Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Wahyudin
"Kelangkaan sumber daya manusia di bidang keuangan syariah di Indonesia mengakibatkan perbankan syariah harus bersaing dalam mendapatkan sumber daya manusia yang butuhkan. Penawaran nilai-nilai employee value proposition (EVP) yang menarik bagi calon pencari kerja menjadi suatu strategi baru dalam mencari sumber daya manusia yang berkompeten . Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruhemployee value proposition (EVP) bank syariah dan bank konvensional terhadap keinginan untuk mencari pekerjaan bagi calon pencari kerja.
Penelitian ini menggunakan metode desain eksperimen faktorial 2X2 dimana partisipan(N=120) diberikan sebuah brosur yang berisi nilai-nilai employee value proposition (EVP) bank syariah dan bank konvensional kemuadian partisipan diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai keinginan untuk mencari pekerjaan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada interaksi yang signifikan antara employee value proposition (EVP) bank syariah dan bank konvensional terhadap keinginan untuk mencari pekerjaan. Orang yang berlatar belakang pendidikan ekonomi syariah lebih menyukai untuk bekerja pada bank syariah dan orang yang berlatar belakang ekonomi konvensional lebih menyukai untuk bekerja pada bank konvensional.

Scarcity of human resources in the field of Islamic finance in Indonesia resulted Islamic banking to compete in getting the human resources. Offering interest employee value proposition (EVP) to prospective job seekers become a new strategy to recruit competent employees. This study aimed to compare the effect of employee value proposition (EVP) Islamic banks and conventional banks on attraction of job applicants.
This study uses a 2X2 factorial experimental design in which participants(N=120) were given a brochure that contains the values of employee value proposition (EVP) Islamic and conventional bank.Participants were asked to answer questions about job pursuit intention.
The results of this study show that there is a significant interaction between employee value proposition (EVP) of Islamic and conventional banking on attraction of job applicants. People who has Educational background in Islamic Economics prefer to work in Islamic bank whereas people who has conventional economic backgrounds prefer to work in a conventional bank.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46884
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kanya Dwi Pradita
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employee value proposition (EVP) terhadap employee engagement pada kantor pusat PT. Bakrie & Brothers Tbk. Skala pengukuran yang digunakan untuk variabel employee value proposition diadopsi dari Corporate Executive Board dari Corporate Leadership Council (2009) yang terdiri dari 28 item pernyataan. Sedangkan untuk variabel employee engagement menggunakan skala pengukuran yang diadopsi dari Hewitt (2017) dengam menggunakan 3S (Say, Stay Strive) yang terdiri dari 9 item pernyataan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang dijadikan dalam penelitian ini adalah karyawan tetap non manajerial PT. Bakrie & Brothers Tbk yang minimal telah memiliki masa kerja selama satu tahun dengan jumlah sampel sebanyak 228 orang responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada employee value proposition terhadap employee engagement pada kantor pusat PT. Bakrie & Brothers Tbk. Di dalam penelitian ini dimensi reward, work dan opportunity memiliki hasil nilai yang terbesar dari EVP di dalam mempengaruhi employee engagement di kantor pusat PT. Bakrie & Brothers Tbk.

The purpose of this research is to analyze the impact of the employee value proposition (EVP) towards employee engagement in holding company of Bakrie & Brothers Tbk. The measurement scale that is used for employee value proposition variable is adopted from Corporate Executive Board, Corporate Leadership Council (2009) consist of 28 statement items and employee engagement measurement scale is adopted from Hewitt (2017) using 3S (Say, Stay and Strive) Hewitt Engagement Model consist of 9 statement items. This research uses the quantitative method and the data was collected by using questionnaire, distributed to permanent non-managerial employees of holding company Bakrie & Brothers Tbk. The results shows that there is a significant positive impact between employee value proposition toward employee engagement. In this research three dimensions of employee value proposition reward, work and opportunity has the highest score in giving an impact in influencing employee engagement in holding company of Bakrie & Brothers Tbk.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2017
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meliala, Raria S.
"Employee Value Proposition (EVP) merupakan salah satu faktor yang penting dalam menarik minat calon karyawan dan mempertahankan karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai dua faktor yang mempengaruhi EVP yaitu kepemimpinan otentik dan budaya organisasi. Penelitian ini dilakukan di Putera Sampoerna Foundation, sebuah organisasi sosial bisnis yang menyediakan bantuan kepada orang-orang yang tidak mampu. Sebanyak tiga ratus sebelas kuesioner disebarkan kepada karyawan dengan jabatan staff, officer, dan manager, kemudian terdapat seratus delapan puluh empat kuesioner yang dapat diolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kepemimpinan otentik, self-awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi EVP, supervisor-respect and integrity; dimensi kepemimpinan otentik, relational transparency berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi EVP, supervisor-performance management, supervisor-respect and integrity, supervisor-result focus, dan senior leadership; dimensi kepemimpinan otentik, internalized moral perspective berpengaruh positif dan signifikan terhadap supervisor-performance management, supervisor-respect and integrity, supervisor-result focus, dan senior leadership; dimensi kepemimpinan otentik, balanced processing berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi EVP, supervisor-performance management, supervisor-respect and integrity, supervisor-result focus, dan senior leadership; dimensi budaya organisasi, involvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi EVP, compensation and bonus, learning and development, dan pay for performance; dimensi budaya organisasi, consistency berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi EVP day to day work, goals and objectives, dan health benefit; dimensi budaya organisasi, adaptability berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi EVP, supervisor-performance management dan supervisor-result focus; dimensi budaya organisasi, serta mission berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi EVP, day to day work, goals and objectives, supervisor-respect and integrity, supervisor-result focus, senior leadership, dan learning and development. Penelitian ini juga membahas tentang implikasi (saran) dan keterbatasan penelitian.

Employee Value Proposition (EVP) is an important factor to attract the potential employees and retain the qualified employees. Correspondingly, this study was to examine two drivers of EVP. They were authentic leadership and organization culture. This study was conducted at Putera Sampoerna Foundation, a social business organization that mainly provides assistance for under privileged people. Three hundreds and eleven questionnaires were distributed to staffs, officers and managers, and one hundred and eighty four questionnaires were analyzed.
The study found that self-awareness dimension of authentic leadership may positively affect supervisor-respect and integrity dimension of EVP, relational transparency dimension of authentic leadership may positively affect supervisor-performance management, supervisor-respect and integrity, supervisor-result focus, and senior leadership dimensions of EVP, internalized moral perspective dimension of authentic leadership may positively affect supervisor-performance management, supervisor-respect and integrity, supervisor-result focus, and senior leadership dimensions of EVP, balanced processing dimension of authentic leadership may positively affect supervisor-performance management, supervisor-respect and integrity, supervisor-result focus, and senior leadership dimensions of EVP, involvement dimension of organizational culture may positively affect compensation and bonus, learning and development, and pay for performance dimensions of EVP, consistency dimension of organizational culture may positively affect day to day work, goals and objectives, and health benefit dimensions of EVP, adaptability dimension of organizational culture may positively affect supervisor-performance management and supervisor-result focus dimensions of EVP, mission dimension of organizational culture may positively affect day to day work, goals and objectives, supervisor-respect and integrity, supervisor-result focus, senior leadership, and learning and development dimensions of EVP. Implications and limitations of the study were also discussed.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bening Karilla Kinasih
"Berkembangnya kebutuhan perusahaan terhadap karyawan yang sesuai dengan standard untuk mendukung bisnis saat ini menyebabkan munculnya fenomena yang disebut dengan talent war. Kemunculan talent war berimplikasi pada adanya kebutuhan perusahaan untuk melakukan pemasaran dari sisi sumber daya manusia, sehingga muncul bidang baru yang dikenal dengan employer branding. Untuk mencapai tujuannya sebagai perusahaan pilihan, komunikasi adalah hal yang penting dalam employer brand. Tesis ini akan membahas bagaimana employer branddapat terbentuk melalui komunikasi employee value proposition yang dijalankan oleh employer branding. Untuk mencapai tujuan komunikasi yang lebih efektif, penggunaan media online dapat digunakan untuk mendukung kampanye dan program yang dijalankan secara offline, kedua saluran ini penting untuk digunakan secara terintegrasi dalam upaya membangun persepsi target audiens agar perusahaan menjadi tempat kerja yang di inginkan oleh kandidat. Selain itu, strategi untuk menggunakan komunikasi offline dan online perlu diseimbangkan dengan kekuatan konten komunikasi yang konsisten sehingga hasil yang diperoleh dimaksimalkan.

The development of the company's needs for talent in accordance with the company's standards to support business today causes a phenomenon called the talent war. this phenomenon raises the development of a new field of employer branding. where companies and organizations strive to do marketing from the side of human resources. In order to achieve its objectives as an employer of choice, communication is important in employer branding. This thesis will discuss how the employer brand can be formed through employee value proposition communication run by employer branding. In order to achieve a more effective communication goal, the use of online media can be used to support campaigns and programs that are run offline, these two channels are important to be used integrally in an effort to establish the target audience's perception of the company's brand as the desired place to work. The strategy to use offline and online communication needs to be balanced with the strength of consistent communication content so that the results obtained are maximized."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T54097
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nerissa Arviana
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Employee Value Proposition (EVP) dan Employee Engagement (EE) pada performa penjualan agen asuransi PT Prudential Life Assurance. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat apakah variabel Employee Engagement dapat dijadikan sebagai faktor yang dapat memediasi pengaruh EVP terhadap performa penjualan. Hasil penelitian menyatakan bahwa dimensi EVP supervisor-leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi performa penjualan. Dimensi EE overall growth berpengaruh secara positif dan signifikan terhaap dimensi performa penjualan.

This study aims to determine the effect of the Employee Value Proposition (EVP) and employee engagement (EE) towards the sales performance of insurance agent at PT Prudential Life Assurance. This study also aimed to see if Employee Engagement can be used as a factor that may mediate the effect of EVP on sales performance. The analysis states that the dimension of EVP (supervisor-leadership) has positive and significant effect on the dimension of sales performance. EE dimension (overall growth) affects positively and significantly on the dimensions of sales performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafi Damalis Rosadi
"Employer branding menjadi pendekatan, kebijakan, sekaligus mekanisme yang diterapkan perusahaan untuk membangun citra yang cemerlang dan reputasi yang positif. Penelitian ini berusaha memahami konstruksi sosial yang dilakukan perusahaan sebagai tempat kerja (employer) dalam kebijakan dan mekanisme employer branding serta bagaimana konstruksi sosial terjadi melalui interaksi antara perusahaan, pekerja, dan pihak eksternal. Konstruksi pada mekanisme employer branding memengaruhi pemaknaan pekerja dan pihak eksternal terhadap employer brand perusahaan. Peneliti menggunakan pendekatan konstruktivis untuk memahami proses-proses konstruksi sosial dalam mekanisme employer branding tersebut serta konsep Ambler & Barrow (1996), Backhaus & Tikoo (2004), K�nig (2008), dan Lievens & Slaughter (2016) untuk memahami definisi, fungsi, dan nilai dalam employer branding. Kajian penelitian ini menemukan bahwa terdapat proses-proses internalisasi dalam konstruksi employer branding di Perusahaan N. Proses internalisasi terjadi saat pekerja dan kandidat pekerja menginterpretasi citra dan nilai yang ditampilkan oleh perusahaan berdasarkan persepsi subjektif. Peneliti menemukan jika internalisasi ini berkaitan dengan pemaknaan pekerja dan makna kerja dari para pekerja terkait posisi mereka di perusahaan. Di level internalisasi inilah terjadi konstruksi sosial yang sifatnya dari bawah menuju ke atas dalam konteks perusahaan dan pekerja di lingkungan kerja. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada Perusahaan N, penelitian ini menawarkan pembahasan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana proses konstruksi sosial terjadi dalam konteks employer branding, khususnya pada tahap internalisasi.

Employer branding is an approach, policy, as well as a mechanism applied by companies to build a bright image and positive reputation. This research seeks to understand the social construction carried out by companies as workplaces (employers) in the policies and mechanisms of employer branding and how social construction occurs through interactions between companies, workers, and external parties. The construction of the employer branding mechanism affects the meaning of workers and external parties towards the company's employer brand. Researchers use a constructivist approach to understand the processes of social construction in the mechanism of employer branding and the concepts of Ambler & Barrow (1996), Backhaus & Tikoo (2004), K�nig (2008), and Lievens & Slaughter (2016) to understand definitions, functions, and value in employer branding. This research study found that there are internalization processes in the construction of employer branding at Company N. The internalization process occurs when workers and job candidates interpret the image and values displayed by the company based on subjective perceptions. Researchers found that this internalization is related to the meaning of workers and the meaning of work from workers regarding their position in the company. At this level of internalization, social construction occurs from the bottom up in the context of companies and workers in the work environment. Using a qualitative approach with case studies at Company N, this study offers a deeper discussion and understanding of how the social construction process occurs in the context of employer branding, especially at the internalization stage."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indiska Nafla Zirasqy
"Karyawan Generasi Z merupakan salah satu generasi potensial yang akan menjadi suksesor dengan usia yang mulai memasuki dunia kerja. Namun, karakteristik dari Generasi Z sendiri diketahui sering berpindah dari satu tempat ke tempat kerja lainnya dengan tingkat loyalitas yang rendah, sehingga perusahaan harus berusaha untuk mampu meningkatkan keinginan karyawan untuk menetap. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh proporsi nilai karyawan (employee value proposition) sebagai nilai yang ditawarkan oleh perusahaan terhadap keinginan karyawan untuk menetap di perusahaan (employee’s intention to stay) dengan peran psychological contract dan social identity sebagai variabel moderasi yang memperkuat pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melakukan penarikan sampel melalui purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner berupa google form kepada 241 responden sebagai karyawan Generasi Z yang lahir pada tahun 1995-2010. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara employee value proposition terhadap employee’s intention to stay. Lebih jauh lagi, inspirational value, economic value, dan work life balance merupakan tiga komponen dari employee value proposition yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keinginan karyawan Generasi Z untuk menetap di perusahaan saat ini. Sedangkan, psychological contract dan social identity tidak memperkuat atau memoderasi pengaruh tersebut, namun dapat menjadi variabel bebas yang mempengaruhi employee’s intention to stay sebagai variabel dependen.

Generation Z employees are one of the potential generations who will become successors at the age that is starting to enter the workforce. However, the characteristics of Generation Z itself are known to often move from one place to another with a low level of loyalty, so companies must to be able to increase the intention of employees to stay. In this regard, this study aims to determine how the effect of employee value proposition as the value offered by the company on the employee's intention to stay in the company with the role of psychological contract and social identity as moderating variables that strengthen the influence. This study uses a quantitative approach and draws samples through purposive sampling by distributing a questionnaire to 241 respondents as Generation Z employees who were born in 1995-2010. The results of this study indicate that there is an impact between the employee value proposition on the employee's intention to stay. Furthermore, inspirational value, economic value, and work life balance are three components of the employee value proposition that have a significant impact on the intention of Generation Z employees to stay at the company t"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Luqman Fauzan
"Fenomena perang talenta menjadi isu universal bagi perusahaan-perusahaan akibat kebutuhan kompetensi dan keahlian sumber daya manusia yang terus berkembang, sehingga perusahaan saling berkompetisi mendapatkan talenta terbaik yang dibutuhkan. Isu ini semakin kompleks dengan mulai masuknya angkatan kerja Generasi Z (kelahiran 1995-2010), dengan karakteristik ekspektasi dan pandangan karier yang berbeda dari generasi sebelumnya. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan talenta, perusahaan perlu menentukan strategi yang efektif untuk mampu menarik talenta eksternal dan mempertahankan talenta internal melalui perumusan dan penerapan strategi employee value proposition yang sesuai dengan ekspektasi dari karyawan Generasi Z. Tesis ini akan mengeksplorasi bagaimana strategi employee value proposition menjadi hal yang krusial bagi perusahaan untuk bisa memenuhi kebutuhan talenta Generasi Z di masa depan. Peneliti menggunakan pendekatan studi kualitatif dengan studi kasus tunggal di PTMI.

Current phenomenon of war for talent has been a universal issues for most companies due to human resources demand with more complex competencias and skills, leads to competition between companies to get the best talents. This issue become more complicated as Generation Z (born 1995-2010) began to enter current workforce, with different characteristics on expectation and career perspective compared to former generations. In order to fulfill talent demand, company needs to develop an effective strategy to attract external talent and retain internal talent by formulating and implementing employee value proposition strategy which suitable with expectations from Generation Z. This research explore how employee value proposition strategy will be vital for company to fulfill talent demand of Generation Z in the future. This research was conducted using qualitative methods with a case study in PTMI."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Cahya Cita Utama
"Dunia kerja profesional selalu berkompetisi mendapatkan talenta kerja terbaik. Generasi termuda yang memasuk dunia kerja saat ini adalah generasi Z yang sering dinilai memiliki karakteristik berbeda dibanding generasi sebelumnya. Karena itu, organisasi membutuhkan penanganan yang tepat agar dapat menarik minat talenta terbaik, khususnya dari generasi Z untuk bergabung dan tetap loyal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana praktik employer branding dan pengelolaan reputasi untuk mengembangkan ketertarikan generasi Z untuk bergabung dan loyal kepada organisasi. Menggunakan paradigma postpositivisme, data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur sebagai data primer didukung dengan studi dokumen sebagai data sekunder, enam Informan didapatkan dalam penelitian ini yang terdiri dari perwakilan karyawan generasi Z dan manajemen organisasi. Praktik employer branding yang dilakukan pada fase rekrutmen bertumpu pada atribut intstrumental, seperti dengan pemberian informasi terkait benefit dipadukan dengan reputasi yang dimiliki. Setelah para talenta bergabung, untuk menjaga mereka tetap loyal, atribut simbolik lebih diutamakan dengan mengombinasikannya dengan reputasi organisasi selain pemberian atribut instrumental yang layak. Dengan demikian, organizational attractiveness dapat terbentuk berkat implementasi employer branding dan reputasi organisasi.

The professional world of work competes to get the best talent. The youngest generation entering the world of work today is generation Z, which is often considered to have different characteristics compared to previous generations. Therefore, companies need appropriate handling to attract the best talent, especially from generation Z, to join and remain loyal. The aim of this research is to explore how employer branding and reputation management practices can create interest in generation Z to join and be loyal to the company. Using a postpositivism paradigm with a narrative research strategy, data was obtained through semi-structured interviews as primary data, supported by document studies as secondary data, six informants were obtained in this research, consisting of representatives of generation Z employees and company management. Employer branding practices carried out in the recruitment phase rely on instrumental attributes, such as providing information related to benefits combined with the reputation. Once talents join, to keep them loyal, symbolic attributes are given priority by combining them with the company's reputation in addition to providing appropriate instrumental attributes. Thus, organizational attractiveness can be formed due to the implementation of employer branding and organizational reputation."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almeira Khalinda Noertjahjono
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Employee Value Proposition (EVP) di BPBD Provinsi DKI Jakarta berdasarkan perspektif pegawai. EVP dievaluasi melalui delapan dimensi yang dikembangkan oleh Bronlet et al. (2024), yaitu salary, benefits, career opportunities, working environment, support of colleagues, support of management, job latitude, dan purpose. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EVP di BPBD DKI Jakarta telah memenuhi seluruh dimensi sesuai dengan teori Bronlet et al. (2024). Hal ini mencerminkan keberhasilan organisasi dalam menerapkan EVP yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan pegawai di sektor publik. Penelitian ini menegaskan pentingnya mempertimbangkan keseimbangan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung sekaligus meningkatkan retensi pegawai. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan konsep EVP di sektor publik yang masih jarang diteliti. Temuan ini memberikan rekomendasi strategis, seperti penguatan program pelatihan berjenjang untuk mendukung pengembangan karir, peningkatan layanan kesehatan mental, serta perbaikan sistem promosi yang lebih inklusif. Selain itu, penelitian ini juga membuka peluang bagi studi lanjutan untuk mengeksplorasi hubungan antara EVP dan kinerja organisasi, khususnya dalam sektor publik dengan konteks kebencanaan.

This study aims to analyze the Employee Value Proposition (EVP) at the Regional Disaster Management Agency (BPBD) of DKI Jakarta Province from the employees' perspective. EVP was evaluated through eight dimensions developed by Bronlet et al. (2024), namely salary, benefits, career opportunities, working environment, support of colleagues, support of management, job latitude, and purpose. This study employed a mixed-method approach by collecting data through questionnaires and interviews. The findings indicate that the EVP at BPBD DKI Jakarta has fulfilled all dimensions in accordance with the framework proposed by Bronlet et al. (2024). This reflects the organization's success in implementing a comprehensive EVP that aligns with the needs of employees in the public sector. The study emphasizes the importance of balancing intrinsic and extrinsic motivation to create a supportive work environment while enhancing employee retention. This study contributes to the development of the EVP concept in the public sector, which remains underexplored. The findings provide strategic recommendations, such as strengthening tiered training programs to support career development, improving mental health services, and refining a more inclusive promotion system. Additionally, this research opens opportunities for further studies to explore the relationship between EVP and organizational performance, particularly in the public sector within disaster management contexts."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library