Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 194707 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ilisa Fajriyati
"ABSTRAK
Tourist Satisfaction (kepuasan wisatawan) berperan penting dalam industri
pariwisata. Penting bagi pemasar untuk mengetahui faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya kepuasan wisatawan tersebut dan bagaimana
konsekuensinya dimasa yang akan datang. Penelitian ini mencoba mengungkapkan
faktor-faktor pembentuk kepuasan wisatawan terkait dengan destination image,
tourist expectation, dan perceived value serta bagaimana kepuasan tersebut
berpengaruh pada tourist complaint yang terjadi dan dampaknya terhadap tourist
loyalty.
Fokus penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh faktor-faktor di atas
terhadap wisatawan di Kota Banjarmasin. Sampel penelitian berjumlah 185
responden yang terdiri dari wisatawan domestik dan wisatawan asing.
Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan
teknik judgement / purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah kuesioner dan dianalisis dengan software LISREL 8.8 untuk mengetahui
pengaruh masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh
positif antara destination image terhadap tourist expectation, destination image
terhadap perceived value, tourist expectation terhadap perceived value, perceived
value terhadap tourist satisfaction, serta tourist satisfaction terhadap tourist loyalty.
Sedangkan tourist satisfaction berpengaruh secara negatif terhadap tourist
complaints. Selebihnya, hasil menunjukkan tidak ada pengaruh diantara tourist
expectation terhadap tourist satisfaction serta tourist complaints terhadap tourist
loyalty.

ABSTACT
Tourist Satisfaction plays important roles in tourism industry. It is very
important to clarify the factors affecting tourist satisfaction and what are the
consequences in the future. This research tries to evaluate factors affecting tourist
satisfaction related to destination image, tourist expectation, and perceived value and
how satisfaction affecting tourist complaint and the impact to tourist loyalty.
The focus of this research investigates the effect of those factors for
tourists in Banjarmasin. The samples comprise of 185 respondents, consist of
domestic tourists and also foreign tourists. The samples collected using
nonprobability sampling with judgement/ purposive sampling as its technique.
This
reasearch used questionnaire as reaserch instrument and analize by using LISREL
8.8 to determine the effect of each variable. The result of this research showed
positive effects between destination image to tourist expectation, destination image
to perceived value, tourist expectation to perceived value, perceived value to tourist
satisfaction, and tourist satisfaction to tourist loyalty. While tourist satisfaction
negatively affecting tourist complaints. The rest of the result showed there’s no
effect between tourist expectation to tourist satisfaction and between tourist
complaints to tourist loyalty."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alveriansyah Hazham Mulya
"Pariwisata adalah salah satu industri yang menjanjikan di Indonesia selama beberapa tahun ini. Namun, beberapa jurnal penelitian mengenai pariwisata jarang sekali menggunakan Indonesia sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian saat ini adalah untuk melihat bagaimana destination image berdampak kepada turis domestik dan mancanegara yang telah mengunjungi Yogyakarta. Metode penelitian kuantitatif saat ini menggunakan survei online dan akan menganalisis data dengan menerapkan PLS-SEM. Hasil analisis data dari 254 wisatawan menggambarkan bahwa seluruh dimensi destination image memiliki dampak positif pada kepuasan wisatawan dan memprediksi perilaku masa depan mereka. Dimensi yang paling berpengaruh adalah affective image sedangkan cognitive image menjadi yang paling kecil pengaruhnya terhadap overall image dari Yogyakarta.

Tourism has been one of the promising industries in Indonesia for several years. However, the study of tourism in Indonesia as an object of the research is still lacking. This study shows the most important dimension of destination image among domestic and international tourists in Yogyakarta. The data was collected between February-May 2020 through an online survey and was analyzed by applying partial least structural equation modeling (PLS-SEM). The analyses of data collected from 254 tourists depicted that all destination image's dimensions positively affect tourist's satisfaction and their future behaviors. The most influential dimension was affective image while cognitive image became the least effective. Managerial implications are discussed with limitations and future recommendations in the last section of this paper."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winina Fitri
"ABSTRAK
Perkembangan sektor pariwisata di tanah air, membuat tiap daerah pariwisata berkompetisi untuk mendapatkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Untuk mewujudkan hal tersebut, daerah pariwisata harus memahami terlebih dahulu Citra Destinasi serta pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan dan Word of Mouth. Penelitian ini menguji apakah terdapat pengaruh antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Wisatawan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui metode survei dengan membagikan kuesioner secara online kepada 250 wisatawan domestik yang mengunjungi Kota Singkawang dalam 6 bulan terakhir (November-April). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Citra Destinasi terhadap Word of Mouth yang dimediasi oleh Kepuasan Wisatawan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth, Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan dan Kepuasan Wisatawan terhadap Word of Mouth.
Perkembangan sektor pariwisata di tanah air, membuat tiap daerah pariwisata berkompetisi untuk mendapatkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Untuk mewujudkan hal tersebut, daerah pariwisata harus memahami terlebih dahulu Citra Destinasi serta pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan dan Word of Mouth. Penelitian ini menguji apakah terdapat pengaruh antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Wisatawan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui metode survei dengan membagikan kuesioner secara online kepada 250 wisatawan domestik yang mengunjungi Kota Singkawang dalam 6 bulan terakhir (November-April). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Citra Destinasi terhadap Word of Mouth yang dimediasi oleh Kepuasan Wisatawan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth, Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan dan Kepuasan Wisatawan terhadap Word of Mouth.

ABSTRACT
The development of the tourism sector in the country, making each area of tourism compete to get as many tourists as possible. To realize this, the tourism region must first understand the Destination Image and its influence on Tourist Satisfaction and the Word of Mouth. This study examines whether there is an influence between Destination Image on Word of Mouth through Tourist Satisfaction with quantitative approach. Data was collected through a survey method by distributing questionnaires online to 250 domestic tourists who have visited Singkawang City in the past 6 months (November-April). The data analysis technique used in this study is path analysis. The results showed that there was an influence of Destination Image on Word of Mouth mediated by Tourist Satisfaction. In addition, this study also shows that there is a direct influence between Destination Image on Word of Mouth, Destination Image on Tourist Satisfaction and Tourist Satisfaction on Word of Mouth."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natia Humairah
"Studi ini meneliti hubungan antara halal tourism (pariwisata halal), tourist experience (pengalaman wisata), dan constraint (kendala) untuk mengidentifikasi peran khusus dari atribut-atribut dalam membentuk destination image (citra daerah tujuan) dan revisit intention (intensi mengunjungi kembali) ke Lombok. Populasi penelitian terdiri dari 330 tanggapan survei dari wisatawan domestik Lombok. Untuk mencapai tujuan ini, pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data menggunakan PLS untuk menguji dampak dimensi dan variabel yang mempengaruhi destination image dan revisit intention. Lima dimensi halal tourism attributes (lingkungan sosial, fasilitas, makanan dan minuman, layanan, dan staf), empat dimensi tourist experience (escapism, entertainment, esthetics, dan education), tiga dimensi constraint (avaibility, structural, dan interpersonal), tiga dimensi destination image (scenery, infrastructure, affective dan water sports), dan tiga atribut revisit intention diidentifikasi. Analisis regresi kuadrat terkecil parsial menunjukkan bahwa tourist experience menentukan peran terbesar dalam destination image. Hasil penelitian menentukan apakah keberadaan faktor pariwisata halal dapat mempengaruhi citra tujuan dan membuat wisatawan untuk mengunjungi kembali Lombok di masa depan, oleh karena itu pemasar dapat menciptakan nilai tambah untuk daerah tujuan wisata yang dikelola dengan mempertimbangkan faktor-faktor pariwisata halal.

This study examines the relationship between halal tourism, travel experience, and constraint to identify the particular role of the attributes in forming destination image and revisit intention to Lombok. The study population comprises of 330 survey responses from domestic tourists of Lombok. In order to achieve this objective, structural equation modelling was used to analyze the data using PLS to examine the impact of dimensions and variable that influence destination image and revisit intention. Five dimensions of halal tourism (social environment, facilities, food and beverages, service, and staff), four dimensions of travel experience (escapism, entertainment, esthetics, and education), three dimensions of constraints (avaibility, structural, and interpersonal), three dimension of destination image (scenery, infrastructure, affective, and water sports), and three attributes of revisit intention were identified. Partial least squares regression analysis shows that tourism experience defining biggest roles in the destination image. The results determine whether the existence of halal tourism factors can affect the destination image and make a tourist to revisit Lombok in the future, therefore marketers can create added value for managed tourist destination areas by taking into the factors of halal tourism."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sumlang, Felicia Yustiana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan yang kompleks dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) di mana di dalamnya terdapat konstruk formatif dan reflektif. Sampel dari penelitian ini adalah orangorang yang sudah pernah berkunjung ke Kawasan Desa Wisata Ciwidey dengan jumlah responden sebesar 120 orang. Dalam penelitian ini dibahas tentang pengaruh persepsi terhadap kualitas yang ditawarkan Kawasan Desa Wisata Ciwidey dengan atribut tujuan wisata sebagai indikatornya terhadap kepuasan pengunjung serta intensi perilaku di masa depan.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa atribut suatu tujuan wisata turut mempengaruhi persepsi wisatawan terhadap kualitas suatu tujuan wisata yang secara positif juga berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Kepuasan pengunjung sendiri juga memiliki pengaruh yang positif terhadap intensi perilaku di masa depan. Selanjutnya, hipotesis persepsi wisatawan terhadap kualitas tujuan wisata dan intensi perilaku di masa depan tidak diterima.
Manajemen Kawasan Desa Wisata Ciwidey termasuk aparat pemerintah di dalamnya diharapkan dapat memberikan perhatian dan dukungan yang lebih besar lagi bagi pengembangan Kawasan Desa Wisata Ciwidey agar menjadi suatu daerah tujuan wisata yang diminati sehingga berdampak positif juga bagi kehidupan masyarakat lokal setempat.

The purpose of this research is to explore the complex using Structural Equuation Modelling (SEM), whereby both formative and reflective constructs are included. The respondents of this reseacrh are people who ever been visiting Tourist Village of Ciwidey as a tourist. This research is discussed about the influence of perceived quality of destination's offerings with destination attributes as the indicators toward visitor satisfaction and behavioural future intentions.
Destination attributes affect the perceived quality of destination's offerings, which positively relates to satisfaction as well as visitor's behavioural intentions. But the link between perceived quality of the destination's offerings and behavioural future intentions is unaccepted.
Management of Ciwidey Tourist Village include the goverment is expected to give more support and attention on developing this region. In order to make this region become the most favorite place to visit and also can give good impact for the local people there.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Achmad
"Upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Taman margasatwa Ragunan harus didasari pada kebutuhan para wisatawan dalam memperoleh kepuasan pada obyek daerah tujuan wisata baik berupa fasilitas, kebutuhan informasi atau promosi, dan juga variasi atraksi satwa yang menjadi suguhan bagi para wisatawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh fasilitas, aset satwa dan promosi Taman Margasatwa Ragunan terhadap tingkat kunjungan wisatawan dan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode statisik dengan analisis regresi berganda metode stepwise dan observasi. Analisis statistik digunakan untuk mengukur pengaruh fasilitas, aset satwa dan promosi Taman Margasatwa Ragunan terhadap tingkat kunjungan wisatawan.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui : observasi yaitu penulis melakukan peninjauan langsung ke lokasi penelitian, studi kepustakaan dilakukan guna memahami sejumlah teori yang berhubungan dengan teknis penelitian dan kuesioner penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data primer dari para responden. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan perhitungan Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji t, Koefesien Determinasi dan Uji F, kemudian dilakukan analisis regresi linear. Semua uji telah dilakukan dan memenuhi semua persyaratan.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa fasilitas (utama, khusus, dan pendukung) dan aset satwa secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap tingkat kunjungan dan memberikan sumbangan sebesar 85,1%. Sedangkan untuk faktor promosi tidak memberikan pengaruh terhadap tingkat kunjungan. Dengan demikian untuk lebih meningkatkan kunjungan wisatawan agar pengelola Taman Margasatwa Ragunan lebih meningkatkan fasilitas (khusus, utama, pendukung) dan aset satwa sehingga akan menambah tingkat kunjungan wisatawan.

Any efforts to increase tourist visit in the Ragunan Zoo should be based on need of tourists to obtain satisfaction in tourism objects either in terms of facility, information or promotion, and also variation of animal attraction which becomes an interesting entertainment served for tourists.
This study is aimed at identifying the influence of facility, assets of animals and promotion in the Ragunan Zoo in regard to the level of tourist visit and identifying the most influential factor thereof.
In this study, the writer adopts statistic and multifarious regression analysis, stepwise and observation method. Statistic analysis is used to measure influence of facility, assets of animal and promotion of Ragunan Zoo (Wildlife Park) in regard to the level of tourist visit.
Data collection is made through: observation, to wit, the writer performs direct observation to study location, literature study is performed to understand a number of theory in relation to study implementation and questionnaire aiming at obtaining primary data from respondents. Data analysis/processing adopts the Validity and Reliablity Test, Classic Assumption Test, t test, Determination Coefficient and F test, and then linear regression analysis will be made. The entire tests performed already fulfill requirements.
Analysis finding indicates that facilities (main, special, and suppoting facilities) and assets of animal will jointly have influence in regard to the level of visit and give contribution of 85.1%. However, the promotion factor does not give influence in regard to the level of visit. Therefore, in order to increse tourist visit, the management of Ragunan Zoo (Wildlife Park) should exert its best to improve facilities (main, special, and supporting facilities) and assets of animal so as to be able to increase the level of tourist visit."
2008
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Neng Sindi Dewi Rosmiati
"ABSTRAK
Pada sektor pariwisata, ilmu pemasaran memiliki peran penting. Hal tersebut terjadi karena konsumen pada industri pariwisata jarang melihat, merasa atau mencoba produk yang akan dibelinya. Kondisi yang sedemikian rupa menjadikan rekomendasi dari orang lain (word of mouth) khususnya keluarga dan teman menjadi penting bagi calon wisatawan untuk menentukan tujuan destinasi wisata. Word of mouth dalam industri pariwisata sangat efektif dan persuasif dibandingkan jenis pemasaran lainnya untuk menarik wisatawan. Word of mouth dipengaruhi dari citra yang melekat pada destinasi wisata. Apabila citra destinasi (destination image) baik maka akan mendorong terjadinya word of mouth. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh destination image terhadap word of mouth pada wisatawan nusantara di Kota Batu, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebar kuesioner ke 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara destination image terhadap word of mouth. Penelitian ini menunjukan bahwa destination image Kota Batu yang positif mendorong wisatawan untuk melakukan word of mouth.

ABSTRACT
Marketing science has an important role in the tourism sector. This happens because consumers in the tourism industry rarely see, feel or try the product they are going to buy. Hence, recommendation from other people (word of mouth)--especially family and friends--is important in order for tourists to decide their destination. Word of mouth in the tourism industry is very effective and persuasive compared to other types of marketing to attract tourists. Word of mouth is effected by the destination image. When a tourist has a good destination image, word of mouth more likely to happen.The purpose of this research is to analysis of the effectiveness of destination image on domestic tourist word of mouth in Kota Batu, Jawa Timur. Quantitative approach with explanative research was implemented in conducting this research. A survey using questionnaire distributed to 100 respodents. Results of this research shows there are correlation between destination image on word of mouth. This research also show that positive destination image of Kota Batu encourages tourists to do word of mouth."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diandra Khalishah
"Local Food Experience merupakan salah satu produk yang ditawarkan dalam industri pariwisata. Makanan dilihat sebagai salah satu refleksi budaya lokal, dan pengalaman tersebut dapat menciptakan tourist satisfaction, terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali memakan makanan tersebut dalam sebuah perjalanan wisata.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh local food experience terhadap tourist satisfaction pada wisatawan mancanegara di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, metode survey, dengan menyebarkan kuesioner ke 100 responden dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara local food experience dengan tourist satisfaction. Penelitian ini menunjukan bahwa pengalaman terkait makanan lokal telah menciptakan kepuasan wisatawan yang baik pada wisatawan mancanegara di Kota Yogyakarta.

Local food experience is a product that is being offered in tourism industry. Local food is seen as a reflection of local culture, and the experience may results in tourist satisfaction, especially for tourist who eat local food for the first time during a tourism purpose trip.
This research was conducted with the aim to explain the influence of local food experience towards tourist satisfaction among international tourists in Yogyakarta City.
This study was conducted using quantitative research approach with explanative type of research, survey method, with the number of survey respondents is 100 to the technique of taking samples of non probability sampling.
The results shows that local food experience had created positive tourist satisfaction among international tourist in Yogyakarta City.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67911
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Estika Sari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh motivasi wisatawan Muslim terhadap pemilihan destinasi dan pemenuhan akomodasi syariah, pengaruh destinasi dan akomodasi syariah terhadap kepuasan wisatawan Muslim dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas wisatawan Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan 250 responden wisatawan Muslim di Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pertanyaan tertutup untuk menilai hubungan antara Motivasi, Destinasi Syariah, Akomodasi, Kepuasan dan Loyalitas. Metode analisis menggunakan analisis PLS-SEM Partial Least Square - Structural Equation Modeling dengan menggunakan software smart PLS 3.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi memiliki hubungan atau pengaruh positif terhadap pemilihan destinasi syariah dan pemenuhan akomodasi syariah. Pemilihan destinasi syariah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan Muslim. Pemenuhan akomodasi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan Muslim. Kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan Muslim.

ABSTRACT
The aim of this research is to reveal the influence of Muslim rsquo s tourist motivation toward the selection of their sharia destination and the fulfilment of sharia accommodation, to know the influence of the destination and the sharia accommodation toward Muslim rsquo s tourist satisfaction and also the influence of the satisfaction toward Muslim rsquo s tourist loyalty. This research uses a quantitative approach, 250 respondents of Muslim rsquo s tourist in Indonesia participate in this research. Questionnaires with closed questions has been used as data collection techniques to assess the relationship between motivation, sharia destination, accommodation, satisfaction, and loyalty of Muslim rsquo s tourist. The analytical method PLS SEM Partial Least Square Structural Equation Modeling of software smart PLS 3.0 used to process the analysis. The result of this study indicates that motivation has a positive relationship with the selection of sharia destinations and the fulfillment of the sharia accommodation. The selection of sharia destinations significantly has a positive influence toward the loyalty of Muslim rsquo s tourist. The fulfillment of the accommodation does not have a positive and significant influence toward Muslim rsquo s tourist satisfaction. Satisfaction significantly has a positive influence toward the loyalty of Muslim rsquo s tourist. "
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Husnul Latifah
"ABSTRAK
Penelitian deskriptif-kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh experience self congruity, perceived social value, experience satisfaction, terhadap intensity of using digital social network yang dilakukan wisatawan untuk memperkuat identitas dirinya. Penelitian ini melibatkan 214 orang responden yang sebelumnya telah mengunjungi destinasi wisata di Lombok dan menggunakan digital social network untuk menyebarkan informasi mengenai perjalanan wisata mereka. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh langsung dan positif antara perceived social value terhadap intensity of using digital social network, namun tidak menunjukkan pengaruh antara self congruity dan experience satisfaction terhadap intensity of using digital social network.

ABSTRACT
This descriptive quantitative research aims to see the effect of experience self congruity, perceived social value, experience satisfaction, toward the intensity of using digital social network to reinforce their identity. This research involved 214 respondents who is previously have visited Lombok for leisure and thus used digital social network to inform others about their tourism experience. This study used Structural Equation Modeling SEM as data processor and the result shows that there is a direct and positive effect between perceived social value and the intensity of using digital social network, but no direct and positive effect between experience self congruity and experience satisfaction toward the intensity of using digital social network."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>