Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Polingala, Mifta Shalsyabilla, author
" Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana identitas queer digambarkan pada tokoh Minato dan Yori serta bagaimana masyarakat Jepang dalam film merespons identitas queer dalam film Kaibutsu (2023) karya Koreeda Hirokazu. Teori yang digunakan penulis adalah queer theory milik Eve Sedgwick tentang konsep closetedness dalam buku Epistemology of the Closet (1990) dengan metode analisis film milik Joseph M. Boggs dan Dennis W. Petrie (2011). Temuan penelitian ini adalah Minato dan Yori menerapkan closetedness dengan menciptakan kebohongan untuk melindungi identitas queer mereka dan masyarakat Jepang dalam film digambarkan sebagai masyarakat yang menindas dan menolak identitas queer Minato dan Yori, yang memperkuat tekanan untuk tetap tertutup mengenai identitas mereka.
This study aims to identify how queer identity is portrayed in the characters of Minato and Yori and how Japanese society in the film responds to queer identity in Koreeda Hirokazu’s Kaibutsu (2023). The theory used by the author is Eve Sedgwick’s queer theory about the concept of closetedness in the book Epistemology of the Closet (1990) with Joseph M. Boggs and Dennis W. Petrie’s film analysis method (2011). The findings of this study are that Minato and Yori apply closetedness by creating lies to protect their queer identities and Japanese society in the film is portrayed as a society that oppresses and rejects Minato and Yori’s queer identities, which reinforces the pressure to remain closeted about their identities. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Dwi Andini Kusumaningtyas
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana isu kemiskinan digambarkan dalam film
Dare Mo Shiranai (2004) karya Hirokazu Koreeda. Penelitian ini menggunakan
theories of poverty milik Peter Townsend (1979) dan teori analisis film milik Joseph M. Boggs dan Dennis W. Petrie (2011). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis teks verbal dan visual. Hasil penelitian menunjukkan isu kemiskinan di dalam film ini dengan membagi menjadi tiga cara yaitu melalui latar tempat, kehidupan sehari-hari, dan kesenjangan yang terlihat secara signifikan antara kelompok miskin dan tidak miskin. Isu kemiskinan yang digambarkan dalam film Dare Mo Shiranai dapat dibaca sebagai upaya untuk menunjukkan isu kemiskinan yang masih diabaikan oleh masyarakat dan pemerintah Jepang.
This research aims to examine how the issue of poverty is depicted in the film Dare Mo Shiranai (2004) by Hirokazu Koreeda. This study uses Peter Townsend's theories of poverty (1979) and the film analysis theory by Joseph M. Boggs and Dennis W. Petrie (2011). The research method employed is the analysis of verbal and visual texts. The results of the study show the issue of poverty in this film is illustrated in three ways: through the setting, everyday life, and the significant gap observed between the poor and non-poor groups. The portrayal of poverty in the film Dare Mo Shiranai can be interpreted as an effort to highlight the issue of poverty still neglected by Japanese society and government."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Firdha Aulia Hadi
"Penelitian ini mengeksplorasi representasi anak perempuan pertama dalam film Umimachi Diary (2015) karya Hirokazu Koreeda serta pemaknaan representasi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan feminisme bersamaan dengan teori representasi (1997) milik Stuart Hall dan teori kode-kode televisi milik John Fiske (1987). Melalui analisis visual dan naratif, penelitian ini mengkaji bagaimana anak perempuan pertama yang difokuskan pada karakter Sachi KÅda digambarkan dalam film Umimachi Diary. Dalam hasil penelitian ini tidak hanya ditemukan representasi anak perempuan pertama sebagai sosok dengan jiwa kepemimpinan yang besar, dapat diandalkan, lebih mementingkan orang lain, serta kuat, namun juga perempuan modern yang menganut nilai-nilai feminisme liberal yang ditunjukkan oleh Sachi KÅda. Nilai-nilai tersebut datang dari peran dan ekspektasi yang dibebankan kepada Sachi sebagai anak pertama.
This research explores the representation of the eldest daughter in Hirokazu Koreeda's Umimachi Diary (2015) and the interpretation of the narrative. The approach used in this research is a feminist approach along with Stuart Hall's (1997) theory of representation and John Fiske's (1987) theory of television codes. Through visual and narrative analysis, this research examines how the eldest daughter, focused on the character of Sachi KÅda, is portrayed in Umimachi Diary. The results of this study found not only the representation of the eldest daughter as a figure with a great leadership skills, reliable, considerate of others, and strong, but also a model of a contemporary woman who embraces the values of liberal feminism. These values come from the roles and expectations imposed on Sachi as the eldest daughter."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library