Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 217 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Karlina M. Sari
"skripsi ini membahas tentang peran library lovers club (llc) dalam mengembangkan perpustakaan sekolah dengan menjalankan fungsi-fungsi perpustakaan, seperti pengolahan, layanan, hingga promosi di perpustakaan sman 49 jakarta. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa llc berperan dalam menjalankan fungsinya sebagai komunitas di perpustakaan sekolah dengan memberikan kontribusi yang positif bagi perpustakaan dan lingkungannya, kemudian berbagai dampak positif ditunjukkan oleh anggota llc. oleh karena itu, instansi terkait seperti diknas dan perpusnas, sebaiknya mendukung llc sebagai ekstrakurikuler di sma, terutama di sma negeri, yang pada umumnya pengelola perpustakaannya masih merangkap guru atau staf administrasi, selain itu llc diharapkan menjalin kerjasama yang maksimal dengan orang tua murid dan organisasi lainnya agar kendala yang dihadapi menjadi lebih ringan serta tujuan menumbuhkan minat baca dan promosi perpustakaan sekolah dapat terlaksana.

this undergraduate thesis is studying about the role of llc in developing school library through library function which include data processing, service, and also promotion at 49 public senior high school, jakarta. the research uses qualitative method with a descriptive design and data collected by interviews, observation and literature studies. the result of this research shows that llc have the role on its function as school library community by giving positive contribution to the library and the society, and also positive impulsion by the llc`s member. this research advises the related instance such the national education ministry and national library to support llc as extracurricular in public senior high school which is the most condition is the staffs who manage the library are also being the teacher or administrative staff; advises to cooperate with student`s parents and other organization so that obstacles would be easier to be overcome and the purpose to grow reading interest and the promotion would be done."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15349
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Meilawati
"Skripsi ini membahas permasalahan yang dihadapi perpustakaan kelurahan, khususnya Perpustakaan Kelurahan Tegal Parang dan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang disajikan dalam bentuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) sehingga dapat diketahui potensi keberlangsungan suatu perpustakaan kelurahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Kelurahan Tegal Parang masih memiliki potensi untuk terus beroperasi karena kekurangan/hambatan yang menjadi permasalahan utama dapat diatasi dengan diberlakukannya suatu peraturan yang jelas dan tegas yang sekarang ini sedang dalam proses penyusunan.

The Focus of this research are the problems faced by the village library, especially the Tegal Parang Village Library in South Jakarta and its solutions to overcome those problems. This research is a qualitative one using case study approach that served in the form of SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) so that the researcher is able to seek the village library continuance potentiality. The research showed that Tegal Parang Village Library has potency to continue its operation because the weaknesses/threats that become the main problem can be solved by the release of a clear and strict regulation that still in compiling right now."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15541
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nofalita
"Skripsi ini membahas kegiatan mendongeng yang dilakukan di Taman Baca Keluarga Pelangi (TBKP) dalam upaya menumbuhkan minat baca anak-anak. Berbagai macam tipe, karakter dan gaya belajar anak dapat menimbulkan munculnya masalah dalam proses mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai proses kegiatan mendongeng dan nilai-nilai yang ditanamkan serta mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi dalam proses kegiatan mendongeng di TBKP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam upaya menumbuhkan minat baca pada anak, proses kegiatan mendongeng yang dilakukan kurang berjalan lancar karena adanya berbagai kendala yang muncul yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman orang-orang tentang pentingya kegiatan mendongeng ini diadakan sehingga taman baca perlu melakukan pendekatan atau sosialisasi dengan masyarakat sekitar.

This Undergraduate thesis discusses on storytelling activity that was carried out in Taman Baca Keluarga Pelangi (TBKP) in the effort to increase children?s reading interest. Various types, characters and children?s learning styles can create or cause problems in the storytelling process. The purpose of this research is to gain an understanding about storytelling process and its values and it also identifies the obstacles that arise during the storytelling activity in TBKP. This type of research is called a qualitative research with a case study method. The result of this research stated that in the effort to raise children?s reading interest, storytelling activity that had been conducted was not running smoothly due to various difficulties arisen that was caused by the lack of people?s understanding on the importance of storytelling activities. Therefore, The TBKP needs to approach and make socialization with surrounding community."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15332
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Risna Pridajumiga
"Skripsi ini membahas proses peningkatan minat baca melalui pemberian penghargaan yang meliputi seleksi siswa, pengadaan buku untuk hadiah, dan piagam serta waktu penyerahan penghargaan di perpustakaan MP UIN. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menyarankan bahwa proses seleksi siswa diperketat dengan menanyakan isi dan pesan atau nilai yang terkandung dalam buku. Staf perpustakaan dalam melakukan pengadaan buku untuk hadiah perlu bekerjasama dengan staf sirkulasi. Waktu penyerahan penghargaan juga dilakukan kembali saat upacara.

This undergraduate thesis is studying about process of reading interest by award cover student selection, book stock as reward, charter stock and award surrender time at MP UIN library. The purpose of this study is to understanding process of reading interest by award in MP UIN library. This research is qualitative case studies. The data were collected by means of deep interview and observation. The researcher suggests that selection process must be tight by asking contents of book."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15530
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Endah Susanti
"Skripsi ini membahas perpustakaan komunitas memiliki andil yang cukup besar sebagai sarana terbukanya akses masyarakat terhadap sumber-sumber informasi yang berkualitas. Perpustakaan komunitas juga berperan sebagai sarana pengembangan kreatifitas masyarakat terutama anak-anak karena di perpustakaan komunitas biasanya diadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan kreatifitas. Tulisan ini mengambil objek di Rumah Baca Zhaffa, Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan. Permasalahannya adalah bagaimana perpustakaan komunitas mewujudkan perannya di masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dapat terlihat bahwa walau memiliki berbagai hambatan, perpustakaan komunitas dapat mewujudkan perannya di masyarakat dengan menjadi sarana masyarakat terutama anak-anak untuk belajar, memperoleh sumber bacaan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasannya, mengembangkan kegiatan positif. dan menjadi sarana berkumpulnya masyarakat.

Community library plays an important role as a tool to serve information source to people. Community library‟s role also as a medium of creativity, especially for children, because it‟s common in community library to provide creative activity. This theses emphasizes on Rumah Baca Zhaffa, Manggarai, Jakarta Selatan. The problem was how the community library do its role in society. This research is qualitative research with descriptive analytic method. The result shows that the community library do its role well to people. It is because, the community library become a place for people to expand their horizon of knowledge and doing positive activity through reading and studying in community library. Community library also become a meeting point for the people."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15618
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Abdillah
"Penelitian ini menggunakan metode survey. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dikirim melalui e-mail. Cara penyusunan penyusunan kuesioner, pembentukan kerangka sampel dan pemilihan sampel dijelaskan pada bab tiga. Hasilnya menunjukkan bahwa hampir seluruh lulusan JIP menggunakan intemet dalam pekerjaannya. Hanya sebagian kecil (5%) yang menyatakan tidak menggunakan internet dalam pekerjaannya. Alasannya yaitu tidak tersedianya fasilitas internet di lingkungan tempat bekerja dan intemet tidak dibutuhkan dalam pekerjaannya. Fasilitas internet yang paling sering digunakan berturut-turut adalah E-mail, WWW, Newsgroup, FTP, IRC, Gopher dan fasilitas internet yang paling jarang digunakan adalah telnet. Secara umum manfaat yang diperoleh lulusan JIP dalam penggunaan internet adalah untuk jasa referensi, untuk komunikasi dan silaturahmi, untuk pengadaan, dan untuk promosi jasa perpustakaan. Hampir seluruh lulusan JIP menyatakan bahwa mereka mengalami hambatan dalam penggunaan intemet dalam pekerjaannya. Hanya tiga orang (7,9%) yang menyatakan tidak mengalami hambatan. Hambatan utama dalam penggunaan internet menurut mereka yaitu akses ke internet yang sangat lama."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15543
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Anisah
"Promosi perpustakaan di semua jenis perpustakaan terutama perpustakaan umum adalah perlu dan harus ditangani secara sistematik, berkesinambungan (continue) dan serius. Demikianlah esensi dasar dari penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Perpustakaan Umum Jakarta Selatan (PUJS) dalam melakukan promosi dilihat dari pendapat pemakainya, dengan menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif. Promosi lewat kontak langsung atau komunikasi antar pribadi yang kemudian dilanjutkan komunikasi langsung lewat teman dan rekan menurut analisis parameter yang tertinggi (83%). Sebaliknya untuk promosi lewat perpustakaan keliling dan satelit adalah yang terendah (31,1%). Namun nilai tersebut menunjukkan bahwa hampir setengah pemakai masih menanggapi promosi tersebut. Penelitian ini menggunakan 173 orang responden dengan pembagian remaja (15-19 tahun), dewasa (20-30 tahun), tua (31-50 tahun), manula (50 tahun ke atas) dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan tabulasi silang (Crosstabulation) dengan nilai ambang alpha crounbach 0,85. Temuan menarik adalah sebagai berikut; semua pemakai baik remaja (15-19 tahun), dewasa (20-30 tahun), tua (31-50 tahun), manula (51 tahun ke atas) sudah mencapai titik DESIRE ACTION terhadap promosi model langsung (kontak langsung) oleh pihak PUJS. Untuk lomba dan sayembara hanya kategori pemakai 20-30 tahun mencapai INTEREST DESIRE (pemakai terpengaruh oleh promosi dan ingin datang ke PUJS, tetapi masih ada hambatan-hambatan yang berupa anggapan negatif terhadap PUJS), pada bazar, pameran buku dan temu tokoh kategori pemakai 15-19 tahun sudah terpengaruh sampai tingkat INTEREST (mereka tertarik tetapi masih enggan ke PUJS), untuk perpustakaan keliling dan satelit yang merupakan keunikan promosi di perpustakaan umum di Jakarta khususnya telah membuat masyarakat hanya terpengaruh sampai titik ATTENTION-INTEREST (yang artinya pemakai tahu dan tertarik serta merta hanya kepada perpustakaan keliling dan satelit, bukan pada PUJS)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15681
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Indriani
"Penelitian mengenai kepuasan pemakai tidak asing dalam bidang ilmu perpustakaan. Tingkat kepuasan pemakai pada penelitian ini difokuskan pada jasa di Perpustakaan Umum Islam Iman Jama', dengan mengambil responden penelitian yaitu mahasiswa.Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh gambaran tingkat kepuasan pemakai mahasiswa terhadap jasa perpustakaan PUIIJ, yaitu fasilitas perpustakaan, (2) memperoleh gambaran tingkat kepuasan pemakai mahasiswa terhadap jasa perpustakaan PUIIJ, yaitu layanan perpustakaan, (3) memperoleh gambaran tingkat kepuasan pemakai mahasiswa terhadap jasa perpustakaan PUIIJ, yaitu koleksi perpustakaan, (4) memperoleh gambaran tingkat kepuasan pemakai mahasiswa terhadap jasa perpustakaan PUIIJ, yaitu staf perpustakaan. Dan dari hasil temuan penelitian akan diketahui perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa yaitu S 1 dan D3 yang signifikan dalam memanfaatkan jasa di PUIIJ.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan survei. Sampel yang dipilih pemakai PUIIJ yang berstatus mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Pengolahan data menggunakan rumus crosstabulation dan uji t-test untuk perbedaan skor rata-rata tingkat kepuasan antara mahasiswa Si dan D3.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemakai mahasiswa di PUIIJ terhadap jasa perpustakaan, yaitu fasilitas, layanan, koleksi, dan staf perpustakaan tergolong sedang. Diketahui pada hasil penelitian bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara mahasiswa SI dan D3 terhadap fasilitas perpustakaan, dan terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara mahasiswa S1 dan D3 terhadap layanan perpustakaan, koleksi perpustakaan, dan staf perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15380
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Kurniasari
"Survei kepuasan pemakai sebagai upaya evaluasi berorientasi pemakai telah umum diterapkan oleh organisasi-organisasi yang bergerak dalam bidang layanan. Perpustakaan adalah salah satu penyedia layanan informasi yang juga menggunakan survei kepuasan pemakai sebagai salah satu metode evaluasi. Pada penelitian ini, survei kepuasan pemakai dilakukan terhadap layanan di Perpustakaan Centre For Strategic And International Studies (CSIS) dengan mengadopsi dimensi-dimensi kualitas layanan dari SERVQUAL. Tujuan penelitian ini adalah ; (1) mengidentifikasi tingkat kepuasan peneliti CSIS terhadap layanan di Perpustakaan CSIS. (2) mengetahui urutan dimensi layanan berdasarkan pernyataan kepuasan Peneliti CSIS terhadap layanan di Perpustakaan CSIS. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian survei. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh yaitu, semua Peneliti CSIS diambil sebagai sample, yaitu sebanyak 27 responden. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Pengolahan data menggunakan SPSS 10.0 for Windows dengan menghitung nilai persentase dan menyajikannya dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan di Perpustakaan CSIS menurut Peneliti CSIS adalah memuaskan. Urutan dimensi kualitas layanan berdasarkan hasil penelitian dari tinggi ke rendah adalah sebagai berikut; (1) empathy. (2) reliability. (3) assurance. (4) tangibles. dan (5) responsiveness."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15274
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rachma
"Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan sirkulasi dilihat dari tingkat kepuasan pemakai, serta masalah yang dihadapi pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data utama melalui kuesioner, ditunjang dengan wawancara dan penelusuran literatur. Pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan (accidental sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa dengan menggunakan rumus Persentase dan Skala Sikap Liken.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan pemakai terhadap prosedur dan persyaratan keanggotaan serta OPAC adalah tinggi; tingkat kepuasan pemakai terhadap jam buka perpustakaan, katalog, kecepatan layanan serta layanan dan bantuan staf perpustakaan adalah cenderung tinggi; tingkat kepuasan pemakai terhadap sistem layanan tertutup, prosedur peminjaman dan layanan fotokopi adalah cenderung rendah; tingkat kepuasan pemakai terhadap sistem baca di tempat adalah rendah.
Diketahui pula bahwa pengetahuan pemakai terhadap Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah cenderung rendah. Pemakai tidak mengetahui tugas dan fungsi perpustakaan nasional sebagai pusat deposit dan pelestarian literatur nasional. Hal inilah yang menjadi masalah dalam layanan sirkulasi. Pemakai merasa kebebasan mereka dalam mengakses dan memperoleh bahan pustaka yang dibutuhkannya dibatasi oleh kebijakan yang diterapkan perpustakaan nasional yang cenderung lebih melindungi koleksinya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S14851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>