Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eugenia Marianne Russiav
"Latar Belakang: Pertumbuhan anak merupakan suatu indikator kesehatan yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor internal dan eksternal. Studi mengenai efek pendidikan anak usia dini terhadap pertumbuhan anak masih sangat sedikit.
Metode: Riset ini menggunakan metode potong lintang dengan menganalisa kecepatan pertumbuhan tinggi, berat badan, dan lingkar kepala anak di kelompok bermain dan penitipan anak Taman Pengembangan Anak Makara, Universitas Indonesia, Depok selama enam(6) bulan atau antara bulan Mei 2016 dan November 2016. Kuesioner mengenai status kelahiran anak dan keterlibatan orang tua diberikan kepada orangtua subyek. SPSS versi 20 dengan Chi square, Fishers exact tes, T-test tidak berpasangan, dan uji Mann-Whitney digunakan untuk menganalisa data.
Hasil: Kecepatan pertumbuhan berat dan tinggi badan di kelompok bermain dan tempat penitipan anak TPA Makara mempunyai perbedaan signifikan (p=0.001).
Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan yang bermakna dan asosiasi antara kecepatan pertumbuhan berat dan tinggi badan dengan program (kelompok bermain dan penitipan anak) TPA Makara.

Background: Child growth have shown to be an important health indicator which can be affected by various factors, such as internal and external factors. Only few studies have been conducted regarding the effect of early childhood education on child growth.
Method: This research applied cross-sectional study method by analyzing the height, body weight, and head circumference growth velocity of children in playgroup and daycare of Taman Pengembangan Anak Makara, Depok in six (6) months period or between May 2016 and November 2016. Questionnaires about child birth status and parent involvement are given to the subjects parents. SPSS 20th version with Chi-square, Fishers exact test, unpaired T-test, and Mann-Whitney test were used to analyze the data.
Result: Children weight and height growth velocities in playgroup and daycare of TPA Makara show significant difference (p = 0.001).
Conclusion: There is a significant difference and association between weight and height growth velocity and TPA Makara program (playgroup and daycare).
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noer Fibi Aksari
"Secara ideal pada dasarnya orang tua memiliki peran dan tanggung jawab utama dalam mengasuh anak. Kebutuhan ekonomi yang meningkat membuat orang tua dilema dengan pilihan yang dihadapi, sehingga mencari cara alternatif untuk menitipkan anak di lembaga DayCare. Berbeda dengan studi sebelumnya yang mengkaji fenomena menentukan DayCare hanya berdasarkan faktor ekonomi, lembaga maupun psikologis. Penulis berargumen bahwa selain faktor terkait biaya, fasilitas dan aksesibilitas, faktor terpenting dari pilihan rasional orang tua dalam menentukan lembaga DayCare yakni adanya penerapan penanaman nilai-nilai agama spiritual.
Bentuk penerapan nilai agama yang dilakukan seperti penghafalan ayat-ayat suci Al-Qur rsquo;an dan doa-doa keseharian. Kegiatan tersebut, merupakan bentuk dari daya tarik orang tua dalam menentukan keputusan. Melalui metode kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan data sekunder, hasil penelitian menunjukan berdasarkan faktor-faktor tersebut, mayoritas orang tua mengharapkan dengan hadirnya DayCare mampu menciptakan dukungan sosial yang dapat menjadi sarana pengasuhan dan pendidikan temporer dalam membantu perkembangan kecerdasan anak, kepribadian, sekaligus pengembangan aspek spiritual anak.

Ideally, parents basically have a major role and responsibility in parenting. The increasing of economic need makes parents confused with the choices of alternative ways to entrust children in DayCare institutions. In contrast to previous studies that examine the phenomenon of determining DayCare based solely on economic, institutional and psychological factors. The authors argue that in addition to factors related to cost, facilities and accessibility, the most important factor of the rational choice of parents in determining the DayCare institution is the application of the planting of religious values spiritual.
The form of application of religious values that is done such as memorization of holy verses of the Qur 39;an and daily prayers. These activities, is a form of attractiveness of parents in determining decisions. Through qualitative methods with in-depth interviews, observations, and secondary data, the results of the research show based on these factors, the majority of parents expect the presence of DayCare able to create social support that can be a means of parenting and temporary education in helping the development of children 39;s intelligence, personality, and spiritual aspect.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Alma Yulia Latifa
"Skripsi ini membahas mengenai pelaksanaan pembentukan keterampilan sosial pada anak usia dini serta manfaat yang dihasilkan dari proses pelaksanaan keterampilan sosial yang dilaksanakan oleh Himawari Daycare. Tujuannya adalah mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembentukan keterampilan sosial di Himawari Daycare serta manfaat dari keterampilan sosial tersebut dalam perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara. Wawancara mendalam dilakukan terhadap 6 informan yang terdiri dari kepala sekolah, staff pengajar, dan juga orang tua yang anaknya dititipkan di Himawari Daycare. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilangsungkan pada bulan Juli hingga Agustus tahun 2021. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan keterampilan sosial yang dilakukan Himawari daycare dalam membentuk karakter anak adalah mengajarkan interaksi anak usia dini dalam suatu kelompok yang dilakukan dengan melakukan pendekatan pada anak dan melatih kepercayaan diri anak. Selanjutnya menciptakan lingkungan yang kondusif dengan cara mengajarkan sopan santun pada anak, melatih kemandirian anak, dan mengajarkan disiplin pada anak. Pemberian reward berupa pujian dan pemberian sticker dilakukan agar anak termotivasi dalam melaksanakan kegiatan di Himawari daycare. Dalam memberikan pengajaran untuk membentuk keterampilan sosial bagi anak usia dini, terdapat manfaat bagi anak yaitu anak menjadi disiplin dan mandiri, mudah berinteraksi dengan orang lain, dan peka terhadap orang lain.

This thesis discusses the implementation of the formation of social skills in early childhood and the benefits resulting from the process of implementing social skills carried out by Himawari Daycare. The aim is to describe how the implementation of the formation of social skills in Himawari Daycare and the benefits of these social skills in child development. This study uses descriptive qualitative research methods with data collection methods through interviews. In-depth interviews were conducted with 6 informants consisting of the principal, teaching staff, and parents whose children were entrusted to Himawari Daycare. The data collection process in this study was carried out from July to August 2021. The results of this study are the implementation of social skills carried out by Himawari Daycare in shaping children’s character is to teach early childhood interactions in a group which is carried out by approaching children and practicing trust. Child self. Furthermore, creating a conducive environment by teaching manners to children, training children’s independence, and teaching discipline to children. Giving rewards in the form of praise and giving stickers is done so that children are motivated in carrying out activities at Himawari daycare. In providing teaching to form social skills for early childhood, there are benefits for children, namely children become disciplined and independent, easy to interact with others, and sensitive to others"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfa Rahmanissa
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program peningkatan keterampilan dasar dukungan kemandirian pengasuh TPA anak usia 18-36 bulan. Program tersebut berupa pelatihan yang dilakukan pada kepada 29 pengasuh TPA di daerah Jakarta Selatan. Pelatihan pada penelitian ini menggunakan dasar experiential learning. Pemilihan subjek menggunakan teknik accidental sampling. Pelatihan ini dilakukan sebanyak 5 sesi dalam waktu 2 hari. Penelitian ini merupakan penelitian dengan one group pre-test post-test design, yakni hanya memiliki satu kelompok perlakukan tanpa kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada pretest dan post-test mengukur keterampilan dasar dukungan kemandirian yang mengadopsi dari 18 praktik dukungan kemandirian Côté-Lecaldare, Joussemet dan Dufour yang kemudian dirancang oleh peneliti. Hasil pre-test dan post-test 1 diuji dengan non prametric Wilcoxon Signed Rank menunjukkan level signifikansi p.value 0,000 (<0,05). Perilaku stabil hingga post-test 2, uji non parametric Wilcoxon Signed Rank pada pre-test dan post-test 2 menunjukkan level signifikansi p.value 0,000 (<0,05). Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dengan post-test 1 dan post-test 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program peningkatan keterampilan dasar dukungan kemandirian efektif dalam meningkatkan keterampilan dasar dukungan kemandirian pengasuh TPA terhadap anak usia toddler.

This study aims to look the effectiveness of autonomy support basic skills improvement program to daycare caregiver of children aged 18 - 36 months. This program was in the form of training conducted for 29 TPA caregivers in the South Jakarta area. Training in this study used the basis of experiential learning. Subject were selected using accidental sampling technique. This training was conducted in 5 sessions in 2 days. This study is a study with one group pre-test post-test design, which only has one treatment group without a control group. The research instrument used in the pretest and post-test measures the autonomy support basic skills adopted from 18 autonomy support practices Côté-Lecaldare , Joussemet dan Dufour which were then designed by the researcher. The results of pre-test and post-test 1 were tested with a non prametric Wilcoxon Signed Rank showing a significance level of p.value 0,000 (<0.05). Stable behavior until post-test 2, non-parametric Wilcoxon Signed Rank test on pre-test and post-test 2 showed a significance level of p.value 0,000 (<0.05). These results indicate that there are significant differences between the pre-test and post-test 1 and post-test 2. Thus it can be concluded that the autonomy support basic skills improvement program is effective in enhancing autonomy support basic skills of caregiver to toddler."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T54017
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lydia Destanti
"ABSTRAK
Taman Penitipan Anak (TPA) dapat menggantikan peran pengasuhan anak bagi pekerja perempuan saat jam kerja. TPA diharapkan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak selama penggantian pengasuhan untuk mencegah risiko terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak yang ditiitpkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran pengasuhan pengganti untuk pemenuhan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak di TPA kota Depok. Penelitian deskriptif dengan desain cross sectional menggunakan teknik sampling sensus pada semua lembaga TPA (n=26) di Kota Depok dengan uji proporsi. Sebesar 88,46 % TPA mendukung pemenuhan kebutuhan pertumbuhan dan 96,15 % mendukung pemenuhan kebutuhan perkembangan anak. Perawat anak diharapkan dapat bekerja sama untuk mengoptimakan penyelenggaraan pelayanan TPA dalam mendukung pemenuhan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak.

ABSTRACT
Daycare can substitute the role of caring and educating from mother to during working hours. Daycare is expected to support the growth and development of children to prevent the risk of growth and development delayed. This study aims to determine the profile of substiute parenting for growth and development at daycare in Depok. Descriptive study with cross sectional design using census sampling techniques at all institutions of daycare (n = 26) in Depok with proportion test. The study showed that 88.46% daycare in Depok support the fulfillment of a child's growth. While 96.15% TPA in Depok support the fulfillment of the child's developmental needs. Pediatric nurses are expected to collaborate with daycare to optimalize fulfilling the growth and development needs of children."
2016
S63524
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kaltsum Muttaqiya
"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak-anak berusia 3-6 tahun dengan gaya keterikatan yang aman cenderung memiliki regulasi emosi yang lebih baik, yang selanjutnya akan mengarah pada perilaku adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara pola kelekatan ibu-anak dengan regulasi emosi pada anak usia dini menggunakan metode penelitian cross-sectional. Menggunakan metode purposive sampling pada ibu yang memiliki anak usia 3-6 tahun dan menggunakan jasa pengasuh pengganti di daycare. Pola Kelekatan ibu-anak diukur menggunakan instrumen kelekatan ibu-anak yang telah teruji validitasnya. Kemampuan regulasi emosi anak dinilai menggunakan "Emotion Regulation Checklist" dari perspektif ibu. Hasil penelitian menunjukkan tidak ditemukan korelasi yang signifikan antara gaya keterikatan dengan regulasi emosi dengan nilai P Value=2,77. Temuan ini menunjukkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi faktor lain yang mungkin mempengaruhi regulasi emosi pada anak usia dini, seperti lamanya anak berada di daycare, atau variabel lingkungan.

Previous studies shows that children ages 3-6 years old who has secure attachment style shows better emotion regulation that’ll lead to adaptive behaviour. This study aimed to investigate the relationship between mother-child attachment styles and emotion regulation in early childhood using cross-sectional research. Purposive sampling was used to recruit a sample of mother-child who had a caregiver and put their children in Daycare. Mothers rated children's attachment styles using validated attachment style instruments. Children's emotion regulation abilities were assessed using Emotion Regulation Checlist. Contrary to expectations, no significant correlation was found between attachment styles and emotion regulation with P Value=2.77. The findings suggest that the relationship between these two constructs may be more complex. Future research is needed to explore other factors that may influence emotion regulation in early childhood, such as how long the child had been in Daycare, or other inducting factors such as environment."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Grevillea
"Latar Belakang: Perkembangan anak adalah aspek yang sangat penting di awal kehidupan anak. Ada banyak faktor yang berperan dalam menentukan perkembangan anak, Saat ini, begitu banyak pusat pelayanan dan pendidikan dini untuk anak di Indonesia. Pusat-pusat tersebut mempunya ikatan erat dengan status perkembangan anak. Namun, jumlah riset yang membahas hubungan antara perkembangan anak dengan pelayanan dan pendidikan anak usia dini masih minim.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode potong lintang. Sampel penelitian berasal dari anak-anak di tempat penitipan anak dan kelompok bermain Taman Pengembangan Anak (TPA) Makara yang sudah menjalani uji Denver Developmental Screening Test II (DDST-II). Orangtua subyek dan staf TPA Makara dilibatkan untuk menjawab kuesioner. Data sekunder yang dikumpulkan dari hasil DDST II dan data primer kuesioner dianalisis menggunakan SPSS versi 20 dengan metode Chi Square.
Hasil: Tidak ada perbedaan signifikan antara perkembangan anak di tempat penitipan anak dan kelompok bermain TPA Makara (p = 0.232). Karakteristik subyek, orangtua subyek, fasilitas, dan aktivitas anak di rumah, tempat penitipan anak, serta kelompok bermain tidak menunjukkan hubungan yang signifikan pula dengan perkembangan anak (p > 0.05).
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan yang bermakna dan signifikan pada perkembangan anak di tempat penitipan anak dan kelompok bermain TPA Makara. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi perkembangan anak tidak menunjukkan hubungan yang signifikan terhadap perkembangan anak di tempat penitipan anak dan kelompok bermain TPA Makara.

Background: Child development is a very important aspect in early childhood life. There are many factors that play a role in determining child developmental status. Currently, there are many early childhood care and education centres in Indonesia. Those centres are really related with child development status. However, the number of research regarding the relation between child development with early childhood care and education centre in Indonesia is still lacking.
Methods: This research used cross sectional study. The sample was from the children of daycare and playgroup Taman Pengembangan Anak (TPA) Makara who have done Denver Developmental Screening Test II (DDST-II). The subjects’ parents and the TPA Makara staff were also involved to answer the questionnaire given. Secondary data from the result of DDST-II and the primary data from the questionnaires were analyzed using SPSS version 20 with Chi-Square method.
Result: There was no significance difference between child development in daycare and playgroup TPA Makara (p = 0.232). The characteristics of the subjects, subjects’ parents, facilities, and activities for children at home, daycare, and playgroup did not show significant association too with the child developmental status (p > 0.05).
Conclusion: There was no significant differences of the child development in daycare and child development in playgroup TPA Makara. The suspected influencing factors did not show significant association with child development in daycare and playgroup TPA Makara.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library