Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vilda R. Amir
Abstrak :
Skripsi ini membahas pemasaran dan pengembangan bisnis rumah sakit di tengah kondisi persaingan yang semakin ketat, digitalisasi dan globalisasi. Penelitian ini ingin melihat gambaran pemasaran dan pengembangan bisnis di Rumah Sakit Ibu Anak Kemang Medical Care pada tahun 2009, ditinjau dari New Wave Marketing (Co-Creation). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan survai deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa RSIA Kemang Medical Care telah menjalankan konsep New Wave Marketing melalui horizontalisasi pemasaran, word of mouth, dan menggunakan komunitas pelanggan dalam pemasarannya. Dalam pelaksanaan New Wave Marketing ini, rumah sakit perlu untuk meningkatkan fokus pada pembentukan komunitas loyal melalui kegiatan-kegiatannya (terutama Week end @KMC) dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti provider jaringan internet yang berkualitas.
This Script is talk about marketing and business development of hospital in this strict rivalry conditions , digitalization, and globalization. This study wants to know the marketing and business development description in Kemang Medical Care Women and Children Hospital 2009, considerated by New Wave Maketing (Co- Creation. This research use qualitative with descriptive survey method. Based on result of the research, we know that Kemang Medical Care Women and Children Hospital have performed New Wave Marketing Concept through Horizontalization of marketing, word of mouth, and using customers community in its marketing process. The implementation of New Wave Marketing is the hospital need to upgrade the focus of loyal community formation through its programs (especially, Week end @KMC) and build cooperation with relevant party/corporate, for example with the qualified provider of internet.
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rudi Abdullah
Abstrak :
The purpose of this study to determine how the role of murabahah financing in developing the business at PT. Bank Muamalat Branch Baubau Assistant. The population in this study is 268 number of customers in Murabahah Financing At PT. Bank Muamalat Branch Baubau Assistant. The method used is descriptive method of collecting data obtained and then interpret and analyze it so as to provide information that can be used to solve problems encountered. The data used are primary data and secondary data. This research concludes that the role of murabahah financing product in BM1 has applied financing principle in accordance with Fatma Dewan Syariah Nasional. 04 / DSN MUI/IV/2000. About Murabahah in every financing transaction by paying attention to contract, sale price, financing requirement, term of financing, way of mortgage financing and also pay attention to murabahah financing role at bank muamalat. The authors suggest that PDD B1M should improve professionally delivered, in terms of products, services, and implementation in accordance with sharia principles.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2017
330 AJSFI 1:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Tihar
Abstrak :
Penelitian ini ditujukan untuk melakukan identifikasi terhadap sumber-sumber potensi kegagalan produksi budidaya perikanan kerambajaring apung, langkah dan kebijakan strategis yang relevan dan kompatibel dalam menghadapi resiko, serta pilihan alternatif strategi pengembangan bisnis kedepan. Obyek penelitian adalah industri perikanan yaitu budidaya keramba jaring dengan batasan ruang lingkup lingkungan bisnis waduk Jatiluhur dan aspek ekonomis, dengan data yang dianalisis meliputi semua data dan informasi industri terkait. Sebagai penelitian kualitatif, metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis struktur industri, SWOT analysis, serta analisis identifikasi strategi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa penyebab spesifik menyangkut kegagalan produksi diantaranya adalah manajemen produksi yang cenderung over eksploitaton, kerusakan lahan dan produksi sebagai akibat faktor teknis akumulasi pencemaran. Sementara itu, hasil analisis juga merekomendasikan alternatif strategi diferensiasi dan pembentukan wadah organisasi secara formal sebagai pilihan aplikatif dalam melakukan pengembangan bisnis, juga sebagai instrumen strategis unluk menghadapi ancaman kegagalan produksi. Sasaran yang bisa dicapai dari implementasi strategi ini terutama menyangkut peningkalan fleksibilitas dan efisiensi usaha, sumber pemodalan dan arus informasi lebih memadai, target pasar yang lebih ekstensif dan konsisten, serta merjin keuntungan yang sustainable. ......This research's objectives were to identify some of potential source of misproduction, someof relevan and compatible strategic decisions facing such risks arised, and also alternative strategic option of onwards business development. The object of this research was the industry of cultivation of dragnet fishpond in Jatiluhur, limited on bisnis circles and economical aspect. As a qualitative research, the methods of analysis used including analysis of the structure of the industry, SWOT analysis, and observation methods on strategy which used. The results exsposed that there were some of specific causes regarding misproduction, which were over exploitation management of production, physical damage caused by highly acumulative of pollution. Besides, the result of analysis has recommended of implementing of strategy of differentiation and formed formal organisation as aplicative option onwards business development, as also strategic instrument to facing misproduction. The goals could be reached by implementing this kind of strategy were involved on increasing business flexibility and eficiency, source of capital and information that would be more sufficient, more ex1ensive and consistent on target of market, and more highly sustainable margin of return/profit.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T 27044
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aulet, Bill, 1958-
Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, 2013
658.1 AUL d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hayati Fatimah
Abstrak :
Industri properti di Indonesia adalah industri yang menjadi patokan dalam memprediksi kinerja ekonomi nasional karena industri tersebut sebagai penyumbang terbesar PDB. Selain itu dengan dukungan pemerintah dan lembaga keuangan, industri ini menunjukan adanya prospek yang baik di masa depan yang salah satunya adalah sektor properti perkantoran. Oleh karena itu, sektor properti perkantoran dapat mengembangkan bisnisnya melalui pembangunan gedung-gedung baru. PT X sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri properti perkantoran berencana untuk membangun gedung baru dan telah menuangkannya dalam rencana bisnis namun belum termasuk dengan perencanaan pajak. Perencanaan pajak merupakan salah satu fungsi dari manajemen pajak. Dengan manajemen pajak, perusahaan dapat mencapai tujuan untuk menerapkan peraturan perpajakan secara benar dan mencapai laba serta likuiditas yang seharusnya melalui usaha yang efisien. Sementara itu, dengan perencanaan pajak perusahaan dapat merekayasa agar beban pajak (tax burden) serendah mungkin dengan memanfaatkan peraturan yang ada tetapi tanpa suatu tindakan yang illegal. Adapun rencana bisnis yang disusun memiliki tujuan agar kegiatan bisnis yang akan dilaksanakan maupun yang sedang berjalan tetap berada di jalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan. Rencana pengembangan bisnis PT X untuk membangun gedung baru telah memasukkan aspek keuangan. Dalam aspek tersebut meliputi proyeksi penjualan dan proyeksi arus kas serta terdapat pula beberapa alternatif rencana pembiayaan pembangunan gedung baru, meliputi: Financing by Corporation, Financing by Bank, dan Financing by Owner. Aspek keuangan dalam rencana pengembangan bisnis PT X digunakan sebagai acuan untuk membuat perencanaan pajak namun demikian dari hasil evaluasi menunjukan beberapa kelemahan-kelemahan. Oleh karena itu perlu dibuat suatu proyeksi modifikasi yang lebih logis dan reasonable sesuai dengan sifat bisnis properti. Hasil analisis atas proyeksi atau performa modifikasi diketahui bahwa dalam prespektif perencanaan pajak, Financing by Bank adalah pembiayaan yang paling efiesien dengan alasan: (1) perkiraan PPh Badan yang terendah daripada pembiayaan yang lain dan (2) memiliki kelebihan dari segi bisnis. Selain itu, analisis menunjukan adanya pengenaan pajak yang lain meliputi PPh Potongan Pemungutan (Pasal 21 dan Pasal 23), PPN, dan PPnBM, sehingga perusahaan dapat memperkirakan berapa jumlah pajak yang harus dipungut dan disetor.
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T17514
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sato, Yuri, author
Abstrak :
ABSTRACT
The purpose of this thesis is to analyze capital ownership structure and the position of business groups in Indonesia by the use of a company data file the author compiled, and through the analysis, to describe the development path and the changing nature of Indonesian business groups.

In line with this purpose, first of all, the background and the scope of this study is defined in Chapter 1, where I stress the importance of micro-economic studies in Indonesia.

Chapter 2 is devoted to analysis of capital ownership structure in the Indonesian national economy. First, I introduce my company data file as one of the best sources of company analyses, and clarify its significance and limitations(2.2). Then, I describe overall capital ownership structure and prove that domestic private capital constitutes the most significant component in the national economy(2.3). The next section (2.4) focuses on the position of business groups by two measures, that is, their total equity capital accumulated during the last two decades and the scale of present economic activities. Further, I compare the results with some cases of other developing economies and draw implication that Indonesian business groups have developed conspicuously but the level is still less than the upper levels in the international perspective. Lastly, I close this Chapter with some combined conclusions with the results from other data sources (2.5).

Chapter 3 is a historical illustration of the development process of Indonesian business groups. The period from 1967 to 1986 is divided into three sub-periods, and the environmental conditions and reactions of business groups are described with some examples. Throughout the period, I set the analytical focus on development strategies of business groups, and find a consistent tendency that business groups which much depended on exogenous growth factors have come to exhibit endogenous growth abilities, with rationalizing their group formation (3.4.3).

In the last chapter, I examine findings from the above two chapters, through analysis of new development of business groups after deregulation. I attempt two reexaminations ; one is concerning obvious irrelevance of the patronage framework where business groups are viewed from political connection (4.1.2), and the other is concerning the still consistent changing nature of business groups, which suggests that the recent performance of business groups should be viewed in the historical perspective. Lastly, by discussing the recent conglomerate controversy, I clarify my conclusion : business resources accumulated in business groups and their actualized merits at present must be effectively utilized for the future development in Indonesia.
1989
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandi Sifananda
Abstrak :
Karya akhir ini merupakan rencana pengembangan bisnis Agro Prima Empat Sekawan yang bergerak dibidang agribisnis hortikultura khususnya paprika Penjualan yang dihasilkan Empat Sekawan tidak mampu memberikan imbal hasil yang optimal dengan investasi yang telah dikeluarkan sehingga diperlukan penyusunan rencana pengembangan bisnis khususnya dari segi perencanaan pemasaran. Kendala yang dihadapi Empat Sekawan adalah infrastruktur yang tidak mendukung, produksi pertanian kurang maksimal, ketergantungan saluran pemasaran, serta keterbatasan sumber daya manusia dan modal. Tujuan dari perencanaan pemasaran adalah dengan peningkatan penjualan melalui peningkatan nilai (rupiah) maupun peningkatan kuantitas (kilogram) penjualan melalui penerapan strategi pada segmentasi dan positioning, produk, saluran pemasaran, komunikasi pemasaran, dan merk. Perumusan perencanaan pemasaran ini, sebagai bagian dari sam kesatuan dengan perencanaan operasional serta perencanaan keuangan, akan membentuk suatu business development plan yang akan menjadi panduan dalam operasional Empat Sekawan kedepan. ......This thesis is a business development plan of Agro Prima Empat Sekawan, a holticulture agrobusiness company especially in paprika. Business development plan needed because sales generated could not give an optimal return to shareholder investment. Problems that Empat Sekawan faces are lck of innastucture, limited productivity depend on marketing channel, and limited of human resources and capital. The purpose of marketing plan is to increase sales whether increase in value (rupiah) and quantity (kilogram) of sales through strategy formulation and implemention in segmentation and positioning, products, marketing channel, marketing communication, and brand. This thesis that concentrates on marketing plan, together with two other thesis that concentrate on operations and tinancial planning will make up a complete business development plan that will serve as a guidance for operating Empat Sekawan in fixture.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33856
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Viona Prima Dyta
Abstrak :
Praktik kerja profesi di PT Novell Pharmaceutical Laboratories Periode Bulan Januari ndash; Februari Tahun 2018 bertujuan untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab apoteker di industri farmasi dan memahami penerapan Cara Pembuatan Obat yang Baik CPOB di Industi Farmasi. Selain itu calon apoteker juga dapat memiliki gambaran nyata tentang permasalahan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi, memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis untuk melakukan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi. Tugas khusus yang diberikan berjudul ldquo;Penelusuran dan Pengkajian Paten Triamsinolon rdquo;. Tujuan dari pelaksanaan tugas khusus di PT Novell Pharmaceutical Laboratories adalah menelusuri dan melakukan kajian paten terhadap Triamsinolon untuk keperluan pengembangan obat baru. Secara umum, PT Novell Pharmaceutical Laboratories telah menerapkan 12 aspek CPOB dengan baik dan benar, penulis juga telah mendapatkan kemampuan untuk memahami peran, tugas, wawasan dan tanggung jawab apoteker dan memberikan solusi pada permasalahan di industri farmasi.
Internship at PT Novell Pharmaceutical Laboratories Period January - February 2018 aims to understand the duties and responsibilities of pharmacists in the pharmaceutical industry and understanding the application of good manufacturing practice GMP . In addition, the pharmacist candidate can also have the insight, knowledge, skills and practical experience to undertake pharmaceutical work in the pharmaceutical industry. The special assignment given is ldquo;Search and Assessment of Triamsinolone Patents rdquo;. The purpose of this special assignment is to make documentation about Triamsinolone Patents that required in new product development. In general, PT Novell Pharmaceutical Laboratories has applied 12 aspects of GMP well and correctly, the author also have the ability to understand the roles, duties, insights and responsibilities of pharmacists and provide solutions on problems that found in the industry pharmacy
[;, ]: 2020
Pr-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Amira
Abstrak :
Makalah ini memiliki tujuan untuk menganalisa rekomendasi strategis untuk pengembangan bisnis pada Perusahaan Rntr., sebuah perusahaan rental pakaian, dimana perusahaan mempertimbangkan untuk menggandeng brand baju baru sebagai partner rental, atau menambahkan fitur servis baru. Melalui analisa internal dan eksternal, menggunakan kerangka kerja SWOT, PESTEL, dan Five Forces Porter, serta perumusan masalah menggunakan TOSCA, rekomendasi yang dihasilkan adalah untuk fokus pada penargetan merek klien baru, terutama di segmen fashion pria. Strategi ini memanfaatkan kekuatan Rntr., seperti database pelanggan yang luas dan kombinasi layanan unik, sekaligus mengatasi keterbatasan internal seperti pendanaan dan tenaga kerja yang terbatas. Bermitra dengan merek seperti M.J. Bale, Peter & Jackson, dan Ferrari East disarankan untuk meningkatkan jangkauan pasar dan mendiversifikasi inventaris. Rencana implementasi strategis, bersama dengan metrik kinerja dan manajemen risiko, diuraikan untuk memastikan eksekusi yang sukses. Memfokuskan pada kemitraan klien baru menawarkan jalur yang skalabel dan hemat biaya bagi Rntr. untuk meningkatkan pertumbuhan, mencapai tujuan lingkungan, dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar penyewaan mode yang terus berkembang. ......This paper aims to analyse strategic business development recommendations for Rntr., a clothing rental company, which is considering to partner with new clothing brands as rental partners or extending new service features. Through internal and external analyses, including SWOT, PESTEL, and Porter’s Five Forces, along with problem formulation using the TOSCA framework, the recommendation is to focus on targeting new client brands, particularly in the men's fashion segment. This strategy leverages Rntr.’s strengths, such as an extensive customer database and unique service combination, while addressing internal constraints like limited funding and manpower. Partnering with brands such as M.J. Bale, Peter & Jackson, and Ferrari East is suggested to enhance market reach and diversify inventory. A strategic implementation plan, complete with performance metrics and risk management, is outlined to ensure successful execution. Focusing on new client partnerships provides Rntr. with a scalable and costeffective path to boost growth, achieve environmental goals, and maintain a competitive edge in the evolving fashion rental market.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fakhri Akbar
Abstrak :
Makalah ini secara kritis mengevaluasi pilihan-pilihan strategis untuk Mid-Day Squares mengenai ekspansi ke pasar internasional versus pengembangan produk di Kanada. Analisis komprehensif kami menunjukkan bahwa memasuki pasar Australia memberikan peluang yang lebih menguntungkan karena efisiensi biaya dan keahlian perusahaan dalam ekspansi internasional. Lingkungan politik, ekonomi, sosial, dan teknologi pasar Australia menawarkan lingkungan yang menguntungkan, mengurangi potensi pengeluaran distribusi dan pemasaran. Selain itu, strategi ekspor diputuskan sebagai cara masuk terbaik, memfasilitasi masuknya pasar secara cepat tanpa memerlukan investasi produksi baru. Dengan memanfaatkan produk-produk terkini melalui kemitraan distributor, Mid-Day Squares dapat secara efektif mengejar pertumbuhan di Australia, selaras dengan tujuan strategis perusahaan. Rekomendasi ini menyoroti nilai strategis memasuki pasar internasional sebagai jalan menuju pengembangan bisnis. ......This paper critically evaluates strategic options for Mid-Day Squares regarding expansion into international markets versus product development within Canada. Our comprehensive analysis indicates that entering the Australian market presents a more favourable opportunity due to its cost-efficiency and the company's existing expertise in international expansion. The Australian market's political, economic, social, and technological landscape offers an advantageous environment, reducing potential distribution and marketing expenditures. Additionally, an export strategy was decided as the best entry mode, facilitating rapid market entry without the need for new production investments. By utilising current products through distributor partnerships, Mid-Day Squares can effectively pursue growth in Australia, aligning with the company's strategic goals. This recommendation highlights the strategic value of international market entry as a pathway to business development.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>