Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 167254 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indri Dwi Wahyuni
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah intervensi berupa coaching dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan pada Primagama Rotacy, sehingga berdampak pada peningkatan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Penelitian ini dilakukan terhadap 35 karyawan (10 karyawan full time dan 25 karyawan part time) pada Primagama Rotacy, dengan menggunakan alat ukur Organizational Citizenship Behavior dari Podsakoff, MacKenzie, Moorman dan Fetter (1990) serta Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) dari Weiss, Dawis, England dan Lofquist (1967). Dengan menggunakan analisa regresi terhadap variabel OCB dan kepuasan kerja, maka diperoleh hasil 88,4% variasi skor OCB disebabkan skor kepuasan kerja dengan data seluruh karyawan dan 93,6% variasi skor OCB disebabkan skor kepuasan kerja dengan data karyawan part time. Di sisi lain, dimensi kompetensi supervisor memiliki pengaruh paling signifikan terhadap OCB. Program intervensi yang dirancang untuk meningkatkan OCB adalah coaching pada supervisor. Coaching disusun berdasarkan hard competency supervisor yang belum terpenuhi. Hasil diskusi dengan kepala cabang menyatakan bahwa intervensi ini akan menjadi salah satu cara pengelolaan karyawan di organisasi sehingga dapat memberikan kepuasan kepada karyawan dengan harapan mampu meningkatkan OCB dan jumlah konsumen.

ABSTRACT
The research aimed to determine the effect of coaching, as intervention program, to enhance employee’s job satisfaction in Primagama Rotacy, in order to improve Organizational Citizenship Behavior (OCB). Research conducted on 35 employees (10 full time employees and 25 part time employees), by using Podsakoff, MacKenzie, Moorman dan Fetter (1990), Organizational Citizenship Behavior and Weiss, Dawis, England dan Lofquist (1967), Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ). By using regression analysis to both variable, the result show that 88,4% variance of OCB’s score depend on job satisfaction’s score for all employees and the result show that 93,6% variance of OCB’s score depend on job satisfaction’s score for part time employees. On the other hand, supervisor’s competency, working condition, and compensation as job satisfaction factor, were having most significance influence among other factors. Based on this, therefore, interventions program was designed to improve OCB, which is design of coaching at supervisor. Coaching was designed depend on supervisor’s hard competency that still unfilled. Discussion with branch director showed that this intervention will one of way to manage employee in organization so that employee satisfaction will be increase and hopefully can increase OCB and amount of customer."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32121
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adityo Rahmanto
"ABSTRAK
UKM CV. TM adalah sebuah unit usaha yang bergerak di bidang industri daur ulang
sampah plastik menjadi tutup galon air minum dalam kemasan (AMDK) isi ulang, yang
terletak di Cakung, Jakarta Timur. Permasalahan yang diangkat di dalam tesis ini
banyak berkaitan dengan aspek operasi produksi yang dijalankan oleh CV. TM sebagai
sebuah perusahaan manufaktur. Tujuan dari pelaksanaan program business coaching
dalam penulisan tesis ini adalah untuk melakukan pencermatan terhadap aspek operasi
produksi yang telah dijalankan oleh perusahaan selama ini, melakukan penentuan
standar kerja di setiap tahapan proses produksi yang ada serta berupaya untuk
memberikan perbaikan-perbaikan yang diperlukan, yang sejalan dengan tujuan untuk
meningkatkan efektifitas dan efisiensi operasi produksi di perusahaan

ABSTRACT
CV. TM (SME) is a business unit engaged in plastic waste recycle industry, producing
gallon caps for refillable packaged water located in Cakung, East Jakarta. The issue in
this thesis is much related to the production activities being held by CV. TM as a
business manufacturer. The objective of this business coaching program is to evaluate
the production activities that have been done by the company up until now, to develop
a working standard in every production activity and also to give improvements needed
in the area, which are aligned to the efforts in enhancing the effectiveness and
efficiency of production activities in the company"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwita Sekar Agni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior terhadap kinerja karyawan pada The Indonesian Capital Market Institue TICMI . Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran dengan jenis metode campuran sekuensial eksplanatori. Pendekatan penelitian ini melibatkan dua fase, fase kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner dan fase kualitatif dengan wawancara. Sampel yang diambil adalah total sampel, yaitu karyawan The Indonesian Capital Market Institute yang berjumlah 30 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, organizational citizenship behavior berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan The Indonesian Capital Market Institute.

The research aims to analyse the effect of job satisfaction and organizational citizenship behavior on employee performance in The Indonesian Capital Market Institute TICMI . This research approach used mixed method approach with type explanatory sequential mixed method. This research approach involves two phases, the first phase quantitative with survey using questionnaires and the second phase qualitative with interview method. The survey with total sampling, all employee in The Indonesia Capital Market Institute which amounts to 30 respondent. Data analysis techniques used in this study is multiple linier regression.
The results showed that job satisfaction don rsquo t have significant effect to employee performance. Organizational citizenship behavior have effect is significant to employee performance, and job satisfaction and organizational citizenship behavior simultaneously and significant in improving the employee performance at The Indonesian Capital Market Institute.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67216
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wyanet Yogasmara Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisory support terhadap organizational citizenship behavior dan peran participation in decision making dan kepuasan kerja sebagai mediator dalam hubungan tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah 255 karyawan PT XYZ. Dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisory support berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Participation in decision making sebagai mediator ditemukan berhubungan negatif dengan supervisory support dan organizational citizenship behavior. Ditemukan pula bahwa kepuasan kerja tidak memediasi hubungan antara supervisory support dan organizational citizenship behavior.

This study aims to determine the effect of supervisory support towards organizational citizenship behavior and the role of participation in decision making and job satisfaction as mediators in this relationship. Respondents in this study were 255 employees of PT XYZ. By using Structural Equation Model (SEM), the results of this study indicate that supervisory support has positive and significant effect towards organizational citizenship behavior. Participation in decision making as a mediator was found negatively related to supervisory support and organizational citizenship behavior. The result also discovers that job satisfaction does not mediate the relationship between supervisory support and organizational citizenship behavior.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Dean Risa
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran mediasi perilaku kewargaorganisasian pada hubungan antara kepuasan kerja dan intensi meninggalkan organisasi. Berdasarkan data yang diperoleh, rendahnya kepuasan kerja menjadi salah satu prediktor yang ditemukan dapat menyebabkan munculnya perilaku kewargaorganisasian PKO pada guru di sekolah xyz, yang kemudian mengarahkan mereka kepada keinginan untuk meninggalkan organisasi. Responden pada penelitian ini adalah seluruh guru berkewarganegaraan Indonesia yang saat ini aktif bekerja di sekolah xyz dengan jumlah 80 orang. Menggunakan PKO sebagai variabel mediator, hasil penelitian menunjukkan bahwa PKO ditemukan memiliki mediasi penuh pada hubungan antara kepuasan kerja dengan intensi turnover guru di sekolah xyz Indirect effect = -0.2700, Boot SE = 0.1393, 95 CI [-0.569, -0.024] . Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan intervensi yang dapat meningkatkan PKO, yang berupa training mengenai pengenalan PKO di organisasi. Pelatihan ini dilakukan sebagai bentuk usaha untuk membudayakan PKO di area kerja dan menurunkan tingkat turnover guru di sekolah xyz.

ABSTRACT
This research was conducted to see the mediation role of organizational citizenship behavior, on the relationship between job satisfaction and turnover intention. Based on the data obtained, the low job satisfaction being one of the predictors found can lead to the emergence of organizational citizenship PKO behavior in teachers in the xyz school, which then leads them to the desire to leave the organization. Respondents in this study are all Indonesian citizens who are currently active in xyz school with 80 people. Using OCB as a mediator variable, the results showed that OCB was found to have full mediation on the relationship between job satisfaction and turnover intention at school xyz Indirect effect 0.2700, Boot SE 0.1393, 95 CI 0.569, 0.024 . Based on the results of these studies, researchers conducted an interventions that can increase the OCB, that is the introduction of OCB in the organization training. This training was conducted as a form of effort to civilize OCB in the work area and reduce teacher turnover rate in xyz schools"
2018
T50658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Indriyani Darsono
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh program coaching pada atasan terhadap peningkatan organizational justice dan kepuasan kerja pada bawahan PT. XXY. Karyawan mempersepsikan dirinya mendapat perlakuan yang fair di tempat kerja akan merasa lebih puas dengan pekerjaannya dan akan lebih termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik. Penelitian terhadap 20 karyawan PT. XXY dengan alat ukur adaptasi dari organizational justice (Moorman, 1991) dan kepuasan kerja (Spector, 1997) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari organizational justice terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar 50,4% (los=0.01) Merujuk pada hasil tersebut maka dilakukan intervensi untuk meningkatkan organizational justice dan kepuasan kerja melalui program coaching penilaian kinerja pada perusahaan. Hasil intervensi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor pada organizational justice dan kepuasan kerja saat sebelum dan sesudah intervensi. Dengan demikian maka organisasi perlu melakukan beberapa hal diantaranya penilaian kerja secara berkala, melakukan pembenahan terhadap beberapa sistem terkait reward, memberikan training terhadap karyawan.

This study aims to see the effect of performance appraisal?s coaching program for supervisor to enhance organizational justice and job satisfaction toward subordinates at head office of PT. XXY. Employees who perceived themselves as being treated fairly, will be more likely to be satisfied with their jobs and motivated to do well. Study of 20 employees of PT. XXY with an instrument adapted of organizational justice (Moorman, 1991) and job satisfaction (Spector, 1997) showed a significant effects of organizational justice on job satisfaction equal to 50.4% (los = 0.01). Furthermore, intervention is given to improve organizational justice and job satisfaction through the performance appraisal?s coaching program. The results indicate that there are differences in intervention scores on organizational justice and job satisfaction before and after intervention. Thus, the organization needs to do several things including periodic performance appraisal, improve reward-related systems and providing training to employees."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30474
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Kartika
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komitmen afektif sebagai mediator pada hubungan antara kepuasan kerja dan intensi mengundurkan diri pada guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di sekolah internasional XYZ yang berjumlah 80 orang dengan sampel seluruh populasi. Metode pengambilan data dengan metode survei menggunakan instrumen penelitian job description index, affective commitment organization questionaire, dan turnover intention scale.
Hasil analisis menunjukkan bahwa komitmen afektif berperan sebagai mediasi penuh pada hubungan antara kepuasan kerja dan intensi mengundurkan diri guru. Bentuk intervensi dalam penelitian ini menggunakan individual coaching pada lini atasan dengan model GROW, untuk meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen afektif yang akan menurunkan intensi mengundurkan diri pada guru. Intervensi coaching signifikan meningkatkan kepuasan kerja pada guru, dengan hasil uji signifikansi peningkatan nilai mean post test (t = -10,702 dengan p<0,001). Dapat disimpulkan bahwa dukungan atasan sebagai aspek kepuasan kerja dapat meningkatkan kepuasan kerja yang akan berdampak pada peningkatan komitmen afektif pada guru.

This study aims to investigate the mediating effect of affective commitment on the relationship between job satisfaction and turnover intention in international school teachers. Data was collected through questionnaire from 80 teachers in XYZ international school. In this study used job description index scale, affective commitment organization questionaire, and turnover intention scale.
Analysis result indicated that affective commitment fully mediates the relationship between job satisfaction and turnover intention. Intervention in this study has used individual of coaching supervisor support with GROW model for improving job satisfaction; this will apparently reducing turnover intention of the teachers and engender affective commitment. Coaching intervention found increased job satisfaction of teachers, with significance test in mean post test (t = -10.702, p <0.001). It can be concluded that supervisor support as a aspect of job satisfaction will increase job satisfaction which will impact on affective commitment to teachers.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T51255
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prabowo Cahyo Susilo
"Dunia kerja yang semakin dinamis mengharuskan para karyawan untuk bekerja melebihi ekspektasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior. Variabel penelitian ini adalah kepuasan kerja dari Spector (1997) dan organizational citizenship behavior dari Organ (2006). Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Sampelnya adalah 33 orang karyawan tetap non-manajerial Divisi Konstruksi I PT Adhi Karya (Persero) Tbk. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior.

An increasingly dynamic world of work require employees to work beyond the company's expectations. This study aims to analyze the influence of job satisfaction towards organizational citizenship behavior. The variables are job satisfaction from Spector (1997) and organizational citizenship behavior from Organ (2006). The method of the research is quantitative. The sampling method using questionnaire and analyzed by simple regression analysis. The sample are 33 permanent staff at construction division I PT Adhi Karya. The result indicate that job satisfaction has a significant influence on organizational citizenship behavior"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62999
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Burhanuddin
"Penelitian ini merupakan sebuah studi lanjutan yang meneliti konsep followership. Konsep followership ini merupakan konsep yang melengkapi konsep leadership dan dikembangkan untuk memahami secara lebih baik mengenai keberhasilan sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian sebelumnya yaitu apakah konsep followership tersebut memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior dari karyawan di Indonesia.
Metodologi yang digunakan menggunakan penyebaran kuesioner dengan partisipan penelitian adalah karyawan dari tiga perusahaan yang bergerak untuk mendapatkan laba (for profit) dengan jumlah sebanyak 121 orang.
Hasil yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa konsep followership memiliki pengaruh yang sama terhadap dimensi-dimensi lain yang diujikan dengan hasil penelitian Blanchard et al (2009) kecuali dimensi external job satisfaction, hal ini tidak terlepas dari mayoritas partisipan penelitian yang memiliki etnis suku bangsa jawa. Salah satu kesimpulan penting dari penelitian ini adalah karyawan di Indonesia, terutama yang memiliki etnis suku bangsa jawa, memiliki sebuah konsep external job satisfaction yang berbeda dengan partisipan dari Amerika dan oleh karena itulah perlu dilakukan studi yang lebih mendalam mengenai perbedaan karakteristik ini.

This study is designed to further continue the study of followership . Using previous study as a base, this study plan to test the hipothesis that has been established about the concept of followership in Indonesia with the addition of OCB as a dependent variable. The concept of followership is developed as an addition to the concept of leadership to better understand the reason behind organizational success.
This study uses questionnaire as a mean to get the data required from three different company with 121 employee as respondent. Active engagement have this score toward other variables (β=0.493, sig=0.003; β=0.189, sig=0.685; β=0.275, sig=0.075; β=0.42, sig=0.369; β=0.113, sig=0.79). Independent critical thinking have this score toward other variables (β=-0.309, sig=0.563; β=0.038, sig=0.943; β=-0.544, sig=0.264). Interaction between active engagement with independent critical thinking have this score toward other variables (β=-0.336, sig=0.039; β=0.436, sig=0.608; β=0.158, sig=0.304; β=-0.047, sig=0.956; β=0.839, sig=0.279).
The result shows that the concept of followership have a relationship with all dimensions of variables except of the external job satisfaction.It seems that ethnic background has different influence to employee's concept of satisfaction because the majority of respondent is known to be of Javanese ethnicity. One of the major conclusions in this paper suggest that Indonesian employee have a different concept about satisfaction due to their ethnic characteristics and this opens the door to the next study about followership and ethnicity in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32537
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Masitha
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Dalam meneliti kepuasan kerja digunakan teori dari Smith, Kendall dan Hulin (1969). Sedangkan dalam meneliti OCB digunakan teori dari Organ (1988). Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yakni sebanyak 31 responden yang dilakukan pada karyawan tetap level staf PT. Jakarta Propertindo. Untuk mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan OCB digunakan koefisien korelasi spearman dan uji Z untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan OCB pada karyawan tetap level staf PT. Jakarta Propertindo termasuk tinggi dan kepuasan kerja memiliki hubungan yang positif dengan OCB, dimana hasil dari koefisien korelasi spearman menunjukkan angka 0,678. Hal ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara kepuasan kerja dengan OCB.

ABSTRACT
The purpose of this research is to see the correlation between job satisfaction and Organizational Citizenship Behavior (OCB). Job satisfaction were measured by using the theory from Smith, Kendall and Hulin (1969). Whereas OCB were measured by using the theory from Organ (1988). This research was included in the quantitative research through questionnaires dan interview. The sample in this reasearch were 31 permanent staff employee at PT. Jakarta Propertindo taken from population using total sampling technique. To find the correlation between job satisfaction and OCB, Spearman correlation test is used in this reasearch and also Z test is used to test the hypothesis. The result of this reasearch showed that job satisfaction and OCB of the permanent staff employees at PT. Jakarta Propertindo including high and job satisfaction has a positive correlation with OCB, which results from the Spearman correlation shows the number 0.678. This is means that there is a strong correlation between job satisfaction and OCB."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S9813
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>