Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 160675 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Agus Muhammad Arifin
"Penelitian ini membahas tentang implementasi analisis jabatan dan kesesuaian berdasarkan bezetting dan formasi pada jabatan fungsional di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan post-positivis dan metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis jabatan pada jabatan fungsional di Kementerian tersebut belum di implementasikan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek yang meliputi penggunaan data hasil analisis jabatan masih temporer, keterlibatan para pihak masih kurang, penentuan informan yang mewakili belum tepat, analisis pekerjaan aktual belum akurat, verifikasi dan validasi hasil analisis jabatan belum tepat, dan penyusunan deskripsi dan spesifikasi jabatan belum akurat. Selain itu kesesuaian berdasarkan bezetting dan formasi pada jabatan fungsional juga masih kurang, baik dari deskripsi dan spesifikasi jabatan maupun jumlah pemangkunya.

This research discusses the implementation of job analysis and appropriate based on bezetting and formation on functional positions in the Ministry of Environment and Forestry. The research was conducted using post-positivist approach and qualitative method.
The results of the research saw that the job analysis on functional position in the Ministry has not been implemented well, this can be seen from the usage of temporarily data result of job analysis, the lack of stakeholders involvement, the unproperly representative informant determination, the unaccurately analyze the job, the unproperly verification and validation of job analysis, and the unaccurately development of job description and job specification. The other result saw that there is the unppropriate both the job description-job specification and number of employee based on bezetting and formation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2017
T47767
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pamuntjak, Raeshanty Jonaezir
"Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam mewujudkan e-Government For Good Governance membutuhkan dukungan sumber daya manusia (aparatur negara) yang memiliki kemampuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kebutuhan aparatur negara di bidang TIK dalam struktur organisasi DJP terwakili dengan ada jabatan fungsional pranata komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor kelompok kerja, pendidikan dan pelatihan, peraturan dan prosedur kerja, lingkungan kerja serta rasa aman terhadap kepuasan kerja pegawai jabatan fungsional pranata komputer.
Analisis statistik yang digunakan untuk uji pengaruh pada penelitian ini adalah Multiple Regression Linear. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sample penelitian diambil dari seluruh pegawai dalam jabatan fungsional pranata komputer yang berjumlah 34 (tiga puluh empat) pegawai. Terdapat 5 (lima) variabel bebas dalam penelitian yaitu, kelompok kerja (X1), pendidikan dan pelatihan (X2), peraturan dan prosedur kerja (X3), lingkungan kerja (X4) serta rasa aman (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan kerja.
Koefisien korelasi hasil analisis sebesar 0,677 mencerminkan adanya hubungan agak kuat antara variabel-variabel bebas dengan variabel terikat. Koefisien determinasi yang diperoleh menjelaskan bahwa 36,1 % variasi kepuasan kerja dapat diprediksi oleh variabel-variabel kelompok kerja, pendidikan dan pelatihan, peraturan dan prosedur kerja, lingkungan kerja dan rasa aman sedangkan 63,9 % sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian.
Hasil uji Anova dari analisis statistik diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kelompok kerja, pendidikan dan pelatihan, peraturan dan prosedur kerja, lingkungan kerja serta rasa aman secara bersamasama terhadap kepuasan kerja pegawai jabatan fungsional pranata komputer. Sedangkan hasil uji t membuktikan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara rasa aman terhadap kepuasan kerja.

Directorate General of Taxes (DGT) in realizing the e-Government For Good Governance requires the support of human resources who have the ability in the field of Information and Communication Technology (ICT). Human resource of ICT in the organizational structure is represented by workers in the computer functional pranata position. Limited number of employees in a computer functional pranata in the institutions of DGT is an important reason in this study, namely to determine employee job satisfaction factors.
Statistical analysis was used to test the effect in this study are Multiple Linear Regression. The study uses a quantitative approach to the type of explanatory research and questionnaires as research instruments. Samples were taken from all employees in the computer functional institutions numbering 34 (thirty four) employees. There are 5 (five) independent variables in the study namely, the teamwork (X1), education and training (X2), rules and working procedures (X3), workplace (X4) and safety (X5). While the dependent variable is job satisfaction.
Correlation coefficient of 0.677 for the analysis results reflect a somewhat stronger relationship between the variables independently with the dependent variable. The coefficient of determination obtained 36.1% of variation explained that job satisfaction can be predicted by variables teamwork, education and training, regulations and work procedures, work environment and a sense of security while the remaining 63.9% is explained by other variables not included in research.
According to the result of regression analysis, there is positive and significant effects between teamwork, education and training, regulations and working procedures, work environment and sense of security simultaneuosly toward the employees job satisfaction. Meanwhile it is partially known that there is a positive and significant effects between the sense of security (X5) and job satisfaction than another variables."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T28357
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Bandung: Asosiasi Politeknik Indonesia (ASPI), 2006
PPT 1:6 (1997)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
"Performans produksi babi dipengaruhi oleh konsumsi pakan. Eksetra puyuh memiliki kualitas tinggi dengan kadar protein kasar dan energi masing-masing 31,03% dan 3139,44 kal/gram sebagai bahan pakan pengganti dalam ransum ternak babi. penelitian bertujuan untuk mengetahui performans produksi babi keturunan Landrace yang mengkonsmsi pakan subtitusi tepung ikan dengan ekskreta puyuh. Penelitian ini menggunakan 12 ekor ternak babi jantan kastrasi keturunan landrace berumur 2,5 bulan dibagi menjadi 4 perlakuan: (PO) Broiler II, bekatul, tepung ikan; (P1) substitusi 10% tepung ikan dengan tepung ekskreta puyuh; (P2) subtitusi 20% tepung ikan dengan tepung ekskreta puyuh ; (P3) substitusi 30% tepung ikan dengan tepung ekskreta puyuh. Masing-masing perlakuan terdiri dari 3 ekor ternak babi. Variabel yang diamati meliputi pertambahan berat badan, konsumsi pakan, dan konversi pakan. Data dianalisis dengan analisis variansi dengan rancangan acak kelompok pola searah dan menggunakan uji lanjur Duncan's Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertambahan berat badan, konsumsi pakan; dan konversi pakan tidak berpengaruh nyata (P > 0,05). Penggunaan substitusi tepung ikan dengan ekstra puyuh dalam pakan dianjurkan digunakan sebanyak 20%, karena substitusi eksreta puyuh sebanyak 30% menyebabkan penurunan pertumbuhan. "
Jakarta: Direktorat Pembinaan dan Pengabdian pada Masyarakat. Departemen Pendidikan Nasional, 2009
620 PPT
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Maryam
"ABSTRAK
Serat pangan memiliki peran signifikan dalam pencegahan berbagai penyakit degeneratif namun rata-rata asupan serat masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Asupan serat dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi pangan fungsional. Tujuan penelitian ini adalah membuat formulasi minuman dari sumber daya lokal berupa daun mengkudu dan daun cincau hijau sebagai sumber serat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minuman dengan kadar serat tertinggi yaitu minuman dengan komposisi 10% ekstrak daun mengkudu dan 90% ekstrak daun cincau hijau. Adapun hasil uji hedonik kepada 30 panelis secara umum menunjukkan bahwa minuman yang paling banyak disukai panelis yaitu minuman dengan komposisi 10% ekstrak daun mengkudu dan 90% ekstrak daun cincau hijau dengan konsentrasi ekstrak 15%.

ABSTRACT
Dietary fibre has a significant role in preventing degenerative disease but the average intake of dietary fibre in Indonesia?s society still lack. Fibre intake can be increased by consuming functional food. The purpose of this research is to formulate some drink from the local resources like noni leaves and green jelly leaves. The result of this research indicate that drink formulation with most rich of fibre is contain 10% of noni leaf?s extract and 90% of green jelly leaf?s extract. Based on hedonik test to 30 panelist generally show that most panelist chose drink with 10% noni leaf?s extract and 90% green jelly leaf?s extract with 15% concentrate.
"
2015
S59044
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hurip Budi Riyanti
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2004
T39569
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safirah Pramarta
"[Skripsi ini menggambarkan bagaimana Jabatan Fungsional Pustakawan dipahami
dan diterapkan oleh pustakawan di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta, serta mencari tahu apa saja kendala yang dihadapinya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi
literatur. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juni 2015 di Pusat Perpustakaan
UIN Jakarta. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pustakawan Pusat Perpustakaan
UIN Jakarta belum memahami secara menyeluruh mengenai Jabatan Fungsional
Pustakawan. Meskipun begitu, pihak perpustakaan telah mendukung penerapan
Jabatan Fungsional Pustakawan tersebut dengan beberapa cara. Namun, dalam
penerapannya terdapat beberapa kendala yang bersifat internal dan ekternal;This thesis describes how Librarian Functional Position is understood and
implemented by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library.
Moreover, this thesis also examines the problems faced in the process. The
research applied qualitative approach using case studies method. The sampling
techniques used are interview, observation, and literature review. The research
was conducted between March ? June 2015 in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Central Library. The result shows that the Librarian Functional Position has not
been understood comprehensively by librarians in UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta Central Library. However, the library has supported the implementation of
Librarian Functional Position by using some ways. Unfortunately, some internal
and external problems occurred in the implementation process;This thesis describes how Librarian Functional Position is understood and
implemented by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library.
Moreover, this thesis also examines the problems faced in the process. The
research applied qualitative approach using case studies method. The sampling
techniques used are interview, observation, and literature review. The research
was conducted between March ? June 2015 in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Central Library. The result shows that the Librarian Functional Position has not
been understood comprehensively by librarians in UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta Central Library. However, the library has supported the implementation of
Librarian Functional Position by using some ways. Unfortunately, some internal
and external problems occurred in the implementation process, This thesis describes how Librarian Functional Position is understood and
implemented by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library.
Moreover, this thesis also examines the problems faced in the process. The
research applied qualitative approach using case studies method. The sampling
techniques used are interview, observation, and literature review. The research
was conducted between March – June 2015 in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Central Library. The result shows that the Librarian Functional Position has not
been understood comprehensively by librarians in UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta Central Library. However, the library has supported the implementation of
Librarian Functional Position by using some ways. Unfortunately, some internal
and external problems occurred in the implementation process]"
2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dadi Mulyadi
"Penelitian ini membahas tentang implementasi pengangkatan jabatan fungsional yang meliputi kegiatan analisis jabatan, perencanaan pegawai, rekrutmen dan seleksinya serta menganalisis kesesuaian penetapan jabatan fungsional terhadap tujuan organisasi di kantor pusat Badan Kepegawaian Negara, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kegiatan analisis jabatan dan perencanaan kebutuhan pegawai belum dilakukan dengan optimal. Telah dilakukan rekrutmen dan seleksi untuk mengisi jabatan fungsional yang lowong, namun belum berdasarkan kebutuhan pegawai yang ideal. Secara faktual terdapat tujuh jenis jabatan fungsional yang memiliki peran langsung terhadap tujuan organisasi, namun beberapa jenis jabatan tersebut belum berkontribusi dengan baik, jika dilihat dari sisi sumber daya manusianya belum dilakukan perencanaan kebutuhan jabatan fungsional berdasarkan analisis beban kerja, serta sudah dilakukan upaya pengembangan kompetensi untuk para pemangku jabatan di beberapa jenis jabatan fungsionalnya, namun dalam realitanya yang bersangkutan belum dapat bekerja dengan baik sesuai dengan jenis jabatannya.

This research discusses the implementation of functional positions appointment which includes job analysis, employee planning, recruitment and selection and also analyzing the suitability of functional position assignment to organizational goals at national civil service agency headquarter. this research is a qualitative research. The result of the research explains, that the job analysis activity and the requirement planning of the employee have not done optimally, Recruitment and selection have been performed to fill functional positions, but not yet based on ideal employee needs. Factually there are seven types of functional positions that have a direct role to the objectives of the organization, but some types of positions have not contributed well, when viewed from the side of human resources there are not calculation yet in need of employees based on workload analysis and there have been efforts to develop competences, but in reality they can not work properly in their positions."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2017
T47946
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>