Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 32 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ziegler, Hans
Massachusetts: Addison-Wesley, 1965
531 ZIE m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rifki Iskandara Mirza
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T23487
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hesti Prihastuti
"ABSTRAK
Poliol yang digunakan tersebut merupakan jenis poliol hidroksi metoksi yang diperoleh melalui reaksi epoksidasi, hidroksilasi dan metoksilasi, yang dikenal sebagai polio! HMGMS. Proses pembuatan foam poliuretan dilakukan dengan mereaksikan polioL HMGMS dengan MDI (4,4'-metilen difenil diisosianat) melalui metode one shoot process. Hasil penelitian menunjukkan karakterisasi poliol HMGMS didapat bilangan iod 8,92 mg 12/100 g dan bilangan hidroksi 122 mg KOH/ g sampel. Titik optimasi foam poliuretan perbandingan HMGMS dan MDI diperoleh pada perbandingan 1:3 dengan densitas foam sebesar 0,3026 g/ cm3. Pengaruh konsentrasi katalis (trietilen diamin) terhadap sifat struktur foam poliuretan menunjukkan dapat mempercepat pembentukan segmen keras lebih banyak, pengaruh konsentrasi surfaktan (silikon glikol) menunjukkan pembentukkan rongga sel "close coif' yang makin stabil dengan ukuran sel yang seragam, dan pengaruh konsentrasi pemanjang rantai (chain extender ) etilen glikol mempengaruhi pembentukan segmen lunak dengan memperpanjang rantai polimer. Didapatkan pula foam poliuretan yang semi rigid dari poliol HMGMS, sedangkan poliol PPG menghasilkan foam poliuretan yang fleksibel. Karakterisasi terhadap foam poliuretan dilakukan dengan menentukan densitas foam, kekerasan, analisa FTIR, dan SEM. "
Depok: [Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia;, ], 2008
S30530
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Huang, L.
"Statics and dynamics of rigid bodies presents an interdisciplinary approach to mechanical engineering through a close evaluation of the statics and dynamics of rigid bodies, presenting a concise introduction to both. This volume bridges the gap of interdisciplinary published texts linking fields like mechatronics and robotics with multi-body dynamics in order to provide readers with a clear path to understanding numerous sub-fields of mechanical engineering. Three-dimensional kinematics, rigid bodies in planar spaces and numerous vector and matrix operations are presented in order to provide a comprehensive understanding of mechanics through dynamics and rigid bodies."
New York: [, Springer], 2012
e20418447
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Rabier, Patrick
"This book contains a unique description of the nonholonomic motion of systems of rigid bodies by differential algebraic systems. Nonholonomic Motion of Rigid Mechanical Systems from a DAE Viewpoint focuses on rigid body systems subjected to kinematic constraints (constraints that depend on the velocities of the bodies, e.g., as they arise for nonholonomic motions) and discusses in detail how the equations of motion are developed. The authors show that such motions can be modeled in terms of differential algebraic equations (DAEs), provided only that the correct variables are introduced.
Several issues are investigated in depth to provide a sound and complete justification of the DAE model. These issues include the development of a generalized Gauss principle of least constraint, a study of the effect of the failure of an important full-rank condition, and a precise characterization of the state spaces. In particular, when the mentioned full-rank condition is not satisfied, this book shows how a new set of equivalent constraints can be constructed in a completely intrinsic way, where, in general, these new constraints comply with the full-rank requirement.
Several equivalent DAE formulations are discussed and analyzed thoroughly. The value of these DAE models rests upon the premise that they are more accessible than others to an effective numerical treatment. To substantiate this, a numerical algorithm is presented and numerical results for several standard problems are included to demonstrate the efficiency of this approach.
"
Philadelphia: Society for Industrial and Applied Mathematics, 2000
e20448492
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Salam Aryanto
"ABSTRAK
Semakin berkembangnya teknologi. proses pemodelan dalam tiga dimensi saat ini menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Namun sebelum menganimasikan sebuah objek tiga dimensi memerlukan rigging secara manual untuk menentukan struktur kerangka
internalnya. Peneliti akan melakukan eksperimen dengan beberapa skenario percobaan terhadap proses rigging untuk menghasilkan animasi kendaraan yang dinamis dengan memanfaatkan rigid body. Dalam hal ini implementasi rigid body pada rigging dilakukan
karena rigid body sangat mirip dengan objek di dunia nyata. Memiliki gaya gravitasi dan gaya lainnya, seperti bisa bertumbukan dengan objek lain dan bisa saling mendorong antar objek. Secara khusus sistem rigging dengan mengimplementasikan rigid body pada model
kendaraan tiga dimensi yang digunakan sebagai masukan akan menghasilkan rigging yang dapat digunakan untuk menciptakan massa dan gaya sehingga gerakan animasi kendaraan tiga dimensi lebih dinamis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi rigid body pada rigging model kendaraan tiga dimensi menghasilkan animasi yang dinamis karena rigid body dapat disimulasikan secara dinamis berkaitan dengan kontak dan tumbukan, serta objek yang dikendalikan secara dinamis merespon gerakan dan tumbukan dengan benda lain."
Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) STTA, 2018
600 JIA X:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rahmat Abdullah
"Kelelahan kerja merupakan salah satu faktor yang berpotensi meningkatkan terjadinya kecelekaan kerja pada bidang konstruksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kelelahan kerja pekerja konstruksi pada pekerjaan rigid pavement jalan tol PT XYZ. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel yang diambil sebanyak 110 yang merupakan pada pekerja konstruksi jalan tol pekerjaan rigid pavement PT XYZ. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu faktor fisik, faktor emosional dan faktor sosial, sedangkan variabel dependen kelelahan kerja. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, dengan teknik analysis data yaitu univariate dan bivariate. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 84 orang atau 76% mengalami kelelahan ringan, sedangkan sebanyak 26 orang atau 24% mengalami kelelahan sedang. Terdapat hubungan kecenderungan hubungan antara faktor fisik yaitu variabel lama perjalanan dan stres kerja dengan kelelahan kerja. Terdapat kecenderungan hubungan antara faktor emosional yaitu kualitas tidur dengan kelelahan kerja. Terdapat kecenderungan hubungan antara faktor sosial variabel tekanan pekerjaan, komunikasi yang buruk, penindasan dan intimidasi, hubungan rekan kerja, tuntutan pekerjaan dengan kelelahan kerja.

Work fatigue is one of the factors that has the potential to increase the occurrence of work accidents in the construction sector. The aim of this research is to find out what factors are related to construction workers' work fatigue on the job rigid pavement PT XYZ toll road. The research method used is a quantitative method with an approach cross sectional study. The samples taken were 110 who were toll road construction workers rigid pavement PT XYZ. The variables in this study consist of independent variables, namely physical factors, emotional factors and social factors, while the dependent variable is work fatigue. Data collection was carried out by distributing questionnaires, using data analysis techniques, namely univariate and bivariate. The research results showed that 84 people or 76% experienced mild fatigue, while 26 people or 24% experienced moderate fatigue. There is a tendency for the relationship between physical factors, namely the length of travel and work stress variables with work fatigue. There is a tendency for a relationship between emotional factors, namely sleep quality, and work fatigue. There is a tendency for a relationship between social factors such as work pressure, poor communication, bullying and intimidation, co-worker relationships, job demands and work fatigue."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rohmat Romdhani
"Pekerjaan rigid pavement pada proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Padang merupakan salah satu tahap konstruksi yang sangat krusial dalam menjamin kualitas dan keberlanjutan jalan tol. Daftar ketidaksesuaian yang tercatat dalam Berita Acara (BA) PHO akibat berbagai faktor, seperti aspek teknis, keterbatasan sumber daya, hingga pengelolaan proyek yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis Defect List yang sering terjadi pada perkerasan rigid pavement, merumuskan langkah-langkah efektif untuk meminimalkan terjadinya Defect List, serta menganalisis risiko yang muncul akibat deffect rigid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi antisipasi mampu mengurangi jumlah Defect List. Pada lokasi yang penulis lakukan yaitu STA 58+400 hingga STA 60+200, jumlah Defect List yang ditemukan terdiri atas 9 defect minor dan 9 defect mayor. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan dua lokasi lainnya, yakni STA 55+200 hingga STA 57+000 dengan 15 defect minor dan 20 defect mayor, serta STA 60+200 hingga STA 62+000 yang mencatat 12 defect minor dan 32 defect mayor. Perbedaan ini diduga disebabkan oleh kurangnya penerapan langkah-langkah preventif pada lokasi-lokasi tertentu. Melalui penelitian ini, diharapkan menjadi panduan dalam pelaksanaan pekerjaan rigid pavement, sehingga kualitas konstruksi jalan rigid pavement dapat ditingkatkan dan diharapkan berkontribusi dalam pengembangan konstruksi jalan di masa mendatang.

The rigid pavement work on the Trans Sumatera toll road project section, Pekanbaru-Padang, is one of the most crucial construction stages in ensuring the quality and sustainability of the toll road.  The list of discrepancies recorded in the PHO Minutes of Meeting (MoM) is due to various factors, such as technical aspects, resource limitations, and suboptimal project management. This research aims to identify the types of Defect Lists that frequently occur in rigid pavement, formulate effective steps to minimize the occurrence of Defect Lists, and analyze the risks that arise due to rigid defects. The research results show that the implementation of anticipation strategies can reduce the number of Defect Lists. At the location I examined, namely STA 58+400 to STA 60+200, the number of defects found consisted of 9 minor defects and 9 major defects. This figure is lower compared to the other two locations, namely STA 55+200 to STA 57+000, which had 15 minor defects and 20 major defects, and STA 60+200 to STA 62+000, which recorded 12 minor defects and 32 major defects. We suspect that the lack of implementation of preventive measures at certain locations is the cause of this difference. This research aims to guide the implementation of rigid pavement work, enhancing its quality and potentially contributing to the future development of road construction. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"In multi-storey steel frame structure, the requirements of lateral load resistance are very critical in the design. Shear wall, core wall and bracing system are commonly applied to resist the lateral loads. However for some case, due to the architechtural requirements, the design of unbraced frame which utilized only the stiffness of connections, columns and beams could not be avoided. As loads in unbraced frames are to be resisted by bending action of the frames's members without the need of a bracing system, the most common design approach is to use rigid joints. The objective of this paper is to compare the design of unbraced frames bending on major axis with rigid connections using S275 and S355. The frames were designed to satisfy the ultimate limit state and service limit state based on the BS 5950-1:2000. The limit of the sway-deflection is ht/300 for rigid connections. The analysis has shown better construction design for continuous with the total steel weight saving for frame design for frame design with steel S355 was up to 17% less than the frame design using steel S275."
624 CANT 1:2 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Erlangga Rizqi Fitriansyah
"Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menjadi bandara international pada tahun 2014. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan perencanaan pembangunan berbagai sektor, salah satunya adalah hanggar. Beberapa alternatif struktur baja sebagai pilihan jenis struktur atas yang bisa dipakai diantaranya yaitu struktur baja jenis flexible frame, rigid frame dengan perletakan jepit, serta rigid frame dengan perletakan sendi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis perbandingan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk ketiga jenis struktur tersebut. Dari hasil penelitian didapat bahwa struktur dengan jenis flexible frame merupakan alternatif dengan biaya terendah.

Province Government of South Kalimantan targets Syamsudin Noor Airport Banjarmasin to be international airport in 2014. To achieve this, required the development planning on many sectors, one of them is the hangar. Several alternatives steel structure as the preferred type of structure on which can be used include the steel structure type flexible frame, rigid frame with placement flops, as well as the rigid frame with placement joints. In this study conducted a comparative analysis of Budget Plan for the three types of structures. The result is that the structure of the type of flexible frame is an alternative with the lowest cost."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46929
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>