Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ailsya Ayu Janitra
"Dharitri karya Nellaneva merupakan sebuah novel fantasi berlatar Borneo tahun 2279. Ranala Kalindra sebagai tokoh utama memasuki wilayah asing bernama Dharitri. Konflik-konflik yang ada tampak memengaruhi kepribadiannya. Pertanyaan penelitian yang didapat berupa bagaimana dinamika kepribadian tokoh Ranala Kalindra berdasarkan id, ego, dan superego? Penelitian ini bertujuan menganalisis dinamika kepribadian Ranala Kalindra menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud melalui identifikasi unsur id, ego, dan superego. Aspek-aspek penelitian dikaji dengan bantuan pendekatan psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan data berupa kutipan-kutipan kalimat dalam novel. Data didapat melalui teknik membaca dan mencatat. Hasil dari penelitian ini berupa penjelasan mengenai dinamika kepribadian berupa insting kehidupan, insting kematian, kecemasan objektif, kecemasan neurotik, dan kecemasan moral yang ada pada Ranala berdasarkan unsur id, ego, dan superego melalui analisis data yang dikumpulkan dari novel. Kesimpulan yang didapat adalah dinamika kepribadian Ranala selama berada di Persatuan Unit dan Dharitri. Insting kehidupannya terlihat di Dharitri, insting kematiannya terlihat di Persatuan Unit, kecemasan neurotiknya terlihat di kedua wilayah, serta kecemasan objektif dan kecemasan moralnya baru terlihat di Dharitri. Kata kunci: dinamika kepribadian, psikoanalisis sastra.
Dharitri by Nellaneva is a fantasy novel set in Borneo in 2279. Ranala Kalindra as the protagonist enters an unfamiliar territory called Dharitri. The conflicts seem to affect her personality. The research question is what are the personality dynamics of Ranala Kalindra based on the id, ego and superego? This research was conducted with the aim of analyzing the personality dynamics of Ranala Kalindra using Sigmund Freud's psychoanalysis theory through the identification of id, ego, and superego elements. The aspects of the research are studied with the help of a literary psychology approach. The method used in this research is descriptive qualitative with data in the form of sentence quotations from the novel. Data were obtained through reading and note-taking techniques. The result of this research is an explanation of personality dynamics in the form of life instinct, death instinct, objective anxiety, neurotic anxiety, and moral anxiety in Ranala based on id, ego, and superego elements through the analysis of data collected from the novel. The conclusion is the dynamics of Ranala's personality and the changes in her personality after settling in Dharitri. Her life instinct is seen in Dharitri, her death instinct is seen in Persatuan Unit, her neurotic anxiety is seen in both areas, and her objective anxiety and moral anxiety are newly visible in Dharitri."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anjeli Vyrsha Makiyah
"Kebutuhan akan hiburan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Salah satu media hiburan adalah film. Melalui film, disajikan berbagai realitas yang ada di masyarakat, salah satunya adalah eksistensi komunitas LGBT. Topik tersebut direpresentasikan dalam film Anne+ (2021) karya Valerie Bisscheroux yang berdurasi 1 jam 35 menit. Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup Anne dalam proses penemuan jati dirinya sebagai seorang lesbian di Belanda. Proses tersebut mencakup masalah-masalah yang Anne hadapi seperti masalah asmara, karier, pertemanan, dan pengembangan diri. Serangkaian rintangan dan situasi tersebut mempengaruhi perubahan dalam unsur kepribadian Anne. Masalah penelitian ini adalah bagaimana dinamika kepribadian tokoh utama dalam film Anne+ (2021) karya Valerie Bisscheroux. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dinamika kepribadian tokoh Anne. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikoanalisis dari Sigmund Freud mengenai id, ego, dan superego. Teori psikoanalisis didukung oleh pendapat William McDougall tentang naluri dasar manusia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan unsur kepribadian pada tokoh Anne, yaitu dari id menjadi ego, id ke ego lalu menjadi superego, dan id ke superego lalu menjadi ego. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang perubahan kepribadian tokoh utama dalam film Anne+ (2021).

The need for entertainment is increasing over time. One of the entertainment media is a movie. Through movies, various realities in society are presented, one of which is the existence of the LGBT community. The topic is represented in the movie Anne+ (2021) by Valerie Bisscheroux, which lasts 1 hour and 35 minutes. The movie tells the story of Anne's life journey in the process of discovering her identity as a lesbian in the Netherlands. The process includes issues that Anne faces, such as romance, career, friendship, and self-development. A series of obstacles and situations affect changes in Anne's personality elements. The problem of this research is how are the personality dynamics of the main character in the movie Anne+ (2021) by Valerie Bisscheroux. The purpose of this research is to describe the personality dynamics of Anne's character. The method used in this research is descriptive qualitative method. The theory used in this research is Sigmund Freud's psychoanalysis theory of id, ego, and superego. Psychoanalysis theory is supported by William McDougall's opinion on basic human instincts. The results of this study show that there are changes in the elements of personality in the character Anne, namely from id to ego, id to ego then to superego, and id to superego then to ego. This research provides a deeper understanding of the personality changes of the main character in the movie Anne+ (2021)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aurelle Julie Adhiwarni
"Artikel ini membahas dinamika kepribadian tokoh Amy, tokoh utama dalam film Mignonnes karya Maïmouna Doucouré. Film ini menceritakan kisah seorang anak imigran di Prancis yang dihadapkan oleh dua lingkungan berbeda, dalam segi budaya, agama, tradisionalisme, serta generasi, dari keluarga dan lingkup pertemanannya. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dinamika kepribadian tokoh Amy dalam film yang dipengaruhi oleh represi media sosial serta ekspektasi lingkungan yang harus dipenuhi Amy. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis ini adalah teori film Boggs dan Petrie (2018) dengan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud (2018) dalam struktur kepribadian yang terdiri dari id, ego, dan superego untuk mengkaji kompleksitas penolakan dan penerimaan diri Amy. Struktur naratif dan sinematografis teks menunjukkan adanya hubungan penolakan dan penerimaan antara Amy dengan lingkungannya. Hasil analisis menunjukkan represi media sosial yang sangat memengaruhi pola pikir Amy dalam pembentukan perempuan serta menuntut adanya pengabaian superego yang pada akhirnya menjadi titik Amy mampu menerima diri sendiri. Film Mignonnes menunjukkan banyak bahaya media sosial sehingga film ini juga merupakan salah satu alat yang mengkritik media sosial dalam membentuk persepsi perempuan saat ini.

This article discusses the personality dynamics of Amy, the main character in Maïmouna Doucouré's Mignonnes. The movie tells the story of an immigrant child in France who is confronted by two different environments, in terms of culture, religion, traditionalism, from her family and circle of friends. This article aims to identify the dynamics of Amy's personality in the movie that is influenced by social media repression and environmental expectations that Amy must fulfil. The research method used in this analysis is Boggs and Petrie's (2018) film theory with Sigmund Freud's (2018) psychoanalytic approach in the personality structure consisting of id, ego, and superego to examine the complexity of Amy's self-rejection and acceptance. The narrative and cinematographic structure of the text shows the relationship of rejection and acceptance between Amy and her environment. The results of the analysis show the repression of social media that greatly influences Amy's mindset in the formation of women and requires the abandonment of the superego which is ultimately the point at which Amy is able to accept herself. The film Mignonnes shows the many dangers of social media so that this film is also one of the tools that criticise social media in shaping the perception of women today."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library