Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
Jeffrey Limas Lim
"Pasar konstruksi di luar negeri mempunyai potensi yang sangat besar, sehingga menarik minat perusahaan konstruksi di Indonesia untuk terlibat di dalamnya. Namun banyak risiko yang menyebabkan kontraktor rugi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis risiko dan pengendalian proyek konstruksi luar negeri dan mengembangkan strategi yang tepat untuk meningkatkan perolehan pasar konstruksi di luar negeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk menghitung nilai risiko dan menganalisis strategi dengan metode analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah mitigasi risiko dan strategi yang tepat dalam melakukan ekspansi ke luar negeri. Penelitian ini memberikan implikasi positif terhadap perusahaan sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam peraihan pasar konstruksi luar negeri.
Overseas construction market has huge opportunities. Therefore, it gives interest to Indonesian construction enterprises to take part in it. But there are so many risks which can give contractor disadvantages. The purpose of this research is to analyze the risk and control the risk of overseas projects, and to develop the suitable strategy to increase the construction market share in overseas. The method used in this research are descriptive analysis to assess risk level and SWOT analysis method to develop the strategy. The results of this research are the right risk mitigation and strategy in overseas expansion. This research has positive implications for the company as a basis for policy making in the achievement of the foreign construction market. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Novera Meylinda
"Persaingan yang semakin ketat dalam usaha jasa konstruksi menuntut para pelaku usaha jasa konstruksi untuk meningkatkan daya saing usaha mereka diantaranya dengan peningkatan efisiensi, inovasi, dan juga peningkatan kejelian dalam melihat peluang klaim. Secara rinci, perkara di sektor konstruksi yang ditangani BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) saja mencapai 27,09% dari total kasus yang ditangani lembaga tersebut sepanjang 2014 – 2018 (beritasatu, 2019) dimana persentase tersebut adalah tertinggi dibanding kasus lainnya. Penelitian tentang prediksi klaim yang dilakukan pada penelitian sebelumnya lebih banyak mengenai prediksi timbulnya klaim. Padahal kepentingan para pihak terhadap suatu klaim yang timbul tidak berhenti sampai klaim tersebut diajukan saja tetapi sampai klaim tersebut dapat diterima atau tidak diterima. Pada penelitian ini akan dicari apa saja faktor yang mempengaruhi klaim tersebut dapat diterima atau tidak diterima dan bagaimana faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan klaim. Penelitian ini dibatasi pada klaim konstruksi yang disebabkan oleh keterlambatan penyelesaian pekerjaan. Dalam Penelitian ini, untuk melakukan prediksi keberhasilan klaim akibat keterlambatan penyelesaian pekerjaan digunakan teknik klasifikasi Pohon Keputusan dengan algoritma C4.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi klaim merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam keberhasilan suatu klaim sehingga klaim dapat diterima, dan dengan akurasi model sebesar 81,29%.
Competition in the construction business is increasingly tighter so requires construction business actors to improve their business competitiveness, including by increasing efficiency, innovation, and also increasing carefulness in seeing of claim opportunities. In detail, cases in the construction sector handled by BANI (the Indonesian National Arbitration Board) reached 27.09% of the total cases handled by this institution during 2014 - 2018 (Dimas, 2019), which is its the highest percentage of all cases in BANI. Most of the previous research on claim prediction is more about predicting the emergence of claims. In fact, the interests of the parties in a claim that arise do not stop until the claim is submitted, but until the claim is accepted or not accepted. In this research, we will look for what are the factors that influence the claim can be accepted or not accepted and predict how these factors can affect the success of the claim. This Research is limited to construction claims caused by delays in completion of work. In this Research, to determine the probability of claim success factors due to delays in completion of work, the Decision Tree C4.5 algorithm is used. The research showed that administration of klaim is the most influential factor in the success of a claim so that the claim can be accepted, and with a model accuracy of 81.29%. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ebend Ferry Nobel
"
Kegiatan pengadaan tanah masih menjadi persoalan utama dalam percepatan penyediaan infrastruktur di Indonesia. Begitu juga pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi DKI Jakarta yang berjalan lambat bahkan tidak tuntas. Proses pengadaan tanah dimulai dengan tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penyerahan hasil secara aktual dilaksanakan lebih lama dari jangka waktu yang ditetapkan. Identifikasi risiko dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ada pada setiap proses tahapan tersebut melalui wawancara langsung dengan acuan studi literatur. Setelah dikumpulkan faktor risiko yang memengaruhi keterlambatan proses pengadaan tanah, lalu faktor risiko diverifikasi oleh pakar kemudian ditanyakan pendapat responden dari stakeholder terlibat. Analisa risiko dilakukan untuk mengetahui faktor risiko yang dominan memengaruhi kinerja waktu pengadaan tanah. Melalui sebaran kuesioner, pendapat responden tentang tingkat dampak dan tingkat frekuensi diketahui sehingga dapat dilakukan analisa peringkat risiko dengan risiko tinggi. Peringkat risiko dengan risiko tinggi ditanggapi dengan respon risiko. Tindakan pencegahan dan tindakan perbaikan dalam respon risiko dapat digunakan sebagai strategi percepatan pengadaan tanah di Dinas Bina Marga.
Land acquisition activities are still the main problem in accelerating the provision of infrastructure in Indonesia. Likewise, the development of road infrastructure in the DKI Jakarta Province is running slowly and even incompletely. The land acquisition process begins with the stages of planning, preparation, implementation, and delivery of the actual results carried out longer than the stipulated time period. Risk identification is carried out to find out the problems that exist in each of these stages through direct interviews with reference to literature studies. After collecting the risk factors that affect the delay in the land acquisition process, then the risk factors are verified by experts and then asked the opinion of respondents from the stakeholders involved. Risk analysis was conducted to determine the dominant risk factors affecting the timing of land acquisition. Through the distribution of questionnaires, respondents' opinions about the level of impact and the level of frequency are known so that a risk rating analysis with high risk can be carried out. Risk ratings with high risk are responded to with a risk response. Preventive and corrective actions in risk response can be used as a strategy for accelerating land acquisition at Dinas Bina Marga.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Luthfi Anandhika
"Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak potensi energi baru terbarukan. Salah satu energi baru terbarukan yang potensial di Indonesia adalah energi tenaga air. Potensi energi tenaga air di Indonesia diperkirakan mencapai 75MW. Dengan potensi tenaga air yang besar banyak pengembang ingin menginvestasikan modalnya untuk membangun pembangkit listrik tenaga air. Dibalik potensi tenaga air yang besar, di Indonesia pun memiliki risiko yang beragam salah satunya bencana geologi. Bencana geologi perlu diperhitungkan dan dinilai dalam sebuah perencanaan investasi. Dalam proses analisa investasi untuk menangulangi risiko perlu ditambahkan dana cadangan. Biaya kontingensi adalah biaya yang ditambahkan pada suatu perkiraan nilai investasi untuk menghadapi ketidakpastian atau risiko. Hasil analisis risiko menunjukan risiko bencana geologi akibat pergerakan tanah dan berdampak pada kerusakan struktural bangunan mempunyai tingkat pengaruh sebesar 61.9% terhadap biaya penangulangannya dan membutuhkan biaya kontingensi sebesar 12% dari nilai investasinya. Studi kasus yang dilakukan peneliti menunjukan dampak bencana geologi pada pembangkit listrik tenaga air menurunkan nilai NPV sebesar 20% dari nilai rencana dan menurunkan nilai IRR sebesar 0.3% berdasarkan analisa finansial.
Indonesia as an archipelagic country has a lot of renewable energy potential. One of the potential renewable energies in Indonesia is hydropower. The hydropower potential in Indonesia is estimated at 75MW. With great potential, many developers want to invest their capital to build hydropower plants. Behind the large hydropower potential, Indonesia also has various risks, one of which is geohazard. Geohazard need to be taken into account and assessed in an investment plan. In the process of investment analysis to overcome risks, it is necessary to add reserve funds. Contingency costs are costs added to an investment to deal with uncertainty or risk. The results of the risk analysis show that the risk of geological disasters due to soil movement and the impact on structural damage to buildings has an influence level of 61.9% on the cost of handling and requires a contingency cost of 12% of the investment value. A case study conducted by researchers shows that the impact of geological disasters on hydropower plants reduces the NPV value by 20% from the planned value and decreases the IRR value by 0.3% based on financial analysis. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Marhara Tua
"Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah dengan luas wilayah daratan seluas 146.807 km². Panjang jalan nasional dalam provinsi ini sepanjang 2117,17 km dengan kondisi kemantapan jalan 93.88%. Karakteristik mutu konstruksi dan kontribusi komponen manajemen konstruksi terhadap capaian mutu perlu diketahui, agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik mutu yang diinginkan dalam preservasi jalan dengan kontrak long segment, serta kontribusi komponen manajemen konstruksi terhadap capaian mutu dimaksud. Kuesioner disebar kepada para stakeholder penyelenggaraan Jalan Nasional di Provinsi Kalimantan Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok responden yaitu owner dan penyedia jasa sepakat bahwa (1) ketepatan desain, (2) pemahaman terhadap metode, jadwal, dan desain, dan (3) ketepatan mutu adalah komponen manajemen konstruksi dengan peringkat teratas. Analisa regresi linier berganda merumuskan bahwa X5 – Desain dan Supervisi adalah variabel dengan pengaruh terbesar terhadap capaian mutu preservasi jalan kontrak long segment.
West Kalimantan is the fourth largest province after Papua, East Kalimantan, and Central Kalimantan with a land area of 146.807 km². The length of the national roads in this province is 2.117,17 km with road stability rating of 93,88%. The characteristics of construction quality and the contribution of the construction management component to quality achievement need to be identified and analyzed, so that road preservation work can be carried out effectively and efficiently. This study aims to obtain the desired quality characteristics in road preservation with a long segment contract, as well as the contribution of construction management components to the intended quality achievement. The questionnaire was distributed to stakeholders of National Road network preservation in West Kalimantan Province. Results show that both owners and service providers agree that (1) design accuracy, (2) understanding of method, schedule and design, and (3) quality accuracy are the highest rank components of construction management. Multiple linear regression formulates that X5 – Design and Supervision is the variable with the most impact on quality of road preservation with long segment contract. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tan Katili
"Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan infrastruktur merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, khususnya untuk infrastruktur jalan, karena mempunyai peranan penting untuk mobilitas dan aksesibilitas masyarakat serta untuk meningkatkan daya saing perekonomian masyarakat. Pemerintah mengupayakan percepatan terhadap peningkatan kuantitas dan kualitas berbagai infrastruktur penunjang pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi pada penerapan skema Availability Payment pada proyek infrastruktur jalan khususnya di pulau sumatera. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisa statistik deskriptif, R2 test, uji F, uji Autokorelasi, dan uji multikolinearitas. Hasil kuesioner yang diolah yaitu 75 sampel yang terdiri dari Satker-satker, PPK, Pengawas, dan Sub Direkorat pusat di lingkungan Ditjen Bina Marga. Dari hasil penelitian adalah faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan penerapan KPBU AP yaitu terlambatnya penyelesaian konstruksi jalan, risiko estimasi biaya life cycle, dan bencana alam. Kemudian dilakukan mitigasi terhadap tiga faktor tersebut dengan melakukan pemilihan dan seleksi yang ketat terhadap kontraktor yang handal dan klausul kontrak yang standar, termasuk klausul penalty dan liquidity damages pada risiko terlambatnya penyelesaian konstruksi jalan. Kemudian melakukan kesepakatan /kontrak dengan supplier lebih awal pada risiko estimasi biaya life cycle, dan aset yang berada pada suatu proyek infrastruktur dapat diasuransikan bila dimungkinkan pada risiko bencana alam.
The increasing public need for infrastructure services is a basic need that must be met, especially for road infrastructure, because it has an important role for community mobility and accessibility as well as for increasing the competitiveness of the community's economy. The government seeks to accelerate the increase in the quantity and quality of various infrastructure supporting development. This study aims to analyze the obstacles faced in the implementation of the Availability Payment scheme on road infrastructure projects, especially on the island of Sumatra. The data analysis used in this study were validity test, reliability test, normality test, descriptive statistical analysis, R2 test, F test, autocorrelation test, and multicollinearity test. The results of the processed questionnaires were 75 samples consisting of the Satker – Satker, PPK, Supervisors, and the Central Sub Directorate within the Directorate General of Highways. From the research results are the factors that have a significant effect on the success of the implementation of PPP AP, namely the late completion of road construction, the risk of estimated life cycle costs, and natural disasters. Then the mitigation of these three factors is carried out by conducting strict selection and selection of reliable contractors and standard contract clauses, including penalty clauses and liquidity damages at the risk of late completion of road construction. Then make an agreement/contract with the supplier early on the risk of estimated life cycle costs, and the assets in an infrastructure project can be insured if possible against the risk of natural disasters."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yudhy Trielistyanto
"Keterlambatan proyek konstruksi telah menjadi penyakit kronis bagi dunia konstruksi. Pelaksanaan Pembangunan Gedung Negara dengan prosentase keterlambatan lebih dari 50% dari total jumlah proyek pada setiap Tahun Anggaran yang terjadi di lingkungan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta memerlukan perhatian serius. Selain besarnya dampak yang terjadi akibat keterlambatan proyek konstruksi, konflik internal mengenai tahapan konstruksi mana yang paling berdampak terhadap keterlambatan perlu diselesaikan. Studi ini diusulkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tahapan konstruksi yang paling mempengaruhi keterlambatan proyek konstruksi Gedung Negara, sehingga dapat dikembangkan strategi yang tepat pada setiap tahapan konstruksi untuk meningkatkan kinerja waktu. Dikembangkan model persamaan struktural yang merepresentasikan pengaruh tiga variabel laten dari tahapan pembangunan Bangunan Gedung Negara terhadap keterlambatan proyek konstruksi. Data yang dikumpulkan dari survei kuesioner dan wawancara dari pemilik, kontraktor, konsultan pengawas, dan konsultan perencana, digunakan untuk merumuskan dan menganalisis model lebih lanjut. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi akar penyebab keterlambatan dan peningkatan kinerja waktu dalam proyek konstruksi.
Construction project delays have become a chronic disease for the construction world. The implementation of State Building Construction with a percentage of delays of more than 50% of the total number of projects in each Fiscal Year that occurs within the Department of Human Settlements, Spatial Planning and Land Affairs of DKI Jakarta Province requires serious attention. In addition to the magnitude of the impact that occurs due to delays in construction projects, internal conflicts regarding which stages of construction have the most impact on delays need to be resolved. This study is proposed to identify and analyze the construction stages that most influence delays in the construction project of the State Building, so that appropriate strategies can be developed at each stage of construction to improve time performance. A structural equation model that represents the effect of three latent variables from the stages of the construction of the State Building on construction project delays was developed. Data collected from a questionnaire survey and personal interviews from owners, contractors, supervisory consultants, and designers, were used to formulate and further analyze the model. The findings of this study are expected to provide a significant contribution to the efforts of the DKI Jakarta Provincial Government in overcoming the root causes of delays and improving time performance in construction projects. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ussisa Annisari
"Pelaksanaan dan penyusunan strategi dalam proyek KPBU tentu terdapat kendala sehingga badan usaha perlu mengetahui faktor kritis apa saja dalam proyek KPBU. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan faktor kritis pada proyek KPBU khususnya untuk mengetahui potensi Badan Usaha dalam proyek perkeretaapian serta proyek perkeretaapian baik dengan skema solicited maupun unsolicited sesuai dengan proyek yang diumumkan oleh Pemerintah untuk menggunakan skema KPBU. Penelitian ini menggunakan analisa literatur untuk mendapatkan variable yang berasal dari Undang-undang No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, Peraturan Presiden No 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur, Peraturan Menteri PPN No 4 Tahun 2015 dan perubahannya tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur, serta menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data primer. Hasil penelitian ini adalah tujuan pemerintah diharapkan 64% pembiayaan proyek pada tahun 2030 berasal dari pembiayaan alternatif salah satunya melalui skema KPBU solicited atau unsolicited. Badan Usaha berpeluang untuk menginisiasi proyek yang terdaftar daa rencana pemerintah sebagai salah satu syarat dari skema KPBU. Namun terdapat 10 faktor kritis yang signifikan berpengaruh pada proyek perkeretaapian dengan skema KPBU yaitu pengadaan tanah, dukungan pemerintah, jaminan pemerintah, pemabngunan prasarana, prasarana perkeretaapian – jalur kereta api, rencana induk jaringan dengan moda lainnya, prasarana perkeretaapian – fasilitas operasi kereta api, studi kelayakan, rencana induk perkeretaapian, serta PJPK. Selain itu, aspek hukum dan kelembagaan menjadi pengaruh pada skema proyek KPBU solicited.
Construction and strategic planning in Public Private Partnership (PPP) projects have a certain obstacle and company need to know the critical factors in the PPP project. Therefore, this study aims to determine the company potention for railway project and to determine and obtain a critical factor in PPP projects especially for railway projects both solocited and unsolicited in accordance with the published project by government which use PPP scheme. This study uses literature analysis to obtain variables from Undang Undang No 23 Tahun 2007 regarding Railway, Peraturan Presiden No 38 Tahun 2015 regarding PPP and Peraturan Menteri PPN No 4 Tahun 2015 and it amandments regarding PPP implementation, as well as distributing questionnaires to collecting the primary data. Moreover, the results of the research is government is expected that 64% of project financing in 2030 from alternative financing, one of which is solicited or unsolicited PPP scheme. Companies have the opportunity to initiate the project that are listed in the government plan which is one of the requirements of unsolicited PPP scheme. However, there are 10 critical factors that significantly affect to the railway project with PPP scheme. The critical factors are land acquisition, government support, government guarantees, infrastructure construction, railway infrastructure, master plan for network transportation with other modes, railway operationg facilities, feasibility study, railway master plan, and government contract agency. In addition, legal and institutional aspects affect the solicitited PPP project scheme."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ismi Astuti Anggraini
"Saat ini terdapat sekitar 244 bendungan di Indonesia yang dikelola Kementerian PUPR, PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan swasta di sektor pertambangan serta di kelompok lain. Pemeliharaan bendungan harus menjadi perhatian yang serius agar pemanfaatannya menjadi maksimal. Jika kita menganggap umur sebuah bangunan sebagai puluhan tahun, menilai alternatif proyek hanya dari segi biaya investasi akan menjadi terlalu sempit dan tidak mencukupi. Biaya operasional pemeliharaan merupakan bagian penting dari investasi selama siklus hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi bendungan di Indonesia dan membahas tentang model pemeliharaan berbasis Life Cycle Cost (LCC) bendungan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode indeks kondisi gabungan diperoleh nilai keseluran komponen Bendungan Sempor mencapai angka 5, Bendungan Sermo yang berada pada indeks penilaian 5,076, dan Bendungan Wadaslintang dengan nilai 5,391. Secara keseluruhan, kondisi fisik bendungan yang ditinjau berada dalam skala baik dengan kerusakan minor sehingga kegiatan pemeliharaan preventif atau berbasis waktu dapat digunakan sebagai pilihan. Sementara untuk Life Cycle Cost pada Bendungan Sempor didapat nilai Rp2.214.967.283.834, Bendungan Sermo Rp2.291.822.046.320, dan Life Cycle Cost untuk Bendungan Wadaslintang Rp2.355.633.423.465.
Currently, there are around 244 dams in Indonesia which are managed by the Ministry of Public Works and Public Housing, PLN (State Electricity Company) and the private sector in the mining sector and in other groups. Dam maintenance must be a serious concern so that its utilization is maximized. If we consider the life of a building as decades, assessing project alternatives only in terms of investment costs would be too narrow and insufficient. Operational maintenance costs are an important part of the investment over the life cycle. This study aims to analyze the condition of dams in Indonesia and discuss the maintenance model based on the dam's Life Cycle Cost (LCC). Based on the results of calculations using the combined condition index method, the overall value of the Sempor Dam component reaches 5, the Sermo Dam at the rating index of 5,076, and the Wadaslintang Dam at 5,391. Overall, the physical condition of the dam under review is in good scale with minor damage so preventive or time-based maintenance activities can be used as an option. Meanwhile, for the Life Cycle Cost for the Sempor Dam is Rp2.214.967.283.834, for the Sermo Dam Rp2.291.822.046.320, and the Life Cycle Cost for the Wadaslintang Dam is Rp2.355.633.423.465."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Barra Farras Athaya
"Infrastruktur Telekomunikasi memiliki peran penting terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan akan jaringan untuk mengakses internet bertambah tingkat permintaannya. Hal tersebut mengakibatkan bertambahnya permintaan pembangunan infrastruktur tower telekomunikasi sebagai prasarana operator-operator telekomunikasi di Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka. Namun, dengan perkembangan tingginya pembangunan Infrastruktur tersebut tidak menutup kemungkinan akan risiko terhadap keselamatan pekerja. Kecelakaan kerja yang terjadi pada PT X terbilang cukup tinggi berdasarkan data accident dengan jumlah kecelakaan kerja mencapai 98 kasus per tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran iklim keselamatan pada konstruksi Tower Telekomunikasi PT X yang terdiri dari, bentuk kesadaran keselamatan kerja pada pemilik usaha dan penyedia jasa, bentuk perilaku keselamatan kerja dari para pekerja pada pemilik usaha dan penyedia jasa, serta mengetahui, dan mengatasi kendala atau hambatan terhadap konsep tersebut dengan harapan dapat mengurangi jumlah Nearmiss, FAC, dan MTC. Metode penelitian yang digunakan adalah sampling kemudian dilanjutkan dengan uji validitas dan reliabilitas, validasi content & construct, pilot survey kemudian survey responden, questionnaire, selanjutnya dilakukan olahan hasil data questionnaire, hingga Analisa akhir dan validasi pakar. Peniliti berharap agar penelitian ini menjadi improvement terhadap safety performance dalam pembangunan menara Telekomunikasi di Indonesia.
Telecommunication infrastructure has an important role in economic development in Indonesia. Along with the development of the times, the need for a network to access the internet increases in demand. This has resulted in increased demand for telecommunications tower infrastructure development as the infrastructure for telecommunications operators in Indonesia to develop their businesses. However, with the high development of infrastructure development, there is a possibility that there will be risks to worker safety. Work accidents that occur at PT X are quite high based on accident data with the number of work accidents reaching 98 cases per 2020. This study aims to describe the safety climate in the construction of PT X Telecommunication Tower which consists of, a form of work safety awareness among business owners and service providers, forms of work safety behavior from workers to business owners and service providers, as well as knowing, and overcoming obstacles or obstacles to the concept with the hope of reducing the number of Nearmiss, FAC, and MTC. The research method used is sampling followed by validity and reliability testing, content & construct validation, pilot survey then survey respondents, questionnaire, then processed data questionnaire results, to final analysis and expert validation. Researchers hope that this research will improve safety performance in the construction of telecommunications towers in Indonesia. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library