Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Soedjono Dirdjosisworo
Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002
346.02 SOE m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Badan Riset Kelautan dan Perikanan, 2006
641.3 PEN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Badan Riset Kelautan dan Perikanan, 2006
597 PEM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Soedjono Dirdjosisworo
Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002
340 SOE m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Saptarina
Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002
899.232 ASM s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Indrati Wuryastuti
Abstrak :
ABSTRAK
Keperawatan pada klien yang dirawat lama pada ruang rehabilitasi belum dikenal masyarakat, sedangkan mereka melaksanakan pelayanan keperawatan secara komprehensif dan holistik. Penelitian ini mempelajari pengalaman perawat pelaksaua dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien yang dilakukan rehabilitasi medik di RSPAD Gatot Subroto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Sampel dalam penelitian ini dalah sebanyak 5 orang, dan mereka mempunyai karateristik yang berbeda. Perawat pelaksana yang dijadikan partisipan sudah diidentifikasikan sebelumnya,sehingga diharapkan telah mempunyai pengalaman yang cukup dalam melaksanakan tugasnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, sedangkan analisa data dilakukan dengan cara Colaizi. Dari analisa data tersebut ditemukan 5 tema yaitu: 1). Motivasi perawat pelaksana dalam bekerja, 2). Makna bekerja bagi perawat pelaksana, 3). Cara merawat pasien, 4) Hambatan dalam bekerja, 5) Kebutuhan dan harapan perawat pelaksana dalam bekerja.

Kesimpulan: Pengalaman para perawat pelaksana menunjukkan bahwa motivasi bekerja adalah sebagai tugas, disamping itu kegembiraan atas keberhasilan dalam merawat pasien juga menjadi motivasi. Selanjutnya disimpulkan pula bahwa perawat pelaksana membutuhkan pelatihan guna kelancaran tugasnya disamping itu mereka juga ingin memperoleh kesempatan untuk melanjutkan kejenjang yang yang lebih tinggi.

Rekomendasi yang diajukan adalah agar pihak Direksi dan Manajemen Keperawatan memfasilitasi kebutuhan para perawat pelaksana dan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan guna meningkatkan mutu asuhan keperawatan disamping itu pembinaan yang terus menerus akan nilai-nilai luhur yang diyakini perawat pelaksana perlu dilakukan.
2007
T22852
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wahyuni
Abstrak :
Usia harapan hidup di Indonesia tahun 2007 adalah 67 tahun untuk laki-Iaki dan 71 tahun untuk perempuan. Angka lansia akan meningkat hingga tiga kali lipat pada tahun 2020. Masalah utama yang dihadapi lansia adalah masalah psikologis, salah satunya harga diri rendah, disebabkan antara lain karena proses menua, tidak tercapainya tugas dan peran pada fase perkembangan sebelumnya dan perasaan tidak berharga terutama pada lansia yang berada di Panti wredha. Tanda dan gejala harga diri rendah pada. lansia dapat dilihat dengan penurunan kemampuan fisik, kognitif, perilaku dan emosional. Logoterapi merupakan Salah satu tekhnik meningkatkan kemampuan kognitif dan perilaku lansia harga diri rendah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan peningkatan kemampuan kognitif dan perilaku pada lansia dengan harga diri rendah setelah dilakukan logoterapi. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan penerapan logoterapi. Penelitian dilakukan di Panti Wredha Pekanbaru terhadap 40 lansia, yaitu 20 lansia kelompok intervensi dan 20 lansia kelompok control. Analisis yang digunakan adalah chi square, dependent dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bermakna terhadap kemampuan kognitif dan perilaku pada kelompok intervensi setelah dilakukan logoterapi (p < 0,05). Kelompok intervensi juga menunjukkan kemampuan kognitif dan perilaku yang lebih tinggi secara bermakna daripada kelompok kontrol setelah dilakukan logoterapi. Hasil penelitian ini merekomendasikan logoterapi untuk dijadikan terapi spesialis dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan perilaku lansia dengan harga diri rendah.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
T22884
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahyar Mulyana
Abstrak :
ABSTRAK
Pelayanan keperawatan bagian integral dari pelayanan kesehatan merupakan pelayanan professional yang diberikan oleh perawat yang professional pula. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perawat dapat dinilai dari kinerja yang ditampilkan oleh perawat tersebut. Pada umumnya penilaian kinerja perawat dilakukan oleh kepala ruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran dan pengambilan keputusan dari kepala ruangan dalam menilai penampilan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Kota Bandung. Desain penelitian ini menggunakan riset kualitatif dengan pendekatan kelompok diskusi terfokus/fokus group diskusi (FGD), partisipan sebanyak 5 orang perawat di 5 ruang rawai inap RSUD Kota Bandung, Jawa Barat bulan April 2007. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui kelompok diskusi terfokus. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa: 1) penilaian kinerja yang dilakukan berdasarkan obyektif subyektif skoring dan musyawarah 2) Kriteria menilai kinerja yang dilakukan berdasarkan renumerasi dan ketentuan pegawai negeri sipil 3) Pembuatan perankingan berdasarkan keterampilan dan senioritas, 4) system penghargaan terdiri dari ketentuan penghargaan finansial dan non finansial. Kesimpulan penelitian adalah diperoleh informasi cara penilaian kinerja, kriteria-kriteria penilaian, pembuatan perankingan dan system penghargaan di RSUD Kota Bandung, Saran dari penelitian ini adalah manajer puncak dapat tetap terlibat dalam penentuan system penghargaan pada staf keperawatan di tiap unit pelayanan di rumah sakit.
2007
T22854
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harnita
Abstrak :
Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang mempunyai kontribusi besar terhadap tingginya mutu pelayanan kesehatan. Kualitas komunikasi perawat-klien sangat menentukan tingkat kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit. Terdapat banyak faktor yang berhubungan dengan komunikasi perawat-klien di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan komunikasi perawat-klien yang diharapkan klien di RSD Raden Mattaher Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh klien rawat inap RSD Raden Mattaher Jambi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah total populasi sebanyak 194 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden. Untuk menguji hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen digunakan uji chi square, sedangkan untuk mengetahui faktor yang paling berhubungan dengan komunikasi perawat-klien yang diharapkan klien digunakan analisis regresi logistik berganda pada analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar klien (55.7 %) menyatakan komunikasi perawat-klien sesuai harapan. Hasil analisis Uji chi square pada ⍺ 5% didapatkan hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan, pekerjaan, kelas ruang rawat, kondisi klien, suku dan bahasa dengan komunikasi perawat-klien yang diharapkan klien di RSD Raden Mattaher Jambi. Hasil Analisis regresi logistik berganda menunjukkan bahwa variabel yang paling berhubungan komunikasi perawat-klien yang diharapkan klien di RSD Raden Mattaher Jambi adalah pendidikan, kelas ruang rawat, dan kondisi klien. Dan kondisi klien merupakan faktor yang paling bcsar tingkat hubungannya dengan komunikasi perawat-klien yang diharapkan klien di RSD Raden Mattaher Jambi. Untuk meningkatkan kualitas komunikasi perawat-klien yang diharapkan klien di RSD Raden Mattaher Jambi, maka disarankan melakukan analisa kesesuaian komunikasi yang dilakukan perawat dengan harapan klien, mengadakan pelatihan tentang komunikasi, evaluasi secara berkala kemampuan komunikasi perawai, memanfaatkan dan menambah fasilitas untuk menunjang kualitas komunikasi perawat-klien.
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T22855
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>