Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ivan Santoso
Abstrak :
Temuan berulang adalah kompilasi temuan dari tahun 2000-2008 dengan jenis penyimpangan berulang dari tahun ke tahun. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kembali temuan berulang guna menemukan akar penyebab dan merumuskan rekomendasi yang tepat agar tmuan tidak terulang kembali. Akar penyebab dibatasi pada lemahnya soft control yang diambil dari COSO dan lemahnya hard control dari GAO. Hasil penelitian menunjukkan seluruh permasalahan disebabkan karena gagalnya sistem pengendalian intern, baik karena kelemahan maupun karena ketiadaan pengendalian intern. Hasil penelitian menyarankan agar kementerian melaksanakan PP 60/2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dan mengoptimalkan peran inspektorat dalam memfasilitasi peningkatan efektivitas manajemen resiko dan good governance.
Repeated finding is a compilation of findings from the year 2000 to 2008 with the same type of deviations from year to year. The research was conducted by reanalyzing the repeated finding in order to find the root causes and formulate appropriate recommendations to the findings are not repeated again. The root cause limited to weakness of soft controls which taken from COSO and the weakness of hard controls of the GAO. The results showed that all the problems caused by the breakdown of internal control system, either because of weakness or because of lack of internal control. The result of research suggest that ministries to implement PP 60/2008 on the Internal Control System of the government and to optimize the role of inspectorate in facilitating the imrovement of the effectiveness of risk management and good governance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T27732
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Embun Sari
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem pengendalian internal dalam penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR), mulai dari prosedur penyaluran, peran dari pihak terkait, pengendalian fasilitas kredit yang sudah diberikan, hingga pencegahan dan penyelesaian kredit macet (Non Performing Loan). Penelitian ini dilakukan pada Bank BTN Cabang Depok dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penulis mendapat kesimpulan bahwa sistem pengendalian penyaluran KPR yang dilaksanakan Bank BTN Cabang Depok telah berjalan sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Selain itu, Bank BTN Cabang Depok telah menerapkan sistem pengendalian manajemen perbankan dengan baik, sehingga penerapannya dapat dijadikan acuan bagi penyaluran KPR oleh Bank Umum lainnya. Namun demikian, Bank BTN Cabang Depok masih dapat meningkatkan kinerjanya melalui optimalisasi penggunaan sistem informasi dan meningkatkan kehati-hatian dalam proses penilaian debitur untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah. ......The main purpose of this research is to analyze the control system of mortgage loan distribution, including the distribution procedure, job descriptions of responsible parties, loan control, prevention and resolution of Non-Performing-Loan. The study is conducted in Bank BTN Cabang Depok and using descriptive qualitative method. We could take a conclusion that Bank BTN Cabang Depok has complied the regulation of Bank Indonesia in delivering their mortgage loan. Besides, Bank BTN Cabang Depok has also apllied the control system of banking management. Their practice in mortage loan can be a benchmark for other Banks in the same field. However, there are still room for improvement for Bank BTN Cabang Depok. They may consider to optimizing the usage of information system, and improvement in debtor assessment process to minimize the bad loans.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46190
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satrio Wicaksono Prakoso
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pencatatan aset dan inventaris di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) DKI Jakarta. Studi ini didasarkan pada temuan dari Laporan Pemeriksaan (LHP) yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang menyatakan bahwa ada beberapa masalah mengenai aset di BLUD (BPK RI, 2017). Penelitian ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian mengenai bagaimana merancang sistem aset dan persediaan yang dibutuhkan oleh BLUD untuk membantu proses pengendalian internal dan manajemen aset. Penelitian ini menggunakan Framework for the Application of System Thinking (FAST) sebagai metode untuk pengembangan sistem yang dikembangkan oleh Whitten dan Bentley (2007). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode triangulasi, di mana data kualitatif sebagai data primer, yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah BLUD yang bertanggung jawab atas manajemen aset. Saat ini, sistem informasi aset yang ada hanya merekam aset tetap dan tidak terhubung ke sistem pelaporan keuangan. Informasi aset dan persediaan harus dipindahkan secara manual dengan memasukkan kembali nilai untuk menyiapkan laporan keuangan. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan sistem informasi aset untuk meningkatkan pengendalian internal. ......This research aims to design an information system to asset and inventories recording at DKI Jakarta Regional Public Service Agency (BLUD). This study is based on the findings from Examination Report (LHP) issued by the Indonesian Supreme Audit Institution (BPK RI) which states that there are quite a few problems about assets at BLUD (BPK RI, 2017). This research is expected to answer research questions about how to design the system of assets and inventories needed by BLUD to assist the process of internal control and asset management. This study uses the Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) as a method for systems development popularized by Whitten and Bentley (2007). This study uses a case study approach with the triangulation method, where the qualitative data as primary data by conducting interviews and observations. Unit of analysis in this study is the BLUD responsible for asset management. Currently, the existing asset information systems only record fixed assets and not connected to the financial reporting system. Assets and inventories information need to move manually by re- inputting the value to prepare financial statements. The result of this research is a design of asset information system to enhance internal control.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indriati Siti Pratiwi
Abstrak :
Siklus penerimaan dan pengeluaran kas merupakan siklus yang crucial bagi suatu perusahaan. Akan tetapi, sebagai perusahaan yang baru berdiri, PT SMS belum menjalankan sistem pengendalian internal terkait kedua siklus ini dengan baik. Oleh karena itu, pada laporan magang ini akan dibahas mengenai dampak lemahnya sistem pengendalian internal, perbaikan yang sudah mulai dilakukan, serta saran untuk perbaikan sistem pengendalian internal di PT SMS berdasarkan teori yang penulis peroleh selama masa perkuliahan. ......Revenue and expenditure cycle is a crucial cycle for a company. However, as a new established company, PT SMS has yet properly practicing internal control system of these two cycles. Therefore, this internship report is going to discuss the impact that results from the weakness of intenal control system, the progresses that have been undertaken, and several suggestions to improve the internal control system according to theories that the author has learned throughout study in accounting.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54650
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Ayu Hapsari Aninditha
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini membahas tentang sistem pengendalian internal terhadap penerimaan dan pencatatan aset pada Perusahaan ABC. Sistem pengendalian internal dilakukan untuk membantu perusahaan memperoleh keyakinan yang memadai tentang efektivitas dan efisiensi operasional, keandalan laporan keuangan serta tunduk terhadap hukum dan peraturan yang ada. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa proses penerimaan dan pencatatan aset tetap telah dijalankan sesuai dengan Buku Ketiga PTK nomor: 007-Revisi-1/PTK/IX/2009 Pedoman Pengelolaan Aset Kontraktor Kontrak Kerjasama, dan pengendalian internal telah dilakukan sesuai dengan Internal Control Framework yang diterbitkan oleh COSO.
ABSTRACT
This internship report discusses about internal control system of the acceptance and recording of fixed assets on PT ABC. Internal control system done in order to help the company get a reasonable assurance about operational efficiency and effectiveness, the reliability of financial statements, and for compliance with the law and regulation applied. Based on the analysis, the writer concludes that the acceptance and recording of fixed assets on PT ABC are in accordance with 3rd edition book of PTK No. 007-Revisi-1/PTK/IX/2009 about Assets Management Guidelines for Cooperation Contract, therefore the internal control are in accordance with Internal Control Framework published by COSO.
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Elis Nurhayati
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai evaluasi efektivitas sistem pengendalian internal pada siklus persediaan pada Perum BULOG. Persediaan merupakan aset yang memiliki nilai paling besar dibandingkan aset lainnya pada Laporan Posisi Keuangan Perum BULOG. Sistem pengendalian internal pada siklus persediaan diperlukan untuk meningkatkan keandalan akun persediaan pada laporan keuangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan studi kasus pada Perum BULOG Subdivre ?X?. Pengumpulan data dan informasi diperoleh melalui observasi, pengumpulan prosedur terkait siklus persediaan dan pengendalian internal yang sudah ada, wawancara dan melalui survey dengan menggunakan kuesioner kepada para pegawai di Perum BULOG Subdivre ?X?. Dari penelitian ini diketahui bahwa Efektifitas Sistem Pengendalian Internal Siklus Persediaan pada Perum BULOG Subdivre ?X? cukup baik untuk meningkatkan keandalan akun persediaan pada laporan keuangan. Seluruh komponen pengendalian internal siklus persediaan telah dilaksanakan dengan cukup efektif, namun masih harus ditingkatkan agar efektivitasnya meningkat.
ABSTRACT
This study evaluates the effectiveness of internal control in inventory cycle at Perum BULOG. Inventory is the largest item in the assets category on the consolidated statement of Perum BULOG financial position. Internal control system in inventory cycle is important to improve inventory account reliability in financial reporting. This study is a quantitative research which use study case at Perum BULOG Subdivre ?X?. Data and information was collected from observation, current procedur inventory cycle and internal control review, interview, and questionnaire to sampled employees at Perum BULOG Subdivre ?X?. From this study, it can be concluded that the effectiveness of internal control in inventory cycle at Perum BULOG subdivre ?X? is adequate to improve inventory account reliability in financial reporting. The implementation of internal control component in inventory cycle is sufficient with several rooms for improvement, This study evaluates the effectiveness of internal control in inventory cycle at Perum BULOG. Inventory is the largest item in the assets category on the consolidated statement of Perum BULOG financial position. Internal control system in inventory cycle is important to improve inventory account reliability in financial reporting. This study is a quantitative research which use study case at Perum BULOG Subdivre “X”. Data and information was collected from observation, current procedur inventory cycle and internal control review, interview, and questionnaire to sampled employees at Perum BULOG Subdivre “X”. From this study, it can be concluded that the effectiveness of internal control in inventory cycle at Perum BULOG subdivre “X” is adequate to improve inventory account reliability in financial reporting. The implementation of internal control component in inventory cycle is sufficient with several rooms for improvement]
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iradhati Salsabila
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi sistem pengendalian internal Rumah Sakit X pada siklus penggajian dengan menggunakan prinsip-prinsip pengendalian COSO dan mengidentifikasi penerapan COSO Enterprise Risk Management pada siklus penggajian Rumah Sakit X. Penelitian ini menggunakan data primer. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan Kuesioner Pengendalian Internal, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, kuesioner yang digunakan bersifat spesifik berupa kuesioner pengendalian internal. Instrumen yang digunakan dalam kuesioner pengendalian internal ini dikembangkan berdasarkan komponen pengendalian internal COSO yang terdiri dari tujuh belas prinsip yang ada dan instrumen yang digunakan dalam penilaian manajemen risiko menggunakan lima komponen COSO ERM yang terdiri dari dua puluh tiga prinsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus penggajian sendiri pengendalian internal belum berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan belum adanya secara spesifik kebijakan yang dibuat sebagai acuan untuk pelaksanaan pengendalian internal siklus penggajian khususnya kepada dua bagian yang membawahi langsung proses penggajian, yaitu bagian SDM dan bagian keuangan. Terlihat dari hasil penilaian menggunakan COSO internal control yang mayoritas prinsipnya belum diimplementasikan pada siklus penggajian rumah sakit X. Untuk implementasi manajemen risiko pada Rumah Sakit X, sama seperti pengendalian internalnya, untuk siklus penggajian manajemen risiko belum dilakukan. Belum ada identifikasi risiko secara khusus untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan bayar pada penggajian karyawan atau tenaga kesehatan. Hasil ini dilakukan dari penilaian dokumen manajemen risiko yang dimiliki oleh Rumah Sakit X. ......The purpose of this study was to analyze the condition of Hospital X's internal control system in the payroll cycle using COSO control principles and identify the application of COSO Enterprise Risk Management in the Hospital X payroll cycle. This research uses primary data. The research approach used in this research is a qualitative approach. This research method uses Internal Control Questionnaires, interviews and documentation. In this study, the questionnaire used is specific in the form of an internal control questionnaire. The instruments used in this internal control questionnaire were developed based on the COSO internal control components consisting of seventeen existing principles and the instruments used in the risk management assessment using five COSO ERM components consisting of twenty-three principles. The results of this study indicate that in the payroll cycle itself internal control has not gone well. This is indicated by the absence of specific policies made as a reference for the implementation of internal control of the payroll cycle, especially for the two sections that directly oversee the payroll process, namely the HR department and the finance department. It can be seen from the results of the assessment using COSO internal control that most principles have not been implemented in the X hospital payroll cycle. For the implementation of risk management at Hospital X, just like internal control, risk management has not been carried out for the payroll cycle. There has been no specific identification of risks to reduce the possibility of payment errors on employees or health worker payroll. This result is carried out from the assessment of risk management documents owned by Hospital X.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayu Ramadriani
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi sistem pengendalian intern pemerintah yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 terhadap pengelolaan utang pihak ketiga. Objek penelitian ini dilakukan pada Lembaga Pemerintah X yang merupakan Lembaga Pemerintah Non-kementerian yang mempunyai tugas membantu dan bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Lembaga Pemerintah X memiliki nilai utang pihak ketiga yang dinilai paling signifikan jumlahnya di antara kementerian/lembaga lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis implementasi sistem pengendalian intern pemerintah atas pengelolaan utang pihak ketiga menunjukkan masih terdapat proses yang belum memadai dalam komponen lingkungan pengendalian atas penetapan reward dan punishment, kompetensi dan pelatihan SDM, jumlah pegawai, sistem penilaian risiko, kegiatan pengendalian, dan ketidaktersediannya informasi dan komunikasi yang memadai. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah pembuatan petunjuk pelaksanaan pengelolaan utang pihak ketiga, petunjuk teknis pengelolaan utang pihak ketiga, Standar Operasional Prosedur pengelolaan utang pihak ketiga yang mendasari pekerjaan, dan penetapan akun risiko utang pihak ketiga yang tertuang dalam kertas kerja Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK), serta tersedianya pendidikan dan pelatihan bagi seluruh pegawai pengelola utang ......This study aims to evaluate the implementation of the government's internal control system following Government Regulation No. 60 of 2008 on the management of third-party debt. The object of this research is Government Institution X, which is a non-ministerial government institution that has the task of assisting and reporting directly to the President of the Republic of Indonesia. Government Institution X has the value of third-party debt, which is considered the most significant in number among other ministries/institutions. Data were collected through semi-structured interviews and using qualitative descriptive analysis techniques. The results of the analysis of the implementation of the government's internal control system on third-party debt management show that there are still inefficient processes in the components of the control environment for the determination of rewards and punishments, HR competencies and training, number of employees, risk assessment system, control activities, and the unavailability of information and communication. Recommendations from the results of this study for managing third-party debt are the preparation of guidelines and technical instructions. Prepared Standard Operating Procedures for managing third-party debt that underlies the work and determining third-party debt risk accounts contained in the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) working paper, as well as the availability of education and training for all debt management employees.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Rifa Suri
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah yang dilakukan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia X apakah sudah sesuai dengan ketentuan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008. Sistem pengendalian internal perlu diterapkan dengan baik guna memberikan kelayakan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efisien dan efektif, pengamanan aset negara, ketaatan pada peraturan perundang-undangan, dan keandalan pelaporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode evaluasi data yakni identifikasi subjek, kriteria evaluasi, menentukan keseluruhan evaluasi, menarik kesimpulan, dan memberikan rekomendasi. Adapun instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan analisis dokumentasi yang dimiliki oleh KJRI X. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa seluruh unsur SPI telah ada namun masih perlu dilakukan perbaikan dalam beberapa aspek untuk meminimalisir adanya risiko salah saji pada laporan keuangan, ketidakwajaran nominal penawaran harga, ketidakakuratan hasil report dari sistem aplikasi, maupun ketidakmampuan pegawai dalam menjalankan wewenang atas tugas dan fungsinya. ......This study aims to evaluate the implementation of Government Internal Control System carried out by the Consulate General of the Republic of Indonesia X and whether it is following the provisions of the Government Internal Control System regulated in Government Regulation No. 60 of 2008. The internal control system needs to be appropriately implemented to provide adequate feasibility for achieving organizational goals through efficient and effective activities, safeguarding state assets, compliance with laws and regulations, and reliability of financial reporting. This research is qualitative research with data evaluation methods, namely subject identification, evaluation criteria, the overall evaluation, concluding, and recommendations. The research instruments are in the form of observations, interviews, and analysis of documentation owned by the Consulate General of the Republic of Indonesia X. The result of this research is known that all elements of Government Internal Control System already exist but need to be improved in several aspects to minimize the risk of misstatement in financial statements, the unfairness of nominal quotes, inaccuracies in report results from the application system, as well as the inability of employees to carry out their authority over their duties and functions.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Perdata Muda
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model dan matriks key risk indicators KRI atau indikator risiko kunci atas risiko-risiko signifikan perusahaan, serta merancang proses penerapannya dalam proses manajemen risiko perusahaan. Penelitian yang dilakukan merupakan studi kasus pada unit analisa PT ABC yang bergerak pada bidang perkebunan kelapa sawit. Metode yang digunakan pada tesis ini adalah kuantitatif dan kualitatif metode campuran . Analisis dan perancangan KRI yang dilakukan berupa penentuan akar risiko, indikator pemantauan, serta ambang batas threshold dari risiko-risiko signifikan yang berpengaruh pada penurunan kinerja keuangan perusahaan. Risiko-risiko yang signifikan tersebut diidentifikasi dari laporan tahunan perusahaan tahun 2015, di antaranya risiko rendahnya produksi Tandan Buah Segar TBS sawit, risiko kerusakan perkebunan karena bencana kebakaran, risiko fluktuasi pada nilai tukar mata uang, dan risiko fluktuasi pada harga komoditas. Perancangan juga dilakukan atas kerangka kerja KRI dalam penerapannya pada manajemen risiko perusahaan. Perancangan KRI ini diharapkan membantu perusahaan untuk melakukan proses pemantauan monitoring , terutama terhadap peristiwa-peristiwa yang menjadi indikasi terjadinya suatu risiko. Berdasarkan peringatan dan informasi dini dari KRI, perusahaan dapat melakukan berbagai tindakan mitigasi lebih awal guna mengurangi kemungkinan terjadinya peristiwa risiko likelihood maupun dampak impact yang ditimbulkan oleh risiko tersebut.
ABSTRACT
The purpose of this research is to design the model and matrix of key risk indicators KRI for the significant risks in the company, as well as to design the implementation process in the enterprise risk management process. This research is a case study on PT ABC as analysis unit which is engaged in oil palm plantation business. The methods used in this research are quantitative and qualitative mixed methods . The analysis and design of KRI are in the form of determining the risk root causes, indicators used to conduct monitoring, and thresholds of significant risks that affect the decline in company rsquo s financial performance. These significant risks are identified based on company 39 s annual report 2015, which is risk of low palm oil FFB production, risk of damage to plantations due to fire disasters, risk of fluctuations in exchange rates, and risk of fluctuations in commodity prices. This research also design the framework of KRI in its application to company rsquo s risk management process. The design of this KRI is expected to help the company to conduct the monitoring process on the events that indicate the occurrence of a risk based on warnings and early information from the KRI system. Afterward, the company may undertake early various mitigation actions to reduce the likelihood and impact of those risks.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>