Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 91 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Aura Nurusysyarifah
"ABSTRACT
Tesis ini membahas penerapan konsep shared learning di Perpustakaan Kementerian PUPR yang dapat dilihat dari desain, layanan, fasilitas, dan kegiatan yang diadakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Perpustakaan Kementerian PUPR telah berhasil menerapkan pembelajaran bersama. Buat ruangan sesuai dengan kriteria fungsional, mudah disesuaikan, diakses, bervariasi, interaktif, kondusif, kompatibel dengan lingkungan, aman dan terkendali, efisien, menggunakan teknologi informasi, dan memiliki desain yang baik. Layanan dan fasilitas yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, yaitu Ada layanan pendidikan, layanan rujukan, loker, wifi, ruang tamu, area kerja komputer, area pengumpulan, area baca, ruang baca anak, ruang diskusi, ruang baca VIP, audio visual ruang, ruang pustakawan, dan dapur. Kegiatan itu diadakan review buku dan pelatihan pustakawan. Persetujuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Umum menjadi yang ketiga.

ABSTRACT
This thesis discusses the application of the concept of shared learning in the Ministry Library PUPR that can be seen from the design, services, facilities, and activities that are held. The research method used is the case study method using qualitative. Data collection techniques used were observation, interviews, and document analysis. The results of research conducted indicate that the Library
The PUPR Ministry has successfully implemented joint learning Make a room according to functional criteria, easy adapted, accessed, varied, interactive, conducive, compatible with the environment, safe and controlled, efficient, using information technology, and has a good design. Services and facilities created are tailored to the needs of users, i.e. There are education services, referral services, lockers, wifi, living rooms, computer work areas, collection area, reading area, children's reading room, discussion room, VIP reading room, audio room visuals, librarian room, and pantry. The activity held was book review and librarian training. The Ministry of Public Works and Public Works Library approval became the place third.
"
Lengkap +
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margareta Berty Wahyuni
"Proses seleksi adalah salah satu tahap dalam kegiatan pengembangan koleksi. Proses seleksi dilakukan untuk seluruh jenis koleksi, termasuk koleksi audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses seleksi dalam kegiatan pengembangan koleksi audiovisual di Perpustakaan Kemendikbudristek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah aspek bahasa dan subjek koleksi menjadi prioritas ketika memilih koleksi audiovisual. Kedua aspek tersebut disesuaikan dengan pemustaka yang dilayani. Pedoman Pengembangan Koleksi Kemendikbudristek berfungsi sebagai acuan dalam melakukan proses seleksi koleksi audiovisual. Kebijakan tersebut menjadikan proses seleksi koleksi audiovisual lebih terarah pada visi dan misi lembaga induk. Pustakawan berperan sebagai pelaksana dan penentu dalam proses seleksi koleksi audiovisual. Pustakawan juga diharapkan mampu mengatasi kendala yang sering kali terjadi dalam proses seleksi koleksi audiovisual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses seleksi koleksi audiovisual dilakukan dengan memprioritaskan aspek bahasa dan subjek koleksi sesuai kebijakan pengembangan koleksi meskipun dalam kenyataannya masih ditemukan sedikit unsur subjektivitas. Saran yang dapat diberikan adalah Perpustakaan Kemendikbudristek dapat mulai mengelola koleksi audiovisual digitalnya dalam suatu laman dan dapat mempertimbangkan data peminjaman koleksi audiovisual ketika melakukan proses seleksi.

The selection process is one of the stages in collection development. The selection process is carried out for all types of collections, including audiovisual collections. This research aims to identify the selection process in the development of audiovisual collections at the Ministry of Education, Culture, Research and Technology Library. This research uses a qualitative method with a case study approach. Data collection is done through interviews, observations, and document analysis. The results of this research are that language and subject aspects of collections are prioritized when selecting audiovisual collections. Both aspects are adjusted to the users served. The Ministry of Education, Culture, Research and Technology Library Collection Development Guidelines works as a reference in the selection process of audiovisual collections. This policy directs the selection process of audiovisual collections 2 more towards the vision and mission of the institution. Librarians play a role as implementers and decision-makers in the selection process of audiovisual collections. Librarians are also expected to overcome obstacles that often occur in the selection process of audiovisual collections. The conclusion of this research is that the selection process of audiovisual collections is carried out prioritizing language aspects and collection subjects in accordance with collection development policies, although in reality, there are still some elements of subjectivity found. The suggestion that can be given is that the Ministry of Education, Culture, Research and Technology Library can begin managing its digital audiovisual collections on a webpage and can consider audiovisual collection loan data when carrying out the selection process."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Farizza Bella Rachmawati
"Penelitian ini membahas terkait analisis kebutuhan pengguna dalam pengembangan koleksi jurnal elektronik di perpustakaan lembaga penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi praktik dan kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan BRIN dalam melakukan analisis kebutuhan pengguna terkait koleksi jurnal elektronik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, dari Maret hingga Mei 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik analisis kebutuhan pengguna di Perpustakaan BRIN memiliki 3 (tiga) tahapan, yakni identifikasi data yang akan dikaji, pengumpulan data, dan interpretasi data. Dapat disimpulkan bahwa praktik tersebut mengombinasikan survei dan analisis bibliometrik yang dilakukan oleh tim e-resources beranggotakan pustakawan dan analis data yang tidak terbatas pada lulusan program studi tertentu dengan berpedoman pada ID Scopus dan waktu pengerjaan selama kurang lebih satu minggu. Hasil analisis disosialisasikan kepada pusat riset dan dibuat rekomendasi langganan jurnal elektronik untuk proses pengadaan koleksi. Kendala yang dihadapi praktik tersebut meliputi kesadaran periset yang rendah untuk berpatisipasi mengisi survei, ketidakakuratan ID Scopus periset, serta keterbatasan pengetahuan dan keterampilan tim e-resources. Saran yang diajukan adalah memperluas analisis bibliometrik dengan menggunakan ID Sinta dan pustakawan aktif untuk menindaklanjuti hasil pengadaan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengevaluasi pemakaian jurnal elektronik dan e-resources lainnya.

This study explores user needs analysis in e-journal collection development at a research institution’s library. This research aims to identify the practices and obstacles the BRIN Library faces in conducting user needs analysis for e-journal collection. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected through interviews, observations, and document analysis, from March to May 2024. The results of this study indicate that the user needs analysis practice at BRIN Library has three stages, identifying the data to be examined, collecting data, and interpreting data. It can be concluded that these practices combine surveys and bibliometric analysis conducted by an e-resources team consisting of librarians and data analysts, following Scopus IDs and taking approximately one week to complete. The analysis results are communicated to the research centers, and recommendations for e-journal subscriptions are made for the collection acquisition. The challenges faced in these practices include low researcher awareness in surveys, inaccuracies in researchers' Scopus IDs, and the e-resources team's limited knowledge and skills. Suggestions include expanding the bibliometric analysis using Sinta IDs and having librarians follow up on the acquisition results. Suggestions for future research include evaluating the usage of e-journals and other e-resources"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Prasasta Nirantara
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis mengenai klasifikasi yang diterapkan di Kompas Forum. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema klasifikasi yang diterapkan di Kompas Forum dan pengembangannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan klasifikasi di Kompas Forum menggunakan skema klasifikasi faceted dengan unsur verbal dan terdapat empat tahap pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembaca, akan tetapi dalam skema klasifikasi Kompas Forum masih terdapat kekurangan dalam temu kembali informasi, karena tidak adanya indeks dan penggunaan istilah yang tidak terkontrol. Penelitian ini menyarankan untuk menggunakan indeks dan melakukan pengawasan kosakata untuk istilah yang digunakan oleh pengguna.

ABSTRACT
This research analyzed about content classification in Kompas Forum.. This qualitative research aims to classification scheme in Kompas Forum and the classification development. The results of this research indicate that classification in Kompas Forum used faceted classification scheme with verbal elements and there are four steps of development that adapted with user needs, but classification in Kompas Forum still lack in information retrieval, because there is no index and vocabulary control. This research suggests to use index and do the vocabulary control for term used in Kompas Forum."
Lengkap +
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57505
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fahri Maihesa
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan ruang
penyimpanan arsip di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan kendala apa saja
yang dialami oleh staf pusat arsip inaktif Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi
pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah staf Sub Bagian Tata Usaha dan
Kearsipan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Teknik wawancara yang digunakan
adalah unstructured interview. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bagaimana
pengelolaan ruang penyimpanan arsip di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tidak
sesuai dengan pedoman atau standar yang berlaku. Hal ini terjadi karena
kurangnya pemahaman dan tidak lengkapnya peralatan yang sesuai dengan
standar. Kendala yang terdapat di dalam kegiatan penyimpanan adalah lokasi
pusat arsip inaktif, peralatan serta pemahaman staf kearsipan. Perlunya perbaikan
terhadap bagaimana pengelolaan ruang penyimpanan arsip agar kendala dapat
diatasi dan kegiatan penyimpanan menjadi lebih baik dan efektif

ABSTRACT
This study aims to determine how the management of records storage in the
Directorate of Customs and Excise and any constraints experienced by archival’s
staff of the Directorate of Customs and Excise. This study use a descriptive
approach with qualitative methods. Data was collected by interview, observation,
and literature. Informants in this study are staff of Sub Division of Administration
and Archives Directorate of Customs and Excise. Interview techniques used are
unstructured interviews. These results indicate how the management of records
storage in the Directorate of Customs and Excise is not accordance with the
applicable guidelines or standards. This happens due to the complete lack of
understanding and not according to the standard equipment. Constraints in the
storage activity is the location of inactive records center, equipment and lack of
understanding in archival’s staff. The management of recods storage improvement
are needed, so that obstacles can be resolve and storage activities become more
effective"
Lengkap +
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57462
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Kurniawan
"Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta (2011-2014). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan karya ilmiah dosen meliputi kebijakan, pengadaan, pengolahan, pelayanan (akses dan diseminasi) dan pelestarian serta kendala yang dihadapi di Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukakan dengan observasi, wawancara.
Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan karya ilmiah dosen masih belum berjalan seperti yang diharapkan, terlihat dari masih sedikitnya jumlah karya ilmiah yang terkumpul dan belum semua dosen mengumpulkannya pada perpustakaan. Permasalahan yang terjadi tidak terletak pada teknologi dan kebijakan yang sudah ada, namun pada implementasi kebijakan yang belum maksimal dilakukan. Karena belum adanya laporan mengenai karya ilmiah dosen kepada pihak universitas selaku pembuat kebijakan.

This thesis discusses Management of lecturer?s scholarly publications at Atma Jaya Catholic University (2011-2014). The purpose of this study was to describe the management of Lecturer Scholarly Publications includes policies, acquisition, processing, services (access and dissemination), and the preservation and obstacles encountered in the Library of the Catholic University of Atma Jaya Jakarta. Data collected by observation and interview.
Results from this study is the management of Lecturer's Scholarly Publications is still not working as expected, it seen by the small number of Scholarly Publications collected and not all lecturers collect Scholarly Publcations at the library. The problems that occurred not on the technologies and policies that already exist, but on implementation of policy. because of the lack of reports of scientific work as a university lecturer to the policy makers. Because of the lack of reports of Lecturer?s Scholarly Publication to the university as the policy makers."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61484
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Annisa
"Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak jalanan di KOPPAJA Klender, Jakarta Timur serta upaya yang dilakukan oleh komunitas dalam meningkatkannya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah minat membaca anak di KOPPAJA terkait dengan aktivitas sehari ? hari mereka di jalan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memahami minat membaca anak jalanan yang didukung oleh adanya fasilitas, koleksi, serta program yang dibuat oleh KOPPAJA Klender, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik studi kasus. Peneliti menyimpulkan bahwa keberadaan KOPPAJA sangatlah penting karena merupakan sarana pembentukan kebiasaan membaca bagi anak-anak jalanan di Klender, Jakarta Timur.

This study discusses about reading interest of street children in KOPPAJA Klender, East Jakarta and efforts community to improve it. The issues raised in this research children reading interest at KOPPAJA related to their daily activities in the street to meet the economic necessity of a family. This study attempt to understand reading interest of street children who supported by facilities, collection, and program made by KOPPAJA. In this study, researcher use the qualitative method which is case study method. The researcher concluded that the existance of KOPPAJA is very important because it is a means of reading habit formation for street children in Klender, East Jakarta."
Lengkap +
2016
S62481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Matthias Janu Kurniawan
"ABSTRACT
Perpustakaan gereja adalah sebuah fasilitas yang berperan penting dalam peningkatan kualitas spiritualitas jemaat di sebuah gereja, namun sampai saat ini perpustakaan gereja masih sangat jarang diteliti di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fungsi perpustakaan dalam menunjang kegiatan gerejawi. Perpustakaan Pelita adalah sebuah perpustakaan yang terdapat di salah satu gereja di bilangan Jakarta Pusat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta metode studi kasus, didapati bahwa dalam empat kegiatan gerejawi yang diteliti (Kebaktian, Katekisasi, Sekolah Minggu, Pemahaman Alkitab), perpustakaan Pelita menjalankan lima dari enam fungsi perpustakaan rumah ibadah sesuai dengan The Public Library Service: IFLA/UNESCO Guidelines for Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan perpustakaan gereja secara tidak langsung akan meningkatkan spiritualitas jemaat gereja.

ABSTRACT
Church library is an important facility in improving the quality of a church congregation?s spirituality. To date, however, the function of church library has yet to be analyzed in Indonesia. This research seeks to identify the functions of a library in supporting church activities. Using qualitative approach and case study method on Pelita Library, a library that supports a church in Central Jakarta, it is found that the library has been doing five out of six functions of a library in a place of worship, according to The Public Library Service: IFLA/UNESCO Guidelines for Development. The results show that the existence of a church library will indirectly improve the quality of a church congregation's spirituality."
Lengkap +
2016
S64280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Nurfadilah
"ABSTRAK
Indonesia adalah negara hukum yang kegiatannya harus berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada. Dalam menegakkan supremasi hukum, dibutuhkan suatu kerjasama membentuk sebuah lembaga yang mengelola peraturan perundang-undangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kerjasama Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional JDIHN yang diciptakan tersebut melibatkan banyak pihak pusat dokumentasi hukum yang ada pada setiap instansi yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga perlu diperhatikan tahapan dari proses kerjasamanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk penelitian studi kasus. Penilitian ini akan membahas proses kerjasama, suatu teori dari Tuckman mulai dari tahap forming, storming, norming, performing, dan adjourning. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perkembangan kerjasama yang ada pada JDIHN. Kerjasama yang ada dalam JDIHN bertahan hingga saat ini karena adanya legitimasi hukum dan kepentingan pimpinan instansi pemerintahan dan non pemerintahan. JDIHN merupakan organisasi yang mengelola peraturan hukum dan merupakan media mendapatkan peraturan hukum sebagai referensi dalam membuat produk hukum yang dikeluarkan oleh masing-masing instansi.Kata kunci :Kerjasama jaringan, JDIHN, BPHN, networking.

ABSTRAK
Indonesia is state of law whose activities must be based on existing legal regulations. In upholding the supremacy of the law, it takes a cooperation to establish an institution that manages the laws and regulations spread throughout Indonesia. The cooperation in the National Legal Information Documentation and Information Network JDIHN created involves many parties of legal documentation center that existed in every agency spread all over Indonesia so it should be noted the stages of the cooperation process. This research uses qualitative method in case study research. This research will discuss the process of cooperation, a theory of Tuckman from the stage of forming, storming, norming, performing, and adjourning. The research was conducted to know the development of cooperation in JDIHN. Cooperation is in JDIHN survived until today because of the legitimacy of the law and the interests of the heads of government and non government agencies. JDIHN is an organization that manages the rule of law and media to get the rule of law as a reference in making the legal product issued by each agency. Keywords Network cooperation, JDIHN, BPHN, networking "
Lengkap +
2017
S69385
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Rahmandita
"ABSTRAK<>br>
Penelitian ini adalah tentang gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Perpustakan Perguruan Tinggi Gayo. Perpustakaan Perguruan Tinggi Gayo telah berkembang menjadi perpustakaan dengan kualitas yang baik dalam waktu singkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala perpustakaan dalam menyelenggarakan Perpustakaan Perguruan Tinggi Gayo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan menjadikan Perpustakaan Perguruan Tinggi Gayo sebagai kasus yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan langsung dan wawancara kepada Kepala Perpustakaan, pustakawan, dan tenaga Perpustakaan Perguruan Tinggi Gayo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala perpustakaan adalah kepemimpinan situasional yaitu kepala perpustakaan dapat memimpin dengan gaya yang berbeda pada situasi yang berbeda. Kepala perpustakaan telah memimpin dengan menggunakan gaya directing, coaching, dan supporting. Namun, kepala perpustakaan belum menggunakan gaya delegating dalam kepemimpinannya, karena tingkat kesiapan anggota yang di persepsikannya belum memadai.

ABSTRACT<>br>
This thesis discusses the leadership style of the head of the library of Perguruan Tinggi Gayo. The library of Perguruan Tinggi Gayo has been developing rapidly into a good library. The purpose of this study is to determine the leadership style of the head librarian in leading the library of Perguruan Tinggi Gayo. This study uses a qualitative approach, and put the library of Perguruan Tinggi Gayo as the single case for research. The data collection techniques use observation and interviews of the head of libraries, librarians and library workers of the library of Perguruan Tinggi Gayo. The research concludes that the leadership styles used by the head of the library is situational leadership, that is the head lead using different style of leadership for different situations. It showed that the head of the library has been using the telling, selling, and participating style of leadership. However, the head of the library has not been using delegating style of leadership, presumably because he perceived that the readiness level his members is inadequate."
Lengkap +
2017
S70173
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>