Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 92 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khairiyah
"Kereta commuter line yang beroperasi di willayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dibawah naungan PT. Kereta Commuter Indonesia, merupakan pelayanan publik di bidang transportasi yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia untuk seluruh masyarakat. Sebagai pelayanan publik, seharusnya pelayanan kereta commuter line dapat diakses oleh seluruh masyarakat, termasuk penyandang disabilitas fisik. Namun, kenyataannya masih terdapat keluhan-keluhan yang disampaikan oleh penyandang disabilitas terkait akses yang disediakan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia. Peneliti ingin meneliti akses pelayanan kereta commuter line di Jabodetabek bagi penyandang disabilitas fisik. Untuk meneliti akses pelayanan kereta commuter line, peneliti menggunakan 3 (tiga) dimensi yaitu dimensi ketersediaan, dimensi keterjangkauan, dan dimensi penerimaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan post positivist dan termasuk penelitian deskriptif. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan software Nvivo dan Discouse Networks Analysis. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 16 (enam belas) dari 24 (dua puluh empat) sudah terpenuhi, sehingga dinilai sudah terdapat akses bagi penyandang disabilitas fisik dalam menggunakan pelayanan kereta commuter line di Jabodetabek, namun masih terdapat permasalahan ataupun kesulitan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas fisik. Dari hasil penelitian tersebut, maka PT. Kereta Commuter Indonesia harus meningkatkan akses pelayanan kereta commuter line bagi yang penyandang disabilitas, sehingga akses yang saat ini sudah tersedia bisa dapat ditingkatkan kembali.

The Commuter line, which operated in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi region under the auspices of PT Kereta Commuter Indonesia, is one of public service that field on transportation provided by the Indonesian Government for the entire community. As a public service, commuter line services should be accessible to all people, including the one with physical disabilities. However, in reality, there are still complaints made by persons with disabilities regarding access provided by PT. Kereta Commuter Indonesia. Therefore, researchers want to see the access to commuter line services in Jabodetabek for people with physical disabilities. To see such access to commuter line services, researchers used 3 (three) dimensions: dimensions of availability, affordability, and acceptance. This study uses a post positivist approach and includes descriptive research. In analyzing data, researchers used Nvivo and Discouse Networks Analysis software. The results obtained were 16 (sixteen) out of 24 (twenty four) have been fulfilled, so that there was considered to be access for persons with physical disabilities in using the services of commuter line trains in Jabodetabek, but indeed there were still problems or difficulties faced by persons with disabilities physical. As a further advice, PT. Kereta Commuter Indonesia must increase the access to commuter line services for persons with disabilities, to improve the current condition."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiarahayu Sanjaya
"Untuk mendukung hak para penyandang disabilitas khususnya dalam penyediaan aksesibilitas pada transportasi publik, pemerintah sebagai regulator mengeluarkan kebijakan terkait penyediaan aksesibilitas pada pelayanan jasa transportasi publik bagi penyandang disabilitas. Implementasi kebijakan ini ditujukan untuk memberi kemudahan kepada penyandang disabilitas yang ingin menggunakan transportasi publik, salah satunya Commuter Line Jabodetabek sebagai transportasi yang paling diminati di wilayah Jabodetabek. Analisis implementasi ini menggunakan 4 faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan berdasarkan Teori Edward III yakni Komunikasi, Sumber-sumber, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa permasalahan yang terjadi adalah kurangnya komunikasi pihak terkait dengan penyandang disabilitas yang menyebabkan fasilitas tidak sesuai dengan kebutuhan disabilitas atau mengalami kerusakan, adanya kewenangan yang tidak dijalankan seperti seharusnya, kurangnya pemahaman petugas frontliner mengenai pelayanan disabilitas, serta permasalahan teknis. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini menyarankan PT. KCI untuk meningkatkan keterlibatan penyandang disabilitas, memberikan pelatihan kepada seluruh petugas frontliner, serta meningkatkan koordinasi antar pihak terkait.

To support the rights of person with disabilities, especially in the provision of accessibility in public transportation, the government as a regulator has issued a policy regarding the provision of accessibility on public transportation services for person with disabilities. The implementation on this policy intended to provide facilities for persons with disabilities who want to use public transportation, one of them being Commuter Line Jabodetabek which is the most popular transportation in Jabodetabek area. The analysis of this implementation uses 4 factors that affect the policy implementation based on Edward III Theory, namely : Communication, Resources, Disposition, and Bureaucratic Structures. The analysis shows that the problems occur are the lack of communication between parties related to persons with disabilities which cause the facilites do not suits disability needs or are damaged, the presence of authority that is not carried out as it should, lack of frontliners understanding of disability service, and technical problems. From these problems, this research suggests PT. KCI to increase the involvement of persons with disabilities, provide training to all frontliners, and improve coordination between related parties."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jaka Setya Wicaksono
"ABSTRAK
Promosi jabatan merupakan hal penting di dalam organisasi, kesalahan dalam melakukan
promosi jabatan dapat menyebabkan hambatan pada penyelenggaran organisasi tugas organisasi. Pengangkatan seorang pegawai dalam suatu jabatan merupakan suatu tahapan penting untuk dilakukan dengan prosedur yang baik. Penelitian ini membahas penerapan syarat-syarat promosi dalam jabatan struktural di Badan kepegawaian Negara Pusat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode
pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini adalah penerapan syarat-syarat promosi dalam jabatan struktural di Badan Kepegawaian Negara sudah baik secara keseluruhan, namun masih terdapat beberapa hal yang ditingkatkan dalam penerapannya, yaitu faktor objektifitas, diperhatikannya masa kerja, diperhatikannya pendidikan non formal, dan transparansi dalam promosi jabatan.

Abstract
Promotion is important for the organization, the mistake in doing promotion can make
bottlenecks of goal organization.. Appointment of a clerk in an office is an important step to be
done with a good procedure. This research discusses the application of the requirement of
promotion in a structural position in the State Civil Agency. The approach used in this research is a quantitative approach to the type of descriptive research. Methods of data collection using questionnaires and interviews. The result of this research is the application of the terms of promotion in a structural position in the State Civil Agency has been good overall, but there are still some things to improved in application, objectivity factor, attention to the work, attention to non formal education, and transparency in the promotion."
2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Pertiwi
"Pengelolaan pedagang kaki lima seringkali menjadi masalah bagi pemerintah saat pelaksanaan programnya. Seringkali terjadi konflik antara pemerintah dan pedagang yang menjadi sasaran. Namun ternyata Pemerintah Kota Surakarta mampu merelokasi 989 pedagang kaki lima di Monumen Banjarsari ke Pasar Notoharjo tanpa kekerasan. Selain mendapat banyak pandangan positif dari berbagai pihak, tentu saja hal tersebut menjadi benchmarking bagi pemerintah daerah lainnya. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana penerapan konsep best practice didalam relokasi tersebut dengan menganalisis unsur-unsur dari impact, partnership, sustainability, leadership dan transferability. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada pihak yang terkait. Kesimpulan hasil yang didapatkan adalah hampir semua unsur yang menjadi landasan analisis sudah baik dan positif, meskipun ada beberapa hal yang masih kurang dan menjadi masukan kepada Pemerintah Kota Surakarta.

Management of street vendors is often a problem for the government when implementation of the program. Often there is a conflict between the government and the merchants who were targeted. But the Surakarta?s Government was able to relocate 989 street vendors in Banjarsari Monument to Notoharjo Market without violence. In addition to their many positive views of various parties, of course it became a benchmark for other local governments. This study wanted to know how the application of the concept of best practice in relocation by analyzing the elements of impact, partnership, sustainability, leadership and transferability. Data was collected through in-depth interviews to interested parties. The conclusion results obtained are almost all the elements on which the analysis is good and positive, although there are some things that are lacking and to advise the Government of Surakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Septiana
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Faktor-faktor Penghambat Kenaikan Pangkat Pejabat Fungsional Analis Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan desain deskriptif, cross sectional, serta dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian adalah terdapat 4 faktor yang menghambat kenaikan pangkat para analis kepegawaian di lingkungan BKN Pusat, yaitu penempatan yang tidak sesuai dengan formasi; kompetensi dan kreativitas pegawai yang kurang memadai; persyaratan pengusulan kenaikan pangkat yang tidak didukung oleh organisasi; serta minimnya rotasi pegawai.

ABSTRACT
This research discusses about obstacles in promotion of functional position of Analyst Staffing in The National Civil Service Agency of Indonesia. This is a qualitative research with descriptive design, cross sectional study, in-depth interviews and literature study. The results showed that there are 4 factors that inhibiting promotion: a) placement which is inconsistent to formation; competence and creativity of the employees who lack adequate; promotion requirement that not supported by the organization; and lack of employee rotation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Juwitasari
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisa tentang hubungan gaya kepemimpinan Ketua Departemen
dengan kinerja karyawan tenaga kependidikan di Departemen Manajemen Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan
kuantitatif, jenis penelitian berdasarkan tujuan yaitu penelitian deskripsi. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki hubungan yang
signifikan dan kuat dengan kinerja karyawan, dimana bila gaya kepemimpinan Ketua
Departemen bertambah baik maka kinerja karyawan akan menjadi lebih baik dan bila
gaya kepemimpinan Ketua Departemen bertambah buruk maka kinerja karyawan
tenaga kependidikan juga menjadi semakin buruk. Peneliti menyarankan Ketua
Departemen sebaiknya dapat menerapkan satu gaya kepemimpinan yang tepat, yang
diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan yang sedang menurun.

ABSTRACT
This research analyze for correlation between the leadership style of Head
Departement with staff's performance of employees in the Department of
Management Faculty of Economic, University of Indonesia. This research is
descriptive with quantitative approach. This research result to indicate that leadership
style has a significant relationship with the performance of employees, where the
leadership style of Head Department gets better then the employee's performance will
be better and if the leadership style of Head Department of worsening the
performance of employees also become increasingly worse. Researchers suggest Head
of Department should be able to apply the appropriate leadership style, which is
expected to improve the performance of the employee who is on the decline.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Disa Vania
"ABSTRAK
Peran penting dalam penyelesaian kasus pertanahan di Indonesia menuntut Deputi
Bidang Pengkajian dan Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan BPN RI
untuk bekerja secara disiplin, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data
survei dengan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja
memengaruhi kinerja karyawan di Deputi Bidang Pengkajian dan Penanganan
Sengketa dan Konflik Pertanahan BPN RI. Oleh karena itu, penyediaan alat
pelaksanaan disiplin kerja; pembuatan, pelaksanaan, dan sosialisasi SPO yang
jelas serta rinci; dan sistem pemberian insentif menjadi hal yang perlu dilakukan.

ABSTRACT
Important role in the resolution of land cases at Indonesia demanded Deputy of
Assessment and Management Dispute and Land Conflict National Land Agency
to work in discipline, so as produce good performance. This research uses a
quantitative approach and techniques of data collection by questionnaire survey.
The result of this research indicate that the work discipline affect employee
performance at Deputy of Assessment and Management Dispute and Land
Conflict National Land Agency. Therefore, the provision instrument of work
discipline; creating, implementation, and socialization of clear and detailed SPO;
and the system of incentives needs to be done.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Erliana Nurul Anggraeni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
pelaksanaan peraturan daerah kota surakarta nomor 1 tahun 2010 tentang pengelolaan
dan perlindungan pasar tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat
deskriptif dan dilihat dari manfaatnya penelitian ini termasuk pada penelitian murni
karena dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan teoritis secara mendasar.
Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta. Jenis data yang
dipergunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara mendalam dengan
Narasumber yang berkompeten dan berkaitan dengan pengelolaan pasar di kota
Surakarta dan studi kepustakaan melalui berbagai literatur meliputi buku-buku ilmiah,
peraturan perundang-undangan, dan bahan kepustakaan lainnya yang memiliki
keterkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Analisis data yang digunakan oleh
peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan model Miles dan Huberman, dimana
dalam model tersebut terdapat tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yakni
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan
penelitian ini diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi
kebijakan/pelaksanaan peraturan daerah kota surakarta nomor 1 tahun 2010 tentang
pengelolaan dan perlindungan pasar tradisional meliputi Standar dan Sasaran Kebijakan,
Sumber daya, Karakteristik Agen Pelaksana, Sikap/Kecenderunga n (Disposition) para
Pelaksana, Komunikasi Antarorganisasi dan Aktivitas Pelaksana, Lingkungan Ekonomi
Sosial dan Politik, Respeknya Anggota Masyarakat pada Otoritas dan Keputusan
Pemerintah, dan Adanya Sanksi Hukum.

Abstract
This Reserach was purposed to analyze the factors that influence the implementation of
Surakarta Local Government Act 2012 Chapter 1 About the management and preservation of
traditional market. This was descriptive research included on pure research that was carried out
to give theoritical knowledge fundamentally. The location of this research was conducted in
Public Market Management Office of Surakarta. There were primary and secondary data used in
this researh. Technique of colecting data was conducted through dept-interview with the
competent informant, literature studies by using some scientific books, statutory act, and other
resourches related to the issue. Data analysis adopted the framework developed by Miles and
Huberman (1994) that described the major phases of data analysis consists of data reduction,
data display, and conclusion drawing as well as verification. The result of this research shows
that there are some factors that influence the implementation of Surakarta Local Government
Act 2012 Chapter 1 About the management and preservation of traditional market, namely
target and standard market, resourches, the implementer characteristics, Disposition of the
implementer, inter organizational communication and the implementer activity, Social Economy
and Political Environment. Besides, how the society do respect toward the authority and
Government?s decision, as well as the existence of legal sanctions can be also an important
factors that influence the implementation of Surakarta Local Government Act 2012 Chapter 1
About the management and preservation of traditional market."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maxcenta Alem Hafilah
"Skripsi ini berisi tentang pengawasan melekat pimpinan pada pegawai di biro umum BNPB. Tujuannya untuk menjelaskan pelaksanaan pengawasan melekat pimpinan pada pegawai di lingkungan biro umum BNPB. penelitian ini menggunakan pendekatan positivis, deskriptif, dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengawasan melekat pimpinan belum berjalan dengan baik, dari empat belas indikator yang ada hanya lima indikator yang memberikan hasil yang baik dan Sembilan indikator lainya masih kurang dan belum terpenuhi.

This thesis/research is about inherent surveillance of leaders in public agents. the aim of this research is to analyse inherent surveillance leader towards the staffs of public agents. this reasearch uses positivist approach , descriptive, and it is done by doing indepth interview, observation, and literature study. the outcome of the reasearch shows that inherent surveillance leader has not been proceeded well enough. from the 14 indicators only 5 indicators show the best results,whereas the other nine indicators did not show a good enough achievement."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Martin D.R.
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas implementasi kebijakan FLPP, yaitu untuk pemilikan rumah sejahtera tapak di Kabupaten Bekasi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman, yang di dalamnya terdapat proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah, efektivitas dari sisi tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan telah berjalan dengan baik. Tepat proses yang terdapat dalam implementasi kebijakan FLPP selama tahun 2011 telah berjalan dengan baik, namun ditemukan belum berjalan secara efektif pada awal tahun 2012, karena terdapat kendala dari Undang-Undang yang sulit untuk diterima oleh para pelaksana kebijakan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperlukan konsistensi dari pemerintah dalam menjalankan kebijakan FLPP, yaitu terkait dengan penetapan peraturan-peraturan yang diperlukan untuk kebijakan FLPP.

The purpose of this study was to determine how the effectiveness of the implementation of FLPP policy, namely for home ownership prosperous site in Bekasi. Model analysis of the data used in this study is a qualitative data analysis by Miles and Huberman, in which there is a process of data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The result can be drawn from this study is, the effectiveness of the policy proper, proper execution, proper target, the proper neighbor has gone well. Appropriate process contained in FLPP policy implementation in 2011 has done as well, but not run effectively on the beginning of 2012, because there are constraints of the Act that are difficult to be accepted by the policy implementers.
The conclusion of this study is, consistency is necessary by the government in carrying FLPP policy, which is associated with the establishment of rules and regulations necessary for FLPP policy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>