Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 169993 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hanggara Surya Pratama
"Businees caoching, UMKM, inventory control, benchmarking, stock opname, random sampling, FSN classification ini ditulis berdasarkan bagaimana sebuah proses business coaching dapat membantu UMKM untuk meningkatkan bagian apa yang perlu dilakukan perbaikan. Seperti bagian SDM, keuangan, operasional, atau marketing berdasarkan pengalaman pribadi pemilik dan berdasarkan pengamatan coach di perusahaan. ProQ adalah UMKM yang bergerak di bidang jasa perawatan dan perbaikan AC kendaraan bermotor. Di ProQ tidak terdapat sebuah proses inventory control sehingga mengganggu kegiatan operasionalnya.
Tesis ini merupakan hasil dari penerapan inventory control bagi bengkel ProQ melalui proses identifikasi masalah, rekomendasi penyelesaian masalah, dan implementasi dari rekomendasi tersebut. Langkah yang di ambil yaitu melakukan proses benchmarking terhadap PT X yang sudah menjalankan inventory control dalam skala besar dan dengan jumlah inventory suku cadang yang sangat banyak.
Dari benchmarking tersebut kemudian didapatkan langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan ProQ dengan mengadaptasi inventory control dari PT X, yaitu pentingnya keberadaan partman dan SOPnya, kegiatan random sampling dan stock opname yang teratur dan memiliki berita acara yang jelas, dan pencatatan dari keluar masuknya suku cadang sudah sangat baik dan terorganisir. Dan PT. X juga mempunyai klasifikasi fast, slow, dan non moving inventory yang diketahui melalui umur suku cadang.

This paper is written based on how a business coaching process can help SMEs to improve which area need an improvement. Such as the HR, finance, operational, or marketing section based on the personal experience of the owner and based on the coach observations to the company. ProQ is a SME engaged in maintenance services and repair of motor vehicle air conditioners. In ProQ there is no inventory control process so that its operational activities is disturbed.
This paper is the result of applying inventory control for ProQ workshop through problem identification process, problem solving recommendations, and implementation of the recommendations. The step taken is to conduct a benchmarking process against PT.X which has run inventory control on a large scale and with a large inventory of spare parts.
From the benchmarking, there are few steps that can be done by adapting the inventory control of PT.X, namely the importance of the existence of partman and its SOP, random sampling and stock operational activities are scheduled and have clear records and reports, and recording of the daily in and out of a sparepart from its inventory which is well organized. And PT. X also has a classification of fast, slow, and non-inventory known through age of a spare parts.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Husin
"Tesis ini membahas business coaching mengenai penerapan strategi promosi untuk meningkatkan penjualan dari UMKM Bengkel Trijaya Ban. Masalah yang diangkat pada tesis ini lebih kepada masalah yang dihadapi oleh Bengkel Trijaya Ban yang belum mempunyai strategi promosi yang lebih dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.
Usulan yang diajukan adalah dengan menerapkan empat strategi promosi baru yang cocok dengan kondisi Bengkel Trijaya Ban dan sesuai dengan kemajuan zaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan owner dan staff bengkel Trijaya Ban demi mengetahui kekurangan dan gap di Bengkel Trijaya Ban.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi promosi yang sesuai dapat meningkatkan penjualan di Bengkel Trijaya Ban. Hasil dari implementasi promosi ini adalah agar bengkel bisa bersaing dengan para kompetitor dan meningkatkan penjualan dikala kompetisi bengkel sangat ketat.

This thesis discusses the business coaching on the implementation of promotion strategy to increase sales of SME Trijaya Tires Workshop. The problem raised in this thesis is more to the problems faced by Bengkel Trijaya Ban who do not have a promotional strategy that is more able to reach the broader target market.
The proposed proposal is to apply four new promotional strategies that match the condition of Trijaya Ban Workshop and in accordance with the progress of the times. The method used in this research is an interview with the owner and staff of Trijaya Ban workshop in order to know the shortcomings and gaps in Trijaya Tires Workshop.
The conclusion of this research is the implementation of appropriate promotion strategy can increase sales in Bengkel Trijaya Ban. The result of this promotional implementation is that the workshop can compete with the competitors and increase sales when the competition is very tight.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49924
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lettisia Gianti Tunggala
"ABSTRAK
Setiap bentuk bisnis usaha tentu memiliki tantangan dan masalahnya masing-masing dalam mengembangkan usahanya tersebut, tidak terkecuali dengan usaha mikro, kecil dan menengah UMKM . Sementara itu, untuk terus dapat bersaing dan mempertahankan keberlangsungan bisnis, para pemilik UMKM harus terus meningkatkan proses bisnis mereka dan mengembangkan strategi bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu UMKM yang merupakan bengkel perawatan dan perbaikan AC Mobil, yaitu bengkel ProQ, dalam melakukan evaluasi dan pengembangan bisnis untuk mencapai targetnya. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan pendistribusian kuisioner kepada pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada. Dari hasil pengumpulan data dan analisis, disimpulkan bahwa perusahaan perlu mengembangkan pemasaran digitalnya untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan melakukan evaluasi kualitas pelayanan. Oleh karena itu dilakukan pengembangan website dari segi desain, struktur dan konten, serta evaluasi kualitas pelayanan dengan metode SERVQUAL kepada pelanggan yang sudah ada.

ABSTRACT
Every form of business must have its challenge and ability in developing its business, not least with micro, small and medium enterprises MSME . Meanwhile, in order to compete and maintain the sustainability of business, the owners of MSME need to keep improving their business process and develop business strategy. The aim of this study is to help a MSME which is an auto care and service to evaluate and develop its business to find what can be improved to achieve its target. The data is collected by interviewing, observing and distributing questionnaire to its potential and existing customers. It is found that the company needs to revamp its digital marketing to boosts the numbers of customers and evaluate its service quality. Therefore, the purpose of this study is to develop the website in terms of design, structure and content, as well as evaluate its service quality with SERVQUAL method to existing customers. "
[Depok, Depok]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Supriyanto
"Thesis ini membahas business coaching yang dilakukan penulis dengan Karin Kukis, UMKM yang khusus memproduksi kue kering dan melakukan penjualan hanya dengan melalui jalur facebook. Tujuan dari thesis ini adalah membantu pertumbuhan bisnis Karin Kukis dengan merumuskan model bisnis yang berkelanjutan, untuk membantu produk menembus pasar yang lebih luas dan memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Rekomendasi untuk karin kukis adalah melakukan perhitungan titik impas, melakukan pencatatan harian, meningkatkan identitas merek dengan melakukan perubahan pada logo, meningkatkan kemampuan dalam photografi, pembuatan website yang nantinya menjadi toko online sebagai salah satu sarana untuk berkomunikasi dengan konsumennya, dan berupaya optimal dalam hal perbaikan kemasan, sebab tanpa perbaikan kemasan maka produk tidak bisa dikirim lebih jauh dari Jakarta. Kesimpulan dari pembinaan dengan Karin Kukis telah dihasilkan perhitungan titik impas dan pencatatan harian yang telah disepakati, telah dibuatkan website dan ada masukan juga tentang perbaikan posisi kue dalam kemasan untuk menghindari kerusakan. Tidak semua dapat dijalankan karena keterbatasan waktu si pemilik usaha dalam persiapannya menghadapi lebaran tahun 2016.

This thesis discusses business coaching conducted by the author with Karin Kukis, SME?s which specialized in producing pastries and selling only through Facebook. The purpose of this study is to help Karin Kukis business to growth by formulating a sustainable business model, to help the product penetrate a wider market and provide more value to customers. Recommendations for Karin Kukis are make improvement in the internal business process by calculation of break-even point, provide the form of daily transaction recording, improve their brand identity by making changes to the logo, improve their skills in photography, making the website which will be online store and became one of the means to communicate with its customers, and seeks optimal in terms of improved packaging, because without the packaging improvements product could not be delivered further from Jakarta. The conclusion of the coaching with Karin Kukis is to make a calculation of break-even point, provide the form of daily transaction recording, create a website and there is also input in the cookies configuration in the jar to prevent the damage. Not all can be run due to time constraints of the business owners in preparation to face the Eid 2016.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramdhan Firmansyah
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang pengembangan aktivitas operasional di bengkel ProQ, serta analisis aktivitas operasional yang telah dijalankan oleh ProQ. Tujuan utama dari business coaching ini adalah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh bengkel ProQ dari hasil analisis yang telah dilakukan. Adapun yang menjadi prioritas dari pengembangan aktivitas operasional ProQ adalah pembuatan Standar Operasional Prosedur SOP berdasarkan persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015, perbaikan proses bisnis dengan mengukur lead time dan membandingkannya dengan metode benchmarking, penerapan stock opname sebagai pengembangan inventory management, serta pengukuran beban kerja mekanik.

ABSTRACT
This thesis discusses about the development of operational activity in the workshop ProQ, and analysis of operational activities that undertaken by the ProQ. The main objective of this business coaching is to develop the potential of ProQworkshop from the analysis that has been done. As for the priorities of the development of operational activity is making Standard Operating Procedures SOPs based on quality management system that required of ISO 9001 2015, business process improvement by measuring the lead time and compared by benchmarking method, implementation of stock opname as development of inventory management, and measurement of the mechanical work load. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kaban, Nur Sabil Mahsyar
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan UMKM bengkel air conditioner AC ProQ. Keterkaitan ditemukan antara kepuasan pelanggan dan kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan. Di dunia bisnis, pelanggan merupakan sumber keuntungan dan pendapatan bagi organisasi jasa dan peningkatan kualitas layanan sehingga mengarah pada loyalitas pelanggan. Studi ini meneliti pengaruh kualitas terhadap kepuasan dengan memusatkan perhatian pada hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dan bagaimana kualitas dapat ditingkatkan di ProQ sebagai perusahaan jasa. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk melakukan penelitian ini. Pengambilan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pelanggan industri bengkel AC kendaraan. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan menarik kesimpulan. Kualitas layanan juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti interaksi manusia, lingkungan fisik, nilai, harga, kinerja, dan lain - lain. Untuk memperbaiki sistem kinerja perusahaan harus lebih fokus pada pengenalan kebijakan yang berorientasi pada karyawan dengan menetapkan layanan. Budaya perusahaan diikuti oleh strategi yang kuat dan menghapus kesenjangan antara manajemen - karyawan dan pelanggannya. Melalui perencanaan yang tepat dan perusahaan pemantau konstan dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan tingkat kualitas dan mempertahankan pelanggan mereka yang ada dan yang akan datang.

The purpose of this research is to analyze the influence of service quality on customer satisfaction of UMKM workshop of air conditioner AC ProQ. The linkage is found between customer satisfaction and the quality of service provided by the company. In the business world, customers are a source of profit and revenue for service organizations and improve service quality leading to customer loyalty. This study examines the effect of quality on satisfaction by focusing on the relationship between service quality and customer satisfaction and how quality can be improved in ProQ as a service company. Qualitative research method was appllied to conduct this research. The selection of the primary study was conducted by interviewing the customers of the vehicle air conditioner workshop. The research findings were analyzed by applying qualitative data analysis techniques to build the analysis and draw conclusions. Service quality also contributes significantly to customer satisfaction as it is influenced by various factors such as human interaction, physical environment, value, price, performance, etc. To improve the company 39 s performance system, it should focus more on introducing employee oriented policies by establishing services. Company culture is followed by a strong strategy and removes the gap between management employees and customers. It was found that through proper planning and constant monitoring companies can develop effective strategies to improve the quality level and retain their existing and future customers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulhasni
"
PT. Unilever Indonesia yang saat ini sudah banyak
dikenal masyarakat pada mulanya didirikan menjelang akhir
tahun 1933 dengan nama Lever's Zeepfabrieken N.V. ("LZF")
dan mulai beroperasi sebagai produsen sabun pada bulan Oktober
1934, setelah beberapa kali mengalami perubahan baik
nama maupun modal maka pada tahun I960 resmilah pemakaian
nama PT. Unilever Indonesia sampai sekarang.
"
1985
S-pdf (masih dalam digitalisasi)
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Martyna Theodora
"Pembinaan yang dilakukan adalah pembinaan terhadap UMKM Sofisticake dimana UMKM Sofisticake bergerak di industri roti dan kue. Sofisticake merupakan usaha mikro yang beroperasional di Depok. Target Sofisticake adalah meningkatkan pertumbuhan penjualan dan keuntungan. Penilaian dilakukan berdasarkan analisa marketing  yaitu analisa internal dan eksternal, analisa marketing mix dan analisa ansoff. Solusi yang ditawarkan adalah membentuk strategi ekspansi melalui strategi agen. Proses business coaching dilakukan selama 1.5 bulan dan diharapkan dapat memberi ruang UKM untuk memperbesar kapasitas. Metode pengumpulan data  dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan bisnis coaching dilakukan sebagai aktivitas harian UMKM bersama

The guidance that is providing guidance to SMEs Sofisticake where Sofisticake SMEs engaged in bread and cakes industry . Sofisticake is a micro-enterprises operating in Depok . Target Sofisticake is to expand its sales volume and  margin. Assessment is based on the analysis of marketing , Through internal and external analysis , marketing mix analysis and Ansoff Analysis . The solution offered is to establish an expansion strategy through strategies agent . Business coaching process is carried out for 1.5 months and is expected to enlarge the capacity of SMEs . Data collection methods through a qualitative approach . Business coaching is done through daily activities of SMEs together with coach ."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
RM. Avil Ardendo Suryo Nuswanto
"Business coaching dilakukan untuk membantu UKM Bengkel ProQ dalam mencapai sasarannya, yakni pencapaian laba bersih tahunan sebesar Rp.1 miliar pada akhir tahun 2017, serta pembukaan cabang di kota selain Jakarta dan Bandung. Untuk mendukung pencapaian sasaran tersebut, penulis menetapkan dua tujuan untuk karya akhir ini yang didasari pada permasalahan yang ditemukan dari dua gejala pada aspek akuntansi dan keuangan yang mengemuka, yakni untuk meningkatkan kinerja fungsi akuntansi, dan meningkatkan kinerja manajemen kas. Metode business coaching yang diimplementasikan dimulai dari kick-off meeting, pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan pengambilan data sampel, analisis masalah menggunakan fishbone diagram, pemecahan masalah dan rekomendasi, hingga rencana implementasi. Hasil karya akhir adalah disusunnya daftar tugas dan KPI (Key Performance Indicator) staf admin keuangan, perapihan bagan akun, penyusunan panduan penggunaan program Accurate, penyertaan fungsi penganggaran keuangan ke dalam daftar tugas dan KPI staf admin keuangan, serta penyusunan prosedur penarikan uang. Kesimpulan dari upaya peningkatan kinerja fungsi akuntansi adalah penyusunan daftar tugas dan KPI kurang efektif dalam mengurangi beban kerja staf admin keuangan karena belum adanya perubahan alur proses kerja atas tugas pendukung personil termaksud. Pada upaya peningkatan kinerja manajemen kas, fungsi penganggaran keuangan belum dijalankan oleh personil terkait karena kurangnya pengawasan implementasi fungsi termaksud oleh atasannya.

The business coaching process was done to help ProQ Workshop in achieving its objective of annual net income of Rp.1.000.000.000,00 at the end of 2017 and the opening of new branches outside Jakarta and Bandung. To support the achievement, two objectives were set for this final assignment based on the problems found, which are to improve accounting performance and cash management. The business coaching method started with kick-off meeting, data gathering via in-depth interview, observation, data sampling, problem analysis using fishbone diagram, problem solving and recommendation, and implementation plan. The outcomes are the creation of task list and KPI (key performance indicator) of finance administration staff, reorganization of its chart of accounts, creation of accurate program operating manual, financial budgeting function addition to the task list and KPI, and creation of money withdrawal procedure. The conclusion in accounting performance improvement is that the created task list and KPI were proven ineffective in decreasing the staff’s workload as it was not followed by changes in work flow of what was deemed as supporting task of the staff. In cash management improvement, financial budgeting function was not implemented due to the lack in the function implementation’s monitoring by the staff’s supervising officer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rivaldi H Hadiatmadja
"Tesis ini membahas strategi market development yang dijalankan oleh coach dalam bentuk kegiatan sales promotion di Bengkel XYZ. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Bengkel XYZ bergerak di bidang industri otomotif dan terletak di Margonda, Depok, Jawa Barat, menyediakan layanan penjualan aksesoris dan onderdil, perawatan berkala dan perbaikan, serta peningkatan peforma mobil. Untuk mengetahui kendala, khususnya dibidang pemasaran, yang dialami oleh Bengkel XYZ, coach melakukan proses observasi lapangan, wawancara dengan pemilik, dan penyebaran kuesioner terhadap pelanggan. Hal ini dilakukan agar data-data tersebut dapat menjadi dasar dari strategi market development yang akan diterapkan di Bengkel XYZ.

This thesis discusses the strategy of market development which is run by coach in the form of sales promotion activity in Bengkel XYZ. MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) XYZ's workshop is engaged in the automotive industry and is located in Margonda, Depok, West Java, providing sales service of accessories and spare parts, periodic maintenance and repair, and improved car performance. To know the obstacles, especially in the field of marketing, experienced by XYZ Workshop, the coach conducts field observation, interviews with the owner, and distributes questionnaires to customers. This is done so that these data can be the basis of market development strategy that will be applied in XYZ Workshop."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>