Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sharon Hanandi
"Pengkajian resep adalah hal yang perlu dilakukan untuk melihat apakah pengobatan yang dilakukan bersifat rasional. Hal ini perlu diperhatikan khususnya pada pasien jantung koroner dan hipertensi karena pasien umumnya mengkonsumsi jumlah obat yang cukup banyak. Pengkajian resep dilakukan di Apotek Kimia Farma 348 Dramaga pada periode bulan Januari – Maret 2023. Telaah dilakukan dengan memperhatikan tiga aspek, yaitu telaah administratif, farmasetik, dan klinis pada 20 resep. Berdasarkan hasil telaah yang dilakukan, didapatkan hasil, yaitu pada aspek telaah administratif, terdapat beberapa syarat yang belum terpenuhi, seperti kurangnya informasi mengenai jenis kelamin, berat badan, dan usia pasien yang dapat diatasi dengan melakukan konfirmasi kembali pada rumah sakit dan dokter atau pasien yang bersangkutan; pada aspek telaah farmasetik memenuhi seluruh syarat; dan pada aspek telaah klinis terdapat beberapa syarat yang belum terpenuhi, seperti adanya polifarmasi dan kemungkinan interaksi obat. Permasalahan ini dapat diatasi dengan memberikan edukasi pada pasien untuk memberikan jeda konsumsi obat serta memberikan informasi mengenai pentingnya ketepatan waktu konsumsi obat untuk mendapatkan efek terapi yang maksimal.

Prescription review needs to be done to see whether patient’s treatment is rational. This needs to be considered especially in patients with coronary heart disease and hypertension because patients generally consume a large number of drugs. A prescription review was carried out at Kimia Farma 348 Dramaga Pharmacy in the period January - March 2023. The review was carried out by paying attention to three aspects, namely administrative, pharmaceutical and clinical reviews on 20 recipes. Based on the results of the review carried out, the results were obtained, namely the aspect of administrative review, there were several conditions that had not been fulfilled, such as a lack of information regarding the patient's gender, weight, and age which could be overcome by confirming to the hospital, doctor, or patient; pharmaceutical review aspect meets all requirements; and in clinical aspect there are several requirements that have not been fulfilled, such as the existence of polypharmacy and the possibility of drug interactions. This problem can be overcome by educating patients to pause in taking drugs and providing information about the importance of taking medication on time to get the maximum therapeutic effect."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfi
"Kesalahan penulisan resep dapat menimbulkan masalah pengobatan pada pasien. Medication error dapat terjadi dalam 4 fase, yakni kesalahan peresepan, kesalahan penerjemahan resep, kesalahan menyiapkan dan meracik obat, dan kesalahan penyerahan obat kepada pasien. Hal-hal yang sering terjadi pada prescribing error adalah penulisan nama obat yang kurang jelas, satuan numerik yang digunakan tidak sesuai, bentuk sediaan yang dimaksud tidak ada, dosis salah, tidak ada umur pasien. Atas dasar pertimbangan tersebut, penulis melakukan analisis kajian terkait rasionalitas Resep di Apotek Kimia Farma 202 Kejayaan.

Prescription errors can cause medication problems in patients. Medication errors can occur in 4 phases, namely prescribing errors, prescription translation errors, medication preparation and dispensing errors, and drug delivery errors to patients. Things that often occur in prescribing errors are writing the name of the drug that is not clear, the numerical unit used is not appropriate, the intended dosage form does not exist, the dosage is wrong, there is no age of the patient. On the basis of these considerations, the authors conducted an analysis of studies related to the rationality of prescriptions at the Kimia Farma Apotek 202 Kejayaan
"
Depok: 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Salma Hanunah Ulfa
"Pelayanan kefarmasian menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam rangka memenuhi hak asasi akan kesehatan. Pelayanan farmasi klinik di apotek bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien yang meliputi rangkaian pelayanan dari pengkajian dan pelayanan resep, dispensing, pelayanan informasi obat (PIO), home pharmacy care, pemantauan terapi obat (PTO), dan monitoring efek samping obat (MESO). Observasi ini bertujuan untuk menilai kesesuaian sistem pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma 050 Merdeka dengan standar pelayanan kefarmasian di Apotek, serta memperoleh data kesesuaian dan kelengkapan resep yang diterima Apotek Kimia Farma 050 Merdeka. Data dikumpulkan secara deskriptif. Analisa resep dilakukan berdasarkan aspek administratif, farmasetik dan klinis, kemudian ditentukan apakah pemberian resep tersebut sudah sesuai persyaratan aspek atau belum. Hasil observasi menunjukkan bahwa sistem pelayanan kefarmasian yang diterapkan di Apotek Kimia Farma 050 Merdeka meliputi pengkajian resep secara administratif, farmasetik, klinis dan Pelayanan Informasi Obat (PIO), serta resep-resep yang diterima pada periode April di Apotek Kimia Farma 050 Merdeka telah sesuai, ditinjau dari aspek administratif, farmasetik dan klinis.

Pharmaceutical services are a very important aspect in order to fulfill the human right to health. Clinical pharmacy services in pharmacies aim to improve the quality of life of patients which includes a range of services from assessment and prescription services, dispensing, drug information services (PIO), home pharmacy care, monitoring drug therapy (PTO), and adverse drug reaction monitoring (MESO). This observation aims to assess the suitability of the pharmaceutical service system at Apotek Kimia Farma 050 Merdeka with pharmaceutical service standards at the Pharmacy, as well as to obtain data on the suitability and completeness of prescriptions received at Apotek Kimia Farma 050 Merdeka. Data was collected descriptively. Prescription analysis is carried out based on administrative, pharmaceutical and clinical aspects, then it is determined whether the prescription meets the aspect requirements or not. The observation results show that the pharmaceutical service system implemented at Apotek Kimia Farma 050 Merdeka includes reviewing administrative, pharmaceutical, clinical prescriptions and Drug Information Services (PIO), as well as prescriptions received in the April period at Apotek Kimia Farma 050 Merdeka are appropriate, from administrative, pharmaceutical and clinical aspects."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maryam Rizqi Nursyifa
"Pelayanan kefarmasian di apotek merupakan pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga dituntut untuk mampu menjamin ketersediaan obat yang aman, bermutu, dan berkhasiat. Diabetes mellitus (DM) merupakan gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemia persisten. Terapi pasien DM tipe dua bertujuan untuk mempertahankan tingkat konsentrasi glukosa dalam darah dalam batas normal, dan untuk mencegah berkembangnya komplikasi jangka panjang dari kondisi diabetes. Penulisan Tugas Khusus ini dilakukan agar penulis lebih memahami secara mendalam terkait analisis dan pengkajian resep di apotek, khususnya resep pasien diabetes. Metode pelaksanaan analisis resep dilakukan dengan pendekatan pengkajian, pelayanan, dan screening resep terhadap resep pasien diabetes di KFA Matraman sesuai dengan yang tertera pada buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Kesimpulan yang didapat dari analisis resep pasien diabetes kali ini yaitu secara umum seringkali terdapat kombinasi pengunaan obat pada pasien (polifarmasi), sehingga potensi terjadi interaksi obat pada pasien dapat meningkat. Menyikapi hal ini, apoteker perlu memastikan setiap kombinasi terapi yang diterima pasien merupakan kombinasi terapi yang rasional, sehingga efektif untuk menunjang kesembuhan pasien.

Community pharmaceutical services in pharmacies are services that are in direct contact with the community, so they must be able to guarantee the availability of safe, quality, and efficacious drugs. Diabetes mellitus (DM) is a chronic metabolic disorder characterized by persistent hyperglycemia. Therapy for type 2 DM patients aims to maintain blood glucose concentration levels within normal limits, and to prevent the development of long-term complications from diabetes. This Special Assignment was written so that the author could get better understanding in the analysis and assessment of prescriptions in pharmacies, especially prescriptions for diabetes patients. The analysis of diabetes prescription in this assignment was carried out using the approach of assessment, service, and screening of prescriptions for diabetes patients at KFA Matraman in accordance with that stated in the Technical Instructions for Standard Pharmaceutical Services in Pharmacies. The conclusion obtained from the analysis of diabetes patient prescriptions this time is that in general there is often a combination of drug use in patients (polypharmacy), so that the potential for drug interactions in patients can increase. In response to this, pharmacists need to ensure that every combination of therapy received by patients is a rational combination of therapy, so that it could be effective in supporting patient recovery.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sherly Violeta Lestari
"Osteoartritis (OA) adalah kelainan umum dan progresif yang menyerang aktivitas sendi diarthrodial yang ditandai dengan kerusakan progresif dan hilangnya tulang rawan artikular, terjadinya pembentukan osteofit, nyeri, keterbatasan gerak, deformitas, dan disabilitas. Pemilihan terapi untuk pengobatan OA harus dipertimbangkan dengan tepat agar tidak menimbulkan resiko interaksi atau efek samping obat yang tidak diinginkan. Hal tersebut dikarenakan jika penatalaksanaan terapi tidak dilakukan dengan tepat (keliru) dapat menyebabkan sendi tidak dapat digunakan dan menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangaan pada penderita. Oleh karena itu, Apotek Roxy Jakasampurna melakukan pengkajian resep penyakit osteoartritis (OA) baik secara administratif, farmasetik dan klinis dan studi literatur terkait penatalaksanaan terapi penyakit osteoartritis (OA). Berdasarkan hasil pengkajian resep dan studi literatur mengenai penyakit Osteoartritis (OA) dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengkajian dan pelayanan resep di Apotek Roxy Jakasampurna sudah terdokumentasi dengan baik dari segi administratif, farmasetik dan klinis. Hanya saja secara administratif tidak ditemukan kelengkapan data terkait identitas pasien seperti berat badan dan alamat pasien. Berdasarkan studi literatur terkait tatalaksana penyakit osteoartritis (OA), obat osteoartritis (OA) yang diresepkan juga sudah sesuai berdasarkan simtomatik dan patogenesis keluhan pasien dengan memberikan suplemen glukosamin yang dapat membantu menghambat degradasi tulang rawan dan eperisone hidroklorida yang bekerja sebagai relaksan otot.

Osteoarthritis (OA) is a common and progressive disorder that attacks diarthrodial joint activity which is characterized by progressive damage and loss of articular cartilage, osteophyte formation, pain, limited movement, deformity and disability. The choice of therapy for the treatment of OA must be considered appropriately so as not to pose a risk of interactions or unwanted drug side effects. This is because if the therapeutic management is not carried out correctly (wrongly) it can cause the joint to become unusable and cause prolonged pain in the sufferer. Therefore, Roxy Jakasampurna Pharmacy conducted a review of prescriptions for osteoarthritis (OA) both administratively, pharmaceutically and clinically and studied literature related to the therapeutic management of osteoarthritis (OA). Based on the results of the review of prescriptions and literature studies regarding Osteoarthritis (OA), it can be concluded that the study activities and prescription services at the Roxy Jakasampurna Pharmacy have been well documented from an administrative, pharmaceutical and clinical perspective. It's just that administratively, complete data regarding patient identity, such as weight and patient address, was not found. Based on literature studies related to the management of osteoarthritis (OA), the prescribed osteoarthritis (OA) medication is also appropriate based on the symptomatic and pathogenesis of the patient's complaints by providing glucosamine supplements which can help inhibit cartilage degradation and eperisone hydrochloride which works as a muscle relaxant.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Saori Salma Adelia
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai transaksi harian berdasarkan pelayanan resep maupun non resep, serta tingkat penolakan di Apotek Kimia Farma Summarecon Bekasi. Metode yang digunakan adalah analisis data transaksi harian selama periode tertentu dengan memperhatikan jenis pelayanan yang diberikan, baik resep maupun non resep, serta mencatat jumlah penolakan yang terjadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase yang dihasilkan dari nilai transaksi pada pelayanan tanpa resep lebih tinggi dibanding dengan resep dan nilai rata-rata basket size yaitu 2,1 perharinya yang menunjukan, minimal pembelian sebanyak 2 item pada seluruh transaksi perhariannya. Selain itu, tingkat penolakan juga memengaruhi kinerja apotek dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berguna bagi manajemen Apotek Kimia Farma Summarecon Bekasi dalam meningkatkan efisiensi pelayanan dan mengoptimalkan pendapatan melalui pemahaman yang lebih baik terhadap pola transaksi dan faktor-faktor yang memengaruhinya.

This research aims to analyze the daily transaction value based on prescription and non-prescription services, as well as the rejection rate at Kimia Farma Summarecon Bekasi Pharmacy. The method used is analysis of daily transaction data over a certain period by paying attention to the type of service provided, both prescription and non-prescription, as well as recording the number of refusals that occur. The results of the analysis show that the resulting percentage of transaction value for non-prescription services is higher than with prescriptions and the average basket size value is 2.1 per day, which shows that there is a minimum purchase of 2 items in all daily transactions. Apart from that, the rejection rate also affects the pharmacy's performance in providing services to customers. This research provides useful insights for the management of Kimia Farma Summarecon Bekasi Pharmacy in improving service efficiency and optimizing revenue through a better understanding of transaction patterns and the factors that influence them.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Trianti Kartikasari Kusuma
"Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyebab kematian di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sekitar 2.784.064 individu menderita penyakit jantung. Prevalensi penyakit jantung DKI Jakarta berada di peringkat ke-5 se-Indonesia. Apotek Roxy Klender menerima banyak resep obat kardiovaskular. Dikarenakan penyakit kardiovaskular kompleks, maka dokter sering meresepkan banyak obat untuk satu pasien. Maka ada kemungkinan terjadinya Drug Related Problem yaitu interaksi obat. Pengambilan data dilakukan di saat pelaksanaan PKPA. Penulis menyortir resep yang terdapat obat kardiovaskular menggunakan sistem informasi Apotek Roxy, lalu resep yang dipilih untuk dianalisis dicetak. Pada Resep 1 terdapat interaksi Spironolakton dan Kalium Klorida yang menyebabkan hiperkalemia. Dokter juga meresepkan Furosemid karena pasien udem sehingga diresepkan dua obat diuretik juga Kalium Klorida. Pada Resep 2 terdapat interaksi Asam Asetilsalisilat dengan Clopidogrel dan Furosemid. Interaksi Asam Asetilsalisilat dan Clopidogrel merupakan interaksi farmakodinamik yang menyebabkan pendarahan. Interaksi Asam Asetilsalisilat dan Furosemid merupakan interaksi farmakokinetik. Kombinasi kedua obat dapat mengurangi efektivitas diuretik furosemid dan menyebabkan nefrotoksisitas. Penggunaan obat-obatan yang berpotensi menmbulkan interaksi obat harus dimonitor penggunaannya agar menghindari adanya efek samping yang tidak diinginkan.
Pemantauan Terapi Obat (PTO) merupakan kegiatan untuk memastikan terapi obat aman, efektif dan rasional. Seharusnya PTO dilakukan untuk seluruh pasien tetapi karena keterbatasan jumlah apoteker, maka perlu dilakukan pada pasien prioritas. Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan infeksi virus SARS-CoV-2. Pada Maret 2020, WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Tata laksana terapi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), hanya mengatur penanganan Covid-19 secara simptomatis bukan untuk menyembuhkan karena obat antivirus Covid-19 belum ditemukan. Maka, PTO penting dilakukan pada pasien Covid-19 karena kebanyakan obat yang diterima pasien bisa mencapai banyak jenisnya dan obat-obatan ini belum dibuktikan secara klinis sebagai obat untuk penyembuhan Covid-19. Selain itu, banyak pasien Covid-19 yang memiliki penyakit penyerta (komorbiditas). Hal ini membuat terapi obat pasien akan semakin banyak yang dimana PTO dibutuhkan. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Lama ditunjuk menjadi Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 berdasarkan Pergub 987 Tahun 2020 dan mulai melayani pasien rawat inap Covid-19 sepenuhnya pada Oktober 2020. Adanya perubahan tersebut membuat Rumah Sakit harus menyediakan obat-obatan khusus terapi Covid-19 sesuai dengan Panduan Praktis Klinis (PPK) yang dikeluarkan oleh PDPI. Oleh karena itu, RSUD Kebayoran Lama perlu melakukan PTO pada pasien. Metode kualitatif digunakan dengan melihat form PTO pasien Covid-19 yang dirawat mulai 1-27 November 2020 secara retrospektif. Lalu, dibuat analisis PTO tiap pasien. Pasien yang diseleksi adalah pasien yang form PTOnya lumayan lengkap, polifarmasi dan dilihat dari keluhan yang disampaikan kepada apoteker. Dipilih pasien yang menyatakan keluhan karena pasien tersebut dianggap memiliki masalah terkait obat sehingga harus dipantau terapinya. Setelah itu, dibuat analisis Subjective Objective Assessmennt Planning (SOAP) tiap pasien. Hasil analisis form PTO pasien Covid-19 yang dirawat sudah cukup lengkap. Dilakukan analisis SOAP berdasarkan hasil PTO pada 5 pasien. Dari hasil analisis form PTO, ditemukan 1 kasus pasien yang mengalami pemilihan obat yang kurang tepat, 3 kasus pasien mengalami pemberian dosis diatas batas normal, 4 kasus pasien mengalami interaksi obat dan 2 kasus pasien mengalami pemberian obat tanpa indikasi. Form PTO tiap pasien agar dapat ditulis lebih lengkap dari mulai data pasien, diagnosis, terapi obat, dan data laboratorium. Apoteker juga harus lebih aktif melakukan komunikasi klinis dengan tenaga kesehatan lain seperti dokter dan perawat agar hasil analisa PTO dapat lebih baik.
Di Indonesia penjaminan mutu obat dalam proses distribusi dilakukan dengan menerapkan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB). PT. Anugerah Pharmindo Lestari (APL) merupakan salah satu Pedagang Besar Farmasi yang menerapkan CDOB. Seluruh kegiatan distribusi telah terintegrasi pada satu sistem. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu pengambilan barang. Picker atau orang yang bertugas mengambil barang sering menghabiskan banyak waktu untuk mencari lokasi penyimpanan produk sehingga pengambilan barang agak lama. Hal ini juga disebabkan gudang yang sedang direnovasi dan penyimpanan barang terlalu banyak. Dari masalah tersebut, maka dilakukan inovasi perencanaan pembuatan metode vision pick dengan teknologi Artificial Intelligence untuk meningkatkan efektivitas picking order di PT. APL Cabang Bogor. Metode ini diharapkan dapat membantu meningkatkan efektivitas proses distribusi barang.Tugas khusus dilakukan daring. Dilakukan analisis masalah yang terdapat pada PT. APL cabang Bogor dengan berdiskusi dan tanya jawab dengan pihak PT. APL cabang Bogor. Dari masalah tersebut kemudian dilakukan inovasi perancangan metode untuk menangani masalah yang terjadi. Perencanaan inovasi metode vision pick dengan teknologi artificial intelligence telah dibuat dengan kerjasama pihak pengelola gudang yaitu apoteker penanggung jawab dengan divisi teknologi perusahaan. System Analysis Product (SAP) harus diintegrasikan dengan teknologi kecerdasan buatan yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan pengambilan barang sehingga proses distribusi lebih efisien.Perlu dilakukan peninjauan kembali dan evaluasi terhadap perencanaan metode yang dibuat agar dapat diterapkan pada seluruh cabang PT. APL

Cardiovascular disease is one of the causes of death in Indonesia. Based on data from the Ministry of Health, around 2.784.064 individuals suffer from heart disease. The prevalence of heart disease in DKI Jakarta is ranked 5th in Indonesia. Roxy Klender Pharmacy accepts many cardiovascular drugs prescriptions. Because cardiovascular disease is complex, doctors often prescribe multiple drugs for one patient. Then there is the possibility of Drug Related Problems, namely drug interactions. Data collection is carried out at the time of internship. The author sorts prescriptions containing cardiovascular drugs using the Roxy Pharmacy information system, then the prescriptions selected for analysis are printed. In Recipe 1 there is an interaction between Spironolactone and Potassium Chloride which causes hyperkalemia. The doctor also prescribed furosemide because the patient had edema, so he was prescribed two diuretics as well as potassium chloride. In Recipe 2 there is an interaction of Acetylsalicylic Acid with Clopidogrel and Furosemide. Interaction of Acetylsalicylic Acid and Clopidogrel is a pharmacodynamic interaction that causes bleeding. The interaction of acetylsalicylic acid and furosemide is a pharmacokinetic interaction. The combination of two drugs can reduce the effectiveness of the diuretic furosemide and cause nephrotoxicity. The use of drugs that have the potential to cause drug interactions must be monitored in order to avoid unwanted side effects.
Drug Therapy Monitoring (PTO) is an activity to ensure safety, effective and rational drug therapy. PTO should be done for all patients but due to the limited number of pharamacists,it is necessary to do it on priority patients. Corona virus disease 2019 (Covid-19) is an infectious disease caused by infection with the SARS-CoV-2 virus. in March 2020, WHO declared Covid-19 a pandemic. The Covid-19 therapeutic management issued by the Indonesian Lung Doctors Association only regulates the symptomatic handling of Covid-19, not to cure it because the Covid-19 antiviral drug has not been found. Therefore, PTO is important for Covid-19 patients because most of the drugs that patients receive can reach many types and these drugs have not been clinically proven as drugs to cure Covid-19. In addition, many Covid-19 patients have comorbidities (comorbidities). This makes PTO is needed. The Kebayoran Lama Regional General Hospital (RSUD) was appointed as a Covid-19 referral hospital based on Pergub 987 of 2020 and began fully serving Covid-19 inpatients in October 2020. This change the hospital to provide medicines specifically for Covid-19 therapy in accordance with the Clinical Practical Guide (PPK) issued by PDPI. Therefore, RSUD Kebayoran Lama needs to do PTO on patients. The qualitative method was used by looking at the PTO form of Covid-19 patients who were treated from November 1-27, 2020 retrospectively. Then, a PTO analysis was made for each patient. The selected patients are patients whose PTO form is quite complete, polypharmacy and seen from the complaints submitted to the pharmacist. Selected patients who express complaints because these patients are considered to have drug-related problems so that their therapy must be monitored. After that, a Subjective Objective Assessment Planning (SOAP) analysis was made for each patient. The results of the PTO form analysis of Covid-19 patients being treated are quite complete. SOAP analysis was performed based on PTO results in 5 patients. From the results of the PTO form analysis, it was found 1 case of patients who experienced inappropriate drug selection, 3 cases of patients experiencing doses above the normal limit, 4 cases of patients experiencing drug interactions and 2 cases of patients experiencing drug administration without indications. The PTO form for each patient can be written more completely, starting from patient data, diagnosis, drug therapy, and laboratory data. Pharmacists must also be more active in clinical communication with other health workers such as doctors and nurses so that the results of PTO analysis can be better.
In Indonesia, drug quality assurance in the distribution process is carried out by applying the Good Drug Distribution Method (CDOB). PT. Anugerah Pharmindo Lestari (APL) is one of the Pharmaceutical Wholesalers that implements CDOB. All distribution activities have been integrated into one system. One of the activities carried out is taking goods. Pickers or people in charge of picking up goods often spend a lot of time looking for product storage locations so that picking up goods takes a while. This is also due to the warehouse being renovated and the storage of goods is too much. Based on these problems, an innovation in planning for making the vision pick method with Artificial Intelligence technology was carried out to increase the effectiveness of picking orders at PT. APL Bogor Branch. This method is expected to help improve the effectiveness of the goods distribution process. Special tasks are carried out online. An analysis of the problems contained in PT. APL Bogor branch by discussing and asking questions with PT. APL Bogor branch. From these problems, an innovative design method was carried out to deal with the problems that occurred. The vision pick method innovation plan with artificial intelligence technology has been made in collaboration with the warehouse manager, namely the pharmacist in charge with the company's technology division. System Analysis Product (SAP) must be integrated with artificial intelligence technology which aims to increase the speed of picking up goods so that the distribution process is more efficient. It is necessary to review and evaluate the planning method made so that it can be applied to all branches of PT. APL.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sekar Ayu Kinasih
"Apotek merupakan sarana atau fasilitas pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Salah satu pelayanan kefarmasian yang dilakukan di apotek adalah pelayanan resep. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, lama waktu pelayanan Resep antara 15-30 menit. Berdasarkan SOP Apotek Kimia Farma, waktu tunggu pasien resep non racikan adalah antara 5-10 menit. Untuk mengevaluasi mutu pelayanan resep di apotek, perlu dilakukan perhitungan durasi waktu tunggu pelayanan resep. Hingga saat ini, waktu tunggu pelayanan resep masih menjadi masalah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya efisiensi waktu pelayanan yang dilakukan oleh Apoteker maupun tenaga teknis kefarmasian (TTK) dan antrian pasien yang hendak menebus resep di apotek. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis waktu tunggu pelayanan resep di apotek untuk mencapai kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Penelitian dilakukan dengan metode observasi. Observasi dilakukan terhadap resep kredit dan resep tunai pasien di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, rata-rata waktu pelayanan resep kredit di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia adalah 17 menit, sedangkan rata-rata waktu pelayanan resep kredit di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia adalah 6 menit. Rata-rata waktu pelayanan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Namun, rata-rata waktu pelayanan resep kredit tidak sesuai dengan SOP Apotek Kimia Farma.

Pharmacy/drugstore is a pharmaceutical service facility or facility where pharmacists practice pharmacy. One of the pharmaceutical services carried out in a pharmacy is a prescription service. Based on Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, prescription service time is between 15- 30 minutes. Based on the SOP of Apotek Kimia Farma, the waiting time for non- concoction prescription patients is between 5-10 minutes. To evaluate the quality of prescription services in pharmacies, it is necessary to calculate the waiting time for prescription services. Until now, the waiting time for prescription services is still a problem. This happens due to the lack of time efficiency for services performed by pharmacists and pharmaceutical technical personnel (TTK) and the queues of patients who want to redeem prescriptions at the pharmacy. Therefore, it is necessary to analyze the waiting time for prescription services at the pharmacy to achieve patient satisfaction with prescription services at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. The research was conducted by observation method. Observations were made on credit prescriptions and cash prescriptions for patients at the Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Based on the results of the analysis that has been carried out, the average credit prescription service time at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia is 17 minutes, while the average credit prescription service time at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia is 6 minutes. The average service time is in accordance with Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 concerning Pharmaceutical Service Standards in Pharmacies. However, the average credit prescription service time is not in accordance with the SOP of Kimia Farma Pharmacy."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library