Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 47301 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dita Siti Nurhayati Anastasia Diliani
"This study introduces Public Leader Organization Scale (POLS) as the tool to identify the effectiveness of leadership in a public organization. To show the reliability and validity of this tool, a case study of subjective evaluation is addressed to three former and one active government leaders. The implication of the study is twofold: first that it shows POLS as an appropriate tool to be used in identifying public leaders' performance. This study finds that leader's consistency, listening communication skills, managing resources skill and exchange tactics become the strongest behaviors associated to government performance. Second, among these behaviors, leaders' personal integrity (consistency) is considered to contribute more to the region's performance rather than the leader's skills or the leader's influence. In essence, we believe that the current study findings will enrich the existing theory of leadership particularly in public organization issues.
Penelitian ini memperkenalkan Skala Pengukuran Pemimpin Organisasi Publik atau Public Leader Organization Scale (POLS) sebagai suatu instrument untuk mengidentifikasi efektivitas kepemimpinan suatu organisasi publik. Untuk menunjukkan reliabilitas dan validitas instrument tersebut, sebuah studi kasus yang bersifat subjektif dilakukan terhadap tiga mantan kepala daerah dan satu orang kepala daerah yang masih aktif. Implikasi dari studi ini ada dua, yaitu pertama, bahwa POLS dapat menjadi instrument yang tepat untuk digunakan dalam mengidentifikasi kinerja pemimpin publik dimana dalam studi ini ditemukan bahwa konsistensi, kemampuan komunikasi mendengar, keahlian mengatur sumber daya dan kemampuan negosiasi merupakan prilaku terkuat yang dikaitkan dengan kinerja pemerintah. Kedua, studi ini juga menemukan bahwa diantara prilaku-prilaku tersebut, integritas pemimpin (konsistensi) menunjukkan pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja daerah daripada keahlian yang dimilikinya atau kemampuan persuasifnya. Pada intinya, temuan pada studi ini diharapkan akan menambah kasanah teori kepemimpinan yang ada khususnya terkait dengan organisasi publik.
"
National Cheng Chi University, 2016
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Christianto Utomo
"Pelayanan berkualitas tinggi merupakan peluang bagi dealer untuk bersaing di industri alat berat yang saat ini kompetitif. Oleh karena itu, menjaga kepuasan pelanggan setia tetap menjadi prinsip bisnis yang vital dalam industri ini. Kualitas pelayanan akan ditentukan oleh peran penting dari gaya kepemimpinan. Para peneliti telah menyampaikan tentang hubungan antara gaya kepemimpinan yang dimediasi oleh customer oriented-organizational citizenship behavior (CO-OCB) mempengaruhi perilaku kualitas layanan, sementara yang lain berpendapat bahwa CO-OCB meningkat secara signifikan dengan adanya mediasi trust in leaders (TIL). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model paternalistic leadership Indonesia (PLI) dan model employee service quality (ESQ) untuk mengeksplorasi pengaruh gaya kepemimpinan pada kualitas layanan melalui CO-OCB dan TIL sebagai mediator. Untuk membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan digunakan Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) untuk pengolahan data dan juga pendekatan Multisample, yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner pada 1.700 karyawan melalui HR manager dan berkomunikasi langsung terhadap sebagian karyawan yang bekerja seluruh cabang operational sebuah dealer alat berat di Indonesia, sekaligus melihat pengaruh kepemimpinan paternalistik pada kualitas layanan karyawan. Studi ini ingin mengungkapkan bahwa pada industri alat berat, pengaruh paternalistic leadership Indonesia pada customer oriented-organizational citizenship behavior yang dimediasi sebagian oleh trust in leaders akan mempengaruhi employee service quality. Selain itu melalui pendekatan multisample dibuktikan bahwa sektor bisnis tidak mempengaruhi semua pengaruh variabel dependen terhadap variabel independen dalam model penelitian.  

High quality service is an advantage for dealers to compete in today's competitive heavy equipment industry. Therefore, maintaining the satisfaction of loyal customers remains a vital business principle in this industry. Service quality will be determined by the important role of leadership style. Researchers have conveyed about the relationship between leadership style mediated by customer oriented-organizational citizenship behavior (CO-OCB) affecting service quality behavior, while others argue that CO-OCB increases significantly with trust in leaders (TIL) mediation. In this study, the researchers used the paternalistic leadership Indonesia (PLI) model and the employee service quality (ESQ) model to explore the influence of leadership style on service quality through CO-OCB and TIL as mediators. To prove the hypothesis that has been formulated, Structural Equation Modeling (SEM) is used for data processing and also the Multisample approach, which is carried out by distributing questionnaires to 1,700 employees through the HR manager and communicating directly with some employees who work in all operational branches of a heavy equipment dealer in Indonesia, while looking at the influence of paternalistic leadership on the quality of employee service. This study wants to reveal that in the heavy equipment industry, the influence of Indonesia's paternalistic leadership on CO-OCB which is partially mediated by trust in leaders affect employee service quality. In addition, through the multisample approach, it is proven that the business sector does not affect all the effects of the dependent variable on the independent variables in the research model"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutrilastio
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa kebutuhan informasi dan perilaku pencarian informasi eks wanita tuna susila pada layanan Perpustakaan Elektronik Keliling (Pusteling) Perpustakaan Nasional RI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sumber informasi yang digunakan adalah facebook dan youtube. Topik informasi yang ditelusur yakni berita aktual dengan topik berita berkaitan erat dengan pengalaman masa lalu informan. Google menjadi alat penelusuran utama. Perilaku pencarian informasi eks wanita tuna susila pada layanan Pusteling dapat dijelaskan melalui model Wilson yaitu perhatian pasif, pencarian pasif, pencarian aktif, pencarian berkelanjutan. Hambatan yang terjadi pada saat penelusuran informasi di layanan pusteling adalah kemampuan menggunakan komputer yang masih minim, kebingungan dalam menncari informasi, internet yang lambat, waktu yang singkat, pustakwan kurang responsif, dan fasilitas lain seperti laptop, tempat duduk, dan pendingin ruangan yang kurang memadai. Informan belum mengetahui informasi yang ingin dicarinya dan muncul kebutuhan informasi pada saat berada di pusteling. Tujuan datang ke pusteling adalah untuk belajar dan melepas penat. Dalam menentukan sumber informasi, Informan tidak mengedepankan kredibilitas dan kebenaran (valid) pada sumber berita tetapi berdasarkan kebiasaan, kesukaan dan pengalaman.

This study aims to identify and analyze information needs and information retrieval behavior of ex-prostitute women at the Mobile Electronic Library Service National Library of Indonesia. This research uses a qualitative method with a case study approach. Data collection is conducted by observation, interviews and documentation studies. The results of this study found that the sources of information used were Facebook and YouTube. The topic of information traced is the actual news with the news topic is closely related to the informant's past experience. Google is the main search tool. Information seeking behavior can be described through Wilson model namely passive attention, passive search, active search and ongoing search. The obstacles that occur when searching for information on Pusteling services are the limited ability to use computers, confusion in searching for information, slow internet, short time, unresponsive librarian and other facilities such as laptops, seating, and inadequate air conditioning. Informants do not yet know the information they want to look for and information needs arise while in Pusteling. The purpose of coming to Pusteling is to study and refreshing. In determining the source of information, the informant does not prioritize credibility and truth (valid) in the news source."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T54717
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Yudha Kesuma
"Penelitian ini melihat pengaruh trust in leaders dan perceived organizational support terhadap perilaku knowledge sharing. Hasil uji regresi berganda pada 92 karyawan terhadap variabel trust in leaders, perceived organizatonal support dan knowledge sharing menunjukkan pengaruh signifikan variabel trust in leaders dan perceived organizational support terhadap knowledge sharing (p<0,05). Peneliti merancang intervensi token reinforcement system untuk meningkatkan perceived organizational support pada dimensi perceived organizational rewards and job conditions yang dipersepsikan paling rendah oleh karyawan.
Hasil uji signifikansi perbedaan pre-test dan post-test menunjukkan intervensi signifikan meningkatkan dimensi Perceived organizational rewards and job conditions sehingga terdapat peningkatan pula pada knowledge sharing (t = -1,168, p<0,05). Dengan demikian, penting bagi perusahaan memberikan intervensi token reinforcement system agar karyawan menampilkan perilaku knowledge sharing yang diharapkan.

The study looked at the influence of trust in leaders and perceived organizational support toward knowledge sharing behaviors. Multiple regression test results on 92 employees against variable trust in leaders, perceived organizatonal support and knowledge sharing indicate a significant influence of variable trust in leaders and perceived organizational support toward knowledge sharing (p < 0.05). Researchers devise, token reinforcement system interventions to increase the perceived organizational support dimension of perceived organizational rewards and job conditions that are perceived by employees of the lowest.
Significance test of difference results pre test and post test showed that the given intervention could improve the dimension of perceived organizational rewards and job conditions so that there was improvement in knowledge sharing (t =-1,168, p < 0.05). Thus, it is important for the company providing the token reinforcement system intervention so that employees showing the expected knowledge sharing behaviors."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T35885
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Farida
"Tesis ini membahas peran work engagement dalam memediasi pengaruh transformational leadership dan job characteristic model terhadap innovative work behavior dan turnover intention pada pegawai di Lembaga Negara XYZ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan secara online. Responden yang terlibat dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling, yaitu para pegawai yang menjadi mitra perubahan atau change agent di Lembaga Negara XYZ. Responden yang terlibat sebanyak 325 orang dari lintas generasi X, generasi Y, dan Baby Boomers.  Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini Multifactor Leadership Questionnaire (Bass & Avolio, 2004) untuk mengukur transformational leadership, Job Diagnostoc Survey (Hackman & Oldham, 1975; Idazak & Drasgow, 1987) untuk mengukur job characteristic model, Utrecht Work Engagement Scale (Schaufeli & Bakker, 2003) untuk mengukur work engagement, dan Janssen (2000) untuk mengukur innovative work behavior, serta  Turnover Cognition Scale (Bozeman & Perrewe, 2001) untuk mengukur turnover intention.  Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa work engagement memediasi pengaruh positif transformational leadership dan job characteristic model terhadap innovative work behavior, dan memediasi pengaruh negatif transformational leadership dan job characteristic model terhadap turnover intention. Transformational Leadership dan job characteristic model juga memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan work engagement. 

This study focus on the influence of transformational leadership and job characteristic model on innovative work behavior and turnover intention through work engagement as mediator to employees in one of State Institution in Indonesia. This research uses a quantitative approach with online survey methods. Respondents were determined by purposive sampling method, employees who became the change agent in the State Institution of XYZ, 325 people from across generations  (Baby Boomers, X, and Y ). The measuring tool used in this study is Multifactor Leadership Questionnaire (Bass & Avolio, 2004), Job Diagnostic Survey (Hackman & Oldham, 1975; Idazak & Drasgow, 1987), Utrecht Work Engagement Scale (Schaufeli & Bakker, 2003), Janssen (2000), and Turnover Cognition Scale (Bozeman & Perrewe, 2001). Based on data analysis, it can be concluded that work engagement mediates positive effect of transformational leadership and job characteristic model on innovative work behavior, and mediates negative effect of transformational leadership and job characteristic model on turnover intention. Transformational Leadership and job characteristic models also have a positive influence in improving work engagement.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dimensi perilaku
kepemimpinan pada Generasi X dan Generasi Y. Turnover yang tinggi antara Generasi
Y menjadi masalah serius bagi perusahaan. Penyebab Generasi Y keluar dari
perusahaan seringkali karena adanya harapan yang berbeda terhadap perilaku
kepemimpinan dibandingkan dengan rekan generasi yang berbeda yaitu Generasi X
(Schawbel, 2011). Perusahaan dan atasan perlu menetapkan strategi baru untuk
mengelola Generasi Y karena mereka berbeda dengan generasi sebelumnya. Penelitian
menunjukkan bahwa kepemimpinan penting untuk mempertahankan Generasi Y di
tempat kerja. Perilaku kepemimpinan menjadi hal relevan untuk mengurangi angka
turnover dan dapat mencapai keberhasilan organisasi (Northouse, 2001). Perilaku
kepemimpinan adalah tingkah laku atau tindakan atasan dalam membangun dan
membimbing tim atau bawahan yang berbakat dan berkomitmen dalam mencapai
tujuan yang penuh tantangan. Responden penelitian berjumlah 303 mengisi Leadeship
Practice Inventory (Generasi X berjumlah 106 dan Generasi Y berjumlah 197).
Leadership Practice Inventory terdiri dari 5 dimensi yaitu model the way, inspire a
shared vision, challenge the process, enable others to act, dan encourage the heart.
Analisis dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan diantara kedua generasi pada dimensi enable others to act
(p=0.015) dan encourage the heart(p=0.002), dan tidak terdapat perbedaan yang
signifikan pada dimensi model the way, inspire a shared vision, dan challenge the
process., This study aims to determine differences in the dimensions of leadership behavior
between Generation X and Generation Y. The high Generation Y turnover has become
a serious problem for companies. Most of the time Generation Y leaving companies is
due to the different expectations of leadership behavior compared to their generation
counterparts (Schawbel , 2011). Companies and the leaders need to define a new
strategy to manage Generation Ys differently from they way they manage Generation
Xs. Research shows that leadership behavior is important to maintain Generation Y in
the workplace. Leadership behavior becomes relevant to reduce turnover and can
achieve organizational success (Northouse, 2001). Leadership behavior is defined as
behavior or actions in establishing and guiding team or subordinate team that are
talented and committed in achieving challenging goals. 303 subject filled out LPI (106
Generation Xs and 197 for Generation Ys) filled out the Leadership Practice Inventory
(LPI). LPI consists of five dimensions; model the way, inspire a shared vision,
challenge the process, enable other to act, and encourage the heart. Independent sample
t-test showed significant differences between the two generations in dimensions of
enable others to act (p=0.015) and encourage the heart (p=0.002), and no significant
differences in the five dimensions of model the way, inspire a shared vision, challenge
the process]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57230
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adrianus Adhiwira Yoga Pradhana
"Sejumlah literatur dan teori mengenai perilaku organisasi mengungkapkan bahwa tinggi rendahnya komitmen organisasi dari anggota organisasi dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Tiga di antaranya adalah kepemimpinan, kecerdasan emosional, dan keterlibatan karyawan. Penelitian ini memiliki tujuan guna memahami danmenganalisis pengaruh kepemimpinan pelayanan (servant leadership), kecerdasan emosional, dan keterlibatankerja terhadap komitmen organisasi pada anggota polisi di Polres Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah anggota polisi yang berada di Polres Jakarta Selatan,yang terdiri dari fungsi-fungsi operasional, dengan total populasi sebanyak 403 anggota polisi. Sampel diambil dengan teknik klaster random sampling dan menggunakan total sampel 149 responden. Data dikumpulkandengan teknik kuesioner. Penganalisisan data dilakukan dengan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji f, uji t, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa variabel kecerdasan emosional, servant leadership, serta keterlibatan kerja secara parsial berpengaruh pada komitmen organisasi. Sementara itu secarasimultan, ketiga variabel tersebut secara bersama-sama juga berpengaruh pada komitmen organisasi. Variabel keterlibatan kerja merupakan variabel yang paling berpengaruh pada komitmen organisasi sehingga variabel iniberperan sangat penting untuk kenaikan komitmen organisasi. Dari hasil penelitian disarankan pimpinan organisasi Polres Jakarta Selatan dapat melakukan seperti menambah ruang maupun kesempatan bagi anggota untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan karir. Dengan demikian, diharapkan dapat mendorongketerlibatan anggota organisasi yang kemudian akan berdampak terhadap peningkatan komitmen kerja personel Polres Jakarta Selatan sehingga mendorong juga tercapainya tujuan organisasi.

A number of literatures and theories on organizational behaviour reveal that the level of the organizationalcommitment of organizational members is influenced by a number of factors. Three of them are leadership, emotional intelligence, and employee engagement. The study aims to understand and analyse the influence ofservice leadership (servant leadership), emotional intelligence, and work involvement on organizational commitment of police personnel of South Jakarta Metropolitan Police Resort. The study employs the quantitative approach. The population of the research is police personnel posted at South Jakarta Metropolitan Police Resort, which consists of operational functions, with a total population of 403 police officers. The sample is taken by the cluster random sampling technique and used a total sample of 149 respondents. Data are collected by distributing questionnaires. Data analysis is carried out with the multiple linear regressions, the coefficient of determination, the f-test, the t-test, and the classical assumption test. The results of the study reveal that the variables of emotional intelligence, servant leadership, and work involvement partially affect the organizationalcommitment. Meanwhile, the three variables together also simultaneously affect the organizational commitment.Job involvement variable is the most influential variable on the organizational commitment so that this variable plays a very important role in increasing the organizational commitment. Based on the results of the research, it is highly recommended that the organizational leadership of South Jakarta Metropolitan Police Resort can do things such as adding space and opportunities for members in order to improve their abilities and develop careers. The police organization is expected to encourage the involvement of its members which will eventuallyhave increase their work commitment as well as to encourage the achievement of the organizational goals"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stella Bunga Parmawati
"Gangguan pendengaran pada anak tuna rungu yang terjadi sebelum masa perkembangan bahasa (prelingual) dan tergolong parah (profound) menimbulkan masalah dalam proses akademis dan komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, intervensi untuk meningkatkan kosakata anak tuna rungu sebagai dasar perkembangan bahasa penting untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan efektivitas pendekatan modifikasi perilaku dengan teknik fading dan token economy untuk meningkatkan kosakata siswa tuna rungu prelingual profound.
Program intervensi diadaptasi dari Morris (1985) untuk mengajarkan nama-nama obyek dan kegiatan. Teknik fading dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pemberian stimulus berupa gambar dan prompt tulisan, lalu gambar dan prompt sebagian tulisan, kemudian gambar tanpa prompt tulisan. Setiap kali berhasil menulis dengan tepat, subyek diberikan token yang nantinya dapat ditukarkan dengan reinforcer.
Penelitian dilakukan terhadap seorang anak tuna rungu prelingual profound, laki-laki, berusia 13 tahun, duduk di kelas 5 SD inklusi, memiliki kecerdasan non-verbal rata-rata, dan kosakata yang sangat terbatas. Dengan desain penelitian single-subject tipe ABA single-factor, peningkatan kosakata dilihat dari perbandingan antara hasil tes sebelum dan setelah intervensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan modifikasi perilaku dengan teknik fading dan token economy efektif untuk meningkatkan kosakata siswa tuna rungu prelingual profound. Subyek mampu memahami serta memproduksi secara tertulis sebesar 87,5% dari delapan nama obyek dan 100% dari delapan nama kegiatan yang diberikan dalam intervensi.

A profound hearing impairment that happened before the development of language causes some problems within the academic process and daily communication. Therefore, an intervention to increase the deaf students vocabulary as the foundation of a language development is important. This research was conducted to examine the effectiveness of a behavior modification approach with fading and token economy techniques to increase the vocabulary of a student with prelingual profound deafness.
The intervention program was adapted from Morris (1985) to teach names of objects and activities. In the program, the subject was given three steps of fading, starting with a stimuli and a prompt in a form of a picture and its written name. Subsequently, the prompt was faded into only a certain part until it was entirely eliminated. Everytime the subject succeeded in writing the correct name, he was given a token which could be exchanged with a reinforcer.
Research was conducted on a male prelingual profound deaf student studying at a primary school with an inclusion program who has an average level of non verbal intelligence and lack of vocabulary. Using a single subject-ABA-single factor research design, the increase in vocabulary was determined by comparing the test results before and after the intervention.
Results indicated that a behavior modification approach with fading and token economy techniques is effective in order to increase the vocabulary of a student with prelingual profound deafness. Through writing, the subject was able to understand and produce 87,5% of the eight objects' names and 100% of the eight activities' names given during the intervention program.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T31756
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Khulafaur Rasyidin
"In this study, costumer?s points of view on Gold?s Gym Express, Universitas Indonesia?s location were studied. The target of this research was the students of department of FISIP Universitas Indonesia. In specific, the respondents were chosen to be active on sports, have knowledge on Gold?s Gym Express, and were not joined as one of its member.
The result from this paper shows that the retail location could not be categorized as a strategic place from the consumers? point of view. This result was given by 13 indicators from 4 dimensions that were considered in this research. It can be proven that 10 given indicators show unsatisfied responses, while the other indicators show satisfied responses."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S53806
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indrawan
"Persaingan yang ketat antar perusahaan dalam melayani pasar durable products di Indonesia membuat perolehan market share merek asli durable products Indonesia masih rendah. Untuk pasar notebook sendiri, Zyrex sebagai merek asli Indonesia tidak dapat mengalahkan merek luar seperti Acer, Toshiba, dan Asus.
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen untuk pengembangan produk notebook di Indonesia dengan menggunakan conjoint analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang paling menentukan preferensi konsumen terhadap notebook yaitu merek, kapasitas memori , ukuran layar, dan kapasitas harddisk. Dengan memfokuskan pengembangan produk notebook pada empat faktor ini, Zyrex dapat meningkatkan market share sebesar 6,7%.

The intense competition among firms in serving durable products market in Indonesia makes market share of Indonesia durable products brand is still small. For the notebook market itself, Zyrex as the Indonesia brand can not defeat international brand like Acer, Toshiba, and ASUS.
This thesis aims to analyze consumer preferences for development of notebook in Indonesia by using conjoint analysis. Result indicates that there are four most determined factors in consumer preferences for the notebook product which are brand, memory capacity, size, and harddisk capacity. By focusing this factors in new product development, Zyrex can increase market share of 6.7%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43279
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>