Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 95678 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Samosir, Edward Petrus
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang kegiatan business coaching yang dilaksanakan oleh coach dan bengkel ProQ, UMKM yang bergerak di bidang perbaikan, perawatan dan servis AC mobil. Kegiatan business coaching ini berfokus pada fungsi pemasaran. Tujuan dari tesis ini adalah untuk membantu perusahaan mengembangkan desain grafis untuk kegiatan promosi pada ProQ. Data yang dikumpulkan berasal dari wawancara dan kuesioner yang dianalisa menggunakan business model canvas, value proposition canvas, importance-performance analysis, segementing, targeting, positioning STP analysis, service marketing mix dan gap analysis.

ABSTRACT
The thesis discusses about business coaching process conducted by the coach and ProQ workshop, MSME that engaged in automobile rsquo s air conditioner service, repair, and maintenance. This business coaching focus is mainly on marketing function. The goal of this thesis is to help the company developing graphic design template for promotion at ProQ. The data gathered from interviews and questionnaires were analyzed using business model canvas, value proposition canvas, importance performance analysis, segmenting, targeting, positioning STP analysis, service marketing mix, and gap analysis."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lettisia Gianti Tunggala
"ABSTRAK
Setiap bentuk bisnis usaha tentu memiliki tantangan dan masalahnya masing-masing dalam mengembangkan usahanya tersebut, tidak terkecuali dengan usaha mikro, kecil dan menengah UMKM . Sementara itu, untuk terus dapat bersaing dan mempertahankan keberlangsungan bisnis, para pemilik UMKM harus terus meningkatkan proses bisnis mereka dan mengembangkan strategi bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu UMKM yang merupakan bengkel perawatan dan perbaikan AC Mobil, yaitu bengkel ProQ, dalam melakukan evaluasi dan pengembangan bisnis untuk mencapai targetnya. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan pendistribusian kuisioner kepada pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada. Dari hasil pengumpulan data dan analisis, disimpulkan bahwa perusahaan perlu mengembangkan pemasaran digitalnya untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan melakukan evaluasi kualitas pelayanan. Oleh karena itu dilakukan pengembangan website dari segi desain, struktur dan konten, serta evaluasi kualitas pelayanan dengan metode SERVQUAL kepada pelanggan yang sudah ada.

ABSTRACT
Every form of business must have its challenge and ability in developing its business, not least with micro, small and medium enterprises MSME . Meanwhile, in order to compete and maintain the sustainability of business, the owners of MSME need to keep improving their business process and develop business strategy. The aim of this study is to help a MSME which is an auto care and service to evaluate and develop its business to find what can be improved to achieve its target. The data is collected by interviewing, observing and distributing questionnaire to its potential and existing customers. It is found that the company needs to revamp its digital marketing to boosts the numbers of customers and evaluate its service quality. Therefore, the purpose of this study is to develop the website in terms of design, structure and content, as well as evaluate its service quality with SERVQUAL method to existing customers. "
[Depok, Depok]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanggara Surya Pratama
"Businees caoching, UMKM, inventory control, benchmarking, stock opname, random sampling, FSN classification ini ditulis berdasarkan bagaimana sebuah proses business coaching dapat membantu UMKM untuk meningkatkan bagian apa yang perlu dilakukan perbaikan. Seperti bagian SDM, keuangan, operasional, atau marketing berdasarkan pengalaman pribadi pemilik dan berdasarkan pengamatan coach di perusahaan. ProQ adalah UMKM yang bergerak di bidang jasa perawatan dan perbaikan AC kendaraan bermotor. Di ProQ tidak terdapat sebuah proses inventory control sehingga mengganggu kegiatan operasionalnya.
Tesis ini merupakan hasil dari penerapan inventory control bagi bengkel ProQ melalui proses identifikasi masalah, rekomendasi penyelesaian masalah, dan implementasi dari rekomendasi tersebut. Langkah yang di ambil yaitu melakukan proses benchmarking terhadap PT X yang sudah menjalankan inventory control dalam skala besar dan dengan jumlah inventory suku cadang yang sangat banyak.
Dari benchmarking tersebut kemudian didapatkan langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan ProQ dengan mengadaptasi inventory control dari PT X, yaitu pentingnya keberadaan partman dan SOPnya, kegiatan random sampling dan stock opname yang teratur dan memiliki berita acara yang jelas, dan pencatatan dari keluar masuknya suku cadang sudah sangat baik dan terorganisir. Dan PT. X juga mempunyai klasifikasi fast, slow, dan non moving inventory yang diketahui melalui umur suku cadang.

This paper is written based on how a business coaching process can help SMEs to improve which area need an improvement. Such as the HR, finance, operational, or marketing section based on the personal experience of the owner and based on the coach observations to the company. ProQ is a SME engaged in maintenance services and repair of motor vehicle air conditioners. In ProQ there is no inventory control process so that its operational activities is disturbed.
This paper is the result of applying inventory control for ProQ workshop through problem identification process, problem solving recommendations, and implementation of the recommendations. The step taken is to conduct a benchmarking process against PT.X which has run inventory control on a large scale and with a large inventory of spare parts.
From the benchmarking, there are few steps that can be done by adapting the inventory control of PT.X, namely the importance of the existence of partman and its SOP, random sampling and stock operational activities are scheduled and have clear records and reports, and recording of the daily in and out of a sparepart from its inventory which is well organized. And PT. X also has a classification of fast, slow, and non-inventory known through age of a spare parts.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kaban, Nur Sabil Mahsyar
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan UMKM bengkel air conditioner AC ProQ. Keterkaitan ditemukan antara kepuasan pelanggan dan kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan. Di dunia bisnis, pelanggan merupakan sumber keuntungan dan pendapatan bagi organisasi jasa dan peningkatan kualitas layanan sehingga mengarah pada loyalitas pelanggan. Studi ini meneliti pengaruh kualitas terhadap kepuasan dengan memusatkan perhatian pada hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dan bagaimana kualitas dapat ditingkatkan di ProQ sebagai perusahaan jasa. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk melakukan penelitian ini. Pengambilan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pelanggan industri bengkel AC kendaraan. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan menarik kesimpulan. Kualitas layanan juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti interaksi manusia, lingkungan fisik, nilai, harga, kinerja, dan lain - lain. Untuk memperbaiki sistem kinerja perusahaan harus lebih fokus pada pengenalan kebijakan yang berorientasi pada karyawan dengan menetapkan layanan. Budaya perusahaan diikuti oleh strategi yang kuat dan menghapus kesenjangan antara manajemen - karyawan dan pelanggannya. Melalui perencanaan yang tepat dan perusahaan pemantau konstan dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan tingkat kualitas dan mempertahankan pelanggan mereka yang ada dan yang akan datang.

The purpose of this research is to analyze the influence of service quality on customer satisfaction of UMKM workshop of air conditioner AC ProQ. The linkage is found between customer satisfaction and the quality of service provided by the company. In the business world, customers are a source of profit and revenue for service organizations and improve service quality leading to customer loyalty. This study examines the effect of quality on satisfaction by focusing on the relationship between service quality and customer satisfaction and how quality can be improved in ProQ as a service company. Qualitative research method was appllied to conduct this research. The selection of the primary study was conducted by interviewing the customers of the vehicle air conditioner workshop. The research findings were analyzed by applying qualitative data analysis techniques to build the analysis and draw conclusions. Service quality also contributes significantly to customer satisfaction as it is influenced by various factors such as human interaction, physical environment, value, price, performance, etc. To improve the company 39 s performance system, it should focus more on introducing employee oriented policies by establishing services. Company culture is followed by a strong strategy and removes the gap between management employees and customers. It was found that through proper planning and constant monitoring companies can develop effective strategies to improve the quality level and retain their existing and future customers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Fabyan
"Ruang kota adalah salah satu ruang kreativitas terbesar manusia. Objek Arsitektural selalu berlomba untuk menampilkan diri dan menunjukkan keberadaannya pada ruang ini. Usaha ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas bangunan secara visual tetapi juga memberi sumbangan bagi pembentukan karakter visual kota, namun tidak jarang pula perlombaan ini malah membuat karakter visual kota menjadi berantakan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan perancang dalam memahami aspekaspek visual grafis yang benar.
Desain grafis adalah salah satu bidang kreatif yang memiliki sejarah panjang dalam proses kreatifitas manusia. Pada masa sekarang, integrasi desain grafis telah masuk kedalam berbagai macam bidang kreatif terapan seperti fashion dan arsitektur. Di bidang arsitektur, desain grafis telah banyak digunakan dalam proses perancangan terutama yang menyangkut dengan olahan estetika visual dan penguatan karakter visual grafis pada bangunan.
Skripsi ini mencoba menggali bagaimana prinsip desain grafis bisa digunakan dalam proses berarsitektur. Bagaimana elemen-elemen grafis dapat digunakan dalam menciptakan identitas visual pada objek arsitektural dan meningkatkan kualitas visual pada ruang kota. Dengan mengkaji peran desain grafis di bidang arsitektural ini diharapkan dapat menambah khasanah pemahaman arsitektur kita terhadap desain grafis agar kedua bidang ilmu seni kreatif ini dapat bersinergi dalam menciptakan identitas arsitektur yang berkualitas secara visual.

Urban Space is one of the greatest human?s creativity space. Architectural objects always compete each other to represent and show their existence in this kind of space. This effort is not only to visually enhance the quality of building, but also to encourage the formation of city?s visual character. However, this competition often results some chaos in the visual character. This is because the designers have little of knowledge in understanding graphic visual aspects properly.
Graphic designing is one of the creative subjects that have long history in the process of human's creativity. Nowadays, the graphic designing integration has already reached the variety of practical designing subject such as fashion and architecture. In architecture, graphic design has already applied in the designing process, especially in the term of visual aesthetic production and enhancing visual graphic character in buildings.
This writing is trying to explore how the principal of graphic design can be used in architectural process. And also, how the graphics elements can be used in creating visual identity on the architectural object and improve the visual quality in urban space. This study of the graphic design role in architecture is aimed to enrich our architectural understanding about the graphic design, so that both of these creative art sciences can integrate each other in generating architectural identity that is visually qualified.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S48383
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Baskoro Gautama
"ABSTRAK
Thesis ini membahas tentang pembagian pekerjaan dan dokumentasi jabatan di bengkel ProQ, serta analisis proses bisnis yang telah dijalankan oleh ProQ. Tujuan utama dari Business Coaching ini adalah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh bengkel ProQ dari hasil analisis yang telah dilakukan. Adapun yang menjadi prioritas dari pengembangan bengkel ProQ ini menitikberatkan pada aspek Sumber Daya Manusia khususnya pada pembagian pekerjaan dengan menggunakan matriks akuntabilitas dan juga dokumentasi jabatan yang kemudian dituangkan ke dalam uraian jabatan untuk semua jabatan yang ada di bengkel ProQ.

ABSTRACT
This thesis discusses about the job mapping and distribution and also job analysis in ProQ, as well as the business process analysis. The main objectives of this business coaching is to develop the potential of ProQ from the analysis that has been done. As the priorities of the development of Human Resource Management is to distribute the job equally through accountability matrix and job documentation using the job analysis for all jobs in ProQ."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50484
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
RM. Avil Ardendo Suryo Nuswanto
"Business coaching dilakukan untuk membantu UKM Bengkel ProQ dalam mencapai sasarannya, yakni pencapaian laba bersih tahunan sebesar Rp.1 miliar pada akhir tahun 2017, serta pembukaan cabang di kota selain Jakarta dan Bandung. Untuk mendukung pencapaian sasaran tersebut, penulis menetapkan dua tujuan untuk karya akhir ini yang didasari pada permasalahan yang ditemukan dari dua gejala pada aspek akuntansi dan keuangan yang mengemuka, yakni untuk meningkatkan kinerja fungsi akuntansi, dan meningkatkan kinerja manajemen kas. Metode business coaching yang diimplementasikan dimulai dari kick-off meeting, pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan pengambilan data sampel, analisis masalah menggunakan fishbone diagram, pemecahan masalah dan rekomendasi, hingga rencana implementasi. Hasil karya akhir adalah disusunnya daftar tugas dan KPI (Key Performance Indicator) staf admin keuangan, perapihan bagan akun, penyusunan panduan penggunaan program Accurate, penyertaan fungsi penganggaran keuangan ke dalam daftar tugas dan KPI staf admin keuangan, serta penyusunan prosedur penarikan uang. Kesimpulan dari upaya peningkatan kinerja fungsi akuntansi adalah penyusunan daftar tugas dan KPI kurang efektif dalam mengurangi beban kerja staf admin keuangan karena belum adanya perubahan alur proses kerja atas tugas pendukung personil termaksud. Pada upaya peningkatan kinerja manajemen kas, fungsi penganggaran keuangan belum dijalankan oleh personil terkait karena kurangnya pengawasan implementasi fungsi termaksud oleh atasannya.

The business coaching process was done to help ProQ Workshop in achieving its objective of annual net income of Rp.1.000.000.000,00 at the end of 2017 and the opening of new branches outside Jakarta and Bandung. To support the achievement, two objectives were set for this final assignment based on the problems found, which are to improve accounting performance and cash management. The business coaching method started with kick-off meeting, data gathering via in-depth interview, observation, data sampling, problem analysis using fishbone diagram, problem solving and recommendation, and implementation plan. The outcomes are the creation of task list and KPI (key performance indicator) of finance administration staff, reorganization of its chart of accounts, creation of accurate program operating manual, financial budgeting function addition to the task list and KPI, and creation of money withdrawal procedure. The conclusion in accounting performance improvement is that the created task list and KPI were proven ineffective in decreasing the staff’s workload as it was not followed by changes in work flow of what was deemed as supporting task of the staff. In cash management improvement, financial budgeting function was not implemented due to the lack in the function implementation’s monitoring by the staff’s supervising officer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angelia Fathir Hafitri
"ABSTRACT
Kemasan memiliki fungsi penting bagi suatu produk yang memberikan pengalaman kepada konsumen sehingga akan mempengaruhi purchase decision konsumen terhadap produk tersebut. Material kemasan yang paling banyak digunakan adalah plastik yang sulit terurai sehingga mengakibatkan tumpukan sampah di darat maupun di laut, salah satu sampah yang paling banyak ditemukan di pantai adalah botol plastik yang membutuhkan 350 tahun untuk terurai secara alami. Oleh karena itu dibutuhkan material kemasan yang sustain atau berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penelitian ini berfokus pada kemasan botol plastik yaitu Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), agar menjadi preferensi konsumen maka kemasan sustain dikombinasikan dengan desain seperti warna dan ukuran label. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering, Kano Model dan Conjoint Analysis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, desain grafis dan material sustainability memiliki pengaruh terhadap decision purchasing konsumen.

ABSTRACT
Packaging has an important function for a product that provides experience to consumers, that will affect consumer purchase decision of the product. The most widely used packaging material is a plastic that is difficult to decompose resulting in pile of waste, one of the most abundant trash is plastic bottle that takes 350 years to decompose naturally. Therefore, sustainable or environmentally friendly packaging materials are required. This research focuses on the packaging of plastic bottles namely Air Minum Dalam Kemasan AMDK . In order to be a consumer preference the sustain packaging have to combined with designs such as color and label size. The method used in this research is Kansei Engineering, Kano Model and Conjoint Analysis. Based on the research that has been done, graphic design and sustainability materials have an influence on consumer purchasing decision."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwina Kuswardani
"Dalam tesis ini dilakukan desain template pada klasifikasi bentuk lengkung gigi menggunakan regresi kuadratik. Desain template ini sangat diperlukan untuk membedakan 3 bentuk lengkung gigi yaitu Tapered, Ovoid, dan Square. Ketiga bentuk lengkung gigi tersebut mempunyai kemiripan sangat dekat sehingga dilakukan suatu desain template yang lebih spesifik agar didapat hasil klasifikasi yang baik. Dasar dari pembentukkan desain template bentuk lengkung gigi adalah lebar interkaninus, tinggi interkaninus, dan tinggi intennolar. Pengklasifikasian berdasarkan 3 variabel itu menjadi lebih baik dibandingkan hanya dengan template tunggal. Desain template dibagi dalam 4 skenario. Pertama, rahang atas dan rahang bawah. Kedua, rasio dari tinggi kaninus dan lebar kaninus. Ketiga, lebar kaninus dan keempat, rasio dari tinggi intennolar dan lebar interkaninus Metode yang digunakan pada desain template ini adalah metode regresi kuadratik. Sedangkan proses klasifikasi bentuk lengkung gigi menggunakan metode least square loss function. Uji coba dilakukan terhadap 120 citra gigi yang didapat dari beberapa klinik gigi di Jakarta. Hasil klasifikasi dari desain template yang diusulkan mempunyai akurasi 16,6% lebih baik dibandingkan dengan desain template tunggal. Desain template ini diharapkan dapat membantu dalam menentukan klasifikasi bentuk lengkung gigi dari citra model cetakan gigi sehingga dapat membuat diagnosa guna perencanaan perawatan yang tepat.

In this thesis, template design of dental arch classification is accomplished using quadiatic regression. This template design is required to differ 3 types of dental arch, namely: Tapered, Ovoid, and Square. These 3 types of the dental arch has close similarity among them, therefore a more specific template design is needed in order to obtain the better classification result. The parameters of the dental arch template design are the width of intercanine, height of intercanine, and the height of intermolar. The classification based on those 3 variables yields better results than the classification based only single template. The template design is divided into 4 scenarios: (1) the upper jaw & mandible (2) height-width ratio of intercanine, (3) width of intercanine, and (4) ratio of intermolar height - width intercanine. The method used in this template design is quadratic regression method. Meanwhile, the classification of dental arch form uses least square loss fiinction method. An experiment involves 120 dental images obtained from several dental clinic in Jakarta. The classification results using proposed template design yield accuracy 16,6% better than the classification using single template. This template design is supposed to assist the decision process of classification dental arch fonn from the model image of dental mold, so the diagnosis can be obtained for convenient dental treatment."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
T25774
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ramdhan Firmansyah
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang pengembangan aktivitas operasional di bengkel ProQ, serta analisis aktivitas operasional yang telah dijalankan oleh ProQ. Tujuan utama dari business coaching ini adalah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh bengkel ProQ dari hasil analisis yang telah dilakukan. Adapun yang menjadi prioritas dari pengembangan aktivitas operasional ProQ adalah pembuatan Standar Operasional Prosedur SOP berdasarkan persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015, perbaikan proses bisnis dengan mengukur lead time dan membandingkannya dengan metode benchmarking, penerapan stock opname sebagai pengembangan inventory management, serta pengukuran beban kerja mekanik.

ABSTRACT
This thesis discusses about the development of operational activity in the workshop ProQ, and analysis of operational activities that undertaken by the ProQ. The main objective of this business coaching is to develop the potential of ProQworkshop from the analysis that has been done. As for the priorities of the development of operational activity is making Standard Operating Procedures SOPs based on quality management system that required of ISO 9001 2015, business process improvement by measuring the lead time and compared by benchmarking method, implementation of stock opname as development of inventory management, and measurement of the mechanical work load. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>