Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 216509 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anisya Pranti
"Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh job stress terhadap
turnover intention dengan job satisfaction sebagai variabel mediasi pada karyawan frontline hotel bintang lima di Jakarta, yaitu The Sultan, The Groove Suites, dan Hotel Mulia. Dari hasil data dan pengujian hipotesis terhadap 100 responden yang menggunakan uji analisis SEM, diperoleh hasil yakni meskipun job stress ditemukan memiliki hubungan positif terhadap turnover intention serta job satisfaction memiliki hubungan negatif terhadap turnover intention, namun secara tidak terduga job stress tidak menunjukkan hubungan negatif terhadap job satisfaction. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebar kuesioner kepada responden secara proporsional.

This study investigate the relationship of job stress on turnover intention and job satisfaction as mediating variables on frontline employees five-star hotel in Jakarta, such The Sultan, The Groove Suites, and Hotel Mulia. Hypothesis testing on 100 respondents and using SEM analysis test, the result that although the relationship of job stress and turnover tendency is positive and job satisfaction showed negative relatonship on turnover intention, but unexpectedly job stress showed no negative relation on job satisfaction This research method using quantitative descriptive cross sectional. The sampling technique using purposive sampling method. The collection of data used in this study with a questionnaire to the respondent spread proportionally.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59671
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Syafira Efrial
"Tingkat turnover yang tinggi merupakan salah satu tantangan dalam manajemen terutama untuk meningkatkan retensi dari karyawan sehingga diperlukannya pencegahan akan peningkatan turnover intentions. Keadaan di lingkungan kerja yang penuh tuntutan pekerjaan dapat mempengaruhi tingkat stres dan kepuasan dari karyawan yang bekerja di bank yang mampu berdampak akan turnover intentions. Salah satu sumber daya yang dapat mengatasi tuntutan di dalam pekerjaan dapat berupa job embeddedness yang berasal dari dalam maupun luar faktor pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari job satisfaction dan job stress terhadap turnover intentions yang dimoderasi oleh job embeddedness kemudian juga moderasi dari job satisfaction pada pengaruh job stress terhadap turnover intentions. Data diperoleh dari 183 karyawan yang bekerja di bank yang ada di Indonesia melalui kuesioner daring. Penelitian ini menggunakan metode SEM dengan Lisrel 8.80. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara negatif dari job satisfaction dan secara positf dari job stress terhadap turnover intentions. Juga job stress berpengaruh negatif terhadap job satisfaction. Job satisfaction selain berpengaruh langsung, juga mampu melemahkan pengaruh job stress terhadap turnover intentions. Job embeddedness memoderasi secara positif pengaruh job satisfaction pada turnover intentions. Sementara moderasi positif moderasi job embeddedness pada pengaruh job stress dan turnover intentions tidak terbukti secara signifikan.

A high turnover rate is one of the challenges in human resources management, especially to increase employee retention, so it is necessary to do prevention of high turnover intentions rate. Conditions in a work environment which is full of job demands can affect the employees’s stress and satisfaction level which can have an impact on turnover intentions. One of the resources that can overcome the high job demands is job embeddedness which comes from within or outside the job factor. The purpose of this study is to analyze the effect of job satisfaction and job stress on turnover intentions which are moderated by job embeddedness and then also the moderation of job satisfaction on the effect of job stress on turnover intentions. Data were obtained from 183 employees who work at banks in Indonesia through an online questionnaire. This research uses SEM method with Lisrel 8.80. The results show that there is a significant negative effect of job satisfaction and a positive effect of job stress on turnover intentions. Also job stress has a negative effect on job satisfaction. Besides having a direct effect, job satisfaction is also able to buffer the effect of job stress on turnover intentions. Job embeddedness positively moderates the effect of job satisfaction on turnover intentions. Meanwhile, positive moderation of job embeddedness on the effect of job stress and turnover intentions is not significantly proven."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Radini Tonia
"Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh dari variabel job stress, organizational commitment, dan job satisfaction terhadap variabel turnover intention yang terjadi pada karyawan departemen policy holder services di PT Asuransi Jiwa X, melihat fenomena tingginya tingkat turnover karyawan yang terjadi pada departemen policy holder services di PT Asuransi Jiwa X. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda dengan menggunakan data kuesioner sebanyak 100 orang dari kesuluruhan jumlah populasi sebanyak 210 orang. Olah data dilakukan menggunakan software SPSS 18.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel job stress, organizational commitment, dan job satisfaction memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel turnover intention pada studi kasus karyawan departemen policy holder sevices di PT Asuransi Jiwa X. Saran dari penelitian ini adalah agar perusahaan lebih memperhatikan jam kerja, upah, dan beban kerja karyawan untuk menekan turnover karyawan.

This study is discuss about the effects of job stress, organizational commitment, and job satisfaction on turnover intention in Policy Holder Services Department PT Asuransi Jiwa X. This research is using multiple regression methods and using questionaire with 100 sample, total population are 210 person. This research using SPSS Version 18.0 for processing the data. The result of this research is job stress, organizational commitment, and job satisfaction have significant influence to turnover intention in policy holder services department PT Asuransi Jiwa X. The advice of this study are the company should give more attention to employee working hours, pay, and work pressure to reduce the employee turnover."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S45541
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghina Rizky Yulianti
"Skripsi ini membahas pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan stres kerja terhadap intensi perpindahan kerja karyawan. Peneliti melakukan survey sebagai metode perolehan data kepuasan kerja, komitmen organisasi, stres kerja, dan intensi perpindahan kerja masing - masing karyawan PT Control Systems Arena Para Nusa Jakarta. Setelah dilakukan uji regresi berganda, diketahui bahwa komitmen organisasi memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap intensi perpindahan kerja karyawan. Sementara untuk kepuasan kerja dan stres kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Organisasi yang ingin mengendalikan intensi perpindahan kerja anggotanya sebaiknya memfokuskan pada upaya peningkatan komitmen organisasi setiap anggotanya terhadap organisasi.

The focus of this study is to discuss influence of job satisfaction, organizational commitment, and job stress toward employee turnover intention. Survey is used as data collection method from employee of PT Control Systems Arena Para Nusa Jakarta. From the multiple regression test, we found that organizational commitment have a significant negative effect on employee turnover intention. While job satisfaction and job stress don't have significant effect on employee turnover intention. Organization who tries control employee turnover intention should be focusing on developing organizational commitment of the employee."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56431
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lebang, Febria Angelina
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara work-life balance dan work stress terhadap turnover intention dan bagaimana pengaruh job satisfaction dalam memediasi hubungan antarvariabel tersebut pada pegawai Bidang Penindakan Lembaga XYZ. Penelitian dijalankan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner ke seluruh pegawai Bidang Penindakan Lembaga XYZ. Sejumlah 218 responden diperoleh sebagai sampel dari populasi 427 pegawai spesialis dan administrasi. Hipotesis diuji dengan metode structural equation modeling (SEM) menggunakan IBM® SPSS® Amos 23.0.0. Hasil uji hipotesis menemukan bahwa terdapat pengaruh positif pada hubungan work stress dan turnover intention, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi job satisfaction. Hasil uji hipotesis juga mengungkapkan bahwa tidak ditemukan pengaruh langsung pada hubungan work-life balance dan turnover intention, namun ditemukan pengaruh tidak langsung melalui mediasi job satisfaction.

This research aims to examine the relationship between work-life balance and work stress on turnover intention and the effect of job satisfaction in mediating relationships between these variables among employees of Deputy for Enforcement of XYZ Institution. This research was conducted using quantitative method through the distribution of questionnaires. An amount of 218 respondents were obtained as a sample of a population of 427 specialist and administrative employees. Hypotheses were tested with structural equation modeling (SEM) using IBM SPSS Amos 23.0.0. The results found that there were positive influences on the relationships between work stress and turnover intention, both directly and indirectly through the mediation of job satisfaction. The results also revealed that there was no direct effect on work-life balance and turnover intention relationship, but indirect effect was found through the mediation of job satisfaction."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53440
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miranty Mandasary Maswar
"Tesis ini berfokus pada pemberian konseling karir pada karyawan sales monitoring di perusahaan yang bergerak di bidang preventive health untuk meningkatkan kepuasan kerja, sehingga dapat menurunkan intention to turnover. Alat ukur diadaptasi alat ukur kepuasan kerja (Spector, 1997) (Alpha Cronbach = 0,974) dan intention to turnover (Mobley, 1978) (Alpha Cronbach = 0,958).
Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara kepuasan kerja dan intention to turnover (r=-0,868 dan signifikansi 0,001). Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan semakin meningkatnya kepuasan kerja pada sales, maka intention to turnover mereka akan semakin rendah. Intervensi konseling karir diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan intention to turnover.
Hasil uji Paired Sampled T-Test sebelum dan sesudah intervensi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan pada skor kepuasan kerja dengan nilai signifikansi 0,017 (p>0,05) dan skor intention to turnover dengan nilai signifikansi 0,038 (p>0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa konseling karir dapat meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan intention to turnover pada karyawan divisi sales monitoring di PT.X. Dengan demikian, perusahaan perlu menerapkan konseling karir secara berkelanjutan.

This thesis focus on providing career counseling to employees in sales monitoring division at company that engaged in the field of preventive health to increase job satisfaction, and decrease the intention to turnover. Tools were adapted from job satisfaction (Spector, 1997) (Cronbach alpha = .974) and intention to turnover (Mobley, 1978) (Cronbach alpha = 0.958).
The results of the Pearson correlation test showed a significant negative relationship between job satisfaction and intention to turnover (r = -0.868 and significance of 0.001). This result indicates that with increasing job satisfaction in sales, then the intention to turnover they will be decreased. Career counseling intervention had given to employees to enhance job satisfaction and to reduce intention to turnover.
The Paired T-Test sampled results before and after the intervention suggests that there are significant differences in scores on job satisfaction scores with a significance value of 0.017 (p> 0.05) and scores intention to turnover with a significance value of 0.038 (p> 0.05). These results indicate that career counseling can improve job satisfaction and lower intention to turnover at employees at X Company Sales Monitoring. Thus, the company need to implement a sustainable career counseling.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30709
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Pradana
"Penelitian ini menganalisis pengaruh beban kerja terhadap turnover intention pada akuntan publik yang dimediasi oleh kepuasan kerja dan stres kerja Penelitian ini dilakukan terhadap 141 auditor kantor akuntan publik di Jakarta Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling SEM Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara beban kerja terhadap turnover intention yang dimediasi oleh kepuasan kerja dan stres kerja Implikasi bagi manajemen kantor akuntan publik yaitu menambah tunjangan untuk lembur dan atau mempekerjakan akuntan publik yang mampu mengatasi beban kerja yang tinggi Dapat juga mengadakan acara atau menyediakan fasilitas yang dapat menurunkan ketegangan yang dialami oleh akuntan publik Kata kunci beban kerja turnover intention kepuasan kerja stres kerja akuntan publik.

This study analyzed the influence of workload on public accountants'turnover intention mediated by job satisfaction and job stress This study was conducted on 141 auditors of public accounting firms in Jakarta This study using descriptive analysis and Structural Equation Modeling SEM The results also showed a significant positive influence between workload on turnover intention which mediated by job satisfaction and job stress Implications for public accounting firm's management is adding allowances for overtime and or hiring the public accountants who are able to cope with high workload Can also hold some events or serve any facilities which can reduce the stress experienced by public accountants "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47011
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hirson Kurnia
"Skripsi ini membahas mengenai bagaimana pengaruh Group Creativity dan Corporate Ethical Values terhadap Job Satisfaction dan Turnover Intention di PT Multi Utama Consultindo untuk cabang Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari 74 responden. Setiap variable diukur dengan menggunakan kuesioner dan hasilnya diolah dengan piranti lunak Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan antara Group Creativity dan Corporate Ethical Values, keduanya tidak saling mempengaruhi. Kemudian terkait dengan Job Satisfaction, Group Creativity dan Corporate Ethical Values di PT Multi Utama Consultindo ternyata mempengaruhi secara positif Job Satisfaction. Kemudian, terkait dengan Turnover Intention, di PT Multi Utama Consultindo cabang Jakarta, Group Creativity dan Corporate Ethical Values tidak memiliki pengaruh apapun terhadap Turnover Intention.Untuk penelitian lebih lanjut, perlu ditambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi Corporate Ethical Value dan Group Creativity. Selain itu, Group Creativity tidak sesuai untuk diterapkan di perusahaan dalam bidang jasa konsultan pajak.

This study is to discuss the impact of Group Creativity and Corporate Ethical Values to Job Satisfaction and Turnover Intention at PT Multi Utama Consultindo, Jakarta Branch. This is a quantitative research using descriptive design. The data used is obtained from 74 respondents. Each variable is measured using questionnaire where the result is analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) software.
The result shows that between Group Creativity and Corporate Ethical Values, both variables do not affect each other. Regarding Job Satisfaction, variables of Group Creativity and Corporate Ethical Values affect positively Job Satisfaction. While for Turnover Intention, it is not affected by Group Creativity and Corporate Ethical Values. For future research on the same topic, it is suggested to add another variable affecting Group Creativity and Corporate Ethical Values. Also, for Group Creativity, it is not suitable to be implemented in the tax consulting company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yatna Nayaputera
"Persaingan bisnis yang semakin ketat dan diikuti oleh lingkungan yang sering berubah, kesuksesan suatu organisasi tidak bisa lepas dari peran serta customer service employee yang berfungsi sebagai ujung tombak perusahaan. Maka dari itu kepuasan kerja dan stres kerja customer service employee harus diperhatikan oleh perusahaan. PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. dijadikan sebagai objek penelitian dikarenakan pertumbuhan cepat tetapi turnover tinggi dalam tiga tahun terakhir.
Tujuan penelitian ini untuk menemukan bagaimana besarnya pengaruh kepuasan kerja terhadap intensi turnover customer service employee, stres kerja terhadap intensi turnover customer service employee, dan kepuasan kerja dan stres kerja terhadap customer service employee di PT. Plaza Indonesia Realty Tbk.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensi turnover pada customer service employee dipengaruhi secara negatif dan signifikan oleh besarnya persepsi customer service employee akan kepuasan kerja. Selain itu intensi turnover customer service employee juga dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh besarnya persepsi customer service employee akan Stres Kerja. Sedangkan intensi turnover customer service employee juga dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh besarnya persepsi customer service employee akan kepuasan Kerja dan Stres Kerja. Sementara dari hasil wawancara, kepuasan kerja dan stres kerja mempunyai pengaruh yang positif akan alasan keluar atau resign.
Penelitian diharapkan dapat memperkaya hasil-hasil penelitian mengenai kepuasan kerja dan stress kerja terhadap intense turnover di sektor swasta. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan wawancara dengan karyawan yang masih aktif guna mengetahui secara mendalam faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi intense turnover customer service employee di sektor swasta.

An increasingly competitive business environment followed by frequent changes, as well as in achieving an organization's success is inseparable from the role of customer service employee that serves as the spear head of the company. So, job satisfaction and work stress customer service employee should be considered by the company. PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. serves as the object of research because of its rapid growth but high turnover in customer service employee in the last three years.
The purpose of this study is to discover how the magnitude of the effect of job satisfaction on turnover intentions in customer service employee, work stress on turnover intentions in customer service employee, and job satisfaction with work stress on turnover intentions in customer service employee.
The results of this study indicate that the turnover intention to the customer service employee of the company is affected by the negatife and significant perception of the customer service employee in variable of work satisfaction. Also the intention of the turnover intention in customer service employee of the company is also affected by the positive and significant perception of customer service employee in variable of job stress. While the results of the interviews, the variable of job stress, and the job satisfaction has a positive and significant influence and the strongest reason to intention leave or resign.
This study is expected to enrich the results of research on job satisfaction, job stress and turnover intentions in the private sector. Future studies are advised to use interviews with employees who are still active to know in depth the factors affecting turnover intention of customer service staff in the private sector.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2011
T29508
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Leonhard Krisnata Chandra
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perceived firm fairness, job satisfaction, firm commitment, burnout dan turnover intention. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 323 auditor KAP yang berlokasi di Jakarta. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini berhasil membuktikan bahwa (1) Perceived firm fairness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap job satisfaction; (2) Job satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap firm commitment; (3) Firm commitment terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap burnout; (4) Burnout terbukti berpengaruh positif dan signifikan terjadap turnover intention, berarti bahwa semakin tinggi burnout maka semakin tinggi turnover intention karyawan; (5) Firm commitment terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention; (6) Perceived firm fairness terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap burnout dan (7) Perceived firm fairness terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention.

This study aims to examine the relationship between perceived firm fairness, job satisfaction, firm commitment, burnout and turnover intention. The approach used in this research is a quantitative approach. The sample in this study were 323 KAP auditors located in Jakarta. The research data was obtained from the results of filling out the questionnaire and analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) analysis technique. The results of this study succeeded in proving that (1) Perceived firm fairness has a positive and significant influence on job satisfaction; (2) Job satisfaction has a positive and significant impact on firm commitment; (3) Firm commitment is proven to have a negative and significant effect on burnout; (4) Burnout has proven to have a positive and significant effect on turnover intention, meaning that the higher the burnout, the higher the employee turnover intention; (5) Firm commitment is proven to have a negative and significant effect on turnover intention; (6) Perceived firm fairness is proven to have a negative and significant effect on burnout and (7) Perceived firm fairness is proven to have a negative and significant effect on turnover intention."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>