Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Rosenberg, Nathan
New Jersey: World Scientific, 2010
338.064 ROS s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Nainggolan, Hernita Tioreni Serepina
"Skripsi ini membahasmanajemen inovasi yang terjadi pada Restoran Amazy. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus untuk menggambarkan proses manajemen inovasi, apakah yang mendasari perusahaan melakukan inovasi, bagaimana inovasi itu berlangsung, dan apa sajakah hambatan-hambatan yang dihadapi selama proses inovasi. Hasil penelitian ini mendapatkan gambaran bahwa inovasi menjadi generator perusahaan untuk dapat menciptakan dan memperbaiki atau memodifikasi nilai guna sehingga semakin baik dan bermanfaat
This research describe the innovation management of Amazy Restaurant. This research is a qualitative study by using case studies method to get the overview of reasons why the company doing an innovation, how is the innovation process, and what the obstacles are during the innovation process. The results of this research to get an overview of innovation as a company‘s generator to be able to create and improve or modify the use of value to become valueable and useful."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62913
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Leviny Zachreina
"
ABSTRACTResearch that examines factors influencing idea promotion, an intermediary phase between idea generation and idea implementation in an innovation process, remains sparse. This research analyzed the impact of ethical leadership on employees rsquo willingness to pursue idea promotion with their leader at work through the transfer of relational energy. One hundred forty five employee leader pairs working in The Netherlands and Indonesia completed questionnaires at one point in time. Individual employees evaluated their perceptions of their direct leaders ethical behavior and how their leaders influence their level of relational energy. In turn, the leaders assessed the extent to which employees under their direct supervision promote creative ideas to them. Multiple linear regression analysis and process procedure showed that ethical leadership was only positively associated with employees feelings of relational energy. We further present implications of our findings and discuss areas for future research.
ABSTRACTMasih jarang adanya penelitian yang meneliti faktor-faktor pengaruh promosi ide, sebuah fase perantara antara pembuatan ide dan implementasi ide dalam proses inovasi. Penelitian ini menganalisis dampak kepemimpinan etis terhadap keinginan karyawan untuk mempromosikan ide kepada pemimpin mereka di tempat kerja melalui adanya transfer energi relasional. Seratus empat puluh lima pasangan karyawan dan pemimpin yang bekerja di Belanda dan Indonesia menyelesaikan kuesioner sebanyak satu kali. Setiap karyawan mengevaluasi persepsi mereka tentang perilaku etis dari atasan langsung mereka dan bagaimana atasan mereka mempengaruhi tingkat energi relasional yang mereka rasakan. Sebaliknya, para pemimpin menilai bagaimana karyawan yang berada langsung dibawah pengawasan mereka mempromosikan ide-ide kreatif kepada mereka. Analisis regresi linier berganda dan prosedur PROCESSmenunjukkan bahwa kepemimpinan etis hanya berhubungan positif dengan energi relasional yang dirasakan karyawan. Kemudian, kami menyampaikan implikasi dari temuan kami dan membahas hal-hal untuk penelitian lebih lanjut."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kayana Ariella Putri
"Persaingan dalam industri kosmetik di Indonesia menjadi kian kompetitif, dengan tren dan preferensi konsumen yang terus berubah serta munculnya berbagai merek lokal dan internasional. Meski demikian, banyak konsumen tetap memilih produk kosmetik dari merek lokal, seperti Wardah milik PT Paragon. Dalam kondisi pasar yang kompetitif, inovasi produk menjadi kunci keberlanjutan perusahaan, yang memerlukan perilaku kerja inovatif (innovative work behavior) serta dukungan dari manajemen pengetahuan pelanggan (customer knowledge management).Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh innovative work behavior terhadap product innovation process dengan customer knowledge management sebagai variabel mediasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 232 responden, dan didapatkan 159 data yang layak untuk dianalisis. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) dan diolah dengan software IBM SPSS Statistics 25 dan SmartPLS 4.0.9.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) innovative work behavior memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer knowledge management; (2) innovative work behavior memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap product innovation process; (3) customer knowledge management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap product innovation process; serta (4) customer knowledge management mampu memediasi hubungan antara innovative work behavior dan product innovation process secara positif dan signifikan.
The competition in Indonesia's cosmetic industry has become increasingly competitive, driven by ever-changing consumer trends and preferences, as well as the emergence of various local and international brands. Despite this, many consumers continue to prefer local cosmetic brands, such as Wardah by PT Paragon. In such a competitive market, product innovation is essential for a company's sustainability, which requires innovative work behavior and the support of customer knowledge management. This study aims to analyze the influence of innovative work behavior on the product innovation process, with customer knowledge management as a mediating variable. A quantitative approach was employed by distributing questionnaires to 232 respondents, yielding 159 valid responses for analysis. The data were analyzed using the SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) method and processed with IBM SPSS Statistics 25 and SmartPLS 4.0.9.8 software. The results of the study indicate that (1) innovative work behavior has a positive and significant effect on customer knowledge management; (2) innovative work behavior has a positive and significant effect on the product innovation process; (3) customer knowledge management has a positive and significant effect on the product innovation process; and (4) customer knowledge management successfully mediates the relationship between innovative work behavior and the product innovation process in a positive and significant manner."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tulus Ciptadi
"Tujuan utama dari penelitian ini adalah meneliti bagaimana inovasi berperan terhadap peningkatan kinerja perusahaan, khususnya pada perusahaan jasa profesional kreatif. Secara khusus, tujuan yang diharapkan yaitu: (1) mengkaji pengaruh orientasi pasar dalam menciptakan inovasi di perusahaan jasa kreatif; (2) mengkaji pengaruh inovasi, baik inovasi produk maupun inovasi proses terhadap kinerja perusahaan,; (3) mengkaji pengaruh inovasi dalam hubungan orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Populasi dan unit analisis penelitian adalah perusahaan-perusahaan kreatif periklanan di Indonesia. Sedangkan responden penelitian ini ialah manajer level atas di setiap perusahaan tersebut, dalam hal ini Chief Executive Officer dan Executive Creative Director atau yang setara. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga didapatkan 66 responden yang dijadikan sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah SEM PLS dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil analisis pengolahan data dan pembahasan, didapatkan tiga kesimpulan. Pertama, bahwa inovasi yang dilakukan oleh perusahaan yang mengadopsi budaya orientasi pasar harus mampu mengikuti dinamika kebutuhan dan tuntutan konsumen. Kedua, Inovasi memiliki peran sebagai mediator dalam hubungan orientasi pasar dan kinerja perusahaan. Ketiga, inovasi proses adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
The main purpose of this study is to examine the effect of innovation on company performance, especially in creative professional service companies. Specifically, the expected objectives are: (1) to determine the effect of market orientation on product innovation and process innovation in advertising companies; (2) determine the effect of product innovation and process innovation on the performance of advertising companies; (3) determine the role of innovation on the relation between Market Orientation and Company Performance. This study uses a quantitative approach by analyzing primary data obtained by distributing questionnaires to respondents. The population and research unit of analysis are creative advertising companies in Indonesia. The respondents of this research are top level managers (Chief Executive Officer and Executive Creative Director or equivalent). The sampling method used was purposive sampling, so that 66 respondents were used as research samples. The analytical method used is SEM PLS using SmartPLS 3.0. Based on the results of the analysis of data processing and discussion, there are three conclusions obtained from this study. First, that companies that adopt a market-oriented culture must be able to follow the dynamics of consumer needs and demands in order to develop innnovation. Second, Innovation mediating the influence of Market Orientation on Company Performance. Third, process innovation is the most effective way to improve Company Performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Gitari Rahmia Putri
"Skripsi ini membahas mengenai adanya inovasi pelayanan Rasailah Daku (Rangkul, Sayangi, Latihlah dengan Pendidikan Terpadu) yang dibentuk oleh Dinas Sosial Kota Padang bekerjasama dengan berbagai stakeholder lintas sektor untuk mengatasi permasalahan anak jalanan di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses inovasi pelayanan Rasailah Daku terkait penanganan anak jalanan di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data kualitatif melalui wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teori innovation lifecycle OECD yang terdiri dari enam tahap. Hasil dari penelitian ini adalah proses inovasi Rasailah Daku diawali dengan Kepala Dinas Sosial Kota Padang diharuskan untuk membuat proyek perubahan, kemudian mengidentifikasi bahwa permasalahan anak jalanan penting untuk segera diselesaikan. Selanjutnya, internal Dinsos melakukan musyawarah untuk membentuk suatu ide inovasi, dan menghasilkan ide inovasi penanganan anak jalanan melalui pola pembinaan terpadu. Kemudian, Dinsos melakukan perencanaan melalui tiga tahap, yaitu Tahap Pembentukan Tim Efektif, Tahap Koordinasi, dan Tahap Pembuatan Pedoman Penanganan Anak Jalanan melalui Pola Pembinaan Terpadu. Setelah dilakukan perencanaan, inovasi ini diimplementasikan melalui kegiatan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Kemudian, proses inovasi dilanjutkan dengan tahap evaluasi yang dilakukan melalui kegiatan pemantauan dan evaluasi oleh Dinsos. Pada tahap terakhir proses inovasi, Dinsos membagikan pembelajaran dan pengalaman mengenai inovasi Rasailah Daku kepada masyarakat dan Kab/Kota lainnya.
This thesis discusses the service innovation of Rasailah Daku (Rangkul, Sayangi, Latihlah dengan Pendidikan Terpadu) which was formed by the Padang City Social Service in collaboration with various cross-sectoral stakeholders to overcome the problems of street children in the city of Padang. This study aims to analyze the process of service innovation Rasailah Daku related to the handling of street children in the city of Padang. This research is a descriptive research that uses a qualitative approach with qualitative data collection techniques through interviews and literature study. This study uses the OECD innovation lifecycle theory which consists of six stages. The results of this study are the Rasailah Daku innovation process begins with the Head of the Padang City Social Service who is required to make a change project, then identifies that the problems of street children are important to be resolved immediately. Furthermore, Dinsos held deliberations to form an innovation idea, and produced innovative ideas for handling street children through an integrated coaching pattern that involved various stakeholders. Then, the Social Services Agency plans through three stages, namely the Effective Team Formation Stage, the Coordination Stage, and the Preparation Stage for Handling Street Children Guidelines through an Integrated Development Pattern. After planning, this innovation is implemented through short, medium and long term activities. Then, the innovation process is continued with the evaluation stage which is carried out through monitoring and evaluation activities by the Social Service. In the last stage of the innovation process, Social Services shared lessons and experiences regarding the Rasailah Daku innovation to the community and other districts/cities."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library