Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 193442 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muningrum
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengategorikan barang dan jasa yang diminta oleh sebuah kapal di perusahaan pelayaran Indonesia menggunakan model portofolio Kraljic. Saat ini, perusahaan mengelompokkan barang dan jasa (komoditas) berdasarkan sifat dan kritikalitas fungsi. Namun, pengelompokan saat ini tidak menggambarkan strategi pembelian ketika perusahaan ingin memperoleh masing-masing komoditas. Dalam penelitian ini, skor komoditas untuk risiko supply dan dampak profit didapat melalui fuzzy multi-attribute. Tiga ahli pengadaan di perusahaan terlibat dalam penilaian attribute risiko supply dan dampak profit. Empat orang tambahan-total tujuh orang responden memberikan nilai untuk setiaps kelompok komoditas, yang digunakan untuk mengetahui skor kinerja sehubungan dengan risiko supply dan dampak profit. Komoditas kelompok kemudian ditempatkan dalam model portofolio Kraljic dengan penskalaan multidimensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap kelompok barang masuk kedalam salah satu kuadran kategori Kraljic dan perlu adanya sistem pengelolaan vendor. Pengategorian akan membantu perusahaan untuk membuat jenis hubungan yang tepat antara perusahaan dengan pemasok sehingga proses pengadaan bisa lebih andal dan waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh barang menjadi lebih pendek.

ABSTRACT
The goal of the study is to categorize the goods and services requested from a ship in an Indonesian shipping company into four quadrants using Kraljic's portfolio model. Currently, the company groups the goods and services (commodities) based on its critical nature and functionality. However, current grouping does not signify the purchasing strategy when the company wants to acquire each commodity. In this study, the commodity scores for their supply risk and potential profit impact through Fuzzy multi-attributete. Three procurement experts in the company are involved in scoring the supply risk and profit impact attributes. An additional four persons-a total of seven respondents scores identification of a list of group commodities, and used for finding out the performance scores with respect to supply risk and profit impact dimension. The group commodities are then placed in the Kraljic's Portfolio Model with multidimensional scaling. The results showed that each group of goods belonged to one of the Kraljic category quadrants and the necessity of vendor management system. The categorizing will help the company to make a proper type of relationship with the supplier so the procurement process can be more reliable and the time needed for acquiring goods become shorter."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Adinegoro
"Badan Layanan Umum (BLU) merupakan unit satuan kerja Pemerintah yang dibentuk untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dengan tidak mengutamakan pencarian keuntungan dalam operasinya. Guna menunjang kegiatan operasinya, satuan kerja berbentuk BLU diberikan fleksibilitas oleh Pemerintah, salah satunya adalah kebebasan untuk mengatur sendiri ketentuan terkait pengadaan barang/jasa dengan tetap mempertimbangkan prinsip efisiensi dan efektifitas serta berpedoman pada praktik bisnis yang wajar. Pada praktiknya, sebanyak 65% dari total seluruh satuan kerja BLU di Indonesia belum memiliki peraturan Pemimpin BLU tentang pengadaan barang/jasa di lingkup satuan kerjanya (LKPP,2024). Kondisi ini tercipta sebagai akibat dari kurangnya pemahaman dan atensi dari para Pemimpin BLU terhadap urgensi pengadaan barang/jasa dan bagaimana merancang strategi pemenuhannya. Teori Supply Positioning Model yang dicetuskan oleh Peter Kraljic (1983), dapat membantu para Pemimpin BLU untuk dapat mengkategorikan kebutuhan item barang/jasa organisasi kedalam sebuah matriks yang dinilai berdasarkan dua dimensi yakni resiko suplai dan dampak profit. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana langkah praktis menerapkan teori dimaksud dan apakah teori ini yang jamak dipraktikkan pada sektor privat dapat diadopsi pada organisasi sektor publik dengan mengambil locus penelitian pada BLU LMAN. Hasilnya, terdapat sepuluh kelompok item kebutuhan barang/jasa pada BLU LMAN yang berhasil dikategorikan ke dalam empat kuadran matriks, dan selanjutnya disusun strategi pengadaan sesuai kategori pada kuadran matriks tersebut.

The Public Service Agency (BLU) is a government work unit formed to improve public services to the community without prioritizing profit-making in its operations. To support its operational activities, BLU-shaped work units are given flexibility by the Government, one of which is the freedom to regulate their provisions related to the procurement of goods/services while still considering the principles of efficiency and effectiveness and being guided by reasonable business practices. In practice, as many as 65% of the total BLU work units in Indonesia do not yet have BLU regulations regarding procuring goods/services within the scope of their work units (LKPP, 2024). This condition was created due to a lack of understanding and low attention from BLU leaders regarding the urgency of procuring goods/services and how to design a fulfillment strategy. Supply Positioning Model theory which was coined by Peter Kraljic (1983), can help BLU leaders to categorize the need for organizational goods/services items into a matrix that is assessed based on two dimensions of supply risk and profit impact. This research was conducted to examine practical steps to apply the theory in question and whether this theory, which is commonly practiced in the private sector, can be adopted in public sector organizations by taking research place at BLU LMAN. As a result, there were ten groups of items needed for goods/services at BLU LMAN which were successfully categorized into four matrix quadrants, and then procurement strategies were prepared according to the categories in these matrix quadrants."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brigitta Adinda Sarasati
"Industri farmasi di Indonesia tumbuh signifikan akibat pandemi COVID-19. Industri ini sekarang menjadi salah satu sektor prioritas nasional, dengan salah satu praktik pembangunan utama adalah mencapai Standar Industri Hijau. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Model Pemilihan Pemasok Hijau dengan memasukkan karakteristik ekonomi dan ramah lingkungan untuk Pemasok Bahan Aktif Farmasi (API). Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menimbang kriteria dengan pendekatan Fuzzy dan Metode VIKOR untuk menentukan peringkat pemasok berdasarkan kriteria ekonomi dan ramah lingkungan. Penelitian ini menghasilkan pemeringkatan 6 pemasok untuk 2 API yang berbeda. Dengan model yang diusulkan, produsen farmasi dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan yang harus dimiliki pemasok ramah lingkungan untuk tujuan memilih pemasok ramah lingkungan yang paling sesuai.

Pharmaceutical Industry in Indonesia has grown significantly due to the COVID-19 pandemic. The industry is now becoming one of the country’s priority sectors, with one of the key development practices is to achieve Green Industry Standards. This study aims to design a Green Supplier Selection Model by incorporating the economic and green characteristics for Active Pharmaceutical Ingredients (API) Suppliers. Analytic Hierarchy Process (AHP) Method is used to weigh the criteria with a Fuzzy approach and VIKOR Method to rank the suppliers based on the weighted economic and green criteria. This research results in the ranking of 6 suppliers for 2 different APIs. With the proposed model, pharmaceutical manufacturers can have a better understanding of the capabilities that a green supplier must possess for the purpose of selecting the most suitable green supplier."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarissa Hapsari
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan portofolio dengan menggunakan model Fama-French Lima Faktor dengan modifikasi pada variabel profitabilitas. Pembentukan portofolio yang berbeda akan dilakukan untuk tiga macam variabel, yaitu berdasarkan laba operasional tahunan per total ekuitas RMW, laba operasional bulanan per total ekuitas ROE, dan laba operasional tahunan per total aset ROA. Portofolio jenis pertama ditujukan untuk variabel RMW, portofolio jenis kedua untuk variabel ROE, dan jenis ketiga untuk variabel ROA. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbasiskan model Fama-French Lima Faktor 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan pembentukan portofolio untuk variabel RMW memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap return saham. Hasil ini sesuai dengan hasil penelitian Fama-French 2015.

This study aims to analyze the portfolio formations using Fama French five factors model with modification on profitability variable. Different portfolio formations are performed for three kinds of profitability variables, which are annual operating profit per total equity RMW, monthly operating profit per total equity ROE, and annual operating profit per total assets ROA. The first portfolio formation type is for RMW variable, the second portfolio formation type is for ROE variable, and the third portfolio type is for ROA variable. The method used in this study is based on the Fama French Five Factor Model 2015. The result shows portfolio formation for RMW variable has the highest impact on stock return. This result is consistent with the results of the Fama French 2015. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitya Nur Rachman
"ABSTRAK
Beberapa tahun terakhir, lingkungan bisnis yang berfungsi di dunia telah berubah secara dramatis. Perkembangan teknologi membuat komunikasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain menjadi lebih efisien. Tingkat kompetisi antar para pelaku bisnis juga semakin ketat. Persaingan ini mengarah kepada 2 hal yakni Customer Relationship Management CRM dan Supplier Relationship Management SRM . Salah satu komponen penting dalam kesuksesan pengelolaan Supply Chain Management SCM adalah pengelolaan Suppier Relationship Management SRM yang baik. Industri konstruksi cenderung terlambat dalam mengadopsi SCM ke dalam strategi manajemen mereka. Para kontraktor sadar bahwa kunci untuk menerapkan SCM dalam industri konstruksi adalah melalui perencanaan dan pembelian produksi yang tepat. Dengan kondisi ini, perusahaan perlu membuat model pembelian yang efektif dan efisien untuk mencapai kondisi yang diharapkan. Portofolio model pembelian yang populer digunakan oleh akademisi dan praktisi adalah Model Kraljic yang ditemukan oleh Peter Kraljic pada tahun 1983 dan telah digunakan untuk menganalisis strategi pembelian oleh profesional.PT. X adalah salah satu perusahaan konstruksi swasta di Indonesia yang berpartisipasi dalam proyek strategis nasional. Untuk membatasi jumlah jenis komoditas, analisis pembelanjaan dilakukan untuk mengetahui komoditas mana yang memberikan kontribusi nilai terbesar dalam pengeluaran total perusahaan pada 2015-2017. Komoditas-komoditas ini dipetakan dalam matriks Kraljic berdasarkan faktor risiko pasokan dan laba untuk setiap komoditas. Berdasarkan hasil analisis menggunakan matriks Kraljic, PT. X dapat dilakukan strategi pembelian yang lebih baik yang dapat memaksimalkan kerja perusahaan dan divisi Supply Chain management di PT. X untuk dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

ABSTRACT
Nowadays, business environment that works in the world has changed dramatically. The development of technology make communication between one company to another more efficient. The level of competition between each is also getting tighter. This competition leads into two factor, they are Customer Relationship Management CRM and Supplier Relationship Management SRM . One of the key components in succeeding Supply Chain Management SCM is the management of Supplier Relationship Management SCM . Construction industry tends to be late in adopting SCM into their management strategy. The contractors are also aware that the key to applying SCM in the construction industry is through proper production planning and Purchasing. With these conditions, it is necessary for the company to make an effective and efficient model of Purchasing in order to achieve the expected conditions. The popular Purchasing model portfolio used by academics and practitioners is the Kraljic Model which found by Peter Kraljic in 1983 and has been used for analyzing Purchasing strategy by professional.PT. X is one of the private construction companies in Indonesia which participated in national strategic projects. To limit the commodity type quantity, Spending Analysis is performed to know which commodities that give biggest value contribution in company rsquo s total expenditure in 2015 2017. These commodities is mapped in Kraljic rsquo s matrix based on their supply risk and profit impact factor for each commodity. Based on the analysis result using Kraljic rsquo s matrix, PT. X can do better strategy of Purchasing that can maximize company rsquo s work and the Supply Chain management division in PT. X so it could improve purchasing process that work more effective and efficient for the company. "
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50417
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Karima Maharani
"ABSTRACT
Pemasok memiliki peran yang sangat penting dalam rantai pasok. Terjadinya permasalahan pada pemasok dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan, sehingga evaluasi pemasok perlu dilakukan untuk menentukan langkah yang tepat dalam pengelolaan setiap pemasok. Segmentasi pemasok menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengelola berbagai pemasok secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan evaluasi pemasok dengan segmentasi pada salah satu perusahaan keju di Bandung, Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Best-Worst Method (BWM) untuk memperoleh bobot kriteria evaluasi pemasok, serta technique for Order of Preference by Similiarity to Ideal Solution TOPSIS) untuk memperoleh nilai akhir dari setiap pemasok yang akan menjadi dasar dalam mensegmentasi pemasok berdasarkan dimensi kemampuan dan kesediaan pemasok. Hasil dari penelitian ini adalah pengelompokkan 22 pemasok bahan baku keju ke dalam empat segmen berbeda, serta rekomendasi strategi pengelolaan yang sesuai untuk setiap segmen pemasok. Beberapa kondisi seperti kenaikan harga bahan baku, perusahaan melibatkan pemasok dalam proses pengembangan produk keju, serta peningkatan dan penurunan permintaan produk keju dapat menyebabkan terjadinya perubahan hasil segmentasi pemasok.

ABSTRACT
Suppliers play a key role in the supply chain. The occurrence of problems with suppliers can cause losses to the company, therefore supplier evaluation have become critical for company to determine the right action plan in managing suppliers. Supplier segmentation is one effective way to manage various suppliers systematically. This study aims to integrate supplier evaluation with segmentation in one of the cheese company in Bandung, Indonesia. The method used in this study is Best-Worst Method (BWM) to obtain the weight of supplier evaluation criteria, as well as Technique for Order of Preference by Ideal Solution (TOPSIS) to obtain the final score of each supplier which will be the basis for segmenting suppliers based on capabilities and willingness dimensions. The results of this study are classifying 22 suppliers of cheese's raw materials into four different segments, and recommendations of suitable action plans for each segment. Some conditions such as increased raw material prices, involving supplier in the process of developing cheese products, increased as well as decreased demand can cause changes in supplier segmentation results."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Indracahya
"ABSTRAK
PT. Firmenich Indonesia adalah salah satu perusahaan multinasional yang bergerak pada bisnis perisa makanan dan wangi-wangian. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini terdiri dari produk yang dihasilkan dari proses produksi di dalam pabrik PT. Firmenich Indonesia, juga produk yang berupa produk trading yang dibeli oleh perusahaan melalui cabang perusahaan yang berada di luar negeri. Permasalahan yang terjadi adalah tidak tercapainya target tingkat kepuasan pelanggan dalam tiga tahun belakangan ini dan juga pembelian produk barang jadi (trading) yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan. Untuk dapat mencapai target tersebut, digunakan pendekatan metoda klasifikasi ABC dan metoda Kraljic dalam menentukan strategi manajemen rantai pasok. Setelah melakukan klasifikasi produk dengan metoda ABC, kemudian dilanjutkan dengan metoda Kraljic yang bermaksud untuk mengkelompokkan produk ke dalam matriks 2x2 dengan dua dimensi yang dijadikan sebagai acuan atau patokan, yakni Supply Risk dan Profit Impact. Pengelompokkan ini adalah untuk memudahkan manajer atau manajemen agar dapat lebih fokus terhadap produk yang mempunyai dampak besar terhadap Profit atau keuntungan perusahaan serta melihat resikonya dari sudut pandang Supply Risk dan langkah apa yang harus diambil terhadap produk-produk tersebut. Dari penelitian, ada 44 (empat puluh empat) jenis produk yang mempunyai resiko sangat besar terhadap Profit maupun Supply Risk.

ABSTRACT
PT. Firmenich Indonesia is one of the multinational companies in the flavors and fragrances industry. The company has two products categories which one product is being locally manufactured and the other one is purchase from other firmenich affiliates in overseas which called trading product. The company has problems in achieving the target of customer satisfaction level. This level is always below management’s target. Purchases of product are also not based on the customers’ needs or demands. In order to achieve the target, two methods which are ABC classification and also Kraljic method are used to determine the supply chain management strategy. After classifying the product using ABC method, Kraljic method groups the products into a 2x2 matrix uses two dimension matrixes as references, called Supply Risk and Profit Impact. The purpose of this grouping is to facilitate the manager or management to focus on the products that will immensely impact the company profit as well as the supply risk. Consequently, management can evaluate the possible actions taken. From this research, there are 44 items identified to have a great impact on supply risk as well as profit impact."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thomas Whisnu Dian Kharisma
"[ABSTRAK
Kompetisi bisnis saat ini tidak lagi persaingan antar individu perusahaan namun
sudah melibatkan dynamic supply dan jaringannya, sehingga pemasok ikut
memberikan peranan dalam kesuksesan suatu perusahaan dalam persaingan bisnis.
Salah satu indikator peranan pemasok terletak pada kualitas bahan baku yang
dipasok ke perusahaan, untuk itu memonitor dan meningkatkan kualitas bahan baku
menjadi hal yang penting untuk ikut menentukan performa perusahaan terutama
terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Setiap perusahaan memiliki cara untuk
meningkatkan kualitas bahan baku, salah satunya dengan menciptakan sistem
monitoring kualitas atau prosedur kerja yang dapat memastikan dan meningkatkan
kualitas bahan baku. Sistem monitoring kualitas yang diterapkan di T. X sebagai
tempat penelitian belumcukup responsif dan belum mempertimbangkan sisi kritikal
suatu non conformity karena hanya dilihat dari sisi jumlah non conformity yang ada
dengan penanganan menggunakan Supplier Correction Action Request (SCAR)
form untuk semua tipe non conformity, sedangkan untuk non conformity yang
kritikal perlu menunggu keputusan manajemen. Dalam penelitian ini, dihasilkan
sistem monitoring kualitas berupa prosedur kerja yang lebih responsif dengan
mengklasifikasikan tipe non conformity berdasarkan tingkat kritikalnya
menggunakan pendekatan Total Quality Management (TQM). Penggunaan
fishbone diagram, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dan Quality Function
Deployment (QFD) membuat hasil sistem monitoring kualitas yang berupa
prosedur kerja menjadi lebih dapat dipercaya untukdapat meningkatkan efektifitas
penanganan non conformity bahan baku yang terjadi.

ABSTRACT
Business Competition is no longer the competition between individual companies
but already involve dynamic supply and network, thus supplier help provide role in
the success of company in the business competition. One indicator of the role of the
supplier lies in the quality of raw material supplied to the company, based on that
monitoring and improving the quality of raw material becomes important to
participate in determining the performance of the company mainly to the quality of
products produced. Each company has a way to improve the quality of raw maetrial,
one of them by creating a quality monitoring system or work procedures than can
ensure and improve the quality of the raw material. Quality monitoring system
which currently applied in PT. X has not sufficiently responsive and not consider
the criticality of non conformity because only consider the number of non
conformity with the handling of using Supplier Corrective Action Request (SCAR)
form for all types of non-conformity, while for critical non conformity need to wait
management decisions In this research, produced quality monitoring system in the
form of working procedure more responsive by classify non conformity based on
the level of criticality with Total Quality Management (TQM) approach. Use
fishbone diagram, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), and Quality
Function Deployment (QFD) make the quality monitoring tool in the form of work
procedures become more trustworthy in order to improve the effectiveness of the
handling of non conformity bahan baku, Business Competition is no longer the competition between individual companies
but already involve dynamic supply and network, thus supplier help provide role in
the success of company in the business competition. One indicator of the role of the
supplier lies in the quality of raw material supplied to the company, based on that
monitoring and improving the quality of raw material becomes important to
participate in determining the performance of the company mainly to the quality of
products produced. Each company has a way to improve the quality of raw maetrial,
one of them by creating a quality monitoring system or work procedures than can
ensure and improve the quality of the raw material. Quality monitoring system
which currently applied in PT. X has not sufficiently responsive and not consider
the criticality of non conformity because only consider the number of non
conformity with the handling of using Supplier Corrective Action Request (SCAR)
form for all types of non-conformity, while for critical non conformity need to wait
management decisions In this research, produced quality monitoring system in the
form of working procedure more responsive by classify non conformity based on
the level of criticality with Total Quality Management (TQM) approach. Use
fishbone diagram, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), and Quality
Function Deployment (QFD) make the quality monitoring tool in the form of work
procedures become more trustworthy in order to improve the effectiveness of the
handling of non conformity bahan baku]"
2015
T45419
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sijabat, Gilbertha Ayu
"Kebutuhan dan konsumsi listrik yang terus meningkat menuntut pasokan listrik yang harus terus tersedia dengan kapasitas maksimal. Pemilihan pemasok adalah proses yang penting untuk penanggulangan resiko kegagalan dalam pengadaan, namun sulit karena banyak kriteria yang harus dipertimbangkan. Penelitian ini mengusulkan model pemilihan pemasok suku cadang pada pembangkit listrik dengan menggunakan penggabungan metode Analitical Hierarchy Process (AHP) dan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE). AHP digunakan untuk menentukan bobot kepentingan kriteria dan PROMETHEE untuk menghasilkan urutan peringkat pemasok. Model ini diterapkan dalam pemilihan pemasok fin tube dan solenoid valve. Dari empat pemasok, pemasok D yang memiliki lead time tercepat walau bukan yang termurah adalah pemasok terbaik untuk fin tube, sedangkan dari tiga pemasok solenoid valve, pemasok E yang memiliki harga paling murah dengan lead time terpendek meskipun memiliki histori keterlambatan adalah yang terbaik.

The increasing electricity demand and consumption compel that electricity supply must always be available with maximum capacity. Selection of suppliers is an important process to overcome the risk of failure in procurement, but it is a difficult task because it takes many consideration based on the criterias. This study proposes a selection model of spare parts suppliers in power plants using a combination of Analytical Hierarchy Process (AHP) methods and Preference Ranking of Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE). AHP is used to determine the importance weight of criteria and PROMETHEE to produce a outranking of suppliers. This model is applied on the selection of fin tube and solenoid valve suppliers. From four suppliers, supplier D, which has the shortest lead time even not the lowest price is the best one for fin tube, while from the three suppliers of solenoid valve, supplier E which has the lowest price with the shortest lead time even has a delay history is the best one."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samantha Astari Kusuma
"Rantai pasokan spare part sangat penting untuk memastikan umur panjang kapal di industri pelayaran. Terlepas dari kenyataan penting ini, analisis spare part supply chain di perusahaan pelayaran cenderung diabaikan. Penelitian ini menggunakan linear programming oleh Excel Solver untuk mengidentifikasi metode pengiriman yang paling direkomendasikan untuk spare part supply chain untuk proses pengadaan dari salah satu perusahaan pelayaran kontainer yang berada di Indonesia. Metode pengiriman yang dianalisis adalah air freight, sea freight, dan express delivery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hingga Rp3.775.659.422 untuk proses outbound dan Rp38.807.543 untuk proses inbound dapat dihemat dengan menggunakan metode pengiriman yang direkomendasikan oleh Excel Solver.

Spare part supply chains are essential to ensure the longevity of vessels in shipping industries. Despite this critical fact, spare part supply chain analyses in shipping companies tend to be forgotten. This research used linear programming by Excel Solver to identify the most recommended shipping methods for spare part supply chains for procurement processes from one container shipping company based in Indonesia. The analyzed shipping methods were air freight, sea freight, and express delivery. This research showed that up to IDR 3.775.659.422 for outbound processes and IDR 38.807.543 for inbound processes can be saved by using the recommended shipping methods."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>