Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 174789 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lisa Permatasari
"Harga diri merupakan penilaian pribadi individu terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisis seberapa jauh perilaku memenuhi ideal dirinya. Harga diri dipengaruhi oleh persepsi diri sendiri dan orang lain serta pengalaman terkait keberhasilan atau kegagalan. Diterima di Universitas Indonesia yang merupakan universitas yang diminati di Indonesia dapat dianggap pencapaian yang positif yang dapat meningkatkan harga diri remaja. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi gambaran harga diri mahasiswa S1 reguler dan mahasiswa profesi 2011 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Data pada penelitian ini berjumlah 132 mahasiswa yang terdiri dari 72 mahasiswa reguler dan 60 mahasiswa profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling.
Hasil analisis univariat menunjukkan harga diri positif dimiliki oleh 47,2% mahasiswa reguler dan 66,7% mahasiswa profesi. Rekomendasi penelitian ini adalah perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi harga diri mahasiswa keperawatan. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan program yang sesuai untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang profesi perawat.

Self-esteem is an individual's personal assessment of the results achieved by analyzing how far behavior meet ideal self. Self-esteem can be influenced by self perception, other perception, and the experience of successful. Accepted in University of Indonesia as a public and well known university in Indonesia can be seen as a positive achievement that can increase self-esteem of teenager. The aim of this descriptive study was to identify the academic and the profession student self-esteem 2011. Data were collected from a quota sampling from 132 students which consist of 72 academic students and 60 profession students.
The results showed that 47,2% of academic students had positive self-esteem, while 66,7% of profession students had positive self-esteem. Some recommendations were proposed that a future study should be conducted to identify some factors that affecting the nursing student self-esteem. The results of this study could be beneficial to improve the nurse curriculum that increase the knowledge and the awareness of the nursing students regarding the nursing profession.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43468
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Budiarti
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan keaktifan berorganisasi mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan melibatkan 140 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 57,9% mahasiswa dengan harga diri positif memiliki tingkat keaktifan tinggi. Hasil uji Chi Square menyatakan terdapat hubungan yang bermakna antara harga diri dan keaktifan berorganisasi (p= 0.037, α= 0.05). Penelitian memberikan implikasi supaya hasil penelitian dapat dijadikan evidence base dalam menyusun rencana pendidikan kesehatan pada kelompok remaja yang memiliki masalah harga diri negatif.

This study purposed to examine the relationship between self-esteem and organizational activities among Undergraduate Students of Nursing, University of Indonesia. This study used cross sectional design involved 140 students with purposive sampling technique. The result showed that 57,9% respondents who involved organizational students in faculty of nursing with positive self-esteem have high activities. Based on Chi Square test, there was a significant relationship between self-esteem and organizational activities (p= 0.037, α= 0.05). This study has implications for educational institutions to be used as evidence base in health education plan for adolescents who have problem with negative self-esteem."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43590
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Diantika Prameswara
"ABSTRAK
Internet telah menjadi konsumsi semua orang. Penggunaannya mulai dari untuk sarana belajar (academic browsing) sampai sebagai hiburan (entertain browsing). FIK UI salah satu institusi yang mayoritas mahasiswanya aktif menggunakan internet, mulai dari mahasiswa angkatan 2008 sampai 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan academic browsing dengan penggunaan entertain browsing pada mahasiswa FIK UI, khususnya angkatan 2008 dan 2011. Penelitian ini bersifat deskriptif komparatif. Terdapat 198 kuesioner lengkap dari 250 kuesioner yang disebar. Dalam penelitian ini rata-rata skor penggunaan academic browsing rendah sedangkan entertain browsing tinggi pada kedua angkatan. Peneliti menyarankan penggunaan academic browsing ditingkatkan dengan cara mewajibkan mahasiswa untuk menggunakan jurnal internasional sebagai referensi dalam tugas.

ABSTRACT
Internet has become everyone's consumption. Its used for facilities ranging from learning (academic browsing) to the entertainment (entertainment browsing). FIK UI is one of institution that the majority of students use the internet actively, from student class of 2008 to 2011. The purpose of research is to determine the ratio of the use academic browsing with browsing on entertain to FIK UI students, especially class 2008 and 2011. This study is descriptive comparative. There were 198 questionnaires of 250 questionnaires were distributed. In this research, the score average of the use of academic browsing was low whereas the use of entertainment was high in this two generation. Researcher recommend to raise the use of academic browsing by requiring students to use international journal as a reference in the assignment."
2012
S43397
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Evina Sari
"Penelitian ini menggunakan desain deskriptif yang bertujuan mengidentifikasi gambaran motivasi belajar dan faktor pendukung motivasi belajar mahasiswa S1 Reguler dan Eksekutif angkatan 2011 Program Keperawatan Universitas Esa Unggul. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling. Sampel penelitian 25 mahasiswa S1 reguler dan 25 mahasiswa S1 eksekutif angkatan 2011 Program Keperawatan Universitas Esa Unggul. Hasil penelitian adalah mahasiswa S1 Reguler angkatan 2011 motivasi belajar tinggi (52%) dan mahasiswa S1 Eksekutif angkatan 2011 motivasi belajar rendah (52%). Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu meneliti faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar.

This study was using a descriptive design that aims to identify description of the motivation learning and factors supporting student motivation learning S1 Regular and Executive Force 2011 Program Excellence Nursing at Esa Unggul University. The method of this study used purposive sampling. The samples S1 twenty five regular and twenty five executive class S1 2011 Esa University Nursing Program Excellence. The results are S1 2011 Regular force motivation high (52%) and the Executive Force 2011 S1 low motivation (52%). The suggestions for further research that examines the factors that affect the intrinsic and extrinsic motivation to learn."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42572
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Yosephin Melati
"Konstipasi mengganggu aktivitas harian penderita namun tidak dianggap sebagai masalah yang serius walaupun kenyataannya menimbulkan komplikasi kesehatan yang dapat mengancam nyawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadian konstipasi fungsional pada mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Desain yang digunakan adalah deskriptif cross sectional dengan sampel mahasiswa berjumlah 86 orang, diperoleh dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen dari penelitian ini adalah kriteria ROME III yang telah dimodifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebesar 55,8% mahasiswa mengalami konstipasi fungsional. Promosi kesehatan dengan meningkatkan intake cairan dan asupan serat pada mahasiswa direkomendasikan untuk menurunkan angka kejadian konstipasi fungsional.

Most people overlook constipation despite the fact that It may disrupt daily life. It, furthermore, can lead to serious health problems that will threaten life. This study aimed to identify the incidence of functional constipation amongst undergraduate nursing students at faculty of Nursing Universitas Indonesia. The study employed cross sectional design, involving 86 respondents who were selected by using stratified random sampling. The instrument of the study was modified ROME III criteria. The results showed that 55,8% of total respondents had functional constipation. This study recommended health promotion by increasing fluid intake and fiber intake targeting students to reduce the incidence of functional constipation."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S65472
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zumaidah
"ABSTRAK
Strategi koping fangirling merupakan salah satu bentuk mekanisme koping yang
berdasarkan kecintaan terhadap idola yang dimiliki seseorang. Strategi koping ini
mencakup kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh seorang fangirl, seperti
menonton video, mendengarkan musik, dan browsing internet untuk meng-update
berita terkait idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi
koping fangirling pada mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas
Indonesia. Penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Pengambilan sampel
pada 106 orang mahasiswa dari angkatan 2008 sampai angkatan 2011 dengan
menggunakan metode consecutive sampling pada 20 Mei-9 Juni 2012. Instrument
penelitian berupa kuesioner mengenai gambaran strategi koping fangirling sebanyak
32 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa sering
melakukan strategi koping fangirling berupa menonton video (52,8%), mendengarkan
musik (48,1%), dan menonton drama/reality show favoritnya (43,4%) ketika merasa
stres. Penelitian ini belum meneliti lebih tentang efektifitas strategi koping ini dalam
menurunkan tingkat stres, sehingga penelitian selanjutnya diharapkan dapat
mengidentifikasi efektifitas strategi koping fangirling dalam menurunkan tingkat
stres

ABSTRACT
Coping fangirling strategy is a form of coping mechanisms based on the love of one's
own idol. These coping strategy included some activities who commonly performed
by a fangirl, such as watching videos, listening to music, and browsing the internet
for news updates related to her idol. The purpose of this study is to determine the
description of coping fangirling strategy on regular student in Faculty of Nursing
Universitas Indonesia. This study uses simple descriptive research design and
involved 106 students from regular student branch of 2008 until 2011 with
consecutive sampling and it hold from 20 May - 9 June 2012. The instrument is
questionnaire about the description of coping fangirling strategy with 32 questions.
This study showed most of the students are doing fangirling by watching the video
(52,8%), listening to music (48,1%) and watching the favourite drama/reality show
(43,4%) when feeling stressed. This study not researched about the effectiveness of
coping fangirling strategy to reducing stres level yet, so further study is expected to
identify about the effectiveness of coping fangirling strategy to reducing stres level.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43827
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siska Susdia Lestari
"Influenza merupakan salah satu virus pandemik yang menjadi masalah global dan harus dikendalikan. Pengendalian penularan virus influenza bergantung pada perilaku kepatuhan terhadap standar tindakan pencegahan dan pemeliharaan kebersihan pernapasan. Mahasiswa memiliki risiko tinggi terhadap penularan influenza dari individu ke individu lainnya sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencegahan penularan influenza pada mahasiswa. Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan metode total sampling sebanyak 156 responden. Berdasarkan data penelitian didapatkan bahwa perilaku mahasiswa dalam pencegahan penularan influenza yaitu 50,6 baik dan sisanya 49,4 kurang baik.
Hasil identifikasi perilaku didapatkan bahwa seluruh mahasiswa menutup mulut ketika batuk atau bersin dengan menggunakan lengan 64,1 dan menggunakan tisu 35,9. Mahasiswa yang melakukan imunisasi vaksin influenza yaitu 12,8, mahasiswa yang menggunakan masker dengan tepat yaitu 57,7. Perilaku tepat hand hygiene pada mahasiswa saat influenza yaitu 86,5. Peneliti merekomendasikan promosi kesehatan untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa dalam pengendalian infeksi virus influenza sehingga dapat menurunkan angka kesakitan.

Influenza was one of the pandemic virus which had become a global threat had to be controlled. Control over the transmission of the virus depended on compliance with standards of precautions and maintenance of respiratory hygiene. Students had a high risk of transmission of influenza from individuals to other individuals so that this study aims to determined the prevention behavior of influenza transmission. This research was cross sectional descriptive study used total sampling method with the number of respondents 156. Based on research data, student behavior in prevention of influenza transmission was 50,6 good and 49,4 was not.
All students covered their mouths when coughing or sneezing by used arms as much as 64.1 and 35.9 used tissues. Those who immunized influenza vaccine were 12.8. The correct student behavior in using the mask was 57.7. Hand hygiene behavior of students when suffering from influenza was 86.5 good. Researchers recommend that health promotion to be done to raise the awareness of students in the control of influenza virus infection so that it can reduce morbidity rate.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S67782
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Annissa Novalia
"Pengambilan keputusan klinis merupakan hal yang esensial dan dianggap sebagai ciri khas perawat profesional karena keputusan klinis yang ditetapkan akan memengaruhi kualitas asuhan yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pengambilan keputusan klinis mahasiswa program S1 Ners Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional dengan melibatkan 216 mahasiswa dari beberapa program pendidikan di FIK UI yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Nursing Decision Making Instrument-Revised 2014 (NDMI-R2014). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pengambilan keputusan klinis mahasiswa sebanyak 59,2% berada dalam kategori analisis, 40,3% dalam kategori kuasi-rasional, dan hanya 0,5% dalam kategori intuitif. Penelitian ini merekomendasikan adanya upaya untuk terus meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan klinis mahasiswa agar mampu membuat keputusan yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi klinis yang beragam.

Clinical decision making is essential and is considered a characteristic of professional nurses because the clinical decisions that are determined will affect the quality of care provided. The purpose of this research is to find out the picture of the clinical decision making of Nursing Undergraduate and Profession students at the Faculty of Nursing, Universitas Indonesia. This study used a cross-sectional research design involving 216 students from several educational programs at FIK UI selected by a stratified random sampling technique. The instrument used was Nursing Decision Making Instrument-Revised 2014 (NDMI-R2014). The results showed that 59.2% of students' clinical decision-making abilities were in the analysis category, 40.3% were in the quasi-rational category, and only 0.5% were in the intuitive category. This study recommends that there are efforts to continuously improve students' clinical decision-making abilities to be able to make the right decision according to various clinical situations and conditions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfa Luthfia
"Prokrastinasi akademik merupakan fenomena yang berkembang secara luas di dalam dunia akademik. Beberapa penelitian menunjukkan prokrastinasi akademik memiliki hubungan yang positif dengan kecemasan, depresi, tingkat stres yang tinggi dan kesehatan yang lebih buruk. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara prokrastinasi akademik dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan.
Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan sampel mahasiswa tingkat akhir reguler dan ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebanyak 143. Penelitian ini menggunakan dua buah instrument kuesioner yaitu Academic Procrastination Scale (APS) dan Student Nurse Stress Index (SNSI). Hasil penelitian dengan CI 95% didapatkan hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dengan tingkat stres (p=0,007).
Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa berada pada tingkat prokrastinasi akademik sedang (68,5%) dan tingkat stres rendah (63,6%). Hal tersebut menunjukkan mahasiswa dengan tingkat prokrastinasi akademik tinggi berpeluang untuk mengalami tingkat stres yang lebih tinggi. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah menggunakan teknik pengambilan data total sampling agar gambaran prokrastinasi akademik secara keseluruhan pada populasi mahasiswa dapat terlihat.

Academic procrastination was a widely developed phenomenon in academic environment. Some research shows that academic procrastination has a positive correlation with anxiety, depression, high level of stress, and poor health status. The purpose of this study was to determine the correlation between academic procrastination and stress level in nursing student.
The research design used descriptive correlative study with 143 samples of final year undergraduate nursing student in Faculty of Nursing, University of Indonesia. This study used two questionnaires instrument, Academic Procrastination Scale (APS) and Student Nurse Stress Index (SNSI).
The result showed that with 95% CI there is a significant correlation between academic procrastination and stress level (p=0,007). Result showed that student in a moderate level of academic procrastination (68,5%) and low level of stress (63,6%). Student with high level of academic procrastination was potential to experience more high levels of stress. Suggestion for future research is to use total sampling techniques in data collection, so the overall picture of academic procrastination in student population can be seen."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46547
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>