Ditemukan 53 dokumen yang sesuai dengan query
Suryanti
"Skripsi ini membahas kesalahan gramatikal pada karangan berbahasa Jerman khususnya kesalahan pada artikel kata benda, pembentukan kata benda jamak, dan konjugasi kata kerja, yang merupakan tiga contoh aturan gramatikal dalam bahasa Jerman yang berbeda dengan bahasa Indonesia, selaku bahasa ibu responden. Kesalahan tersebut dianalisis menurut teori interferensi gramatikal dari Weinrich yang dikaitkan dengan teori Fehleranalyse menurut Putzer. Sumber data penelitian ini diambil dari karangan UAS mahasiswa Program Studi Jerman tingkat I tahun ajaran 2010/2011 Universitas Indonesia. Berdasarkan penelitian ini, kesalahan dalam konjugasi kata kerja merupakan kesalahan yang paling banyak muncul. Kesalahan terbanyak kedua yang muncul adalah kesalahan dalam artikel kata benda. Selanjutnya, kesalahan pada pembentukan kata benda jamak merupakan kesalahan yang paling sedikit.
The focuses of this study are the grammatical errors in the usage of articles in nouns, plural forming, and verb conjugation, which are the three examples of German grammatical structure that are different from Indonesian?s. The errors were analyzed according to the theory of grammatical interference by Weinrich associated with the theory of error analysis by Putzer. The sources of this research were drawn from the essays made by the first year students of German Studies Program at Universitas Indonesia in academic year 2010/2011. The results of this study indicate that the errors in the verb conjugation are considered as the most frequently occuring errors. It is than followed by the usage of articles in nouns and plural forming."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1296
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Ira Purwo Kinanti
"Skripsi ini meneliti ragam bahasa lisan dan kalimat elips dalam tweet akun pribadi berbahasa Jerman. Selain itu, skripsi ini juga meneliti pengetahuan tata bahasa para pengguna Twitter Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam bahasa lisan dan kalimat elips dalam tweet akun pribadi berbahasa Jerman serta mengetahui apakah pengguna Twitter Jerman tetap mengetahui tata bahasa yang benar. Data berasal dari seratus tweet berbahasa Jerman dan 52 angket yang telah diisi oleh pengguna Twitter Jerman. Dasar teori yang digunakan adalah teori ragam bahasa lisan dari Schwitalla, teori kalimat elips dari Ludger Hoffmann, dan teori perkembangan bahasa dari Rudi Keller. Hasil analisis menunjukkan bahwa 51 tweet menggunakan ragam bahasa lisan dan/ atau kalimat elips dan 81% responden tetap mengetahui tata bahasa Jerman dengan benar.
This thesis researches variation of oral language and elliptical sentence usage in german-speaking personal account tweet. Also, the thesis researches grammar knowledge possessed by german-speaking twitter users. This study aims to describe the variation of oral language and elliptical sentence in german speaking personal account's tweet and to find out whether the german-speaking twitter user still understand the proper grammar. The data comes from observation of 100 german speaking-tweets and 52 questionnaires which have been answered by german speaking twitter users. Theoritical background used here are theory of variation of oral language by Schwitalla, theory of elliptical sentence by Ludge Hoffmann, and theory of language change by Rudi Keller. Analysis result shows that 51 tweet use oral language and/ or elliptical sentence while 81% of respondents still know how to use proper german-grammar in composing their tweets."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44247
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sihotang, Dini Aprilia Yosefa
"Berita tentang pengunduran diri Paus Benediktus XVI merupakan salah satu berita yang menyita perhatian publik. Penelitian ini menjelaskan penggunaan diksi dalam artikel koran Süddeutsche Zeitung dan BILD Zeitung yang bertemakan pengunduran diri Paus Benediktus XVI (Papst Benedikt XVI ? Rücktritt). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa citra Paus Benediktus XVI yang ditampilkan oleh BILD adalah cenderung positif, tetapi dalam Süddeutsche Zeitung cenderung netral.
The resignation of Pope Benedict XVI is one of the news, which fairly drew public attention. This paper describes the use of diction in the articles from Süddeutsche Zeitung and BILD Zeitung newspapers concerning the resignation of Pope Benedict XVI (Papst Benedikt XVI - Rücktritt). As a literary study, this paper uses descriptive qualitative approach for its method. Based on the analysis of the articles, BILD Zeitung tends to represent Pope Benedict XVI positively, while the representation in the Süddeutsche Zeitung is neutral."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Lutfeia Rhacmadani Rhachim Khaista
"Penelitian ini menguraikan tentang pengaruh masalah obesitas yang terjadi di kalangan anak-anak Jerman terhadap iklan Kinder Schokolade, baik itu dari segi bahasa maupun dari segi visualnya. Iklan yang diteliti terdiri atas sembilan iklan cetak Kinder Schokolade dari tahun 2010-2013 dengan tiga versi iklan yang berbeda, yang dianalisis dari aspek semantik dan semiotik.
Di dalam penelitian ini dipaparkan perubahan komponen-komponen dalam iklan-iklan Kinder Schokolade sejak muncul permasalahan obesitas pada anak-anak. Pilihan kata dan gambar berperan penting dalam setiap iklannya karena dapat membentuk citra produk yang positif sebagai produk makanan yang berhubungan erat dengan anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan-iklan Kinder Schokolade terpengaruh permasalahan obesitas.
This study describe about the effect of the children?s obesity problem against Kinder Schokolade advertising in terms of languange and visual. This advertisement consist of nine Kinder Schokolade print advertisement from 2010-2013 with three different versions and it will be analyzed from the semantic and semiotic aspects.In this study will be presented about the change in the components of Kinder Schokolade advertisement since the children?s obesity problem appear. The choice of words and images play the important role in each advertisement because it can make a positive image as food product that have closely relationship with the children. The results showed that Kinder Schokolade advertising affected by the obesity problem."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56642
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adiguna Zulkarnaen
"Skripsi ini membahas tentang citra pria yang ditampilkan pada iklan Nivea Men di Jerman dan Indonesia, yaitu iklan Nivea Men Active Age, Nivea Men Shave Balsam, Nivea Men versi Jogi Löw, Nivea Men Facial Foam, Nivea Men Total Recharge, dan Nivea Men Acne Clear. Dalam menganalisis iklan-iklan tersebut, saya menggunakan teori iklan Nina Janich (2005), teori makna semantik Gustav Blanke (1973), dan teori pendukung lainnya. Kesimpulan yang didapat dari analisis unsur-unsur verbal dan non-verbal adalah iklan Nivea Men Jerman dan Indonesia menampilkan citra yang berbeda dalam menawarkan produknya.
Diese Abschluβarbeit beschäftigt sich mit dem Image von Männern in den Werbungen von Nivea Men in Indonesien und Deutschland, nämlich Nivea Men Active Age, Nivea Men Shave Balsam, Nivea Men Jogi Löw’s Version, Nivea Men Facial Foam, Nivea Men Total Recharge, und Nivea Men Acne Clear. Als theoritische Grundlagen wurden die Werbungstheorie von Nina Janich (2005), die Semantik Theorie von Gustav Blanke (1973) benutzt, um die verbale und nonverbale Elemente in der Werbung zu analysieren. Die Ergebnisse dieser Untersuchung weisen darauf hin, dass das Unternehmen von Nivea Men in Deutschland und Indonesien unterschiedliche Image von Männern präsentiert haben, um ihre Produkte zu werben."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57555
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizqia Faradiba
"
ABSTRAKPersaingan program berita televisi di Indonesia semakin sengit karena banyaknya stasiun televisi baru yang muncul dan pasti mempunyai program berita. Salah satu cara untuk bersaingnya adalah menambahkan informasi dalam berita tersebut dengan sensasionalisme. Namun, untuk menentukan berita ini sensasional atau tidak, diperlukan cara-cara tertentu. Inilah yang dilakukan oleh Kartika Octaviana (2008) yang menulis skripsi tentang analisis berita sensasionalisme dilihat dari dimensi isi dan format. Dalam hal ini, penulis melakukan review terhadap skripsi tersebut dan melakukan komparasi terutama dengan skripsi karya Denasty Putri Puspita Aulia (2012) yang menulis dengan topik yang sama namun lebih mengambil kasus yang spesifik. Hasilnya, dalam kedua televisi yang berbeda dalam setiap skripsi, ditemukan berita sensasional di setiap televisi namun dengan tingkatan yang berbeda. Selain itu, ditemukan juga bahwa ada hubungannya berita sensasional dengan persaingan antar televisi.
ABSTRACTCompetition of television?s news program in Indonesia increasingly has increased sharply because many new television stations emerged and they must have news programs. One way of competing is to add sensasionlism into information in the news. To determine wether the news is sensational or not, there are two dimensions. One of the studies done by by Kartika Octaviana (2008) who wrote a thesis on the analysis of news sensationalism seen from the dimensions of the content and format. This article review aim is to elaborate her analysis further by comparing it to another academic research , mainly done by Denasty Puspita Aulia Putri (2012) who wrote the same topic but used more spesific a case. As a result, in two different televisio stations analysed in each thesis, they found sensational news in every television station, but in different level. In addition, they also found that there is a connection between sensational news and the competition among television stations."
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Margaretha Novirsta Sani
"
ABSTRAKBeberapa iklan menggunakan headline yang dapat memudahkan pembaca untuk mengetahui pesan dari sebuah iklan. Pemilihan headline tidak terlepas dari pemilihan kata yang menarik serta keterkaitannya dengan gambar dalam iklan. Penggunaan kata pada headline, baik headline yang secara langsung maupun tidak langsung menyampaikan pesan iklan, tidak terlepas dari target iklan tersebut dan cenderung menggunakan kata yang memiliki makna berdasarkan konteks iklan tersebut. Oleh karena itu, sering ditemukan kata-kata pada headline iklan yang mengalami perubahan makna dan memiliki asosiasi dengan gambar dalam iklan tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis enam iklan dalam laman Machtsmit.de. Penelitian ini berfokus pada perubahan makna kata pada headline iklan dan keterkaitan kata tersebut dengan gambar yang ditampilkan dalam iklan. Analisis iklan ini menunjukkan proses perubahan makna kata yang ada pada headline iklan dan peran gambar dalam menunjang pesan yang ingin disampaikan melalui headline dalam iklan. Perubahan makna yang ada dalam iklan terbagi dalam beberapa jenis yang sebagian besar iklan menunjukkan bentuk perluasan makna. Perubahan makna ini juga menunjukkan adanya keterkaitan antara kata dengan gambar yang ada dalam iklan.
ABSTRACTSeveral advertisements use headlines which make the reader understand the message behind the advertisements easier. The Selection of headline is inseperable from the selection of interesting word and the interrelation the picture in the advertisements. The use of the word in the headline, either the direct or indirect headline conveys advertising messages, can not be separated from the target the advertisements, and it tends to use words that have meanings based on the context of the advertisement. Therefore, it is often found the words in the advertisement headlines change the meaning and have an association with the image in the advertisement. In this thesis, the author analyze six advertisements in website Machtsmit.de. The analyses focus on the change of meaning of the words in Machsmit.de advertisements. This advertisement analysis shows the process of changing about the meaning of words in the headline and the role of images that supports the message to be conveyed by the headline in the advertisements. The change of meaning in the advertisement is divided into several types which most of them show the extension meanings. The change of meaning also indicates the relation between the words with images in the advertisements."
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Ashila Aprilia Fajar
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalis penggunaan bahasa remaja atau Jugendsprache di Jerman yang terdapat dalam lagu Weltraum karya Samy Deluxe. Melalui lagu, remaja dapat memiliki kebiasaan khusus dalam kelompoknya, terutama dalam penggunaan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersumber pada kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam lagu berbahasa Jerman ini, ternyata liriknya banyak menggunakan kata-kata bahasa remaja. Dengan adanya beberapa istilah bahasa remaja yang digunakan dalam lagu ini, maka dapat terlihat karakteristik bahasa remaja apa yang digunakan dalam lagu dan berapa banyak kata-kata tersebut yang tidak terdapat di dalam kamus.
ABSTRACTThe purpose of this research is to analyze the usage of youth language or Jugendsprache in German in song Weltraum by Samy Deluxe. Through songs, a group of adolescent get particular habits, especially in usage of the language. This research uses qualitative method with references as the source. Based on this research, it was found out that this German song, its lyrics use many words of youth language. With some of terminologies of youth language which used in this song, so it can be seen characteristic of youth languange in the song and how many words that can not be found in the dictionary."
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Winda Seprita Mayandani
"
ABSTRAKJurnal ini berisi tentang analisis kesalahan posisi kata (Wortstellung) pada karangan pembelajar bahasa Jerman tingkat A1. Penelitian ini berfokus pada hasil karangan siswa sekolah menengah atas yang akan mengikuti ujian sertifikat bahasa Jerman tingkat A1. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan Wortstellung terdapat dalam lebih dari setengah dari hasil seluruh karangan siswa. Dalam karangan-karangan tersebut, kebanyakan siswa menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang hanya terdiri dari subjek, verba dan objek.
ABSTRACTThis paper examines an error analysis of word order (Wortstellung) in essays written by A1 learners of German. This study focuses on data collected out of high school student‟s essays, who take exams to get certified for their proficiency in German. The research is conducted qualitatively using case study method. The result of the analysis reveals that more than half the students commited word order error. In constructing sentence, word order errors are visible in the omission of subject, predicate or object made by most students in a common and simple structure"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Cika Pradipta Putri
"Tren bahasa yang digunakan dalam artikel pada majalah mode remaja banyak yang menggunakan Bahasa Inggris. Fenomena adanya dan digunakannya kata-kata pinjaman yang berasal dari bahasa Inggris di dalam linguistik Jerman disebut Anglizismus. Pada penelitian ini, penulis menganalisis kata-kata pinjaman yang terdapat dalam majalah Elle Jerman edisi Mei 2015. Analisis ini menunjukkan adanya perbedaan kategori dari kata-kata pinjaman dari Bahasa Inggris yang ada di dalam teks berbahasa Jerman, seperti kategori direkte Entlehnung (kata pinjaman asli), Mischkomposita (penggabungan kata majemuk), dan Scheinentlehnung (kata pinjaman asimilasi penuh). Selain itu, penelitian ini juga membandingkan perbendaharaan kata kamus cetak dan kamus online Bahasa Jerman dalam menjelaskan makna kata-kata pinjaman dari Bahasa Inggris.
Language trend that used in an article of teenager fashion magazine are mostly in English. Loanwords that come from other language beside German’s language are usually called Anglizismus. In this research, the writer analyzes those words that can be found in German’s Elle magazine, May 2015 edition. This analysis aims to describe that in the German’s text there are various types of the loanwords that come from English, such as direkte Entlehnung, Mischkomposita, and Scheinentlehnung. This analysis also compared the differences of the vocabularies in both German printed and online dictionaries that explaining the meaning of loanwords from English."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library