Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
I Putu Reza Noor Fadillah
"Skripsi ini membahas tentang tema nasionalisme yang diangkat oleh para sineas Cina dalam film-film karya mereka dan kaitanya dengan pembangunan reputasi Cina di dunia internasional untuk bersaing dengan Amerika Serikat. Film Ip-Man dan Ip-Man 2 merupakan dua buah judul film karya sineas Cina yang didalam ceritanya terdapat unsur nasionalisme yang cukup kental. Tidak hanya nasionalisme, kedua film tersebut juga menampilkan berbagai bentuk kebudayaan tradisional Cina serta pesan-pesan yang dapat mendukung Cina untuk membangun reputasi di dunia internasional.
This thesis main theme discusses about nationalism raised by Chinese filmmakers through films and its relation with the development of China's international reputation to compete with the United States. IP-Man movie and IPMan 2 are the title of two films produced by Chinese filmmakers which shows condensed elements of nationalism. Beside nationalism, both films also display various forms of traditional Chinese culture within the supporting messages for China to build a significant reputation in the eyes of the world."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1701
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Vega Ultannamanda
"
ABSTRAKPerceraian ?? L h?n adalah salah satu cerita pendek karya Lu Xun yang ditulis pada bulan November 1925. Cerpen ini mengisahkan tentang permasalahan yang muncul di sebuah keluarga Tiongkok yang ceritanya diawali dengan sang istri yang meminta cerai dengan suaminya. Melalui konsep pendekatan intrinsik, penelitian ini akan mengungkapkan bagaimana tokoh yang ada memiliki peranan penting dalam keberlangsungan cerita.
ABSTRACTDivorce L h n is one of short stories written by Lu Xun in November 1925. The short story tells a story about a conflict which rises in a Tiongkok family, started with a wife who is filing a divorce to her husband. Through the concept of intrinsic approach, this study will reveal how the characters have a significant role in the storyline."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Farah Dwima
"Seni bela diri adalah salah satu aset berharga bagi Cina sejak ribuan tahun yang lalu. Seni bela diri Cina secara umum disebut wushu dan salah satu alirannya adalah Xingyi Quan ? ? . Xingyi Quan adalah seni bela diri tradisional Cina yang didasari oleh nilai filosofis konsep Wu Xing ? ?. Konsep Wu Xing yang diusung dalam seni bela diri Xingyi Quan adalah salah satu konsep penting dalam filsafat Cina. Konsep ini menjadi dasar untuk mendeskripsikan berbagai interaksi dan fenomena alam yang terjadi di alam semesta. Selain itu, konsep ini juga menjadi dasar dari eksistensi semua hal yang ada di dunia baik benda maupun ilmu pengetahuan. Jurnal ini akan membahas bagaimana konsep Wu Xing memengaruhi Xingyi Quan.
Martial arts is one of the most valuable assets for China since thousands years ago. Chinese martial arts are generally called wushu and one of its branch is Xingyi Quan. Xingyi Quan is a Chinese traditional martial arts which is based on the philosophical value of Wu Xing concept. Wu Xing 39;s concept in Xingyi Quan is one of the important concepts in Chinese philosophy. This concept is used as a basic concept to describe various interaction and nature phenomenon which is existed in the universe. In addition, this concept also becomes the basic principle of the existence of all things mdash;both objects and science mdash;that exist in the world. This journal will discusses about the influence of Wu Xing concept on Xingyi Quan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Marina Deviana
"
ABSTRAKFilm Shinjuku Incident (新宿事件Xīnsù Shìjiàn) adalah film yang disutradarai oleh Derek Yee (尔冬升Ěr Dōngshēng) dan diproduseri oleh Jackie Chan (成龍Chéng Lóng). Film ini merupakan gambaran kehidupan para imigran gelap yang berasal dari Cina daratan di Jepang. Di dalam film ini tokoh utama Tie Tou (铁头) diperankan oleh Jackie Chan, seorang imigran gelap dari Cina daratan yang kemudian berubah menjadi seorang yang berkuasa di wilayah Shinjuku melalui serangkaian tindak kekerasan yang dilakukannya. Jurnal ini berfokus pada analisis perubahan penokohan Tie Tou sebagai tokoh utama sebelum dan setelah berkuasa di wilayah Shinjuku. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan fokus pada analisis karakterisasi tokoh utama dalam film. Penulisan jurnal ini bertujuan untuk memaparkan penokohan Tie Tou yang merepresentasikan keadaan mayoritas imigran gelap Cina di Jepang pada tahun 1990.
ABSTRACTShinjuku Incident (新宿事件Xīnsù Shìjiàn) is a film directed by Derek Yee (尔冬升Ěr Dōngshēng) and produced by Jackie Chan (成龍Chéng Lóng). This film is a representation of the illegal immigrants existence from mainland China in Japan. In this film the main character Tie Tou (铁头) played by Jackie Chan, an illegal immigrant from mainland China who later turned into a ruler in the Shinjuku region through the series of violence that he did. This study focuses on the analysis of the characterizations changes of Tie Tou as the main character before and after dominated in the Shinjuku region. The author uses qualitative research methods with focus on the analysis of the main character characterizations in the film. This journal aims to explain the characterizations of Tie Tou who represented the majority of Chinese illegal immigrants in Japan in 1990."
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Rosa Mellinda
"Penikmat film mengenal tokoh Mulan dari film produksi Disney berjudul Mulan yang dirilis pada tahun 1998. Mulan adalah tokoh yang diceritakan menyamar menjadi laki-laki untuk menggantikan ayahnya di medan perang. Mulan memiliki banyak versi, dalam jurnal ini akan memfokuskan pada Film Mulan : Rise of a Warrior (2009) yang disutradrai oleh Jingle Ma. Film ini menceritakan konflik antara bangsa Rouran yang ingin merebut wilayah kekuasaan Wei dan bangsa Wei itu sendiri yang ingin mempertahankan wilayahnya. Menampilkan dua tokoh utama wanita dari etnis yang sedang berperang, yaitu Hua Mulan dari bangsa Wei sebagai jenderal pasukan Wei yang memimpin ratusan ribu pasukan laki-laki dalam perang serta menjadi penengah bagi kedua bangsa. Serta Putri Rouran dari bangsa Rouran yang diakhir cerita menjadi sosok yang membawa perdamaian bagi kedua bangsa.
The public is familiar with Mulan as the main character from Disneys animation film of the same name released in 1998. She disguised herself as a man to replace her father as a general in a war. There are several film adaptations of her stories and this paper focuses on Jingle Mas Mulan: Rise of a Warrior (2009) with emphasis on the role of its two conflicting ethnic female leaders. Hua Mulan leads the Weis in defending their lands against the invasion of the Rourans led by their Princess. Mulan guides her army of men into the battlefield and becomes the agent of peace with Princess of Rouran herself eventually becomes the one who restores peace for both tribes."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Vieka Febra Halim
"Penelitian ini membahas tentang representasi kehidupan seorang perempuan dalam tatanan masyarakat Cina tradisional berdasarkan peran tokoh perempuan yang disebut sebagai tokoh Ibu dalam cerita pendek Wèi núlì de mǔqīn (为奴隶的母亲- Ibu Yang Menjadi Budak) karya Rou Shi (柔石). Dalam masyarakat Cina tradisional, perempuan memiliki kedudukan sosial yang lebih rendah dibanding dengan laki-laki. Konsep ini menyebabkan perempuan Cina tidak memiliki kebebasan untuk menentukan hidupnya sendiri. Penelitian ini menghubungkan bagaimana kedudukan tokoh perempuan Ibu dalam cerita pendek ini dengan kondisi sosial perempuan dalam masyarakat Cina tradisional.
This study discusses the representation of a woman's life in a traditional Chinese society based on the role of a female character called the Mother in the short story Wèi núlì de mǔqīn (为 奴隶 的 母亲 - Slave Mother) by Rou Shi (柔石). In traditional Chinese society, women have a lower social rank than men. This concept causes Chinese women not to have the freedom to decide their own life. This research relates how the female character of the mother in this short story with the social conditions of women in traditional Chinese society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Clarissa Maria Halim
"
ABSTRACTWali Kelas adalah cerpen kategori Sastra Luka yang ditulis oleh Liu Xinwu dan terbit pada tahun 1977. Cerita ini merupakan salah satu cerita yang dianggap sebagai cerita pionir kategori Sastra Luka. Cerita lain yang dianggap Sastra Luka adalah cerpen Luka karya Lu Xinhua. Istilah Sastra Luka didapatkan dari judul cerpen tersebut. Meskipun masih banyak yang menganggap cerpen ini sebagai karya Sastra Luka, namun, tidak semua orang meyakini demikian. Xie Xinhua dalam jurnalnya yang berjudul Cerpen Wali Kelas Bukanlah Sastra Luka menyatakan cerpen ini tidak dapat dikategorikan sebagai Sastra Luka karena tidak sesuai dengan karakteristik karya Sastra Luka. Analisis pada cerpen ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik cerpen Wali Kelas yang sesuai ataupun yang tidak sesuai dengan karya Sastra Luka.
ABSTRACTClass Counsellor short story is one of Scar Literatures story that was written by Liu Xinwu and published in 1977. This story is one of the story that assume as Scar Literatures pioneer story. This story is one of the stories that is considered as Scar Literature Categorys pioneer story. The other story is Scar short story by Lu Xinhua. Scar Literature got its name from Lu Xinhuas short story title. Although this story still considered by peoples as Scar Literatures story, there are people that disagree with this statement. Xie Xinhua in his journal titled Class Counsellor is not Scar Literatures Story stated this short story cannot be Scar Literatures story because of its characterization is not Scar Literatures characterization. This analysis will be done to find out which Class Counsellors characteristics suitable or not with Scar Literature."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Riesti Fadryona
"
ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang bentuk pelaksanaan konsep bakti di Cina Xiao yang muncul dalam film Ju Dou dan keterkaitannya dengan kerumitan permasalahan rumah tangga di pedesaan yang menjadi konflik dalam film tersebut. Peran masing-masing anggota keluarga akan dianalisis dengan melihat bagaimana mereka melaksanakan Xiao sesuai dengan posisi mereka yang diatur oleh konsep Wu Lunn Lima Hubungan dalam filsafat Cina. Sumber data penelitian ini adalah film Ju Dou serta buku-buku kebudayaan Cina dan kajian apresiasi film.
ABSTRACT This thesis discusses the implementation of Chinese concept of filial piety Xiao which appeared in the movie Ju Dou and its interrelatedness with complexity of a rural household family that serves as conflict of this movie. Each family members role will be analyzed as to how they practice Xiao according to their position in Wu Lun The Five Confucian Relationship in Chinese philosophy. The data source of this research is the film Ju Dou and books on Chinese culture and film appreciation studies."
2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Raeshya Fadillah Rahmadani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari warna merah dan burung phoenix dalam lingkup kebudayaan Cina, serta membahas makna dari penggunaan simbol warna merah dan burung phoenix yang berkaitan dengan Permaisuri Wan dalam film The Banquet. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus pada makna simbol warna merah dan burung phoenix yang muncul pada penokohan Permaisuri Wan dalam film The Banquet. Berdasarkan hasil analisis data, dihasilkan simpulan sebagai berikut. 1) Warna merah dan burung phoenix berasal dari elemen yang sama yaitu elemen api, membuat kedua simbol tersebut memiliki makna ambisi atau hasrat. 2) Makna warna merah pada film The Banquet yang merupakan simbolisasi dari hasrat Permaisuri Wan untuk melakukan balas dendam dan merebut Tahta Kaisar Li.
This study aims to determine the meaning of the red color and the phoenix in Chinese culture, and to discuss the meaning of the use of the red and phoenix symbols associated with Empress Wan in The Banquet. The research method that will be used is a qualitative descriptive research method with a focus on the meaning of the red symbol and the phoenix that appear in the characterization of Empress Wan in The Banquet film. Based on the results of data analysis, the following conclusions are generated. 1) The colors red and the phoenix come from the same element, namely the fire element, making both symbols have the meaning of ambition or illusion. 2) The red color in The Banquet is a symbol of Empress Wan's desire to take revenge and seize Emperor Li's throne."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Putri Anindita
"Film CJ7 《长江七号》 adalah film bertemakan fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Stephen Chow. Film ini mengambil latar belakang Kota Ningbo, Provinsi Zhejiang dan secara garis besar menceritakan hubungan ayah dan anak yang tengah berjuang hidup dalam kemiskinan. Baik ayah maupun anak, Zhou Tie dan Xiao Di kerap menerima perlakuan diskriminasi. Sebagai seorang ayah, Zhou Tie tetap menasehati Xiao Di agar tetap terus memiliki integritas dan bersikap baik meskipun memiliki keterbelakangan sosial. Di tengah-tengah kemelaratan, hadir seekor alien kecil bernama CJ7 yang serba bisa. Pada klimaks film, Zhou Tie meninggal akibat kecelakaan maut di pusat konstruksi. Peneliti mengumpulkan informasi dan penelitian terdahulu, serta melakukan analisis terhadap kritik sosial. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa setelah melalui interaksi dengan tokoh-tokoh lain dan hilangnya tembok diskriminasi pada akhir film, film ini membuktikan bahwa fungsi film tidak hanya sebagai hiburan melainkan juga membawa pesan moral dan edukasi.
CJ7 《长江七号》 is a science fiction movie directed by Stephen Chow. The movie is set in Ningbo City, Zhejiang Province and is mainly about the relationship between a father and son who are struggling to live in poverty. Both father and son, Zhou Tie and Xiao Di often receive discrimination. As a father, Zhou Tie still advises Xiao Di to continue to have integrity and be kind despite his social retardation. In the midst of squalor, a little alien named CJ7 comes along who is versatile. At the climax of the film, Zhou Tie dies in a deadly accident at the construction center. The researcher collected information and previous research and analyzed social criticism. The results revealed that after going through interactions with other characters and the disappearance of the wall of discrimination at the end of the movie, this movie proves that the function of movies is not only as entertainment but also carries moral and educational messages."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library