Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gusti Putu Arysutha Negara
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara Commuting Stress, perceived organizational support, kelelahan emosional, dan kinerja karyawan di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan melalui metode analisis kuantitatif dengan pendekatan causal-predictive modelling dengan pendekatan teknik partial least squares structural equation modelling (PLS-SEM). Dalam penelitian ini, 6 hubungan yang diteliti menunjukkan 2 hubungan positif, 3 hubungan negatif, dan 2 hubungan yang menunjukkan adanya mediator. Penelitian menunjukkan bahwa Commuting Stress dan perceived organizational support mempengaruhi kinerja karyawan, baik secara langsung maupun dengan mediasi kelelahan emosional. Data penelitian dikumpuilkan melalui survei yang disebarkan secara daring ke karyawan-karyawan yang melakukan commuting di Jabodetabek. Dari total 528 sampel yang dikumpulkan, adapun data akhir sebanyak 390 sampel dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square – Structural Equation Modelling menggunakan SmartPLS. Dengan menggunakan hasil penelitian ini, karyawan dan organisasi dapat mengetahui dampak dari upaya mental yang dikeluarkan dalam commuting dan perceived organizational support terhadap kinerja karyawan, baik secara langsung atau melalui kelelahan emosional sebagai dampak dari Commuting Stress. Penelitian ini memungkinkan hasil yang lebih lengkap dan komprehensif terkait bagaimana Commuting Stress memiliki pengaruh terhadap kelelahan emosional yang dialami karyawan yang melakukannya, bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja karyawan, dan bagaimana perceived organizational support dapat mempengaruhi hubungan tersebut.

The purpose of this study is to examine the relationship between Commuting Stress, perceived organizational support, emotional exhaustion, and employee performance in the Jabodetabek area. This research was conducted through a quantitative analysis method with a causal-predictive modeling approach with a partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) technique approach. In this study, the 6 relationships studied showed 2 positive relationships, 3 negative relationships, and 2 relationships that showed the existence of mediators. The research shows that commuting stress and perceived organizational support affect employee performance, both directly and with the mediation of emotional exhaustion. The research data was collected through a survey distributed online to commuting employees in Jabodetabek. From a total of 528 samples collected, the final data of 390 samples were analyzed using Partial Least Square - Structural Equation Modeling using SmartPLS. Using the results of this study, employees and organizations can determine the impact of mental effort expended in commuting and perceived organizational support on employee performance, either directly or through emotional exhaustion as a result of Commuting Stress. This research allows for more complete and comprehensive results regarding how Commuting Stress has an influence on emotional exhaustion experienced by employees who do so, how it can affect employee performance, and how perceived organizational support can affect the relationship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Mega Desiana
"Komitmen organisasi secara umum dapat diabikan sebagai keterikatan karyawan pada organisasi dimana karyawan tersebut bekerja. Komitmen dibutuhkan oleh organisasi agar sumber daya manusia yang kompeten dalam organisasi dapat terjaga dan terpelihara dengan baik. Komitmen organisasi dalam penclitian ini terbagi ke dalam tiga komponen, yaitu: komitmen afektif, komitmen kontinuan dan komitmen normatif.
Salah satu yang dapat dijadikan prediktor komitmen organisasi adalah kepuasan kerja, yang berkorelasi positif dengan komitmen organisasi. Hal ini berarti untuk dapat meningkatkan komitmen organisasi karyawan, perusahaan harus mampu memenuhi dan meningkatkan kepuasan kerja karyawannya.
SeIanjutnya dalam teori mengenai role, dijelaskan bahwa role ambiguity, role conflict dan role overload dikonsepkan sebagai penekan (stressor) yang bisa menghantbat kepuasan kerja seseorang, sehingga dengan semakin rendah role stressor dalam sebuah organisasi, maka kepuasan kerjanya akan semakin meningkat.
Senada dengan role stressor, persepsi mengenai dukungan organisasi (Perceived Organizational Support) juga menjadi saiah satu prediktor bagi kepuasan kerja. Persepsi mengenai dukungan organisasi (POS) ini mempunyai hubungan yang positif terhadap kepuasan kerja dan komitmen afektif, sehingga POS yang semakin tinggi akan berdampak pada semakin meningkatnya kepuasan kerja dan komitmen afektif.
Peran asisten dosen tidak dapat diabaikan dalam proses pengajaran di perguruan tinggi. Hal ini disebabkan karena selain waktu yang terbatas bagi dosen dalam menjelaskan materi, peran asisten juga dibutuhkan untuk menjembatani hubungan antara mahasiswa dan dosen ataupun dengan pihak departemen. Universitas Indonesia adalah perguruan tinggi yang bertugas untuk menyediakan jasa pendidikan bagi masyarakat sehingga kebutuhan akan sumber daya manusianya, dalam hal ini staf pengajar, sangat tinggi. Oleh karena itu Universitas Indonesia, termasuk di dalamnya FEU], perlu mempertahankan staf pengajar yang kompeten dibidangnya agar tidak pindah ke universitas lain.
Hal-hal tersebut di atas membuat peneliti tertarik melihat seberapa jauh komitmen asisten dosen di FEUI, sehingga peneliti mengangkat "Bagaimana pengaruh role stressor dan persepsi mengenai dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja dan komitmen asisten dosen di FEUT" sebagai isu utama dalam penelitian ini.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh asisten dosen FEU1 yang terdiri dari tiga departemen, dengan total responden berjuinlah 112 orang dan Cara pengambilan sampel melalui convinience sampling. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan Structural Equation Modeling (SEM).
DaIam penelitian ditemukan bahwa ternyata kepuasan kerja memang memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen asisten dosen, baik komitmen afektif, kontinuan maupun normatif. Demikian Pula dengan role stressor yang berpengaruh negatif pada kepuasan kerja, kecuali role overload yang memang tidak dapat dimasukkan ke dalam model penelitian karena memiliki nilai validitas dan reliabilitas yang buruk. POS terbukti berpengaruh positifdan signifikan terhadap kepuasan kerja, namun tidak demikian halnya dengan hubungan langsung POS ke komitmen afektif organisasi.
Adanya pengaruh tidak langsung dari role ambiguity, role conflict dan persepsi mengenai dukungan organisasi terhadap komitmen asisten dosen di FEU], yaitu melalui kepuasan kerja, menunjukkan bahwa persepsi asisten dosen terhadap role ambiguity, role conflict dan persepsi mengenai dukungan organisasi akan membentuk kepuasan kerja.
Kepuasan kerja inilah yang akan mempengaruhi komitmen asisten dosen, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan komitmen mereka pada FFL1I.
Untuk tetap mempertahankan role ambiguity yang rendah, departemen/FEUI hares dapat memberikan job description yang jelas bagi setiap asisten dosen, terutama untuk mereka yang baru direkrut, sehingga mereka tidak bingung tentang apa yang harus d i lakukan.
Meskipun nilai persepsi mengenai dukungan organisasi memiliki nilai yang cukup baik, namun hal ini masih dapat ditingkatkan sehingga komitmen organisasi yang dipengaruhi secara tidak Iangsung, yaitu melalui kepuasan kerja juga dapat ikut meningkat. Dukungan organisasi dapat ditingkatkan melalui reward yang diberikan pada asisten dosen. Reward yang dimaksud mencakup faktor ekonomi, pengakuan sosial, penghargaan, rasa aman, dan lain-lain.

Generally, organization commitment can be defined as an employee attachment to the organization where the employee works. This commitment is needed to create and maintain competent human resources. It is divided into three components, namely: affective commitment, continuant commitment and normative commitment.
One predictor of organization commitment is job satisfaction, which is correlated positively with organization commitment. It has implication if that one company want to improve employee's organization commitment they have to fulfill and enhance employee job satisfaction.
The theory of role identifies role ambiguity, role conflict and role overload as stressors which may constraint job satisfaction. Ilence, the lower the role of stressors in one organization the higher the job satisfaction would be.
Aligned with role stressor, perceived organizational support (POS) is also one of job satisfaction predictors. This perception is related with job satisfaction and affective commitment positively. In other words, the higher the POS the higher the job satisfaction and affective commitment would be.
The involvement of lecture assistant cannot be ignored in university teaching process. This is not only because of lecture time limitation to explain the subject, it is also needed to bridging the relationship between students and lecture or even with department staffs. The University of Indonesia as a higher education institution is assigned to provide education service for the society. Consequently, the demand for academic staff resources is very high. Thus, The University of Indonesia, including Faculty of Economics, needs to maintain competent academic staffs in order to motivate them to be loyal to the university.
Those arguments led the writer to investigate critically about how high the lecture assistant commitment in FEUI is. This study will examine a research question: "What is the relationship between role ambiguity, role conflict, role overload, perceived organizational support, and job satisfaction with organization commitment such as affective commitment, continuant commitment and normative commitment?"
The total population in this research is the total numbers of lecture assistant from three departments in FEUI, which was totally 112 respondents. The sample collection method is convenience sampling. The data is analysed using Structural Equation Modeling (SEM).
in summary, the results of this study are as follows. Firstly, this study found that job satisfaction has a positive and significant impact to lecture assistant commitment, either affective, continuant and/or normative. Secondly, role stressor affects job satisfaction negatively. An exception is for role overload which cannot be included in the model because of poor validity and reliability. Finally, POS is proven affects positively and significantly to job satisfaction. However it is not directly related to affective organization commitment.
The fact that there is indirect impact from role ambiguity, role conflict and POS to lecture assistant commitment in FEUI which is through job satisfaction, shows that lecture assistant perception to role ambiguity, role conflict and POS would create job satisfaction, This job satisfaction would affect lecture assistant commitment and as a result increases their commitment to FEUI.
To maintain a low level of role ambiguity. the Department/FEU l must show a clear job description for each lecture assistant, particularly for a new recruiter to avoid confused job description.
Even though perception value about organization support has relatively good value, this may still be improved. As a result, organization commitment which is affected indirectly from job satisfaction is also improved. Organization supports can be enhanced through compensation or reward for lecture assistant. Rewards can be economical/ financial factor, social acceptance, respect, security, and others.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18548
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sopiyan
"Untuk dapat bertahan, organisasi bukan hanya membutuhkan karyawan berkinerja, tetapi karyawan yang memiliki sikap Organizational Citizenship Behavior. Banyak faktor yang mempengaruhi dan meningkatkan sikap Organizational Citizenship Behavior diantaranya adalah Appreciative Leadership, Organizational Climate dan Perceived Organizational Support.
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh Appreciative Leadership terhadap Organizational Citizenship Behavior, menjelaskan pengaruh Appreciative Leadership terhadap Organizational Climate, menjelaskan pengaruh Appreciative Leadership terhadap Perceived Organizational Support, menjelaskan pengaruh Organization Climate terhadap Organizational Citizenship Behavior dan menjelaskan pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Organizational Citizenship Behavior.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah pegawai di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 245 pegawai di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Analisis pengolahan data menggunakan pendekatan Structural Equation Modelling SEM , melalui perangkat lunak SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Appreciative Leadership berpengaruh terhadap Organizational Climate dan Perceived Organizational Support dan Organization Climate berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior. Sedangkan Appreciative Leadership terhadap Organizational Citizenship Behavior tidak memiliki pengaruh dan Perceived Organizational Support juga tidak memiliki pengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior. Apabila melalui mediasi Organizational Climate pengaruh tidak langsung , Appreciative Leadership berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior.

To survive, the organization not only requires employees to perform, but employees who have an attitude Organizational Citizenship Behavior. Many factors that influence and improve the attitude of Organizational Citizenship Behavior include Appreciative Leadership, Organizational Climate and Perceived Organizational Support.
The purpose of this study is to explain the effect of Appreciative Leadership on Organizational Citizenship Behavior, to explain the effect of Appreciative Leadership on Organizational Climate, to explain the effect of Appreciative Leadership on Perceived Organizational Support, to explain the effect of Organization Climate on Organizational Citizenship Behavior and to explain the effect of Perceived Organizational Support to Organizational Citizenship Behavior.
The approach of this research is quantitative research. Respondents of this research are employees at the Faculty of Medicine, University of Indonesia. Data were collected through questionnaires to 245 employees at the Faculty of Medicine, University of Indonesia. Analysis of data processing using Structural Equation Modeling SEM approach, through SmartPLS 3 software.
The results showed that Appreciative Leadership has an effect on Organizational Climate and Perceived Organizational Support and Organization Climate influencing Organizational Citizenship Behavior. While Appreciative Leadership on Organizational Citizenship Behavior has no influence and Perceived Organizational Support also has no effect on Organizational Citizenship Behavior. If through mediation Organizational Climate indirect influence , Appreciative Leadership effect on Organizational Citizenship Behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
T50641
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zeremy Giovanni Lumbantoruan
"Organisasi berbasis primordial dalam sebuah kontestasi politik tingkat lokal merupakan sumber daya yang menguntungkan untuk memobilisasi suara masyarakat. Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2015 diikuti oleh masing-masing dua kandidat dari Marga Sihombing dan Marbun yang secara individual berusaha mendapatkan bantuan dari organisasi Marga mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana modal sosial masing-masing kandidat mempengaruhi keputusan organisasi Marga untuk memberikan bantuan kepada mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan informan yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa modal sosial masing-masing kandidat mempengaruhi keputusan akhir organisasi Marga untuk memberi bantuan kepada mereka. Melalui usaha pembentukan kerjasama tersebut, kepatuhan kandidat terhadap norma menjadi unsur paling penting untuk dasar menjalin hubungan dengan organisasi Marga.

Primordial base organization in local political contestation is profitable resource to mobilise the voice of people. The District Election in Humbang Hasundutan, 2015, participated by two candidates from Marga Sihombing and Marbun, each individual, to gain support from their Marga organization. This research aim to explore how social capital of each candidate affects organization decision to support them. The research is conducted with descriptive and qualitative method with purposive sampling to determine the informant. Result of this research indicates that social capital of each candidate affects the final decision from organization to support them. Through this effort to build cooperation, candidate’s obedience (norms) is the most important element to be base in building relationship with Marga "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nizar Firman Syahputra
"Perilaku kerja inovatif memiliki kontribusi pada perusahaan dalam bentuk proses, produk, dan layanan baru. Perusahaan membutuhkan inovasi untuk menghadapi kondisi meningkatnya persaingan bisnis. Dukungan organisasi dan etos kerja berperan penting dalam membentuk perilaku pegawai. Penelitian menggunakan metodologi berbasis survei untuk 316 pegawai perbankan di Indonesia. Hasil menunjukan dukungan organisasi terhadap kreativitas tidak dapat mempengaruhi perilaku inovatif pegawai secara signifikan. Kesesuaian pegawai dengan organisasi dan motivasi intrinsik mampu memediasi secara penuh antara etos kerja dan perilaku inovatif pegawai. Etos kerja pegawai mempengaruhi perilaku berinovasi pegawai perbankan, bila diikuti oleh tumbuhnya motivasi intrinsik dan terdapat kesesuaian antara pegawai dengan perusahaan mereka bekerja.

Employee's innovative work behavior contributes to company innovation in the form of new processes, products, and services. Companies and industries need innovation to face increasing business competition. Organizational support and work ethic have an important role in shaping employee behavior. This study used a survey-based methodology for 316 Indonesian banking employees. The results showed that organizational support of creativity could not significantly influence employee innovative behavior through person-organization fit and intrinsic motivation. Person organization fit and intrinsic motivation can fully mediate between work ethic and innovative work behavior. Work ethic can influence the innovative work behavior of banking employees, if it is followed by the growth of intrinsic motivation and there is a fit between the employees and the companies they work for."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuruma
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan lsquo;panggilan rsquo; dan POS terhadap kepuasan kerja pekerja media. Terdapat 101 pekerja media dari berbagai jenis media TV, radio, cetak, online yang menjadi responden dalam penelitian ini. Pada penelitian ini, kepuasan kerja diukur menggunakan MOAQ-JSS, lsquo;panggilan rsquo; diukur dengan Answered Occupational Calling Scale, dan POS diukur dengan menggunakan SPOS versi pendek. Penelitian ini menunjukkan bahwa POS b = .12, SE b = .02, p < .01 memengaruhi kepuasan kerja para pekerja media secara lebih kuat dibandingkan dengan pengaruh dari lsquo;panggilan rsquo; b = .09, SE b = .09,p.

This study aimed to examine the correlation of calling and POS towards media workers rsquo job satisfaction. There were 101 media workers from various types of media TV, radio, printed, online who participated in this study. In this study, job satisfaction was measured using MOAQ JSS, calling was measured using Answered Occupational Scale, and POS was measured using short version of SPOS. This study showed that POS affect media workers rsquo job satisfaction more strongly b .12, SE b .02, p .01 than the effect from calling b .09, SE b .09, p.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68645
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deddy Kurniawan
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan mengefektifkan pencapaian tujuan organisasi. Kunci dari efektifitas pencapaian tujuan tersebut terletak pada SDM organisasi tersebut, yang mana hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan loyalitas kinerja anggota tersebut terhadap organisasinya. Beberapa ahli menyatakan loyalitas kinerja dapat ditingkatkan dengan cara membuat anggota yang berkerja tersebut merasakan kepuasan kerja terlebih dahulu. Melihat kepuasan kerja ini dapat diciptakan melalui penciptaan hubungan antara atasan-bawahan yang baik, adanya persepsi yang positif di dalam diri anggota dan mampu memberikan pengaruhnya terhadap peningkatan loyalitas kerja anggota tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Leader Member Exchange, Perceived Organization Support dan Motivasi berpengaruh terhadap loyalitas kerja anggota Sat Reskrim Polresta Depok melalui kepuasan kerja anggota sebagai variabel mediasinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori gaya kepemimpinan Leader Member Exchange (Robert C. Liden dan John M. Maslyn (1998) ), teori Perceived Organization Support, (Hetty Ismainar,2015 dan Payanma J Simanjuntak,2011). teori motivasi (Maslow), teori kepuasan kerja (Priyono Marnis,2010) dan teori loyalitas kerja (Ahmad,2013). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan sampel sebanyak 90 orang anggota Sat Reskrim Polresta Depok. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5 dan teknik analisis data menggunakan alat bantu sofware SPSS versi 21 dengan tambahan sofware sobel tes. Hasil penelitian ini menunjukkan Leader Member Exchange, Perceived Organization Support dan Motivasi berpengaruh terhadap loyalitas kerja anggota Sat Reskrim Polresta Depok melalui kepuasan kerja anggota sebagai variabel mediasinya. Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut, dapat disimpulkan semua hipotesis penelitian ini diterima. Saran yang dapat diberikan kepada organisasi Polri adalah apabila ingin meningkatkan kinerja anggota Polri, diharapkan kepuasan kerja anggota dapat ditingkatkan melalui pemberian motivasi, menjaga hubungan baik antara atasan dan bawahan serta memberi dukungan organisasi yang baik kepada anggota yang bertugas tersebut.

This research is motivated by the desire to streamline the achievement of organizational goals. The key to the effectiveness of achieving these goals lies in the organization's HR, which can be done by increasing the members' performance loyalty towards the organization. Some experts state that performance loyalty can be improved by making the working members feel job satisfaction first. Seeing job satisfaction can be created through the creation of good relations between superiors and subordinates, there is a positive perception within the member that the organization provides full support for its performance and achievement of these individual needs which are then able to give effect to the increase in members' work loyalty. . The purpose of this study was to determine the effect of the Member Exchange Leader, Perceived Organization Support and Motivation on the work loyalty of the Depok Police Resprim member through member job satisfaction as the mediating variable. The theories used in this study include the theory of leadership style of the Member Exchange Leader, the theory of the Perceived Organization Support, motivation theory, job satisfaction theory and work loyalty theory. This study uses a quantative approach with a sample of 90 members of the Depok Police Reskrim Sat. Data collection techniques using questionnaires with a Likert scale 1-5 and data analysis techniques using SPSS version 21 software tools with additional sobel test software. The results of this study indicate that the Member Exchange Leader, Perceived Organization Support and Motivation have an effect on the work loyalty of Depok Police Polytechnic Sat members through member job satisfaction as the mediating variable. Based on the results of these studies, it can be concluded that all the research hypotheses were accepted. Suggestions that can be given to Polri organizations are if they want to improve the performance of Polri members, it is expected that member job satisfaction can be increased through giving motivation, maintaining good relations between superiors and subordinates and providing good organizational support to the members in charge."
Jakarta: Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global, 2019
T55480
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Sumarna
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian secara empiris tentang variable Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dukungan Organisasi (POS) terhadap Keterikatan Karyawan (Employee enggagement), menganalisis peran Budaya Organisasi dalam memediasi pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Keterikatan Karyawan serta Menganalisis peran Dukungan Organisasi dalam memediasi pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Keterikatan Karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT XYZ Indonesia sebuah perusahaan permodalan asing yang bergerak di dalam industri farmasi. Penelitian ini melibatkan 153 responden yang merupakan karyawan tetap dari PT XYZ.
Hasil penelitian menidentifikasikan bahwa Kepemimpinan Transformasional secara langsung berpengaruh pada Budaya Organisasi dan pada Dukungan Organisasi namun tidak berpengaruh langsung pada Keterikatan Karyawan (Employee enggagement). Melalui mediasi dengan Budaya Organisasi, Kepemimpinan Transformasional ini pun tidak berpengaruh kepada Keterikatan Karyawan, namun melalui mediasi Dukungan Organisasi maka Kepemimpinan Transformasional ini berpengaruh terhadap Keterikatan Karyawan.

The aim of this study is to test empirically variable Transformational Leadership, Organizational Culture, and Perceive Organization Support (POS) on Employee engagement. Analyze the role of organizational culture in mediating the effects of Transformational Leadership on Employee engagement as well as to analyze the role of Perceive Organization Support in mediating the effect of Transformational Leadership on Employee Engagement. This research was conducted at PT XYZ Indonesia a foreign capital company engaged in the pharmaceutical industry. The study involved 153 respondents who are permanent employees of XYZ.
Results of the research identifies that transformational leadership has directly affects the organizational culture and the Perceive Organization Support but has no direct effect on Employee engagement. Through mediation by the Organization Culture, Transformational Leadership is also indicted has not affect to Employee Engagement, but through the mediation from Perceive Organization Support, Transformational Leadership is influence on Employee Engagement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T50071
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library