Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: PPKK FK UGM,
BPID
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Rivai
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan di Data Informasi Anak YKAI bertujuan untuk mengetahui togas, fungsi, dan kegiatan yang dilakukan oleh DIA sebagai pusat informasi masalah anak serta untuk mengetahui apakah tugas, fungsi, dan kegiatan tersebut sesuai dengan tugas, fungsi, dan kegiatan yang semestinya dilakukan oleh sebuah pusat informasi seperti digambarkan oleh Weisman.Penelitian ini bersifat destriptif evaluatif. Subyek penelitian ini adalah Data Informasi Anak dan objek penelitiannya adalah tugas dan kegiatan DIA dalam menyelenggarakan pelayanan informasi masalah anak. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan langsung, penelitian dokumenter, pencatatan jumlah pertanyaan yang diterima DIA dan penyebaran kuesioner. Semua data yang terkumpul lalu diujikan dalam bentuk tabel pengelompokan kegiatan DIA menurut kegiatan fungsi, layanan, dan produksi disertai dengan pernyataan tingkat pelaksanaan masing-masing kegiatan tersebut. Kemudian tabel tersebut dibandingkan dengan tabel kegiatan fungsi, layanan, dan produksi suatu pusat informasi yang dibuat oleh Weisman.
1996
S15196
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Etty Martini
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian mengenai permintaan penelusuran literatur melalui surat telah dilakukan di Pusat Informasi SEAMEO BI0TR0P, Bogor, pada bulan Juli - Nopember 1994. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah permintaan penelusuran literatur melalui surat cukup efektif dan efisien bagi pemakai di luar lembaga SEAMEO BIOTROP dan tinggal di luar kota Bogor. Keefektifan berkaitan dengan ketepatan sedangkan efisiensi menyangkut biaya dan waktu.

Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner yang dikirimkan dengan bantuan jasa pas kepada responden. Kategori dalam penyusunan kuesioner dan penarikan sampel dijelaskan.

Hasilnya menunjukkan bahwa 58% responden menyatakan literatur basil penelusuran sebagian tepat untuk kebutuhannya, 34% menyatakan tepat dan hanya 8% yang tidak tepat. Biaya yang dikeluarkan oleh 40% responden Rp. 10.000 kurang dari Rp. 20.000, 28% kurang dari Rp. 10.0.00, 22% Rp. 20.000 kurang dari Rp. 30.000, 8% Rp. 30.000 - kurang dari Rp. 40.000 dan hanya 2 % Rp. 40.000 - kurang dari Rp.50.000. Mengenai biaya tersebut, 70 % responden berpendapat sedang, 16% berpendapat murah, dan 14% berpendapat mahal. Jangka waktu antara permintaan sampai basil penelusuran diterima oleh 46% responden adalah 1 - kurang dari 2 bulan, 38% kurang dari 1 bulan, 10% 2 kurang dari 3 bulan, 4% 3 bulan - kurang dari 4 bulan dan hanya 2% lebih atau sama dengan 5 bulan. Mengenai jangka waktu tersebut, 48% responden berpendapat sedang, 34% lama dan 18% cepat.

Permintaan penelusuran literatur melalui surat di Pusat Informasi SEAMED BIOTROP sudah cukup efektif dan efisien bagi pemakai di luar lembaga SEAMEO BIOTROP dan tinggal di luar kota Bogor, tetapi untuk lebih meningkatkan layanannya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut: Pemakaian kembali formulir penelusuran literatur yang diantaranya berisi batasan bahasa, periode waktu, dan jenis bahan pustaka pada surat balasan. Penekanan biaya penelusuran dan fotokopi khususnya untuk para mahasiswa. Mempercepat proses penelusuran dan pengiriman surat balasan. Peningkatan kualitas fotokopi literatur hasil penelusuran.
1995
S14941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabri Yusni
Abstrak :
Penataan ruang (planologi) di Indonesia beberapa tahun belakangan ini banyak mendapat perhatian pemerintah. Terutama semenjak dimulainya Rencana Pembangunan Lima Tahun, penataan ruang kian terasa penting. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pembangunan fisik yang telah dilakukan pemerintah sebagai penunjang pembangunan social ekonomi bang_sa. Semua pembangunan fisik ini, termasuk pembangunan jalan, jembatan, daerah pemukiman, daerah industri dan sebagainya, membutuhkan peren_canaan yang matang agar dapat memberikan dampak positif semaksimal mungkin dan menghindarkan dampak negatif terhadap pembangunan bangsa. Sesuai Surat Keputusan Bersama Menteri Daiam Negeri dan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 650 - 1595 Nomor 503/KPTSI1985 Tentang Tugas dan Tanggung Jawab Perencanaan Kota, tugas dan tanggung jawab bidang tata ruang (teknik planologi) dalam perencanaan kota berada pada Depar_temen Pekerjaan Umum. Tugas ini dilaksanakan oleh Direktorat Tata Kota dan Tata Daerah, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Departemen _
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15677
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titis Sirnani Dritagalih
Abstrak :
Selain merupakan tempat dimana dilakukan kegiatan pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan sirkulasi bahan pustaka, perpustakaan iuga berfungsi sebagai tempat, gedung atau ruangan untuk menyimpan dan memelihara koleksi buku serta bahan pustaka lainnya. Kemajuan dunia percetakan yang menyebabkan terjadinya ledakan informasi, baik dalam bentuk tercetak maupun non tercetak, ternyata mempengaruhi setiap perpustakaan. Akibatnya harus ada penyesuaian dan pengaturan yang baik antara ruang perpustakaan dengan jumlah koleksi. Dalam melakukan perencanaan sebuah ruangan perpustakaan perlu diperhatikan aspek-aspek berikut: bentuk ruang, perabotan, warna dan penerangan, ventilasi, dan akustik. Bentuk ruang yang paling baik, bagi ruang perpustakaan adalah bentuk bujur sangkar dan empat persegi panjang. Kedua bentuk ruang ini memiliki kemudahan dalam penataan ruang, sistem penerangan, dan pola transportasi. Berlokasi di lantai 4 Pusat Informasi KOMPAS menempati ruangan seluas 1260 m2 dengan pembagian ruangan utama, yaitu ruang baca, ruang staf, dan ruang koleksi. Dengan berpedoman pada teori tentang kebutuhan luas ruang untuk tiap pemakai, ternyata ruang baca masih memiliki kelebihan ruangan yang cukup luas. Sehingga masih dapat menampung beberapa meja dan kursi tambahan. Demikian pula halnya dengan ruang staf. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, ruang staf masih memiliki ruangan cadangan untuk kira-kira 10 ruang staf lagi. Ruang koleksi Pusat Informasi KOMPAS yang berukuran 30 m x 17 m, menampung koleksi sejumlah 18.258 judul dengan 18.900 eksemplar. Menurut perhitungan yang dilakukan, ruangan ini menampung buku sebanyak 41 eksemplar/m. Angka ini didapat dengan membagi jumlah total koleksi dengan luas ruangan. Dibandingkan dengan angka yang diberikan dalam teori, ternyata ruangan inimasih dapat menampung kira-kira 5.745 eksemplar lagi. Bila diasumsikan pertambahan koleksi per tahun sebanyak 50 dari jumlah total koleksi maka diperkirakan ruangan ini masih dapat menampung penambahan koleksi sampai dengan kira-kira 6 tahun mendatang.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widiastuti
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui penilaian responden terhadap layanan kliping elektronik Kompas yang digunakan di perpustakaan tersebut, (2) mengetahui tingkat kepuasan pemakai terhadap berbagai aspek pelayanan, (3) mengetahui produk dari kliping elektronik berupa basil temuan dan waktu penelusuran yang diberikan, (4) mengetahui jenis/kelompok pemakai yang menggunakan jasa layanan kliping elektronik Pusat Informasi Kompas. Penelitian dilakukan dengan cara evaluasi karena dengan cara ini dapat diketahui berbagai fenomena yang terjadi pada pelayanan. Subjek penelitian adalah pemakai layanan kliping elektronik pada pangkalan data Kompas, yang datang Iangsung untuk menggunakan jasa layanan ini. Data yang dikunipulkan dengan metode angket dianalisis dengan menggunakan parameter intepretasi data. Saat ini PIK menyediakan layanan informasi berupa kliping manual, kliping elektronik, biodata, hokum, dan microfilm Kompas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai jasa layanan kliping elektronik adalah mahasiswa dengan tujuan untuk mencari bahan togas/penelitian. Secara umum penilaian terhadap aspek Iayanan kliping elektronik Kompas adalah positif, Dari 20 aspek yang diteliti, kecenderungan penilaian negatif hanya terdapat pada aspek penggunaan kata kunci dan jumlali komputer dalam menggunakan Iayanan kliping elektronik.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S14854
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nurul Safira Anindita
Abstrak :
Tugas akhir ini membahas mengenai perubahan struktur organisasi di Pusat Data dan Layanan Informasi Perum LKBN Antara serta melihat dampaknya terhadap layanan dan sumber daya manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan yang terjadi di PUSDATIN dilakukan agar alur informasi disana lebih terintergrasi sehingga memudahkan untuk temu kembali. Layanan PUSDATIN yang sebelumnya hanya layanan data teks dan perpustakaan, setelah perubahan juga melayani layanan data foto dan video. Tetapi, perubahan yang terjadi di PUSDATIN Antara masih dalam fase merubahan (changing), belum sampai fase final yaitu fase membekukan kembali (freezing). Sehingga hal ini mengakibatkan beberapa dampak kepada sumber daya manusia dan layanan yang diberikan oleh PUSDATIN Antara. Dampak kepada sumber daya manusia adalah kurangnya pegawai untuk menangani layanan data foto, dan dampak terhadap layanan adalah belum terintegrasinya layan data video di PUSDATIN Antara. ......This final project discusses changes in organizational structure at the Pusat Data dan Layanan Informasi Perum LKBN Antara and looks at the impact on their services and human resources. This research uses qualitative research with a case study method and data collection using interview techniques and document studies. The results of this study show that the changes that occurred at the PUSDATIN Antara were the increasing in work units that previously only handled text data and library services, now handling photo and video data services as well. However, the changes that occur at the PUSDATIN Antara are still in the changing phase, not until the final phase yet, which is the freezing phase. This current phase has made some impacts on human resources and services provided by the PUSDATIN Antara. The impact on human resources is the lack of employees to handle photo data services, while the impact on services is the lack of integration of video data services.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadli Febrian
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang proses berbagi pengetahuan di World Wildlife Found For Nature Indonesia (WWF Indonesia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berbagi pengetahuan, faktor pendorong dan hambatan yang memengaruhi proses berbagi pengetahuan di WWF Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses berbagi pengetahuan di WWF Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu, proses identifikasi, proses penilaian ketersediaan pengetahuan dan pembuatan program berbagi pengetahuan. Program berbagi pengetahuan di WWF Indonesia antara lain sharing session, workshop, dan community of practice. Selain itu dijumpai faktor faktor pendukung berbagi pengetahuan berupa struktur organisasi dan hubungan yang baik antara manajemen atas dengan anggota lain. Adapun hambatan yang ditemukan berupa kurangnya motivasi untuk berbagi, kurangnya monitoring dari manajemen atas dan tidak memadainya jaringan internet yang ada.
This research discusses the process of knowledge sharing at World Wildlife Fund for Nature Indonesia (WWF Indonesia). The purposes of this research were to describe the processes, driving factors, and barriers that influence the knowledge sharing in WWF Indonesia. This research was a qualitative study with a case study as method. The results of this study indicate that the process of knowledge sharing in WWF Indonesia is divided into three processes; the first process is identification, the second process is the assessment of the availability of knowledge, and the last process is the creation of knowledge sharing programs. The knowledge sharing programs at WWF Indonesia include sharing sessions, workshops, and Community of Practices. In addition, there are also supporting factors for knowledge sharing in the form of organizational structure and good relations between top management and other members. The obstacles found were lack of motivation to share, lack of managements monitoring, and inadequate internet networks.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwicahyo Prioutomo
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai peranan Perpustakaan Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara BUMN sebagai Pusat Informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa peranan perpustakaan khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara BUMN sebagai pusat informasi dilakukan melalui layanan-layanan yang diberikan untuk penggunanya. Namun layanan-layanan tersebut belum berjalan dengan baik. Sebab terdapat masalah dalam melakukan implementasi peranan perpustakaan khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara BUMN seperti kinerja pustakawan yang belum maksimal, kebutuhan informasi yang banyak dan kekurangan pegawai sehingga implementasi dalam bentuk layanan-layanan perpustakaan belum bias berjalan dengan baik.
ABSTRACT
This thesis discusses the role of Special Libraries Ministry of State Owned Enterprises SOEs Information Center. This research is a qualitative research by using method case studies and data collection in this research by interview and observations. The results showed that the role of special libraries Ministry of State Owned Enterprises SOEs as a center for information made through the services provided to users. However, these services have not been going well. Because there are problems in implementing the role of special libraries Ministry of State Owned Enterprises SOEs as librarian performance has not been up, needs a lot of information and a shortage of staff so that the implementation in the form of library service not able to meet the information needs of users.
2017
S69127
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>