Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 191891 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tirta Hema Jaya Hidayat
"Pandemi COVID-19, membuat perubahan drastis pada dunia. Hal ini ditandai dengan adanya kenaikan atas interaksi digital, layanan yang terdigitalisasi. Banyak organisasi berlomba-lomba untuk melakukan transformasi digital untuk beradaptasi di tengah pandemi ini. Terdapat sebuah halangan dalam mewujudkan itu yaitu jumlah permintaan akan kebutuhan atas solusi TI lebih besar dari jumlah kapasitas yang ada. Hal ini membuat proses pengembangan . Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah low-code development platform (LCDP), LCDP dapat mempercepat proses pengembangan atau bahkan dapat mengurangi beban divisi TI untuk melakukan pengembangan solusi TI. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap faktor-faktor penerimaan dan penggunaan dari LCDP pada pengembangan TI. Model penelitian merupakan pengembangan dari UTAUT2 yang ditambahkan dengan variabel customer service dan perceived security. Penelitian dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang diisi oleh 293 respondendata diolah dengan menggunakan metode PLS-SEM, selanjutnya dilakukan wawancara terhadap 4 narasumber dengan latar belakang berbeda untuk mendalami kondisi dan permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukan semua variabel pada model UTAUT2 berpengaruh terhadap penerimaan dan penggunaan dari LCDP. Penelitian ini memperkuat bahwa model UTAUT2 dapat digunakan untuk mengukur penerimaan dan penggunaan sebuah teknologi, dan dapat dikembangkan dengan ditambahkan variabel lain. Selain itu, terdapat beberapa rekomendasi kepada pengguna, dan penyedia layanan guna meningkatkan penggunaan terhadap LCDP.

The COVID-19 pandemic has made drastic changes in the world. This is marked by an increase in digital interactions, services that are digitized. Many organizations are competing to carry out digital transformation to adapt in the midst of this pandemic. There are many obstacles in realizing it, namely the number of requests for IT solutions is greater than the existing capacity. This makes the development process . One solution that can be used is a low code development platform (LCDP), LCDP can speed up the development process or even reduce the burden on the IT division to develop IT solutions. This study aims to analyze the factors of acceptance and use of LCDP in IT development. The research model is a extended of UTAUT2 there are two addition variables, customer service and perceived security. The research was conducted by distributing questionnaires filled out by 293 respondent data which was processed using the PLS-SEM method, then interviews were conducted with 4 sources with different background to explore the existing conditions and problems. The results showed that all variables in the UTAUT2 model had an effect on the acceptance and use of LCDP. This study confirms that the UTAUT2 model can be used to measure acceptance and use of a technology, and can be developed with other variables. In addition, there are several recommendations to users, and service providers to increase use of LCDP."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Deka Aditia Adam
"Teknologi informasi (TI) telah berkembang pesat di era globalisasi ini.Salah satu faktor pemicu nya adalah peningkatan penggunaan perangkat lunak. Untuk memperoleh kualitas perangkat lunak yang baik, Perusahaan pengembang perangkat lunak membutuhkan proses pengembangan yang lebih baik. Untuk itu penting bagi perusahaan untuk menerapkan perbaikan proses pengembangan perangkat lunak agar memiliki tingkat kompetitif dalam industri perangkat lunak.
Penelitian ini mencoba untuk memberikan evaluasi dari tingkat kematangan proses pengembangan perangkat lunak organisasi saat ini dan analisis untuk menghasilkan rekomendasi yang bisa diterapkan di PT Javan Cipta Solusi. Penelitian ini menggunakan framework CMMI-DEV sebagai model perbaikan prosesnya. Representasi staged dengan kombinasi konsep SCAMPI C dan PIID digunakan untuk melakukanevaluasi di semua area proses di tingkat kematangan 2. Setelah itu proses analisis gap digunakan untukmembandingkan implementasi praktek yang ada dengan praktek standard CMMI sehingga didapatkan rekomendasi yang bisa diterapkan di perusahaan.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa perusahaan berada di tingkat kematangan I. Karena itu Rekomendasi perbaikan prosesnya didasarkan pada tingkat kematangan II.Setelah mendapatkan hasil rekomendasi diharapkan perusahaan bisa tahu kelemahan yang ada dan bagaimana agar bisa mengatasinya.

Information Technology has been rapidly growing in this globalization era. The increasing use of Software is one of the triggering factors. In order to cope with the needs of high quality software, the software company needs to have better process. Hence, it is becoming increasingly important to get involved in software process improvement to gain competitive advantage in software industry.
This research gives the evaluation of current process maturity and the analysis to provide process improvement recommendations in which suitable to be applied in PT Javan Cipta Solusi. It is based on CMMI Dev Framework as software process improvement model. The Staged representation with combination of SCAMPI C and PIID is applied on all maturity 2 process area. Gap analysis comes to compare the current practices with CMMI best practices in order to get the company recommendation.
The outcome of the research is the fact that the company is on maturity level 1. Process improvement recommendations are based on maturity level 2. It is expected that the organization knows better what the current weakness is and how to fill the gap.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Qodri Febrilian Erahman
"Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan komoditi energi strategis yang ketersediaannya sangat diperlukan dan BPH Migas merupakan instansi Pemerintah yang mempunyai fungsi menjamin ketersediaan BBM dengan tugas melaksanakan pengawasan dan pengaturan terhadap entitas usaha yang di bidang BBM. Dalam kaitannya dengan fungsi pengawasan, badan usaha wajib memberikan laporan kepada BPH Migas. Perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini, menuntut proses bisnis pelaporan Badan Usaha kepada BPH Migas dilaksanakan menggunakan aplikasi secara online. Tujuan laporan praktik keinsinyuran ini adalah melakukan pengembangan aplikasi dalam mendukung tugas BPH Migas untuk mengetahui struktur data yang dihasilkan yang selanjutnya digunakan dalam peramalan konsumsi BBM. Proses pengembangan aplikasi dilaksanakan melalui tahapan identifikasi kebutuhan, rancangan desain aplikasi, pelaksanaan pengembangan aplikasi, uji coba, deployment dan go-live. Kesimpulan dari hasil praktik keinsinyuran ini yaitu, aplikasi membantu kemudahan pelaksanaan proses bisnis, pengolahan data yang cepat, waktu pemrosesan terukur, dan struktur data aplikasi dapat digunakan lebih lanjut sebagai input dalam analisis proyeksi konsumsi BBM dengan hasil analisis proyeksi menggunakan metode causal regresi linear pada tahun 2030 sebesar ±102 juta kL, serta aspek Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan yang terpenuhi melalui manfaat perlindungan lingkungan dari dampak yang ditimbulkan dengan penggunaan kertas, sehingga potensi dukungan lingkungan ini akan terus termanfaatkan selama aplikasi digunakan.

Petroleum fuel is strategic energy and its availability is necessary, while BPH Migas is a government agency that has the function of ensuring the availability of fuel by carrying out supervision and regulation of business entities. Concerning the supervisory function, business entities must provide reports to BPH Migas. Current developments in information technology require reporting to be carried out using online applications. This report aims to develop fuel reporting applications, further, the data from the application will be used to provide information and forecast fuel consumption for policy planning. The conclusion from this report is that there are many benefits obtained from the use of fuel reporting applications, which are paperless, fast and accurate data processing, measurable processing time, saving costs, efficient processes, and the produced data can be used as an input in fuel consumption projection analysis with the results of the projection analysis using the causal linear regression method in 2030 amounting to ±102 million kL, as well as health, work safety, and environmental aspects are fulfilled through the benefits use of the reporting application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andreanus Hendy Kurnia Cahyadi
"Bisnis perangkat lunak kini semakin berkembang. Organisasi pengembang perangkat lunak dituntut untuk memproduksi perangkat lunak yang berkualitas, tepat waktu, tepat biaya dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun saat ini masih saja terdapat kasus perangkat lunak yang tidak memiliki kriteria tersebut, salah satunya adalah PT. Gemawida Solusi Komputer yang masih mengalami masalah pada penyampaiaan perangkat lunak terutama mengenai keterlambatan jadwal dan biaya. Masalah tersebut diakibatkan dari tidak adanya kegiatan evaluasi dan perbaikan proses pengembangan perangkat lunak itu sendiri sehingga terjadi masalah-masalah serupa dan dapat merugikan perusahaan. Melalui penelitian ini penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan kerangka kerja CMMI-DEV versi 1.3 sebagai kerangka kerja perbaikan proses pengembangan perangkat lunak serta dipadukan dengan praktek-praktek Scrum yang sinergi dengan CMMI-DEV. Scrum sendiri adalah suatu metodologi pengembangan perangkat lunak berbasis metodologi tangkas (agile) yang cocok untuk menjawab permasalahan yang ada.
Pada penelitian ini akan diukur sejauh mana tingkat kemampuan organisasi dalam proses pengembangan perangkat lunak hanya pada area proses yang berhubungan dengan proyek atau dengan roadmap proyek yang membantu menerapkan CMMI-DEV dengan representasi kontinu (continuous). Area proses yang akan dinilai adalah Project Planning, Project Monitoring and Control, Requirement Management, Configuration Management dan Process and Product Quality Assurance. Setelah diukur maka akan didapatkan rekomendasi perbaikan untuk membantu PT. Gemawidia Solusi Komputer dalam memperbaiki proses pengembangan perangkat lunak. Setelah melakukan penilaian, didapatkan tingkat kapabilitas kelima area proses masih level 0 atau incomplete menyebabkan perlu banyak perbaikan dengan mencari akar permasalahan dengan Fishbone Diagram dan rekomendasi disusun untuk perbaikan tersebut dan setelah rekomendasi dibuat disusun pula prioritas menggunakan Pareto Chart.

Business software is now growing. Software Development Organization are required to produce quality software, on time, on budget and meet customer needs. However at this time there are still cases of software industry that does not have those criteria, one of which is PT. Gemawida Solusi Komputer which still experiencing problems in deliver software especially regarding schedule delays and cost. These problems result from the absence of the evaluation and improvement of the software development process itself, causing similar problems and can be detrimental to the company. Through this study, author try to resolve the issue with the CMMI-DEV framework version 1.3 as a framework for Software Development Process Improvement and combined with the practices of Scrum that synergies with CMMI-DEV. Scrum itself is a software development methodology based on Agile Methodologies which suitable to address existing problems.
In this study author will measure the ability of the organization in the process of Software Development only in areas related to the project or the Project Roadmap that helps implement CMMI-DEV with Continuous Representation. Process areas to be assessed are : Project Planning, Project Monitoring and Control, Requirements Management, Configuration Management and Process and Product Quality Assurance. Then after measured it will get recommendations for improvement to help PT. Gemawida Solusi Komputer in improving the Software Development Process. After the assessment conducted, author obtained five area of process capability level is level 0 or incomplete, so it needs a lot of improvement with findings the root of the problem with Fishbone Diagram and prepared recommendations for the improvement and after the recommendation was made then also prepared the priority to using Pareto Chart.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Aulianingrum
"Untuk dapat memanfaatkan sepenuhnya knowledge dalam organisasi knowledge worker perlu terlibat dalam kegiatan knowledge transfer yang salah satunya terdiri dari aktivitas knowledge sourcing Untuk membantu organisasi menentukan knowledge channel apa yang tepat diterapkan untuk mendukung kegiatan knowledge sourcing penelitian ini menyelidiki faktor faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan knowledge sourcing channel dan bagaimana pengaruh penggunaan knowledge sourcing channel terhadap kinerja knowledge worker
Penelitian ini menjawab kedua pertanyaan tersebut dengan menerapkan pendekatan partial least squares yang dilakukan untuk menganalisis data hasil survey kepada 88 responden dari 6 perusahaan software house Penelitian ini menyimpulkan bahwa task interdependency extraversion knowledge codifiablity dan reciprocation wariness berpengaruh terhadap penggunaan knowledge sourcing channel dan penggunaan knowledge sourcing channel berpengaruh terhadap kinerja knowledge worker.

To be able to fully utilize the knowledge within organizations knowledge workers need to engage in knowledge transfer activities one of which consists of knowledge sourcing activities To help organizations determine what is the proper knowledge channel be applied to support knowledge sourcing activities this study investigates the factors that influence the use of knowledge sourcing channel and how is the effect of the use of knowledge sourcing channel on knowledge workers's performance
This study answers both questions by applying partial least squares approach to analyze the survey data of 88 respondents which came from 6 software house companies This study concludes that task interdependency extraversion knowledge codifiability and reciprocation wariness influence the use of knowledge sourcing channel and the use of knowledge sourcing channel affect the performance of knowledge workers
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Roqi Royyan
"Sistem Foreign Research Permit Online Application FRP OA merupakan sebuah sistem informasi yang digunakan untuk mempermudah Peneliti Asing dalam mengajukan izin penelitian di Kementerian Riset dan Teknologi sejak 4 Juli 2011 Namun sampai tahun 2013 masih banyak Peneliti Asing yang belum memanfaatkan sistem ini dan memilih mengirimkan berkasnya melalui surel faksimili maupun jasa kurir Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor faktor yang memengaruhi penggunaan kembali FRP OA oleh Peneliti Asing selaku pengguna sistem Model penelitian ini menggunakan kombinasi dari Expectation Confirmation Model ndash Information Technology ECM IT dan IS Success Model serta menambahkan variable interaction dan security privacy Data dikumpulkan dengan mengirim kuesioner ke smua pengguna FRP OA yang berjumlah 524 pengguna melalui media online Dari 524 keusioner yang dikirim penelitian ini mendapatkan sampel berjumlah 119 responden Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Partial Least Square PLS Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi interaksi keamanan privasi serta kualitas sistem menjadi faktor yang memengaruhi digunakannya kembali FRP OA Dari hasil tersebut Bagian APP dapat fokus melakukan perbaikan FRP OA dengan mempertimbangkan keempat faktor yang memengaruhi Peneliti Asing dalam menggunakan kembali FRP OA.

Foreign Research Permit Online Application FRP OA is an information system utilized by the Ministry of Research and Technology to help foreign researchers to obtain research permit since July 4 2011 Unfortunately there were still many foreign researchers who did not utilize this system and prefer to send all of required documents by email facsimile or courier service in 2013 This research is focused to understand factors that affect the sustainability of the utilization of FRP OA by foreign researchers as end users The research used the combination of Expectation Confirmation Model Information Technology ECM IT IS Success Model and by adding interaction and security privacy variables Data collection was conducted by sending invitation to fill out questionnaire to all FRP OA rsquo s users with the amount of 524 users via online questionnaire This research acquired 119 responses from 524 questionnaires sent to the FRP OA rsquo s users The data collected were analyzed using Partial Least Square PLS The result of the research indicates that information quality interaction security privacy and system quality are factors that affect the continuity to use the FRP OA Based on these results the FRP Division could focus on improving the FRP OA by considering four factors that affect foreign researchers to continue using the FRP OA."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aryo Bayu Bimantara
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat penting untuk mendukung dan meningkatkan keunggulan dan daya saing dalam bisnis organisasi. Dalam hal ini PT Bank XYZ sebagai salah satu bank terdepan di Indonesia sangat membutuhkan dukungan teknologi informasi organisasi untuk mengembangkan fitur – fitur dan layanan yang berbasiskan sistem atau aplikasi kepada pelanggan yang bertujuan meningkatkan daya saing organisasi terhadap pesaingnya.
Saat ini terdapat permasalahan dalam pengerjaan proyek pengembangan fitur dan layanan berbasis teknologi informasi yang tidak memenuhi sasaran dalam implementasinya sehingga hal ini mengakibatkan berkurangnya daya saing organisasi. Hal ini diakibatkan karena tidak adanya suatu kebijakan tata kelola dalam pengembangan sistem sehingga mengakibatkan tidak optimalnya aktifitas dalam pengembangan sistem itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan suatu perancangan tata kelola terhadap pengelolaan proyek pengembangan sistem untuk membentuk fungsi – fungsi baru yang dapat melakukan optimalisasi dalam aktifitas pengembangan sistem.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan antara fungsi – fungsi pengelolaan pengembangan sistem saat ini dengan kerangka kerja COBIT 5. Selain itu dilakukan pengukuran tingkat kapabilitas tata kelola proyek pengembangan sistem dengan tools Self Assesment COBIT 5 yang berguna untuk mengetahui sejauh apa tata kelola serta fungsi – fungsi dalam aktifitas proyek pengembangan sistem yang ada saat ini. Dari hasil penelitian ini diharapkan mendapatkan rekomendasi pengembangan teknologi informasi untuk mendukung tercapainya sasaran dari organisasi.

ABSTRACT
Information Technology has evolved to be one of the most important aspects in supporting and increasing the organization’s competitive advantage. One of Indonesian’s leading banks, PT Bank XYZ (Persero) Tbk., is an example of organization that highly need the IT support to provide features and services applications to their customers, aiming to improve the organization’s competitiveness against its competitors.
Unfortunately, there are issues in their system development projects that reduced the competitiveness of the organization. It is because the project’s implementation target typically does not meet the requirements. The absence of policy governance for system development in the IT Department is considered as the biggest constraints as it create ineffective system development process. Therefore, the organization is required to design suitable governance for their system development process, which will form new functions that could optimize it.
This research aim to map the current system development functions within the COBIT 5 framework. Its method is to measure the capability level of the system development governance by using Self Assessment COBIT 5 tools. It helps to understand the current capability level and finding the gap to the desired level. Therefore, it is expected to give recommendation for the organization in finding ways to improve the system development governance to support the organization’s goals."
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Ambang Ramadhan
"SIMAK-BMN memiliki peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan penatausahaan BMN. Namun dalam penggunaannya, aplikasi SIMAK-BMN belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna di Kementerian Pekerjaan Umum. Selain itu, terdapat keluhan tentang perlunya perbaikan SIMAK-BMN secara berkelanjutan dari para pengguna, padahal di lain pihak, pengembang aplikasi justru seringkali melakukan perbaikan terhadap aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan SIMAK-BMN di Kementerian Pekerjaan Umum. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model keberhasilan sistem informasi DeLone dan McLean dikombinasikan dengan model penerimaan teknologi UTAUT. Variabel yang digunakan dalam penelitian meliputi performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, system quality, information quality, dan service quality. Pengolahan data dilakukan dengan PLS-SEM dikarenakan data yang digunakan dalam penelitian tidak memenuhi asumsi SEM. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan SIMAK-BMN adalah effort expectancy, service quality dan facilitating conditions. Selain ketiga faktor tersebut, terdapat beberapa faktor di luar penelitian yang diperoleh berdasarkan pertanyaan terbuka yang disertakan dalam kuesioner penelitian. Dengan demikian, permasalahan yang terkait dengan faktor-faktor tersebut perlu mendapat perhatian khusus baik oleh pengembang aplikasi serta unit pembina guna tercapainya efektivitas penerapan SIMAK-BMN.

SIMAK-BMN has an important role on assets administration. Unfortunately, SIMAK-BMN doesn’t take in a good use by the user at the ministry of public works. On the other hand, there are complaint about the need for enhancement of SIMAK-BMN by the user while application developers make improvements repeatedly. This study aims to determine factors that influence the effectiveness of SIMAK-BMN in ministry of public works. Model used in this study refers to the successful model of information system by DeLone and McLean combined with the technology acceptance model UTAUT. Variabel used in this study includes performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, system quality, information quality, and service quality. Application that are used for data processing is PLS-SEM because the data used in this study did not meet SEM assumptions. The results of the study showed that the factors that influence the effectiveness of SIMAK-BMN are effort expectancy, facilitating conditions, and service quality. In addition to these three factors, there are several factors beyond the research obtained by open-ended questions were included on questionnaire. Thus, the problems associated with these factors need special attention either by the developers and supporting unit to achieve effective implementation of SIMAK-BMN."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hainur Rasyid
"Siskohat merupakan sistem informasi yang strategis dan vital bagi Kementrian Agama. Gangguan pada sistem informasi ini akan memberikan citra yang negatif bagi Kementrian Agama yang berimplikasi bahwa pemerintah gagal dalam mengemban amanat dalam menjalankan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2009. Faktanya, berdasarkan hasil audit Siskohat tahun 2012 terlihat banyak rencana strategis yang tidak berjalan baik sebagaimana harusnya berjalan sesuai dengan Renstra Ditjen PHU 2010-2014. Hal ini menjadi dasar untuk meneliti faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan implementasi Siskohat.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model gabungan Delone & Mclean dan model Technology Acceptance Modeling (TAM) yang disesuaikan dengan penelitian-penelitian sebelumnya dan objek studi penelitian. Model pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner. Pengolahan data menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) yang dibantu dengan tools software LISREL.
Hasil penelitian ini adalah model sukses sistem informasi Siskohat. Faktor-faktor yang ditemukan mempengaruhi kesuksesan implementasi Siskohat adalah System Quality, Information Quality, Service Quality, Percieved easy of Use, Perceived Usefulness, User Satisfaction dan Net benefit.

Siskohat is a strategic information system and vital for the Ministry of Religious Affairs. Disturbances in this information system will give a negative image for the Ministry of Religious Affairs which implies that the government has failed in undertaking to carry out the Act No. 34 of 2009. However, based on the results of the audit of Siskohat in 2012, seen many strategic plan did not implement as well as it should be run in accordance with the Strategic Plan 2010-2014 of Ditjen PHU. This became the basis for examining the factors that influence the successful implementation of Siskohat.
The model used in this study is a combined model of DeLone & Mclean and Technology Acceptance Model (TAM) which is adjusted with previous studies and the object of research studies. Data collection using questionnaire techniques. Processing data using Structural Equation Modeling (SEM) assisted with LISREL 8.7.
The research result is a successful model of information system of Siskohat. Some factors that influence the implementation success of Siskohat are System Quality, Information Quality, Service Quality, Percieved Easy of Use, Perceived Usefulness, User Satisfaction and Net benefit.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wahyuni
"Aplikasi MDK merupakan aplikasi yang digunakan oleh BKKBN untuk mencatat dan menghasilkan laporan terkait data keluarga di 33 provinsi di Indonesia. Aplikasi MDK telah digunakan sejak tahun 2011, tetapi aplikasi ini masih belum efektif. Hal ini terbukti dengan masih adanya masalah yang muncul sehingga aplikasi MDK tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Beberapa masalah yang sering muncul dalam penerapan aplikasi MDK di BKKBN adalah keluaran tidak akurat, penurunan performa ketika periode entry data, dan operator tidak mengikuti SOP yang ada. Oleh karena itu, penulis menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi efektivitas aplikasi MDK, dengan menggunakan model UTAUT dan model DeLone and McLean serta model persamaan struktural. Model UTAUT dan model DeLone and McLean menunjukkan pengaruh antara satu variabel dengan variabel lain yang memengaruhi perilaku pengguna dalam menerima sistem informasi. Model UTAUT berfokus pada aspek individu (pengguna) dan organsisasi, seperti ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan niat perilaku. Model DeLone and McLean berfokus pada aspek teknologi, seperti kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, minat menggunakan, dan kepuasan pengguna. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan ke pengguna aplikasi MDK. Data kuesioner yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan SPSS 22, AMOS 22, dan LISREL 8.80. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil bahwa kepuasan pengguna merupakan faktor yang secara langsung memengaruhi efektivitas aplikasi MDK, sedangkan kualitas layanan, kualitas informasi, kondisi fasilitas, dan kualitas sistem merupakan faktor yang memengaruhi efektivitas aplikasi MDK secara tidak langsung, melalui kepuasan pengguna.

MDK application is an application used by the BKKBN to record the data and generate reports related families in 33 provinces in Indonesia. MDK application has been used since 2011, but this application is not yet effective. This is proven by the existence of a problem that appears to applications MDK can not function properly. Some of the problems that often arise in the application of MDK in BKKBN application are inaccurate output, a decrease in performance when the data entry period, and the operators do not follow the SOP. Therefore, the author analyzes the factors that affect the effectiveness of the MDK application, by using the UTAUT model and the model of DeLone and McLean and structural equation models. Model of UTAUT and model of DeLone and McLean show the effect of one variable with another variable that affects the behavior of users in receiving the information system. UTAUT model focuses on individual aspects (users) and organization, such as performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, and behavioral intentions. DeLone and McLean model focuses on technological aspects, such as information quality, system quality, service quality, intention to use, and user satisfaction. Data were collected through questionnaires distributed to users? MDK application. Questionnaire data obtained were processed and analyzed using SPSS 22, AMOS 22, and LISREL 8.80. The results of analysis showed that user satisfaction are factors that directly affect the effectiveness of applications MDK, while service quality, information quality, facilitating conditions, and system quality are factors that affect the effectiveness of the application MDK indirectly, through user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>