Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84801 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Handini Trisasanti
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas persepsi tuna grahita terhadap layanan perpustakaan. Tuna
grahita merupakan anak yang kecerdasannya berada di bawah rata-rata dan
mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kebutuhan
informasi anak tuna grahita jelas berbeda dengan anak pada umumnya sehingga
perpustakaan perlu menyediakan layanan yang sesuai dengan karakteristik anak
tuna grahita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian menyarankan pihak perpustakaan untuk menambah koleksi
bergambar, memerkerjakan pustakawan dengan kemampuan komunikasi yang
baik dan berpenampilan menarik.
ABSTRACT
This thesis discusses the perception of mentally disabled of library services.
Mentally disabled refers to children whose intelligence is below average and had
difficulty adjusting to the environment. Information needs of mentally disabled
children are clearly different from children in general so the library should
provide special services according to the characteristics of mentally disabled
children. This research is qualitative with case study method. The researcher
suggests the library to increase illustrated collection, hire librarian with good
communication skills and good looking."
2015
S57873
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eri Maylawati
"Skripsi ini menggambarkan bagaimana konsep layanan perpustakaan ideal untuk siswa tunarungu menurut informan, kegiatan apa saja yang dilakukan dan kendala yang dihadapi di perpustakaan SLB N 02 Lenteng Agung dan SLB-B Pangudi Luhur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, dan observasi. Penelitian dilakukan pada bulan September-November 2015 di SLB N 02 Lenteng Agung dan SLB-B Pangudi Luhur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pihak pengelola dan kepala sekolah di SLB N 02 Lenteng Agung dan SLB-B Pangudi Luhur mengerti konsep layanan perpustakaan yang ideal namun belum melaksanakannya secara maksimal. Layanan yang dilakukan adalah layanan sirkulasi dan layanan jam kunjung perpustakaan. Namun, dalam pelaksanannya, perpustakaan di SLB N 02 Lenteng Agung maupun SLB-B Pangudi Luhur memiliki kendala internal maupun eksternal.

This thesis describes how ideal concept of library and library services in SLB N 02 Lenteng Agung and SLB-B Pangudi Luhur, this thesis also examines the problems faced in the process. The research applied qualitative approach using case studies method. The sampling techniques used are interview and observation. The research was conducted between September-November 2015 in SLB N 02 Lenteng Agung and SLB-B Pangudi Luhur. The result of this research shows that the librarian and the principal has been understood about ideal concept of library. However, the implementation of service yet maximized. Unfortunately, during the implementation process, this institution has some internal and external problems."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S65845
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanni Karina
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka perpustakaan Universitas Indonesia yang merupakan mahasiswa D3, S1 dan S2 Universitas Indonesia angkatan 2010 - 2013 tentang kinerja OPAC. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pemustaka ternyata memiliki persepsi bahwa OPAC adalah alat penelusuran yang berfungi mempercepat penelusuran dibandingkan dengan menggunakan metode lain, dan karena itu menuntut agar OPAC menyediakan fitur yang sesuai untuk mempercepat penelusuran. Hasil penelitian menyarankan agar koneksi internet di perpustakaan UI ditingkatkan kekuatannya, pembaharuan dan penyederhanaan interface OPAC, adanya pelatihan penggunaan OPAC selain pada orientasi perpustakaan, adanya pustakawan di daerah komputer OPAC, dan sinkronisasi data koleksi yang ada dengan jajaran koleksi.

The focus of this study is to explain the preception of the user of Ilbrary of Universitas Indonesia have about OPAC. The user consist of the vocation, undergraduate and graduate student from 2010 – 2013 batch. This is a quantitative research with descriptive approach. The user perceive the OPAC as an helpful tools to fasten the process of searching the information they need compared to other methods, and therefore demand for the suitable feature to fasten search result in OPAC. The result suggest that the library strenghten the internet connection inside the library, redesigning and simplifying of OPAC interface, conduct OPAC guidance class other than library orientation, providing librarians around OPAC, and synchronizing OPAC’s collection data with the collection in shelves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57537
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pipit Kesumawardani
"Skripsi ini membahas persepsi siswa sekolah dasar terhadap layanan Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana apakah positif atau negatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriftif. Sampel yang diambil sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa adalah positif terhadap layanan perpustakaan. Hal tersebut dapat dilihat dari persepsi positif terhadap jadwal dan durasi layanan, koleksi, petugas serta fasilitas Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana.

This thesis discussed about the perception of elementary school students towards Pustaka Kelana Mobile Library service whether positive or negative. This research is descriptive quantitative research design. Samples are taken as many as 102 students. Sampling technique is accidental sampling. The results showed that the perception of students is positive about the library service. This can be seen from the positive perception of the schedule and duration of service, collection, personnel and facilities Pustaka Kelana Mobile Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43084
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tantio Pradhana Sularto
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan pembahasan bersifat memaparkan atau menjabarkan hasil dari data penelitian.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI yang terdiri dari, jenis layanan, koleksi perpustakaan, pustakawan, sarana & prasarana, dan jam buka perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa layanan yang diberikan perpustakaan Kemensos RI sudah baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti lokasi perpustakaan yang tidak strategis dan jumlah pustakawan yang masih kurang untuk memberikan layanan.

This research discusses about user's perceptions of the library service at social ministries of Republic Indonesia. This research is a descriptive quantitative with survey method.
The problem of this research is to know how perception of user about the library service of library of social ministries RI which consist of kind of service, library’s collection, librarians, facilities & infrastructure, and operational hour of the library. The purpose of this research is to know the user's perception about the library service.
The result of this research shows that the library service is good enough for the user, but some things must to be repair, such as the location of library which not strategic for user and the quantity of librarians which not support to provide the excellent service.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Ayu Puspita
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan di Peprustakaan Ali Alatas Kementerian Luar Negeri RI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Dimensi kuesioner untuk mengetahui persepsi pemustaka adalah dengan mengukur persepsi terhadap layanan perpustakaan, persepsi terhadap koleksi perpustakaan, persepsi terhadap sumber daya manusia perpustakaan,dan persepsi terhadap gedung dan fasilitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 30 responden berpersespi baik, dengan nilai 2,94, terhadap keseluruhan layanan perpustakaan di Perpustakaan Ali Alatas berdasarkan pada penghitungan yang dilakukan. Persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,79, persepsi pemustaka terhadap koleksi perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,78, persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah sangat baik dengan nilai 3,28, dan persepsi pemustaka terhadap gedung dan fasilitas perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,9.

This study discusses library users’ perception of library services at Ali Alatas Library of Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research is quantitative research by using survey method. The dimension of questionnaire is to know library users perception by measuring perception of library services, library collection,human sources at library, and perception of its building and facilities.
The result of this research states that 30 respondens have good perception, with score 2,94, to overall library services at Ali Alatas Library based on calculation done. Users perception of library services is good with score 2,79, users perception of library collection is good with score 2,78, users perception of human sources at library is very good with score 3,28, and users perception of its’ building and facilities is good with score 2,9.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Irni Nidya Nurfitri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi layanan perpustakaan YMN, dilihat dari persepsi pengguna (tuna netra) terhadap layanan perpustakaan Yayasan Mitra Netra; layanan perpustakaan yang dibutuhkan oleh pengguna (tuna netra); dan pemanfaatan layanan perpustakaan Yayasan Mitra Netra oleh pengguna (tuna netra). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang pengguna perpustakaan yang terdiri dari tuna netra berjenis low vision dan totally blind. Hasil dari penelitian ini berupa evaluasi layanan perpustakaan YMN menurut persepsi pengguna, yang berkesimpulan bahwa Persepsi pengguna mengenai layanan perpustakaan YMN sangat membantu mereka dalam mendapatkan bahan bacaan atau akses informasi bagi tuna netra. Akan tetapi dari segi layanan koleksinya, ditemukan kendala, seperti sulitnya memperoleh buku-buku pelajaran terbitan baru; .layanan yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan YMN yaitu, koleksi yang sifatnya mudah digunakan/ praktis (buku bicara/ digital talking book), jumlah duplikasi koleksi, koleksi yang relevan, seperti koleksi buku pelajaran baru yang dibutuhkan oleh pelajar setiap tahun ajaran baru. ruang perpustakaan yang lebih memadai, lokasi yang terjangkau/ cabang perpustakaan (sehingga dapat memanfaatkan layanan di perpustakaan dengan mudah), penambahan jumlah staf/ pembaca; pemanfaatan perpustakaan oleh pengguna rata-rata hanya pada saat membutuhkan bahan bacaan, dan tidak untuk memanfaatkan fasilitas lain yang ada di perpustakaan. Hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu, masa peminjaman yang cukup lama, lokasi perpustakaan yang jauh, waktu yang terbatas/ bersamaan dengan hari kerja bagi pengguna yang sudah bekerja."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15639
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfi Nur Arsa Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswi tentang budaya dan peraturan sekolah dengan tingkat religiositas para siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri studi SMAN 1 Padang Panjang dan SMAN 2 Padang Panjang Budaya sekolah yang digunakan dalam penelitian ini dari konsep Deal dan Peterson 1999 yaitu visi misi dan nilai sekolah ritual dan perayaan sekolah dan terakhir arsitektur dan artifak sekolah Selanjutnya dari aspek peraturan sekolah peneliti melihat dari bagaimana pandangan para siswi terhadap aturan tata tertib sekolah yang memasukkan unsur keagamaan didalamnya serta bagaiaman para siswi mengimplementasikan peraturan sekolah yang ada Sedangkan untuk aspek religiositas akan mengacu pada konsep religiositas yang diutarakan oleh Glock dan Stark 1974 yaitu terdiri dari 1 religious belief 2 religious experience 3 relgious knowledge 4 religious consequence dan 5 religious practice Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif Di mana subjek penelitiannya adalah siswi kelas XI SMAN Kota Padang Panjang Sampel yang diambil menggunakan metode simple random sampling Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara budaya sekolah dan peraturan sekolah dalam mempengaruhi tingkat religiositas para pelajarnya Namun di antara kedua variabel tersebut variabel peraturan sekolah memiliki kecenderungan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan variabel budaya sekolah.

ABSTRACT
This study aims to understand the relation between culture and regulations of school with the level of religiosity in public high school student study of SMAN 1 dan SMAN 2 Padang Panjang School culture used in this study from the concept of Deal and Peterson 1999 are visi misi and the value of school rituals and the celebration of school and the artefacts and architecture of school The aspect of the school rules in this study to see how the views of students about including religious elements inside the rules of school andd how the regulation implements While for religiosity aspect will be referring to the concept of religiosity that mentioned by Glock and Stark 1974 is composed of 1 the religious belief 2 the religious experience 3 the relgious knowledge 4 religious consequence and 5 religious practice The approach of this study is quantitative eksplanative In which the subject of his research is XI grades os students in SMA N Padang Panjang The sample of study taken by using simple random sampling method The result indicate that there is a positive relationship between culture and regulations of school with the level of geligiosity students But in between those two variables variable school regulation having a tendency a higher power compared with a variable culture school "
2015
S61324
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Diva Setiady
"ABSTRAK
Pada saat ini, keberadaan suatu perpustakaan sekolah luar biasa di Jakarta. Menduduki peran yang sangat penting bagi pembinaan serta menjadi sumber informasi bagi para siswa berkebutuhan khusus. Namun, keadaaan di lapangan sangat berbeda dari harapan masyarakat. Peran pustakawan menjadi sangat starategis dalam layanan perpustakaan. Skripsi ini bertujuan mendeskripsikan fenomena tersebut di sekolah luar biasa YPAC Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan pustakawan bahwa dalam peyelengraaan perpustakaan untuk siswa berkebutuhan khusus diperlukan interaksi secara langsung antara pustakawan dengan siswa berkebutuhan khusus. Layanan perpustakan ypac belum dapat dikatakan ideal karena masih memiliki kendala sumber daya manusia,anggaran dan fasiltas yang memadai ter penting dalam penyelenggaraan layanan perpustakaan.

ABSTRACT
At this time, the existence of an outstanding school library in Jakarta. Occupy a very important role for the development as well as a source of information for students with special needs. However, the circumstances on the ground is very different from the expectations of society. The role of the librarian becomes very starategis in library services. This thesis aims to describe the school phenomenon exceptional YPAC Jakarta. This study used a qualitative approach with case study method. Findings from this study revealed that in peyelengraaan library librarian for students with special needs required direct interaction between librarians and students with special needs. YPAC library services can not be said to be ideal because it still has the problem of human resources."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>