Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118463 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sitompul, Glorya Agustiningsih
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
S4771
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"The management quality standart of UT student services is based on ISO 9001. Recently ISO 9001:2008 certificate already being applied to 35 UT Regional Centres (UPBJJ-UT). UT has to allocate considerable amount of budget in order to maintain them. Considering the limitation of budget in the future, a study had to be conducted in order to collect information on the perceptions of academicians' community toward the benefit of the implementing ISO 9001:2008. The purpose of the study were (1) to identify the benefits of ISO certification, (2) to identify the perceptions of colleagues and students toward the acquisition of ISO certification, and (3) to explain the relation between UPBJJ-UT's characteristics batiosed on the geographical conditions, their partners' and students perceptions toward the acquisition of certificate. The research methodology applied the standard survey, by submitting the questionnaire to the UPBJJ-UT's leaders, staffs, partners and students at 10 UPBJJ-UT which were characterized by urban, island, and inland. Data was analyzed by applying descriptive statistics methods. The result showed that: (1) the officials in the UPBJJ management level felt that ISO as procedures need to be modified and readapted to make them better, more realistic and humanist (2) the achievement of ISO certificate did not have any influence to UT colleagues and students' perceptions towards UT (3) Based on UPBJJ-UT characteristics, it seemed that there were no differences in perceptions among UT partners and students toward UT's ISO certificate."
JPUT 12:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Badawi
"ABSTRAK
Universitas Indonesia sebagai lembaga perguruan tinggi publik di melalui pers. negeri berkepentingan untuk berhubungan dengan luarnya, salah Hubungan tersebut dilakukan semata-mata dalam hubungan yang satunya adalah dengan dan bergantungan, karena hidup dalam suatu lingkungan, tak mau kegiatannya akan saling bersinggungan. saling yang mau Bagian Hubungan Masyarakat-lah yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan yang berhubungan secara resmi Bagian Humas UI memiliki tugas dan fungsi sebagai layaknya Humas organisasi lainnya, yaitu untuk dalam dengan pers. mengkomunikasikan segala aktivitas UI kepada masyarakat luar, guna terciptanya citra yang baik. Sehingga konsep Hubungan Media (Media Relations) pada kebanyakan organisasi lainnya, juga bisa diterapkan secara praktis pada Humas UI. Pada tahap operasionalisasinya, antara teori Media Relations yang ideal dengan prakteknya di lapangan sering tidak sejajar secara sempurna. Walaupun tugas dan fungsi Humas UI secara struktural maupun gambaran kerjanya tegas dan rinci menunjuk pada kegiatan Media Relations, namun pada prakteknya kurang memberi hasil maksimal. Hasil maksimal dari sebuah hubungan media dapat terlacak dari respon pers terhadap kegiatan-kegiatan Humas UI tidaklah berbeda UI. Komentar pers yang mengkritik Humas mencolok dengan kritikan pers Humas-humas di departemen pemerintah. kental serta kurang memberikan informasi secara cepat, tepat dan terus terang, sebagai beberapa hal yang dianggap secara terhadap kegiatan Kesan birokratisnya yang kurang memuaskan pers. fungsi antara Humas dan Pers mengakibatkan keduanya menjadi kompleks. Di satu pihak Humas UI ingin bertangung jawab sebaik-baiknya terhadap organisasi berada di atasnya; di lain pihak pers mempunyai kepentingan tersendiri dengan informasi yang dicari dan diterimanya dari Humas sesuai dengan nilai berita, visi, dan misi medianya. Perbedaan hubungan yang Dari wawancara mendalam dapat diketahui, ketidaksempurnaan kegiatan Media Relations dari Humas UI ini tidaklah I mengganggu secara mendasar bagi kelanjutan hubungannya dengan pers. Karena pers itu sendiri pada isyu-isyu tertensudah cukup puas sensitifv politis, Humas UI tidak bisa diandalkan sebagai lembaga resmi yang menjadi sumber berita yang rapkan tampil. Ini menguatkan fenomena dominan yang seragam dengan Humas pemerintah lainnya. misalnya kegiatan akademis ilmiah, layanan Humas UI. Namun, pada isyu yang tu, dengan terutama masalah diha- Peningkatan kualitas hubungan media memiliki dua syarat pokok, yakni pemberian otoritas yang lebih besar kepada Humas UI dalam berhubungan dengan pers, serta peningkatan sumber daya stafnya agar lebih menguasai praktek hubungan media secara profesional."
1993
S3941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roomilda
"PR serves as a boundary spanner (link) including the 'bridge' between the public, both external and internal, in terms of accessibility of information, share aspirations, etc. Activity boundary spanner as a liaison officer or as a source of information formalized through the channels of advanced information technology with management information system which managed a rapid, precise, accurate and informative. UI news in the media tend to increase in 2011-2012 composed of positive news, negative news and neutral news or without giving positive and negative implications for the perception of UI. The role of PR as a boundary spanner and buffer (silencer) views of the PR UI's efforts detects and process information about the changes that occur. Purpose of research, wants to know students perceptions of the role of PR University internal conflict management. Design research Positivist quantitative with stratified sampling techniques, research population of UI students with year range between 2009-2012.

PR berfungsi sebagai boundary spanner (penghubung) termasuk ?menjembatani' antara publik UI, baik eksternal maupun internal, dalam hal aksesibilitas informasi, menyalurkan aspirasi, dsb. Aktifitas boundary spanner sebagai pejabat penghubung atau penyediaan informasi diformalisasikan melalui saluran teknologi informasi canggih dengan model sistem informasi manajemen yang dikelola secara cepat, tepat, akurat dan informatif. Pemberitaan UI di media tahun 2011-2012 cenderung meningkat terdiri dari berita positif, berita negatif dan berita netral atau tanpa memberikan implikasi persepsi positif maupun negatif untuk UI. Peranan Humas sebagai boundary spanner dan buffer (peredam) dilihat dari upaya Humas UI mendeteksi dan memproses informasi mengenai perubahan yang terjadi. Tujuan penelitian ingin mengetahui persepsi mahasiswa tentang peran Humas sebuah Universitas dalam manajemen konflik internal. Desain penelitian kuantitatif positivisme, teknik sampling berstrata, populasi penelitian adalah mahasiswa UI angkatan 2009-2012."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Deborah Imelda
"Universitas Indonesia (UI) sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki kekuatan moral dalam mendidik manusia Indonesia (mahasiswanya), dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi perubahan zaman. Salah satunya perubahan status UI menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN), yang memberi konsekuensi perubahan mendasar di segala bidang. Dalam menginformasikan perubahan yang mendasar ini, perlu adanya suatu badan Kehumasan yang dapat mengkomunikasikan segala bentuk informasi, baik itu dalam bentuk pertukaran fakta, pandangan dan gagasan antara UI dengan masyarakatnya. Adapun tujuan dan pembentukan Humas dianggap penting karena praktisi Humas dapat menciptakan sistem komunikasi dan informasi yang terpola dan terpadu dalam publik internal dan atau eksternal UI, membentuk dan memelihara citra UI sebagai universitas yang positif di mata publik. Fungsi dan peran Humas UI dalam hal ini diharapkan mampu memberi kontribusi strategi komunikasi yang efektif untuk membantu Pimpinan Universitas dalam pencapaian tujuan universitas. Agar humas universitas itu sendiri dapat berjalan dengan baik dalam menyamakan persepsi publik, perlu dikaji terlebih dahulu bagaimana tanggapan publik atas keberadaan humas. Berangkat dari tanggapan yang diberikan publik internal universitas maka dapat dideskripsikan bagaimana pengetahuan tentang humas, pendapat dan harapan atas keberadaan divisi humas dalam universitas dan bagaimana hubungan antar variabel tersebut diatas. Yang ingin dicapai pada penelitian yang mengg-unakan pendekatan eksplanatif kuantitatif ini adalah untuk mengetahui serta dapat menggambarkan sejauh apa tingkat pengetahuan publik internal tentang humas secara umum dan bagaimana tingkat pendapat dan harapan mereka terhadap fungsi dan peran Humas UI, serta korelasi diantaranya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh individu yang termasuk dalam publik internal UI, dengan sampel yang diambil adalah publik internal pada Rektorat, FISIP dan Fakultas Teknik, jumlah responden yaitu 60 orang. Dengan 5 dimensi pada operasionalisasi konsep, indikator-indikator pertanyaan pada kuesioner yang disebar pengukurannya menggunakan skala Likert-Interval, dimana tingkat pengetahuan menggunakan kategori jawaban Sangat Tidak Tahu hingga Sangat Tahu, tingkat pendapat menggunakan kategori jawaban Buruk hingga Sangat Baik, dan tingkat harapan menggunakan kategori jawaban Tidak Setuju hingga Sangat Setuju. Variabel independennya masing-masing Profil Responden dan Tingkat Pengetahuan tentang humas secara umum, variabel dependennya masing-masing Tingkat Pendapat dan Tingkat Harapan terhadap Fungsi dan Peran Humas UI. Pengolahan data analisa univariat dan bivariat menggunakan SPSS dengan teknik analisis Descriptive-Frequency, Pearson's Correlations dan Compare Means — ANOVA. Hasil dan pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif dengan arah kekuatan hubungan Cukup Kuat antara pengetahuan publik internal tentang humas secara umum dengan harapan mereka terhadap fungsi dan peran Humas UT. Berdasarkan fungsi dan peranannya di UI, diketahui bahwa sebagian besar publik internal UI berpendapat Humas UI pada kategori penilaian "BIASA" dengan kata lain, pendapat publik internal terhadap Humas UI berada path level sedang (tidak rendah, juga tidak tinggi). Publik internal memberi penilaian yang paling dianggap baik terhadap fungsi dan peran Humas UI sejauh ini adalah kegiatan publikasi seperti pameran pendidikan, sponsorship yang telah dilakukan, dimana rata-rata menjawab dengan kategori BAIK. Sementara, pendapat berupa penilaian yang paling rendah terhadap kegiatan humas di UI oleh publik internal adalah kegiatan yang berhubungan dengan penanganan krisis komunikasi internal, kegiatan membangun identitas UI status BHMN dilingkungan internal yang dianggap belum merata dan belum adanya kegiatan yang berhubungan dengan dialog kepada publik internal UI. Hasil analisa difference juga menunjukkan adanya perbedaan pada kelompok jenis kelamin dan latar belakang pendidikan atas harapan mereka terhadap fungsi dan peran Humas UI. Dari hasil interpretasi data berdasarkan analisis SPSS juga terlihat bahwa harapan yang memiki tingkat kesetujuan yang paling tinggi adalah harapan publik internal (Rektorat, FISIP dan Fakultas Teknik) agar Humas UI mempunyai fungsi dan berperan lebih besar dalam menjalankan kegiatan komunikasi, yaitu sebagi media informasi dan komunikasi, membentuk citra positif universitas, dan membangun identitas UT berstatus BHMN baik dilingkungan dalam maupun luar universitas."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
S4322
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rani Agusti Kurniawardhani
"Salah satu hal yang mendasari motivasi karyawan adalah persepsi, misalnya persepsi mengenai penilaian kinerja perusahaan. Hasil penilaian kinerja sangat penting karena digunakan untuk berbagai keputusan organisasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh persepsi mengenai penilaian kinerja terhadap motivasi karyawan PT BNI (Persero) Tbk Cabang UI Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 76 orang karyawan office PT BNI (Persero) Tbk Cabang UI Depok baik yang berstatus tetap maupun kontrak, dimana teknik pengambilan sampelnya menggunakan total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mengenai penilaian kinerja memiliki pengaruh terhadap motivasi karyawan PT BNI (Persero) Tbk Cabang UI Depok.

One of the things that underlie employee?s motivation is perception, such as perception about company's performance appraisal. The results of performance appraisal is very important because it is used for a variety of organizational decisions. The objective of this research is to analyze the influence of perception about performance appraisal on employee?s motivation at PT BNI (Persero) Tbk on UI Depok branch office. The sample of this research is 76 office employees of PT BNI (Persero) Tbk on UI Depok branch office, both permanent and contractual status, wherein the sample collection technique using total sampling. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with simple regression. The result of this research indicate that perception about performance appraisal has an influence on employee?s motivation at PT BNI (Persero) Tbk on UI Depok branch office."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S57499
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwika Aldila
"Isu dan krisis terkait pemberitaan di media online menuntut praktisi humas melakukan strategi kehumasan untuk mempertahankan citra dan reputasi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas UI dalam menangani isu dan krisis terkait pemberitaan di media online mengenai Save UI dan untuk mengetahui hambatan dalam melakukan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif deskriptif dan strategi penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan humas UI dalam menangani isu dan krisis pada pemberitaan di media online mengenai save UI adalah menyeimbangi pemberitaan negatif dengan pemberitaan positif untuk membangun sentimen positif publik UI dengan cara memberitakan prestasi atau penghargaan yang diperoleh UI dan juga melakukan pendekatan dengan pihak media massa dan publik.

The issue and crisis that contained in online media is forcing PR practicioner to make strategic PR planning which can mantain organization?s image and reputation. The focus of this study is to identify University of Indonesia?s strategical PR plan at handling online issue and crisis about Save UI and analize the struggles that come from implementing it. This study used constructivist paradigm, qualitative-descriptive approach and the strategy was using case study. The data were collected by in depth interview and documentation study. The result revealed that the strategy used to handle issues and crisis in online media about Save UI was by balancing negative reports with positive reports. To developed positive sentiments for University of Indonesia publics, PR used reports about University?s achievements, and also approached the mass media and publics.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Riyanti
"Surat kabar saat ini semakin dirasakan kehadirannya, baik sebagi sarana pembeli iniormasi. maupun sebagi salah satu alat interaksi sosial pernbaca dengan lingkung,annya. Banyaknya surat antara kabar yang beredar setiap harinya memungkinkan "pembaca untuk memilih surat kabar sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Seperti diketahui bahwa surat kaba selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan informasi pembacanya dengan harapan sasaran pembaca yang diinginkan akan tercapai, kemudian pada akhirnya pembaca diharapkan akan menggunakan surat kabar itu setiap harinya sebagai sarana informasi yang utama. Apabila ini dapat terlaksana. maka akan tercipta suatu hubungan antara pengenaan media. kredibilitas media dan ketergantungan pembaca terhadap surat kabar itu. Namun hal ini tidaklah selalu dapat terjadi secara bersamaan pada seluruh informasi yang dimuat dalam surat kabar. Pada penelitian ini. penulis mencoba melihat bagaimana hubungan antara pengenaan media, kredibilitae media, dan ketergantungan media pada surat kabar Kompae dan Media Indonesia dikalangan mahasiswa FISIP UI. Sifat dari pada penelitian ini adalah penjelasan, dan jumlah responden yang diambil 100 orang, terdiri dari berbagai jurusan studi dan berasal dari angkatan 1983 hingga 1988 Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis kelamin, jurusan studio dan tahun angkatan dapat mempunyai perbedaan yang signifikan dengan pengenaan media. Demikian pula dengan variabel kredibilitas media. maupun ketergantungan~dari surat kabar Kompas dan Media Indonesia, pada jenis informasi tertentu karakteristik responden ini juga mempunyai perbedaan yang signifikan. Hasil yang lain juga menunjukan bahwa hubungan an tara pengenaan media dan kredibilitas media tidaklah terlalu kuat. Artinya persepsi yang positif dari pembaca terhadap Kompas maupun Media Indonesia. tidak dengan sendirinya menyebabkan pengenaan media yang terjadi juga tinggi. Demikian pula hubungan antara pengenaan media dengan ketergantungan media dikedua surat kabar itu menunjukan bahwa tidak pada semua isyu pemberitaan hubungan yang ter.jadi adalah kuat. atau pengenaan media yang tinggi tidak selalu menyebabkan pembaca selalu tergantung pada surat kabar yang bersangkutan. Pada bagian lain. penelitian ini memperlihatkan bahwa hubungan yang cukup kuat antara kredibilitas media dan ketergantungan media lebih banyak terdapat pada isyu pemberitaan yang dimuat pada surat kabar Kompas dari pada Media Indonesia. Hal ini nampaknya dapat disebabkan karena sebagian besar responden juga membaca surat kabar lain (seperti: Suara Pembaruan. Pos Kota) dan majalah berita (seperti: Tempo dan Editor). Dengan sendirinya ini akan menyebabkan responden tidak selalu merasa perlu tergantung pada surat kabar Kompas dan Media Indonesia untuku informasi kredibilitas atau yang mereka inginkan. tingkat kepercayaan yang Walaupun terbentuk adalah positif , namun tingkat ketergantungan yang terbentuk belum tentu juga positif. Adanya alternatif media informasi yang lain menyebabkan pembaca tidak selalu tergantung pada satu media untuk informasi yang diinginkan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990
S3886
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>