INFLUENCE JOB SATISFACTORY AT THE IN
PATIENT FACILITY OF MEDICINE FACULTY , UNIVERSITAS
KRISTEN INDONESIA GENERAL HOPITAL
X + 97 Pages, 4 schemes, 17 tables, 6 enclosures
Together with the developing petiode, hospital concept shifting has taken place Hom old
concept which was as societal institution becomes economic societal institution. Means
that, nowadays, hospital management should apply economic principle without living its
societal function. Along as well, in creasing competition in giving heath services and
public need demand give an impact to the nursing service which also as an integral part
of the hospital. Nursing service at the hospital has taken the biggest portion because it is a
continuous 24 hour service,therefore the hospital reputation depends on the nursing
service perf`ormance.This matter is related to their job satisfactory.
Faktor-faktor..., Aldrin Neilwan Pancaputra, PascasrjanaU|, 2001
"
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2001
T 5883
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Beban kerja adalah upaya merinci komponen dan target volume pekerjaan dalam satuan waktu dan satuan hasil tertentu. Kepuasan kerja adalah faktor yang sangat penting untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal. Kinerja adalah penampilan basil karya personel baik secara kualitas maupun kuantitas dalam suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan informasi hubungan antara kepuasan dan beban kerja dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat perinatologi RSIA. Hermina Bekasi. Panelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode cross sectional. Sample berjumlah 25 orang perawat, tempat pelaksanaan penelitian di ruang Perinatologi RSIA Hennina Bekasi. Pada analisis bivariat dengan uji statistik chi-square untuk data mengenai kepuasan kinerja dengan kinerja diperoleh hasil nilai 4,62 > α menunjukan bahwa Ho gagal tolak artinya tidak ada hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja perawat pelaksana, sedangkan untuk hubungan antara beban kerja dengan kinerja didapat nilai 0,845 < α menunjukan bahwa Ho ditolak artinya ada hubungan antara beban kerja dengan kinerja perawat pelaksana. Sehingga dapat disimpulkan beban kerja tinggi, kepuasan perawat tinggi, dan kinerja perawat pelaksaaa menunjukan hasil kinerja baik. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan metode deskriptif analitikal dengan pendekatan observasional dengan jumlah sample yang lebih besar untuk seluruh ruang rawat inap.
Kata kunci : beban kerja, kepuasan kerja, kinerja"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5887
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Safitri
"Skripsi ini membahas tentang Kepuasan Kerja Perawat di RS Haji Jakarta pada tahun 2013. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Cross Sectional. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja perawat di RS Haji Jakarta dan Faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja perawat di ruang rawat inap RS Haji Jakarta.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 Faktor yang mempengaruhi Kepuasan kerja perawat Gaji adalah salah satu faktor yang tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan kerja perawat sedangkan tuntutan tugas, kebijakan organisasi, otonomi, status profesional, dan interaksi mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan kerja di mana 5 faktor tersebut dengan uji statistik chi square nilai α < 0.05.
Berdasarkan hasil penelitian Peneliti menyarankan kepada RS Haji Jakarta agar secara rutin melakukan survei kepuasan kerja dan menyediakan kotak saran dan kritik untuk perawat agar dapat menyampaikan aspirasinya.

This research discusses the Job Satisfaction RS Haji Jakarta Nurses in 2013. This study used a cross-sectional quantitative methods. The purpose of this study is to describe the job satisfaction of nurses in hospitals and Haji Jakarta Factors influencing job satisfaction of nurses in the RS Haji Jakarta inpatient.
The results of this study showed that of the six factors that affect job satisfaction of nurses salary is one factor that does not have a significant relationship with job satisfaction of nurses while the demands of the task, organizational policies, autonomy, professional status, and the interaction has a significant relationship with job satisfaction in where the factor 5 with chi-square test statistic α value of <0.05.
Based on the results of the study also suggested that the RS Haji Jakarta routinely perform job satisfaction survey and provide comments and suggestions box for nurses to be able to express their aspirations.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Sukamto
"Penelitian ini berjudul "Analisis Beban Kerja dan Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Disiplin Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Samarinda dengan menggunakan desain deskriptif korelatif yang bertujuan untuk menganalisis beban kerja dan faktor-faktor yang berhubungan dengan disiplin kerja perawat pelaksana di ruang rawat amp Rumah Sakit Islam Samarinda (RSIS). Populasi penelitian FIdalih 129 orang perawat pelaksana dengan latar belakang pendidikan D-3 Keperawatan dan SPK/SPR/Bidan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 97 orang, yang diperoleh melalui kombinasi random sampling dan proporsional yang terdistribusi di 9 ruang rawat inap RSIS. Untuk menguji hubungan beban kerja, teladan pimpinan, balas jasa, sanksi hukuman dan tujuan (variabel independen) dengan disiplin kerja (variabel dependen), digunakan analisis univariat, yang salah satunya distribusi frekuensi, bivariat yaitu chi square dan uji T Berta uji multivariat regresi logistik, dengan menggunakan kombinasi antara model prediksi dan model faktor risiko. Dengan tingkat kepercayaan a = 0,05, hasil uji bivariat diperoleh hubungan yang signifikan antara beban kerja dengan disiplin kerja (p 0,033), teladan pimpinan dengan disiplin kerja (p=0,020), tujuan dengan disiplin kerja (p),002) dan status menikah (variable confounding) dengan disiplin kerja (0,005). Semua variable Confounding (Usia, jenis kelamin, Pendidikan, lama kerja dan Status Pernikahan), tidak ada yang masuk sebagai confounder ke dalam pemodelan regresi logistik karena memiliki nilai delta (perubahan) Odd Ratio kurang dari 10 persen. Dari analisis multivariat diketahui bahwa variabel tujuan (p=0,001) merupakan variabel yang paling berhubungan dengan disiplin kerja. Implikasi dari temuan ini adalah dengan memahami dan memiliki komitmen tinggi untuk mencapai tujuan dalam bekerja menyebabkan perawat pelaksana akan berdisiplin kerja yang tinggi. Untuk itu perlu diciptakan program yang dapat menumbuhkan kesadaran perawat pelaksana dalam memahami dan berkomitmen tinggi, untuk mencapai tujuan dari pekerjaannya, seperti pengembangan pedoman standar kinerja atau uraian tugas, standar disiplin kerja dan sistem penghargaan bagi yang berprestasi dan hukuman bagi yang melanggar disiplin kerja. Dengan dilaksanakannya program ini, pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja, sebagai tujuan akhir dari persoalan manajemen, terrnasuk di dalamnya manajemen keperawatan.

This research tittle is Workload Analysis and Factors Correlated to Work Discipline on Staff Nurse at Samarinda Islamic Hospital. Descriptive of correlation design was used, with objective to analysis of workload and factors correlated to work discipline on staff nurse at Samarinda Islamic Hospital. The number of sample size were 97 of 129 total population, obtained by through combination of random and proportional sampling. Univariate, bivariate and multivariate analysis were utilized to identify the correlation between variable of independent and variable of dependent Using the significant level (a = 0,05), bivariate analysis obtained a relationship between work load and work discipline (p),033), Leadership model and work discipline (p =[},020), Purpose and work discipline (Pli,002) and marital status (variable of confounding) and work discipline (0,005). Multivariate analysis was found that variable of purpose (p:1,001) represent most related to work discipline. Implication of the results the staff nurse who highest work purpose will has highest work disciplin. In order to sustain this condition, program design to improve self awareness and commitment on staff nurse, to establish the highest performing and work product."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
T18399
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>