Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizky Yulianto Pratomo
Abstrak :
Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memerlukan distribusi produk makanan dan minuman halal yang tetap terjamin kehalalannya sampai ke tangan konsumen. Konsep logistik halal bertujuan untuk menjaga suatu produk halal agar tetap terjamin kehalalannya walau pun melewati berbagai fase dalam proses rantai pasok. Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah mengenai sejauh mana penerapan konsep logistik halal tersebut di perusahaan penyedia jasa logistik PT. Lex Indonesia. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara terhadap jajaran direksi, manajemen dan pelaksana di PT. Lex Indonesia terhadap kerangka kerja konseptual di logistik halal. Dari hasil pengolahan data wawancara didapat kesimpulan bahwa prinsip-prinsip konsep logistik halal tersebut sebagian besar sudah diterapkan di PT. Lex Indonesia.
As a country with the largest Muslim population in the world, Indonesia requires the halal guaranteed food and beverage products distribution for the customer. Halal logistics concept is to maintain a halal product although it is distributed if passing through the various phases in the supply chain. This thesis observes the implementation of the halal logistics concept at one of the logistics services provider company, PT. Lex Indonesia. The method used is by conduct interviews with the directors, management and executives at PT. Lex Indonesia about the halal logistics concept. It is concluded that the most of the halal logistics concept have been implemented by PT. Lex Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Maryadi Tirtana
Abstrak :
Persaingan di Industri pengiriman barang di Indonesia semakin ketat seiring dengan pertumbuhan layanan jual beli barang melalui online (e-commerce). Pelayanan yang terbaik dan berkualitas kepada pelanggan secara berkelanjutan merupakan kunci untuk tetap bersaing dan berkembang di pasar yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor penting dalam 4 dimensi berkelanjutan yaitu dimensi ekonomi, dimensi lingkungan, dimensi sosial, dan dimensi konsumen. Sebuah model logistik berkelanjutan akan dibuat berdasarkan dimensi berkelanjutan yang telah diidentifikasi. Hasil dari kuisioner yang diberikan kepada 182 orang yang bekerja pada level manajerial dalam industri jasa logistik akan digunakan untuk membuat model ini. Sebelum menentukan variabel dan indikator pada logistik berkelanjutan, dilakukan 2 focus group discussion dan validasi oleh ahli. Indikator-indikator berkelanjutan yang telah ditentukan selanjutnya dianalisa menggunakan metode PCA (principal component analysis) dan LDA (linier discriminant analysis) untuk mengetahui faktor dan indikator yang paling mempengaruhi logistik keberlanjutan. Pengembangan model dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Model Partial Least Square). Secara umum hasil penelitian menunjukkan dimensi ekonomi, lingkungan, sosiak dan konsumen memberikan pengaruh langsung dan signifikan terhadap logistik berkelanjutan dikarenakan nilai p-value <0,05 dan t-tabel > 1,96. Hal ini dapat disimpulkan apabila dimensi-dimensi berkelanjutan ditingkatkan, maka kinerja jasa logistik berkelanjutan akan semakin baik. Simulasi Model logistik berkelanjutan dengan menggunakan simulasi model dinamis, menghasilkan proyeksi valuasi model logistik berkelanjutan yang terus meningkat setiap tahunnya mulai dari 4,73% sampai dengan 13,05% dari tahun 2020 sampai 2040. Sehingga hubungan antar dimensi dan variabel dalam model logistik berkelanjutan sudah baik dalam menjaga keberlangsungan sustainabilitas perusahaan jasa logistik di Indonesia. ......The expansion of online platforms for purchasing and selling goods (e-commerce) has resulted in increased competition within Indonesia's goods delivery sector. Managing competitiveness and expanding in an increasingly competitive market requires reliable and excellent customer service. The purpose of this study is to identify critical variables in the four sustainable dimensions of the economy, environment, society, and consumer. On the basis of the determined sustainable dimensions, a sustainable logistics model will be developed. This model will be developed using the responses to surveys provided to 182 managers in the logistics services sector. Two focus groups and expert validation were conducted prior to identifying factors and indicators in sustainable logistics. The sustainable indicators that have been determined are then analyzed using the PCA (principal component analysis) and LDA (linear discriminant analysis) methods to determine the factors and indicators that most influence sustainable logistics. Model development was carried out using the SEM-PLS (Structural Equation Model Partial Least Square) method. In general, the research results show that the economic, environmental, social and consumer dimensions have a direct and significant influence on sustainable logistics due to the p-value <0.05 and t-table > 1.96. It can be concluded if sustainable dimensions are improved, the performance of sustainable logistics services will be better. Through the use of dynamic model simulation, the sustainable logistics model is simulated and the result is a projected valuation that rises annually between 2020 and 2040, from 4.73% to 13.05%. Therefore, the relationship between the dependent variable and the independent variable in the logistic model is well-established in terms of assessing the sustainability of the logistics company in Indonesia.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutauruk, Gabriella Septiani Miranda
Abstrak :
Pada saat ini telah banyak perusahaan yang melakukan outsource logistik ke penyedia layanan logistik dalam menjalankan sistem distribusi yang efisien, di mana salah satu ukuran kinerja logistik perusahaan adalah pengiriman yang tepat waktu. Perancangan ulang proses bisnis perlu dilakukan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses-proses yang terlibat dalam logistik dan distribusi, sehingga dapat menjamin produk sampai ke tangan konsumen tepat waktu dengan biaya minimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan proses distribusi di salah satu penyedia jasa logistik di Indonesia dalam meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengefisiensikan waktu pengiriman barang ke distributor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Process Re-engineering, dengan melakukan observasi dan wawancara ke perusahaan susu dan perusahaan penyedia jasa logistik, lalu proses distribusi saat ini dimodelkan dan disimulasikan menggunakan software Igrafx BPMN. Perbaikan proses distribusi dirancang dan didapatkan bahwa strategi yang paling efisien adalah model simulasi dengan strategi pengaturan ulang order pada Warehouse Management System (WMS) dan penerapan Radio Frequency Identification (RFID), menggunakan lebih dari satu vendor pelayaran, serta menggunakan sistem informasi dan pelacakan untuk distributor yang mencapai efisiensi waktu sebesar 49,6%. ......At this time many companies have outsourced logistics to logistics service providers in running efficient distribution systems, where one measure of the companys logistics performance is the on-time delivery. Redesign of business processes is necessary to improve the efficiency and effectiveness of the processes involved in logistics and distribution, in order to guarantee the product is delivered to consumers on time with minimal costs. This study aims to design improvement of the distribution process in one of logistics service providers in Indonesia to increase the logistics performance of the company by streamlining the distribution process time of goods. Business Process Re-engineering method is used in this study, by conducting observations and interviews with dairy companies and logistics service companies, then the current distribution process is modeled and simulated using Igrafx BPMN software. Improvement of the distribution process is designed and it produces the most effective strategy which is a simulation model with a strategy of rearranging orders on Warehouse Management System (WMS) and the application of Radio Frequency Identification (RFID), using more than one shipping vendor, and using information and tracking systems for distributors that achieve time efficiency by 49,6%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library